Datsun indo lempar handuk?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Thu Apr 02, 2020 14:29 baru tau kondisinya gitu. kirain separohnya by Astra :mky_02:

VW? lah SC aja tinggal dihitung sebelah tangan. cuma ya better than nothing, dan bener juga kalau dipikir2 masih ada aja yg beli :ungg:

Nissan kurang laku apa? Renault juga :mky_03: :mky_03: :mky_03:

ah KIA semoga saja ga mati pelan2. apalagi Hyundai sudah ada pabrik disini.
Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
But some of Nissan’s problems are self-inflicted. Under Mr. Ghosn, the company focused on expanding its share of the American market by aggressively discounting its vehicles and increasing fleet sales — a strategy that rankled dealers and, Nissan now says, undermined its brand.
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

Yang saya amati dari strategi Nissan ini, mereka concentrate jualan di Market yg gede seperti China Market, USA, Europe, Japan and Latin America saja. Untuk di Indonesia mereka ngak all out karena pangsa pasarnya ngak besar.
:glodak:
HR15DE 2014
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Astargea »

ChZ wrote: Thu Apr 02, 2020 16:18
kunaskun wrote: Thu Apr 02, 2020 14:29 baru tau kondisinya gitu. kirain separohnya by Astra :mky_02:

VW? lah SC aja tinggal dihitung sebelah tangan. cuma ya better than nothing, dan bener juga kalau dipikir2 masih ada aja yg beli :ungg:

Nissan kurang laku apa? Renault juga :mky_03: :mky_03: :mky_03:

ah KIA semoga saja ga mati pelan2. apalagi Hyundai sudah ada pabrik disini.
Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
But some of Nissan’s problems are self-inflicted. Under Mr. Ghosn, the company focused on expanding its share of the American market by aggressively discounting its vehicles and increasing fleet sales — a strategy that rankled dealers and, Nissan now says, undermined its brand.
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
Saya denger-denger di Amrik strategi Nissan itu ngasih diskon gede, diskon lebih gede lagi buat fleet rental, ngasih angsuran dengan bunga kecil dan persyaratan sangat mudah biar bisa nyuri market share padahal mobilnya juga banyak yang udah outdated dan CVTnya terkenal.. uhh... kurang reliable. Gara2 angsuran syaratnya terlalu mudah sampe ada stereotip yang nyetir Nissan itu antara first time buyer atau rental atau orang yang punya skor kredit buruk, stereotip lainnya orang yg pake Nissan di Amrik itu nyetirnya juga ugal-ugalan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

Astargea wrote: Fri Apr 03, 2020 2:49
Saya denger-denger di Amrik strategi Nissan itu ngasih diskon gede, diskon lebih gede lagi buat fleet rental, ngasih angsuran dengan bunga kecil dan persyaratan sangat mudah biar bisa nyuri market share padahal mobilnya juga banyak yang udah outdated dan CVTnya terkenal.. uhh... kurang reliable. Gara2 angsuran syaratnya terlalu mudah sampe ada stereotip yang nyetir Nissan itu antara first time buyer atau rental atau orang yang punya skor kredit buruk, stereotip lainnya orang yg pake Nissan di Amrik itu nyetirnya juga ugal-ugalan.
naaaah iya ini ane pernah baca di mana yak... di balik kesuksesan comeback Nissunk under aliansi ada ceritanya. Diskon gede, syarat kredit dan leasing terlalu mudah. Nissan jor-joran soal pemberian kredit di US sana. Ya siapa yang gak tergiur sih.

dan ini kebawa ke lainnya...

Low profit = low income = gak bisa inovasi lebih karena ga ada duit, otomatis keluar model baru makin disunatin kualitasnya. Lower quality products = Lower reliability scores = konsumen berkurang = low profit, muter lagi. makanya bisa operational profit loss 99%, padahal keliatannya laris manis.

dan life span produknya juga makin panjang = aging lineups = kalah saing.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

Kl sepengamatan real time ane sehh, batu makam kliatan lebi niat jualan d negeri2 tetangga kta

Liat aj d malon ama aussie, line up nya lebi banyak dr kta

Aussie jgn dtanya, cepet bener mreka update, pusat ad line up baru, ga lama lgs d jual dsana

Dsini ?ya suda lah... sama2 paham betapa caur nya mreka

Jd inget beberapa taon silam sempet buka divisi used car center, tp beli barang sendiri aj harganya lebi jeblok dr wtc mangdu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Fri Apr 03, 2020 3:48 Kl sepengamatan real time ane sehh, batu makam kliatan lebi niat jualan d negeri2 tetangga kta

Liat aj d malon ama aussie, line up nya lebi banyak dr kta

Aussie jgn dtanya, cepet bener mreka update, pusat ad line up baru, ga lama lgs d jual dsana

Dsini ?ya suda lah... sama2 paham betapa caur nya mreka

Jd inget beberapa taon silam sempet buka divisi used car center, tp beli barang sendiri aj harganya lebi jeblok dr wtc mangdu
2019 di ostrali batumakam masih top 10 best selling brand. masih di atas VW dan Honda.

Kalah ama Mazda, duo Korea, Mitsu, Ford. top nomer 1 tetep Toyota.

https://www.savings.com.au/car-loans/mo ... car-brands

di malon, masih top 3 non-national brands... biarpun total sales nya yah cuma 1/3 nya toyota... taon lalu marketshare nya turun 25%.

https://paultan.org/2020/01/23/vehicle- ... nd-losers/

malon ama oz jalannya mulus-mulus gak kek disini, kota gede macem surabaya aja jalan aspal tembelan ama lobang banyak bener... pdhl di daerah elit. issue kaki-kaki dan komponen lain yang premature breakdown kayaknya lebih minim daripada dimari.

owh ya bener jg dulu batu makam sempet bikin divisi used car... gw dulu dapet hadiah Teana J32 jg ditawar murah banget, akhirnya ya udah dikekepin aja gak pernah dipake.
Last edited by ChZ on Fri Apr 03, 2020 5:07, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Senargitar »

Astargea wrote: Fri Apr 03, 2020 2:49
ChZ wrote: Thu Apr 02, 2020 16:18
kunaskun wrote: Thu Apr 02, 2020 14:29 baru tau kondisinya gitu. kirain separohnya by Astra :mky_02:

VW? lah SC aja tinggal dihitung sebelah tangan. cuma ya better than nothing, dan bener juga kalau dipikir2 masih ada aja yg beli :ungg:

Nissan kurang laku apa? Renault juga :mky_03: :mky_03: :mky_03:

ah KIA semoga saja ga mati pelan2. apalagi Hyundai sudah ada pabrik disini.
Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
But some of Nissan’s problems are self-inflicted. Under Mr. Ghosn, the company focused on expanding its share of the American market by aggressively discounting its vehicles and increasing fleet sales — a strategy that rankled dealers and, Nissan now says, undermined its brand.
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
Saya denger-denger di Amrik strategi Nissan itu ngasih diskon gede, diskon lebih gede lagi buat fleet rental, ngasih angsuran dengan bunga kecil dan persyaratan sangat mudah biar bisa nyuri market share padahal mobilnya juga banyak yang udah outdated dan CVTnya terkenal.. uhh... kurang reliable. Gara2 angsuran syaratnya terlalu mudah sampe ada stereotip yang nyetir Nissan itu antara first time buyer atau rental atau orang yang punya skor kredit buruk, stereotip lainnya orang yg pake Nissan di Amrik itu nyetirnya juga ugal-ugalan.


Jadi mayoritas beli nissan d luar itu krn murah bukan krn kualitas... Fakta yg menarik...
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

Senargitar wrote:
Astargea wrote: Fri Apr 03, 2020 2:49
ChZ wrote: Thu Apr 02, 2020 16:18 Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
Saya denger-denger di Amrik strategi Nissan itu ngasih diskon gede, diskon lebih gede lagi buat fleet rental, ngasih angsuran dengan bunga kecil dan persyaratan sangat mudah biar bisa nyuri market share padahal mobilnya juga banyak yang udah outdated dan CVTnya terkenal.. uhh... kurang reliable. Gara2 angsuran syaratnya terlalu mudah sampe ada stereotip yang nyetir Nissan itu antara first time buyer atau rental atau orang yang punya skor kredit buruk, stereotip lainnya orang yg pake Nissan di Amrik itu nyetirnya juga ugal-ugalan.


Jadi mayoritas beli nissan d luar itu krn murah bukan krn kualitas... Fakta yg menarik...
Ngak juga kok om, kalau saya pribadi beli mobil Nissan karena mobilnya memang nyaman dan irit BBM, tapi kalau di luar negeri saya nga tahu pasti sih bisa jadi karena diskon.atau karena yang lain. Cuma yang saya tahu Nissan adalah salah satu pabrikan Jepang yg menghasilkan Fastest Japanese Cars.

https://carfromjapan.com/article/car-re ... -cars/amp/

:glodak:
HR15DE 2014
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Senargitar »

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 5:18
Senargitar wrote:
Astargea wrote: Fri Apr 03, 2020 2:49

Saya denger-denger di Amrik strategi Nissan itu ngasih diskon gede, diskon lebih gede lagi buat fleet rental, ngasih angsuran dengan bunga kecil dan persyaratan sangat mudah biar bisa nyuri market share padahal mobilnya juga banyak yang udah outdated dan CVTnya terkenal.. uhh... kurang reliable. Gara2 angsuran syaratnya terlalu mudah sampe ada stereotip yang nyetir Nissan itu antara first time buyer atau rental atau orang yang punya skor kredit buruk, stereotip lainnya orang yg pake Nissan di Amrik itu nyetirnya juga ugal-ugalan.


Jadi mayoritas beli nissan d luar itu krn murah bukan krn kualitas... Fakta yg menarik...
Ngak juga kok om, kalau saya pribadi beli mobil Nissan karena mobilnya memang nyaman dan irit BBM, tapi kalau di luar negeri saya nga tahu pasti sih bisa jadi karena diskon.atau karena yang lain. Cuma yang saya tahu Nissan adalah salah satu pabrikan Jepang yg menghasilkan Fastest Japanese Cars.

https://carfromjapan.com/article/car-re ... -cars/amp/


Gtr jadi mobil jepang tercepat bukan berarti yang produk lainnya jg bagus :big_weee: Lagi pula nissan udah stuck sama gtr dari 2007an sampai sekarang gitu2 aja.. gak kedengeran development R36.

Jeremy Clarkson bilang Lexus LFA salah satu mobil terbaik yg pernah dia driven bukan berarti lexus lainnya jg bgtu... Malah bbrp lexus kalau distir berasa jadi opa2 :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

Senargitar wrote: Fri Apr 03, 2020 5:25
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 5:18 Ngak juga kok om, kalau saya pribadi beli mobil Nissan karena mobilnya memang nyaman dan irit BBM, tapi kalau di luar negeri saya nga tahu pasti sih bisa jadi karena diskon.atau karena yang lain. Cuma yang saya tahu Nissan adalah salah satu pabrikan Jepang yg menghasilkan Fastest Japanese Cars.

https://carfromjapan.com/article/car-re ... -cars/amp/
Gtr jadi mobil jepang tercepat bukan berarti yang produk lainnya jg bagus :big_weee: Lagi pula nissan udah stuck sama gtr dari 2007an sampai sekarang gitu2 aja.. gak kedengeran development R36.

Jeremy Clarkson bilang Lexus LFA salah satu mobil terbaik yg pernah dia driven bukan berarti lexus lainnya jg bgtu... Malah bbrp lexus kalau distir berasa jadi opa2 :wkkk:
Lagi-lagi orang yang tidak bisa membedakan personal opinion dengan data di lapangan... :mky_07:

Yup, GT-R dan Fairlady yang jadi halo car nya Nissan tidak dilanjutin karena tidak ada biaya. Gimana mau ngelanjutin kalo profit operasional aja loss sampe 99%...

Sementara supercar/sportscar project pasti buang duit. Sekelas Toyota yang duitnya banyak bikin LFA dan sekelas VW Group bikin Bugatti Veyron/Chiron itu satu unit kejual dia rugi cukup gede.

Hahahahaha, Automakers are pure business. They need something that really "sells". Even Ferrari needs Fiat. Lambo and Porsche needs Volkswagen. They build great cars but also sells sh*tboxes... Renault punya Renaultsport Megane yang pernah jadi fastest hot hatchback, suplai mesin di F1, juga nggak ada kaitannya dengan Kwid, Duster, dll.

Gw sebagai penggemar Honda ya mengakui kalo Brio dan HR-V is just another sh*tboxes that really sells, nothing to do with NSX or Type-R.
Last edited by ChZ on Fri Apr 03, 2020 5:47, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

Senargitar wrote:
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 5:18
Senargitar wrote:

Jadi mayoritas beli nissan d luar itu krn murah bukan krn kualitas... Fakta yg menarik...
Ngak juga kok om, kalau saya pribadi beli mobil Nissan karena mobilnya memang nyaman dan irit BBM, tapi kalau di luar negeri saya nga tahu pasti sih bisa jadi karena diskon.atau karena yang lain. Cuma yang saya tahu Nissan adalah salah satu pabrikan Jepang yg menghasilkan Fastest Japanese Cars.

https://carfromjapan.com/article/car-re ... -cars/amp/


Gtr jadi mobil jepang tercepat bukan berarti yang produk lainnya jg bagus :big_weee: Lagi pula nissan udah stuck sama gtr dari 2007an sampai sekarang gitu2 aja.. gak kedengeran development R36.

Jeremy Clarkson bilang Lexus LFA salah satu mobil terbaik yg pernah dia driven bukan berarti lexus lainnya jg bgtu... Malah bbrp lexus kalau distir berasa jadi opa2 :wkkk:
Nissan sih saya yakin ngak stuck di Nissan GTR R35, saya masih yakin masih akan keluar seri berikutnya .
https://www.carwow.co.uk/nissan/gt-r/ne ... lease-date
Saya mah ngak percaya penilaian si Clarkson yg di depak BBC dari acara Top Gear karena manner nya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 5:45 Nissan sih saya yakin ngak stuck di Nissan GTR R35, saya masih yakin masih akan keluar seri berikutnya .
https://www.carwow.co.uk/nissan/gt-r/ne ... lease-date
Saya mah ngak percaya penilaian si Clarkson yg di depak BBC dari acara Top Gear karena manner nya wkwkwk.
Do u really read the article?
Rumours suggest the new GT-R could be powered by a complex hybrid system with an engine derived from the Japanese firm’s endurance racing program. The company’s Le Mans race car, shown above, used a conventional 3.0-litre V6 petrol engine to drive the front wheels and was originally meant to use a hybrid system on the rears (ultimately, it couldn’t be made to work in time to race). The road-going R36 could use a similar system – hopefully with better luck than the Le Mans car.
Nissan isn’t expected to reveal a new GT-R before 2021 and we may have to wait until 2025 before we see it in dealerships. The new hybrid system could add a significant chunk to the asking price, however, potentially pushing entry-level cars close to the £100,000 mark. That said, it’ll still probably be cheaper than rivals from Porsche and Lamborghini.
That article doesn't mean anything. Cuma prediksi kapan dan spt apa. Tidak ada statement resmi dari Nissan executives di sana.

Irrelevant, mengkaitkan manner seseorang dengan penilaiannya terhadap sesuatu, itu namanya ad hominem.

Perlu diingat jam terbang Clarkson jadi jurnalis otomotif jelas bkn kaleng-kaleng, udah puluhan taun, tajir, punya mobil banyak. Kalo ngga setuju dengan dia, jangan serang personanya, lawan argumennya.

Face it, automotive is just business, and people inside it ain't saints.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

ChZ wrote:
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 5:45 Nissan sih saya yakin ngak stuck di Nissan GTR R35, saya masih yakin masih akan keluar seri berikutnya .
https://www.carwow.co.uk/nissan/gt-r/ne ... lease-date
Saya mah ngak percaya penilaian si Clarkson yg di depak BBC dari acara Top Gear karena manner nya wkwkwk.
Do u really read the article?
Rumours suggest the new GT-R could be powered by a complex hybrid system with an engine derived from the Japanese firm’s endurance racing program. The company’s Le Mans race car, shown above, used a conventional 3.0-litre V6 petrol engine to drive the front wheels and was originally meant to use a hybrid system on the rears (ultimately, it couldn’t be made to work in time to race). The road-going R36 could use a similar system – hopefully with better luck than the Le Mans car.
Nissan isn’t expected to reveal a new GT-R before 2021 and we may have to wait until 2025 before we see it in dealerships. The new hybrid system could add a significant chunk to the asking price, however, potentially pushing entry-level cars close to the £100,000 mark. That said, it’ll still probably be cheaper than rivals from Porsche and Lamborghini.
That article doesn't mean anything. Cuma prediksi kapan dan spt apa. Tidak ada statement resmi dari Nissan executives di sana.

Irrelevant, mengkaitkan manner seseorang dengan penilaiannya terhadap sesuatu, itu namanya ad hominem.

Perlu diingat jam terbang Clarkson jadi jurnalis otomotif jelas bkn kaleng-kaleng, udah puluhan taun, tajir, punya mobil banyak. Kalo ngga setuju dengan dia, jangan serang personanya, lawan argumennya.

Face it, automotive are just business, CEOs and executives ain't saints.
Yup kita memang beda pendapat, is ok for me. End case. Case Close.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Thank you for the information. Benar saya sampai sekarang masih senang dengan mobil Nissan saya dan berencana pelihara mobilnya untuk waktu yg sangat lama.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 8:11
DOHC wrote:Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Thank you for the information. Benar saya sampai sekarang masih senang dengan mobil Nissan saya dan berencana pelihara mobilnya untuk waktu yg sangat lama.
Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Fri Apr 03, 2020 8:05 Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Ngomong2 gearbox nya GT-R... katanya ntu gearbox GT-R juga mating nya ama mesin tertentu yak? jadi meski sama-sama gearbox GT-R kalo beda unit mesin dia ga mo nyala gt ?

Ini Clarkson sempet singgung di sini, doi bahkan bilang "gw gak ngerti nih mobil outputnya berapa, krn satu mesin satu gearbox untuk satu mobil"



stidaknya ntu HR15DE terbukti jago nglitik karena ignition timingnya ala mobil resing cm pistonnya gak rontok-rontok... ajaib jg :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by pengendiesel »

Ya gini ini kalo fansboy 2 merk berbeda ketemu di forum.

Regards,
Fansboy toyota

:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Fri Apr 03, 2020 8:28
DOHC wrote: Fri Apr 03, 2020 8:05 Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Ngomong2 gearbox nya GT-R... katanya ntu gearbox GT-R juga mating nya ama mesin tertentu yak? jadi meski sama-sama gearbox GT-R kalo beda unit mesin dia ga mo nyala gt ?

Ini Clarkson sempet singgung di sini, doi bahkan bilang "gw gak ngerti nih mobil outputnya berapa, krn satu mesin satu gearbox untuk satu mobil"



stidaknya ntu HR15DE terbukti jago nglitik karena ignition timingnya ala mobil resing cm pistonnya gak rontok-rontok... ajaib jg :ngacir:
Kl ga sala girbok R34 mods..

Makanya ane perna blg itu enjin lejen om... wong d malon pake oktan 98 aj mreka blg masi ad glitik2

Batu makam.sehh dl nge jual teknologi machinin enjin si HR ini mods, liner di silinder yg nyaris sempurna circular nya, mirror loke finish d kem ama kruk as

Tp yah emg ga boong sehh mods, ini mesin yg rev happy, makanya tenaga nya pun d set kluar d putaran atas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Fri Apr 03, 2020 8:37
Kl ga sala girbok R34 mods..

Makanya ane perna blg itu enjin lejen om... wong d malon pake oktan 98 aj mreka blg masi ad glitik2

Batu makam.sehh dl nge jual teknologi machinin enjin si HR ini mods, liner di silinder yg nyaris sempurna circular nya, mirror loke finish d kem ama kruk as

Tp yah emg ga boong sehh mods, ini mesin yg rev happy, makanya tenaga nya pun d set kluar d putaran atas
klo kata mbah bebonk setelan vvt ga dimainin, mereka main timing nya tinggi banget itu yang bikin glitik, dan terjadi di ampir semua mobil batu makam, bahkan ngebuka ECU Xtrail juga sama aja. Bedanya QR25 low compression jd ga prone to knocking, kebetulan HR15 high comp jadi yah gt deh.

yup OGL manual temen kalo ga biasa feel koplingnya pasti sempet mati-mati dl :mky_07: kosong bgt rpm bawahnya.

yah itu ajaib mesin legenda ngelitik, isi oktan 88-90 ama pemiliknya, dibiarin glitik2, ampe skrg ga ada engine related problems. batu makam yg ada engine related problem klo g salah Altima... blown head gasket.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 8:11
DOHC wrote:Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Thank you for the information. Benar saya sampai sekarang masih senang dengan mobil Nissan saya dan berencana pelihara mobilnya untuk waktu yg sangat lama.
Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
Sabar ya om, karena saya baru pakai Nissan All New Grand Livina saya selama 6 tahun dan mobilnya ngak banyak jajan sampai skrg ini nanti kalau sudah lewat dari 15 tahun deh mungkin akan saya informasikan lagi apa saja pergantian slow moving parts nya.
:glodak:
HR15DE 2014
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by supriyadi »

Kalo saya mau ambil sesuatu masa bodoh dengan pendapat orang. Mau dibilangin [cencored], bodoh biarin aja. Memang sebelum memutuskan sesuatu ya tanya sana tanya sini, baca2 diforum. Tapi keputusan tetap ditangan saya. Mau dibilangin ngeyel ya terserah. Kalo saya udah sreg, udah senang, ya ambil. Peduli setan omongan orang. Toh ini duit juga duit sendiri kok :big_slap: :big_slap:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Thu Apr 02, 2020 16:18
Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
But some of Nissan’s problems are self-inflicted. Under Mr. Ghosn, the company focused on expanding its share of the American market by aggressively discounting its vehicles and increasing fleet sales — a strategy that rankled dealers and, Nissan now says, undermined its brand.
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
maksud saya, NMI dulu ketika Livina Xtrail lagi jaya2nya. kalau sekarang mah jangan ditanya. jadi ampas gitu :big_childish: ketika aliansi Nissan Renault lagi bagus2nya.

sekarang si ya ga pake cabut dari Indo aja udah bagus. :big_bored: :big_bored: :big_bored:

ya dan memang itu aliansi ribet bener, ditambah lagi di Indo ga kalah ribet :big_dunno:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: Fri Apr 03, 2020 12:48
ChZ wrote: Thu Apr 02, 2020 16:18
Ini yang menarik, kalo problemnya karena Nissin dipegang indomobil group, VW dan Suzuki ga pernah selambat Nissin update productnya.

Sementara yg bikin NMI prestasinya ancur salah satunya update produknya lambat.

Global udah keluar facelift/generasi baru, di sini ampe bosen nunggunya.

Gw rasa Ghosn ga terlalu anggep Indo market terlalu serius, makanya diem diem bae. Ud rahasia umum buat beberapa pabrikan market indo ga dianggep.

Nissan di luar? No better kok, 2019 operating profit loss 99%.

https://www.google.com/amp/s/www.bloomb ... r-job-cuts

https://www.nytimes.com/2019/11/12/busi ... nings.html
But some of Nissan’s problems are self-inflicted. Under Mr. Ghosn, the company focused on expanding its share of the American market by aggressively discounting its vehicles and increasing fleet sales — a strategy that rankled dealers and, Nissan now says, undermined its brand.
Selain profit ilang sales nya jg declining... Problemnya sama, outdated products, quality issues.
maksud saya, NMI dulu ketika Livina Xtrail lagi jaya2nya. kalau sekarang mah jangan ditanya. jadi ampas gitu :big_childish: ketika aliansi Nissan Renault lagi bagus2nya.

sekarang si ya ga pake cabut dari Indo aja udah bagus. :big_bored: :big_bored: :big_bored:

ya dan memang itu aliansi ribet bener, ditambah lagi di Indo ga kalah ribet :big_dunno:
yes, nissan indo entah knp lama kelamaan jadi makin suram penjualannya, beda jauh pas jayanya livina batch awal sm xtrail t30 dulu, saya setuju sm yg dibilang sm bro CHZ, produknya yg jadul jadul, dan isu quality issuesnya yg gak bagus2 amat dibanding mobil jepang lainnya. NMI terkesan lambat update produknya , selalu telat, di LN udah keluar produk all newnya, disini malah gitu gitu aja, eh pas giliran dimasukkin, udah keburu telat, karena masyarakat udah terlanjur bosen nunggu produknya NMI yg lambat keluar itu, jadinya malah gak nolong banyak penjualan NMI nya sendiri, udah kentara dari penjualan T32 FL dan C27 yg menurut saya gak terlalu bagus, karena 2 model itu harusnya merupakan backbonenya NMI selain livander dan terra , namun karena 2 produk itu telat meluncur, jadinya bedampak pada penjualannya yg kurang baik
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Datsun indo lempar handuk?

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Fri Apr 03, 2020 8:11
DOHC wrote:Mungkin biar fans nya batu makam hepi, ane kasi satu fun fact

Pabrik yg bkin enjin HR15DE itu jg pabrik yg sama bkin gearbox GTR

Nahh skrg ngerti kan knapa the engine is the only good thing about batu makam lipindut
Thank you for the information. Benar saya sampai sekarang masih senang dengan mobil Nissan saya dan berencana pelihara mobilnya untuk waktu yg sangat lama.
Dtunggu long term review nya pak

Dl ane (dan pemakai OGL laen nya d forum) ini rata2 jarang ampe d atas 10 taon, krn parts2 slaen mesin sudah pd ambrol, dan btulin nya lebi mahal

Pengen tau ANGL ini yd brubah atau masi sama

OGL ane dl ampe 140 rebu, usia 8 taon
Setelah saya renungkan dan mengingat semua pengalaman saya pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kesimpulan saya mobil ini termasuk mobil yang nyaman(Comfort), stabil dan irit BBM nya. Apakah ada beda dengan Old Grand Livina? Iya, memang beda di bagian depan dan bagian belakangnya kalau dari penampakannya, walaupun platform nya sih sama dengan OGL. Kecuali tampilan depan dan belakangnya yang beda, mesinnya juga untuk yg ANGL sudah dual injector serta Maticnya juga bukan AT lagi tapi CVT.
Magnetic Clutch nya juga sudah beda,
yg ANGL ngak pakai 3 bandul karet lagi. Ok sekarang saya sebagai seorang yg kerja di bagian accounting
akan buka bukaan deh berapa besar biaya yg saya keluarkan selama 6 tahun pelihara mobil Nissan All New Grand Livina ini. Mobil ini saya beli tahun 2014 seharga Rp 163,3 juta net after discount. Selama 6 tahun saya pakai mobil ini, ngak pernah sekalipun mogok atau gagal nanjak kalau lagi bawa kekuarga wisata ke gunung.
Selama 6 tahun biaya pemeliharaannya terdiri dari:
Total Biaya selama 3 tahun saat masih waranty selalu servis di Bengkel Nissan sekitar Rp 6,8 juta.
After masa warranty habis, seringnya servis di bengkel biasa dimana oli mesin dan filter oli saya bawa sendiri,
jadi ongkos ganti oli berkisar 30 ribu sampai 50 ribu saja total 5 kali sebesar 3 X Rp 50.000 + 2 X Rp 30.000 jadi Rp 210 ribu dan terakhir karena dapat promo discount servis 20 persen di bulan Des tahun 2019 saya servis ke beres lagi untuk ganti kanvas rem serta servis berkala 80 ribu KM di odo Mobil saat itu baru 73 ribu KM kena Biaya Rp 1.18 juta.
Selama 6 tahun ini part mobil yg pernah diganti :
1. Karet Wiper Depan (Ganti pakai Wiper Bosch Frameless Advantage Rp 124 ribu )
2. Aki (ganti pakai aki Yuasa NS40ZL seharga Rp 600 ribu dipotong jual aki lama Rp 150 ribu jadi cuma bayar Rp 450 ribu)
3. Bohlam lampu stop lamp belakang(ganti lampu led tidak bermerk Rp 100 ribu)
4. 2 ban depan (tetap beli Dunlop SP 300 seharga Rp 1,25 juta) dan 2 ban belakang (ganti ke Ban Dunlop LM 704 seharga Rp 1,35 juta)
5. Kanvas rem depan ( ganti non OEM beli online Rp 174 ribu termasuk ongkir).

Selama 6 tahun pemakaian mobil selalu pakai BBM premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah dan suara mesin (silahkan dengar di link dibawah tidak ada suara ngilitik) dan performa mesin masih bagus.

https://youtu.be/mtSLVJM7qmM


:glodak:
HR15DE 2014