Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by evanbngdor »

Rickydee wrote: 26 Jun 2020, 22:46 Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Mual nya karena terlalu goyang2 ya? Kalau dibikin lebih stiff kayak pake bilstein gitu bakal masih ada gejala mabuk laut atau timbul masalah lain misalnya sakit tulang punggung?
:mky_01:

Boleh lirik KYB excel G, lebih berasa stiff terutama shock belakangnya. Kalo Tokico depannya lebih keras tp belakangnya mirip2. Alternatif lain Monroe OESpectrum
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Omnibus »

evanbngdor wrote: 27 Jun 2020, 21:45
Rickydee wrote: 26 Jun 2020, 22:46 Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Mual nya karena terlalu goyang2 ya? Kalau dibikin lebih stiff kayak pake bilstein gitu bakal masih ada gejala mabuk laut atau timbul masalah lain misalnya sakit tulang punggung?
:mky_01:

Boleh lirik KYB excel G, lebih berasa stiff terutama shock belakangnya. Kalo Tokico depannya lebih keras tp belakangnya mirip2. Alternatif lain Monroe OESpectrum
kalo di anf ane antara shock std (oem-kyb) dan aftermarket old man emu yg menurut ane ok, itu sama2 goyang tapi ngga digabrukin bantingannya om. itu krn shock std dampingnya ga bisa ngikutin respon pergerakan per jd roda naik turunnya liar dan berasa ga napak aspal. ini yg bikin mabok laut krn refleks badan kita ga bisa prediksi kemana arah goyangan.

paling mudah lihat penjelasan video di bawah ini menit ke 3:00 pas melewati jalanan wavy.




tapi penjual shock ane ga saranin bilstein krn shock belakangnya terlalu keras pdhl awalnya ane nanyain bilstein. kl ome ya kaya video ini (ga penting bgt videonya ini) :mky_03:
abis diganti memang ga mabok laut lagi.




buat om yg nanya utk innova ring 18 nya, mending langsung tanya ke toko shock aja, mrk biasanya ada pengalaman mana yg cocok sesuai selera om.
Inggaz
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 23 Apr 2017, 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Inggaz »

Kalau suka agak kebut yaah,
Front Kayaba Premium
Rear Kayaba Excel
(Hatchback).
Kalau ngga mending pakai shock biasa aja macam Showa.
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Clonz »

Rickydee wrote:Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Sama kayak saya gan. Kmrn anki reborn saya ganti velg 18, ban kebetulan michelin 235 50 r18 jg.

Karena pake ban ini, belakang mobil jadi lebih naik. Jadi mantul2 sih kalau di saya.

Kmrn akhirnya saya ganti per nya, bukan shock nya. Sempet ganti per dan shock macem2 akhirnya berdasarkan pengalaman pribadi, paling saya rekomenkan: ganti per lowering tein dan pake shock standard.

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass

Ganti per lowering kit eibach ke tein + shock profender : sama rendahnya, grip kurang enak, lebih empuk dr eibach, tp masih agak keras kalau di jalan keriting.

Akhirnya pake per tein + shock balik ke std:
Mirip ama settingan standard reborn, cuman lebih rendah karena tein, masih empuk enak, tp memang lebih ada kerasnya dikit. Ini udah paling oke sih kalau cari empuknya std dan ga terlalu goyang2 banget. Tein ini karakternya kayak per ori, tapi lebih pendek.

Semoga membantu

*NB: mgkn kalau mau lebih stabil/grip lebih enak, bisa pake per eibach + shock standart. Kayaknya kombinasi yg pas kalau cari yg gripnya lebih oke (tapi kayaknya otomatis lebih keras). Cuman saya ga sempet coba karena eibachnya keburu dijual buat nebus tein.

*NB2: kalau ada budget lebih mgkn coba pake coilover tein. Banyak yg bilang lebih empuk dr per tein nya. *saya sendiri belom coba ImageImage
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 28 Jun 2020, 03:36
evanbngdor wrote: 27 Jun 2020, 21:45
Rickydee wrote: 26 Jun 2020, 22:46 Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Mual nya karena terlalu goyang2 ya? Kalau dibikin lebih stiff kayak pake bilstein gitu bakal masih ada gejala mabuk laut atau timbul masalah lain misalnya sakit tulang punggung?
:mky_01:

Boleh lirik KYB excel G, lebih berasa stiff terutama shock belakangnya. Kalo Tokico depannya lebih keras tp belakangnya mirip2. Alternatif lain Monroe OESpectrum
kalo di anf ane antara shock std (oem-kyb) dan aftermarket old man emu yg menurut ane ok, itu sama2 goyang tapi ngga digabrukin bantingannya om. itu krn shock std dampingnya ga bisa ngikutin respon pergerakan per jd roda naik turunnya liar dan berasa ga napak aspal. ini yg bikin mabok laut krn refleks badan kita ga bisa prediksi kemana arah goyangan.

paling mudah lihat penjelasan video di bawah ini menit ke 3:00 pas melewati jalanan wavy.




tapi penjual shock ane ga saranin bilstein krn shock belakangnya terlalu keras pdhl awalnya ane nanyain bilstein. kl ome ya kaya video ini (ga penting bgt videonya ini) :mky_03:
abis diganti memang ga mabok laut lagi.




buat om yg nanya utk innova ring 18 nya, mending langsung tanya ke toko shock aja, mrk biasanya ada pengalaman mana yg cocok sesuai selera om.
ANf masi goyang2 limbung om ?pdahal blakang nya ud pake stabilizer loh

Kl anki sehh bohuat dehh, pnyakit dr jaman ipah lama, goyang dombret kl pake shock bawaan.. mau ga mau musti pake shock yg agak keras..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by piggypig77 »

Nyimak nih mumpung ada yang tanya shockbreaker buat ANKI, ANKI di rumah pake lowering kit eibach + shock std velg 17 (venturer) empuknya pake banget tapi yang bikin ga enak bantingannya ga dewasa
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Omnibus »

Clonz wrote: 28 Jun 2020, 09:11 ..........

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass
shock profender bukannya adjustable dampingnya om? atau yg utk anki engga ya beda sm anf punya.
DOHC wrote: 28 Jun 2020, 09:16
ANf masi goyang2 limbung om ?pdahal blakang nya ud pake stabilizer loh

Kl anki sehh bohuat dehh, pnyakit dr jaman ipah lama, goyang dombret kl pake shock bawaan.. mau ga mau musti pake shock yg agak keras..
udah ga limbung yg bikin mabok laut. bantingannya enak skrg.

orang banyak yg pasang balance arm JS1 tapi shock tetap standar, ane penasaran hasilnya gimana tuh.
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Clonz »

Omnibus wrote:
Clonz wrote: 28 Jun 2020, 09:11 ..........

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass
shock profender bukannya adjustable dampingnya om? atau yg utk anki engga ya beda sm anf punya.
DOHC wrote: 28 Jun 2020, 09:16
ANf masi goyang2 limbung om ?pdahal blakang nya ud pake stabilizer loh

Kl anki sehh bohuat dehh, pnyakit dr jaman ipah lama, goyang dombret kl pake shock bawaan.. mau ga mau musti pake shock yg agak keras..
udah ga limbung yg bikin mabok laut. bantingannya enak skrg.

orang banyak yg pasang balance arm JS1 tapi shock tetap standar, ane penasaran hasilnya gimana tuh.
Iya om. Udah diset di nomor 1 yg katanya org2 lebih empuk dr standart, tapi pengalaman saya masih tetep keras om. Mantul limbungnya berkurang dikit sih emang. Tp kerasnya kalau buat family oriented sih saya ga rekomen.

Terbukti dengan konfig per dan ban yg sama, waktu ganti shock dr profender ke standart lgsg kerasa empuk dan balik dikit mantul2 limbung nya hahaha.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Omnibus »

Clonz wrote: 28 Jun 2020, 12:31
Iya om. Udah diset di nomor 1 yg katanya org2 lebih empuk dr standart, tapi pengalaman saya masih tetep keras om. Mantul limbungnya berkurang dikit sih emang. Tp kerasnya kalau buat family oriented sih saya ga rekomen.

Terbukti dengan konfig per dan ban yg sama, waktu ganti shock dr profender ke standart lgsg kerasa empuk dan balik dikit mantul2 limbung nya hahaha.
emang nih urusan shock susah2 gampang nyari yg pas ya soalnya hrs trial and error dulu dan itu judulnya wasting kl gagal hehehe.
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Clonz »

Omnibus wrote:
Clonz wrote: 28 Jun 2020, 12:31
Iya om. Udah diset di nomor 1 yg katanya org2 lebih empuk dr standart, tapi pengalaman saya masih tetep keras om. Mantul limbungnya berkurang dikit sih emang. Tp kerasnya kalau buat family oriented sih saya ga rekomen.

Terbukti dengan konfig per dan ban yg sama, waktu ganti shock dr profender ke standart lgsg kerasa empuk dan balik dikit mantul2 limbung nya hahaha.
emang nih urusan shock susah2 gampang nyari yg pas ya soalnya hrs trial and error dulu dan itu judulnya wasting kl gagal hehehe.
Betulll. Sesuai pepatah: ga kotor ya ga belajar. Hahaha.

Dan bokongnya orang2 beda2
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 28 Jun 2020, 12:05
Clonz wrote: 28 Jun 2020, 09:11 ..........

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass
shock profender bukannya adjustable dampingnya om? atau yg utk anki engga ya beda sm anf punya.
DOHC wrote: 28 Jun 2020, 09:16
ANf masi goyang2 limbung om ?pdahal blakang nya ud pake stabilizer loh

Kl anki sehh bohuat dehh, pnyakit dr jaman ipah lama, goyang dombret kl pake shock bawaan.. mau ga mau musti pake shock yg agak keras..
udah ga limbung yg bikin mabok laut. bantingannya enak skrg.

orang banyak yg pasang balance arm JS1 tapi shock tetap standar, ane penasaran hasilnya gimana tuh.
Justru saya masi gagal paham yg ANF tp masi dipakein balance arm segede2nya d blakang.. double stabilizer gt ??

Mungkin saya kudu beli anf ama tuh balance arm baru bsa paham
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: 28 Jun 2020, 03:36
evanbngdor wrote: 27 Jun 2020, 21:45
Rickydee wrote: 26 Jun 2020, 22:46 Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Mual nya karena terlalu goyang2 ya? Kalau dibikin lebih stiff kayak pake bilstein gitu bakal masih ada gejala mabuk laut atau timbul masalah lain misalnya sakit tulang punggung?
:mky_01:

Boleh lirik KYB excel G, lebih berasa stiff terutama shock belakangnya. Kalo Tokico depannya lebih keras tp belakangnya mirip2. Alternatif lain Monroe OESpectrum
kalo di anf ane antara shock std (oem-kyb) dan aftermarket old man emu yg menurut ane ok, itu sama2 goyang tapi ngga digabrukin bantingannya om. itu krn shock std dampingnya ga bisa ngikutin respon pergerakan per jd roda naik turunnya liar dan berasa ga napak aspal. ini yg bikin mabok laut krn refleks badan kita ga bisa prediksi kemana arah goyangan.

paling mudah lihat penjelasan video di bawah ini menit ke 3:00 pas melewati jalanan wavy.




tapi penjual shock ane ga saranin bilstein krn shock belakangnya terlalu keras pdhl awalnya ane nanyain bilstein. kl ome ya kaya video ini (ga penting bgt videonya ini) :mky_03:
abis diganti memang ga mabok laut lagi.




buat om yg nanya utk innova ring 18 nya, mending langsung tanya ke toko shock aja, mrk biasanya ada pengalaman mana yg cocok sesuai selera om.
OME apalagi yg nitro sports mah gak usah ditanya. Mantap djiwa itu. Ugal-ugalan pake ANF berasanya kayak pake avanza aja. Ngga terlalu berasa mau kebalik mobilnya
:big_grin:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Sinclaire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 01 May 2016, 14:00

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: 28 Jun 2020, 03:36
evanbngdor wrote: 27 Jun 2020, 21:45
Rickydee wrote: 26 Jun 2020, 22:46 Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Mual nya karena terlalu goyang2 ya? Kalau dibikin lebih stiff kayak pake bilstein gitu bakal masih ada gejala mabuk laut atau timbul masalah lain misalnya sakit tulang punggung?
:mky_01:

Boleh lirik KYB excel G, lebih berasa stiff terutama shock belakangnya. Kalo Tokico depannya lebih keras tp belakangnya mirip2. Alternatif lain Monroe OESpectrum
kalo di anf ane antara shock std (oem-kyb) dan aftermarket old man emu yg menurut ane ok, itu sama2 goyang tapi ngga digabrukin bantingannya om. itu krn shock std dampingnya ga bisa ngikutin respon pergerakan per jd roda naik turunnya liar dan berasa ga napak aspal. ini yg bikin mabok laut krn refleks badan kita ga bisa prediksi kemana arah goyangan.

paling mudah lihat penjelasan video di bawah ini menit ke 3:00 pas melewati jalanan wavy.




tapi penjual shock ane ga saranin bilstein krn shock belakangnya terlalu keras pdhl awalnya ane nanyain bilstein. kl ome ya kaya video ini (ga penting bgt videonya ini) :mky_03:
abis diganti memang ga mabok laut lagi.




buat om yg nanya utk innova ring 18 nya, mending langsung tanya ke toko shock aja, mrk biasanya ada pengalaman mana yg cocok sesuai selera om.
Omm itu bilstein yang terlalu keras itu bilstein tipe apa yaa om? apakah tipe b4? soalnya rencana ambil tipe itu depan belakang buat anki, harepannya bisa sesuai sama review2 yang diluar sih, karakter mobil jadi firm tapi ga gerobakan..ditambah enasave bawaannya mau tak buang ganti uc6 sih rencananya..kira2 kombinasi ini udah cukup ga yah buat bikin mobilnya ga limbung/ajrut2an bgt?

Patokannya dirumah biasanya orang pada pake w212, cx5 sama anh10 om, mungkin karena mobilnya monokok semua, pindah ke ladder frame jadi langsung pada muntah2 sama kliyengan kalo abis dibawa cruising di toll, saya kasian jg sih liatnya :mky_01: :wkkk: ..
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: 29 Jun 2020, 00:04
Omm itu bilstein yang terlalu keras itu bilstein tipe apa yaa om? apakah tipe b4? soalnya rencana ambil tipe itu depan belakang buat anki, harepannya bisa sesuai sama review2 yang diluar sih, karakter mobil jadi firm tapi ga gerobakan..ditambah enasave bawaannya mau tak buang ganti uc6 sih rencananya..kira2 kombinasi ini udah cukup ga yah buat bikin mobilnya ga limbung/ajrut2an bgt?

Patokannya dirumah biasanya orang pada pake w212, cx5 sama anh10 om, mungkin karena mobilnya monokok semua, pindah ke ladder frame jadi langsung pada muntah2 sama kliyengan kalo abis dibawa cruising di toll, saya kasian jg sih liatnya :mky_01: :wkkk: ..
udah dibales di PM ya om.

B6 kuning yg saya tanya ke tokonya. tapi saya fortuner bukan reborn, mungkin beda karakter sy ga tau.
saran sy ganti shock dulu ban belakangan jd perubahannya ketauan krn bertahap, jangan sekaligus. bannya kasih michelin primacy aja kl saya.

hehehe sy seumur2 jg baru ngerasain yg namanya mual. selama ini cuma pernah denger cerita org antara percaya ga percaya sebelumnya. tapi pas youtuber soni setiawan yg ngomong sih sy percaya cuma org rumah pengen punya ya udah. diberesin aja om bisa kok kasian lah penumpang kl tiap perjalanan mabok.
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by b8099ok »

Kayaba Excel G di OS PFL,... Uda dasarnya keras,... Makin keras,... Matek,...
Tune and drive! :big_love:
MarYuko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 16 Oct 2014, 16:54

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by MarYuko »

saran donk, antara shockbreaker merk Jamex dan Kayaba Ultra bagusan mana??

mobil Grand Vitara, rute naik turun gunung jalan aspal kelok” (kalimantan)...
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by osbertc0ol »

Clonz wrote: 28 Jun 2020, 09:11 Sama kayak saya gan. Kmrn anki reborn saya ganti velg 18, ban kebetulan michelin 235 50 r18 jg.

Karena pake ban ini, belakang mobil jadi lebih naik. Jadi mantul2 sih kalau di saya.

Kmrn akhirnya saya ganti per nya, bukan shock nya. Sempet ganti per dan shock macem2 akhirnya berdasarkan pengalaman pribadi, paling saya rekomenkan: ganti per lowering tein dan pake shock standard.

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass

Ganti per lowering kit eibach ke tein + shock profender : sama rendahnya, grip kurang enak, lebih empuk dr eibach, tp masih agak keras kalau di jalan keriting.

Akhirnya pake per tein + shock balik ke std:
Mirip ama settingan standard reborn, cuman lebih rendah karena tein, masih empuk enak, tp memang lebih ada kerasnya dikit. Ini udah paling oke sih kalau cari empuknya std dan ga terlalu goyang2 banget. Tein ini karakternya kayak per ori, tapi lebih pendek.

Semoga membantu

*NB: mgkn kalau mau lebih stabil/grip lebih enak, bisa pake per eibach + shock standart. Kayaknya kombinasi yg pas kalau cari yg gripnya lebih oke (tapi kayaknya otomatis lebih keras). Cuman saya ga sempet coba karena eibachnya keburu dijual buat nebus tein.

*NB2: kalau ada budget lebih mgkn coba pake coilover tein. Banyak yg bilang lebih empuk dr per tein nya. *saya sendiri belom coba ImageImage
waahh, malah per tein lebih lembut dari eibach ya?
kirain selama ini tein lebih keras dibanding eibach..
rudyzanetti
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: 14 Oct 2015, 01:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by rudyzanetti »

Di xenia 09, uda sering gonta ganti shock.
1. Buat depan shock standar dealer, kayaba ultra, monroe, trus balik lagi ke shock standar.
Buat kayaba ultra depan, menurut saya pas baru sih ga keras2 banget. Pas deket waktu afkir, nah ini berasa glodakan banget.
Kalo monroe, ntah kenapa ga awet( rada kapok pake merk ini). Ga nyampe setaun uda ga enak.
2. Buat shock belakang, shock standar, monroe hitam, kyb ultra, kyb excel g( buat taruna), ama bilstein kuning.
Buat kyb ultra sama juga, waktu baru ga keras2 banget, ketika uda mau selesai masa baktinya mulai jadi keras.
Monroe kapok dah, kerjaannya bocor.
Excel g yg buat taruna ini paling enak. Pas segalanya. Awet juga iya.
Bilstein kuning? Kalo bagi yang bilang kyb ultra keras, jgn cb pake shock ini. Pantat saya yg kebiasa nyetir mobil pick up aja ga kuat capenya waktu pake shock ini. Skrg shocknya ngejogrok samping kandang kucing. Buang2 uang 2 juta. :off_no:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by piggypig77 »

Clonz wrote: 28 Jun 2020, 09:11
Rickydee wrote:Om2 sekalian..newbee mau nanya...innova reborn saya baru ganti velg 18 dengan ban dunlop ukuran 235 50. Bini jadi sering ngomel mobil jadi ga nyaman terutama di jalan yang bergelombang. Goyangnya parah katanya.
Kira kira kalo ganti KYB excel G bisa mengurangi gejala mabuk laut nya ga ya ? Trims
Sama kayak saya gan. Kmrn anki reborn saya ganti velg 18, ban kebetulan michelin 235 50 r18 jg.

Karena pake ban ini, belakang mobil jadi lebih naik. Jadi mantul2 sih kalau di saya.

Kmrn akhirnya saya ganti per nya, bukan shock nya. Sempet ganti per dan shock macem2 akhirnya berdasarkan pengalaman pribadi, paling saya rekomenkan: ganti per lowering tein dan pake shock standard.

Ijin share pengalaman dikit ya:
Ganti per lowering kit eibach + shock profender: lebih rendah, grip enak, ga goyang, tapi keras banget bantingannya. Kalau udah kena jalan keriting kerasa banget kayak naik mobil tanpa shock. Kerass

Ganti per lowering kit eibach ke tein + shock profender : sama rendahnya, grip kurang enak, lebih empuk dr eibach, tp masih agak keras kalau di jalan keriting.

Akhirnya pake per tein + shock balik ke std:
Mirip ama settingan standard reborn, cuman lebih rendah karena tein, masih empuk enak, tp memang lebih ada kerasnya dikit. Ini udah paling oke sih kalau cari empuknya std dan ga terlalu goyang2 banget. Tein ini karakternya kayak per ori, tapi lebih pendek.

Semoga membantu

*NB: mgkn kalau mau lebih stabil/grip lebih enak, bisa pake per eibach + shock standart. Kayaknya kombinasi yg pas kalau cari yg gripnya lebih oke (tapi kayaknya otomatis lebih keras). Cuman saya ga sempet coba karena eibachnya keburu dijual buat nebus tein.

*NB2: kalau ada budget lebih mgkn coba pake coilover tein. Banyak yg bilang lebih empuk dr per tein nya. *saya sendiri belom coba ImageImage
Setup lowering kit eibach + shock standar ttp terlalu empuk om walopun lebih grip n stabil sih, bantingannya ga dewasa
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by osbertc0ol »

piggypig77 wrote: 09 Sep 2020, 07:29 Setup lowering kit eibach + shock standar ttp terlalu empuk om walopun lebih grip n stabil sih, bantingannya ga dewasa
Om jg pake eibach sama shock standard? kena jalan keriting goyang banget ga om?
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by blloewy »

Ada yg tau kl di Engine Resing HR15 Lipina itu pake shock apa orinya? Krn begitu ganti ke Kayaba atau Monroe bantingan jd keras dan ngga seenak shock bawaan. Shock bawaan sich type oli ya bukan yg gas.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by DOHC »

blloewy wrote: 22 Oct 2020, 07:05 Ada yg tau kl di Engine Resing HR15 Lipina itu pake shock apa orinya? Krn begitu ganti ke Kayaba atau Monroe bantingan jd keras dan ngga seenak shock bawaan. Shock bawaan sich type oli ya bukan yg gas.
Ga pasti slalu gt koq

Lipindut pake kayaba premium (lokal) mirip kaya bantingan oem nya koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
HaykelAdityawarman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by HaykelAdityawarman »

b8099ok wrote: 29 Jun 2020, 08:53 Kayaba Excel G di OS PFL,... Uda dasarnya keras,... Makin keras,... Matek,...
Wah sama kaya di mobil ane om... klo duduk di depan apalagi jadi driver sih bisa ngerasain handling mobilnya jadi enak banget, cuman klo duduk di belakang kebanting2 :big_biglaugh:

Shock standarnya OS apa ya om klo boleh tau? Kemungkinan bakalan sama kaya mobil ane, cuman ane gatau shock standar bawaannya apaan.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2019 Kwid Climber AMT / 2013 GM2 L15A AT / 2003 E46 M54B25 AT
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by blloewy »

DOHC wrote: 22 Oct 2020, 08:21
blloewy wrote: 22 Oct 2020, 07:05 Ada yg tau kl di Engine Resing HR15 Lipina itu pake shock apa orinya? Krn begitu ganti ke Kayaba atau Monroe bantingan jd keras dan ngga seenak shock bawaan. Shock bawaan sich type oli ya bukan yg gas.
Ga pasti slalu gt koq

Lipindut pake kayaba premium (lokal) mirip kaya bantingan oem nya koq
siap om jadi reperensi ini.
Kayaba Premium itu yg gas ya om?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Pengalaman Pakai Kayaba Excel G

Post by DOHC »

blloewy wrote: 22 Oct 2020, 10:30
DOHC wrote: 22 Oct 2020, 08:21
blloewy wrote: 22 Oct 2020, 07:05 Ada yg tau kl di Engine Resing HR15 Lipina itu pake shock apa orinya? Krn begitu ganti ke Kayaba atau Monroe bantingan jd keras dan ngga seenak shock bawaan. Shock bawaan sich type oli ya bukan yg gas.
Ga pasti slalu gt koq

Lipindut pake kayaba premium (lokal) mirip kaya bantingan oem nya koq
siap om jadi reperensi ini.
Kayaba Premium itu yg gas ya om?
Campur dia, cuman karakter nya jauh lebi soft ktimbang excel G

Sebenernya yg namanya shock ga ad yg 100 persen oli, atau 100 persen gas om.. pasti ad 2 2 nya cuman perbandingan nya aj dominan mana

Kcuali shock motor, itu laen crita


Btw, lipindut yg gen FL onwards itu shock nya ud beda koq ama OGL gen awal.. yg baru jg lebi keras
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply