Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

ipo3nk wrote: Fri Dec 18, 2020 0:02
azu wrote: Thu Dec 17, 2020 23:19
ipo3nk wrote:
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Mesin K series Suzuki sejak 2014 atau Ertiga FL rekomendasi olinya sudah 0W-20. Jadi mesin ignis sama splash meskipun kodenya sama-sama K12M pasti sudah ada improvement dan ada perbedaannya. Ertiga aja yang sama-sama K14B antara pre FL dan FL itu beda yg bahkan businya beda karena ada perubahan desain head cylinder. Jadi saran saya lebih baik pakai 0W-20 atau mentok2 buntut 30, karena mesin keluaran baru cenderung lebih rapet makanya butuh viskositas oli yang lebih encer. Kalau pakai buntut 40 sih ga rekomen banget apalagi baru 30ribu KM, saya di Ertiga 2012 pakai SHU 5W-30 dulu kerasanya udah berat (SHU ini buntut 30 yg cukup kental).

ya udahlah .. berarti pake fastron gold termurah aja.. seri 0w20. ZDDP nya katanya 1.5%. mumpung promo. yang 5w30 dan 5w40 dengan antiwear lebih rendah anehnya malah lebih mahal. :)

btw klo fastron platinum 0w40 itu cocoknya buat mobil dengan spek oli apa ya? 10w40? karena ga ada spek mobil standar (jepangan) 0w40. adanya 0w20, 5w30/10w30 dan 10w40.
klo ada hsl VOA or UOA nya lbh valid, om
sy prnh pk fastron gold 0w20, suara mesin kasar di rpm tinggi.
cmn pk 4rb km buang.

awal2 prnh pk Total Q 9000 0w20 msh lbh baik.

klo mesin flat / shim tappet, better pk oli API SP atau SN plus aja.

yg ekonomis bs coba pilihan:
- PTT Eco 0w20 API SP (hsl VOA ada di bbrp page ke blkg dipost oleh om turbo)
- Aisin Greentech+ 0w20 API SN Plus

pk 5rb km or 6 bulan jg gak masalah.
sesuaikan sm harga ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by aryonur88 »

Numpang tanya gan
SHU 5w40 yg katanya GTL itu termasuk kraton oil dan bs 10rb km kah?
Ane rencana mau pakai di jazz GE8 2009 odo 132rb km
Apakah kompatible? Soalnya manual book ane ilang
Mesin GE8 ane terkesan agak kasae bunyi klek klek klo suhu nya udh panas, ap mgkn rongga dan seal2nya sdh mlai longgar krna pemakaian y
Slma ini pke AMS SS 5w30 memang manteb performa nya, tp suara klek klek nya itu yg agak ganggu
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by azu »


aryonur88 wrote:Numpang tanya gan
SHU 5w40 yg katanya GTL itu termasuk kraton oil dan bs 10rb km kah?
Ane rencana mau pakai di jazz GE8 2009 odo 132rb km
Apakah kompatible? Soalnya manual book ane ilang
Mesin GE8 ane terkesan agak kasae bunyi klek klek klo suhu nya udh panas, ap mgkn rongga dan seal2nya sdh mlai longgar krna pemakaian y
Slma ini pke AMS SS 5w30 memang manteb performa nya, tp suara klek klek nya itu yg agak ganggu
Terakhir kali stel klep kapan om? Biasanya mesin Honda kalau udah lama ga stel klep suka berisik om. Coba cek dulu aja, sama cek penguapan juga, kalau masih minim mending jangan pindah ke buntut 40 soalnya bakal nambah berat dan pengaruh ke FC juga.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ipo3nk »

Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 1:21
klo ada hsl VOA or UOA nya lbh valid, om
sy prnh pk fastron gold 0w20, suara mesin kasar di rpm tinggi.
cmn pk 4rb km buang.

awal2 prnh pk Total Q 9000 0w20 msh lbh baik.

klo mesin flat / shim tappet, better pk oli API SP atau SN plus aja.

