Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 11:28
erwinign wrote:
dieselman228 wrote: Sat Jul 10, 2021 10:10

seperti D55 kemarin yg toyota raize sama daihatsu rocky itu sudah dikerjain dari pertengahan 2019 dan ternyata jadi lama baru launching 2021 karena pandemi, harusnya udah dari 2020. yang project berikutnya D26 harusnya aman, bisa launching tepat waktu

terkait konsep juga beberapa diambil dari TDEM Thailand sih
Yg project raize A250 sih saya suka om, dr desain2 itu msh campuran jepang. Lebih mature feel jepangnya di raize daripada di sienta dulu, walaupun saya seneng sienta juga yg sama2 ckd sini krn sama2 value "unique" di sienta sama raize menunjang banget. Soalnya saya liat tren akhir2 ini orang yg aktif di medsos mulai ngeh bedanya "mobil negara berkembang" sama "mobil negara maju".

Dr raize ini nandain juga kl ada pergantian bentuk fisik common part2 mobil DNGA/TNGA level2 harga ini, misal stir yg desain baru sama desain handle pintu di raize.

Berarti semisal 2020 ga ada pandemi gitu, pasar indonesia sy simpulin "sebegitunya diperhatiin" prinsipal ya om, krn bela2in launchnya rocky raize kepaut bentar dari jepang kl sesuai schedule waktu itu
Tapi A250 alias Raize/Rocky masih ada "kandungan" lokal nya ada baik spion common parts avxen, ruster, ac digital beda model (rocky all type, raize g, ativa), arah semburan ilang, ada variant "lebay" kek rocky ads/raize gr sport versi astra

Ga sepenuh nya JDM Look
Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by alamsandiwijaya »

erwinign wrote:
alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 11:28
erwinign wrote:
Yg project raize A250 sih saya suka om, dr desain2 itu msh campuran jepang. Lebih mature feel jepangnya di raize daripada di sienta dulu, walaupun saya seneng sienta juga yg sama2 ckd sini krn sama2 value "unique" di sienta sama raize menunjang banget. Soalnya saya liat tren akhir2 ini orang yg aktif di medsos mulai ngeh bedanya "mobil negara berkembang" sama "mobil negara maju".

Dr raize ini nandain juga kl ada pergantian bentuk fisik common part2 mobil DNGA/TNGA level2 harga ini, misal stir yg desain baru sama desain handle pintu di raize.

Berarti semisal 2020 ga ada pandemi gitu, pasar indonesia sy simpulin "sebegitunya diperhatiin" prinsipal ya om, krn bela2in launchnya rocky raize kepaut bentar dari jepang kl sesuai schedule waktu itu
Tapi A250 alias Raize/Rocky masih ada "kandungan" lokal nya ada baik spion common parts avxen, ruster, ac digital beda model (rocky all type, raize g, ativa), arah semburan ilang, ada variant "lebay" kek rocky ads/raize gr sport versi astra

Ga sepenuh nya JDM Look
Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
Betul om, seniat itu TAM ADM ama Perodua bisa "menyesuaikan" dengan matang dan proper meski ada yg jengkel yg disunat misal arah semburan, padahal kompetitor yg cbu India di anggap ampas kualitas ga di sunat. Alasan TAM-ADM "Orang Indonesia ga butuh arah semburan" kan kesel [emoji23]

Bahkan saya liat Rocky M bikin sendiri, speedometer yg tipe rendah, kunci calya sigra (kembar lain nya yg toyota udah keyless smartkey), velg kaleng, tanpa wiper belakang

Seniat itu ADM buat DNGA nya

Saya juga penasaran New MPV DNGA (kemungkinan Toyota Veloz - Daihatsu Luminas) bakal "semeriah" Daihatsu Rocky - Toyota Raize ga?

BTW Kalau Perodua ga se parah TAM-ADM bahkan yg Ativa AV udah mirip versi JDM Spek nya meski ada "local vibes".

At least ga separah sienta sampe rubah dashboard demi transmisi manual (jdm punya diatas)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 13:13 Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
hitungan TMC itu gampang, semakin banyak part yg bisa dipake = extra cuan :big_biglaugh:
dari dulu kan gitu, hanya belakangan mungkin karena zaman makin maju jadi makin banyak common part yg dipake bahkan sampe lintas antar kelas pasar. walau under the hood pasti ada aja yg kesunat (karena ini jagonya TMC juga), misal kali2 aja itu peredam lantai dikurangi 1-2 kg saja atau kualitas material satu atau dua level :big_biglaugh:

kalau rocky raize mungkin belajar dari kesalahan etios, sienta, gagal di pasaran (buat ukuran toyota tentunya) karena "meremehkan" pasar SEA. jadi gambling saja Rocky/Raize pake JDM dikulik2 dikit selain faktor sebenernya SEA itu masih kategori dijejelin apa juga diterima kok :big_biglaugh: dan memang sejak awal sepertinya memang diset untuk dijual di luar Jepang juga. jadi konsumen tambah senang d. walau terus terang baru kali ini ukuran TMC bisa "mimpin" segitu banyak dari kompetitor di SEA, bukan fitur ya tapi mekanikal yg wow. turbo + CVT yg mana all new gen pula, tahu sendiri TMC paling alergi benda "canggih" gini :big_biglaugh:
Last edited by kunaskun on Sat Jul 10, 2021 14:07, edited 1 time in total.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by alamsandiwijaya »

kunaskun wrote:
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 13:13 Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
hitungan TMC itu gampang, semakin banyak part yg bisa dipake = extra cuan :big_biglaugh:
dari dulu kan gitu, hanya belakangan mungkin karena zaman makin maju jadi makin banyak common part yg dipake bahkan sampe lintas antar kelas pasar.

kalau rocky raize mungkin belajar dari kesalahan etios, sienta, gagal di pasaran (buat ukuran toyota tentunya) karena "meremehkan" pasar SEA. jadi gambling saja Rocky/Raize pake JDM dikulik2 dikit selain faktor sebenernya SEA itu masih kategori dijejelin apa juga diterima kok :big_biglaugh: dan memang sejak awal sepertinya memang diset untuk dijual di luar Jepang juga. jadi konsumen tambah senang d. walau terus terang baru kali ini ukuran TMC bisa "mimpin" segitu banyak dari kompetitor di SEA, bukan fitur ya tapi mekanikal yg wow. turbo + CVT yg mana all new gen pula, tahu sendiri TMC paling alergi benda "canggih" gini :big_biglaugh:
Mesin turbo nya kan mesin 1KR-VET dimana mesin lama di kasih turbo plus bahan nya baru seingat saya ya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 14:06 Mesin turbo nya kan mesin 1KR-VET dimana mesin lama di kasih turbo plus bahan nya baru seingat saya ya
itu di jepang, di Indo all new engine. kodenya rada aneh sendiri: WA-VE.
yg tebakan saya kayanya bisa digedein kecilin macam balon, ga cuma cabut pasang turbo saja. bisa saja ada varian 3WA-VE jadi 1300 cc atau 1WA-VE jadi 1000cc atau sekalian 2WA-VE jadi 1500cc.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by alamsandiwijaya »

kunaskun wrote:
alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 14:06 Mesin turbo nya kan mesin 1KR-VET dimana mesin lama di kasih turbo plus bahan nya baru seingat saya ya
itu di jepang, di Indo all new engine. kodenya rada aneh sendiri: WA-VE.
yg tebakan saya kayanya bisa digedein kecilin macam balon, ga cuma cabut pasang turbo saja. bisa saja ada varian 3WA-VE jadi 1300 cc atau 1WA-VE jadi 1000cc atau sekalian 2WA-VE jadi 1500cc.
Baru tau 1KR-VET juga totally baru bersamaan dengan WA-VE

Tapi Toyota sendiri napa ya yg TNGA buat ASEAN even Indonesia di kasih mesin lama kek 2ZR, 2AR . Secara umum TNGA punya M20A, A25A yg dimana totally new

DNGA MPV FYI katanya pake 1.500cc ntah mesin baru atau 2NR-VE

Yaris juga ga jelas yg ASEAN bakal ambil yg TNGA-B alias model UK/JDM atau beda body dengan platform TNGA-B, seburuk" nya DNGA
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 14:15 Baru tau 1KR-VET juga totally baru bersamaan dengan WA-VE

Tapi Toyota sendiri napa ya yg TNGA buat ASEAN even Indonesia di kasih mesin lama kek 2ZR, 2AR . Secara umum TNGA punya M20A, A25A yg dimana totally new

DNGA MPV FYI katanya pake 1.500cc ntah mesin baru atau 2NR-VE

Yaris juga ga jelas yg ASEAN bakal ambil yg TNGA-B alias model UK/JDM atau beda body dengan platform TNGA-B, seburuk" nya DNGA
ya 1KR-VET dibilang baru ngga lah, karena kan seperti biasanya aslinya 1KR-VE itu pake turbo cuma khusus Indo dicabut turbonya. karena biasanya lebih mudah cabut turbo dari mesin daripada nambahin turbo.

mesin generasi baru ga cocoklah buat Indo. apa ga keselek. temen saja cerita jangakan mesin A25A. 2AR saja sudah rewel soal bbm, ketemu pertalite jadi bloon larinya.

kalau nebak2 si next daihatsu Indo any varian tetep pake mesin 2NR, gampangnya saja: daihatsu Indo ya tetep anak bawang, kecuali dapet proyek rebranding dari TMC baru d kebagian yg bagus2nya. tapi ya TMC kan rada ajaib, 1 dekade ini saja itu TAM ada bikin berapa mesin, dari sebelumnya itu2 saja.

yaris SEA kan pakai China Domestic Market punya, walau ada harapan si dengan isengnya TAM jualan Yaris GR, jadi kali2 dapet Yaris TNGA, siapa tahu TMC mau ngirit ga mau kembangin yaris dengan platform baru lagi.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 13:35
erwinign wrote:
alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 11:28 Tapi A250 alias Raize/Rocky masih ada "kandungan" lokal nya ada baik spion common parts avxen, ruster, ac digital beda model (rocky all type, raize g, ativa), arah semburan ilang, ada variant "lebay" kek rocky ads/raize gr sport versi astra

Ga sepenuh nya JDM Look
Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
Betul om, seniat itu TAM ADM ama Perodua bisa "menyesuaikan" dengan matang dan proper meski ada yg jengkel yg disunat misal arah semburan, padahal kompetitor yg cbu India di anggap ampas kualitas ga di sunat. Alasan TAM-ADM "Orang Indonesia ga butuh arah semburan" kan kesel [emoji23]

Bahkan saya liat Rocky M bikin sendiri, speedometer yg tipe rendah, kunci calya sigra (kembar lain nya yg toyota udah keyless smartkey), velg kaleng, tanpa wiper belakang

Seniat itu ADM buat DNGA nya

Saya juga penasaran New MPV DNGA (kemungkinan Toyota Veloz - Daihatsu Luminas) bakal "semeriah" Daihatsu Rocky - Toyota Raize ga?

BTW Kalau Perodua ga se parah TAM-ADM bahkan yg Ativa AV udah mirip versi JDM Spek nya meski ada "local vibes".

At least ga separah sienta sampe rubah dashboard demi transmisi manual (jdm punya diatas)
Nah bener sih om, habit soal semburan ini nih hal kecil ga kepake tapi cukup ngeselin juga kl liat alesannya. Tp saya yakin sih di RnD internal pasti ada jawaban yg bakal bikin saya "oooo memang gitu ya dasarnya, okelah"

Nah, soal rocky M ini saya juga bingung om. Kok niat banget ADM sampe develop speedo jarum, kunci kaya sigra yg ga seharusnya ada di raize rocky JDM. Prinsip common part dari yang udah2 bener2 dilawan arus sama ADM dari rocky M ini. Itung2an COGS-COGMnya+ongkos engineeringnya nutup apa enggak itu ya, krn rocky M sendiri itu entry level dan proyeksinya bkn volume maker juga.

Hawa2nya soal hype apa enggak saya rasa chancenya masih teramat sangat bisa hype om, gatel jg kan 4th TAM-ADM kegoyang2 sama xpender yg sekarang pasaran banget di mana jg cukup banyak issue yg kejadian di xpender. Sama bakal menang di desain dan packaging yg "fresh", mengingat pasar avansa udah mulai kegerus ke rush yg tongkrongannya lebih "nyugehi" dibanding avansa. Ini pola penetrate pasarnya saya lihat dr raize juga, krn di segmen gemuk harga 200-300 itu cukup butuh sesuatu fresh yang unique valuenya ada, dan kejawab di raize ini. Kemungkinan pattern avansa baru bakal begitu juga, asal apa yg ditawarin bakal bener2 jd senjata mujarab di segmen harga itu dan segmen kelas LMPV. Kl bisa mendobrak dg catetan xenia RWD tetep ada, ya sesuai jawaban saya kemarin yang tetep pertahanin kue LMPV RWD yg loyalisnya udah sebegitu banyak+expand potongan kuenya ke LMPV yang bisa dibilang lebih fit ke kaum urban perkotaan kaya di ertiga sama APV. Kl penerimaan pasar avansa FWD ini tinggi, juga dr serapan common part ya nolong raize ini dan bakal pakein common part2 itu ke sigra DNGA misalnya.

Kl liat dr poin2nya om AR93 soal "raising the bar" saya kira RnD astra-TMC group sih gak main2 om ini, belajar dr pengalaman yg ada juga dan kesiapan load fitur2 yg lengkap. Misal kaya 6 airbag yg udah jalan di rush baru all type, chance avansa baru ini dapet balon banyak saya kira udah sampe 80% lebih, krn dr volum penjualan rush yg bagus tandanya teknologi airbag ini costnya udah terhitung murah. Dan TSS itu saya juga mengamini ada sih kl liat dr raize TSS, karena dipikir2 hebat juga itu engineering benda fisik sensornya yg kamera 2 biji bs sapu jagad ngeladenin fitur safety sensenya itu, krn adaptive cruise control biasa radarnya ditaruh logo depan, nah ini di raize aja logo depannya ga ada radar begituan
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 0:43
AR93 wrote:
rakyatwkwkland wrote: Thu Jul 08, 2021 15:11

Kalo FWD + 4AT sih 2NR-VE msh mungkin oom. Tuh sirloin make kombinasi 2NR-VE + 4AT + FWD.

Ane gatau, kat negeri jiran ada yg make 2NR-VE + CVT ga sih si perodua?
Kalo sekarang belum ada, tapi konon kabarnya tahun ini juga si Perodua Myvi bakal dapet facelift dan pake CVT. Diduga CVT nya sama kayak punya Ativa (Rocky/Raize), soalnya pabriknya ada di Malaysia (bahkan kabarnya ADM masih import CVT dari Malaysia). Kalo bener begitu, nah klop tuh sama rumor Avanza baru ini 1.500 cc + CVT, R&D nya barengan Myvi facelift
Mesin non DNGA transmisi DNGA apa bakalan enak?
Mesin ya mesin, CVT ya CVT aja, gak ada hubungan mau DNGA atau enggak, apalagi enak gak enak :mky_07:
Ini memang jenisnya D-CVT sih, developmentnya bareng DNGA tapi bukan berarti gak bisa dipake di mesin non DNGA kan... Yang penting tuningnya.
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 11:06
dieselman228 wrote: Sat Jul 10, 2021 10:10
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 5:40

Beberapa th ke depan sptnya toyota daihatsu spt masuk phase baru soal platform development ya om, sejalan sama DNGA-TNGA-hibridisasi terutama di endonesa sendiri.

Semoga lancar dan cepet selesai om project2 yg ada, sy yakin ini produk yg bakal bagus dan diterima masyarakat endonesa. Ngga ada alesan saya buat menyanggah dlm hal astra develop produk2 yg udah dijual umum setelah menganalisa lebih dalem lagi :big_okay:
seperti D55 kemarin yg toyota raize sama daihatsu rocky itu sudah dikerjain dari pertengahan 2019 dan ternyata jadi lama baru launching 2021 karena pandemi, harusnya udah dari 2020. yang project berikutnya D26 harusnya aman, bisa launching tepat waktu

terkait konsep juga beberapa diambil dari TDEM Thailand sih
Yg project raize A250 sih saya suka om, dr desain2 itu msh campuran jepang. Lebih mature feel jepangnya di raize daripada di sienta dulu, walaupun saya seneng sienta juga yg sama2 ckd sini krn sama2 value "unique" di sienta sama raize menunjang banget. Soalnya saya liat tren akhir2 ini orang yg aktif di medsos mulai ngeh bedanya "mobil negara berkembang" sama "mobil negara maju".

Dr raize ini nandain juga kl ada pergantian bentuk fisik common part2 mobil DNGA/TNGA level2 harga ini, misal stir yg desain baru sama desain handle pintu di raize.

Berarti semisal 2020 ga ada pandemi gitu, pasar indonesia sy simpulin "sebegitunya diperhatiin" prinsipal ya om, krn bela2in launchnya rocky raize kepaut bentar dari jepang kl sesuai schedule waktu itu
Kalo bicara Daihatsu sih... gak heran. Kan mereka praktis cuma jualan di Jepang, Indonesia sama Malaysia, terang aja kita diurusin banget sama mereka. Nah kalo bicara Toyota lain lagi, mereka tanpa Daihatsu bisa2 cuma sibuk jualan Innova-Fortuner kayak di India :lol:
dieselman228 wrote: Sat Jul 10, 2021 11:26
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 11:06
dieselman228 wrote: Sat Jul 10, 2021 10:10

seperti D55 kemarin yg toyota raize sama daihatsu rocky itu sudah dikerjain dari pertengahan 2019 dan ternyata jadi lama baru launching 2021 karena pandemi, harusnya udah dari 2020. yang project berikutnya D26 harusnya aman, bisa launching tepat waktu

terkait konsep juga beberapa diambil dari TDEM Thailand sih
Yg project raize A250 sih saya suka om, dr desain2 itu msh campuran jepang. Lebih mature feel jepangnya di raize daripada di sienta dulu, walaupun saya seneng sienta juga yg sama2 ckd sini krn sama2 value "unique" di sienta sama raize menunjang banget. Soalnya saya liat tren akhir2 ini orang yg aktif di medsos mulai ngeh bedanya "mobil negara berkembang" sama "mobil negara maju".

Dr raize ini nandain juga kl ada pergantian bentuk fisik common part2 mobil DNGA/TNGA level2 harga ini, misal stir yg desain baru sama desain handle pintu di raize.

Berarti semisal 2020 ga ada pandemi gitu, pasar indonesia sy simpulin "sebegitunya diperhatiin" prinsipal ya om, krn bela2in launchnya rocky raize kepaut bentar dari jepang kl sesuai schedule waktu itu
iya memang om, karena TMC sama ADM jepangnya mulai liat market juga mobil ke arah mana, kadang bisa adopsi sama dengan jepang atau dari konsep TDEM thailand.
Nah TDEM ini sejak merge sama Daihatsu lagi sibuk ngerjain apa ya? Apa ngerjain next gen Yaris-Vios ya, yang kalo ngga salah ada versi SUV nya juga buat nyaingin HR-V. Sempet denger bakal dinamain Yaris Cross juga biar nama Yaris keangkat terus. Kalo platform arahnya harusnya ke DNGA menurut rumor2 dari Malaysia tapi gatau kalo ada info lain.
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:41
alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 13:35
erwinign wrote:
Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
Betul om, seniat itu TAM ADM ama Perodua bisa "menyesuaikan" dengan matang dan proper meski ada yg jengkel yg disunat misal arah semburan, padahal kompetitor yg cbu India di anggap ampas kualitas ga di sunat. Alasan TAM-ADM "Orang Indonesia ga butuh arah semburan" kan kesel [emoji23]

Bahkan saya liat Rocky M bikin sendiri, speedometer yg tipe rendah, kunci calya sigra (kembar lain nya yg toyota udah keyless smartkey), velg kaleng, tanpa wiper belakang

Seniat itu ADM buat DNGA nya

Saya juga penasaran New MPV DNGA (kemungkinan Toyota Veloz - Daihatsu Luminas) bakal "semeriah" Daihatsu Rocky - Toyota Raize ga?

BTW Kalau Perodua ga se parah TAM-ADM bahkan yg Ativa AV udah mirip versi JDM Spek nya meski ada "local vibes".

At least ga separah sienta sampe rubah dashboard demi transmisi manual (jdm punya diatas)
Nah, soal rocky M ini saya juga bingung om. Kok niat banget ADM sampe develop speedo jarum, kunci kaya sigra yg ga seharusnya ada di raize rocky JDM. Prinsip common part dari yang udah2 bener2 dilawan arus sama ADM dari rocky M ini. Itung2an COGS-COGMnya+ongkos engineeringnya nutup apa enggak itu ya, krn rocky M sendiri itu entry level dan proyeksinya bkn volume maker juga.
Kalo ini mungkin ketolong ekspor om. Nanti kan Raize bakal diekspor, barulah nanti bakal muncul spek-spek 'aneh' di luar negeri misalnya AC arah semburan lengkap tapi lampu depan polos halogen dan speedo analog. Kalo ga ketahan kapasitas produksi ADM yang terbatas, bisa2 ini Raize jadi salah satu mobil yang paling banyak diekspor dari sini.

Ngomong2 Daihatsu Luminas, saya liat2 makin kesini saya kurang yakin namanya beneran itu sih. Saya akui sumber saya waktu itu juga gak meyakinkan amat. Tapi kalo masalah bakal ada versi Daihatsunya apa enggak, saya sih yakin ada dengan positioning mirip Rocky dibanding Raize. Gunanya ya buat image Daihatsu dan buat branding 'kolaborasi kesekian' antara dua perusahaan. Yang jelas Xenia-nya lanjut terus.
Last edited by AR93 on Sat Jul 10, 2021 14:51, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sat Jul 10, 2021 14:04
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 13:13 Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
hitungan TMC itu gampang, semakin banyak part yg bisa dipake = extra cuan :big_biglaugh:
dari dulu kan gitu, hanya belakangan mungkin karena zaman makin maju jadi makin banyak common part yg dipake bahkan sampe lintas antar kelas pasar. walau under the hood pasti ada aja yg kesunat (karena ini jagonya TMC juga), misal kali2 aja itu peredam lantai dikurangi 1-2 kg saja atau kualitas material satu atau dua level :big_biglaugh:

kalau rocky raize mungkin belajar dari kesalahan etios, sienta, gagal di pasaran (buat ukuran toyota tentunya) karena "meremehkan" pasar SEA. jadi gambling saja Rocky/Raize pake JDM dikulik2 dikit selain faktor sebenernya SEA itu masih kategori dijejelin apa juga diterima kok :big_biglaugh: dan memang sejak awal sepertinya memang diset untuk dijual di luar Jepang juga. jadi konsumen tambah senang d. walau terus terang baru kali ini ukuran TMC bisa "mimpin" segitu banyak dari kompetitor di SEA, bukan fitur ya tapi mekanikal yg wow. turbo + CVT yg mana all new gen pula, tahu sendiri TMC paling alergi benda "canggih" gini :big_biglaugh:
1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 14:15
kunaskun wrote:
alamsandiwijaya wrote: Sat Jul 10, 2021 14:06 Mesin turbo nya kan mesin 1KR-VET dimana mesin lama di kasih turbo plus bahan nya baru seingat saya ya
itu di jepang, di Indo all new engine. kodenya rada aneh sendiri: WA-VE.
yg tebakan saya kayanya bisa digedein kecilin macam balon, ga cuma cabut pasang turbo saja. bisa saja ada varian 3WA-VE jadi 1300 cc atau 1WA-VE jadi 1000cc atau sekalian 2WA-VE jadi 1500cc.
Baru tau 1KR-VET juga totally baru bersamaan dengan WA-VE

Tapi Toyota sendiri napa ya yg TNGA buat ASEAN even Indonesia di kasih mesin lama kek 2ZR, 2AR . Secara umum TNGA punya M20A, A25A yg dimana totally new

DNGA MPV FYI katanya pake 1.500cc ntah mesin baru atau 2NR-VE

Yaris juga ga jelas yg ASEAN bakal ambil yg TNGA-B alias model UK/JDM atau beda body dengan platform TNGA-B, seburuk" nya DNGA
Soal mesin2 baru TNGA sih gampang om liatnya. Antara 2 mesin baru ini di raize sukses, ato nanti ditrigger sama 1.6TGDI hyundai-kia kalo beneran masuk pasti masuk pertimbangan kok itu M sama A engine. 1.6TGDI hyundai ini masih saya anggep mesinnya terlalu maju buat di indonesia, walaupun udah ada L15 turbo di crv dan bbrp mobil kedubes korea pake ini 1.6TGDI. Semoga HMMI di tucson NX4 ada mesin ini sih dg penyesuaian behaviour indonesia, jd toyota lebih gencer develop TNGA se engine2nya.

Avanza baru ini kayanya msh tetep NR engine om, ini tipe engine masa baktinya masih panjang banget

Yaris beneran di luar GR sih saya ga berharap banyak om, kalaupun masuk saya rasa kok lebih menjual yaris cross beneran ya krn tren pasarnya pada suka CUV gini kaya hrv
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:44
kunaskun wrote: Sat Jul 10, 2021 14:04
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 13:13 Betul sih om, common part dibedain sama yang pure JDM kaya spion gede, controller AC yg spek tanpa arah semburan (saya cukup yakin yg spek pake semburan udah ada, krn raize rocky bakal ekspor juga spt yg kejadian di avansa/wigo ekspor), trs penyesuaian bemper belakang ditebelin dikit krn overall length jadi 4m ga kaya yg JDM 3.9m mungkin krn regulasi jepang.

Soal tipe GR-S mungkin memang ini item faktor yg keputusan proporsi risetnya lebih ke "mengikuti pasar lokal" ya om, yg nyebabin beberapa bs bilang ga jdm2 amat. Pdhl saya tau di jepang sendiri ada option bodykit modellista, premium-sporty-powerful style sama TRD aggresive yang lebih proper desainnya. Cuma dr yang saya lihat secara basic kaya bentuk2 komponen, frame, chassis, bentuk basic kaya tray bagasi yg 2 tingkat sama tonneau covernya, speedometer digital itu persis plek kaya yg JDM. Bahkan isi speedometernya aja yg TSS pun persis kaya JDM sampe option languagenya banyak banget, makanya saya masih bs bilang begitu.
hitungan TMC itu gampang, semakin banyak part yg bisa dipake = extra cuan :big_biglaugh:
dari dulu kan gitu, hanya belakangan mungkin karena zaman makin maju jadi makin banyak common part yg dipake bahkan sampe lintas antar kelas pasar. walau under the hood pasti ada aja yg kesunat (karena ini jagonya TMC juga), misal kali2 aja itu peredam lantai dikurangi 1-2 kg saja atau kualitas material satu atau dua level :big_biglaugh:

kalau rocky raize mungkin belajar dari kesalahan etios, sienta, gagal di pasaran (buat ukuran toyota tentunya) karena "meremehkan" pasar SEA. jadi gambling saja Rocky/Raize pake JDM dikulik2 dikit selain faktor sebenernya SEA itu masih kategori dijejelin apa juga diterima kok :big_biglaugh: dan memang sejak awal sepertinya memang diset untuk dijual di luar Jepang juga. jadi konsumen tambah senang d. walau terus terang baru kali ini ukuran TMC bisa "mimpin" segitu banyak dari kompetitor di SEA, bukan fitur ya tapi mekanikal yg wow. turbo + CVT yg mana all new gen pula, tahu sendiri TMC paling alergi benda "canggih" gini :big_biglaugh:
1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
Mesin 1KR-VET nya sendiri sebenernya dibikin disini, bahkan kita ekspor ke Jepang sebelum kita launching Raize-Rocky, sempat dengar info dari mas Indra Fathan begitu. Nah kalo CVT-nya masih impor dari Malaysia di Akashi Kikai.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 14:54
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:44
kunaskun wrote: Sat Jul 10, 2021 14:04

hitungan TMC itu gampang, semakin banyak part yg bisa dipake = extra cuan :big_biglaugh:
dari dulu kan gitu, hanya belakangan mungkin karena zaman makin maju jadi makin banyak common part yg dipake bahkan sampe lintas antar kelas pasar. walau under the hood pasti ada aja yg kesunat (karena ini jagonya TMC juga), misal kali2 aja itu peredam lantai dikurangi 1-2 kg saja atau kualitas material satu atau dua level :big_biglaugh:

kalau rocky raize mungkin belajar dari kesalahan etios, sienta, gagal di pasaran (buat ukuran toyota tentunya) karena "meremehkan" pasar SEA. jadi gambling saja Rocky/Raize pake JDM dikulik2 dikit selain faktor sebenernya SEA itu masih kategori dijejelin apa juga diterima kok :big_biglaugh: dan memang sejak awal sepertinya memang diset untuk dijual di luar Jepang juga. jadi konsumen tambah senang d. walau terus terang baru kali ini ukuran TMC bisa "mimpin" segitu banyak dari kompetitor di SEA, bukan fitur ya tapi mekanikal yg wow. turbo + CVT yg mana all new gen pula, tahu sendiri TMC paling alergi benda "canggih" gini :big_biglaugh:
1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
Mesin 1KR-VET nya sendiri sebenernya dibikin disini, bahkan kita ekspor ke Jepang sebelum kita launching Raize-Rocky, sempat dengar info dari mas Indra Fathan begitu. Nah kalo CVT-nya masih impor dari Malaysia di Akashi Kikai.
Wah br tau saya om soal cvtnya, berarti bukan aisin ya kaya yg di toyota ber-cvt
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

LMPV ini kemungkinan besar diproduksi di TMMIN Karawang, mulai November 2021. Infonya dari sini: https://otodriver.com/berita/2020/gener ... enccgfdpan dan ini: https://www.iwanbanaran.com/2021/07/06/ ... %9f%98%b1/

Ada juga data ekspor impor: https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d26a yang menyebutkan D26A adalah TMMIN project: "D26A TMMIN PROJECT - WELDING JIG FOR UB LINE & MB LINE". Ini sekaligus revisi dari post asli yang nyebut ini buatan ADM Sunter.

MPV lain, mungkin lebih kecil, kode internal D34T
Daihatsu juga menyiapkan project MPV lagi dengan kode D34T, secara internal disebut sebagai B-MPV dengan kode bodi "W100RG-LBLFJ", sebagai perbandingan kode bodi Rocky 1.2 itu "A251RS-GMLFJ". Belum ketahuan ini MPV apaan, tapi kemungkinan dibawah penerus Avanza D26A. Soalnya D26A itu secara internal disebut D-MPV menurut link Otodriver tadi. Kalau menurut web ini https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d34t prototype sudah jadi dan sedang dikirim ke Jepang: "DAIHATSU D34T PROTOTYPE (B-MPV)MODEL CODE: DBA-W100RG-LBLFJCHASSIS NO: W100RGAS211; EG NO: 41E0211COLOR: WHITE" Disitu juga keliatan banyak sharing parts sama D26A.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 15:20 LMPV ini kemungkinan besar diproduksi di TMMIN Karawang, mulai November 2021. Infonya dari sini: https://otodriver.com/berita/2020/gener ... enccgfdpan dan ini: https://www.iwanbanaran.com/2021/07/06/ ... %9f%98%b1/

Ada juga data ekspor impor: https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d26a yang menyebutkan D26A adalah TMMIN project: "D26A TMMIN PROJECT - WELDING JIG FOR UB LINE & MB LINE". Ini sekaligus revisi dari post asli yang nyebut ini buatan ADM Sunter.

MPV lain, mungkin lebih kecil, kode internal D34T
Daihatsu juga menyiapkan project MPV lagi dengan kode D34T, secara internal disebut sebagai B-MPV dengan kode bodi "W100RG-LBLFJ", sebagai perbandingan kode bodi Rocky 1.2 itu "A251RS-GMLFJ". Belum ketahuan ini MPV apaan, tapi kemungkinan dibawah penerus Avanza D26A. Soalnya D26A itu secara internal disebut D-MPV menurut link Otodriver tadi. Kalau menurut web ini https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d34t prototype sudah jadi dan sedang dikirim ke Jepang: "DAIHATSU D34T PROTOTYPE (B-MPV)MODEL CODE: DBA-W100RG-LBLFJCHASSIS NO: W100RGAS211; EG NO: 41E0211COLOR: WHITE" Disitu juga keliatan banyak sharing parts sama D26A.
D34T kl lihat dari kode tipe W100RG, angka 100 itu kok arahnya ke agya ayla wigo ya om (Kode sekarang B100RS). Bisa2 agya bantet hilang melebur ke calsig ya sepertinya kl liat dari embel2 B-MPV itu. Dilihat2 platform agya udah dr 2013, calsig udah dari 2016 ya gak kaget juga kl udah ada kirim2 tools itu om.

Bukan sok tau dr serinya bakal arahnya calsig/agya ayla, hanya menerka2 aja melihat dr sikon yg ada sekarang.
Last edited by maastricht889 on Sat Jul 10, 2021 15:43, edited 2 times in total.
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 15:37
AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 15:20 LMPV ini kemungkinan besar diproduksi di TMMIN Karawang, mulai November 2021. Infonya dari sini: https://otodriver.com/berita/2020/gener ... enccgfdpan dan ini: https://www.iwanbanaran.com/2021/07/06/ ... %9f%98%b1/

Ada juga data ekspor impor: https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d26a yang menyebutkan D26A adalah TMMIN project: "D26A TMMIN PROJECT - WELDING JIG FOR UB LINE & MB LINE". Ini sekaligus revisi dari post asli yang nyebut ini buatan ADM Sunter.

MPV lain, mungkin lebih kecil, kode internal D34T
Daihatsu juga menyiapkan project MPV lagi dengan kode D34T, secara internal disebut sebagai B-MPV dengan kode bodi "W100RG-LBLFJ", sebagai perbandingan kode bodi Rocky 1.2 itu "A251RS-GMLFJ". Belum ketahuan ini MPV apaan, tapi kemungkinan dibawah penerus Avanza D26A. Soalnya D26A itu secara internal disebut D-MPV menurut link Otodriver tadi. Kalau menurut web ini https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d34t prototype sudah jadi dan sedang dikirim ke Jepang: "DAIHATSU D34T PROTOTYPE (B-MPV)MODEL CODE: DBA-W100RG-LBLFJCHASSIS NO: W100RGAS211; EG NO: 41E0211COLOR: WHITE" Disitu juga keliatan banyak sharing parts sama D26A.
D34T kl lihat dari kode tipe W100RG, angka 100 itu kok arahnya ke agya ayla wigo ya om (Kode sekarang B100RS). Bisa2 agya bantet hilang melebur ke calsig ya sepertinya kl liat dari embel2 B-MPV itu. Dilihat2 platform agya udah dr 2013, calsig udah dari 2016 ya gak kaget juga kl udah ada kirim2 tools itu om.

Bukan sok tau dr serinya bakal arahnya calsig/agya ayla, hanya menerka2 aja melihat dr sikon yg ada sekarang.
Saya curiga model baru soalnya misalkan Ayla lanjut gen 2 mestinya jadi B200 kan, begitu jg Sigra B400 jadi B500, just my two cents...
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 15:42
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 15:37
AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 15:20 LMPV ini kemungkinan besar diproduksi di TMMIN Karawang, mulai November 2021. Infonya dari sini: https://otodriver.com/berita/2020/gener ... enccgfdpan dan ini: https://www.iwanbanaran.com/2021/07/06/ ... %9f%98%b1/

Ada juga data ekspor impor: https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d26a yang menyebutkan D26A adalah TMMIN project: "D26A TMMIN PROJECT - WELDING JIG FOR UB LINE & MB LINE". Ini sekaligus revisi dari post asli yang nyebut ini buatan ADM Sunter.

MPV lain, mungkin lebih kecil, kode internal D34T
Daihatsu juga menyiapkan project MPV lagi dengan kode D34T, secara internal disebut sebagai B-MPV dengan kode bodi "W100RG-LBLFJ", sebagai perbandingan kode bodi Rocky 1.2 itu "A251RS-GMLFJ". Belum ketahuan ini MPV apaan, tapi kemungkinan dibawah penerus Avanza D26A. Soalnya D26A itu secara internal disebut D-MPV menurut link Otodriver tadi. Kalau menurut web ini https://www.infodriveindia.com/shipment ... ta-of-d34t prototype sudah jadi dan sedang dikirim ke Jepang: "DAIHATSU D34T PROTOTYPE (B-MPV)MODEL CODE: DBA-W100RG-LBLFJCHASSIS NO: W100RGAS211; EG NO: 41E0211COLOR: WHITE" Disitu juga keliatan banyak sharing parts sama D26A.
D34T kl lihat dari kode tipe W100RG, angka 100 itu kok arahnya ke agya ayla wigo ya om (Kode sekarang B100RS). Bisa2 agya bantet hilang melebur ke calsig ya sepertinya kl liat dari embel2 B-MPV itu. Dilihat2 platform agya udah dr 2013, calsig udah dari 2016 ya gak kaget juga kl udah ada kirim2 tools itu om.

Bukan sok tau dr serinya bakal arahnya calsig/agya ayla, hanya menerka2 aja melihat dr sikon yg ada sekarang.
Saya curiga model baru soalnya misalkan Ayla lanjut gen 2 mestinya jadi B200 kan, begitu jg Sigra B400 jadi B500, just my two cents...
Memang sih om, logikanya ya masih tetep kode B. Misal avansa dr pertama F600 sekarang udah F653/F654
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:44 1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
masih ada darah jepang om :big_biglaugh:
lumayanlah, dipikir2 ada berapa banyak barang Daihatsu JDM yg diconvert ke Indo? Grandmax doang kayanya... :big_biglaugh:
AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 14:54 Mesin 1KR-VET nya sendiri sebenernya dibikin disini, bahkan kita ekspor ke Jepang sebelum kita launching Raize-Rocky, sempat dengar info dari mas Indra Fathan begitu. Nah kalo CVT-nya masih impor dari Malaysia di Akashi Kikai.
baru tahu loh Daihatsu punya pabrik transmisi sendiri. barusan googling si Akashi Kikai ini :big_exellent: kirain selama ini Aisin.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Tue Jul 13, 2021 13:41
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:44 1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
masih ada darah jepang om :big_biglaugh:
lumayanlah, dipikir2 ada berapa banyak barang Daihatsu JDM yg diconvert ke Indo? Grandmax doang kayanya... :big_biglaugh:
Khusus grenmek, xenia kayanya kebalikan oom, indo convert to JDM walaupun pasti stl final development di indo dibawa ke headquarter jepang sana. Ga heran ada orang jepang ngejepret sigra merah di jepang kan :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Tue Jul 13, 2021 13:59 Khusus grenmek, xenia kayanya kebalikan oom, indo convert to JDM walaupun pasti stl final development di indo dibawa ke headquarter jepang sana. Ga heran ada orang jepang ngejepret sigra merah di jepang kan :big_biglaugh:
ah iya, memang TMC begitu, semua barang jadi kirim dulu ke sono, buat diliatin kali seberapa jeleknya. :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ginting »

kunaskun wrote: Tue Jul 13, 2021 13:41
erwinign wrote: Sat Jul 10, 2021 14:44 1KR-VET ini juga menarik om, di fase awal2 ini kl saya llihat raize turbo di pameran kayanya kok masih banyak made in japan partnya. Sy ngintip daleman mesinnya itu ada stiker logo daihatsu sama huruf kanjinya banyak. Mungkin ke depannya sih 1KR turbo ini bakal jd mesin sapu jagat gantiin 3NR-VE sekalian persentase lokalisasi partnya ditinggiin krn dianggep mesin turbo udah mulai pasaran scr longterm. Semoga dr pajak baru ini jg berbanding lurus sama kualitas bengsin yang udah2 beredar
masih ada darah jepang om :big_biglaugh:
lumayanlah, dipikir2 ada berapa banyak barang Daihatsu JDM yg diconvert ke Indo? Grandmax doang kayanya... :big_biglaugh:
AR93 wrote: Sat Jul 10, 2021 14:54 Mesin 1KR-VET nya sendiri sebenernya dibikin disini, bahkan kita ekspor ke Jepang sebelum kita launching Raize-Rocky, sempat dengar info dari mas Indra Fathan begitu. Nah kalo CVT-nya masih impor dari Malaysia di Akashi Kikai.
baru tahu loh Daihatsu punya pabrik transmisi sendiri. barusan googling si Akashi Kikai ini :big_exellent: kirain selama ini Aisin.
Om oom.. Gimana kira kira daya tahan kekuatan D CVT si Raize Rocky ini?

Saya lihat ini spt imorovemen dr CVT biasa. Krn sdh pake gear juga buat high speed..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

ginting wrote: Sat Jul 24, 2021 4:50 Om oom.. Gimana kira kira daya tahan kekuatan D CVT si Raize Rocky ini?

Saya lihat ini spt imorovemen dr CVT biasa. Krn sdh pake gear juga buat high speed..
saya rasa selama ada bau daitoyo amanlah. :big_biglaugh:
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

Setelah sedikit ngubek-ngubek, mobil misterius berkode "W100RG-LBLFJ" yang saya temuin bulan lalu saya pastikan adalah MPV penerus Avxen ini, bukan MPV lain apalagi Calya baru. (Saya denger bulan lalu ada seseorang yang langsung menyimpulkan W100RG itu adalah "New Calya" di sosmed sana, bisa disimpulkan orang tersebut sama tidak tahunya dengan kita) Jadi mungkin D26A dan D34T merujuk ke mobil yang sama, penerus Avxen FWD DNGA.

hasil coba2 baca catalog parts Daihatsu, arti kode tersebut (istilahnya katashiki) ternyata bisa dijabarin. Untuk W100RG-LBLFJ, "W100" itu kode model, makna "RG" itu adalah RHD (R) + bodi Wagon bermerek Daihatsu (G), sementara "BLFJ" itu maknanya transmisi CVT (B) + trim terbawah (L) + pilihan mesin (F, makna hurufnya cuma pembeda aja ya kalo ada 2 pilihan mesin berarti huruf ini pakai huruf lain) + produksi Indonesia (J). kurang lebih artinya begitu.

Kode-kode yang saya temui ada beberapa:
W100RG-LBLFJ (artinya MPV Daihatsu setir kanan (RG), CVT (B))
W101RG-LBRFJ (artinya MPV Daihatsu setir kanan (RG), CVT (B), tipe lebih tinggi dari LBLFJ)
W101RE-LBVFJ (artinya MPV Toyota setir kanan (RE), CVT (B), tipe atas)
W100LE-LMDF (artinya MPV Toyota setir kiri (LE) manual (M) untuk ekspor)
W101LE-LMMFF (artinya MPV Toyota setir kiri (LE) manual (M) untuk ekspor, tapi beda tipe)

Sumber:
https://www.infodriveindia.com/shipment ... from-japan
https://www.infodriveindia.com/shipment ... -indonesia

Dua kode pertama prototype yang dikirim dari sini ke Daihatsu Jepang, yang pertama dikirim November 2019 dan yang kedua Januari 2021.

Tiga kode terakhir itu bodinya dikirim dari Daihatsu Jepang ke TMMIN pada awal tahun ini. Kabar yang saya dapet, TMMIN kebagian produksi MPV W100/W101 High Grade (tipe atas) sementara ADM produksi tipe tengah dan bawah. Mungkin ADM kepenuhan.

Saya masih belum tau apa bedanya W100 dan W101, mungkinkah mesin? Setidaknya untuk model W100 mesinnya dipastikan pakai 2NR (capacity 1496 cc) menurut link ini: https://www.infodriveindia.com/shipment ... -indonesia.

Apa pentingnya kode ini? Kalo nanti nongol kode-kode tsb di NJKB Samsat bisa dipastikan mobil tersebut adalah penerus Avxen berpenggerak FWD dan berplatform DNGA

Kesimpulan dari temuan ini, MPV DNGA ini pakai mesin 1.500 cc milik Veloz & RushTer sekarang tapi menggunakan transmisi CVT. Produksi di ADM dan TMMIN sekaligus dan masih kembaran Daihatsu & Toyota.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by maastricht889 »

AR93 wrote: Fri Aug 13, 2021 10:14 Setelah sedikit ngubek-ngubek, mobil misterius berkode "W100RG-LBLFJ" yang saya temuin bulan lalu saya pastikan adalah MPV penerus Avxen ini, bukan MPV lain apalagi Calya baru. (Saya denger bulan lalu ada seseorang yang langsung menyimpulkan W100RG itu adalah "New Calya" di sosmed sana, bisa disimpulkan orang tersebut sama tidak tahunya dengan kita) Jadi mungkin D26A dan D34T merujuk ke mobil yang sama, penerus Avxen FWD DNGA.

hasil coba2 baca catalog parts Daihatsu, arti kode tersebut (istilahnya katashiki) ternyata bisa dijabarin. Untuk W100RG-LBLFJ, "W100" itu kode model, makna "RG" itu adalah RHD (R) + bodi Wagon bermerek Daihatsu (G), sementara "BLFJ" itu maknanya transmisi CVT (B) + trim terbawah (L) + pilihan mesin (F, makna hurufnya cuma pembeda aja ya kalo ada 2 pilihan mesin berarti huruf ini pakai huruf lain) + produksi Indonesia (J). kurang lebih artinya begitu.

Kode-kode yang saya temui ada beberapa:
W100RG-LBLFJ (artinya MPV Daihatsu setir kanan (RG), CVT (B))
W101RG-LBRFJ (artinya MPV Daihatsu setir kanan (RG), CVT (B), tipe lebih tinggi dari LBLFJ)
W101RE-LBVFJ (artinya MPV Toyota setir kanan (RE), CVT (B), tipe atas)
W100LE-LMDF (artinya MPV Toyota setir kiri (LE) manual (M) untuk ekspor)
W101LE-LMMFF (artinya MPV Toyota setir kiri (LE) manual (M) untuk ekspor, tapi beda tipe)

Sumber:
https://www.infodriveindia.com/shipment ... from-japan
https://www.infodriveindia.com/shipment ... -indonesia

Dua kode pertama prototype yang dikirim dari sini ke Daihatsu Jepang, yang pertama dikirim November 2019 dan yang kedua Januari 2021.

Tiga kode terakhir itu bodinya dikirim dari Daihatsu Jepang ke TMMIN pada awal tahun ini. Kabar yang saya dapet, TMMIN kebagian produksi MPV W100/W101 High Grade (tipe atas) sementara ADM produksi tipe tengah dan bawah. Mungkin ADM kepenuhan.

Saya masih belum tau apa bedanya W100 dan W101, mungkinkah mesin? Setidaknya untuk model W100 mesinnya dipastikan pakai 2NR (capacity 1496 cc) menurut link ini: https://www.infodriveindia.com/shipment ... -indonesia.

Apa pentingnya kode ini? Kalo nanti nongol kode-kode tsb di NJKB Samsat bisa dipastikan mobil tersebut adalah penerus Avxen berpenggerak FWD dan berplatform DNGA

Kesimpulan dari temuan ini, MPV DNGA ini pakai mesin 1.500 cc milik Veloz & RushTer sekarang tapi menggunakan transmisi CVT. Produksi di ADM dan TMMIN sekaligus dan masih kembaran Daihatsu & Toyota.
Berarti xenia existing yg rumornya bakal ttp produksi masih simpang siur ya om? Krn ada RE sama RG ini
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

erwinign wrote: Fri Aug 13, 2021 10:29 Berarti xenia existing yg rumornya bakal ttp produksi masih simpang siur ya om? Krn ada RE sama RG ini
Sementara ini menurut interpretasi saya sih sepertinya Daihatsu W100 ini bakal pakai nama baru, sementara Xenia tetap ada.