Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

marmut wrote: 19 Dec 2020, 15:07
Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 14:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.

mangka dari itu....
ga mungkin bisa 100% oli seger tiap ganti. oil galley apa kabarnya?
hehehe....
ya benar memang gak 100% seger oli nya
& setidaknya bisa memperkecil persentase oli lama yg ketinggalan di dlm oil pan.

oil pan nampung ampas jg soalnya.
klo oil pan lbh bersih, kerja filter oli jg lbh ringan (dlm kondisi baru sekalipun tiap ganti oli). :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 14:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 19 Dec 2020, 15:33
Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 14:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

klo stoknya cukup bisa banget spt itu jg

klo stoknya cmn sisa 400ml dr oli sblm nya.. :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: 19 Dec 2020, 15:33
Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 14:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 19 Dec 2020, 16:27
Omnibus wrote:
DOHC wrote: 19 Dec 2020, 15:33

Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)
klo 50 60% indikator dipstick aja aman om
buat idle doang.
toh dipompa jg sm oil pump nya.

yg penting jgn sampai di level Low / oil warningnya jgn sampai nyala.
Last edited by Suryaputra on 19 Dec 2020, 18:45, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by indeskey »

DOHC wrote:
marmut wrote: 19 Dec 2020, 11:25
Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 11:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
Saya pake cara mbah suhu, soalnya kalau nggak ditutup, itu langsung loss josss wkwkw
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 15:52
DOHC wrote: 19 Dec 2020, 15:33
Omnibus wrote: 19 Dec 2020, 14:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Bener jg

Ikutin ahhh

Jd ksimpulan nya sirem2 seliter mesran itu buang2 wang yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
haddinen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 15 Dec 2020, 09:32
Location: Banjarbaru
Daily Vehicle: None

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by haddinen »

Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by adityabp »

marmut wrote: 19 Dec 2020, 11:25 ...
tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Oil pan saya yg model kedua.
Untungnya jalanan depan rumah nanjak+miring.
Jadi gak perlu invest beli n vacuum pump.
:mky_01:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by sintoni »

haddinen wrote: 19 Dec 2020, 18:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 13 Jan 2020, 07:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

erwinign wrote: 19 Dec 2020, 14:58
rendr wrote: 19 Dec 2020, 14:17
ipo3nk wrote: 19 Dec 2020, 02:35

ok om. berarti oli mahal seperti fastron platinum, Mobil1, dengan kekentalan yang non standar seperti 0w40 - 5w50 - 10w60 ga cocok dengan mobil umum. lebih baik pake viskositas standar klo buat harian ya.
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

tompy25 wrote: 19 Dec 2020, 19:38
erwinign wrote: 19 Dec 2020, 14:58
rendr wrote: 19 Dec 2020, 14:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi :big_grin:

bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 10 Aug 2020, 17:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Sorry double post....
Last edited by Flymix on 19 Dec 2020, 21:53, edited 1 time in total.
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 10 Aug 2020, 17:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: 19 Dec 2020, 21:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 10 Aug 2020, 17:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 22:24
Flymix wrote: 19 Dec 2020, 21:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: 19 Dec 2020, 22:36
Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 22:24
Flymix wrote: 19 Dec 2020, 21:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?
mantepp hahahah pk Q8 juga :big_peace:
klo sy pribadi seh pakai ritual dorong oli lama pakai oli murah.

tapi lbh mantep lg pake PTT flushing oil, running idle 10 - 15 menit, trus buang.

dan ganti filter oli baru, ganti washer drain (ring baut buangan oli) kemudian isi oli baru.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 23 Nov 2007, 16:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 13:16
freeza wrote: 19 Dec 2020, 12:47
Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 05:32

bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?


Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?

Kalau di manual sigra pakai D3SP, kalau di calya T-IV, dari baru udah ganti pakai AMS SS MV atf yg comply D3 dan T-IV



freeza wrote: 19 Dec 2020, 12:54
Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 11:49

paling ideal pakai oli 0w20 murah atau PTT flushing oil,
jalanin 15 menit trus buang :big_peace:

Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

freeza wrote: 20 Dec 2020, 01:55
Suryaputra wrote: 19 Dec 2020, 13:16
freeza wrote: 19 Dec 2020, 12:47



Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?

Kalau di manual sigra pakai D3SP, kalau di calya T-IV, dari baru udah ganti pakai AMS SS MV atf yg comply D3 dan T-IV



freeza wrote: 19 Dec 2020, 12:54


Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.
Last edited by Suryaputra on 20 Dec 2020, 07:16, edited 4 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
haddinen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 15 Dec 2020, 09:32
Location: Banjarbaru
Daily Vehicle: None

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by haddinen »

sintoni wrote: 19 Dec 2020, 19:04
haddinen wrote: 19 Dec 2020, 18:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.
Liat pds nya Eneos Molybdenum 10w-40, dicantumkan kandungan moly nya 0.1 - 0.09 % (equal 900-1000 ppm?, cmiiw).

Menurut artikel di blog Amsoil, 70 - 100 ppm sdh cukup (sehingga bisa dipastikan kalo moly nya banyak kemungkinan moly versi lawas, yg solid, bukan liquid).

Iseng searching hasil tes UOA di Bitog forum, Amsoil yg kandungan Molybdenum nya paling tinggi (hampir semua varian), lainnya M1 15w-50, Havoline ProDs.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by VanzMatic »

Suryaputra wrote:
tompy25 wrote: 19 Dec 2020, 19:38
erwinign wrote: 19 Dec 2020, 14:58 Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi :big_grin:

bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh :big_peace:
Betul. Ini bukan masalah mobil murah atau mahal. Apanjah saya masuk kategori kaleng rombeng, tapi oli tetep pake Kendall GT1. Sekali ini pake topwan paket imbalan iklan topwan, weleh, buat nyalip aja kerasa beraat..

Kuda diesel pake Kendall D-XA, maknyuss tenan. Bumi langit ama Fastron Diesel, apalagi GTX, babak belur pake GTX mah..

Semua itu terbukti bersama dengan waktu. Apanjah 2010 dan Kuda Diesel 2002 kondisi mesin masih aluss, garing suaranya, itu ga bisa boong bagaimana kita sebagai user bener bener ngerawatnya.

Harga dan kualitas emang juga susah boong.. Selama itu original. Dan saya ya jadi males aja balik ke OEM Oil nya..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 19 Dec 2020, 16:27
Omnibus wrote:
DOHC wrote: 19 Dec 2020, 15:33

Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)
ga usah full 7 liter om. cukup sampai batas minimal dipstick aja. toh mobilnya ga dipake jalan apalagi miring2 kiri kanan depan belakang yg bisa bikin kondisi oil starvation krn pickup strainer ga dapat oli utk disedot.

digeber2 sesekali masih aman di batas minimal krn sebetulnya posisi dipstick minimal itu sdh ada safety factor juga, pabrikan udah ngukur. asal jangan over-rev aja.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

tompy25 wrote: 19 Dec 2020, 19:38
erwinign wrote: 19 Dec 2020, 14:58
rendr wrote: 19 Dec 2020, 14:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
Kadang kl ngejelasin gini sih suka tanggepannya "penting asal gelinding oli baru" abis berapa waktu ngomel2 kalo tarikannya berat tp tetep aja ngeyel om wkwkwkwk
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

haddinen wrote: 20 Dec 2020, 06:27
sintoni wrote: 19 Dec 2020, 19:04
haddinen wrote: 19 Dec 2020, 18:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.
Liat pds nya Eneos Molybdenum 10w-40, dicantumkan kandungan moly nya 0.1 - 0.09 % (equal 900-1000 ppm?, cmiiw).

Menurut artikel di blog Amsoil, 70 - 100 ppm sdh cukup (sehingga bisa dipastikan kalo moly nya banyak kemungkinan moly versi lawas, yg solid, bukan liquid).

Iseng searching hasil tes UOA di Bitog forum, Amsoil yg kandungan Molybdenum nya paling tinggi (hampir semua varian), lainnya M1 15w-50, Havoline ProDs.
iya rata2 eneos ada moly nya om.. kompensasi zinc nya yg dikit mungkin (?)... yg 0w20 biasa om turbo pernah share VOA nya itu ada 140an ppm..
itu maksunya 90-100 ppm mungkin.. gak sampe 1000..

pernah UOA SGO 5w30 malah ada juga tuh molynya... mayan juga

yg tinggi2 lagi selain amsoil paling coba cek redline, motys, sama motul 300V tuh yg bejibun...atau oli2 diesel full syn...

mau untuk dipakai dimobil apa om?
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post