Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Ariazaki wrote: Fri Dec 18, 2020 15:41
c_adhi_k wrote: Thu Dec 17, 2020 3:40 Kalau q8special d1 di banding amsoil ss
Lebih enak mana
Saya pernah pakai q8 formula ultra 0w20, sekarang lagi pakai amsoil ss 0w20 yang kedua kalinya. Q8 menjelang 9000an km suara mesin berubah, jadi agak lebih kasar. Tarikan masih oke tapi sampe drain di 10.000. Amsoil sampe 11.000 juga suara mesin masih halus, tapi lewat dari 10.000an tarikan mulai agak engga enak. Jadi ya mirip2 lah tp amsoil sedikit lebih enak
sy prnh lihat UOA yg om posting.. wear metal nya mirip2 yah hasil nya.
kendall Gt1 max yg pernah om posting dulu, malah gak sebagus amsoil dan Q8 itu klo gak salah yaa.

Gantinya si q8 formula ultra itu ada yg baru, formula special d1 FE, klo lihat approvalsnya sih better dibanding formula yg lama.
jauh lbh lengkap jg sampai ke dexos 1 gen2 dsb.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Woompy »

Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 15:53
Ariazaki wrote: Fri Dec 18, 2020 15:41
c_adhi_k wrote: Thu Dec 17, 2020 3:40 Kalau q8special d1 di banding amsoil ss
Lebih enak mana
Saya pernah pakai q8 formula ultra 0w20, sekarang lagi pakai amsoil ss 0w20 yang kedua kalinya. Q8 menjelang 9000an km suara mesin berubah, jadi agak lebih kasar. Tarikan masih oke tapi sampe drain di 10.000. Amsoil sampe 11.000 juga suara mesin masih halus, tapi lewat dari 10.000an tarikan mulai agak engga enak. Jadi ya mirip2 lah tp amsoil sedikit lebih enak
sy prnh lihat UOA yg om posting.. wear metal nya mirip2 yah hasil nya.
kendall Gt1 max yg pernah om posting dulu, malah gak sebagus amsoil dan Q8 itu klo gak salah yaa.

Gantinya si q8 formula ultra itu ada yg baru, formula special d1 FE, klo lihat approvalsnya sih better dibanding formula yg lama.
jauh lbh lengkap jg sampai ke dexos 1 gen2 dsb.
Iya betul, cuma q8 dipake sampe 10.000an aja, kurang dari 10.500. Sedangkan amsoil dipake sampai 11.400, jadi ada perbedaan sekitar 1000 km saat dilakukan uoa. Kendall menjelang masa akhir pemakaian emg engga seenak amsoil ato q8.

Bulan depan waktunya ganti oli, bingung juga mau pake oli apa lagi. Entah lanjut pakai amsoil ato cobain q8 formula special d1 FE. Sebenernya saya penasaran sama si Mobil 1 extended performance 0w20, tapi harganya paling mahal dan entah ini oli yg beredar produksi tahun kapan :big_weee:
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Ariazaki wrote: Fri Dec 18, 2020 16:04
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 15:53
Ariazaki wrote: Fri Dec 18, 2020 15:41
Saya pernah pakai q8 formula ultra 0w20, sekarang lagi pakai amsoil ss 0w20 yang kedua kalinya. Q8 menjelang 9000an km suara mesin berubah, jadi agak lebih kasar. Tarikan masih oke tapi sampe drain di 10.000. Amsoil sampe 11.000 juga suara mesin masih halus, tapi lewat dari 10.000an tarikan mulai agak engga enak. Jadi ya mirip2 lah tp amsoil sedikit lebih enak
sy prnh lihat UOA yg om posting.. wear metal nya mirip2 yah hasil nya.
kendall Gt1 max yg pernah om posting dulu, malah gak sebagus amsoil dan Q8 itu klo gak salah yaa.

Gantinya si q8 formula ultra itu ada yg baru, formula special d1 FE, klo lihat approvalsnya sih better dibanding formula yg lama.
jauh lbh lengkap jg sampai ke dexos 1 gen2 dsb.
Iya betul, cuma q8 dipake sampe 10.000an aja, kurang dari 10.500. Sedangkan amsoil dipake sampai 11.400, jadi ada perbedaan sekitar 1000 km saat dilakukan uoa. Kendall menjelang masa akhir pemakaian emg engga seenak amsoil ato q8.

Bulan depan waktunya ganti oli, bingung juga mau pake oli apa lagi. Entah lanjut pakai amsoil ato cobain q8 formula special d1 FE. Sebenernya saya penasaran sama si Mobil 1 extended performance 0w20, tapi harganya paling mahal dan entah ini oli yg beredar produksi tahun kapan :big_weee:
mobil 1 yah.. versus amsoil OE aja kalah dikit di bearing scar test.
YT si project farm.

sy jg sempet galau kmrn milih antara amsoil ss atau q8 special d1 fe. :big_biglaugh:

tapi ya udh lah yah.. milih oli gak kaya milih istri juga.
sikat mana yg lbh murah aja :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 10:36
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 3:15

iya om.
di saya gak ada opsi pk 0w30 ke atas.

tetap di 0w20,
klo gaya driving santai ya pakai oli kelas mainstream atau eco gpp, buang tiap 5rb KM or 6 bulan.

klo suka di tol dan cenderung hi rev, ya better pakai kelas spt amsoil signature atau q8 formula special d1.

mau racing ya udh pakai motul 300v resing hi rpm 0w20,
harga 2x lipat amsoil signature :big_peace:

toh ganti oli kan, gak tiap minggu spt isi BBM :big_biglaugh:


Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?
yah sama aja spt beli ban resing buat harian :upss:
aman sih aman, cmn kelas sultan pangkat 2 klo pakai itu hahahaha
https://www.motul.com/id/id/products/300v-high-rpm-0w20

sertifikasinya udh jauh di atas API dsb :big_peace:

Boleh dong suhu dishare review oli motul 300v 0W-20nya, kalau oli AT yg multi vehicle bagusnya pakai apa ya ?, biar gak lemot² banget shiftingnya, trims suhu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30
Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?

300v 0w20 kalau tidak salah ingat itu racing oil.
racing oil setau saya minim atau bahkan tidak ada deterjennya, mohon koreksi apabila salah.
maksimum pakai untuk racing oil ya biasanya hanya 1× race.
drag race? 402 meter.
sprint rally? 2 ss (anggap saja 20 KM max.)
mau pakai 10rb KM atau 1 tahun? jangan ngimpi pak......
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ipo3nk »

rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:43
0w40 itu cocok buat mesin jepang seperti VR38DETT alias GTR R35 atau mesin2 mobil eropa yg minta standar Acea A3/B4 atau yg setara (MB, BMW LL dll) yg HTHS diatas 3.5 cP dan seal2 masih rapet
ok om. berarti oli mahal seperti fastron platinum, Mobil1, dengan kekentalan yang non standar seperti 0w40 - 5w50 - 10w60 ga cocok dengan mobil umum. lebih baik pake viskositas standar klo buat harian ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 18:08
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 10:36
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30



Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?
yah sama aja spt beli ban resing buat harian :upss:
aman sih aman, cmn kelas sultan pangkat 2 klo pakai itu hahahaha
https://www.motul.com/id/id/products/300v-high-rpm-0w20

sertifikasinya udh jauh di atas API dsb :big_peace:

Boleh dong suhu dishare review oli motul 300v 0W-20nya, kalau oli AT yg multi vehicle bagusnya pakai apa ya ?, biar gak lemot² banget shiftingnya, trims suhu
bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by billi »

Om, untuk sale official store oli DGO, varian masing2 10w40 / 5w30 / 0w20 nya paling murah pernah harga berapa per liter ya?
Thx om.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

billi wrote: Sat Dec 19, 2020 3:30 Om, untuk sale official store oli DGO, varian masing2 10w40 / 5w30 / 0w20 nya paling murah pernah harga berapa per liter ya?
Thx om.
0w20 sy prnh lihat di shopee
250rb an dpt 4 liter :big_peace:

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw ini pentingnya dorong oli lama yg ada di oil-pan,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.


20201219_112136.jpg


kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
vshiva
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by vshiva »

Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
billi wrote: Sat Dec 19, 2020 3:30 Om, untuk sale official store oli DGO, varian masing2 10w40 / 5w30 / 0w20 nya paling murah pernah harga berapa per liter ya?
Thx om.
0w20 sy prnh lihat di shopee
250rb an dpt 4 liter :big_peace:

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw ini pentingnya dorong oli lama yg ada di oil-pan,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.
pakai oli apa om buat dorong oli yang lama?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
paling ideal pakai oli 0w20 murah atau PTT flushing oil,
jalanin 15 menit trus buang :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Sat Dec 19, 2020 4:51, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

vshiva wrote: Sat Dec 19, 2020 4:47
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
billi wrote: Sat Dec 19, 2020 3:30 Om, untuk sale official store oli DGO, varian masing2 10w40 / 5w30 / 0w20 nya paling murah pernah harga berapa per liter ya?
Thx om.
0w20 sy prnh lihat di shopee
250rb an dpt 4 liter :big_peace:

