Corolla Cross Masuk Indo?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

evolution21 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:08
sepertinya crossover makin laku karena kondisi jalanan makin banyak yg rusak, sedan rawan mentok kali yah

gimanapun sedan tunggangannya lebih enak, stabil dan empuk
hmm bener2 kangen punya sedan, sudah 9 taun pake suv sejak trakhir punya mazda 6

corola tnga handlingnya selevel mazda3/civic ga sih um?
buat market indo alesannya itu, buat market USA suka krn lebih practical daripada sedan atau station wagon, apalagi orang amerika size nya jumbo-jumbo. minimal mobil ukuran se CRV :mky_01: buat cross country bawa barang banyak lebih enak pake crossover / suv daripada sedan.

yes bener kalo ud biasa pegang sedan atau hatchback pindah ke crossover rasanya goyangan suspensi dikit aja berasa banget. apalagi pindah ke suv ladder beuh...

nahh itu blom ad yang nawarin td corolla tnga :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Galaxy14 »

erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 6:59
Galaxy14 wrote: Tue Jul 28, 2020 17:47
AR93 wrote: Tue Jul 28, 2020 13:17

Dimensi: tepat di tengah-tengahnya
Harga: agak beririsan sama CR-V 2.0 (kata sales kenalan estimasi 400-500)
Power output: mirip2 HR-V 1.8, sedikit dibawah CR-V 2.0
Fitur: susah dicompare sama Honda, kata sales kenalan bakal ada Toyota Safety Sense (di Ahond fitur serupa, Honda SENSING baru ada di Accord), ada power back door (Ahond minimal CR-V Prestige), speedo TFT (di Ahond baru ada di Accord), tapi Corolla Cross gak ada EPB dan sunroofnya non pano.
Kalo memang seperti yang kaya om bilang, ya mantull :big_exellent:
Panjang 4.46 meter om. Udah ada yg bocorin brosurnya br aja
Belum liat brosurnya om. Tapi barusan denger, rilis minggu depan nih om.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by piraku »

Brosur low res dari IG.

Image
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by evolution21 »

Saya liat revieww diluar, 2.0 hybrid banyak dipuji kenceng
Sayang yg masuk indo 1.8 hybrid, 0-100nya 11detikan menurut reviewer youtube
moltje
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Aug 22, 2016 7:47

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by moltje »

erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 6:58
moltje wrote: Wed Jul 29, 2020 3:42 klo ngintip toyota thai harganya diatas chr

masa disini lebih murah dari chr?

apakah kaya sienta yg beda bgt sama sienta japan?
Feeling saya dibawah chr om. TSS ga ada, speedo jarum+tft mid, head unit blm android auto (ngeselin). Cuma safety basic udah semua kaya 7 airbag. Sayang ga ada interior merah
bener om kayanya dibawah chr

kira2 dibawah 500 tipis nih, kisaran 480jtan

https://www.toyota.co.th/media/product/ ... atalog.pdf
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Andhyka »

Keren sih modelnya Corolla Cross ini fresh banget dan juga fiturnya lengkap kalo dilihat dari brosur (mungkin trim tertinggi).

Soal CVT sih Toyota sudah bagus kok. Punya Voxy dan Impreza di garasi dan yang terasa akselerasi Voxy malah lebih yahud dari Impreza yg sama2 CVT. RPM cepet banget naiknya ke 4000-5000 jika di kickdown, dan aman lancar melewati tanjakan. Tentunya dengan catatan dikasih oli full sintesis & BBM ron >=95.

Keluarga malah lebih enjoy dgn mobil bertransmisi CVT. Halus sekali tidak ada hentakan selama perjalanan dan tidak mengagetkan walau dibawa ngebut. Cocok sekali apalagi ada sopir. Jika milih CVT atau 4-speed saya milih yg CVT. Mobil tahun 2020 kok mesin meraung2 di atas 3000 rpm padahal kecepatan belum menyentuh 100km/h.

Balik ke Corolla Cross ini mobil agak membingungkan. Mau menyaingi HRV Prestige tapi sama2 torsion beam, cc mesin sama tetapi harganya lebih mahal lumayan jauh. Mau menyaingi Eclipse Cross harga mirip tapi suspensi Corolla Cross masih torsion beam, mesin non-turbo tenaga ketinggalan, dan CBU Thailand. Akhirnya cuma memakan porsi CHR yg sesama Toyota.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

Andhyka wrote: Wed Jul 29, 2020 13:03 Keren sih modelnya Corolla Cross ini fresh banget dan juga fiturnya lengkap kalo dilihat dari brosur (mungkin trim tertinggi).

Soal CVT sih Toyota sudah bagus kok. Punya Voxy dan Impreza di garasi dan yang terasa akselerasi Voxy malah lebih yahud dari Impreza yg sama2 CVT. RPM cepet banget naiknya ke 4000-5000 jika di kickdown, dan aman lancar melewati tanjakan. Tentunya dengan catatan dikasih oli full sintesis & BBM ron >=95.

Keluarga malah lebih enjoy dgn mobil bertransmisi CVT. Halus sekali tidak ada hentakan selama perjalanan dan tidak mengagetkan walau dibawa ngebut. Cocok sekali apalagi ada sopir. Jika milih CVT atau 4-speed saya milih yg CVT. Mobil tahun 2020 kok mesin meraung2 di atas 3000 rpm padahal kecepatan belum menyentuh 100km/h.

Balik ke Corolla Cross ini mobil agak membingungkan. Mau menyaingi HRV Prestige tapi sama2 torsion beam, cc mesin sama tetapi harganya lebih mahal lumayan jauh. Mau menyaingi Eclipse Cross harga mirip tapi suspensi Corolla Cross masih torsion beam, mesin non-turbo tenaga ketinggalan, dan CBU Thailand. Akhirnya cuma memakan porsi CHR yg sesama Toyota.
Kalo saya liat, toyota kayanya galau sih sama ini mobil om. Cocross ini kayanya kl di indo segmentationnya buat yg cari hybrid toyota pahe, kaya ga ada safety sense contohnya. Tp buat yg tipe 1.8NA, kayanya ditempatin buat rada gebuk HRV 1.8 dg packaging sama embel2 yg lbh mewah dikit, krn basic mobil ini corolla yg notabene sekelas civic, sedangkan hrv basicnya jazz yg beda kelas juga. Scr garis besar, mobil ini buat yg ga suka desain CHR yg greget sama yg former user crv/xtrel yg mau cari suv kota yg rada ringkes dikit+fitur cukup bejibun (ini mobil dimensinya cukup menjanjikan). Selain itu, setidaknya ada mobil ini bisa gebuk hrv 1.8 dikit sama ngerenyahin pasar CUV beginian yang cukup melempem, contohnya kaya eclipse cross/CHR sodaranya.

Baru kali ini saya first impression bisa lsg seneng sama modelnya, biasa toyota desainnya bosenin tp ini cukup pas buat saya. Penasaran aja TNGA+torsion beam bisa enak ngga ya, krn altis baru udah multilink juga belakangnya dan bbrp yang udah coba altis cukup surprise krn se-agile itu dr predecessornya gara2 ada TNGA. Selain itu, cocross ini saya rasa ada style americannya dikit spt di buritan sktr pilar C/D.

BTT, soal cvtnya itu seresponsif honda punya ga om? Krn benchmark saya buat cvt yg oke sampe detik ini ya jazz GK5/brio CVT
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by bangrosi »

Cocoknya yg hybrid dikasih CVT versi biasa Gear AT 6/5 Speed.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

bangrosi wrote: Wed Jul 29, 2020 21:36 Cocoknya yg hybrid dikasih CVT versi biasa Gear AT 6/5 Speed.
Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Andhyka »

BTT, soal cvtnya itu seresponsif honda punya ga om? Krn benchmark saya buat cvt yg oke sampe detik ini ya jazz GK5/brio CVT
Kurang tahu jika dibandingkan dengan CVT Honda, terakhir punya Jazz GE 5-speed tenaganya lemot di putaran bawah baru keluar di rpm atas. Kurang ngeh juga kenapa CVT-nya Voxy ini power deliverynya bagus dan terasa instan. Mungkinkah karena sudah Valvematic dan mesinnya yg dipakai sama dgn Toyota Harrier? Max torque Voxy memang tercapai di rpm lebih rendah dibanding mesin bensin umumnya.

Nemu dyno curve Voxy juga, torque-nya flat dari rpm bawah sampai atas:
Image
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by marama »

corolla cross ini bikin penasaran, krn world premiere di thailand juga baru2 aja, blm ada review2 lengkap di youtube. Tp ya feeling sih masih rame2 aja yg beli secara baru skrg toyota indonesia jualan SUV non ladder frame dgn space yg lbh lega dari CHR
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Suryaputra »

Andhyka wrote: Thu Jul 30, 2020 0:42
BTT, soal cvtnya itu seresponsif honda punya ga om? Krn benchmark saya buat cvt yg oke sampe detik ini ya jazz GK5/brio CVT
Kurang tahu jika dibandingkan dengan CVT Honda, terakhir punya Jazz GE 5-speed tenaganya lemot di putaran bawah baru keluar di rpm atas. Kurang ngeh juga kenapa CVT-nya Voxy ini power deliverynya bagus dan terasa instan. Mungkinkah karena sudah Valvematic dan mesinnya yg dipakai sama dgn Toyota Harrier? Max torque Voxy memang tercapai di rpm lebih rendah dibanding mesin bensin umumnya.

Nemu dyno curve Voxy juga, torque-nya flat dari rpm bawah sampai atas:
Image
wow keren juga, kyk mesin diesel :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

Kl saya liat, flaw mobil ini lucu juga sih. Sensor parkir cuma optional accesories, kl pasang di variasi bisa2 aja tapi ga bakal se proper yg ori. Smg yg ke indo udah dapet. Bannya semoga primacy4, krn altis aja bisa dpt pilot sport3 yang dulu (sekarang dunlop spsport maxx 050, tp ga nutup kemungkinan dpt michelin)
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by bangrosi »

erwinign wrote:
bangrosi wrote: Wed Jul 29, 2020 21:36 Cocoknya yg hybrid dikasih CVT versi biasa Gear AT 6/5 Speed.
Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by dimassn25 »

Soal Torsion B*tch. Setelah nonton carmudi baru tau di mazda3 malah jadi torsion beam axle (mungkin ada yang bisa jelasin soal bedanya axle?)
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by lamatlancah »

bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04
erwinign wrote:
bangrosi wrote: Wed Jul 29, 2020 21:36 Cocoknya yg hybrid dikasih CVT versi biasa Gear AT 6/5 Speed.
Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
saya yakin 90% lebih masyarakat awam engga akan tahu perbedaannya antara CVT, AT konventional, dll.

market terbesar automotive adalah masyarakat awam, yang ngertinya cuma beli mobil, starter mobil dan drive.

petrolheads kayak kita orang, populasinya masih sedikit sekali.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Suryaputra »

lamatlancah wrote: Fri Jul 31, 2020 4:50
bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04
erwinign wrote:
Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
saya yakin 90% lebih masyarakat awam engga akan tahu perbedaannya antara CVT, AT konventional, dll.

market terbesar automotive adalah masyarakat awam, yang ngertinya cuma beli mobil, starter mobil dan drive.

petrolheads kayak kita orang, populasinya masih sedikit sekali.
krn CVT itu murah, simple dan efisien.
dikalikan saja biaya produksinya dengan jumlah mobil terjual :big_peace:

klo geared AT 6-8 speed emang plg ideal, tp biaya produksi lbh tinggi dan internal parts lbh banyak.
sehingga lbh relevan jika dipasangkan dgn mobil hi performance dan hi torque (yg mana CVT memiliki limitasi untuk handle power dan torsi besar).

4-5 speed at?
better stick to CVT :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by kunaskun »

dimassn25 wrote: Fri Jul 31, 2020 0:10 Soal Torsion B*tch. Setelah nonton carmudi baru tau di mazda3 malah jadi torsion beam axle (mungkin ada yang bisa jelasin soal bedanya axle?)
saya belum nonton itu video.
tapi ada link menarik soal torsion beam di mazda 3 yg bikin kontroversi juga karena kesannya downgrade, yg dulu udah bagus keren pake multi-link https://www.autoguide.com/auto-news/201 ... sion-.html

disitu Mazda sendiri blg":
“So, if you were… driving around a circuit, [at a] track day or whatever, and you’re going around a high-G corner, of course, multi-link, in that particular instance, will have its advantage,” said Beppu. “But, if you think about real daily driving, the vast majority of cases there’s no difference between the two in this area.”

:big_biglaugh:

saya nangkepnya si: konsumen yg bawel, ya netijen mendang mending doang :upss: :big_peace: atau enthusiasts :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by kunaskun »

bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04 Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
[/quote]

melihat line up toyota generasi baru, mestinya tetep CVT. apalagi ini bukan volume maker, ga perlu repot2 R&D mechanical kecuali aslinya Corolla Cross memang mau dibikin geared AT untuk negara lain juga, mungkin bisa jadi.

tapi menurut saya dari platform dan pilihan mesin sudah kelihatan si tetep CVT.

--

btw baru keinget cara jualan Corolla Cross ini agak mengingatkan cara discontinue product sekalian test market, dulu Etios Valco (proyek setengah niat untuk launching duo kaleng junior) test icip2 pas launching seperti biasa laku apalagi formula "murah, kopong, MT dan ada cap Toyota" tetep dipake terus LCGC sah langsung jualan bareng sekian tahun dimatiin pelan2 dengan nyaris ga ada improvement, atau Nav1 yang jualannya pelan2 banget terus dimatiin setelah ga lama FL (yg memang telat sejak awal dibandingkan jepang) sembari nunggu Noah masuk.

kalau corolla cross ini korbannya jelas C-HR. bentrok banget. dimensi lebih besar, harga lebih murah, dan lebih baru. dan less likely Toyota Indo akan jualan dua barang yg mirip2 di harga mirip2 pula.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

lamatlancah wrote: Fri Jul 31, 2020 4:50
bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04
erwinign wrote:
Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
saya yakin 90% lebih masyarakat awam engga akan tahu perbedaannya antara CVT, AT konventional, dll.

market terbesar automotive adalah masyarakat awam, yang ngertinya cuma beli mobil, starter mobil dan drive.

petrolheads kayak kita orang, populasinya masih sedikit sekali.
Setuju sekali saya sama om, spt quotation dr ko chz bbrp waktu lalu buat honda di GK5. Gpp GK5 jadinya ngga sebaik GE8 gara2 cvt, yg protes paling 10 dr 100 orang dimana 10 orang itu ya mgkn petrolhead or mendang mending. Krn honda sendiri lebih pilih 90 orang itu yg mau beli buat dapet cuan lbh gede (awam). Jd ya selama bs diterima orang garis besar sih ngapain toyota harus rubah drivetrain ke geared AT khusus di 1 model, krn sekarang secara proses produksi juga biaya lagi. Beda sama th 90an yang masing2 model punya ciri khasnya sendiri2
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by bangrosi »

kunaskun wrote:
bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04 Kl saya liat sih pemborosan malah om, krn altis sedan udah pake cvt. Jadi tingga templokin ke corolla cross beres drivetrainnya, either buat yg hybrid or 1.8 NA
Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
melihat line up toyota generasi baru, mestinya tetep CVT. apalagi ini bukan volume maker, ga perlu repot2 R&D mechanical kecuali aslinya Corolla Cross memang mau dibikin geared AT untuk negara lain juga, mungkin bisa jadi.

tapi menurut saya dari platform dan pilihan mesin sudah kelihatan si tetep CVT.

--

btw baru keinget cara jualan Corolla Cross ini agak mengingatkan cara discontinue product sekalian test market, dulu Etios Valco (proyek setengah niat untuk launching duo kaleng junior) test icip2 pas launching seperti biasa laku apalagi formula "murah, kopong, MT dan ada cap Toyota" tetep dipake terus LCGC sah langsung jualan bareng sekian tahun dimatiin pelan2 dengan nyaris ga ada improvement, atau Nav1 yang jualannya pelan2 banget terus dimatiin setelah ga lama FL (yg memang telat sejak awal dibandingkan jepang) sembari nunggu Noah masuk.

kalau corolla cross ini korbannya jelas C-HR. bentrok banget. dimensi lebih besar, harga lebih murah, dan lebih baru. dan less likely Toyota Indo akan jualan dua barang yg mirip2 di harga mirip2 pula.[/quote]Betul juga memang bkn volume marker gk usah repot2 riset, etios sebetulnya posisinya di bawah yaris waktu itu faktor kurang peminat tdk adanya pilihan transmisi matic, begitupun dgn lcgc keluaran honda brio satya,datsun go blm ada pilihan transmisi matic padahal ditahun itu transmisi matic sdh sangat populer dan sdh bisa ditebak lcgc plg laku ya si kembar.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

erwinign wrote: Fri Jul 31, 2020 15:18
lamatlancah wrote: Fri Jul 31, 2020 4:50
bangrosi wrote: Thu Jul 30, 2020 16:04 Khusus spek indonesia saja biar jaring market lbh besar karena disini masih suka transmisi AT tipe konvensional alias gear at, CVT biar buat sepeda motor aja :-)
saya yakin 90% lebih masyarakat awam engga akan tahu perbedaannya antara CVT, AT konventional, dll.

market terbesar automotive adalah masyarakat awam, yang ngertinya cuma beli mobil, starter mobil dan drive.

petrolheads kayak kita orang, populasinya masih sedikit sekali.
Setuju sekali saya sama om, spt quotation dr ko chz bbrp waktu lalu buat honda di GK5. Gpp GK5 jadinya ngga sebaik GE8 gara2 cvt, yg protes paling 10 dr 100 orang dimana 10 orang itu ya mgkn petrolhead or mendang mending. Krn honda sendiri lebih pilih 90 orang itu yg mau beli buat dapet cuan lbh gede (awam). Jd ya selama bs diterima orang garis besar sih ngapain toyota harus rubah drivetrain ke geared AT khusus di 1 model, krn sekarang secara proses produksi juga biaya lagi. Beda sama th 90an yang masing2 model punya ciri khasnya sendiri2
cvt itu 1 lg menangnya di packaging. Fleksibel mau dipake di mobil ukuran small sampe medium-large dan front wheel drive setup.

tuningnya jg relatif lebih mudah. lebih gampang nemu CVT enak daripada gear AT enak dr pengalaman ane... i'd pick any today's cvt than archaic 5 or 6-speed gearbox. mau fun to drive sekalian beli MT aja, atau DSG, di mode manualnya lebih asik... secara platform emang transmisi manual.

6-speed mazda aja udah berasa obsolete. nyoba 2 lineup mazda terbaru rasanya gak terlalu exciting krn ATnya trying too much to be economical... dengan torsi enjin 2.0 nya yang pas-pasan dibanding 2.5 nya...

yang susah itu nanti mobil small nya kyk mazda2 dan MX-5, mau ditambah gir lebih dari 6 mobilnya harus tambah lebar... klo kelas CX-3 keatas si emang bawaan lebar. dan extra weight which is not likely mazda's approach... apakah akhirnya mazda bakal nyerah dan bikin cvt ? ga tau juga. klo kepepet mungkin saja.

ya iyalah, pabrikan yang katanya ga downsizing karena "lebih natural dan fun", kata fanboys nya "no replacement for displacement", akhirnya jg downsizing (3.7 V6 jadi 2.5 Turbo). mana ada sih yang ga ngorbanin idealisme kalo mau bertahan hidup...

nikmatin saja tar tau-tau lupa kok kalo CVT dulu sering dihujat-hujat... AT di awal kemunculan jg dihujatin, lama-lama orang menerima... BMW pake turbo skrg juga udah pada cuek fanboys nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Suryaputra »

trend setter will lead ahead.
contoh lagi untuk semua kalangan deh, iphone pertama kali launch ngeluarin HP layar sentuh gak pk pencet2an, dihujat dan dikata2in sm nitijen.
*Ketika blackberry masih di atas angin.

apa enaknya layar sentuh ?
mana pencetannya ?
suka typo ?
dsb dsb dsb.

lihat skrg :big_biglaugh:
layar jenis apa yg jd market leader ?

sama halnya honda bikin cvt dan pioneer dalam hal ini.
let see bbrp tahun ke depan.
siapa lg brand jepun, yg massive implement CVT selain subaru, mitsu nissan, honda & toyota.
mazda?.. ya who knows :big_biglaugh:

CVT itu gak bs lgs gas pol.
gasnya harus diurut, ketemu dah nikmat dan responsifnya cvt.
gakda gear hunting turun naik klo nemu tanjakan dan turunan.

geared AT bagus, cmn ya hari gini yg ngincer Fuel economy dan efficiency, susah juga buat mesin CC kecil.
raw material makin mahal. internal parts jauh lbh banyak, bobot lbh berat, rasio gear gak pas ya gak enak jg & malah bikin boros bbm.

geared AT ideal buat mesin dgn tenaga dgn kapasitas besar.
pabrikan besar spt toyota sm honda pasti dah riset dan mikirin ini, mana yg terbaik buat survival company nya + kepuasan pelanggan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Aug 01, 2020 23:03 trend setter will lead ahead.
contoh lagi untuk semua kalangan deh, iphone pertama kali launch ngeluarin HP layar sentuh gak pk pencet2an, dihujat dan dikata2in sm nitijen.
*Ketika blackberry masih di atas angin.

apa enaknya layar sentuh ?
mana pencetannya ?
suka typo ?
dsb dsb dsb.

lihat skrg :big_biglaugh:
layar jenis apa yg jd market leader ?

sama halnya honda bikin cvt dan pioneer dalam hal ini.
let see bbrp tahun ke depan.
siapa lg brand jepun, yg massive implement CVT selain subaru, mitsu nissan, honda & toyota.
mazda?.. ya who knows :big_biglaugh:

CVT itu gak bs lgs gas pol.
gasnya harus diurut, ketemu dah nikmat dan responsifnya cvt.
gakda gear hunting turun naik klo nemu tanjakan dan turunan.

geared AT bagus, cmn ya hari gini yg ngincer Fuel economy dan efficiency, susah juga buat mesin CC kecil.
raw material makin mahal. internal parts jauh lbh banyak, bobot lbh berat, rasio gear gak pas ya gak enak jg & malah bikin boros bbm.

geared AT ideal buat mesin dgn tenaga dgn kapasitas besar.
pabrikan besar spt toyota sm honda pasti dah riset dan mikirin ini, mana yg terbaik buat survival company nya + kepuasan pelanggan.
malah smua hape skrg gak da tombolnya... :big_biglaugh: jujur ane ga trlalu suka touch screen tp gimana lg skrg semua hape begitu... masa mau stick pake bebe... :big_biglaugh:

mungkin mentok-mentok dibuat CVT with launch gear macem di lexus...

10 speednya accord aja 0-100 bisa melibas mazda6 2.5t dengan gampang... selisih 1.5 detik bok accelnya pdhl on paper powernya 11-12... :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sun Aug 02, 2020 2:21
Suryaputra wrote: Sat Aug 01, 2020 23:03 trend setter will lead ahead.
contoh lagi untuk semua kalangan deh, iphone pertama kali launch ngeluarin HP layar sentuh gak pk pencet2an, dihujat dan dikata2in sm nitijen.
*Ketika blackberry masih di atas angin.

apa enaknya layar sentuh ?
mana pencetannya ?
suka typo ?
dsb dsb dsb.

lihat skrg :big_biglaugh:
layar jenis apa yg jd market leader ?

sama halnya honda bikin cvt dan pioneer dalam hal ini.
let see bbrp tahun ke depan.
siapa lg brand jepun, yg massive implement CVT selain subaru, mitsu nissan, honda & toyota.
mazda?.. ya who knows :big_biglaugh:

CVT itu gak bs lgs gas pol.
gasnya harus diurut, ketemu dah nikmat dan responsifnya cvt.
gakda gear hunting turun naik klo nemu tanjakan dan turunan.

geared AT bagus, cmn ya hari gini yg ngincer Fuel economy dan efficiency, susah juga buat mesin CC kecil.
raw material makin mahal. internal parts jauh lbh banyak, bobot lbh berat, rasio gear gak pas ya gak enak jg & malah bikin boros bbm.

geared AT ideal buat mesin dgn tenaga dgn kapasitas besar.
pabrikan besar spt toyota sm honda pasti dah riset dan mikirin ini, mana yg terbaik buat survival company nya + kepuasan pelanggan.
malah smua hape skrg gak da tombolnya... :big_biglaugh: jujur ane ga trlalu suka touch screen tp gimana lg skrg semua hape begitu... masa mau stick pake bebe... :big_biglaugh:

mungkin mentok-mentok dibuat CVT with launch gear macem di lexus...

10 speednya accord aja 0-100 bisa melibas mazda6 2.5t dengan gampang... selisih 1.5 detik bok accelnya pdhl on paper powernya 11-12... :upss:
Bebe aja (terpaksa dgn sangat) dah pk layar sentuh :big_biglaugh:

Yoi engineer Honda mantap betul.
transfer tenaga ke roda via transmisi 10At lbh minim loss powah.

klo lihat versi autoguide.com,
- Mazda 2.5t 6At : 7.4 secs
- Akor 2.0t 10At : 5.7 secs
On paper torsi Mazda 6 lbh besar loh.

yah intinya dibanding 4-5 speed At, gw lbh suka CVT.
lbh mantep dan gak ada gear hunting, buat naik turun bukit rute bandung ke pantai selatan :big_biglaugh:

coba klo pk manual, bisa hilang momentum power klo ngoper gigi gak cepat :big_biglaugh:
pakai AT 4-5 speed, gak enak banget gearnya dr gear 4/5 tiba2 turun ke 2 :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri