Re: Aki Ampere VS CCA
Posted: Fri Jan 24, 2020 2:32
setelah itu bisa tahan diatas 5 taun ky varta ya om kelep....
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
setelah itu bisa tahan diatas 5 taun ky varta ya om kelep....
Terus akinya soak bukan gara2 kepanasan, tapi tekor disedot kulkasnya sendiri...kompresorz wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 2:33boleh sekalian buat jualan...
Kulkas nya kl bsa yg 2 pintu ama ad pencetan es batu otomatis, jd nya gampang mau buat es nyakompresorz wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 2:33boleh sekalian buat jualan...
engga juga kayaknya. pengalaman saya di nissan march 2011, sampe dijual taun 2016 masi aki bawaan pabrik dan masi aman. Entah kalau yang beli terus ganti akicoklatMetalik wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 0:38 Aki2 jaman skrg sy pake di Kisul sih ga ada yg di atas 3 taun
Jaman dulu sih pernah nyampe 5 taun pake GS basah yg warna ijo
Hansen wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 3:43Terus akinya soak bukan gara2 kepanasan, tapi tekor disedot kulkasnya sendiri...
pas cranking ga mungkin tegangan segitu. mau aki baru juga pasti drop dibawah 10V. sy bilang pas cranking ya (motor starter bekerja) ..... dan ini bisa diukurnya pakai multimeter (avometer) yg ada fitur min/max nya. atau pakai battery tester ancel BA101 atau yg sejenisnya.
Float voltage (standby voltage) yg ga boleh. Even begitu msh ada harapan direvived oleh trickle charger yg canggih.
maaf salah ketik. maksud saya pas di kertas dari beres. bukan cranking. bentar nanti ta lihat lagi dan ta foto kertas kecilnya..semoga belum hilang itu tinta nyaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 5:41pas cranking ga mungkin tegangan segitu. mau aki baru juga pasti drop dibawah 10V. sy bilang pas cranking ya (motor starter bekerja) ..... dan ini bisa diukurnya pakai multimeter (avometer) yg ada fitur min/max nya. atau pakai battery tester ancel BA101 atau yg sejenisnya.
maaf ya om, postingan sy sebelumnya ga maksud apa2. memang ngetest aki tuh ada 3 tahapan. 1 test standby voltage (setelah 5-10 detik nyalakan lampu depan utk membuang surface charge); 2 test cranking voltage (ini yg critical krn tugas aki terberat dan terpenting yaitu utk start engine; 3 test charging dr alternator.sm4 wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 5:54maaf salah ketik. maksud saya pas di kertas dari beres. bukan cranking. bentar nanti ta lihat lagi dan ta foto kertas kecilnya..semoga belum hilang itu tinta nyaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 5:41pas cranking ga mungkin tegangan segitu. mau aki baru juga pasti drop dibawah 10V. sy bilang pas cranking ya (motor starter bekerja) ..... dan ini bisa diukurnya pakai multimeter (avometer) yg ada fitur min/max nya. atau pakai battery tester ancel BA101 atau yg sejenisnya.
gpp om. santai saja. saya juga biasa pasrah ke Beres saja. termasuk aki..jadi kalau misal mati/tekor ya ta klaim ke mereka saja.katanya masi bagus? ko ini ga lama mati ahahhaaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 6:18maaf ya om, postingan sy sebelumnya ga maksud apa2. memang ngetest aki tuh ada 3 tahapan. 1 test standby voltage (setelah 5-10 detik nyalakan lampu depan utk membuang surface charge); 2 test cranking voltage (ini yg critical krn tugas aki terberat dan terpenting yaitu utk start engine; 3 test charging dr alternator.sm4 wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 5:54maaf salah ketik. maksud saya pas di kertas dari beres. bukan cranking. bentar nanti ta lihat lagi dan ta foto kertas kecilnya..semoga belum hilang itu tinta nyaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 5:41
pas cranking ga mungkin tegangan segitu. mau aki baru juga pasti drop dibawah 10V. sy bilang pas cranking ya (motor starter bekerja) ..... dan ini bisa diukurnya pakai multimeter (avometer) yg ada fitur min/max nya. atau pakai battery tester ancel BA101 atau yg sejenisnya.
bukan promosi, cuma kebetulan sy punya battery tester ancel BA101 yg bisa melakukan itu semua. mungkin yg dimaksud om itu angka pada test ke-1. Sy jg pass test ke-1 dgn battery health 100% dan State of Charge (SoC) 98% (12.6V)
Tp spt sy bilang sebelumnya, pas test terpenting yaitu test ke-2 aki sy dibilang low charge krn pas cranking voltage nya jadi 8.4V ketika test di pagi hari yg agak dingin suhu 21C. Kl sdh dipakai mobilnya, test yg sama hasilnya 9.4V di suhu yg agak hangat 26C. begitulah test aki kadang tdk bisa hasilnya conclusive krn banyak faktor yg ikut mempengaruhi.
Lbh baik d ganti om... itu mah tinggal nunggu mati. Bs mati kpn saja dmn sajaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 0:33mobil sy sering dipakai antar anak sekolah kaya gini kondisi pemakaiannya.... makanya skrg tiap bbrp minggu sy sering recharge pakai trickle charger di rumah.Jagonyaaki wrote: ↑Thu Jan 23, 2020 21:09 ............
Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.
........
cca sih masih 330 aki oem 34b19l .... cuma yg bikin was2 pas diukur voltage nya pakai multimeter min/max ketika cranking bisa drop sampai 8.4V. normalnya kan cuma sampai 9.6V. baca2 sih motor starter didesign bisa minimal operation di 8V, tp itu udah mepet bgt ya. standby voltage normal 12.6V
Sayangnya utk aki2 buatan lokal jarang yg mencantumkan nilai cca nya. Termasuk kelas gs astra ato yuasa. Krn pengalaman sy aki2 lokal kl d bandingkan dg merk luar ky delkor,varta,amaron,koba. Nilai cca paling rendah. Makanya kaga d cantumin nilai cca nya.Profith83 wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 2:25Saya juga setuju semakin besar CCA akan makin enteng starter.Jagonyaaki wrote: ↑Thu Jan 23, 2020 21:09 Alternatif utk anki diesel ato anf kl ganti aki betul bs pakai tipe 58024 krn lbh murah dr pd tipe std nya LN3.
Rata2 Makin besar amper makin bsr jg cca nya. Tp tergantung merk akinya jg. Tiap merk aki walupun tipe/amper nya sama blm tentu cca sama. Merk2 kelas 2 seperti incoe,massiv dll cca pasti lbh kecil dr pada merk kelas 1 seperti delkor,amaron hi life, yuasa gs astra dll. Karena aki kelas 2 memeliki plat yg lbh tipis dan pendek. Terlihat dr bobot nya yg lbh ringan bila d bandingkan antara amper yg sama dg aki2 merk kelas 1.
Setau sy cca semakin besar stater semakin ringan dan aki semakin awet umur nya. Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.
Pengalaman sy d lapangan skrng rata2 merk aki yg beredar d indo umurnya krng lbh 2 tahun..
Cmiiw..
Kira kira lebih tahan jangka Panjang yang mana yah?
Aki basah 80A type 580-24C CCA sptnya antara 300-400
Aki maintenance free(tetap basah, bukan kering) 65A type L3 CCA 490
Nah kuat yang mana?
Pemakaian Senin-Jumat cuma 2 kali starter. PP rumah - kantor, jarak 10 KM
Sabtu-Minggu 2-4 kali starter. tidak selalu dipakai, kadang luar kota, kadang cuma dalam complex ke saudara
susah ngomong ..... sebab bisa aja aki yg 65Ah CCA 490 itu struktur cell dan materialnya lebih superior, yg mana high cca datang dr hal tsb.
Waktu dulu masih hobby oprek2 dekstop computer, pas bagian Power Supply Unit (PSU) suka ada spek efficiency rate.. Gold rated >90% efficiency (contohnya ngambil dari grid 100W tapi actual output 90W), kalau no rate biasa di angka 50-60% (ambil grid 100W, output 50-60W). Yg hilang karena thermal loss biasanyaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 13:32 susah ngomong ..... sebab bisa aja aki yg 65Ah CCA 490 itu struktur cell dan materialnya lebih superior, yg mana high cca datang dr hal tsb.
tadinya sy pikir kl yg 65Ah dimensi lbh kecil tp "dipaksa" menghasilkan cca besar harusnya konsekuensinya service lifenya lbh singkat.
pasti ada sih merk2 yg nameplate ratingnya ga sesuai sama true rating nya om .... tapi diukur pakai battery tester bisa sih ketauan true cca nya brp. apalagi alatnya yg akurat kaya midtronics gitu. sy pakai yg kualitas cukupan aja itu ancel ba101 jg bisa baca true cca.josomba wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 23:55Waktu dulu masih hobby oprek2 dekstop computer, pas bagian Power Supply Unit (PSU) suka ada spek efficiency rate.. Gold rated >90% efficiency (contohnya ngambil dari grid 100W tapi actual output 90W), kalau no rate biasa di angka 50-60% (ambil grid 100W, output 50-60W). Yg hilang karena thermal loss biasanyaOmnibus wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 13:32 susah ngomong ..... sebab bisa aja aki yg 65Ah CCA 490 itu struktur cell dan materialnya lebih superior, yg mana high cca datang dr hal tsb.
tadinya sy pikir kl yg 65Ah dimensi lbh kecil tp "dipaksa" menghasilkan cca besar harusnya konsekuensinya service lifenya lbh singkat.
Mungkin aki juga berlaku sama kali ya? yg satu CCA 490 tapi efficiency 60% jadi actualnya mungkin 294, tapi kalau yg bagus walau CCA350 tapi efficiency 95% berarti actualnya 324.
Pake incoe aja om 95d31L 80a cca653 1,2jt yg tipe gold/ basah yg MF lbh mahal sihnyotsaeba wrote: ↑Fri Jan 24, 2020 10:46 Bulan lalu ganti aki reborn diesel. pas 2,5 thn. Berasa start pagi lambat gitu. Drpd mogok dadakan akhirnya beli deh.
Hasil diskusi dgn toko aki:
Umur aki reborn skrg 2,5 thn udah bagus. Lebih dr itu bonus. Pas dicek cca akinya uda 170an.
Aki basah yg persis spek bawaan, ga ada, reborn skrg kepala terminal nya mendem. (Ga tahu deh bener apa nggak).
Pake aki mf, pilihan jg rada terbatas, gs astra bawaan harga 2jt an (duh). Lagian jg ga direkomen, ktnya amper nya kekecilan (65 ah) cca sekitar 390, makanya paling tahan 2thn+
Pilihan ada beberapa, amaron 80ah 1.9 jt cca 500-600an (lupa persisnya)
Sm bosch 74ah, 1,5 jt cca mungkin 400-500an, lupa.
Merek lainnya ga pernah denger
Yaudah tes lah pake bosch. Ternyata aki kijang skrg harganya mirip mobil mevvah yak.
Kl kemarin liat hasil tes aki lama, volltase masih sip di 12,x volt. Tp cca ambrol. Buat saya pribadi sih mending cca yg gede krn larinya ke daya tahan. Kl ah gede diatas standar, rasanya ga perlu selama mobil ga ada beban listrik tambahan.
Aki kadaluarsa susah2 gampang nih ya kalau beli onlen, takutnya ngendap kelamaan. Pernah beli aki buat mobil sendiri, pas dateng owe cek tegangan di 12.5xV.. terus beliin buat temen, dateng2 12.2V nah apa yg buat temen ane ini stok lama ya? Ampe dah turun hahaOmnibus wrote: ↑Sat Jan 25, 2020 4:00 taukk tuhh
yaa buat seseruan aja lah .... jangan terlalu serius ....
yg funky2 aja .....
asal tujuan ga ketipu aki abal2 nameplate 500 cca taunya cuma 200 cca pake alat "portable-nan-bapuk-ga-sesuai-lab-condition", atau kena aki kadaluarsa, atau ga tau kapan waktunya ganti aki.
ini sy lg mau beli aki tp ga mau online krn kuatir dlm pengantaran taruhnya terbalik. memang ada yg sampai mau ksh garansi kl tiba dlm keadaan basah luarnya akan diganti baru tp ga mau pusing sm claimnya lah, kasian jg kl kejadian pdhl bkn salah yg jual.