ask? BMW E90 325i 2005

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2582
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by farizfsa »

kompresorz wrote: Sat Jul 11, 2020 2:54
KielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:50
kompresorz wrote: Sun Apr 19, 2020 3:17
beuhhhhh .....

LEXUS RX.... :big_love:

ky om apshw tuh.....baru beli RX 300...coba tanya puas gak.... :big_smoking:

parkirnya sendiri ky yang punya gedung....


kurang bagus apalg pelayanannya....gak rewel mobilnya...5 taun garansi.... :big_smoking:
Ane udah request si ko asui buka bengkel spesialis Lexus blom dikabulin om... Gimana donksss ?
Katanya nggak ada duitnya, kerjaan cuman ganti oli doank..

Enakkan usaha bengkel spesialis BMW... Nyetok mesin segelundung.. nyetok transmision assy sampe 2 Rak gede...
Cuannya lebih maknyozzz..

wakakaka :wkkk:
wah mantap....

klo datang jangan lupa minta nasi padang SA....

masa kluar duit jutaan gak dikasi....palg udah hopeng sama semuanya....


wong gw ke auto 2000 aja bebas sarapan pagi...kopi...teh....nasi box pake ayam makan siang trs lanjut lagi sarapan kue..kopi..teh... :wkkk:

pdhl servis cuma 50 ribu minta gantiin oli dr luar....

mobil di cuciin bersih pula.....

bikin gw berkesan....


apalg LEXUS.....beuhhhhh yg di sowrom wanitanya hi clas...:big_smoking:


farizfsa wrote: Fri Jul 10, 2020 9:45 perasaan pada apes2 amat sm eropah

ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.

ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb

Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt

Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt

Tahap 3, refresh ac
2 juta

tahap 3
velg r22 + ban 16 jt

total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt

total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.

dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
:big_biglaugh:


msh beruntung om....

kena injektor turun mesin di atas gocap....


sudah bbrp ktemu pas main kbengkel....


wong bos bengkel aja gak rekomen klo mau beli.....


lagian siapa mau beli merk ini.....duitnya entek..... :big_cry:


kijang aja udah syukur....gubrak gabruk awet...
hahahah so far mesin aman

udah nambah 5000km setelah beli sebulan, masih aman

bawa ke puncak macet 4 jam, anteng

masuk toll, kebut2 lucu 160-180 aman

kalo udh ga aman bgt, ya jual, kalo ga laku ya kampakin wkwkkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2582
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by farizfsa »

benzz89 wrote: Sat Jul 11, 2020 3:25
farizfsa wrote:perasaan pada apes2 amat sm eropah

ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.

ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb

Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt

Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt

Tahap 3, refresh ac
2 juta

tahap 3
velg r22 + ban 16 jt

total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt

total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.

dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
Salut ane ama Om Fariz, mentalnya baja pelihara Audi Q7 diesel. Ini type yang jarang punya & KM juga gondrong. Memang enaknya sih beli KM gondrong gini bisa teken harga semurah mungkin lalu perbaiki semaksimal mungkin pake part2 original.

Ane sering di tawarin ama SA nya VW/Audi waktu service Golf ane barang2 antik Audi, ownernya kerja di spore, mobilnya banyak nganggur di indo jadi mau dijual, cuman aja ane gak ada mental buat pelihara Audi second, padahal velg nya aja katanya 40 juta, mobil service record bengkel resmi. [emoji4]

Akhirnya ane jual Golf ane juga sama strateginya yaitu suruh SA nya bantu tawarin ke sesama owner/hobbyist VW/Audi & suprisingly gak pake lama laku & harga juga bagus Hahahah... Memang ane tangan ke 1 beli dari baru & service record beres juga, jadi pembeli pasti ada rasa lebih aman. Tinggal kasih komisi ke SA nya & everybody happy [emoji4]

Nanti share2 yah om long term Audi Diesel nya... mobil ajib ini, Quattro AWD, torsi diesel gajah, solar irit, seharga avanza baru setelah rebuild [emoji106]
ane masih berani ambil q7 diesel karena mesin trans nya masih oke
dipake sama owner sebelumnya
transmisi sendiri kaga dsg2an, malah pake transmisi merek aisin jepang punya, meski pindahnya lelet tp halus
mesin masih ada partsnya ga susah2 amat, di vw touareg banyak
pertadex juga udah dimana2
ntn di youtube ada yg sampe 600rb km masih aman jalan
liat di luar negeri yg jual2 km nya gondrong2 200rb km keatas

nanti ane bikin review nya deh
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by benzz89 »


KielConstantine wrote:
ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 8:11
KielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk

masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only... kaki-kaki masih standar lah ga beda ama rawat civic tua... regular maintenancenya setaon skali 5-6jt. bisa diitung sendiri... wkwkwkwk. bener VW emang mobil rakyat... standar rakyat jerman ternyata mobil yang 8 taon keluar 100jt buat perbaikan drivetrain :big_weee:

84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya :ngacir: 6-7 taon jadi 200juta bisa jadi :ngacir:

miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal ganti ban... :ngacir:
Tau nih chris. Jujur aja, ini E90 325i mesinnya enggak spesial2 amat sih. Cuman good handling, good looking, RWD, i-drive nya gw demen. Sama suara inline-6 aja yang bagus pas diatas 5000RPM ++++

Tapi ya gitu, enggak bisa di oprek-oprek gimana wong naturally aspirated.

Logika otak bilang pelihara Lexus, tp secara passion (pengen ngebut2an) rasanya pengen coba pelihara VW. Golf GTI MK6 (300 jutaan udh dpt). Atau skalian Scirocco R (450 jutaan) Atau BMW lagi F30 335i (400 jutaan). Coz mobil turbo banyak hal bisa di-oprek buat ningkatin power. Biaya maentenance so so lah eropa. Cuman nyari bengkel spesialisnnya aja agak jauh kalo si VW. Musti maen2 ke jakarta. Ane di tangerang agak susah.

Bengkel quattro kayanya bagus tuh buat yg pengen pelihara VAG group.

Coba om farizfsa biasa ngebengkel mobil2 VAG group dimana yg jadi andalan... Share share dimari.. Newbie butuh pencarahan nih :mky_02:
Om Fariz mainannya Audi yah sekarang, ntah ini lebih "kuat" mana banding baling2 bambu?

Ambil A8 3.0 TFSI aja Om Kiel, tenaga buas 306/440 + Quattro pula... nikmat dunia mana lagi yang kau dustakan? Full size luxury sedan, rare item, kalau di tol kasih lewat aja deh, mau jalan basah geli licin2 juga sikat blehh.

Di OL* ada yang mau lepas tuh om, masih kinyis2, harga cuman "tinggal" gopek aja. Ane pernah jadi penumpang doang di China, jambakannya setan banget emang Quattro... no play2 lah ini Audi A8
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2582
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by farizfsa »

benzz89 wrote: Fri Aug 07, 2020 5:44
KielConstantine wrote:
ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 8:11

masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only... kaki-kaki masih standar lah ga beda ama rawat civic tua... regular maintenancenya setaon skali 5-6jt. bisa diitung sendiri... wkwkwkwk. bener VW emang mobil rakyat... standar rakyat jerman ternyata mobil yang 8 taon keluar 100jt buat perbaikan drivetrain :big_weee:

84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya :ngacir: 6-7 taon jadi 200juta bisa jadi :ngacir:

miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal ganti ban... :ngacir:
Tau nih chris. Jujur aja, ini E90 325i mesinnya enggak spesial2 amat sih. Cuman good handling, good looking, RWD, i-drive nya gw demen. Sama suara inline-6 aja yang bagus pas diatas 5000RPM ++++

Tapi ya gitu, enggak bisa di oprek-oprek gimana wong naturally aspirated.

Logika otak bilang pelihara Lexus, tp secara passion (pengen ngebut2an) rasanya pengen coba pelihara VW. Golf GTI MK6 (300 jutaan udh dpt). Atau skalian Scirocco R (450 jutaan) Atau BMW lagi F30 335i (400 jutaan). Coz mobil turbo banyak hal bisa di-oprek buat ningkatin power. Biaya maentenance so so lah eropa. Cuman nyari bengkel spesialisnnya aja agak jauh kalo si VW. Musti maen2 ke jakarta. Ane di tangerang agak susah.

Bengkel quattro kayanya bagus tuh buat yg pengen pelihara VAG group.

Coba om farizfsa biasa ngebengkel mobil2 VAG group dimana yg jadi andalan... Share share dimari.. Newbie butuh pencarahan nih :mky_02:
Om Fariz mainannya Audi yah sekarang, ntah ini lebih "kuat" mana banding baling2 bambu?

Ambil A8 3.0 TFSI aja Om Kiel, tenaga buas 306/440 + Quattro pula... nikmat dunia mana lagi yang kau dustakan? Full size luxury sedan, rare item, kalau di tol kasih lewat aja deh, mau jalan basah geli licin2 juga sikat blehh.

