Set Kilometer

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ajobalonn3
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Thu Jun 07, 2018 4:03

Re: Set Kilometer

Post by Ajobalonn3 »

Blm ada yg jawab soal oto spector yak??
Itu pas beli di showroom ada bekas cek otospectorkah yang odonya ajaib2 om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Set Kilometer

Post by Pboyz97 »

buzznet wrote: Wed Aug 19, 2020 4:03
Tahun 2014, Tipe V, A/T. Ane di kasih tau dari rekanan ane, ambil V matic diesel udah paling yahud. Ya emang bener sih....

Sentra mobkas dekat kota ane ga ada unit spt itu om
Wah. Yg model dono dong berarti, parah juga ya, odonya puteran gitu. Kebetulan saya juga ngincernya yg V diesel matic karena udah dual airbag dan ABS.

Terus , kalo boleh tau? Kondisi unit pas om awal ngambil seperti apa om? Dari segi bodi, mesin, interior dll, terus apakah ada masalah lain selain odo puteran ini, biar ada gambaran aja hehehe? Kalo om keberatan buat dijawab disini, bisa PM saya saja ya. Terimakasih
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Set Kilometer

Post by maastricht889 »

:big_dunno:
Ajobalonn3 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:06 Blm ada yg jawab soal oto spector yak??
Itu pas beli di showroom ada bekas cek otospectorkah yang odonya ajaib2 om?
Nah ini om, byk showroom yg naruh kertas hasil jasa itu di mobil2 yg dipajang. Lha terus kaya innova yg pasti capeknya dan odo digituin gimana ga sangsi wkwkw
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Set Kilometer

Post by yanuarra »

erwinign wrote: Wed Aug 19, 2020 14:20 :big_dunno:
Ajobalonn3 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:06 Blm ada yg jawab soal oto spector yak??
Itu pas beli di showroom ada bekas cek otospectorkah yang odonya ajaib2 om?
Nah ini om, byk showroom yg naruh kertas hasil jasa itu di mobil2 yg dipajang. Lha terus kaya innova yg pasti capeknya dan odo digituin gimana ga sangsi wkwkw
Padahal pernah ane make jasa oto itu sekali waktu nyariin mobil buat bokap. Hasilnya bagus bisa detek mobil bekas insiden. Bisa detek cat nggk ori di bbrp titik. Dia kasih grade C pdhl mobil masih berumur satu tahun. Overall puas akhirnya nggk jd ngambil itu unit...

Nah klo di showroom mobkas, checking si oto ini before apa after puter2 odo nggk tau deh... Klo before puter2 sih bisa ngerugiin si oto itu ya :big_dunno:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Set Kilometer

Post by pengendiesel »

buzznet wrote: Fri Aug 14, 2020 4:13 Halo, selamat siang suhu-suhu semua. Mau tanya nih di sini apa ada rekanan yang bisa set kilometer? Jadi begini ceritanya...

Saya baru dapat unit bekas innova di angka 80rb+ km. Tapi setelah saya cek di bengkel resmi, ternyata sudah pernah servis di angka 120rb+ km. Maksud saya ingin mengembalikan kilometer mobil tsb ke perkiraan kilometer asalnya.

Mohon info dan sarannya ya. Terima kasih 🙏
Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Set Kilometer

Post by bfront »

pengendiesel wrote: Thu Aug 20, 2020 0:41
Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.
ini bisa jadi bener sih.

contohnya mobil adik saya yang kebanyakan nongkrong di garasi jarang dipake, tapi rajin service rutin di beres.
bulan kemarin baru service 50rb km di beres, padahal pemakaian asli malah tertulis di odo belum sampai 30rb km.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Set Kilometer

Post by maastricht889 »

bfront wrote: Thu Aug 20, 2020 1:55
pengendiesel wrote: Thu Aug 20, 2020 0:41
Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.
ini bisa jadi bener sih.

contohnya mobil adik saya yang kebanyakan nongkrong di garasi jarang dipake, tapi rajin service rutin di beres.
bulan kemarin baru service 50rb km di beres, padahal pemakaian asli malah tertulis di odo belum sampai 30rb km.
Saya br kepikiran ini juga om, om TS bilang udah pernah servis 120rb km itu artinya ikut paketan servis 120rb ato di kolom buku servis 120rb kecatet km nya udah 120rb lebih wkt servis?

Krn kemarin mazda 2 saya servis di km 20rb aja dimasukin ke paket 70rb km
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Set Kilometer

Post by maastricht889 »

Pboyz97 wrote: Wed Aug 19, 2020 14:09
buzznet wrote: Wed Aug 19, 2020 4:03
Tahun 2014, Tipe V, A/T. Ane di kasih tau dari rekanan ane, ambil V matic diesel udah paling yahud. Ya emang bener sih....

Sentra mobkas dekat kota ane ga ada unit spt itu om
Wah. Yg model dono dong berarti, parah juga ya, odonya puteran gitu. Kebetulan saya juga ngincernya yg V diesel matic karena udah dual airbag dan ABS.

Terus , kalo boleh tau? Kondisi unit pas om awal ngambil seperti apa om? Dari segi bodi, mesin, interior dll, terus apakah ada masalah lain selain odo puteran ini, biar ada gambaran aja hehehe? Kalo om keberatan buat dijawab disini, bisa PM saya saja ya. Terimakasih
Soal odo mah emang udah begitu om keadaannya, dan kl udah di showroom itu apa aja bs terjadi (sulapan semua) kaya kulit setir direpaint lagi, pad pedal gas beli baru biar kondisi fisik dan kilometer meyakinkan. Makanya tricky jg bs dibilang apalg cari model kaya innova DIESEL yg rata2 jd workhorse ownernya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Set Kilometer

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Aug 20, 2020 2:09
Pboyz97 wrote: Wed Aug 19, 2020 14:09
buzznet wrote: Wed Aug 19, 2020 4:03
Tahun 2014, Tipe V, A/T. Ane di kasih tau dari rekanan ane, ambil V matic diesel udah paling yahud. Ya emang bener sih....

Sentra mobkas dekat kota ane ga ada unit spt itu om
Wah. Yg model dono dong berarti, parah juga ya, odonya puteran gitu. Kebetulan saya juga ngincernya yg V diesel matic karena udah dual airbag dan ABS.

Terus , kalo boleh tau? Kondisi unit pas om awal ngambil seperti apa om? Dari segi bodi, mesin, interior dll, terus apakah ada masalah lain selain odo puteran ini, biar ada gambaran aja hehehe? Kalo om keberatan buat dijawab disini, bisa PM saya saja ya. Terimakasih
Soal odo mah emang udah begitu om keadaannya, dan kl udah di showroom itu apa aja bs terjadi (sulapan semua) kaya kulit setir direpaint lagi, pad pedal gas beli baru biar kondisi fisik dan kilometer meyakinkan. Makanya tricky jg bs dibilang apalg cari model kaya innova DIESEL yg rata2 jd workhorse ownernya
Sejago2 dan seniat2 nya showroom tetep ad beberapa item yg ketauan om kl mobil ud cape

Contoh gampang, kl odo masi d bawah 50 rebu, biasanya parts2 ini masi ori
- kampas rem depan
- baut2 kaki2 masi blom perna d kutak katik
- kursi belum ambles
- belt mesin masi bagus, tulisan2 nya masi jelas
- setir (yg bahan PU) masi belom mengkilap dan belom alus
- karet2 bushing kaki2 depan, mounting2 link stabilizer belom retak atau mendem
- karet2 pintu2 masi perfect pake banget, ga ad yg retak sobek atau mendem
- pintu pengemudi bunyi d buka tutup nya masi sama persis ama pintu penumpang depan (dgn catatan bukan bekas nabrak)

Nah itu item2 yg ga bakal d akalin ama showroom

Well, sejauh ini saya nangkep mobil2 odo ajaib sehh, stidaknya item2 d atas mreka pasti miss, karena ga mungkin jg mreka seniat itu

Tp kl ban, aki, pad pedal rem, bahkan shift knob dganti sehh ud beberapa saya temuin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Set Kilometer

Post by bangrosi »

pengendiesel wrote:
buzznet wrote: Fri Aug 14, 2020 4:13 Halo, selamat siang suhu-suhu semua. Mau tanya nih di sini apa ada rekanan yang bisa set kilometer? Jadi begini ceritanya...

Saya baru dapat unit bekas innova di angka 80rb+ km. Tapi setelah saya cek di bengkel resmi, ternyata sudah pernah servis di angka 120rb+ km. Maksud saya ingin mengembalikan kilometer mobil tsb ke perkiraan kilometer asalnya.

Mohon info dan sarannya ya. Terima kasih [emoji120]
Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.
Tapi kan odometer aslinya di catat sama bengkel resmi dan masuk database, misal ikut paket service 20rb km ternyata mobilnya baru jalan 7rb km.

Kalo beli mobil second selain patokan odometer perhatiin
-Jok
-Door trim
-Stir

itu komponen yakin 90 persen gk mungkin di ganti kecuali pernah insiden. Jok terutama bagian supir kalo udh agak kempes busanya pasti KM tinggi diatas 100rb lbh.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Set Kilometer

Post by black2345 »

erwinign wrote: Sun Aug 16, 2020 5:09
Innova itu asal rawatan bener dan pake wajar mau udah jalan 200rb km aja naikan masih kerasa kaya baru kok om. Beda kaya apanza/ertiga dg km sama udah beda banget rasanya, at least glodak2 sama rattling cenderung ada. Istimewa memang resepnya toyota dr jaman 2003
Ertiga kalau rawatan bener juga enak-enak aja om, dulu ane pake erti gen 1 beli pertengahan 2012, dipake sampe pertengahan 2019, odo terakhir 140rb sekian km.. nggak ada glodak2 & rattling..
Rawatan selalu di beres, ngikutin buku manual yang ada, satu2nya yang nggak rawatan beres cuman racksteer, karena uda klaim & diganti 2x masih muncul masalah yang sama, akhirnya ke bengkel langganan & problem solved..

Sebagai perbandingan bokap pakai ipah 2011 g at bensin, rawatan juga full di beres dari baru sampe dijual akhir 2019 lalu di odo 130rb an.. so far menurut ane selama dirawat di beres & ga nunda parts yang kudu diganti bakal enak aja naikannya..

Cumaannn.. mobil operasional di kantor pake veloz 2017, meskipun service rutin di beres tapi masih ada aja rattling, apa karena dirawat apa adanya sama supir ya? :big_think:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Set Kilometer

Post by ginting »

bangrosi wrote: Fri Aug 21, 2020 18:01
pengendiesel wrote:
buzznet wrote: Fri Aug 14, 2020 4:13 Halo, selamat siang suhu-suhu semua. Mau tanya nih di sini apa ada rekanan yang bisa set kilometer? Jadi begini ceritanya...

Saya baru dapat unit bekas innova di angka 80rb+ km. Tapi setelah saya cek di bengkel resmi, ternyata sudah pernah servis di angka 120rb+ km. Maksud saya ingin mengembalikan kilometer mobil tsb ke perkiraan kilometer asalnya.

Mohon info dan sarannya ya. Terima kasih [emoji120]
Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.

Tapi kan odometer aslinya di catat sama bengkel resmi dan masuk database, misal ikut paket service 20rb km ternyata mobilnya baru jalan 7rb km.

Kalo beli mobil second selain patokan odometer perhatiin
-Jok
-Door trim
-Stir

itu komponen yakin 90 persen gk mungkin di ganti kecuali pernah insiden. Jok terutama bagian supir kalo udh agak kempes busanya pasti KM tinggi diatas 100rb lbh.
Ya, regardless type paket service yg diambil, odo asli pasti dicatat. salah satunya adalah menentukan garansi pekerjaan atau parts (supaya tau starting point buat ngitungnya...misalnya ada garansi jasa seminggu atau 500 km, maka dia must nyatat odonya)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Set Kilometer

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Thu Aug 20, 2020 2:09

Soal odo mah emang udah begitu om keadaannya, dan kl udah di showroom itu apa aja bs terjadi (sulapan semua) kaya kulit setir direpaint lagi, pad pedal gas beli baru biar kondisi fisik dan kilometer meyakinkan. Makanya tricky jg bs dibilang apalg cari model kaya innova DIESEL yg rata2 jd workhorse ownernya
iya sih, kalo showroom biarpun gak semua pasti ada aja yg sulapan. kalo innova diesel sih emg gak heran, jadi mobil daily, sehingga rata2 odonya udah tinggi hehehe
DOHC wrote: Thu Aug 20, 2020 3:23
Sejago2 dan seniat2 nya showroom tetep ad beberapa item yg ketauan om kl mobil ud cape

Contoh gampang, kl odo masi d bawah 50 rebu, biasanya parts2 ini masi ori
- kampas rem depan
- baut2 kaki2 masi blom perna d kutak katik
- kursi belum ambles
- belt mesin masi bagus, tulisan2 nya masi jelas
- setir (yg bahan PU) masi belom mengkilap dan belom alus
- karet2 bushing kaki2 depan, mounting2 link stabilizer belom retak atau mendem
- karet2 pintu2 masi perfect pake banget, ga ad yg retak sobek atau mendem
- pintu pengemudi bunyi d buka tutup nya masi sama persis ama pintu penumpang depan (dgn catatan bukan bekas nabrak)

Nah itu item2 yg ga bakal d akalin ama showroom

Well, sejauh ini saya nangkep mobil2 odo ajaib sehh, stidaknya item2 d atas mreka pasti miss, karena ga mungkin jg mreka seniat itu

Tp kl ban, aki, pad pedal rem, bahkan shift knob dganti sehh ud beberapa saya temuin
thanks infonya om. sangat bermanfaat buat org yg awam mobekas seperti saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Set Kilometer

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Thu Aug 20, 2020 3:23
erwinign wrote: Thu Aug 20, 2020 2:09
Pboyz97 wrote: Wed Aug 19, 2020 14:09

Wah. Yg model dono dong berarti, parah juga ya, odonya puteran gitu. Kebetulan saya juga ngincernya yg V diesel matic karena udah dual airbag dan ABS.

Terus , kalo boleh tau? Kondisi unit pas om awal ngambil seperti apa om? Dari segi bodi, mesin, interior dll, terus apakah ada masalah lain selain odo puteran ini, biar ada gambaran aja hehehe? Kalo om keberatan buat dijawab disini, bisa PM saya saja ya. Terimakasih
Soal odo mah emang udah begitu om keadaannya, dan kl udah di showroom itu apa aja bs terjadi (sulapan semua) kaya kulit setir direpaint lagi, pad pedal gas beli baru biar kondisi fisik dan kilometer meyakinkan. Makanya tricky jg bs dibilang apalg cari model kaya innova DIESEL yg rata2 jd workhorse ownernya
Sejago2 dan seniat2 nya showroom tetep ad beberapa item yg ketauan om kl mobil ud cape

Contoh gampang, kl odo masi d bawah 50 rebu, biasanya parts2 ini masi ori
- kampas rem depan
- baut2 kaki2 masi blom perna d kutak katik
- kursi belum ambles
- belt mesin masi bagus, tulisan2 nya masi jelas
- setir (yg bahan PU) masi belom mengkilap dan belom alus
- karet2 bushing kaki2 depan, mounting2 link stabilizer belom retak atau mendem
- karet2 pintu2 masi perfect pake banget, ga ad yg retak sobek atau mendem
- pintu pengemudi bunyi d buka tutup nya masi sama persis ama pintu penumpang depan (dgn catatan bukan bekas nabrak)

Nah itu item2 yg ga bakal d akalin ama showroom

Well, sejauh ini saya nangkep mobil2 odo ajaib sehh, stidaknya item2 d atas mreka pasti miss, karena ga mungkin jg mreka seniat itu

Tp kl ban, aki, pad pedal rem, bahkan shift knob dganti sehh ud beberapa saya temuin
Om, saya kl liat mobil seken masih cukup rancu kalo joknya kulit asli bawaan sama setirnya udah wrap kulit asli. Krn yg saya temuin mulai km 20rb an keatas pemakaian, sering itu kulit di setirnya udah mengkilat2 kaya 40rb keatas. Ceknya gmn ya kalo stir udah wrap kulit?
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Set Kilometer

Post by ransyah1234 »

MSU wrote: Wed Aug 19, 2020 4:30 heran koq penjual2 itu pada demen mundurin odometer ya...apa ga takut dosa..lagian gampang banget di cek kalo sebelumnya servis ke beres.
terakhir sy beli mobil odo 190rb km...cuma berhubung terawat & kondisi ok ya gpp...sampe sekarang udah 300rb km di tangan sy
saya pernah jual mobil ke suatu showroom
sangat sopan ramah tamah
semingguan setelahnya iseng cek, muncul di olx, km lebih sedikit

ahahahahaha...
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Set Kilometer

Post by IGedeAmat »

ransyah1234 wrote: Thu Aug 27, 2020 9:10
MSU wrote: Wed Aug 19, 2020 4:30 heran koq penjual2 itu pada demen mundurin odometer ya...apa ga takut dosa..lagian gampang banget di cek kalo sebelumnya servis ke beres.
terakhir sy beli mobil odo 190rb km...cuma berhubung terawat & kondisi ok ya gpp...sampe sekarang udah 300rb km di tangan sy
saya pernah jual mobil ke suatu showroom
sangat sopan ramah tamah
semingguan setelahnya iseng cek, muncul di olx, km lebih sedikit

ahahahahaha...
Mungkin dari rumah om ke showroom, tuh mobil dijalanin mundur om,
makanya odometernya juga jadi mundur...
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Set Kilometer

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Aug 27, 2020 8:51
DOHC wrote: Thu Aug 20, 2020 3:23
erwinign wrote: Thu Aug 20, 2020 2:09

Soal odo mah emang udah begitu om keadaannya, dan kl udah di showroom itu apa aja bs terjadi (sulapan semua) kaya kulit setir direpaint lagi, pad pedal gas beli baru biar kondisi fisik dan kilometer meyakinkan. Makanya tricky jg bs dibilang apalg cari model kaya innova DIESEL yg rata2 jd workhorse ownernya
Sejago2 dan seniat2 nya showroom tetep ad beberapa item yg ketauan om kl mobil ud cape

Contoh gampang, kl odo masi d bawah 50 rebu, biasanya parts2 ini masi ori
- kampas rem depan
- baut2 kaki2 masi blom perna d kutak katik
- kursi belum ambles
- belt mesin masi bagus, tulisan2 nya masi jelas
- setir (yg bahan PU) masi belom mengkilap dan belom alus
- karet2 bushing kaki2 depan, mounting2 link stabilizer belom retak atau mendem
- karet2 pintu2 masi perfect pake banget, ga ad yg retak sobek atau mendem
- pintu pengemudi bunyi d buka tutup nya masi sama persis ama pintu penumpang depan (dgn catatan bukan bekas nabrak)

Nah itu item2 yg ga bakal d akalin ama showroom

Well, sejauh ini saya nangkep mobil2 odo ajaib sehh, stidaknya item2 d atas mreka pasti miss, karena ga mungkin jg mreka seniat itu

Tp kl ban, aki, pad pedal rem, bahkan shift knob dganti sehh ud beberapa saya temuin
Om, saya kl liat mobil seken masih cukup rancu kalo joknya kulit asli bawaan sama setirnya udah wrap kulit asli. Krn yg saya temuin mulai km 20rb an keatas pemakaian, sering itu kulit di setirnya udah mengkilat2 kaya 40rb keatas. Ceknya gmn ya kalo stir udah wrap kulit?
Mengkilat sehh masi gapapa, setir2 toyota akhir2 ini saya perhatikan jg gampang mengkilat

Yg obvious itu kl ampe alus om.. motif kulit jeruk nya kl diperhatiin, daerah2 yg sering kepegang pasti lebi alus ampe botak

Kl kulit wahh susah sehh ini.. setir kulit ipah jadul saya, odo 60 rebu aj ud mrotol2, pas 150an rebu ud musti retrim ulang

Perna jg liat setir kulit biem tua, cuman mengkilap doank tp ga ad mrotol2 nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Set Kilometer

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Thu Aug 27, 2020 9:54
erwinign wrote: Thu Aug 27, 2020 8:51
DOHC wrote: Thu Aug 20, 2020 3:23

Sejago2 dan seniat2 nya showroom tetep ad beberapa item yg ketauan om kl mobil ud cape

Contoh gampang, kl odo masi d bawah 50 rebu, biasanya parts2 ini masi ori
- kampas rem depan
- baut2 kaki2 masi blom perna d kutak katik
- kursi belum ambles
- belt mesin masi bagus, tulisan2 nya masi jelas
- setir (yg bahan PU) masi belom mengkilap dan belom alus
- karet2 bushing kaki2 depan, mounting2 link stabilizer belom retak atau mendem
- karet2 pintu2 masi perfect pake banget, ga ad yg retak sobek atau mendem
- pintu pengemudi bunyi d buka tutup nya masi sama persis ama pintu penumpang depan (dgn catatan bukan bekas nabrak)

Nah itu item2 yg ga bakal d akalin ama showroom

Well, sejauh ini saya nangkep mobil2 odo ajaib sehh, stidaknya item2 d atas mreka pasti miss, karena ga mungkin jg mreka seniat itu

Tp kl ban, aki, pad pedal rem, bahkan shift knob dganti sehh ud beberapa saya temuin
Om, saya kl liat mobil seken masih cukup rancu kalo joknya kulit asli bawaan sama setirnya udah wrap kulit asli. Krn yg saya temuin mulai km 20rb an keatas pemakaian, sering itu kulit di setirnya udah mengkilat2 kaya 40rb keatas. Ceknya gmn ya kalo stir udah wrap kulit?
Mengkilat sehh masi gapapa, setir2 toyota akhir2 ini saya perhatikan jg gampang mengkilat

Yg obvious itu kl ampe alus om.. motif kulit jeruk nya kl diperhatiin, daerah2 yg sering kepegang pasti lebi alus ampe botak

Kl kulit wahh susah sehh ini.. setir kulit ipah jadul saya, odo 60 rebu aj ud mrotol2, pas 150an rebu ud musti retrim ulang

Perna jg liat setir kulit biem tua, cuman mengkilap doank tp ga ad mrotol2 nya
Ohiya, soal teksturnya itu sepengalaman sy juga rancu oom. Contoh CRV RE yg 2.4, itu preFL sama FL material kulit di setirnya beda. PreFL teksturnya kulit jeruk banget, ini ngetracenya keliatan kan botak apa enggak. Tp yg FL ini rada rancu kaya punya saya, krn teksturnya cenderung leather yg ga gitu kulit jeruk kaya mazda skyactiv genk/CRV RM/accord CR2.

Kl GNKI V sama fortuner lama sekilas sy liat kl dah jalan banyak di bagian jam 3 sama 9 biasa warnanya mulai ilang jd item. Yg parah itu ANKI-ANF, saking materialnya jelek kaya punya sodara saya (Q diesel 2016, km 30rb an) udah mrotol2 gede kulitnya. Selain itu kaya jazz GK mulai 20rb an keatas biasa mulai muncul daki putih2/jamur di sekitar lingkar jam 12
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Set Kilometer

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Aug 27, 2020 10:08
DOHC wrote: Thu Aug 27, 2020 9:54
erwinign wrote: Thu Aug 27, 2020 8:51

Om, saya kl liat mobil seken masih cukup rancu kalo joknya kulit asli bawaan sama setirnya udah wrap kulit asli. Krn yg saya temuin mulai km 20rb an keatas pemakaian, sering itu kulit di setirnya udah mengkilat2 kaya 40rb keatas. Ceknya gmn ya kalo stir udah wrap kulit?
Mengkilat sehh masi gapapa, setir2 toyota akhir2 ini saya perhatikan jg gampang mengkilat

Yg obvious itu kl ampe alus om.. motif kulit jeruk nya kl diperhatiin, daerah2 yg sering kepegang pasti lebi alus ampe botak

Kl kulit wahh susah sehh ini.. setir kulit ipah jadul saya, odo 60 rebu aj ud mrotol2, pas 150an rebu ud musti retrim ulang

Perna jg liat setir kulit biem tua, cuman mengkilap doank tp ga ad mrotol2 nya
Ohiya, soal teksturnya itu sepengalaman sy juga rancu oom. Contoh CRV RE yg 2.4, itu preFL sama FL material kulit di setirnya beda. PreFL teksturnya kulit jeruk banget, ini ngetracenya keliatan kan botak apa enggak. Tp yg FL ini rada rancu kaya punya saya, krn teksturnya cenderung leather yg ga gitu kulit jeruk kaya mazda skyactiv genk/CRV RM/accord CR2.

Kl GNKI V sama fortuner lama sekilas sy liat kl dah jalan banyak di bagian jam 3 sama 9 biasa warnanya mulai ilang jd item. Yg parah itu ANKI-ANF, saking materialnya jelek kaya punya sodara saya (Q diesel 2016, km 30rb an) udah mrotol2 gede kulitnya. Selain itu kaya jazz GK mulai 20rb an keatas biasa mulai muncul daki putih2/jamur di sekitar lingkar jam 12
Makanya d atas saya ad sebut poin2 laen jg om, krn setir kan banyak macem jg

Ad lg setir2 honda jaman Ge8 yg model palang 3, itu haram kena jemur lama2, biar kata odo rendah jg bsa rontok sendiri lapisan kulit jeruk nya

Nahh kl kaya bushing2 karet, busa kursi, karet pintu, engsel pintu.. nahh ini yg pedege mobkas bandel rada sulit mo ngakalin nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
buzznet
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Oct 24, 2017 6:46
Location: Bogor

Re: Set Kilometer

Post by buzznet »

Maaf ya semuanya, baru sempet aktif lagi buka ini forum...
Case clear ya gaes, akhirnya kilometer di set kembali ke yang normalnya...
Image
MSU wrote: Wed Aug 19, 2020 4:30 heran koq penjual2 itu pada demen mundurin odometer ya...apa ga takut dosa..lagian gampang banget di cek kalo sebelumnya servis ke beres.
terakhir sy beli mobil odo 190rb km...cuma berhubung terawat & kondisi ok ya gpp...sampe sekarang udah 300rb km di tangan sy
menaikan harga kendaraannya om, kesannya kalo kilometer pendek kan mobil jarang dipake, buyer juga jadi punya pikiran mobil jarang dipake berarti minim trouble.
Ajobalonn3 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:06 Blm ada yg jawab soal oto spector yak??
Itu pas beli di showroom ada bekas cek otospectorkah yang odonya ajaib2 om?
Ane pernah cek unit di daerah bsd, unitnya di 60k++ km. ada tulisan lulus uji otospektor, pas ane coba mobilnya lari kiri parah, ban semua belang, perintilan chrome2 di belakang posisinya miring2 dikit. Unit yang ane dapet di Plat H hu, otospektor engga masuk :big_childish:
Pboyz97 wrote: Wed Aug 19, 2020 14:09 Wah. Yg model dono dong berarti, parah juga ya, odonya puteran gitu. Kebetulan saya juga ngincernya yg V diesel matic karena udah dual airbag dan ABS.

Terus , kalo boleh tau? Kondisi unit pas om awal ngambil seperti apa om? Dari segi bodi, mesin, interior dll, terus apakah ada masalah lain selain odo puteran ini, biar ada gambaran aja hehehe? Kalo om keberatan buat dijawab disini, bisa PM saya saja ya. Terimakasih
Yes, yang grillnya model dono/ barong. Kondisi unitnya mulus om, cat2 nya masih bagus, ga ada baret, ga ada penyok, ga bisa boong sih ada bekas dempulan. Interior menurut ane juga masih bagus, Ga ada bau apek bekas banjir, ga ada bekas bau rokok, plafon masih bersih, jok blu dru nya juga bersih, plastik-2 doortrim juga bagus, cuma bagian steering wheel aja keliatan bekas retrim kulit. Elektrikal semuanya oke, ga ada masalah. Mesin masih halus, di bejek dalem asepnya ga terlalu pekat item, dan ga ada warna putih juga. Dibawa ke beres troublenya cm Fan Belt, Aki udah mau tekor, sama ball joint kiri atas yang sedikit oblak. Kondisi ban semuanya 1 merek, 1 tipe, BS B390, cuma kode produksinya belang semua, Ban serep juga BS B390 tapi sidewall nya udah bunting.
pengendiesel wrote: Thu Aug 20, 2020 0:41 Ada kemungkinan mobil tsb memang betul odonya 80rb km om.
Di beres sih tiap servis 6 bulan, selalu 'digandengkan' dengan judul odo kelipatan 10rb km, meskipun odonya belum mencapai 10rb km.
Misal mobil servis 1 tahun setelah dibeli, dikasih judulnya servis 20rb km, meskipun misal mobil tsb baru jalan 5rb km.
Kemungkinan besar engga sih om, kalau pun case kayak om, pasti di invoice service nya ditulis kilometer masuknya berapa. Misal mobil udah jadwal service 20K, tapi kilometer masih 10K, pasti di invoice ditulisnya service 20K, tapi dikolom KM masuk pasti di tulis di 10K. (CMIIW). Nah kasus ipah ane, waktu itu ane telepon beres a2k, dia ngasih tau bahwa mobil ane terakhir service di a2k BSD, tanggal xx-xx-xxxx, kilometer 122xxx sekian sekian sekian, sampe 3 digit belakangnya di sebut.
erwinign wrote: Thu Aug 20, 2020 2:05 Saya br kepikiran ini juga om, om TS bilang udah pernah servis 120rb km itu artinya ikut paketan servis 120rb ato di kolom buku servis 120rb kecatet km nya udah 120rb lebih wkt servis?

Krn kemarin mazda 2 saya servis di km 20rb aja dimasukin ke paket 70rb km
Udah dijelasin diatas ya om.
buzznet
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Oct 24, 2017 6:46
Location: Bogor

Re: Set Kilometer

Post by buzznet »

Image
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Set Kilometer

Post by Pboyz97 »

buzznet wrote: Sun Aug 30, 2020 13:01
Yes, yang grillnya model dono/ barong. Kondisi unitnya mulus om, cat2 nya masih bagus, ga ada baret, ga ada penyok, ga bisa boong sih ada bekas dempulan. Interior menurut ane juga masih bagus, Ga ada bau apek bekas banjir, ga ada bekas bau rokok, plafon masih bersih, jok blu dru nya juga bersih, plastik-2 doortrim juga bagus, cuma bagian steering wheel aja keliatan bekas retrim kulit. Elektrikal semuanya oke, ga ada masalah. Mesin masih halus, di bejek dalem asepnya ga terlalu pekat item, dan ga ada warna putih juga. Dibawa ke beres troublenya cm Fan Belt, Aki udah mau tekor, sama ball joint kiri atas yang sedikit oblak. Kondisi ban semuanya 1 merek, 1 tipe, BS B390, cuma kode produksinya belang semua, Ban serep juga BS B390 tapi sidewall nya udah bunting.
Oalah, not bad sih kondisinya, kecuali cat yg ada bekas dempul . Perbaikannya jg Cukup wajar sih buat mobil yg udh berumur 6 tahun, cuma dijadiin pelajaran aja biar om lebih teliti lagi dalam memilih mobil bekas kedepannya. Semoga innova nya awet ya sampe dijual nanti hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Set Kilometer

Post by Pboyz97 »

MSU wrote: Wed Aug 19, 2020 4:30 heran koq penjual2 itu pada demen mundurin odometer ya...apa ga takut dosa..lagian gampang banget di cek kalo sebelumnya servis ke beres.
terakhir sy beli mobil odo 190rb km...cuma berhubung terawat & kondisi ok ya gpp...sampe sekarang udah 300rb km di tangan sy
ini saya bantu jawab ya. gak semua orang punya pikiran seperti om, mayoritas pembeli mobil di indo, berpikirnya km tinggi = mobil capek alias bakal banyak jajan, sehingga pada parno, padahal buat saya kondisi dan perawatan nomor 1 , mending beli km tinggi tapi terawat dan kondisi oke, daripada km rendah tapi gak terawat dan kondisi kurang bagus . sayangnya masih banyak org , terutama yg awam mobil blm paham akan hal tersebut, berpikirnya mobil km rendah = mobil yg jarang pake sehingga kesannya terawat dan jarang jajan. Hal ini yang menyebabkan mobil kilometer tinggi gak laku, sehingga banyak penjual (walaupun gak semuanya) mencari akal biar barang dagangannya cepet laku, salah satunya dengan mundurin odometer , karena kalau mobil kilometer rendah, kesannya jarang pakai, jarang jajan dan kondisinya lebih oke, padahal kilometer bukan penentu segalanya, kembali lagi ke kondisi fisik dan perawatan.

dan soal poin yg saya bold, masih banyak org yg blm paham akan hal tersebut, maunya beli mobil langsung pake, tanpa melihat kondisi mobil tersebut secara jeli dan telaten, terutama di daerah, masih ada beberapa ATPM yg sistem beresnya blm integrated (lewat apps misalkan) , jadi data antara beres satu dengan beres lainnya bisa beda, sehingga menyulitkan pembeli untuk melacak history service mobil tersebut. sehingga memilih untuk membeli mobil tersebut dengan embel2 kilometer rendah, dan kondisi exterior mulus karena menurut mereka melacak history service sblmnya ke beres, apalagi yg datanya gak integrated antara beres 1 dengan yg lain cukup menyulitkan untuk mereka
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Set Kilometer

Post by Pboyz97 »

Ijin up thread lama ya
Saya juga pernah mengalami pengalaman buruk dalam membeli mobil bekas
Krolologinya , saat bapak saya ingin mencari mobil 7 seater yang gampang dijual , karena makenya gk lama (paling lama jg 2 tahun) , bandel, partnya murah dan gampang untuk menggantikan xpander ultimate 2017 saya, turun kelas gak masalah , karena dirumah sudah ada CRV Turbo prestige dan CX5 Elite untuk weekend. Kandidatnya ada GNKI Dono diesel at 2014-2015, ANKI G diesel AT 2016-2017 , ANA G MT 2014-2015 dan GNA G MT 2016-2017. Setelah diskusi, GNKI dan ANKI terpaksa dicoret, karena kalo GNKI mepet budget, dan ANKI overbudget. Jadi diputuskan, mobil yang akan dibeli adalah toyota avanza bertransmisi manual. Kenapa pilih manual? Karena bapak saya ingin belajar manual lagi, setelah lebih dari 10 tahun vakum dari mobil manual, mobil manual yg keluarga saya punya terakhir adalah civic ferio fl yang sudah dijual tahun 2005 lalu, dan setelah itu keluarga saya selalu memakai mobil matic hingga saat ini, dan naikkan avanza manual lebih enak dibanding yg matic menurut saya. Dan , akhirnya, diputuskan lah untuk memboyong ANA tipe G bertransmisi manual, tahun 2014-2015, cuma kalo bisa yg 2015 aja karena paling muda tahunnya untuk ukuran ANA, dengan kriteria, budget max 110 jt, nama pt atau pribadi gamasalah asal kondisi bagus dan surat2 lengkap , sekaligus, menjadi mobil bekas pertama dikeluarga saya, karena to be honest, keluarga saya selalu membeli mobil kondisi brand new dari dulu - sekarang hehehe.

Pencarian pun dimulai , lebih dari 10 mobil saya datangi, cuma blm nemu yg harga dan kondisinya sesuai , ada yg memang barangnya kurang seger, keduluan orang, bekas tabrakan, bekas banjir, harga gak cocok, dsb. Hingga akhirnya, setelah pencarian mobil ke 11 apa 12 gitu saya lupa dan perburuan selama kurang lebih 3 bulan, pada pertengahan oktober lalu didapat lah 1 unit ANA G manual 2015 dari seseorang pemakai langsung di daerah tanggerang, Banten dari salah satu FJB terkenal di Indonesia . Kondisi dari foto, bodi mulus, minus interior yg perlu poles aja dengan km sekitar 78rb . Akhirnya keesokan harinya, saya dan bapak saya, dibantu dengan teman bapak saya yg ngerti mobil + montir saya (karena kebetulan saya punya bengkel sendiri) berangkat ke lokasi. Dan mobil diketahui masih atas nama PT tangan pertama berdasarkan STNK dan BPKB nya, tapi si owner sebelumnya adalah tangan ke 2, karena beliau membeli dari showroom apa lelangan pt gitu pada awal 2020 lalu, sehingga saya adalah tangan ke 3 nya. Kondisi awal mobil adalah sebagai berikut.
Plusnya
- Bodi masih lempeng, no dempul
- Apron aman, bebas dari indikasi tabrak depan
- Headlamp dan foglamp mulus seperti baru dan kondisi hidup semua
- Tulangan, dan karet pintu aman dari indikasi tabrak samping dan belakang
- interior masih full ori dan
- mesin kering , no rembes, dan suaranya masih halus
- kaki2 jg senyap serta ac dingin
- pas di test drive, naikkan masih enak dan gaada gejala yg aneh2 seperti bunyi2 di dasbor atau bagian kaki2
- buku manual ada dan surat2 lengkap
- ban masih lumayan bagus, keempat bannya produksi tahun 2019

Minusnya
- Interior agak kotor, perlu poles
- Ada baret2 kecil lah di bemper depannya, ya saya anggep wajar aja lah
- buku servis gaada (cuman yg bikin kami percaya adalah ada gantungan oli terakhir ganti oli mesin dan gardan di km 64 dan 72 rb terakhir bulan (mei dan juli lalu) walaupun bukan di bengkel resmi

Akhirnya, karena saya dan bapak saya sudah terlanjur sreg dengan mobil tersebut karena bodi mulus, mesin kering, tidak bekas tabrak dan bekas banjir serta naikkan pas test drive masih aman. Akhirnya ayah saya nego dengan penjual dan, mobil tersebut berhasil kami bawa pulang hari itu juga. Namun, pada hari ke 3 setelah pembelian, ada indikasi yang agak janggal , yaitu saat di starter, mesin terasa agak kasar dan ada bunyi "tek tek" dari mesin yg mengingikasikan fanbelt atau engine mountingnya perlu ganti , cuma setelah dicek sm montir saya, cukup diganti filter udaranya saja dan ganti oli, maka bunyi tersebut sudah hilang. Kejanggalan lain yang saya temukan:
- setir sudah licin bagian atasnya, walaupun bagian samping kiri kanan dan bawah masih utuh kulit jeruknya (hal ini murni kesalahan saya karena namanya masih awam mobekas, saya gak ngerti indikasi setir licin itu petanda apa, akhirnya saya menanyakan kepada teman saya yang sudah sering gonta ganti mobekas dari berbagai merek, dan dia mengatakan kalau ada indikasi mobil tersebut adalah mobil capek
- selain itu juga kelihatan dari kondisi pedalnya juga sudah habis karetnya, (kalau dari foto ya) karena kondisi yang tidak memungkinkan buat teman saya mengecek langsung mobil

Dan disitulah saya akui saya miss karena sudah lapar mata melihat bodi yg mulus + harga yg sedikit lebih murah dibawah pasaran + ditambah buku servis gaada menambah daftar kesalah saya dalam membeli mobekas. Akhirnya entah kenapa saya dihantui rasa penasaran yang teramat sangat mengganggu pikiran saya , hingga teman saya menyarankan saya untuk mengecek melalui apps Auto2000 atau telpon ke bengkel resminya (nah disitu kesalahan fatal kami karena tidak kroscek dulu karena tergiur harga dan kondisi yg mulus) , setelah dicek melalui apps dan telpon ke auto2000, betapa kagetnya saya karena mobil tersebut sudah pernah servis di km 143rb bulan januari lalu, which is mobil saya sudah digulung kilometernya sebanyak 2x lipat!!! :big_cry: , serta mobil tersebut interiornya sudah di akal - akalin dan mobil bekas rental . ciri2nya adalah
- Ada sedikit karat dibawah jok driver yg gak terlihat mata
- Seatbelt tengah dekil penuh jamur khas penuh capek, sedangkan seatbelt pinggir kiri kanan, dari row 1-3 yang sering dilihat dan dipegang orang masih bagus, sementara yg tengah itu which is jarang dilihat dan dipegang orang dibiarkan berjamur dan kotor, dan saya menganggap itu adalah gambaran kondisi mobil yang sebenarnya
- nama pt yang tertera di stnk dan bpkb ternyata punya divisi rental (which is kami semua miss)


Betapa shocknya ayah saya, teman ayah saya dan montir saya mendengar hal tersebut karena kondisi mobil seperti mobil yang terawat. Namun kenyataan berkata lain, tapi untungnya, mobil tersebut menurut penuturan dari pihak beres servisnya selalu rutin dan gaada history perbaikan berat seperti CE nyala, turun mesin, body repair dsb, jadi hanya servis rutin saja. Selain itu, dari apps , diketahui kalau bagian kaki2 seperti shock, tierod dkk + bagian mesin sudah diremajakan pas km 80 dan 120 rb sehingga pas test drive naikkan masih enak, dan pas dibawa di tol, 120 masih gampang bgt dapetnya. Namun tetap saja, ada perasaan kecewa diantara kami karena sudah salah membeli mobil, dan akhir kata, mobil diputuskan untuk dijual saja, karena sudah tidak ada lagi rasa nyaman dan puas dalam memakainya. Well, pelajaran dan pegalaman berharga yang harus dibayar dengan sangat mahall sekaligus menjadi pemacu agar lain kali lebih teliti dan jeli dalam memilih mobil bekas. Dan teman saya yang mengetahui hal tersebut meningkatkan
- jangan terpaku dengan kondisi bodi yg mulus, karena itu bisa dipoles dan semua komponennya seperti lampu dan bemper bisa diganti baru
- jangan terpaku juga dengan kondisi interior yg full original, karena hampir semua komponennya seperti setir, dootrim, karpet, dan jok bisa diakalin dengan cara retrim atau diganti baru, kata teman saya, perhatikan kondisi pedal, karena menurut pengalaman dia selama hunting mobekas, bagian tersebut adalah bagian yg sulit diakali karena resikonya agak besar dan biayanya jg agak mahal + termasuk yg jarang dilihat oleh mayoritas pembeli saat membeli mobekas dan menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya
- pastikan buku servis ada dan history servisnya jelas

Dan setelah, beberapa hari menunggu, 2 minggu kemudian, ada buyer yg menawar dengan harga lumayan bagus diatas penawaran yang sudah saya terima. Dan setelah melihat mobil saya, saya memberitahu buyer tentang kondisi sebenarnya mobil (yaitu odometer sudah diputar), dan saya mengirimkan data screen shot history service mobil dari awal beli - terakhir servis, dan untungnya beliau tidak mempermasalahkan karena beliau beli mobil untuk dipakai lama dan sudah biasa dengan mobil tua (katana, jimny, escudo) sehingga km gak jadi patokan lagi, yang penting kondisi fisik, surat2 lengkap, tidak bekas tabrak dan tidak bekas banjir. Saya melakukan itu, karena saya ingin jadi penjual yg jujur aja, mending bilang di awal kondisi apa adanya daripada terjadi hal2 yg tidak diinginkan dikemudian hari dan ingin buyer tidak mengalami hal serupa seperti saya. Akhirnya, pertengahan November lalu, mobil tersebut akhirnya laku terjual. Terimakasih sudah menemani selama 1 bulan ini

Babak baru pun dimulai. Berbekal pengalaman saya dengan Avanza lama saya sblmnya, saya bertekad tidak ingin mengulangi kesalahan yg sama untuk kedua kalinya. Dan setelah beberapa hari pencarian, akhirnya ketemulah 2 kandidat GNA G MT 2017 yang masuk kriteria saya, ( yg 1 km 58 rb asli dan yg 1 nya lg km 77rb asli), sayangnya yg 58rb sudah laku duluan, sehingga saya memutuskan untuk melihat yg 77rb dari pemakai langsung di daerah jakbar. setelah dilihat, mobil atas nama koperasi dan tangan pertama dari baru . Dan kondisi mobil adalah sbb:
plus
- interior masih original dan bagus
- mesin masih halus dan gak rembes
- gak ada bekas tabrak maupun banjir
- ban masih bagus semua walaupun belang (yg depan produksi 2019, yg belakang masih produksi 2017)
- buku servis, buku manual semua ada
- km 77 rb asli (sudah saya cocokkan di apps, telpon a2k ,dan ada gantungan oli dari beres toyota yg menyatakan kalau ganti oli selanjutnya di km 80rb) + data servis terakhir di bulan Juli lalu di km 71 rb
- Surat2 lengkap
- panel2 kaya speedometer , rpm meter dll masih berfungsi semua
- naikkan masih enak pas test drive

minus
- ada penyok dikit di pinggiran atap sebelah kiri karna kena batu bata atau ketimpa pohon cuma gak parah
- ada baret2 alus di bodi depan kanan dan kiri belakang
- pintu belakang kiri ada sedikit "spet" cuma saya anggap wajar lah
- bohlam lampu belakang kanan dan foglamp depan kanan sudah putus atau mati
- kondisi exterior agak kotor dan perlu cuci + poles

Akhirnya dengan semua kelebihan dan kekurangannya, saya memutuskan untuk membeli mobil tersebut , dan gak menyesal sampai hari ini, walaupn to be honest harganya agak tinggi untuk sebuah mobil tahun 2017 dengan km yg agak tinggi. cuma mending km agak tinggi dan harga lebih mahal sedikit tapi history servicenya jelas dan kondisi oke daripada harga murah, km rendah tapi history servicenya gak jelas dan kondisinya meragukan.

Sekian sharing saya mengenai pengalaman saya dalam berburu mobekas. Semoga bermanfaat dan teman2 semua tidak mengalami hal pahit seperti yang saya alami . Terimakasih
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Set Kilometer

Post by benzz89 »


Pboyz97 wrote:Ijin up thread lama ya
Saya juga pernah mengalami pengalaman buruk dalam membeli mobil bekas
Krolologinya , saat bapak saya ingin mencari mobil 7 seater yang gampang dijual , karena makenya gk lama (paling lama jg 2 tahun) , bandel, partnya murah dan gampang untuk menggantikan xpander ultimate 2017 saya, turun kelas gak masalah , karena dirumah sudah ada CRV Turbo prestige dan CX5 Elite untuk weekend. Kandidatnya ada GNKI Dono diesel at 2014-2015, ANKI G diesel AT 2016-2017 , ANA G MT 2014-2015 dan GNA G MT 2016-2017. Setelah diskusi, GNKI dan ANKI terpaksa dicoret, karena kalo GNKI mepet budget, dan ANKI overbudget. Jadi diputuskan, mobil yang akan dibeli adalah toyota avanza bertransmisi manual. Kenapa pilih manual? Karena bapak saya ingin belajar manual lagi, setelah lebih dari 10 tahun vakum dari mobil manual, mobil manual yg keluarga saya punya terakhir adalah civic ferio fl yang sudah dijual tahun 2005 lalu, dan setelah itu keluarga saya selalu memakai mobil matic hingga saat ini, dan naikkan avanza manual lebih enak dibanding yg matic menurut saya. Dan , akhirnya, diputuskan lah untuk memboyong ANA tipe G bertransmisi manual, tahun 2014-2015, cuma kalo bisa yg 2015 aja karena paling muda tahunnya untuk ukuran ANA, dengan kriteria, budget max 110 jt, nama pt atau pribadi gamasalah asal kondisi bagus dan surat2 lengkap , sekaligus, menjadi mobil bekas pertama dikeluarga saya, karena to be honest, keluarga saya selalu membeli mobil kondisi brand new dari dulu - sekarang hehehe.

Pencarian pun dimulai , lebih dari 10 mobil saya datangi, cuma blm nemu yg harga dan kondisinya sesuai , ada yg memang barangnya kurang seger, keduluan orang, bekas tabrakan, bekas banjir, harga gak cocok, dsb. Hingga akhirnya, setelah pencarian mobil ke 11 apa 12 gitu saya lupa dan perburuan selama kurang lebih 3 bulan, pada pertengahan oktober lalu didapat lah 1 unit ANA G manual 2015 dari seseorang pemakai langsung di daerah tanggerang, Banten dari salah satu FJB terkenal di Indonesia . Kondisi dari foto, bodi mulus, minus interior yg perlu poles aja dengan km sekitar 78rb . Akhirnya keesokan harinya, saya dan bapak saya, dibantu dengan teman bapak saya yg ngerti mobil + montir saya (karena kebetulan saya punya bengkel sendiri) berangkat ke lokasi. Dan mobil diketahui masih atas nama PT tangan pertama berdasarkan STNK dan BPKB nya, tapi si owner sebelumnya adalah tangan ke 2, karena beliau membeli dari showroom apa lelangan pt gitu pada awal 2020 lalu, sehingga saya adalah tangan ke 3 nya. Kondisi awal mobil adalah sebagai berikut.
Plusnya
- Bodi masih lempeng, no dempul
- Apron aman, bebas dari indikasi tabrak depan
- Headlamp dan foglamp mulus seperti baru dan kondisi hidup semua
- Tulangan, dan karet pintu aman dari indikasi tabrak samping dan belakang
- interior masih full ori dan
- mesin kering , no rembes, dan suaranya masih halus
- kaki2 jg senyap serta ac dingin
- pas di test drive, naikkan masih enak dan gaada gejala yg aneh2 seperti bunyi2 di dasbor atau bagian kaki2
- buku manual ada dan surat2 lengkap
- ban masih lumayan bagus, keempat bannya produksi tahun 2019

Minusnya
- Interior agak kotor, perlu poles
- Ada baret2 kecil lah di bemper depannya, ya saya anggep wajar aja lah
- buku servis gaada (cuman yg bikin kami percaya adalah ada gantungan oli terakhir ganti oli mesin dan gardan di km 64 dan 72 rb terakhir bulan (mei dan juli lalu) walaupun bukan di bengkel resmi

Akhirnya, karena saya dan bapak saya sudah terlanjur sreg dengan mobil tersebut karena bodi mulus, mesin kering, tidak bekas tabrak dan bekas banjir serta naikkan pas test drive masih aman. Akhirnya ayah saya nego dengan penjual dan, mobil tersebut berhasil kami bawa pulang hari itu juga. Namun, pada hari ke 3 setelah pembelian, ada indikasi yang agak janggal , yaitu saat di starter, mesin terasa agak kasar dan ada bunyi "tek tek" dari mesin yg mengingikasikan fanbelt atau engine mountingnya perlu ganti , cuma setelah dicek sm montir saya, cukup diganti filter udaranya saja dan ganti oli, maka bunyi tersebut sudah hilang. Kejanggalan lain yang saya temukan:
- setir sudah licin bagian atasnya, walaupun bagian samping kiri kanan dan bawah masih utuh kulit jeruknya (hal ini murni kesalahan saya karena namanya masih awam mobekas, saya gak ngerti indikasi setir licin itu petanda apa, akhirnya saya menanyakan kepada teman saya yang sudah sering gonta ganti mobekas dari berbagai merek, dan dia mengatakan kalau ada indikasi mobil tersebut adalah mobil capek
- selain itu juga kelihatan dari kondisi pedalnya juga sudah habis karetnya, (kalau dari foto ya) karena kondisi yang tidak memungkinkan buat teman saya mengecek langsung mobil

Dan disitulah saya akui saya miss karena sudah lapar mata melihat bodi yg mulus + harga yg sedikit lebih murah dibawah pasaran + ditambah buku servis gaada menambah daftar kesalah saya dalam membeli mobekas. Akhirnya entah kenapa saya dihantui rasa penasaran yang teramat sangat mengganggu pikiran saya , hingga teman saya menyarankan saya untuk mengecek melalui apps Auto2000 atau telpon ke bengkel resminya (nah disitu kesalahan fatal kami karena tidak kroscek dulu karena tergiur harga dan kondisi yg mulus) , setelah dicek melalui apps dan telpon ke auto2000, betapa kagetnya saya karena mobil tersebut sudah pernah servis di km 143rb bulan januari lalu, which is mobil saya sudah digulung kilometernya sebanyak 2x lipat!!! :big_cry: , serta mobil tersebut interiornya sudah di akal - akalin dan mobil bekas rental . ciri2nya adalah
- Ada sedikit karat dibawah jok driver yg gak terlihat mata
- Seatbelt tengah dekil penuh jamur khas penuh capek, sedangkan seatbelt pinggir kiri kanan, dari row 1-3 yang sering dilihat dan dipegang orang masih bagus, sementara yg tengah itu which is jarang dilihat dan dipegang orang dibiarkan berjamur dan kotor, dan saya menganggap itu adalah gambaran kondisi mobil yang sebenarnya
- nama pt yang tertera di stnk dan bpkb ternyata punya divisi rental (which is kami semua miss)


Betapa shocknya ayah saya, teman ayah saya dan montir saya mendengar hal tersebut karena kondisi mobil seperti mobil yang terawat. Namun kenyataan berkata lain, tapi untungnya, mobil tersebut menurut penuturan dari pihak beres servisnya selalu rutin dan gaada history perbaikan berat seperti CE nyala, turun mesin, body repair dsb, jadi hanya servis rutin saja. Selain itu, dari apps , diketahui kalau bagian kaki2 seperti shock, tierod dkk + bagian mesin sudah diremajakan pas km 80 dan 120 rb sehingga pas test drive naikkan masih enak, dan pas dibawa di tol, 120 masih gampang bgt dapetnya. Namun tetap saja, ada perasaan kecewa diantara kami karena sudah salah membeli mobil, dan akhir kata, mobil diputuskan untuk dijual saja, karena sudah tidak ada lagi rasa nyaman dan puas dalam memakainya. Well, pelajaran dan pegalaman berharga yang harus dibayar dengan sangat mahall sekaligus menjadi pemacu agar lain kali lebih teliti dan jeli dalam memilih mobil bekas. Dan teman saya yang mengetahui hal tersebut meningkatkan
- jangan terpaku dengan kondisi bodi yg mulus, karena itu bisa dipoles dan semua komponennya seperti lampu dan bemper bisa diganti baru
- jangan terpaku juga dengan kondisi interior yg full original, karena hampir semua komponennya seperti setir, dootrim, karpet, dan jok bisa diakalin dengan cara retrim atau diganti baru, kata teman saya, perhatikan kondisi pedal, karena menurut pengalaman dia selama hunting mobekas, bagian tersebut adalah bagian yg sulit diakali karena resikonya agak besar dan biayanya jg agak mahal + termasuk yg jarang dilihat oleh mayoritas pembeli saat membeli mobekas dan menggambarkan kondisi mobil yg sebenarnya
- pastikan buku servis ada dan history servisnya jelas

Dan setelah, beberapa hari menunggu, 2 minggu kemudian, ada buyer yg menawar dengan harga lumayan bagus diatas penawaran yang sudah saya terima. Dan setelah melihat mobil saya, saya memberitahu buyer tentang kondisi sebenarnya mobil (yaitu odometer sudah diputar), dan saya mengirimkan data screen shot history service mobil dari awal beli - terakhir servis, dan untungnya beliau tidak mempermasalahkan karena beliau beli mobil untuk dipakai lama dan sudah biasa dengan mobil tua (katana, jimny, escudo) sehingga km gak jadi patokan lagi, yang penting kondisi fisik, surat2 lengkap, tidak bekas tabrak dan tidak bekas banjir. Saya melakukan itu, karena saya ingin jadi penjual yg jujur aja, mending bilang di awal kondisi apa adanya daripada terjadi hal2 yg tidak diinginkan dikemudian hari dan ingin buyer tidak mengalami hal serupa seperti saya. Akhirnya, pertengahan November lalu, mobil tersebut akhirnya laku terjual. Terimakasih sudah menemani selama 1 bulan ini

Babak baru pun dimulai. Berbekal pengalaman saya dengan Avanza lama saya sblmnya, saya bertekad tidak ingin mengulangi kesalahan yg sama untuk kedua kalinya. Dan setelah beberapa hari pencarian, akhirnya ketemulah 2 kandidat GNA G MT 2017 yang masuk kriteria saya, ( yg 1 km 58 rb asli dan yg 1 nya lg km 77rb asli), sayangnya yg 58rb sudah laku duluan, sehingga saya memutuskan untuk melihat yg 77rb dari pemakai langsung di daerah jakbar. setelah dilihat, mobil atas nama koperasi dan tangan pertama dari baru . Dan kondisi mobil adalah sbb:
plus
- interior masih original dan bagus
- mesin masih halus dan gak rembes
- gak ada bekas tabrak maupun banjir
- ban masih bagus semua walaupun belang (yg depan produksi 2019, yg belakang masih produksi 2017)
- buku servis, buku manual semua ada
- km 77 rb asli (sudah saya cocokkan di apps, telpon a2k ,dan ada gantungan oli dari beres toyota yg menyatakan kalau ganti oli selanjutnya di km 80rb) + data servis terakhir di bulan Juli lalu di km 71 rb
- Surat2 lengkap
- panel2 kaya speedometer , rpm meter dll masih berfungsi semua
- naikkan masih enak pas test drive

minus
- ada penyok dikit di pinggiran atap sebelah kiri karna kena batu bata atau ketimpa pohon cuma gak parah
- ada baret2 alus di bodi depan kanan dan kiri belakang
- pintu belakang kiri ada sedikit "spet" cuma saya anggap wajar lah
- bohlam lampu belakang kanan dan foglamp depan kanan sudah putus atau mati
- kondisi exterior agak kotor dan perlu cuci + poles

Akhirnya dengan semua kelebihan dan kekurangannya, saya memutuskan untuk membeli mobil tersebut , dan gak menyesal sampai hari ini, walaupn to be honest harganya agak tinggi untuk sebuah mobil tahun 2017 dengan km yg agak tinggi. cuma mending km agak tinggi dan harga lebih mahal sedikit tapi history servicenya jelas dan kondisi oke daripada harga murah, km rendah tapi history servicenya gak jelas dan kondisinya meragukan.

Sekian sharing saya mengenai pengalaman saya dalam berburu mobekas. Semoga bermanfaat dan teman2 semua tidak mengalami hal pahit seperti yang saya alami . Terimakasih
Wih seru Om ceritanya kaya baca buku novel aja nih, tegang juga ane bacanya, terutama saat tau ternyata KM sudah pernah mundur 2 kali.

3 orang ternyata masih bisa kecele juga yah, padahal 1 orang montir, tapi yah namanya avanza biar dikata KM sudah digulung berkali2 tetap aja gampang di pindah tangan kan lagi... which is 140 ribuan KM masih geli2 basah aja bawaannya & gak ada (keliatan) capeknya. Wajar aja sih Om pertama kali beli mobil second ada pembelajaran seperti ini.

Btw ane juga kangen tuh bawa mobil manual, apalagi avanza, nikmat banget itu mesinnya kalau di tarik high rpm, apalagi buat nyalip2 keluar kota, mantul deh, sensasi yang gak ada di mobil matic. Pengen juga beli mobil manual buat hilangin rasa kagen & beli avanza second sih pake 1-2 taon rasanya gak rugi kali yah... malah jangan2 bisa untung [emoji28]