Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

rendr wrote: Sun Jul 26, 2020 9:41
DOHC wrote: Sat Jul 25, 2020 14:29 perihal oli

malah saya lg cari oli 5-30 tp yg kekentalan nya jgn yg tralu encer sperti TQ9000 5-30 yg mirip2 buntut 20

lg pengen coba oli 5-30 yg rada "kentel", cuman blom tau merk apa
Hx8 om... 5w30 meet Acea A3/B4.. means HTHS diatas 3.5...

MB oil 5w30... Meet MB 229.51
Fastron gold 5w30...
Bmw 5w30 oil..


Kriteria2 "gendut" semua..
HX8 saya skip dl om, ad pengalaman ga enak ama tuh merk sblom nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

5W30 "kental" :

5W30 HTHS 3.5 utk bensin cari yg meet ACEA A3 / MB 229.x / BMW LL-01 or LL-04

si PTT Euro Syn 5W30 kalo tiap hari Jumat biasa ada diskon (BliBli official/ .......itu MB 229.xx

ada PAO nya juga


* Bukan ajakan Beli *
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..

buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..

buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??

apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?

NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?

kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..

buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??

apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?

NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?

kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by copper rod »

Suryaputra wrote: Sun Jul 26, 2020 7:53
ceejee wrote: Sun Jul 26, 2020 2:43 Ijin suhu-suhu, newb mau nanya nich, soanya belum ada yg bahas h miring. Hehehe. Kalo mesin theta 2, 2k cc, km 128, biasa pake TQ9000 5-30 sih, kalo udah 5000an agak berat. Kalo diturunin ke 0-20 worthit ga ya ? Apa tetep pake 5-30.

Sama satu lgi suhu2, kalo mesin baru diidupin ada bunyi tektektek emang gara2 oli nya apa gimana ya? Tapi kalo udah agak panas ilang sih.
Suryaputra wrote: Sat Jul 25, 2020 12:27 di manual book, rekomen plg rendah viskositas brp om ?
w30 atau w20 ?
kalo dimanual book ini sih om, 10/5w30 atau 5w20
DOHC wrote: Sat Jul 25, 2020 13:34 Mesin theta hyundai ??

Jgn pake oli tralu encer.. 5-30 ud mentok itu

Sila baca forum2 luar negeri, enjin ini punya piston centil, doyan goyang2 kiri kanan kl odo ud tinggi
yess theta hyudai om. apa dinaikin aja om ya ke 10w30 ? :big_childish:

copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 6:40
Suryaputra wrote: Sat Jul 25, 2020 15:38

in my view; 0w20 ajah.
biar dalam keadaan dingin gak terlalu kental, jd cepat melumasi bagian dalam internal mesin.
toh klo mesin dah panas sama2 encer.
lbh encer dibanding ketika masih dingin.

amsoil OE 0w20 bagus.
atau klo budget ekonomis bs hajar PTT eco 0w20.

5w20 atau 0w20,
di suhu kerja mesin 90-100 derajat C, sama2 di buntut w20.

Oli makin mahal, makin stabil viskositas di operating temp.
Tp umur mesin udah 12th tp km br skitar 75rban om
Skrg pk oli amsoil high performance 5-30 dan jauh lbh enak dibandinh sblmnya pake TQ9000...
Tdnya kl dah waktunya ganti mau coba amsoil SS 5-30
Cm penasaran dan tergoda aja kl dipakein 0-20 gmn ya mengingat umur mesin udah tua
in my view.. gakda masalah.
sikat lah 0w20
start mulai dari amsoil OE ajah dulu untuk daily usage.

ujung knalpot kering kan ?
radiator masih prima kan ?

jika oli sampai nguap, masalahnya ada di internal mesin nya.
bisa dari ring piston, kemampuan radiator dan radiator fan nya, dsb.
ujung knalpot kering
radiator masih prima om

Btw kl pake 0-20
Pengaruh ke tarikan dan konsumsi bensin gmn,lbh enteng n lbh irit atau sebaliknya?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..

buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??

apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?

NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?

kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 16:45
Suryaputra wrote: Sun Jul 26, 2020 7:53
ceejee wrote: Sun Jul 26, 2020 2:43 Ijin suhu-suhu, newb mau nanya nich, soanya belum ada yg bahas h miring. Hehehe. Kalo mesin theta 2, 2k cc, km 128, biasa pake TQ9000 5-30 sih, kalo udah 5000an agak berat. Kalo diturunin ke 0-20 worthit ga ya ? Apa tetep pake 5-30.

Sama satu lgi suhu2, kalo mesin baru diidupin ada bunyi tektektek emang gara2 oli nya apa gimana ya? Tapi kalo udah agak panas ilang sih.



kalo dimanual book ini sih om, 10/5w30 atau 5w20



yess theta hyudai om. apa dinaikin aja om ya ke 10w30 ? :big_childish:

copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 6:40

Tp umur mesin udah 12th tp km br skitar 75rban om
Skrg pk oli amsoil high performance 5-30 dan jauh lbh enak dibandinh sblmnya pake TQ9000...
Tdnya kl dah waktunya ganti mau coba amsoil SS 5-30
Cm penasaran dan tergoda aja kl dipakein 0-20 gmn ya mengingat umur mesin udah tua
in my view.. gakda masalah.
sikat lah 0w20
start mulai dari amsoil OE ajah dulu untuk daily usage.

ujung knalpot kering kan ?
radiator masih prima kan ?

jika oli sampai nguap, masalahnya ada di internal mesin nya.
bisa dari ring piston, kemampuan radiator dan radiator fan nya, dsb.
ujung knalpot kering
radiator masih prima om

Btw kl pake 0-20
Pengaruh ke tarikan dan konsumsi bensin gmn,lbh enteng n lbh irit atau sebaliknya?
lbh enteng mesinnya.
dan pelumasan optimal ketika cold start.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..

buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??

apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?

NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?

kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
nah ini yg ane pertanyakan om..
bahkan ada beberapa mobil dsni yg kena sludge, avanza mesin K3 jg ada yg kena.. smua pake 10w40. kebetulan mobil dinas ane kena prank jg, pemakaian normal banget.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37

bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53

Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..

mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
c3sfandro
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Jun 05, 2015 6:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by c3sfandro »

DOHC wrote: Sun Jul 26, 2020 12:02
c3sfandro wrote: Sun Jul 26, 2020 6:57
DOHC wrote: Sat Jul 25, 2020 13:34

Mesin theta hyundai ??

Jgn pake oli tralu encer.. 5-30 ud mentok itu

Sila baca forum2 luar negeri, enjin ini punya piston centil, doyan goyang2 kiri kanan kl odo ud tinggi
Kalau nu engine hyundai bgmn?
nu engine saya ga tau om

cuman yg theta 2, apalagi yg GDI santer ad kasus nya
Yang nu engine bisa pakai oli 0w-20 atau tetap buntut 30?
c3sfandro
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Jun 05, 2015 6:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by c3sfandro »

marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37

bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53

Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..

mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beres
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37

bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53

Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..

mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
Namanya juga BeRes. Suka membuat asumsi sendiri, Mobil "murah" dipakein oli yang murah juga ngga perlu yang mahal-mahal, pake oli murah juga bikin terlihat biaya service berkala nya jadi murah. Udah lumrah banget terjadi hal kayak gitu sih.

Menurut saya sih ada itu sludge bukan murni karena TMO 10w-40 nya, tp ada faktor lain kayak yg om bilang. Kalo beneran tiap 3-5rb diganti sih rasanya lumayan bersirkulasi itu oli. Faktor utama ya gaya mengemudi sih yg bikin oli cepet 'jenuh'
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rudyzanetti »

Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37

bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53

Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..

mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
anggaran GA/GS no limit disini mbah, berhub ini kantor perusahaan FMCG besar di indo jd transport wajib siaptempur
bkn menjelek2an BeRes, tp 1nz pribadi ane dlu jg di isi 10w40 pas baru, pas ane req baru di isi 5w30. HR15 ane dr baru di isi 10w40 jg dan BeRes ngelarang di isi w30, joss kan.. cuma BeRes M15A yg selalu ikutin buku manual..

ini ane lg usut sendiri..
ada data, pas ane dinas luar provinsi mobil pernah 2x telat ganti oli sampe KM 8rb dan 9rb lbh tp semua msh dibawah 6 bulan.

klo oli AC/DC keknya mustahil mbahh..
Last edited by ViPerRed on Mon Jul 27, 2020 4:18, edited 2 times in total.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

c3sfandro wrote: Mon Jul 27, 2020 2:51
marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37

bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.

ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.

ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.

yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53

Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..

mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beres
nahh ini paling memungkinkan..
krn prnh ada cerita jugaa dari tmn soal issue gini
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:06
c3sfandro wrote: Mon Jul 27, 2020 2:51
marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17






mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.

dari keterangan yang ada ;

1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan

secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beres
nahh ini paling memungkinkan..
krn prnh ada cerita jugaa dari tmn soal issue gini
Fix ini yg bagian urus mobil perush ga beres om, kasarannya bs jadi duitnya diambil dia ato ga di nota ketulis tmo tp diganti pake mesran misalnya om (kalo memang beneran ke beres ya, dan nota begituan bisa dibuat kl udah sekongkol), krn ga mungkin banget pake tmo 10w40 servisnya on time bs sludge begitu.

Saya pake innova bensin 2010 dr baru pake oli sama dan kdg gantinya sktr 7-8rb km (di kertu servis tiap 5rb km) daleman masih bener2 kinclong kl buka tutup pengisian oli. Skrg km 153rb
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

rudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by MSU »

ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16
rudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp km
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

erwinign wrote: Mon Jul 27, 2020 4:13
ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:06
c3sfandro wrote: Mon Jul 27, 2020 2:51

Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beres
nahh ini paling memungkinkan..
krn prnh ada cerita jugaa dari tmn soal issue gini
Fix ini yg bagian urus mobil perush ga beres om, kasarannya bs jadi duitnya diambil dia ato ga di nota ketulis tmo tp diganti pake mesran misalnya om (kalo memang beneran ke beres ya, dan nota begituan bisa dibuat kl udah sekongkol), krn ga mungkin banget pake tmo 10w40 servisnya on time bs sludge begitu.

Saya pake innova bensin 2010 dr baru pake oli sama dan kdg gantinya sktr 7-8rb km (di kertu servis tiap 5rb km) daleman masih bener2 kinclong kl buka tutup pengisian oli. Skrg km 153rb
but its ok om..
terkait jawaban mbah2 dsni, spertinya no issue di kualitas oli yaa.. mgkn ada faktor X yg harus di cari tau.

btw.. suzuki aerio ane dulu pas kuliah
ane isiin 15w40.. klo ga ada duit di isi mesran API SG.
50rb KM an ane lakuin begitu..
turun mesin di 101rb krn mobil di pake temen tanpa air radiator, liat jeroan. bersih. wkwkwk..
Last edited by ViPerRed on Mon Jul 27, 2020 4:34, edited 1 time in total.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23
ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16
rudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp km
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
oke om terima kasih sarannya..
krn spt nya kualitas oli no issue ya.

klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by MSU »

ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:32
MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23
ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16

klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp km
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
oke om terima kasih sarannya..
krn spt nya kualitas oli no issue ya.

klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
menurut saya...kalo servis udh sesuai panduan, di beres pula tp ditemukan sludge..
bisakah minta TAM juga turun tangan? karena mgkn ada cacat di engine...
kayaknya sy hampir ga pernah dengar NR engine nge-sludge
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by iwansiagian »

ViPerRed wrote:
rudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
Saya kalo K3 malah pernah sludge di km 200 ribuan, cuma belum parah pakein oli bagus ilang.

Kalo NR belum pernah sih, ada yang 179 ribu dan ada yang 96 ribu. Tapi yang NR udah beli oli sendiri sih ga pernah pakai oli beres.

Kalo Om rawatan beres terus dan oli dari beres terus coba klaim aja kenapa gitu bisa sludge
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:40
ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:32
MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23

gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp km
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
oke om terima kasih sarannya..
krn spt nya kualitas oli no issue ya.

klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
menurut saya...kalo servis udh sesuai panduan, di beres pula tp ditemukan sludge..
bisakah minta TAM juga turun tangan? karena mgkn ada cacat di engine...
kayaknya sy hampir ga pernah dengar NR engine nge-sludge
harusnya bisa om
ane mau ada wacana buka cover semua mobil station
sekaian ganti seal atas. klo cuma 2-3 yg sludge, ane asumsiin lg kena sial, cacat mesin, human error dll.. klo byk yg sludge mgkn prlu tindakan lebih lanjut.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

iwansiagian wrote: Mon Jul 27, 2020 5:32
ViPerRed wrote:
rudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena

ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
Saya kalo K3 malah pernah sludge di km 200 ribuan, cuma belum parah pakein oli bagus ilang.

Kalo NR belum pernah sih, ada yang 179 ribu dan ada yang 96 ribu. Tapi yang NR udah beli oli sendiri sih ga pernah pakai oli beres.

Kalo Om rawatan beres terus dan oli dari beres terus coba klaim aja kenapa gitu bisa sludge
asumsi sementara karena interval prnh lewat 5rb
pdhl cm 2x lwat. ganti oli di 8rb dan 9rb, dan ini di bawah 6 bulan.. harusnya msh aman kan ya..