Di OL* ada yang mau lepas tuh om, masih kinyis2, harga cuman "tinggal" gopek aja. Ane pernah jadi penumpang doang di China, jambakannya setan banget emang Quattro... no play2 lah ini Audi A8
blm tau sih, kata mekaniknya ini audi banyak parts masih bawaan, jd ya siap2 ganti aja wakakakka
2008 km sekarang 155rb, ya jalan banyak tp masih normal lah buat jakarta
kalo emg awet ya paling pake sampe 200rb km baru mikir jual apa ga
suspensi udara ane take down, ganti coilover, ga takut ambles miring2 oleng hahahaha

bmw ane diesel juga, so far minim bgt masalah, kaki2 masih adem, mesin masih adem, ac masih adem, no malfunction at all
2014 akhir, km 105rb
jalan ya hampir 20rb km per taun
yg ini blm nemu gantinya yg enak, irit, reliable
mobil full std


keknya ni mbl 2 kalo bener2 dipake, di abuse bisa bisa aja, tinggal kuat ga ngumpaninnya pas udh minta jajan
misalkan timing chain bmw ane kl kena ya siapin 20jt buat rapihinnya
damper crankshaft 5 jt

diwanti2 itu aja sih

jadi ya ganjil pake bmw, genap pake audi, mbl jalan terus
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: Fri Aug 07, 2020 5:44 Om Fariz mainannya Audi yah sekarang, ntah ini lebih "kuat" mana banding baling2 bambu?

Ambil A8 3.0 TFSI aja Om Kiel, tenaga buas 306/440 + Quattro pula... nikmat dunia mana lagi yang kau dustakan? Full size luxury sedan, rare item, kalau di tol kasih lewat aja deh, mau jalan basah geli licin2 juga sikat blehh.

Di OL* ada yang mau lepas tuh om, masih kinyis2, harga cuman "tinggal" gopek aja. Ane pernah jadi penumpang doang di China, jambakannya setan banget emang Quattro... no play2 lah ini Audi A8
Udah liat barusan.... dasar racun :glodak:


Itu model mesin dy 3.0 TFSI pake supercharger yah, bukan turbo. Transmisinya apa ya? Kalo CVT mundur teratur.

Balik lagi ke Audi A6 (C7)
Di wikipedia baca ada model transmisi 8-speed ZF automatic (ini keknya sama di BMW . Model torque converter ; ada juga S-tronic 7 speed DCT)

Image


-----
Sama mau tanya satu lagi. Audi TT-S (8J)

Image

Yang modelnya kek gitu. Itu pake matic 6-Speed DSG wet clutch kan yah? Sama kek si Scirocco R. Cuman dia ketambahan system quattro all-wheel-drive aja. Ane lebih condong kearah ini sih kalo mau pelihara audi. 2 pintu cuy... S model pula :off_good_job:


Udah lah stop menghayal. Kerja keras dulu.... :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15561
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Aug 07, 2020 4:50 Tau nih chris. Jujur aja, ini E90 325i mesinnya enggak spesial2 amat sih. Cuman good handling, good looking, RWD, i-drive nya gw demen. Sama suara inline-6 aja yang bagus pas diatas 5000RPM ++++

Tapi ya gitu, enggak bisa di oprek-oprek gimana wong naturally aspirated.

Logika otak bilang pelihara Lexus, tp secara passion (pengen ngebut2an) rasanya pengen coba pelihara VW. Golf GTI MK6 (300 jutaan udh dpt). Atau skalian Scirocco R (450 jutaan) Atau BMW lagi F30 335i (400 jutaan). Coz mobil turbo banyak hal bisa di-oprek buat ningkatin power. Biaya maentenance so so lah eropa. Cuman nyari bengkel spesialisnnya aja agak jauh kalo si VW. Musti maen2 ke jakarta. Ane di tangerang agak susah.

Bengkel quattro kayanya bagus tuh buat yg pengen pelihara VAG group.

Coba om farizfsa biasa ngebengkel mobil2 VAG group dimana yg jadi andalan... Share share dimari.. Newbie butuh pencarahan nih :mky_02:
teteup yah biarpun inline six NA enjin susah bgt buat dibikin asik...

kata siapa no replacement for displacement... kami suka turbo :big_smoking:

beli N20 aja bisa di tuning tapi gak lama timingchain rontok...

:ngacir:

GTI MK7 aja sekalian bro, klo kata ko dalvin CK motorsport mobil syaiton itu lari 250++ masih enteng... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Fri Aug 07, 2020 8:19 GTI MK7 aja sekalian bro, klo kata ko dalvin CK motorsport mobil syaiton itu lari 250++ masih enteng... :mky_07:
Bener juga. Baru kepikiran..


https://youtu.be/-21fGgQF1n0

Every petrol head wet dream come true :mky_02:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
sefkaz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by sefkaz »

Maen ke temen, dia ada e90 yang kayaknya dah 1 tahun ngga jalan saking males nya ngebenerin, tapi doski beli lagi Fortuner Baru dan Seli yang harganya ngga murah,

segitu malesnya doi sama e90 :)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by sintoni »

KielConstantine wrote: Sat Aug 08, 2020 18:35
ChZ wrote: Fri Aug 07, 2020 8:19 GTI MK7 aja sekalian bro, klo kata ko dalvin CK motorsport mobil syaiton itu lari 250++ masih enteng... :mky_07:
Bener juga. Baru kepikiran..


https://youtu.be/-21fGgQF1n0

Every petrol head wet dream come true :mky_02:
Tapi bukan erwede.

Kabor....

:big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15561
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by ChZ »

sintoni wrote: Mon Aug 10, 2020 5:46
KielConstantine wrote: Sat Aug 08, 2020 18:35 Bener juga. Baru kepikiran..


https://youtu.be/-21fGgQF1n0

Every petrol head wet dream come true :mky_02:
Tapi bukan erwede.

Kabor....

:big_grin:
FWD 450hp cukup lah buat lari-lari kecil ama porsche 911 carrera biasa... atau biemweh M series...

drpd 6 silinder NA ngejer BMW M gak bisa :big_weee:

team kamisukaturbo... :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by sintoni »

ChZ wrote: Mon Aug 10, 2020 6:02
FWD 450hp cukup lah buat lari-lari kecil ama porsche 911 carrera biasa... atau biemweh M series...

drpd 6 silinder NA ngejer BMW M gak bisa :big_weee:

team kamisukaturbo... :big_smoking:
Erwede + turbo donggg buat om Kiel?

2GD aja lah.. Ngikutin jejak ketua 3S.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by KielConstantine »

sintoni wrote: Mon Aug 10, 2020 6:28
ChZ wrote: Mon Aug 10, 2020 6:02
FWD 450hp cukup lah buat lari-lari kecil ama porsche 911 carrera biasa... atau biemweh M series...

drpd 6 silinder NA ngejer BMW M gak bisa :big_weee:

team kamisukaturbo... :big_smoking:
Erwede + turbo donggg buat om Kiel?

2GD aja lah.. Ngikutin jejak ketua 3S.
RWD enak buat ngepot-ngepot power slide :mky_07:

FWD kalo kata si chris , mobil enteng abis.... macem ninja berantem pake baju sutra.... :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15561
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Mon Aug 10, 2020 7:44
RWD enak buat ngepot-ngepot power slide :mky_07:

FWD kalo kata si chris , mobil enteng abis.... macem ninja berantem pake baju sutra.... :upss:
tinggal milih mau ngantem tembok pake bokong atau pake muka... :ngacir:...

RWD kalo mercedes 2 angka 3 huruf... posisi kepala bisa ketuker jadi bokong... ganti ban tiap 1 bulan sekali klo kakinya pedal to the carpet :big_weee: :big_biglaugh: bener bener mobil 3S
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ask? BMW E90 325i 2005

Post by KielConstantine »

HaykelAdityawarman wrote: Wed May 20, 2020 2:07 mau tanya om, klo 325i yang facelift (2009-2012) denger2 lebih baik reliability nya, apa benar? Mungkiiin in the future ane bakal tuker 325i E46 ane jadi yang mudaan klo memang masih worth buat dipiara.
Worthed om. 0-100 km/h dpt di angka 7 detikan lah. Lumayann buat mobil standaran kg di oprek2. Handling jg lumayan enak plus bonus suara knalpot merdu ala 6 cylinder.

Untuk reliability sebenernya so-so aja mobil eropa. Penyakitnya kurang lebih sama. BMW paling hobby rembes oli, head gasket bocor, seputaran cooling system failure (thermostat dan kawan-kawannya), trus kaki2 shock, engine mount, sensor sensor kemakan usia. Pernah jg kena ignition coil rusak, missfire di cylinder no-5. :mky_07: Yg udh sering pelihara bmw tua paling khatam deh wkwk.

Di unit ane sih mechatronicnya belom rusak-rusak yah, sama power steering type hydraulic masih strong belom ada gejala speleng. Ya ini mgkn improvement di type LCI drpd sebelomnya.

Kalo 325i LCI dpt fitur lebih fully loaded. Contoh sunroof, paddle shift, audio harman kardon, i-drive, sama angel eyes warna kuning with HID projector.

Ini penampakan pas awal angkat di thn 2017:
Image

Skarang pasaran di hrga 180-200 jg udh dapet yah type 325i. Tahun lalu temen ane ada ngangkat 320i LCI (NIK: 2010) di angka 160 jutaan. Tapi fitur kek kopongan gitu, mesin jg cuman 4 cylinder. Nanggung aja.

Ya kalo masih pecinta naturally aspirated. Inline-6 BMW layak banget dipertimbangkan.

Kcuali alirannya geser jadi #kamisukaturbo .. :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: