Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
GDNGAN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 10 Jun 2021, 19:19

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by GDNGAN »

Suryaputra wrote:
sekondel wrote: 02 Dec 2021, 14:41 mohon masukan dunk, ban yg noise minim harga range 700-900rb ukuran 195/50 atau 195/55 r16..
rencana mau dipasang di mobilio menggantikan hankook ventus..
Goodyear triplemax 2
Sy pakai ini so far ok banget, dibanding ban oem :big_biglaugh:

Empuk tp gak limbung & Sidewall dah 2 ply.

Satu2nya yg ksh garansi 1 thn / 20rb km.

Klo dunlop lm705 sidewallnya dah 2 ply bisa jd pertimbangan jg.
Krn yg size r15, itu msh 1 ply :mky_03:
Mbah berarti klo LMTujuh0Lima diatas R16, sikat aja ya mbah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

GDNGAN wrote: 03 Dec 2021, 07:59
Suryaputra wrote:
sekondel wrote: 02 Dec 2021, 14:41 mohon masukan dunk, ban yg noise minim harga range 700-900rb ukuran 195/50 atau 195/55 r16..
rencana mau dipasang di mobilio menggantikan hankook ventus..
Goodyear triplemax 2
Sy pakai ini so far ok banget, dibanding ban oem :big_biglaugh:

Empuk tp gak limbung & Sidewall dah 2 ply.

Satu2nya yg ksh garansi 1 thn / 20rb km.

Klo dunlop lm705 sidewallnya dah 2 ply bisa jd pertimbangan jg.
Krn yg size r15, itu msh 1 ply :mky_03:
Mbah berarti klo LMTujuh0Lima diatas R16, sikat aja ya mbah?
Iya mbah, selama udh 2 ply sidewallnya.

Krn 2 ply itu lbh rigid dindingnya, jd gak cuman buat nikung atau manuver mendadak aja, tp lbh tahan benjol jg :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sekondel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 08 Jan 2014, 10:13

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sekondel »

Suryaputra wrote: 02 Dec 2021, 16:12
sekondel wrote: 02 Dec 2021, 14:41 mohon masukan dunk, ban yg noise minim harga range 700-900rb ukuran 195/50 atau 195/55 r16..
rencana mau dipasang di mobilio menggantikan hankook ventus..
Goodyear triplemax 2
Sy pakai ini so far ok banget, dibanding ban oem :big_biglaugh:

Empuk tp gak limbung & Sidewall dah 2 ply.

Satu2nya yg ksh garansi 1 thn / 20rb km.

Klo dunlop lm705 sidewallnya dah 2 ply bisa jd pertimbangan jg.
Krn yg size r15, itu msh 1 ply :mky_03:
rekomendasinya antara GY ATM dan LM705 ya gann.. siap, ane coba cek2 toko ijo, merah dan oranye dulu.. terima kasih :big_deal:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: 03 Dec 2021, 10:06
GDNGAN wrote: 03 Dec 2021, 07:59
Suryaputra wrote:
Goodyear triplemax 2
Sy pakai ini so far ok banget, dibanding ban oem :big_biglaugh:

Empuk tp gak limbung & Sidewall dah 2 ply.

Satu2nya yg ksh garansi 1 thn / 20rb km.

Klo dunlop lm705 sidewallnya dah 2 ply bisa jd pertimbangan jg.
Krn yg size r15, itu msh 1 ply :mky_03:
Mbah berarti klo LMTujuh0Lima diatas R16, sikat aja ya mbah?
Iya mbah, selama udh 2 ply sidewallnya.

Krn 2 ply itu lbh rigid dindingnya, jd gak cuman buat nikung atau manuver mendadak aja, tp lbh tahan benjol jg :mky_03:
Tp tetep ngga tahan ranjau nih mbahhh. LM705 saya di roda belakang udah 4x kena ranjau dalam 10rb km. Sedangkan Yoko Advan dB di roda depan dr baru belom pernah ngerasain 'diperkosa' sama ranjau

Mungkin kompon nya terlalu lembut ya si LM705 ini. Tp so far sih puas banget dengan ban ini melihat harga nya juga sangat menarik
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 24 May 2021, 12:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
2012 - 1NZFE
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 04 Aug 2017, 14:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dittotama »

br3wox wrote: 02 Dec 2021, 00:23
Travellintas wrote:Halo teman2 SM , mau nanya rencana saya mau upgrade ban dari 205/60/r17 ke 215/55/17 untuk pilihan ban ada yang worth it gak untuk di beli dari segi kualitas berbanding harganya ?
Ban raize kah 205 60 r17?

Kalo 215 55 r17

Opsi sesuai personal preference:

1. Mich primacy
2. Conti mc6
3. Conti uc6
4. Sportmaxx 050

Harga mirip2 untuk no 2-4 kecuali yang no 1 paling mahal.
1-4 itu arahnya comfort / performance ya? kepikiran t005/lm 705 si, buat ngurangi bising..

sama minta masukan jg ni suhu2 SM, kl ban mobil baru gt terus mau langsung ganti, enaknya ban lama diapain ya?
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 09 Jun 2016, 18:56

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by free2d »

Boleh kasih input antara MC6 dan GYF1Sport?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

dinatara wrote: 04 Dec 2021, 17:53 Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
salah satunya competitor parity, krn mobil merk A pake ring anu nah kompetitor2nya yg sekelas ga mau kelihatan culun. tp akan ada titik optimalnya, maksudnya ga mungkin lcgc dikasih R17 sbg std misalnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

dittotama wrote: 04 Dec 2021, 19:43
br3wox wrote: 02 Dec 2021, 00:23
Travellintas wrote:Halo teman2 SM , mau nanya rencana saya mau upgrade ban dari 205/60/r17 ke 215/55/17 untuk pilihan ban ada yang worth it gak untuk di beli dari segi kualitas berbanding harganya ?
Ban raize kah 205 60 r17?

Kalo 215 55 r17

Opsi sesuai personal preference:

1. Mich primacy
2. Conti mc6
3. Conti uc6
4. Sportmaxx 050

Harga mirip2 untuk no 2-4 kecuali yang no 1 paling mahal.
1-4 itu arahnya comfort / performance ya? kepikiran t005/lm 705 si, buat ngurangi bising..

sama minta masukan jg ni suhu2 SM, kl ban mobil baru gt terus mau langsung ganti, enaknya ban lama diapain ya?
sy pake nomer 1 puas

ban lama coba jual ke lapak ban bekas/velg bekas pinggir jalan. tp jangan kaget kl ditawar murah, paling laku 100-300rb/pc tergantung kondisi n size.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

free2d wrote: 04 Dec 2021, 20:12 Boleh kasih input antara MC6 dan GYF1Sport?
Coba cek cek ajah mbah, lgs comparison review.


Itu performance tyre yah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Mantappp juga GY skrg, resultnya bisa nempel micin yg lbh mahal :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 24 May 2021, 12:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Omnibus wrote: 04 Dec 2021, 21:34
dinatara wrote: 04 Dec 2021, 17:53 Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
salah satunya competitor parity, krn mobil merk A pake ring anu nah kompetitor2nya yg sekelas ga mau kelihatan culun. tp akan ada titik optimalnya, maksudnya ga mungkin lcgc dikasih R17 sbg std misalnya.
Menyesuaikan iklim persaingan jg ya mbah :mky_03:

Untuk mobil seken, ntah kenapa sekitaran saya jarang pertimbangkan sampe sisi ban. Contoh, beli civic / jazz dikasi ban eco. Saya tdk menjudge keputusan mereka, cuman ada 'sambat' diantara pertimbangan mereka untuk ban hingga maintenance nya.
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: 04 Dec 2021, 23:54
Omnibus wrote: 04 Dec 2021, 21:34
dinatara wrote: 04 Dec 2021, 17:53 Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
salah satunya competitor parity, krn mobil merk A pake ring anu nah kompetitor2nya yg sekelas ga mau kelihatan culun. tp akan ada titik optimalnya, maksudnya ga mungkin lcgc dikasih R17 sbg std misalnya.
Menyesuaikan iklim persaingan jg ya mbah :mky_03:

Untuk mobil seken, ntah kenapa sekitaran saya jarang pertimbangkan sampe sisi ban. Contoh, beli civic / jazz dikasi ban eco. Saya tdk menjudge keputusan mereka, cuman ada 'sambat' diantara pertimbangan mereka untuk ban hingga maintenance nya.
Ya balik lg, org beli mobil untuk fungsi aja, ada ac dan gak kehujanan.
Gak banyak org yg care sm handling, atau nyaman atau awet dsb.
Yg penting bs bantu keep moving from point A to B to C dsb :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Serba Serbi Ban Part 3

Post by TUFF Stough »

dinatara wrote:Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
cost down dari produsen mobil. dgn berbagai pertimbangan tentunya. r13 mulai susah dicari, dan mulai ditinggalkan produsen ban sehingga gak logis untuk tetap dipertahankan.

sementara r14 mulai lazim dan turun harga.
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 24 May 2021, 12:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: 05 Dec 2021, 00:29

Ya balik lg, org beli mobil untuk fungsi aja, ada ac dan gak kehujanan.
Gak banyak org yg care sm handling, atau nyaman atau awet dsb.
Yg penting bs bantu keep moving from point A to B to C dsb :big_peace:
Beli barang mahal tapi gk siap dgn harga maintenance barang tsb.
TUFF Stough wrote: 05 Dec 2021, 07:00 cost down dari produsen mobil. dgn berbagai pertimbangan tentunya. r13 mulai susah dicari, dan mulai ditinggalkan produsen ban sehingga gak logis untuk tetap dipertahankan.

sementara r14 mulai lazim dan turun harga.
Dulu sempet kepikiran, cari 'low cost maintenance' untuk mobkas ban kecil tp masih mengakomodir banyak hal masih terpenuhi di avxen calya sigra. Kita sebagai user 'mendang mending' juga berharap city car kedepannya ukuran ban stay di R16 maks, biar gk mahal juga ban nya :mky_03:
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: 05 Dec 2021, 08:56
Suryaputra wrote: 05 Dec 2021, 00:29

Ya balik lg, org beli mobil untuk fungsi aja, ada ac dan gak kehujanan.
Gak banyak org yg care sm handling, atau nyaman atau awet dsb.
Yg penting bs bantu keep moving from point A to B to C dsb :big_peace:

Beli barang mahal tapi gk siap dgn harga maintenance barang tsb.

TUFF Stough wrote: 05 Dec 2021, 07:00 cost down dari produsen mobil. dgn berbagai pertimbangan tentunya. r13 mulai susah dicari, dan mulai ditinggalkan produsen ban sehingga gak logis untuk tetap dipertahankan.

sementara r14 mulai lazim dan turun harga.
Dulu sempet kepikiran, cari 'low cost maintenance' untuk mobkas ban kecil tp masih mengakomodir banyak hal masih terpenuhi di avxen calya sigra. Kita sebagai user 'mendang mending' juga berharap city car kedepannya ukuran ban stay di R16 maks, biar gk mahal juga ban nya :mky_03:
Yahh.. gak usah jauh2 mobil minta pertamax, tp msh banyak yg ngisi pertalite or premium.
Ntar klo ngelitik, ngeluh tarikan ngeden, dsb komplain sm bengkel.
Padahal itu akibat dr maintenance ala kadarnya dan isi bbm semurah nya aja :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

Suryaputra wrote: 04 Dec 2021, 21:41
free2d wrote: 04 Dec 2021, 20:12 Boleh kasih input antara MC6 dan GYF1Sport?
Coba cek cek ajah mbah, lgs comparison review.


Itu performance tyre yah.
Saya rasa yg dimaksud ts eagle f1 sport sptnya. Yg mana berbeda total dengan eagle f1 supersport yg ada dites.

Eagle f1 sport ini flagshipnya goodyear indonesia. Tp buat negara2 berkembang. Kebetulan saya pake di yaris dr agustus kmaren.
205/50 16 XL. Udah jalan 6500km skrg. Made in thai

Kesimpulannya:
+ grip keringnya bagus
+ salah satu ban sport dengan performa aquaplanning terbaik yg saya pernah pakai. Bukti ga jaminan kembang banyak garisnya itu jago genangan.
+ sidewallnya asli kuat bagus udah dites istri saya ke trotoar berkali2.
+ rolling resistancenya bagus kalau anda mikir irit bensin.
+ somehow nyaman untuk ban kelas sport.
+ feedbacknya lumayan banget. Tau sendiri yaris itu kartu mati setirnya, seneng bgt skrg setir ada rasanya.

- karetnya agak lunak dan sptnya ga akan bertahan lama. Tapi ini ban sport, gak aneh lah cepet abis.
- Berisik. Dulu saya pernah pakai ps4 di mobil yg sama ga berisik bgini
- braking distancenya buat ban flagship sport agak memble dibanding ps4, tp kalau anda biasa pakai turanza apalagi ban eco. ini jauh lebih pendek

Salah satu ban sport paling nyaman dan harganya ok buat harian, selama anda bisa toleransi berisiknya. Tp saya puas dan akan beli lagi ban ini. Berisiknya masih tolerable koq daripada ban abal2 yg kayak helikopter mau take off :big_chicken:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

vincewonk wrote: 05 Dec 2021, 23:49
Suryaputra wrote: 04 Dec 2021, 21:41
free2d wrote: 04 Dec 2021, 20:12 Boleh kasih input antara MC6 dan GYF1Sport?
Coba cek cek ajah mbah, lgs comparison review.


Itu performance tyre yah.
Saya rasa yg dimaksud ts eagle f1 sport sptnya. Yg mana berbeda total dengan eagle f1 supersport yg ada dites.

Eagle f1 sport ini flagshipnya goodyear indonesia. Tp buat negara2 berkembang. Kebetulan saya pake di yaris dr agustus kmaren.
205/50 16 XL. Udah jalan 6500km skrg. Made in thai

Kesimpulannya:
+ grip keringnya bagus
+ salah satu ban sport dengan performa aquaplanning terbaik yg saya pernah pakai. Bukti ga jaminan kembang banyak garisnya itu jago genangan.
+ sidewallnya asli kuat bagus udah dites istri saya ke trotoar berkali2.
+ rolling resistancenya bagus kalau anda mikir irit bensin.
+ somehow nyaman untuk ban kelas sport.
+ feedbacknya lumayan banget. Tau sendiri yaris itu kartu mati setirnya, seneng bgt skrg setir ada rasanya.

- karetnya agak lunak dan sptnya ga akan bertahan lama. Tapi ini ban sport, gak aneh lah cepet abis.
- Berisik. Dulu saya pernah pakai ps4 di mobil yg sama ga berisik bgini
- braking distancenya buat ban flagship sport agak memble dibanding ps4, tp kalau anda biasa pakai turanza apalagi ban eco. ini jauh lebih pendek

Salah satu ban sport paling nyaman dan harganya ok buat harian, selama anda bisa toleransi berisiknya. Tp saya puas dan akan beli lagi ban ini. Berisiknya masih tolerable koq daripada ban abal2 yg kayak helikopter mau take off :big_chicken:
Nice info mbah.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

GY yg ditest di YT tsb, ada 2 jenis ban UHP dan UUHP
- UHP: Eagle F1 asymetric 5 (kembangan mirip sm f1 sport di indo)
- UUHP: Eagle F1 supersport (klo lihat profile dan reviewnya, buat track day ini)

Btw.. micin PS4 emg harganya jg mantap.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

dinatara wrote: 05 Dec 2021, 08:56
TUFF Stough wrote: 05 Dec 2021, 07:00 cost down dari produsen mobil. dgn berbagai pertimbangan tentunya. r13 mulai susah dicari, dan mulai ditinggalkan produsen ban sehingga gak logis untuk tetap dipertahankan.

sementara r14 mulai lazim dan turun harga.
Dulu sempet kepikiran, cari 'low cost maintenance' untuk mobkas ban kecil tp masih mengakomodir banyak hal masih terpenuhi di avxen calya sigra. Kita sebagai user 'mendang mending' juga berharap city car kedepannya ukuran ban stay di R16 maks, biar gk mahal juga ban nya :mky_03:
Sebenernya mahal atau murah itu tergantung kondisi pasar nanti, kalau ring 16 itu menjadi mass, pasti harga murah karena bersaing banyak.

10 tahun yg lalu, ban ukuran ring 15 itu udah termasuk yg mahal, karena pasaran mobil2 mid low itu masih 13-14. Skg 15 udah termasuk yg murah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 00:34
vincewonk wrote: 05 Dec 2021, 23:49
Suryaputra wrote: 04 Dec 2021, 21:41

Coba cek cek ajah mbah, lgs comparison review.


Itu performance tyre yah.
Saya rasa yg dimaksud ts eagle f1 sport sptnya. Yg mana berbeda total dengan eagle f1 supersport yg ada dites.

Eagle f1 sport ini flagshipnya goodyear indonesia. Tp buat negara2 berkembang. Kebetulan saya pake di yaris dr agustus kmaren.
205/50 16 XL. Udah jalan 6500km skrg. Made in thai

Kesimpulannya:
+ grip keringnya bagus
+ salah satu ban sport dengan performa aquaplanning terbaik yg saya pernah pakai. Bukti ga jaminan kembang banyak garisnya itu jago genangan.
+ sidewallnya asli kuat bagus udah dites istri saya ke trotoar berkali2.
+ rolling resistancenya bagus kalau anda mikir irit bensin.
+ somehow nyaman untuk ban kelas sport.
+ feedbacknya lumayan banget. Tau sendiri yaris itu kartu mati setirnya, seneng bgt skrg setir ada rasanya.

- karetnya agak lunak dan sptnya ga akan bertahan lama. Tapi ini ban sport, gak aneh lah cepet abis.
- Berisik. Dulu saya pernah pakai ps4 di mobil yg sama ga berisik bgini
- braking distancenya buat ban flagship sport agak memble dibanding ps4, tp kalau anda biasa pakai turanza apalagi ban eco. ini jauh lebih pendek

Salah satu ban sport paling nyaman dan harganya ok buat harian, selama anda bisa toleransi berisiknya. Tp saya puas dan akan beli lagi ban ini. Berisiknya masih tolerable koq daripada ban abal2 yg kayak helikopter mau take off :big_chicken:
Nice info mbah.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

GY yg ditest di YT tsb, ada 2 jenis ban UHP dan UUHP
- UHP: Eagle F1 asymetric 5 (kembangan mirip sm f1 sport di indo)
- UUHP: Eagle F1 supersport (klo lihat profile dan reviewnya, buat track day ini)

Btw.. micin PS4 emg harganya jg mantap.
dulu sblm beli eagle f1 sport memang udah baca dan liat channel ini, salah satu yg terbaik dan pakai data reviewnya.
asymetric jauh lebih bagus mutunya diatas eagle f1 sport ini om. ban yg bener2 beda. komponnya asymetric lebih lunak lagi. :big_okay:
dan harganya lebih cihuy. di toko tempat saya pernah beli kbetulan ada asymetric 4 side by side.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

vincewonk wrote: 06 Dec 2021, 10:13
Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 00:34
vincewonk wrote: 05 Dec 2021, 23:49

Saya rasa yg dimaksud ts eagle f1 sport sptnya. Yg mana berbeda total dengan eagle f1 supersport yg ada dites.

Eagle f1 sport ini flagshipnya goodyear indonesia. Tp buat negara2 berkembang. Kebetulan saya pake di yaris dr agustus kmaren.
205/50 16 XL. Udah jalan 6500km skrg. Made in thai

Kesimpulannya:
+ grip keringnya bagus
+ salah satu ban sport dengan performa aquaplanning terbaik yg saya pernah pakai. Bukti ga jaminan kembang banyak garisnya itu jago genangan.
+ sidewallnya asli kuat bagus udah dites istri saya ke trotoar berkali2.
+ rolling resistancenya bagus kalau anda mikir irit bensin.
+ somehow nyaman untuk ban kelas sport.
+ feedbacknya lumayan banget. Tau sendiri yaris itu kartu mati setirnya, seneng bgt skrg setir ada rasanya.

- karetnya agak lunak dan sptnya ga akan bertahan lama. Tapi ini ban sport, gak aneh lah cepet abis.
- Berisik. Dulu saya pernah pakai ps4 di mobil yg sama ga berisik bgini
- braking distancenya buat ban flagship sport agak memble dibanding ps4, tp kalau anda biasa pakai turanza apalagi ban eco. ini jauh lebih pendek

Salah satu ban sport paling nyaman dan harganya ok buat harian, selama anda bisa toleransi berisiknya. Tp saya puas dan akan beli lagi ban ini. Berisiknya masih tolerable koq daripada ban abal2 yg kayak helikopter mau take off :big_chicken:
Nice info mbah.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

GY yg ditest di YT tsb, ada 2 jenis ban UHP dan UUHP
- UHP: Eagle F1 asymetric 5 (kembangan mirip sm f1 sport di indo)
- UUHP: Eagle F1 supersport (klo lihat profile dan reviewnya, buat track day ini)

Btw.. micin PS4 emg harganya jg mantap.
dulu sblm beli eagle f1 sport memang udah baca dan liat channel ini, salah satu yg terbaik dan pakai data reviewnya.
asymetric jauh lebih bagus mutunya diatas eagle f1 sport ini om. ban yg bener2 beda. komponnya asymetric lebih lunak lagi. :big_okay:
dan harganya lebih cihuy. di toko tempat saya pernah beli kbetulan ada asymetric 4 side by side.
Woh lbh cpt abis dong :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
GDNGAN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 10 Jun 2021, 19:19

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by GDNGAN »

Halloo om om senior semua ada yg udah pakai Goodyear Efficient Grip SUV? Boleh dishare dong rasanya. Terima kasih yaah
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 09 Jun 2016, 18:56

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by free2d »

Iya, lagi liat Goodyear F1 Sport bukan SuperSport. SuperSport gak ada di Jakarta kan? Sedang bading dengan Conti MC6.
So, PS4 tetap better ya? Harga double ni.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

free2d wrote: 06 Dec 2021, 19:26 Iya, lagi liat Goodyear F1 Sport bukan SuperSport. SuperSport gak ada di Jakarta kan? Sedang bading dengan Conti MC6.
So, PS4 tetap better ya? Harga double ni.
Iya gak heran harganya jg tinggi PS4 :mky_03:

Sekilas size 215/55 r17 di tokoijo

Micin PS4 = 1,7jt an x 4 ban
GY F1 sport = 1jt an x 4 ban + garansi 1 thn
Conti MC6 = 1,1jt an x 4 ban
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ChZ »

dinatara wrote: 04 Dec 2021, 17:53 Malem mbah, lagi ngelamun tiba2 terbersit pertanyaan yg cukup bikin penasaran.

Untuk prinsip 'mobil kebutuhan' , jelas yg dicari adalah low cost maintenance & worth mobilnya (luasan, harga, dll sesuai kebutuhan). Nyambung soal ban, salah satu faktor 'low cost' yg bisa kejar adalah ban ring kecil karena harganya lebih murah. Tapi semakin kesini ban kayaknya paling kecil R14, dulu R13 masih banyak berkeliaran. Kenaikan ring ini apa karena tuntutan konsumen atau memang desain yg diperbarui terus ya?

Klo bahasa nya agak belibet mohon maklum ya mbah :mky_01:
imho selain faktor style, ada juga faktor lain seperti : safety. mobil masa kini badannya makin gendut, equipment makin banyak, mesin makin kencang.

makin gendut dan kencang = makin butuh braking = size disc makin gede = cuma muat di velg besar. yang otomatis juga berdampak pada ukuran ban. klo mau braking bagus musti ban yang lebih lengket di aspal jg artinya butuh ban lebih lebar.

selain itu mungkin skrg krn high demand jadi produksi ban ukuran gede gak gitu mahal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post