Datsun indo lempar handuk?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by aryoajiwibowo »

He...saya pengguna lipindut jg
Pengalaman mobil sih gak bnyak awal beli second honda cielo suka model nya cuakep tapi gak suka dg biaya perawatan dan bensinnya.....
Trus mertua py avanza 2013 sering jadi sopir kemana-mana...
Py rezeki dr jual cielo plus nambah bt uang muka akhirnya mutusin beli livina 2017 krn waktu itu tes nyupir lipina jarak jauh (temen ad yg jd sales batu makam jd bisa bawa setengah hari) surprise turun dr lipindut pinggang saya gak ada keluhan encok beda bnget waktu nyupirin avanza mertua turun sakit semua punggung gayung bersambut dikasih disc sama temen lumayan gede lgsung tuh spk lipindut,
Bt saya mobil hnya alat membantu mobilitas gak lebih dr itu so yaudh nikmati dan syukurin aja...
Masalah datsun keok di indo ya kembali itu hanya bagian keputusan bisnis, nissan sendiri kan skrg produknya import semua jg malah harusnya happy donk kita
:big_smoking:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

aryoajiwibowo wrote:He...saya pengguna lipindut jg
Pengalaman mobil sih gak bnyak awal beli second honda cielo suka model nya cuakep tapi gak suka dg biaya perawatan dan bensinnya.....
Trus mertua py avanza 2013 sering jadi sopir kemana-mana...
Py rezeki dr jual cielo plus nambah bt uang muka akhirnya mutusin beli livina 2017 krn waktu itu tes nyupir lipina jarak jauh (temen ad yg jd sales batu makam jd bisa bawa setengah hari) surprise turun dr lipindut pinggang saya gak ada keluhan encok beda bnget waktu nyupirin avanza mertua turun sakit semua punggung gayung bersambut dikasih disc sama temen lumayan gede lgsung tuh spk lipindut,
Bt saya mobil hnya alat membantu mobilitas gak lebih dr itu so yaudh nikmati dan syukurin aja...
Masalah datsun keok di indo ya kembali itu hanya bagian keputusan bisnis, nissan sendiri kan skrg produknya import semua jg malah harusnya happy donk kita
Yes, saya setuju. Product Nissan yg masuk Indonesia ke depannya ada kemungkinan import semua yg harganya tergantung kurs dollar. Saya pribadi sangat menikmati pelihara mobil Nissan yg ada di garasi sekarang dan akan saya review lagi deh nanti setelah 15 tahun pemakaian nya.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

Kl utk irit, nyaman, no doubt ini lipina mmg menang, bushing2 dmana2 ampe ke crossmember hasil nya ga bakal boong.. tp yah jd bumerang jg, makanya d datsun ane perna liat dah ga sbanyak lipina lg soal bushing2

Utk maintenance cost yg servis rutin, ane ingat jg biasa aj, klipatan 10 rebu rata2 sejutaan.. 40 rb ampir 3 jt, mahal krn harus ganti belt dan minyak transmisi (plus coolant waktu jaman ane dl).. plg mahal pas 80 atau 100 rebu, lupa ane, itu 4 jutaan krn ganti busi iridium nya

Nahh tp yg bkin pemakai OGL pd gerah justru di servis tak terduga nya yg mostly kaki2 depan (blakang tenang aj, cuman shock ama dudukan karet per doank yg biasa jebol, murah), ane jabarkan :

- karet2 bushing crossmember :awal2 NMI ga jual karet nya doank, musti ganti satu set komplit crossmember, ini jg awal nya 3 jutaan, walaupun akhirnya beberapa taon kmudian turun harga jd cumann 1.5 juta -> ane sempet ganti 2 kali full set, kl karet bushing nya doank, ga terhitung krn waktu itu masi banyak montir ga tau trik nya masang yg bener
- besi mounting crossmber ke body bagian depan, ini jg pasti jebol kl crossmember ud oblak, ini murah cuman 400an rebu, kl kiri kana rusak yah kali 2 aj
- support shock d OGL rentan jebol, ini ori nya dl kisaran ampir 500 rebu sebiji, tp beberapa taon kmudian turun harga, ckup murah jadinya -> ane perna ganti 3 kali, skali dapet harga mahal, 2 kali yg murah
- karet stopper shock depan, ini benda murah, di beres cuman 100an rebu sebiji, tp entah knapa tiap 3 taon pasti jebol
- bearing shock depan, benda murah jg, dl sbiji cuman 200an rebu (ini harga atrium waktu itu, ane ud males beli d beres lg), utk OGL awal itu desain nya rada kebuka jd rentan kering gemuk d biji gotri nya
- link stabilizer, ini ud beda desain pas OGL ama OGL facelift, ga awet tp murah jg, sbiji cuman 200an rebu
- enjin mounting kiri dan bawa ama yg besar d kanan, fullset ampir 2 jutaan berikut pasang
- ongkos jasa bongpas kaki2 yg ampe ud lupa brapa kali saking sering nya

- motor starter, bunyii krekkkkk kl pas start pagi, awal2 lumasin gear2 nya doank yg kering kerontang, sembuh sementara, tp ga lama sering ga kuat muter, cuman suara nguung doank.. ganti baru rada mahal sejutaan lebih (jasa + parts d beres), bawa ke tukang dinamo d servis, untung masi bsa
- magnet kompressor 2 kali ganti d beres puri.. ini 300an rebu lebih (jasa ama parts, jasa nya murah cuman puluhan rebu krn mmg ini ane liat ga susah ganti nya)
- alternator jebol d odo 120 rebu, bawa ke tukang servis dinamo aj btulin, murah
- motor fan sempet error, muter lemah, tp waktu itu ama pihak beres cuman di ganti kabel2 (relay ?) Nyala lg
- evaporator jebol krn OGL ga ad filter ac, ganti di panca jaya ac, skalian servis, freon ama oli, total 1.7 juta
- kompresor ac 2 kl bermasalah bunyi ctekkk pas engage nya panjang bner dan disertai nguuung.. trakir sblom jual divonis ud lemah, kl ganti 3 jutaan
- corong bensin OGL dr besi, karatan mulu, trakir ganti yg plastik, beli copotan d atrium cuman 300 rebu brikut pasang
- pipa plastik coil bocor, tp waktu jaman OGL dl blm ad yg jual pipa plastik nya doank, mau ga mau beli full set, harga beres sebiji waktu itu ampir 500 rebu
- kabel elastis klakson putus, ini harga beres satu juta lebi dikit berikut ongkos pasang, kl OGL pasti ngalamin ini
- meteran bensin ngaco krn pelampung nya korslet, untung ini bsa claim terus walau ud ga garansi krn cacat desain
- joint steering oblak, ini jg bsa claim walau ud ga garansi krn cacat desain

Kl fast moving,
- aki setaon lebi dikit pasti soak
- oli ga bole kelas murah ssemi syn , dan ga bsa d tarik ampe 10 rebu km
- busi iridium ane ganti di 60 rebu krn coil nya jebol, dan 120 rebu krn ud aus


Smua krusakan d atas terjadi d odo 90 - 110an rebu
Mobil mostly dipake dalkot dan jarang banget kena jalan ancur

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 14:28
DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 8:11 Thank you for the information. Benar saya sampai sekarang masih senang dengan mobil Nissan saya dan berencana pelihara mobilnya untuk waktu yg sangat lama.
Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
Setelah saya renungkan dan mengingat semua pengalaman saya pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kesimpulan saya mobil ini termasuk mobil yang nyaman(Comfort), stabil dan irit BBM nya. Apakah ada beda dengan Old Grand Livina? Iya, memang beda di bagian depan dan bagian belakangnya kalau dari penampakannya, walaupun platform nya sih sama dengan OGL. Kecuali tampilan depan dan belakangnya yang beda, mesinnya juga untuk yg ANGL sudah dual injector serta Maticnya juga bukan AT lagi tapi CVT.
Magnetic Clutch nya juga sudah beda,
yg ANGL ngak pakai 3 bandul karet lagi. Ok sekarang saya sebagai seorang yg kerja di bagian accounting
akan buka bukaan deh berapa besar biaya yg saya keluarkan selama 6 tahun pelihara mobil Nissan All New Grand Livina ini. Mobil ini saya beli tahun 2014 seharga Rp 163,3 juta net after discount. Selama 6 tahun saya pakai mobil ini, ngak pernah sekalipun mogok atau gagal nanjak kalau lagi bawa kekuarga wisata ke gunung.
Selama 6 tahun biaya pemeliharaannya terdiri dari:
Total Biaya selama 3 tahun saat masih waranty selalu servis di Bengkel Nissan sekitar Rp 6,8 juta.
After masa warranty habis, seringnya servis di bengkel biasa dimana oli mesin dan filter oli saya bawa sendiri,
jadi ongkos ganti oli berkisar 30 ribu sampai 50 ribu saja total 5 kali sebesar 3 X Rp 50.000 + 2 X Rp 30.000 jadi Rp 210 ribu dan terakhir karena dapat promo discount servis 20 persen di bulan Des tahun 2019 saya servis ke beres lagi untuk ganti kanvas rem serta servis berkala 80 ribu KM di odo Mobil saat itu baru 73 ribu KM kena Biaya Rp 1.18 juta.
Selama 6 tahun ini part mobil yg pernah diganti :
1. Karet Wiper Depan (Ganti pakai Wiper Bosch Frameless Advantage Rp 124 ribu )
2. Aki (ganti pakai aki Yuasa NS40ZL seharga Rp 600 ribu dipotong jual aki lama Rp 150 ribu jadi cuma bayar Rp 450 ribu)
3. Bohlam lampu stop lamp belakang(ganti lampu led tidak bermerk Rp 100 ribu)
4. 2 ban depan (tetap beli Dunlop SP 300 seharga Rp 1,25 juta) dan 2 ban belakang (ganti ke Ban Dunlop LM 704 seharga Rp 1,35 juta)
5. Kanvas rem depan ( ganti non OEM beli online Rp 174 ribu termasuk ongkir).

Selama 6 tahun pemakaian mobil selalu pakai BBM premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah dan suara mesin (silahkan dengar di link dibawah tidak ada suara ngilitik) dan performa mesin masih bagus.

https://youtu.be/mtSLVJM7qmM
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 1:46 Kl utk irit, nyaman, no doubt ini lipina mmg menang, bushing2 dmana2 ampe ke crossmember hasil nya ga bakal boong.. tp yah jd bumerang jg, makanya d datsun ane perna liat dah ga sbanyak lipina lg soal bushing2

Utk maintenance cost yg servis rutin, ane ingat jg biasa aj, klipatan 10 rebu rata2 sejutaan.. 40 rb ampir 3 jt, mahal krn harus ganti belt dan minyak transmisi (plus coolant waktu jaman ane dl).. plg mahal pas 80 atau 100 rebu, lupa ane, itu 4 jutaan krn ganti busi iridium nya

Nahh tp yg bkin pemakai OGL pd gerah justru di servis tak terduga nya yg mostly kaki2 depan (blakang tenang aj, cuman shock ama dudukan karet per doank yg biasa jebol, murah), ane jabarkan :

- karet2 bushing crossmember :awal2 NMI ga jual karet nya doank, musti ganti satu set komplit crossmember, ini jg awal nya 3 jutaan, walaupun akhirnya beberapa taon kmudian turun harga jd cumann 1.5 juta -> ane sempet ganti 2 kali full set, kl karet bushing nya doank, ga terhitung krn waktu itu masi banyak montir ga tau trik nya masang yg bener
- besi mounting crossmber ke body bagian depan, ini jg pasti jebol kl crossmember ud oblak, ini murah cuman 400an rebu, kl kiri kana rusak yah kali 2 aj
- support shock d OGL rentan jebol, ini ori nya dl kisaran ampir 500 rebu sebiji, tp beberapa taon kmudian turun harga, ckup murah jadinya -> ane perna ganti 3 kali, skali dapet harga mahal, 2 kali yg murah
- karet stopper shock depan, ini benda murah, di beres cuman 100an rebu sebiji, tp entah knapa tiap 3 taon pasti jebol
- bearing shock depan, benda murah jg, dl sbiji cuman 200an rebu (ini harga atrium waktu itu, ane ud males beli d beres lg), utk OGL awal itu desain nya rada kebuka jd rentan kering gemuk d biji gotri nya
- link stabilizer, ini ud beda desain pas OGL ama OGL facelift, ga awet tp murah jg, sbiji cuman 200an rebu
- enjin mounting kiri dan bawa ama yg besar d kanan, fullset ampir 2 jutaan berikut pasang
- ongkos jasa bongpas kaki2 yg ampe ud lupa brapa kali saking sering nya
lower arm depan ga kena oom klep? punya tmn ane 2 biji OGL 2010 semua, kena lower arm depan di odo yang relatif masih sangat rendah dl. under 50k.

gw dulu punya T32 Xtrel jg mengecewakan durabilitynya. mana kliatan dari assembly pintu aja jau bagusan T31 2009 ane dl kemana-mana... T32 ditutup berasa agak renggang. Kaki-kaki odo 25k uda ganti link-link ama shock belakang, sensor ABS uda ganti. pdhl rute yah kota-kota aja sesekali luar kota ga dibawa offroad.

yah hrs diakui mobilnya ga jelek sih, dr sisi mekanikal refined dibanding T31, CVT lebih enak bisa wheelspin di pintu tol. kenyamanan sdikit lebih keras dari T31 sayang kena jalan bergelomang ntah kenapa kurang enak ngeredamnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

@ chz

Lower arm surprisingly ckup awet mods, ane cuman kena skali di odo 80 atau 90 rebu, mungkin krn mobil jarang jalan jelek kl yah
Ganti kira2 sejutaan berikut pasang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Fri Apr 03, 2020 14:23 yes, nissan indo entah knp lama kelamaan jadi makin suram penjualannya, beda jauh pas jayanya livina batch awal sm xtrail t30 dulu, saya setuju sm yg dibilang sm bro CHZ, produknya yg jadul jadul, dan isu quality issuesnya yg gak bagus2 amat dibanding mobil jepang lainnya. NMI terkesan lambat update produknya , selalu telat, di LN udah keluar produk all newnya, disini malah gitu gitu aja, eh pas giliran dimasukkin, udah keburu telat, karena masyarakat udah terlanjur bosen nunggu produknya NMI yg lambat keluar itu, jadinya malah gak nolong banyak penjualan NMI nya sendiri, udah kentara dari penjualan T32 FL dan C27 yg menurut saya gak terlalu bagus, karena 2 model itu harusnya merupakan backbonenya NMI selain livander dan terra , namun karena 2 produk itu telat meluncur, jadinya bedampak pada penjualannya yg kurang baik
ya tetiba melamban gitu, ya baru sekarang kan ketahuan HQ-nya busuk gitu :big_bored:
gimana yang "cuma" cabang kaya di Indo. padahal sampe bikin pabrik untuk Evalia yang big flop. dan downhill sejak saat itu.
sekarang si lebih kaya yang penting jualan saja, daripada ga sama sekali, sekedar bertahan saja, yg entah sampai kapan, apalagi kena badai Covid19 gini.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 2:44 @ chz

Lower arm surprisingly ckup awet mods, ane cuman kena skali di odo 80 atau 90 rebu, mungkin krn mobil jarang jalan jelek kl yah
Ganti kira2 sejutaan berikut pasang
kesimpulan : jalan surabaya terlampau ga bersahabat buat kaki-kaki mobil... :ngacir:

ntah knp di sby mobil rata-rata kena kaki-kaki cepet banget. tp emang jalan di sby banyak tambalan di sana sini sih, under 50k kalo FWD rata-rata byk yang kena
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nichoreinaldy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Fri Apr 19, 2013 8:56

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by nichoreinaldy »

Ikut sharing aja hehe
Ane pemakai ANGL cvt 2014 odo 105rb
Untuk parts kaki-kaki, pas 105rb baru ganti lower arm kanan 1 set sama lower arm kiri bushingnya aja
Buat parts mesin, sebelum 105rb ada ganti fan belt sama kepala aki rusak. Cuma memang mesinnya ngelitik, mau pake pertamax turbo tetep muncul ngelitik hehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

Nga jg mods, emg waktu itu OGL jd mobil "kesayangan" ane aj, makanya pake nya alus2

Member sesepuh sini kl ga salah om @vanzmatic, perna curhat jg btulin OGL nya padahal blm tralu tua mobilnya

Ad jg temen ane pake jazz GE8 yg tinggal d surabaya, ntuh mobil nya sering semarang surabaya pp via pantura aj masi awet2 aj kaki2 nya

Hrv ane yg banyakan dipake "rally" ama bokap ane jg masi lebi minim probelm kaki2 ktimbang OGL ane dl

ChZ wrote: Sat Apr 04, 2020 7:26
DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 2:44 @ chz

Lower arm surprisingly ckup awet mods, ane cuman kena skali di odo 80 atau 90 rebu, mungkin krn mobil jarang jalan jelek kl yah
Ganti kira2 sejutaan berikut pasang
kesimpulan : jalan surabaya terlampau ga bersahabat buat kaki-kaki mobil... :ngacir:

ntah knp di sby mobil rata-rata kena kaki-kaki cepet banget. tp emang jalan di sby banyak tambalan di sana sini sih, under 50k kalo FWD rata-rata byk yang kena
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by FU27 »

Seru ya liat fenboy...


*fenboy S yang lagi mikirin harus kemana buat ngosongin tanki biar bisa beli diecast di pom cap kerang
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Sat Apr 04, 2020 7:26
DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 2:44 @ chz

Lower arm surprisingly ckup awet mods, ane cuman kena skali di odo 80 atau 90 rebu, mungkin krn mobil jarang jalan jelek kl yah
Ganti kira2 sejutaan berikut pasang
kesimpulan : jalan surabaya terlampau ga bersahabat buat kaki-kaki mobil... :ngacir:

ntah knp di sby mobil rata-rata kena kaki-kaki cepet banget. tp emang jalan di sby banyak tambalan di sana sini sih, under 50k kalo FWD rata-rata byk yang kena
Bener nih, tiap kali mudik ke surabaya, mau di jalan protokol sampe jalan tembus pasti banyak banget tambalannya, dan bergelombang parah bgt jdnya, berasa naik kuda. Harus pelan-pelan nyetirnya
:mky_01:

Tp kalo saya perhatiin sih rata-rata pengguna mobil di surabaya untuk pemakaian harian itu setengah jarak tempuh pengguna mobil di jakarta. Surabaya dr pinggiran ke pusat kota/perkantoran aja paling cuma 10-15km, maksimal 20km. Di Jakarta kalo dr pinggiran ke pusat kota/perkantoran itu bs 20-25 km, bahkan bisa sampe 50km juga.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 1:46 Kl utk irit, nyaman, no doubt ini lipina mmg menang, bushing2 dmana2 ampe ke crossmember hasil nya ga bakal boong.. tp yah jd bumerang jg, makanya d datsun ane perna liat dah ga sbanyak lipina lg soal bushing2

Utk maintenance cost yg servis rutin, ane ingat jg biasa aj, klipatan 10 rebu rata2 sejutaan.. 40 rb ampir 3 jt, mahal krn harus ganti belt dan minyak transmisi (plus coolant waktu jaman ane dl).. plg mahal pas 80 atau 100 rebu, lupa ane, itu 4 jutaan krn ganti busi iridium nya

Nahh tp yg bkin pemakai OGL pd gerah justru di servis tak terduga nya yg mostly kaki2 depan (blakang tenang aj, cuman shock ama dudukan karet per doank yg biasa jebol, murah), ane jabarkan :

- karet2 bushing crossmember :awal2 NMI ga jual karet nya doank, musti ganti satu set komplit crossmember, ini jg awal nya 3 jutaan, walaupun akhirnya beberapa taon kmudian turun harga jd cumann 1.5 juta -> ane sempet ganti 2 kali full set, kl karet bushing nya doank, ga terhitung krn waktu itu masi banyak montir ga tau trik nya masang yg bener
- besi mounting crossmber ke body bagian depan, ini jg pasti jebol kl crossmember ud oblak, ini murah cuman 400an rebu, kl kiri kana rusak yah kali 2 aj
- support shock d OGL rentan jebol, ini ori nya dl kisaran ampir 500 rebu sebiji, tp beberapa taon kmudian turun harga, ckup murah jadinya -> ane perna ganti 3 kali, skali dapet harga mahal, 2 kali yg murah
- karet stopper shock depan, ini benda murah, di beres cuman 100an rebu sebiji, tp entah knapa tiap 3 taon pasti jebol
- bearing shock depan, benda murah jg, dl sbiji cuman 200an rebu (ini harga atrium waktu itu, ane ud males beli d beres lg), utk OGL awal itu desain nya rada kebuka jd rentan kering gemuk d biji gotri nya
- link stabilizer, ini ud beda desain pas OGL ama OGL facelift, ga awet tp murah jg, sbiji cuman 200an rebu
- enjin mounting kiri dan bawa ama yg besar d kanan, fullset ampir 2 jutaan berikut pasang
- ongkos jasa bongpas kaki2 yg ampe ud lupa brapa kali saking sering nya

- motor starter, bunyii krekkkkk kl pas start pagi, awal2 lumasin gear2 nya doank yg kering kerontang, sembuh sementara, tp ga lama sering ga kuat muter, cuman suara nguung doank.. ganti baru rada mahal sejutaan lebih (jasa + parts d beres), bawa ke tukang dinamo d servis, untung masi bsa
- magnet kompressor 2 kali ganti d beres puri.. ini 300an rebu lebih (jasa ama parts, jasa nya murah cuman puluhan rebu krn mmg ini ane liat ga susah ganti nya)
- alternator jebol d odo 120 rebu, bawa ke tukang servis dinamo aj btulin, murah
- motor fan sempet error, muter lemah, tp waktu itu ama pihak beres cuman di ganti kabel2 (relay ?) Nyala lg
- evaporator jebol krn OGL ga ad filter ac, ganti di panca jaya ac, skalian servis, freon ama oli, total 1.7 juta
- kompresor ac 2 kl bermasalah bunyi ctekkk pas engage nya panjang bner dan disertai nguuung.. trakir sblom jual divonis ud lemah, kl ganti 3 jutaan
- corong bensin OGL dr besi, karatan mulu, trakir ganti yg plastik, beli copotan d atrium cuman 300 rebu brikut pasang
- pipa plastik coil bocor, tp waktu jaman OGL dl blm ad yg jual pipa plastik nya doank, mau ga mau beli full set, harga beres sebiji waktu itu ampir 500 rebu
- kabel elastis klakson putus, ini harga beres satu juta lebi dikit berikut ongkos pasang, kl OGL pasti ngalamin ini
- meteran bensin ngaco krn pelampung nya korslet, untung ini bsa claim terus walau ud ga garansi krn cacat desain
- joint steering oblak, ini jg bsa claim walau ud ga garansi krn cacat desain

Kl fast moving,
- aki setaon lebi dikit pasti soak
- oli ga bole kelas murah ssemi syn , dan ga bsa d tarik ampe 10 rebu km
- busi iridium ane ganti di 60 rebu krn coil nya jebol, dan 120 rebu krn ud aus


Smua krusakan d atas terjadi d odo 90 - 110an rebu
Mobil mostly dipake dalkot dan jarang banget kena jalan ancur

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 14:28
DOHC wrote:
Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
Setelah saya renungkan dan mengingat semua pengalaman saya pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kesimpulan saya mobil ini termasuk mobil yang nyaman(Comfort), stabil dan irit BBM nya. Apakah ada beda dengan Old Grand Livina? Iya, memang beda di bagian depan dan bagian belakangnya kalau dari penampakannya, walaupun platform nya sih sama dengan OGL. Kecuali tampilan depan dan belakangnya yang beda, mesinnya juga untuk yg ANGL sudah dual injector serta Maticnya juga bukan AT lagi tapi CVT.
Magnetic Clutch nya juga sudah beda,
yg ANGL ngak pakai 3 bandul karet lagi. Ok sekarang saya sebagai seorang yg kerja di bagian accounting
akan buka bukaan deh berapa besar biaya yg saya keluarkan selama 6 tahun pelihara mobil Nissan All New Grand Livina ini. Mobil ini saya beli tahun 2014 seharga Rp 163,3 juta net after discount. Selama 6 tahun saya pakai mobil ini, ngak pernah sekalipun mogok atau gagal nanjak kalau lagi bawa kekuarga wisata ke gunung.
Selama 6 tahun biaya pemeliharaannya terdiri dari:
Total Biaya selama 3 tahun saat masih waranty selalu servis di Bengkel Nissan sekitar Rp 6,8 juta.
After masa warranty habis, seringnya servis di bengkel biasa dimana oli mesin dan filter oli saya bawa sendiri,
jadi ongkos ganti oli berkisar 30 ribu sampai 50 ribu saja total 5 kali sebesar 3 X Rp 50.000 + 2 X Rp 30.000 jadi Rp 210 ribu dan terakhir karena dapat promo discount servis 20 persen di bulan Des tahun 2019 saya servis ke beres lagi untuk ganti kanvas rem serta servis berkala 80 ribu KM di odo Mobil saat itu baru 73 ribu KM kena Biaya Rp 1.18 juta.
Selama 6 tahun ini part mobil yg pernah diganti :
1. Karet Wiper Depan (Ganti pakai Wiper Bosch Frameless Advantage Rp 124 ribu )
2. Aki (ganti pakai aki Yuasa NS40ZL seharga Rp 600 ribu dipotong jual aki lama Rp 150 ribu jadi cuma bayar Rp 450 ribu)
3. Bohlam lampu stop lamp belakang(ganti lampu led tidak bermerk Rp 100 ribu)
4. 2 ban depan (tetap beli Dunlop SP 300 seharga Rp 1,25 juta) dan 2 ban belakang (ganti ke Ban Dunlop LM 704 seharga Rp 1,35 juta)
5. Kanvas rem depan ( ganti non OEM beli online Rp 174 ribu termasuk ongkir).

Selama 6 tahun pemakaian mobil selalu pakai BBM premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah dan suara mesin (silahkan dengar di link dibawah tidak ada suara ngilitik) dan performa mesin masih bagus.

https://youtu.be/mtSLVJM7qmM
:big_chicken: ...



om wakil ketua gak salah nulis sepanjang ini....

emang ada yg baca.... :big_weee:


gw aja kadang nulis kepanjangan pusing....


mending tulis buku aja trs cetak jual gramedia...

jari tangan kelebihan energi....ky pendekar luk siu fung...jari sakti.. :big_slap:




:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Sun Apr 05, 2020 2:01
:big_chicken: ...



om wakil ketua gak salah nulis sepanjang ini....

emang ada yg baca.... :big_weee:


gw aja kadang nulis kepanjangan pusing....


mending tulis buku aja trs cetak jual gramedia...

jari tangan kelebihan energi....ky pendekar luk siu fung...jari sakti.. :big_slap:




:ngacir:
:big_biglaugh:

makluuum WFH ..... bnyk waktu luang kalo ga ngetik paling ngamar

:big_weee:

:mky_03:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:Kl utk irit, nyaman, no doubt ini lipina mmg menang, bushing2 dmana2 ampe ke crossmember hasil nya ga bakal boong.. tp yah jd bumerang jg, makanya d datsun ane perna liat dah ga sbanyak lipina lg soal bushing2

Utk maintenance cost yg servis rutin, ane ingat jg biasa aj, klipatan 10 rebu rata2 sejutaan.. 40 rb ampir 3 jt, mahal krn harus ganti belt dan minyak transmisi (plus coolant waktu jaman ane dl).. plg mahal pas 80 atau 100 rebu, lupa ane, itu 4 jutaan krn ganti busi iridium nya

Nahh tp yg bkin pemakai OGL pd gerah justru di servis tak terduga nya yg mostly kaki2 depan (blakang tenang aj, cuman shock ama dudukan karet per doank yg biasa jebol, murah), ane jabarkan :

- karet2 bushing crossmember :awal2 NMI ga jual karet nya doank, musti ganti satu set komplit crossmember, ini jg awal nya 3 jutaan, walaupun akhirnya beberapa taon kmudian turun harga jd cumann 1.5 juta -> ane sempet ganti 2 kali full set, kl karet bushing nya doank, ga terhitung krn waktu itu masi banyak montir ga tau trik nya masang yg bener
- besi mounting crossmber ke body bagian depan, ini jg pasti jebol kl crossmember ud oblak, ini murah cuman 400an rebu, kl kiri kana rusak yah kali 2 aj
- support shock d OGL rentan jebol, ini ori nya dl kisaran ampir 500 rebu sebiji, tp beberapa taon kmudian turun harga, ckup murah jadinya -> ane perna ganti 3 kali, skali dapet harga mahal, 2 kali yg murah
- karet stopper shock depan, ini benda murah, di beres cuman 100an rebu sebiji, tp entah knapa tiap 3 taon pasti jebol
- bearing shock depan, benda murah jg, dl sbiji cuman 200an rebu (ini harga atrium waktu itu, ane ud males beli d beres lg), utk OGL awal itu desain nya rada kebuka jd rentan kering gemuk d biji gotri nya
- link stabilizer, ini ud beda desain pas OGL ama OGL facelift, ga awet tp murah jg, sbiji cuman 200an rebu
- enjin mounting kiri dan bawa ama yg besar d kanan, fullset ampir 2 jutaan berikut pasang
- ongkos jasa bongpas kaki2 yg ampe ud lupa brapa kali saking sering nya

- motor starter, bunyii krekkkkk kl pas start pagi, awal2 lumasin gear2 nya doank yg kering kerontang, sembuh sementara, tp ga lama sering ga kuat muter, cuman suara nguung doank.. ganti baru rada mahal sejutaan lebih (jasa + parts d beres), bawa ke tukang dinamo d servis, untung masi bsa
- magnet kompressor 2 kali ganti d beres puri.. ini 300an rebu lebih (jasa ama parts, jasa nya murah cuman puluhan rebu krn mmg ini ane liat ga susah ganti nya)
- alternator jebol d odo 120 rebu, bawa ke tukang servis dinamo aj btulin, murah
- motor fan sempet error, muter lemah, tp waktu itu ama pihak beres cuman di ganti kabel2 (relay ?) Nyala lg
- evaporator jebol krn OGL ga ad filter ac, ganti di panca jaya ac, skalian servis, freon ama oli, total 1.7 juta
- kompresor ac 2 kl bermasalah bunyi ctekkk pas engage nya panjang bner dan disertai nguuung.. trakir sblom jual divonis ud lemah, kl ganti 3 jutaan
- corong bensin OGL dr besi, karatan mulu, trakir ganti yg plastik, beli copotan d atrium cuman 300 rebu brikut pasang
- pipa plastik coil bocor, tp waktu jaman OGL dl blm ad yg jual pipa plastik nya doank, mau ga mau beli full set, harga beres sebiji waktu itu ampir 500 rebu
- kabel elastis klakson putus, ini harga beres satu juta lebi dikit berikut ongkos pasang, kl OGL pasti ngalamin ini
- meteran bensin ngaco krn pelampung nya korslet, untung ini bsa claim terus walau ud ga garansi krn cacat desain
- joint steering oblak, ini jg bsa claim walau ud ga garansi krn cacat desain

Kl fast moving,
- aki setaon lebi dikit pasti soak
- oli ga bole kelas murah ssemi syn , dan ga bsa d tarik ampe 10 rebu km
- busi iridium ane ganti di 60 rebu krn coil nya jebol, dan 120 rebu krn ud aus


Smua krusakan d atas terjadi d odo 90 - 110an rebu
Mobil mostly dipake dalkot dan jarang banget kena jalan ancur

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 14:28
DOHC wrote: Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
Setelah saya renungkan dan mengingat semua pengalaman saya pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kesimpulan saya mobil ini termasuk mobil yang nyaman(Comfort), stabil dan irit BBM nya. Apakah ada beda dengan Old Grand Livina? Iya, memang beda di bagian depan dan bagian belakangnya kalau dari penampakannya, walaupun platform nya sih sama dengan OGL. Kecuali tampilan depan dan belakangnya yang beda, mesinnya juga untuk yg ANGL sudah dual injector serta Maticnya juga bukan AT lagi tapi CVT.
Magnetic Clutch nya juga sudah beda,
yg ANGL ngak pakai 3 bandul karet lagi. Ok sekarang saya sebagai seorang yg kerja di bagian accounting
akan buka bukaan deh berapa besar biaya yg saya keluarkan selama 6 tahun pelihara mobil Nissan All New Grand Livina ini. Mobil ini saya beli tahun 2014 seharga Rp 163,3 juta net after discount. Selama 6 tahun saya pakai mobil ini, ngak pernah sekalipun mogok atau gagal nanjak kalau lagi bawa kekuarga wisata ke gunung.
Selama 6 tahun biaya pemeliharaannya terdiri dari:
Total Biaya selama 3 tahun saat masih waranty selalu servis di Bengkel Nissan sekitar Rp 6,8 juta.
After masa warranty habis, seringnya servis di bengkel biasa dimana oli mesin dan filter oli saya bawa sendiri,
jadi ongkos ganti oli berkisar 30 ribu sampai 50 ribu saja total 5 kali sebesar 3 X Rp 50.000 + 2 X Rp 30.000 jadi Rp 210 ribu dan terakhir karena dapat promo discount servis 20 persen di bulan Des tahun 2019 saya servis ke beres lagi untuk ganti kanvas rem serta servis berkala 80 ribu KM di odo Mobil saat itu baru 73 ribu KM kena Biaya Rp 1.18 juta.
Selama 6 tahun ini part mobil yg pernah diganti :
1. Karet Wiper Depan (Ganti pakai Wiper Bosch Frameless Advantage Rp 124 ribu )
2. Aki (ganti pakai aki Yuasa NS40ZL seharga Rp 600 ribu dipotong jual aki lama Rp 150 ribu jadi cuma bayar Rp 450 ribu)
3. Bohlam lampu stop lamp belakang(ganti lampu led tidak bermerk Rp 100 ribu)
4. 2 ban depan (tetap beli Dunlop SP 300 seharga Rp 1,25 juta) dan 2 ban belakang (ganti ke Ban Dunlop LM 704 seharga Rp 1,35 juta)
5. Kanvas rem depan ( ganti non OEM beli online Rp 174 ribu termasuk ongkir).

Selama 6 tahun pemakaian mobil selalu pakai BBM premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah dan suara mesin (silahkan dengar di link dibawah tidak ada suara ngilitik) dan performa mesin masih bagus.

https://youtu.be/mtSLVJM7qmM
Banyak jg ya om pergantian part yg om lakukan saat pelihara OGL, pantes aja om jual, di ANGL sektor kaki kaki sampai dengan odo 80.011 KM di saya cuma pernah melakukan greasing ulang klaher bearing saja, ngak pernah ada penggantian part kaki kaki sama sekali sampai skrg karena saat mobil di bawa jalan tidak ada bunyi bunyi aneh. Untuk karet karet bushing di mobil saya yg sering cuci sehabis dipakai jalan setelah saya check belum ada yg retas atau sobek sih. Karet karet di bagian kaki kaki mobil tsb biar tidak mudah getas sebaiknya disirami air saat cuci mobil biar awet jadi mesti ngolong.saat semprotin air untuk seluruh bagian bawah mobil wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Sun Apr 05, 2020 2:01
DOHC wrote: Sat Apr 04, 2020 1:46
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 14:28 Setelah saya renungkan dan mengingat semua pengalaman saya pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kesimpulan saya mobil ini termasuk mobil yang nyaman(Comfort), stabil dan irit BBM nya. Apakah ada beda dengan Old Grand Livina? Iya, memang beda di bagian depan dan bagian belakangnya kalau dari penampakannya, walaupun platform nya sih sama dengan OGL. Kecuali tampilan depan dan belakangnya yang beda, mesinnya juga untuk yg ANGL sudah dual injector serta Maticnya juga bukan AT lagi tapi CVT.
Magnetic Clutch nya juga sudah beda,
yg ANGL ngak pakai 3 bandul karet lagi. Ok sekarang saya sebagai seorang yg kerja di bagian accounting
akan buka bukaan deh berapa besar biaya yg saya keluarkan selama 6 tahun pelihara mobil Nissan All New Grand Livina ini. Mobil ini saya beli tahun 2014 seharga Rp 163,3 juta net after discount
Selama 6 tahun ini part mobil yg pernah diganti :
1. Karet Wiper Depan (Ganti pakai Wiper Bosch Frameless Advantage Rp 124 ribu )
2. Aki (ganti pakai aki Yuasa NS40ZL seharga Rp 600 ribu dipotong jual aki lama Rp 150 ribu jadi cuma bayar Rp 450 ribu)
3. Bohlam lampu stop lamp belakang(ganti lampu led tidak bermerk Rp 100 ribu)
4. 2 ban depan (tetap beli Dunlop SP 300 seharga Rp 1,25 juta) dan 2 ban belakang (ganti ke Ban Dunlop LM 704 seharga Rp 1,35 juta)
5. Kanvas rem depan ( ganti non OEM beli online Rp 174 ribu termasuk ongkir).

Selama 6 tahun pemakaian mobil selalu pakai BBM premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah dan suara mesin (silahkan dengar di link dibawah tidak ada suara ngilitik) dan performa mesin masih bagus.

https://youtu.be/mtSLVJM7qmM
:big_chicken: ...



om wakil ketua gak salah nulis sepanjang ini....

emang ada yg baca.... :big_weee:


gw aja kadang nulis kepanjangan pusing....


mending tulis buku aja trs cetak jual gramedia...

jari tangan kelebihan energi....ky pendekar luk siu fung...jari sakti.. :big_slap:




:ngacir:
Mending tulis kho ping ho...

Kan lg wfh pak ketua pembina, nganggur..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by smgandi »

Jadi inget TM :big_bored:
Sdh kambekkah? :big_think:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by marama »

smgandi wrote: Sun Apr 05, 2020 17:38 Jadi inget TM :big_bored:
Sdh kambekkah? :big_think:
iya kok jadi inget TM, jangan2 berevolusi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

smgandi wrote: Sun Apr 05, 2020 17:38 Jadi inget TM :big_bored:
Sdh kambekkah? :big_think:
Ybs Masi d bangsal rs soeharto herridjan, pasien abadi dsana dia, palagi sejak batu makam bangkrut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
antekakio
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
Location: Di atas genteng
Daily Vehicle: CX-5

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by antekakio »

smgandi wrote: Sun Apr 05, 2020 17:38 Jadi inget TM :big_bored:
Sdh kambekkah? :big_think:
Salah 1 yg khas dari TM ada kata "ngak" coba cari disini ada kata "ngak" nya tidak :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

Datsun di Indo memang lempar handuk tapi semoga Nissan di Indo jangan ikut lempar handuk karena Nissan di overseas masih terus berproduksi. Walaupun Nissan Renault Alliance mengalami penurunan total penjualannya di Dunia. Saya pribadi masih sangat suka dengan product flagship nya Nissan, Nissan GTR yg rupanya di luar negeri banyak ditune untuk drag race.

https://youtu.be/wjX5DkeSTx4
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by pcx »

Ghosn memang bisa dibilang sukses membangkitkan Nissan tapi gagal membangkitkan Datsun :weekk:

Masalahna kegagalan ini jg menyeret dan membuat performa Nissan jepun lgs ambrol dgn sukses :e-snooty:

Cilakok

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE