Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3228
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

bungle wrote: 02 Dec 2020, 14:24 Saya nebaknya begitu juga. Pernah ada yg bilang di sini kalau Veloz kedepannya tidak bawa nama Avanza lagi.
Bagi penggemar mobil bergardan silahkan beli Avanza.
Veloz ntar pakai FWD.
Mungkin Venturer juga nantinya bakal pakai FWD.
Kijang Innova tetap pakai basis seperti yang sekarang.
agak unik juga kalo kejadian, tapi ya itu TAM si, apa juga jadi kejadian.
veloz jadi brand sendiri ngisi sienta sekarang. premium LMPV toyota. toh FWD or not ga masalah, yg penting konsumen yg ada duit lebih untuk avanza tapi kekurangan untuk Innova, sedangkan Rush masuknya LSUV.
venturer jadi FWD mungkin kejauhan karena venturer itu posisinya sama dengan innova crysta di Phillipines dan Malaysia = glorified innova/innova.

yg agak unik lagi, bukankah lebih mudah, dengan musnahkan saja itu avanza xenia + terios rush = DNGA. malah bisa sekalin agya ayla, calya sigra pake DNGA juga. lebih mudah murah lagi. agya ayla jadi kei car, dimelarin jadi calya sigra, digedein lagi jadi avanza xenia, diganti body kasi lifting kit jadi terios rush. apalagi kalau baca2:

https://oto.detik.com/berita/d-5169727/ ... -indonesia
Anjar menjelaskan dengan menggunakan teknologi terbaru platform DNGA, setiap unit Daihatsu ke depannya akan memiliki kelebihan yang mengutamakan kenyamanan setiap sudut kendaraan.

"Konsepnya DNGA 1 gram, 1 mm, 1 detik, dan 1 sen atau penguasaan hingga ke detail, maknanya ketika Daihatsu kembangkan produk DNGA Daihatsu pertimbangkan aspek hingga ke detail dari bobot harga hingga waktunya hingga bisa hasilkan kendaraan yang efisien," Anjar menambahkan.
juga soal klaim "mudahnya" bikin mobil pake DNGA:
https://oto.detik.com/mobil/d-5170066/t ... hun-sekali

tapi TAM tetep kekeuh pertahankan avanza xenia RWD. walau memang masih ada profit karena ganti body las sana sini jadi d Terios Rush = kayanya 50% TAM dari 4 ekor kendaraan ini. tapi kedepannya passenger car ga ada yang peduli lagi soal RWD atau FWD, hanya di negara2 tertentu saja yg kondisi medannya sama kaya Indo = tidak banyak karena tentu tiap region itu berbeda2, misalnya saja ASEAN dari utara ke selatan beda2 semua walau iklim sama2 tropis, sama2 Asian, tapi bener2 jomplang kebutuhan tiap negara/region. yg jadi pertanyaan utama kedepannya seberapa "Green" dengan hybrid atau EV. apalagi Thai yg terus jadi market besar setelah Indo itu terus paksain "green" car. mau taro dimana itu batere untuk hybrid? di bagasi? bisa diamuk massa itu DaiToyo kalau bikin avanza xenia ga bisa bawa sekampung di bagasi :big_biglaugh:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by PRBS »

mesin 1500cc, FWD, dan (hopefully) ayunan suspensinya seenak MPV proper (such as sienta deh), dengan GC lebih tinggi.. wah racikan oke sih (buat penggemar FWD).

cuma bakal lebih limbung sih.. eh tapi xpander Gc tinggi ga limbung2 amat sih..
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

Kabar dari OtoDriver, rilisnya MPV ini ternyata masih lumayan lama di November 2021
https://otodriver.com/berita/2020/avanz ... vaccjhhpan
Sepertinya tidak ada orang yang menyangsikan keampuhan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sebagai dominator segmen LMPV. Salah satu kunci kesuksesan keduanya ada pada penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive) yang dinilai lebih cocok untuk digunakan di berbagai jenis medan jalanan.

Dari kompetitor di segmennya, layout penggerak belakang ini hanya bisa ditemui pada Wuling Confero. Sedangkan rival lainnya seperti Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander,Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio disajikan dengan tarikan roda depan atau Front Wheel Drive.

Namun ada rumor yang sempat beredar beberapa waktu silam, di mana disebutkan bahwa kelak Avanza dan Xenia akan bertransformasi menjadi mobil penggerak roda depan. Satu hal yang saat ini cukup revelan karena dari berbagai segi mobil dengan konsep tarikan roda depan punya segudang kelebihan. Contohnya dari segi kenyamanan dan kabin yang lebih lapang.

Mungkin rumor tersebut bukanlah sekedar isapan jempol. Salah satu narasumber terpercaya kami memberikan bocoran akan hal tersebut.

“Rencananya setahun dari sekarang. November 2021 nanti akan muncul mobil di segmen ini dari Toyota-Daihatsu. Dan itu mobil berpenggerak roda depan,” terang sumber yang tidak mau diketahui identitasnya tersebut.

“Bisa saja itu dilabeli dengan Avanza dan Xenia, walau pun kemungkinan hadir dengan mana lain pun ada,” sambungnya.

Lebih jauh lagi, ia mengatakan bahwa mobil ini pun nampaknya sudah diproyeksikan untuk pasar ekspor. “Kita lihat saja pada Januari 2022 nanti, mobil ini akan jadi komoditas ekspor Indonesia,” tutupnya.

KIta lihat perkembangannya.
Sementara versi Hybridnya menyusul di 2022:
https://otodriver.com/mobil-listrik/202 ... vaccicd022

Nah, sekitar Q1 atau Q2 2021 kabarnya kita sudah bisa saksikan Daihatsu Rocky buatan Indonesia:
https://kobayogas.com/2020/12/04/bocora ... iap-nebus/

OOT dikit, masih tentang MPV Toyota.
Pernah denger rumor Innova generasi selanjutnya FWD? Nah, bisa jadi ini yang dimaksud. Masih lama sih, di 2022.
https://otodriver.com/berita/2020/akan- ... kaccggfova
Pasar MPV Indonesia masih sangat menggiurkan. Segmen ini diminati di semua level tak terkecuali di level menengah ke atas.

Hal ini bisa dilihat dari respons pasar atas model MPV yang ditempatkan di posisi atas seperti Venture ataupun varian atas Innova lainnya. Artinya segmen ini masih punya cukup ruang untuk berkembang.

"Nanti Toyota akan punya MPV baru. Ditempatkan di atas Innova," ungkap rekanan OtoDriver yang enggan disebutkan namanya. "Nanti akan dibuat di Indonesia," sambungnya dalam pembicaraan singkat via telepon, (30/10)

Nantinya mobil ini akan dibangun dengan platform baru TNGA (Toyota New Global Architecture). Rekan rahasia kami ini sepertinya belum bersedia menjelaskan lebih rinci apakah mobil ini nantinya berupa mobil dengan penggerak roda belakang ataupun depan. Tapi dipastikan bahwa mobil ini punya kapasitas penumpang 6-7 orang.

"Dilihat dari jadwalnya, mobil ini akan meluncur pada semester 2 tahun 2022," lanjutnya.

Kita tunggu saja tanggal mainnya.
herp
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: 09 Aug 2015, 07:58

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by herp »

turbine888 wrote: 01 Dec 2020, 14:56 Rumor yg saya denger sih "Avanza" baru ini bakal DNGA based, naik "setengah kelas" dan difokuskan bagi pasar end-user di perkotaan menghadapi Xpander, Mobilio, Ertiga, dan Livina. Sementara itu, Avanza yg sekarang akan terus dijual dengan segmentasi fleet user dan pemakai di daerah. Lalu, kalo kata kenalan saya yg baru ini bakal ada pilihan mesin 1500 yg sekarang danuntuk tipe tertinggi dikasih 1000cc turbo.

Anyway, lucu juga liat test mulenya jadi macam mobil homologasi balap dengan fender flarenya hahaha.
Gayakin bakal dicemplungin 1kr vet, outputnya juga ga segitunya impresif, turbo lagi. Mending itu toyodai cemplungin mesin nr aluminium yg versi toyota
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3228
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

AR93 wrote: 07 Dec 2020, 16:53 Kabar dari OtoDriver, rilisnya MPV ini ternyata masih lumayan lama di November 2021

Sementara versi Hybridnya menyusul di 2022:
https://otodriver.com/mobil-listrik/202 ... vaccicd022
berarti persiapan nantang xpander hybrid. colongan dengan totally new car yg akan gantikan posisi Sienta, yg tetap diatas Veloz.
Nah, sekitar Q1 atau Q2 2021 kabarnya kita sudah bisa saksikan Daihatsu Rocky buatan Indonesia:
https://kobayogas.com/2020/12/04/bocora ... iap-nebus/
kirain bakalan januari, karena sejak juli atau agustus kayanya tiap bulan TAM launching baru terus :big_biglaugh:
OOT dikit, masih tentang MPV Toyota.
Pernah denger rumor Innova generasi selanjutnya FWD? Nah, bisa jadi ini yang dimaksud. Masih lama sih, di 2022.
https://otodriver.com/berita/2020/akan- ... kaccggfova
lah ketemu voxy dong? :big_think:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by FR6 »

PRBS wrote: 07 Dec 2020, 15:24 mesin 1500cc, FWD, dan (hopefully) ayunan suspensinya seenak MPV proper (such as sienta deh), dengan GC lebih tinggi.. wah racikan oke sih (buat penggemar FWD).

cuma bakal lebih limbung sih.. eh tapi xpander Gc tinggi ga limbung2 amat sih..
menurut saya, salah satu nilai jual itu tampilan gagah/keliatan lebih mahal dari kelasnya.
macem Rush/Xpander yg keliatannya aja mahal/gagah.
padahal kelas LMPV/LSUV :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11049
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ChZ »

FR6 wrote: 29 Dec 2020, 13:55
PRBS wrote: 07 Dec 2020, 15:24 mesin 1500cc, FWD, dan (hopefully) ayunan suspensinya seenak MPV proper (such as sienta deh), dengan GC lebih tinggi.. wah racikan oke sih (buat penggemar FWD).

cuma bakal lebih limbung sih.. eh tapi xpander Gc tinggi ga limbung2 amat sih..
menurut saya, salah satu nilai jual itu tampilan gagah/keliatan lebih mahal dari kelasnya.
macem Rush/Xpander yg keliatannya aja mahal/gagah.
padahal kelas LMPV/LSUV :mky_01:
stuju... presence inofa dkk itu looksnya yang keliatan gagah... mobil macem poksi biskuit serena aja dibilang roti tawar... mgkn dikira ga keren bawa mobil kotak kayak glorified grenmek... imej mobil kotak selalu mobil buat disupirin ampe alpat skalipun...

inofa tampangnya khan agak agak ke SUV an... dan lebih ga kliatan mobil supir. coba babe babe disuruh milih nyetir inofa atau alpat pasti milih nyetir inofa. biar gak dikira supir.

orang sini ama amrik ga trlalu beda seleranya soal mobil, sama sama suka yang gede...

tp bedanya di sini doyan yang irit mknya pake disel... amrik doyan yang boros mknya cinta banget ama big V8 :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by FR6 »

ChZ wrote: 29 Dec 2020, 14:28
FR6 wrote: 29 Dec 2020, 13:55
menurut saya, salah satu nilai jual itu tampilan gagah/keliatan lebih mahal dari kelasnya.
macem Rush/Xpander yg keliatannya aja mahal/gagah.
padahal kelas LMPV/LSUV :mky_01:
stuju... presence inofa dkk itu looksnya yang keliatan gagah... mobil macem poksi biskuit serena aja dibilang roti tawar... mgkn dikira ga keren bawa mobil kotak kayak glorified grenmek... imej mobil kotak selalu mobil buat disupirin ampe alpat skalipun...

inofa tampangnya khan agak agak ke SUV an... dan lebih ga kliatan mobil supir. coba babe babe disuruh milih nyetir inofa atau alpat pasti milih nyetir inofa. biar gak dikira supir.

orang sini ama amrik ga trlalu beda seleranya soal mobil, sama sama suka yang gede...

tp bedanya di sini doyan yang irit mknya pake disel... amrik doyan yang boros mknya cinta banget ama big V8 :big_biglaugh:
Atau suka LSUV 7 seater atau LMPV tapi gede macem R3/Xp, orang2 sekitar saya bilang kalau Rush-Ter/Xp-Xpcross itu "hampir" sekelas Innova :mky_01:
ada benernya juga sih, wong beda panjangnya gak sampe 1 jengkal :mky_02:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by FR6 »

ini ada updatenya lagi gak? lagi haus info soal LMPV nih ehehehe
barne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 04 Jun 2012, 13:35

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by barne »

sepertinya ga jauh2 dari sesama DNGA Raize-Rocky yg di steroid macam Calsig steroid dr agya-ayla ya..
Tinggal apakah engine nya tetap 1.0T atau Toyo-dai ada opsi engine lain? Kl ada 1.2T menarik jg.. apalagi 1.5T..

Ayo teman2 apakah ada info..
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: 3NR-VE + BGU [masih rawat inap]

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by gadjahalphien »

barne wrote: 05 May 2021, 16:38 sepertinya ga jauh2 dari sesama DNGA Raize-Rocky yg di steroid macam Calsig steroid dr agya-ayla ya..
... cut
Kayaknya bukan steroid dari platform yg ada deh om,, mengingat sekarang lagi jamannya DNGA / TNGA, kecil kemungkinan pakai platform basis Ayla-agya ataupun Sigra-calya.
Daily : 65kW 3NR-VE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z | 150kW M271DE
barne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 04 Jun 2012, 13:35

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by barne »

iya bukan dari platform LCGC lama, maksud saya streoid dr DNGA-TNGA nya Raize-Rocky, spt track record sblmnya yg men-steroid Agla jd Calsig..
Engine sptnya 1.5NA+CVT nya sienta-Yaris-Vios jg msh kompetitif utk harga 250-300jt (+varian TSS 330jt) +ngarep hybrid utk harga 380-390jt spy jadi kejutan hybrid termurah under 400jt & pertama di LMPV, spt kejutan raize-rocky TSS pertama di under 300jt, krn di kelas LMPV Xpander-Er3 jg msh 1.5NA 4AT jg.. engine 1.2T or 1.5T disimpan dulu amunisi utk future development.. just my 2cents
ToyoDai harus all out nih & ambil kembali raja LMPV dr Xpander, apalagi Honda sdh kasih teaser N7X..
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Galaxy14 »

Trit ini aktif kalo ada rilisan baru/konsepan baru, baik dari toyodai/lain merk 😂😂
adri31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 24 Feb 2016, 16:01

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by adri31 »

Galaxy14 wrote:Trit ini aktif kalo ada rilisan baru/konsepan baru, baik dari toyodai/lain merk ImageImage
Seperti waktu xpander keluar, rame bener. Masih menunggu review dari member sini.
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Galaxy14 »

adri31 wrote: 06 May 2021, 21:15
Galaxy14 wrote:Trit ini aktif kalo ada rilisan baru/konsepan baru, baik dari toyodai/lain merk ImageImage
Seperti waktu xpander keluar, rame bener. Masih menunggu review dari member sini.
Bukannya disini udah ada reviewnya ya om?
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, Tetapi Bukan Penerus Avanza-Xenia

Post by shortdistance »

Selamat malam dan salam hormat untuk bos t0mc4t, para moderator, dan para penghuni Serayamotor.com. Kali ini saya akan membawakan berita mengenai calon LMPV baru hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu. Selamat membaca dan menikmati.
Beredar Desain Avanza Baru 2022, Ini Kata Toyota
Tim detikcom - detikOto
Jum'at, 28 Mei 2021, 11:58 WIB

Image
All New Avanza, Foto: Instagram @bagasatriakbar

Jakarta - Banyak yang tidak sabar untuk menanti generasi terbaru dari Toyota Avanza. Baru-baru ini render desain Avanza terbaru diunggah oleh pemilik akun Instagram @bagasatriakbar.

Desainer grafis, Bagas memprediksi desain terbaru Avanza mirip seperti Toyota Rush. Terlihat pada bagian belakang lebih tinggi menyerupai desain pada Toyota Rush atau Daihatsu Terios (kode bodi F800). Lalu lekukan sisi samping memperlihatkan layaknya mobil dengan tipe Sport Utility Vehicle (SUV).

"Terlihat seperti Rush karena memang basis render-nya memakai Rush. Saya melihat proporsi bodi All New Avanza ini akan seperti Rush karena infonya akan ada perubahan dimensi yang termasuk cukup banyak," kata Bagas kepada CNBC Indonesia, dikutip Jum'at (28/5/2021).

Lebih lanjut Bagas mengatakan bahwa render tersebut berdasarkan mobil konsep DN Multisix. Seperti diketahui DN Multisix adalah salah satu mobil konsep yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Di GIIAS 2017, mobil konsep DN Multisix dipamerkan tapi sampai saat ini belum diproduksi massal. Daihatsu DN Multisix merupakan mobil MPV yang bisa saja menjadi saudaranya Xenia.

"Gambar di atas adalah render berdasarkan mobil konsep DN Multisix dan siluet yang diduga sebagai generasi baru Avanza Xenia," katanya.

Image
DN Multisix, Foto: Rangga Rahadiansyah

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy enggan berkomentar banyak terkait peluncuran Avanza generasi terbaru dan desain yang beredar di internet tersebut.

"Saya belum bisa berkomentar ya mas soal produk baru. Masih fokus jualan produk yang ada sekarang, apalagi dengan PPnBM insentif," kata Anton saat dihubungi Detik.com, Jum'at (28/5/2021).

Usia Toyota Avanza saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Sementara Avanza generasi kedua (kode bodi F650) yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza (facelift pertama). Pun Avanza kembali disegarkan (facelift kedua) pada 2019 lalu.

Sumber
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by FR6 »

Up, barangkali ada yg punya info tapi gak tau ada trit ini hehe
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by shortdistance »

Selamat pagi dan salam hormat untuk bos t0mc4t, para moderator, dan para penghuni Serayamotor.com. Kali ini saya akan membawakan berita tentang generasi terbaru Perodua Alza. Selamat membaca dan menikmati.
New Perodua Alza D27A expected to launch by end-2021, says vendor ‒ next-gen to have DNGA, turbo?
By Danny Tan │ 27 May 2021, 12:22 pm

Image
Artist’s impression – click to enlarge

The next-generation Perodua Alza has long been rumored to be coming soon, and now a Perodua vendor has said that the new MPV, codenamed D27A, is expected to surface by the end of this year. The company, Sapura Industrial Berhad (SIB), says that it is currently developing parts for the D27A.

“We are currently in the development phase of parts awarded for the Alza replacement model (D27A) expected to be launched by end 2021. We have also been awarded the supply of Case Differential Assembly by Akashi Kikai Industry Malaysia, a tier-1 vendor for Perodua’s transmission module, forecasted for mass production in December 2021,” SIB said in its 2021 annual report.

There you go, the D27A Alza replacement model scheduled for a late 2021 debut. Of course, that might be the initial timeline and the target given by P2 to suppliers, and things might change in the era of Covid-19 and lockdowns, but based on trend, the market leader usually sticks to the masterplan.

Image
Artist’s impression – click to enlarge

The Daihatsu concept cars we saw a couple of years ago are starting to become reality. The DN Trec from the 2017 Tokyo Motor Show has become the production Daihatsu Rocky/Toyota Raize/Perodua Ativa (A200/A250/A270 body code). Next to the DN Trec in Tokyo was the DN Multisix concept, first seen at Indonesia’s GIIAS show earlier that year. We thought then that it previewed the new Daihatsu Xenia/Toyota Avanza.

Perodua’s current Alza (M500 body code), which will be 12 years old later this year, is based on a JDM model, the Daihatsu Boon Luminas a.k.a. Toyota Passo Sette (M500 body code). It’s unique in ASEAN, as the default Toyota/Daihatsu budget MPV for our region is the Avanza (also sold as the Daihatsu Xenia in Indonesia). Things are set to be streamlined, with the Alza joining the fray as a Malaysian version of the regional model. This makes sense for economies of scale.

In late 2019, Perodua was caught testing a Mitsubishi Xpander (NC body code), a Suzuki Ertiga (NC body code) and a suspect-looking “Toyota Avanza” with a Genting Highlands climb. That was when we started speculating that an all-new Alza would share a platform with the next Avanza, as Daihatsu in Indonesia and Perodua in Malaysia are all part of the greater Toyota family. Indeed, Perodua produces certain T-badged models, and the NR engine it produces is supplied to Toyota as well.

Image
Perodua was caught testing a funny-looking Avanza with budget MPV rivals in 2019

It’s pretty much the same arrangement in Indonesia, where Astra Daihatsu Motor (ADM) takes the development lead in joint Daihatsu-Toyota models such as the Ayla-Agya (B100 body code), Sigra-Calya (B400 body code), Terios–Rush and most recently, the Rocky and Raize. ADM also manufactures the Toyota twin models.

Last year, there were reports from Japan saying that the new Avanza will be based on the Daihatsu New Global Architecture (DNGA) platform, and will feature 1.0 liter turbo power as well as a 1.2 liter hybrid option.

DNGA for the next Alza/Avanza fits nicely into the Perodua picture as well – the Rawang-based carmaker has invested heavily into DNGA production for the Ativa, which will surely not be a one-off, but a start of a new era. Ditto the turbo engine. Hybrid? Perodua did tease hybrid tech at KLIMS 2018, so electrification remains a possibility. Perhaps a basic N/A version as well to keep the entry price low for budget family motoring? We’ll see.

Source
All New Perodua Alza Rilis Akhir 2021: Pakai DNGA?
oleh ARDANIEL FACHRULRAZI—29 Juni 2021, 10:00 am

Image

AutonetMagz.com Apakah kalian mengenal nama Perodua Alza? Kalau tidak, kami anggap wajar saja. Pertama, karena mobilnya tidak dijual di Indonesia, dan kedua, karena nama Perodua Alza memang tidak sebeken nama Myvi ataupun Axia yang versi Daihatsu-nya dijual di Indonesia. Perodua Alza adalah versi MPV dari Perodua Myvi alias Daihatsu Sirion, karena keduanya menggunakan platform yang sama. Menggunakan mesin 1.500 cc yang sama dengan old gen Toyota Avanza 1.5 dan Toyota Rush/Daihatsu Terios (3SZ-VE), bisa dikatakan bahwa mobil ini bak Xenia-nya Perodua. Dan kini, Perodua Alza telah berusia 12 tahun, tentunya waktu yang sangat pas untuk mendapatkan generasi terbaru. Mari kita bahas lebih lanjut.

Image

Generasi berikutnya dari Perodua Alza akan segera hadir, dan salah satu vendor Perodua telah mengatakan bahwa MPV dengan kode D27A ini diharapkan muncul pada akhir tahun ini. Sapura Industrial Berhad (SIB), salah satu vendor dari Perodua, mengatakan bahwa saat ini mereka sedang mengembangkan suku cadang untuk generasi terbaru dari Perodua Alza ini. “Saat ini kami sedang dalam tahap pengembangan suku cadang untuk model pengganti Alza (D27A) yang diharapkan akan diluncurkan pada akhir tahun 2021. Kami juga telah diberi pasokan Case Differential Assembly oleh Akashi Kikai Industry Malaysia, vendor tier-1 untuk modul transmisi Perodua, diperkirakan produksi massal pada Desember 2021,” kata SIB dalam Paultan.

Image

Pakai Basis DN-Multisix Concept

Mobil konsep Daihatsu yang kita lihat beberapa tahun lalu itu pada akhirnya menjadi kenyataan. Daihatsu DN Trec dari Tokyo Motor Show 2017 sekarang menjadi produksi massal dari Daihatsu Rocky/Toyota Raize/Perodua Ativa (kode bodi A200/A250/A270). Di sebelah Daihatsu DN Trec di Tokyo terdapat konsep Daihatsu DN Multisix. Menariknya, mobil konsep ini pertama kali terlihat di pameran GIIAS di Indonesia pada tahun 2018. Bahkan, hingga sebelum pemberitaan ini muncul, kami selalu menduga bahwa Daihatsu DN Multisix adalah gambaran dari next gen Daihatsu Xenia – Toyota Avanza. Atau setidaknya duet model baru yang akan mengisi slot kosong untuk MPV berpenggerak roda depan. Namun, munculnya kabar mengenai All New Perodua Alza mengarah pada basis dari Daihatsu DN Multisix. Sementara Perodua Alza (kode bodi M500) yang ada saat ini akan berusia 12 tahun akhir tahun ini. Perodua Alza sendiri memiliki kembaran beberapa model JDM, yaitu Daihatsu Boon Luminas (kode bodi M500) dan Toyota Passo Sette (kode bodi M500).

Image

Sebasis dengan Avanza Generasi Selanjutnya?

Pada akhir 2019, Perodua tertangkap kamera sedang menguji Mitsubishi Xpander (kode bodi NC), Suzuki Ertiga (kode bodi NC), dan “Toyota Avanza” yang tampak berbeda di jalur pendakian Genting Highlands. Kala itu, mulai muncul berspekulasi bahwa Perodua Alza baru akan berbagi platform dengan Toyota Avanza generasi berikutnya, karena Daihatsu di Indonesia dan Perodua di Malaysia adalah bagian dari keluarga besar Toyota. Sama seperti di Indonesia, Perodua dan Toyota juga saling mengisi di pasar Malaysia. Sedangkan di Indonesia, Daihatsu-Toyota memiliki beberapa duet seperti Ayla-Agya (kode bodi B100), Sigra-Calya (kode bodi B400), Terios-Rush dan yang terbaru, Rocky dan Raize. Sebagaimana yang kita tahu, ADM juga memproduksi model kembar Toyota. Tahun lalu, ada laporan dari Jepang yang mengatakan bahwa Toyota Avanza generasi selanjutnya akan dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dan akan mendapatkan mesin turbo 1,0 liter serta opsi hybrid 1,2 liter.

Image

DNGA untuk Perodua Alza/Toyota Avanza generasi berikutnya nampaknya cocok dengan gambaran Perodua. Produsen mobil yang berbasis di Rawang plant ini telah banyak berinvestasi untuk produksi DNGA Perodua Ativa. Tentunya bukan hanya untuk satu itu saja, tetapi awal dari era baru, begitu juga dengan mesin turbonya. Mesin hybrid? Perodua memang memamerkan teknologi hybrid di KLIMS 2018, sehingga elektrifikasi tetap dimungkinkan. Pastinya versi naturally aspirated biasa juga diperlukan untuk menjaga harga agar tidak melambung tinggi, apalagi mengingat segmentasi kelas ini yang menuju ke mid to low. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan di kolom komentar ya.

Sumber
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by shortdistance »

Selamat pagi dan salam hormat untuk bos t0mc4t, para moderator, dan para penghuni Serayamotor.com. Mohon maaf jika saya membuat dua posting-an berturut-turut di thread ini tanpa diselingi posting-an orang lain. Kali ini saya akan membawakan berita tentang Toyota Avanza. Selamat membaca dan menikmati.
All New Avanza Front Wheel Drive Meluncur Tahun Ini?
oleh Suryo Sudjatmiko │ 30 Juni 2021

Image

Toyota Avanza merupakan jagoan tua yang cukup piawai menguasai segmennya. Salah satu resep rahasianya ada pada format penggerak roda belakang yang terbukti cukup ampuh dalam beradaptasi dengan berbagai jenis jalanan yang ada di tanah air.

Namun gelarnya sebagai King Of LMPV Rear Wheel Drive justru akan ditanggalkan. Kian santer terdengar bahwa dalam waktu dekat nanti akan ada perubahan besar-besaran pada layout mobil sejuta umat ini. Kabarnya Avanza akan berubah menjadi kendaraan dengan layout front wheel drive akan hadir pada tahun ini.

“Data yang ada mengatakan bahwa mobil ini nantinya akan hadir sekitar November 2021,” terang salah satu sumber terpercaya OtoDriver saat dihubungi (29/06).

“Khusus untuk Avanza, sepenuhnya akan berganti menjadi kendaraan penggerak roda depan dan menggunakan platform baru yang dikembangkan oleh Daihatsu yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Tapi belum diketahui tipe DNGA yang mana,” sambungnya.

Dengan perubahan ini, maka All New Avanza FWD ini akan memiliki kenyamanan berkendara dan kepraktisan seperti rival-rivalnya yakni Mitsubishi Xpander (kode bodi NC), Nissan Livina (kode bodi NC), Suzuki Ertiga (kode bodi NC), ataupun Honda Mobilio (kode bodi DD4).

Tunggu tanggal mainnya ya.

Sumber
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, Tetapi Bukan Penerus Avanza-Xenia

Post by shortdistance »

Selamat malam dan salam hormat untuk bos t0mc4t, para moderator, dan para penghuni Serayamotor.com. Mohon maaf jika saya membuat tiga posting-an berturut-turut tanpa diselingi posting-an orang lain. Kali ini saya akan membawakan berita mengenai Daihatsu Xenia. Selamat membaca dan menikmati.
Avanza dan Xenia Pisah Ranjang?
oleh Suryo Sudjatmiko │ 2 Juli 2021

Image

Berita tentang kehadiran Toyota Avanza terbaru dengan layout penggerak roda depan semakin santer terdengar. Konon model yang dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini akan menampakkan sosoknya pada November 2021 ini.

Dengan layout baru, artinya Avanza akan meninggalkan ciri khas yang menjadi kekuatan tawarnya saat ini yakni kendaraan penggerak roda belakang. Artinya LMPV ini akan benar-benar setara dengan rival-rivalnya seperti Mitsubishi Xpander (kode bodi NC), Nissan New Livina (kode bodi ND, sekaligus meralat posting-an saya tanggal 1 Juli 2021), Suzuki Ertiga (kode bodi NC), dan Honda Mobilio (kode bodi DD4). Kesemua rivalnya itu adalah mobil berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive).

Lalu bagaimana kisah saudara kembar Avanza yakni Xenia?

Dari informasi yang dapat dihimpun OtoDriver, dikabarkan bahwa Xenia akan menempuh takdirnya sendiri. Xenia akan sama sekali berbeda dengan Avanza. "Nantinya Xenia akan tetap menggunakan layout Rear Wheel Drive (RWD) seperti komposisi saat ini. Itu gelagat yang bisa kami baca saat ini," terang sumber OtoDriver terpercaya.

"Intinya bisa dikatakan bahwa Daihatsu akan menjadi garda terdepan untuk LMPV berpenggerak roda belakang," imbuh seseorang yang enggan disebutkan namanya ini.

"Segmen LMPV ini masih cukup punya ruang potensial di pasar nasional, khususnya untuk di daerah luar kota atau pegunungan," sambungnya. "Wilayah yang sulit disasar mobil dengan penggerak roda depan," cerocosnya.

Segmen LMPV dengan penggerak roda belakang, saat ini hanya diisi oleh Toyota Avanza (kode bodi F650), Daihatsu Xenia (kode bodi F650), dan Wuling Confero.

Apakah benar nantinya Avanza dan Xenia akan pisah ranjang? Kita tunggu saja perkembangannya.

Sumber
adri31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 24 Feb 2016, 16:01

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by adri31 »

analisanya masuk akal, karena sepertinya toyota tidak akan meninggalkan pasar rwd dan sudah memiliki penggemar setia. jadi masuk di 2 pasar sekaligus
1. mempertahankan pasar rwd seperti sekarang. keuntungannya bisa jual xenia dengan fitur seperti avanza
2. masuk pasar fwd, yg sekarang diisi pesaingnya
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

Kabarnya bermesin 1.500 cc 2NR dengan transmisi CVT.
https://otodriver.com/berita/2021/avanz ... vaceigjcvt
Avanza FWD Pakai Girboks CVT

Generasi penerus Toyota Avanza dikabarkan akan berubah menjadi sebuah kendaraan dengan penggerak roda depan alias Front wheel drive (FWD). Kemunculannya diperkirakan masih akan terjadi sekitar November 2021 mendatang.

Berdasarkan bocoran yang ada, model ini akan menggunakan mesin bensin 1.500 cc. Kemungkinan menggendong mesin berkode 2NR-VE seperti yang digunakan pada Avanza model saat ini. Atau bisa juga menggunakan mesin berkode 2NR-FE, mesin yang digunakan oleh Toyota Sienta.

Lalu bagaimana dengan girboks yang akan digunakan?

“Girboks manual 5 speed akan dijejelkan, sedangkan untuk versi otomatik akan mengunakan jenis CVT,” terang salah satu narasumber terpercaya OtoDriver saat dihubungi (06/07).

“Ini bakal jadi yang pertama bagi Avanza dengan girboks CVT,” kekehnya. Sumber yang enggan disebutkan namanya itu menambahkan bahwa kemungkinan sistem ini akan menggunakan peranti yang sama dengan yang digunakan pada Sienta.

Selamat datang di dunia CVT untuk Avanza dan kita tentunya kita tunggu tanggal mainnya.
Kalo belum pada ngeh, mulai Oktober 2021 nanti kan pajak mobil berdasarkan konsumsi BBM, kalo lebih boros dari sekian km/l maka bakal kena pajak lebih gede. Ini jangan-jangan banyak pabrikan berbondong2 pake mesin turbo atau/dan CVT karena didasari struktur pajak baru ini.
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3292
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by erwinign »

adri31 wrote: 06 Jul 2021, 06:59 analisanya masuk akal, karena sepertinya toyota tidak akan meninggalkan pasar rwd dan sudah memiliki penggemar setia. jadi masuk di 2 pasar sekaligus
1. mempertahankan pasar rwd seperti sekarang. keuntungannya bisa jual xenia dengan fitur seperti avanza
2. masuk pasar fwd, yg sekarang diisi pesaingnya
Dr quotation om yg saya bold saya kok nangkepnya lebih dr sudut pandang astra ya om, jadi astra ke depannya penetrate pasar FWD pakai avansa DNGA baru terus pasar RWD yang segmentasinya udah bener2 kuat nancep cep dari 2004 dilimpahin ke xenia DNGA full. Hal demikian juga saya liat di innova yang arahnya bakal FWD-TNGA-hybrid.

Tp kalo avanza xenia dibegituin, rush terios bakal dilebur ke avanza baru ini apa gimana ya? Apa RWD andalan toyota rely ke existing rush ya kemungkinan.
Don't Judge The Book By It's Cover
erwinign
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3292
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by erwinign »

AR93 wrote: 06 Jul 2021, 14:22 Kabarnya bermesin 1.500 cc 2NR dengan transmisi CVT.
https://otodriver.com/berita/2021/avanz ... vaceigjcvt
Avanza FWD Pakai Girboks CVT

Generasi penerus Toyota Avanza dikabarkan akan berubah menjadi sebuah kendaraan dengan penggerak roda depan alias Front wheel drive (FWD). Kemunculannya diperkirakan masih akan terjadi sekitar November 2021 mendatang.

Berdasarkan bocoran yang ada, model ini akan menggunakan mesin bensin 1.500 cc. Kemungkinan menggendong mesin berkode 2NR-VE seperti yang digunakan pada Avanza model saat ini. Atau bisa juga menggunakan mesin berkode 2NR-FE, mesin yang digunakan oleh Toyota Sienta.

Lalu bagaimana dengan girboks yang akan digunakan?

“Girboks manual 5 speed akan dijejelkan, sedangkan untuk versi otomatik akan mengunakan jenis CVT,” terang salah satu narasumber terpercaya OtoDriver saat dihubungi (06/07).

“Ini bakal jadi yang pertama bagi Avanza dengan girboks CVT,” kekehnya. Sumber yang enggan disebutkan namanya itu menambahkan bahwa kemungkinan sistem ini akan menggunakan peranti yang sama dengan yang digunakan pada Sienta.

Selamat datang di dunia CVT untuk Avanza dan kita tentunya kita tunggu tanggal mainnya.
Kalo belum pada ngeh, mulai Oktober 2021 nanti kan pajak mobil berdasarkan konsumsi BBM, kalo lebih boros dari sekian km/l maka bakal kena pajak lebih gede. Ini jangan-jangan banyak pabrikan berbondong2 pake mesin turbo atau/dan CVT karena didasari struktur pajak baru ini.
Bakal kaya sistem di US sama arab ya om berarti, yg di mana bakal ditempel stiker guede di kaca samping/belakang yg nulisin fuelcons itu.

Penasaran eksistensi disel bakal gimana kl pajaknya berdasarkan emisi-fuelcons gini, krn hype disel yg udah banyak penggemarnya jadi lebih banyak lagi gara2 ada 2GD dalem 5th terakhir
Don't Judge The Book By It's Cover
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by shortdistance »

erwinign wrote: 06 Jul 2021, 14:35
adri31 wrote: 06 Jul 2021, 06:59 Analisanya masuk akal, karena sepertinya Toyota tidak akan meninggalkan pasar RWD dan sudah memiliki penggemar setia. Jadi masuk di dua pasar sekaligus:
1. Mempertahankan pasar RWD seperti sekarang. Keuntungannya bisa jual Xenia dengan fitur seperti Avanza.
2. Masuk pasar FWD, yang sekarang diisi pesaingnya.
Dari quotation om yang saya tebalkan saya kok nangkepnya lebih dari sudut pandang Astra ya om, jadi Astra ke depannya penetrate pasar FWD pakai Avansa DNGA baru terus pasar RWD yang segmentasinya udah benar-benar kuat menancap dari 2004 dilimpahkan ke Xenia DNGA 100%. Hal demikian juga saya lihat di Innova yang arahnya bakal FWD-TNGA-hybrid.[/u][/b]

Tetapi kalo Avanza-Xenia dibegitukan, Rush-Terios bakal dilebur ke Avanza baru ini apa bagaimana ya? Apa RWD andalan Toyota rely ke existing Rush ya kemungkinan?
Sepertinya saya memiliki feeling dan pendapat lain mengenai hal ini.

Untuk next generation Daihatsu Xenia RWD, bukankah platform DNGA hanya mendukung FWD dan AWD? Sepertinya jika Daihatsu Xenia dan Toyota Rush/Daihatsu Terios ingin tetap mempertahankan RWD dengan platform baru, hanya ada dua kemungkinan platform yang dipilih, yaitu:
1. TNGA-L narrow version, monokok RWD yang sudah digunakan Toyota Crown (kode bodi S220) {dengan konsekuensi wheelbase berubah menjadi 2870-3125 mm dan lebar keseluruhan menjadi 1800 mm}.
2. TNGA-F, satu-satunya TNGA ladder frame dan sudah digunakan Toyota Land Cruiser (kode bodi J300). Toyota Land Cruiser (kode bodi J300) memiliki wheelbase 2850 mm, lebar keseluruhan 1980-1990 mm, dan berpenggerak four wheel drive.

Untuk next generation Toyota Kijang Innova, sepertinya ada kemungkinan lain. Jika melihat dari artikel ini, platform TNGA-F kemungkinan akan digunakan next generation Toyota Hilux, sedangkan kita tahu selama ini Toyota Kijang Innova adalah turunan dari Toyota Hilux.
Post Reply