yg ekonomis bs coba pilihan:
- PTT Eco 0w20 API SP (hsl VOA ada di bbrp page ke blkg dipost oleh om turbo)
- Aisin Greentech+ 0w20 API SN Plus

pk 5rb km or 6 bulan jg gak masalah.
sesuaikan sm harga ajah.
adanya safety data sheet.
https://www.pertaminalubricants.com/fil ... 00W-20.pdf
eh kadarnya 2.1% yang 0w20. yang 5w30 yang 1.5% zddp nya. 0w20 harga 117rb. promo buy2get2 klo ga enak besok 5rb buang.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

azu wrote: Fri Dec 18, 2020 2:09
aryonur88 wrote:Numpang tanya gan
SHU 5w40 yg katanya GTL itu termasuk kraton oil dan bs 10rb km kah?
Ane rencana mau pakai di jazz GE8 2009 odo 132rb km
Apakah kompatible? Soalnya manual book ane ilang
Mesin GE8 ane terkesan agak kasae bunyi klek klek klo suhu nya udh panas, ap mgkn rongga dan seal2nya sdh mlai longgar krna pemakaian y
Slma ini pke AMS SS 5w30 memang manteb performa nya, tp suara klek klek nya itu yg agak ganggu
Terakhir kali stel klep kapan om? Biasanya mesin Honda kalau udah lama ga stel klep suka berisik om. Coba cek dulu aja, sama cek penguapan juga, kalau masih minim mending jangan pindah ke buntut 40 soalnya bakal nambah berat dan pengaruh ke FC juga.
Plus kalo digas itu mesin spt mikir dulu om, tapi ujung2nya tarikan ngempos. 2 gejala itu ada = stel klep

Mau dipakein oli dr mesran sampe Ams di honda, kl belum stel klep itu sama aja bohong. Disini peran ATF bagus/jelek juga pengaruh krn 5sp AT honda dudul
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

mesin honda perlu cek klep tiap 40rb KM ideal nya.
dgn kondisi pemakaian normal.
krn urusan nya bukan cuma bunyi klep, tp ke efisiensi mesin jg.

klo msh dalam range celah klep sesuai SOP ya aman,
tutup lg head cover nya.

klo ATF ganti aja tiap 20rb Km or 2 thn sekali (max)
harga di be res jg murahhh meriah dan ori.

ATF ini sy rasakan jg pengaruh terhadap respon ngegas dgn accelerate mbl (terlepas dr lag tbw).
honda sih rata2 tbw nya kecil, klo xpander nyoba punya ibu, masya Allah itu lag nya.
jd kesan nya lemot bgt mesin nya.
Last edited by Suryaputra on Fri Dec 18, 2020 3:21, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

urusan stel klep honda sehh kayanya hoki2an yah

saya punya hrv , pas odo 100an rebu baru saya buka tutup deksel, ternjata celah klep pas saya ukur masi sama smua dr fabrikan.. pas odo 120 rebu saya buka lg, cuman ada 2 klep doank yg perlu saya stel

tp kl ga salah, mods chris perna blg waktu doi magang di beres, perna dapet brio yah yg odo blom seberapa tp ud musti stel klep

btw, bener tuh saran2 d atas, kl ud bunyi tek tek tek kenceng, wajip cek klep
tp mastiin dl bener2 itu bunyi klep atau tik tik tik mesin ketik suara injector

2 2 nya sama2 briziek banget kl mesin ud panas, tp beda sumber
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Darrenheinrich wrote: Thu Dec 17, 2020 15:53 Oli encer emg lebi diminati skr ini, effisiensi bbm dn tarikan instan memang susah utk ditolak =)

Pd dsrnya semua oli bagus,
Tinggl disesuaikan dgn mesin, gy berkendara dn kondisi lebih tepat menurut sy
iya om.
di saya gak ada opsi pk 0w30 ke atas.

tetap di 0w20,
klo gaya driving santai ya pakai oli kelas mainstream atau eco gpp, buang tiap 5rb KM or 6 bulan.

klo suka di tol dan cenderung hi rev, ya better pakai kelas spt amsoil signature atau q8 formula special d1.

mau racing ya udh pakai motul 300v resing hi rpm 0w20,
harga 2x lipat amsoil signature :big_peace:

toh ganti oli kan, gak tiap minggu spt isi BBM :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by chaprizone »

om nanya, buat mobil orang tua saya, xenia 2017 yg 1.3 (saya gk tau kode mesinnya apa)
ngecek di buku manual rekomendasi oli 5w-30 s.d. 10w-40
rencana mau pake PTT 0w-30 yg super synth, kira2 bisa dipakek 10rb/1tahun gk ya? :big_childish:
oya misal pake PTT 0w-20 gimana? :big_think:
mohon masukan, terimakasih
:big_okay:
aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by aryonur88 »

Gt yah gan
Jd better cek klep mesin dlu yah

Btw ams ss 5w30 ini ane liat PDS nya termasuk 5w30 encer ya,, jd apakah better stay di 5w30 yg kentel kyk q8 G long life 5w30 bgtu ya? Atau up ke 5w40/0w40?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

chaprizone wrote: Fri Dec 18, 2020 3:37 om nanya, buat mobil orang tua saya, xenia 2017 yg 1.3 (saya gk tau kode mesinnya apa)
ngecek di buku manual rekomendasi oli 5w-30 s.d. 10w-40
rencana mau pake PTT 0w-30 yg super synth, kira2 bisa dipakek 10rb/1tahun gk ya? :big_childish:
oya misal pake PTT 0w-20 gimana? :big_think:
mohon masukan, terimakasih
PTT 0w30 api sp dah di atas rata2.
tp klo setahun pakai, blm ada yg report di sini.
krn msh baru :big_biglaugh:

soal merk bebas sesuaikan budget dan durasi pakai.
klo spt amsoil signature dan Q8 form special itu bs 1 thn pakai.


aryonur88 wrote: Fri Dec 18, 2020 4:17 Gt yah gan
Jd better cek klep mesin dlu yah

Btw ams ss 5w30 ini ane liat PDS nya termasuk 5w30 encer ya,, jd apakah better stay di 5w30 yg kentel kyk q8 G long life 5w30 bgtu ya? Atau up ke 5w40/0w40?
q8 special G, jg comply ke dexos 2,
ini buat diesel, makanya lbh kentel.

untuk bensin, Q8 formula special d1 5w30.

balik lg cek manual booknya, rekomen di range viscocity brp?
jd ikutin ajah.

cuma setau saya, klo mesin honda suka oli encer,
itu CRV RE om turbo aja pernah diminumin Q8 formula 0w20 setahun pakai,
dan hasil UOA nya bagus wear metal nya :big_grin:

padahal di thn segitu, blm ada rekomen oli 0w20
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

chaprizone wrote: Fri Dec 18, 2020 3:37 om nanya, buat mobil orang tua saya, xenia 2017 yg 1.3 (saya gk tau kode mesinnya apa)
ngecek di buku manual rekomendasi oli 5w-30 s.d. 10w-40
rencana mau pake PTT 0w-30 yg super synth, kira2 bisa dipakek 10rb/1tahun gk ya? :big_childish:
oya misal pake PTT 0w-20 gimana? :big_think:
mohon masukan, terimakasih
Gerobak mertua Avanza 2008 odo +/- 200rb sy tuang PTT 0W20 API SN+ rasanya gmn gitu. Sampe yg make kok suaranya halus bemer tarikan enteng....jgn takun mencoba oli encer. Yg pntng kondisi mesin sehat dan pastikan oli asli :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

aryonur88 wrote: Fri Dec 18, 2020 4:17 Gt yah gan
Jd better cek klep mesin dlu yah

Btw ams ss 5w30 ini ane liat PDS nya termasuk 5w30 encer ya,, jd apakah better stay di 5w30 yg kentel kyk q8 G long life 5w30 bgtu ya? Atau up ke 5w40/0w40?
stel klep dulu dan jangan ubah olinya dulu. spy ketauan apakah efektif bunyi hilang setelah stel klep. kalau setelah stel klep msh bunyi juga baru coba ganti olinya. one step at a time om.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

ipo3nk wrote: Fri Dec 18, 2020 0:02
azu wrote: Thu Dec 17, 2020 23:19
ipo3nk wrote:
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Mesin K series Suzuki sejak 2014 atau Ertiga FL rekomendasi olinya sudah 0W-20. Jadi mesin ignis sama splash meskipun kodenya sama-sama K12M pasti sudah ada improvement dan ada perbedaannya. Ertiga aja yang sama-sama K14B antara pre FL dan FL itu beda yg bahkan businya beda karena ada perubahan desain head cylinder. Jadi saran saya lebih baik pakai 0W-20 atau mentok2 buntut 30, karena mesin keluaran baru cenderung lebih rapet makanya butuh viskositas oli yang lebih encer. Kalau pakai buntut 40 sih ga rekomen banget apalagi baru 30ribu KM, saya di Ertiga 2012 pakai SHU 5W-30 dulu kerasanya udah berat (SHU ini buntut 30 yg cukup kental).

ya udahlah .. berarti pake fastron gold termurah aja.. seri 0w20. ZDDP nya katanya 1.5%. mumpung promo. yang 5w30 dan 5w40 dengan antiwear lebih rendah anehnya malah lebih mahal. :)

btw klo fastron platinum 0w40 itu cocoknya buat mobil dengan spek oli apa ya? 10w40? karena ga ada spek mobil standar (jepangan) 0w40. adanya 0w20, 5w30/10w30 dan 10w40.
0w40 itu cocok buat mesin jepang seperti VR38DETT alias GTR R35 atau mesin2 mobil eropa yg minta standar Acea A3/B4 atau yg setara (MB, BMW LL dll) yg HTHS diatas 3.5 cP dan seal2 masih rapet
aryonur88 wrote: Fri Dec 18, 2020 4:17 Gt yah gan
Jd better cek klep mesin dlu yah

Btw ams ss 5w30 ini ane liat PDS nya termasuk 5w30 encer ya,, jd apakah better stay di 5w30 yg kentel kyk q8 G long life 5w30 bgtu ya? Atau up ke 5w40/0w40?
L15A mah minta oli2 encer om, bener itu cek klep aja, oli stay di 5w30 encer atau coba PTT 0w30 API SP.

PTT 0w30 API SP itu kentel bener, udh setara oli 5w30, V100 nya sama kyk mobil1 5w30 NF di 11,0 cSt bahkan Visco di 40 deg celcius nya lebih kentel dari mobil1 5w30 NF...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

btw padahal ptt 0w30 API SN tuh udh enak bgt V100 di 10,1... SN plus naik jadi 10,4... eh SP jadi 11,0...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by mcdelivery »

Mungkin v100 naik karena antiwearnya makin banyak jd makin kental bro..

Gimana report amsoilnya mobil om @rendr?
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 3:15
Darrenheinrich wrote: Thu Dec 17, 2020 15:53 Oli encer emg lebi diminati skr ini, effisiensi bbm dn tarikan instan memang susah utk ditolak =)

Pd dsrnya semua oli bagus,
Tinggl disesuaikan dgn mesin, gy berkendara dn kondisi lebih tepat menurut sy
iya om.
di saya gak ada opsi pk 0w30 ke atas.

tetap di 0w20,
klo gaya driving santai ya pakai oli kelas mainstream atau eco gpp, buang tiap 5rb KM or 6 bulan.

klo suka di tol dan cenderung hi rev, ya better pakai kelas spt amsoil signature atau q8 formula special d1.

mau racing ya udh pakai motul 300v resing hi rpm 0w20,
harga 2x lipat amsoil signature :big_peace:

toh ganti oli kan, gak tiap minggu spt isi BBM :big_biglaugh:


Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 3:15
Darrenheinrich wrote: Thu Dec 17, 2020 15:53 Oli encer emg lebi diminati skr ini, effisiensi bbm dn tarikan instan memang susah utk ditolak =)

Pd dsrnya semua oli bagus,
Tinggl disesuaikan dgn mesin, gy berkendara dn kondisi lebih tepat menurut sy
iya om.
di saya gak ada opsi pk 0w30 ke atas.

tetap di 0w20,
klo gaya driving santai ya pakai oli kelas mainstream atau eco gpp, buang tiap 5rb KM or 6 bulan.

klo suka di tol dan cenderung hi rev, ya better pakai kelas spt amsoil signature atau q8 formula special d1.

mau racing ya udh pakai motul 300v resing hi rpm 0w20,
harga 2x lipat amsoil signature :big_peace:

toh ganti oli kan, gak tiap minggu spt isi BBM :big_biglaugh:


Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?
yah sama aja spt beli ban resing buat harian :upss:
aman sih aman, cmn kelas sultan pangkat 2 klo pakai itu hahahaha
https://www.motul.com/id/id/products/300v-high-rpm-0w20

sertifikasinya udh jauh di atas API dsb :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by omnyanaira »

rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:48 btw padahal ptt 0w30 API SN tuh udh enak bgt V100 di 10,1... SN plus naik jadi 10,4... eh SP jadi 11,0...
Klo ptt 0w20 api sp gmna V100 nya om?? Apakah bisa dipake di mesin flat tape??
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

omnyanaira wrote: Fri Dec 18, 2020 11:06
rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:48 btw padahal ptt 0w30 API SN tuh udh enak bgt V100 di 10,1... SN plus naik jadi 10,4... eh SP jadi 11,0...
Klo ptt 0w20 api sp gmna V100 nya om?? Apakah bisa dipake di mesin flat tape??
lihat VOA nya PT eco api sp 0w20, Zinc-nya udh cukup buat flat tappet.
apalagi yg ptt super syn 0w20 nya.. pasti lbh bagus lagi.

zinc tinggi sbtulnya ada di oli API SL, tp oli tsb bs ngerusak catalyc converter dlm jangka panjang, krn zinc tlalu tinggi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:59
Taufiq6210 wrote: Thu Dec 17, 2020 13:50
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:41 - warmup hrs lbh lama dibanding pk oli lbh encer
Emangnya beda ya om antara 0W-40 dan 0W-20 terkait pelumasan waktu masih dingin? Padahal kan kalau ga salah pengertian oli multigrade itu ada grade dingin dan grade panas. Karena grade dinginnya sama, jadi harusnya diantara 2 oli tersebut yang beda hanya ketika olinya udah panas aja.

Mohon koreksinya kalau salah...
tidak hanya dingin suhu minus.
suhu ruangan pun spt ini

Itu bda angka di dpn w aja ad perbedaan yah rupanya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: Fri Dec 18, 2020 11:35
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:59
Taufiq6210 wrote: Thu Dec 17, 2020 13:50

Emangnya beda ya om antara 0W-40 dan 0W-20 terkait pelumasan waktu masih dingin? Padahal kan kalau ga salah pengertian oli multigrade itu ada grade dingin dan grade panas. Karena grade dinginnya sama, jadi harusnya diantara 2 oli tersebut yang beda hanya ketika olinya udah panas aja.

Mohon koreksinya kalau salah...
tidak hanya dingin suhu minus.
suhu ruangan pun spt ini

Itu bda angka di dpn w aja ad perbedaan yah rupanya
iya.
bisa lihat spec di PDS aja.

di suhu 40 derajat,
oli 0w20 tetap lbh encer dibanding 0w30.

tapi ketika makin panas (suhu 100 C), perbedaannya gak gtu signifikan.
udah sama2 encer banget fluida nya.

maka dr itu sy gak mau lg pakai 0w30 atau 5w30, cold start harus panasin agak lama mesin nya, biar lbh encer dan masuk ke celah mesin spt noken as, bearing metal duduk, dsb :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

mcdelivery wrote: Fri Dec 18, 2020 9:15 Mungkin v100 naik karena antiwearnya makin banyak jd makin kental bro..

Gimana report amsoilnya mobil om @rendr?
dunno... maybe ngejer oil film yg lebih tebel jg kali....

waaa report amsoil yg mana lagi nih om hehehehe

freeza wrote: Fri Dec 18, 2020 10:30
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 3:15
Darrenheinrich wrote: Thu Dec 17, 2020 15:53 Oli encer emg lebi diminati skr ini, effisiensi bbm dn tarikan instan memang susah utk ditolak =)

Pd dsrnya semua oli bagus,
Tinggl disesuaikan dgn mesin, gy berkendara dn kondisi lebih tepat menurut sy
iya om.
di saya gak ada opsi pk 0w30 ke atas.

tetap di 0w20,
klo gaya driving santai ya pakai oli kelas mainstream atau eco gpp, buang tiap 5rb KM or 6 bulan.

klo suka di tol dan cenderung hi rev, ya better pakai kelas spt amsoil signature atau q8 formula special d1.

mau racing ya udh pakai motul 300v resing hi rpm 0w20,
harga 2x lipat amsoil signature :big_peace:

toh ganti oli kan, gak tiap minggu spt isi BBM :big_biglaugh:


Motul 300V 0W-20 high rpm aman gak suhu buat harian ?, max pakai berapa KM ?
300V buat mobil apa om? mau lebih royal lagi bisa cobain motys deh....

omnyanaira wrote: Fri Dec 18, 2020 11:06
rendr wrote: Fri Dec 18, 2020 7:48 btw padahal ptt 0w30 API SN tuh udh enak bgt V100 di 10,1... SN plus naik jadi 10,4... eh SP jadi 11,0...
Klo ptt 0w20 api sp gmna V100 nya om?? Apakah bisa dipake di mesin flat tape??
sama, naik jg visconya, yaaa boleh aja asal ga sering2 high revving.... kalo buat dalkot aja oke... om turbo udh pernah report VOA nya kan....

kalo saya buat mesin flat tappet sih pilihan 0w20 tinggal amsoil signature sama kendall paling yg masih affordable....

maklum kaki kanan suka ga sekolah

:big_sorry:

ini m15a ane aja pake 5w30 M1 NF udh makan oli....
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Woompy »

c_adhi_k wrote: Thu Dec 17, 2020 3:40 Kalau q8special d1 di banding amsoil ss
Lebih enak mana
Saya pernah pakai q8 formula ultra 0w20, sekarang lagi pakai amsoil ss 0w20 yang kedua kalinya. Q8 menjelang 9000an km suara mesin berubah, jadi agak lebih kasar. Tarikan masih oke tapi sampe drain di 10.000. Amsoil sampe 11.000 juga suara mesin masih halus, tapi lewat dari 10.000an tarikan mulai agak engga enak. Jadi ya mirip2 lah tp amsoil sedikit lebih enak
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
vshiva
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by vshiva »

azu wrote: Thu Dec 17, 2020 23:19
ipo3nk wrote:
erwinign wrote: Thu Dec 17, 2020 13:59

pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20

Udah jalan berapa rb km om susukinya?
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Mesin K series Suzuki sejak 2014 atau Ertiga FL rekomendasi olinya sudah 0W-20. Jadi mesin ignis sama splash meskipun kodenya sama-sama K12M pasti sudah ada improvement dan ada perbedaannya. Ertiga aja yang sama-sama K14B antara pre FL dan FL itu beda yg bahkan businya beda karena ada perubahan desain head cylinder. Jadi saran saya lebih baik pakai 0W-20 atau mentok2 buntut 30, karena mesin keluaran baru cenderung lebih rapet makanya butuh viskositas oli yang lebih encer. Kalau pakai buntut 40 sih ga rekomen banget apalagi baru 30ribu KM, saya di Ertiga 2012 pakai SHU 5W-30 dulu kerasanya udah berat (SHU ini buntut 30 yg cukup kental).
bukannya ertiga yg 2014 masih rekomen buntut 30 ya om? cmiiw tapi misalnya dengan rekomen buntut 30 kita masukkin buntut 20 sebenarnya is okay ya ga ada masalah ya?