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw ini pentingnya dorong oli lama yg ada di oil-pan,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.
pakai oli apa om buat dorong oli yang lama?
pakai mesran super cmn 30rb seliter.
beli aja 2 liter jg gpp.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 22:32
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 18:08
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 10:36

yah sama aja spt beli ban resing buat harian :upss:
aman sih aman, cmn kelas sultan pangkat 2 klo pakai itu hahahaha
https://www.motul.com/id/id/products/300v-high-rpm-0w20

sertifikasinya udh jauh di atas API dsb :big_peace:

Boleh dong suhu dishare review oli motul 300v 0W-20nya, kalau oli AT yg multi vehicle bagusnya pakai apa ya ?, biar gak lemot² banget shiftingnya, trims suhu
bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?


Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:49
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
paling ideal pakai oli 0w20 murah atau PTT flushing oil,
jalanin 15 menit trus buang :big_peace:

Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:47
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 22:32
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 18:08


Boleh dong suhu dishare review oli motul 300v 0W-20nya, kalau oli AT yg multi vehicle bagusnya pakai apa ya ?, biar gak lemot² banget shiftingnya, trims suhu
bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?


Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?



freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:54
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:49
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25


tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
paling ideal pakai oli 0w20 murah atau PTT flushing oil,
jalanin 15 menit trus buang :big_peace:

Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
khan berharap yg sisa itu ketarik ama hentakan oli baru yg masuk dalam volume lbh besar Mbah.
Cuma kl modelnya begitu sich kudunya bolongannya segede lebarnya oil pan yak? atau modelnya kaya model corong isi minyak tanah gt jd turun ke bawah semua :big_peace:
seumur2 saya baru kemaren itu mbah ngeliat vacuum pomp u nyedot oli sisa...
wkwkwkwk....saya terkagum-kagum dan browsing2 liat mahluk apa itu pas dipake :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:47
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 22:32
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 18:08


Boleh dong suhu dishare review oli motul 300v 0W-20nya, kalau oli AT yg multi vehicle bagusnya pakai apa ya ?, biar gak lemot² banget shiftingnya, trims suhu
bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?


Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
Sigra metik itu yg 1200 cc jgn salah loh

Kl trek lurus trans jawabahn, saya brani ngadu lawan lcgc mpv ber cc imut + CVT
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

ipo3nk wrote: Fri Dec 18, 2020 19:35
rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:43
0w40 itu cocok buat mesin jepang seperti VR38DETT alias GTR R35 atau mesin2 mobil eropa yg minta standar Acea A3/B4 atau yg setara (MB, BMW LL dll) yg HTHS diatas 3.5 cP dan seal2 masih rapet
ok om. berarti oli mahal seperti fastron platinum, Mobil1, dengan kekentalan yang non standar seperti 0w40 - 5w50 - 10w60 ga cocok dengan mobil umum. lebih baik pake viskositas standar klo buat harian ya.
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]

marmut wrote: Fri Dec 18, 2020 18:30
freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30
Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?

300v 0w20 kalau tidak salah ingat itu racing oil.
racing oil setau saya minim atau bahkan tidak ada deterjennya, mohon koreksi apabila salah.
maksimum pakai untuk racing oil ya biasanya hanya 1× race.
drag race? 402 meter.
sprint rally? 2 ss (anggap saja 20 KM max.)
mau pakai 10rb KM atau 1 tahun? jangan ngimpi pak......
benul mbah, saya juga kalo tidak salah ingat, oli2 macem 300v ini ester based... umurnya emang pendek....

tapi baca2 di bitog tbn nya sih lumayan ya... Ca nya jg tinggi...


emmm mungkin ada yg mau mengkoreksi monggo....
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 7:07
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
yes sy jg gtu mbah.
krg lbh sama item nya.
ampas nya keluar.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
bule penyakitnya lain lg mbah :weekk:

gpp mbah ada perasaan sesuatu puas aja gtu :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
ipo3nk wrote: Fri Dec 18, 2020 19:35
rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:43
0w40 itu cocok buat mesin jepang seperti VR38DETT alias GTR R35 atau mesin2 mobil eropa yg minta standar Acea A3/B4 atau yg setara (MB, BMW LL dll) yg HTHS diatas 3.5 cP dan seal2 masih rapet
ok om. berarti oli mahal seperti fastron platinum, Mobil1, dengan kekentalan yang non standar seperti 0w40 - 5w50 - 10w60 ga cocok dengan mobil umum. lebih baik pake viskositas standar klo buat harian ya.
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.

mangka dari itu....
ga mungkin bisa 100% oli seger tiap ganti. oil galley apa kabarnya?
hehehe....