Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by farizfsa »

Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 8:51
farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 8:23
Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 5:57

model dan brand nya apa aja mbah?
Camry xv50 v
Jaguar xf
Bmw 218i

Grip enak, lumayan empuk, ga berisik. Untuk sebuah conti harga jg bagus
itu mobil2 yg kelas noise insulation nya di atas ANR
hahahhaha.
krn keluhan nya di ANR.

sy selalu curious pgn tau mblnya apa dulu.
krn even ban sekelas potenza, klo dipasang di E-class sih hening2 aja
wkwkwkwkw :mky_03:
Haha coba kasi ban yg lebih mahal macam toyo t1r di bmw 520d saya berisiknya mantep suara gemuruh bgt. tongkrongan sama grip ok jg tp

Sekarang bmw 520d sy masih pake hankook ventus noble. Salah satu ban yg sgt ok dgn harga yg ok jg. Sayang kayanya di indo udh ga jual ventus noble lg. Kl msh ada sy masih pegang hankook itu drpd conti mc6
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

erwinign wrote: Thu Nov 04, 2021 9:10
Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 8:51
farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 8:23

Camry xv50 v
Jaguar xf
Bmw 218i

Grip enak, lumayan empuk, ga berisik. Untuk sebuah conti harga jg bagus
itu mobil2 yg kelas noise insulation nya di atas ANR
hahahhaha.
krn keluhan nya di ANR.

sy selalu curious pgn tau mblnya apa dulu.
krn even ban sekelas potenza, klo dipasang di E-class sih hening2 aja
wkwkwkwkw :mky_03:
Ban bridgestone RFT di bmw pun kaya seri 3 e90 (RE050A RFT) sama turanza T001 RFT di x1 F48 masih agak berisik kok om.

Mulai hening baru di seri 5 mau pake conti sport contact rft di F10 ato ga pirelli cinturato rft di 530 model baru
Paling sip papanja 2010 om. Resing abis tanpa peredam soalnya.
Jd keinget temen pernah numpang papanja nanya ini koq bannya ga berisik ya? Crv gw lebih berisik dr ini papanja. Pas keluar dia liat cc6 ketawa2 dia. Papanja butut aja pake conti lu gila.

Dulu pernah sekali avanza pake ziex 912 wow berisik hahaha.
Last edited by vincewonk on Thu Nov 04, 2021 19:21, edited 1 time in total.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

josomba wrote: Thu Nov 04, 2021 1:31
omenRoo wrote: Wed Nov 03, 2021 22:09
kok beda ya? CCLX2 gw made in malay, pake dari sept 2017, baru ganti beberapa bulan lalu, jalan sekitar 50rb km.
ganti krn ada 1 ban yg abisnya gak rata jadi kalo jalan bunyi ngung ngung gitu. bannya awet banget sampe bosen pakenya, pas ganti blom kena indikator treadwear, masih ada sekitar 2mm dari tw.

pakenya ngaspal, blusukan juga sering, batu2 tajem bbrp kali. bocel2 dikit tapi gak ada retak sama sekali
20190325_121046.jpg
Ini foto 2019, pernah post disini om. Ini kurang lebih 2 tahun, pemakaian 15-20ribu gitu keknya. Dah terlihat retak2. Sekarang? Sudah makin parah hahaha
vincewonk wrote: Wed Nov 03, 2021 16:41
Saya dah 3x pake conti. Yg buatan malaysia kt org jelek bagusan buatan eropa. Tapi jelas yg buatan malaysia ga retak2. Di avanza cc3 dipake sampe 5thn aman. Ignis jg pake cc6 dan so far aman udah 2thn.
Nah dulu di DM pernah pake UC6 suv buatan czech, wah di korea aja dia mau 3thn dah retak2 hahaha.
Wow pernah pake cc3, dah pengguna lama conti nih memang. saya kenal conti pas cc5. Sekitar 2010 beli d Bandung.

Saya tergiur pengen coba UC, tp buat dipake di hatchback saya, ga ada ukuran hahaha.
Jaman dulu cc3 lebih murah dr techno mbah. Ya maap saya berpaling dr jembatan batu :big_biglaugh:
Itu dulu cuma stamford yg masukin conti. Padahal tahunnya seger. UC6 ada stok itu hari 195 50 16 mbah, 700rb per pcs tahun 2021 ukuran yaris. sayang abis ganti velg perlunya pake 205 50 16.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 8:51
farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 8:23

Camry xv50 v
Jaguar xf
Bmw 218i

Grip enak, lumayan empuk, ga berisik. Untuk sebuah conti harga jg bagus
itu mobil2 yg kelas noise insulation nya di atas ANR
hahahhaha.
krn keluhan nya di ANR.

sy selalu curious pgn tau mblnya apa dulu.
krn even ban sekelas potenza, klo dipasang di E-class sih hening2 aja
wkwkwkwkw :mky_03:
Haha coba kasi ban yg lebih mahal macam toyo t1r di bmw 520d saya berisiknya mantep suara gemuruh bgt. tongkrongan sama grip ok jg tp

Sekarang bmw 520d sy masih pake hankook ventus noble. Salah satu ban yg sgt ok dgn harga yg ok jg. Sayang kayanya di indo udh ga jual ventus noble lg. Kl msh ada sy masih pegang hankook itu drpd conti mc6
VW jg banyak yg ban bawaannya pake hankook om. Lucu aja ngeliat mobil eropa mau pake hankook. Di eropa amerika hankook laris bgt. Makanya saya sempet coba di yaris jg, penasaran om di bmw noble seri brp ya? S1 noble 2 kah? Aquaplanning oke lah om? Jujur ini kelemahan utamanya prime 3 saya dulu.

Dan Genesis justru pake michelin atau conti, karena keluhan dr warga korea yg merasa mobilnya mewah koq pake ban lokal? :big_dunno:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Setelah riset ke sana kemari,
Nyari pengganti ehnasep ec300+ buat lio i-vtec non turbo :mky_03:

Image
Image
Image
Image
Image

620rb per ban,
Di laju jaya ban, Moh Toha, Bandung.

Handling dan Braking belum test, dan gak tega.
Bukan buat balapan jg wkwkwkkwkw
Br sekedar coba pakai tangan, emg keset banget dan nempel karetnya di tgn, beda banget sm model duraplus2 yg gak gtu keset, tp katanya si duraplus2 lbh tahan lama.

Dan harga segini ok banget, krn sidewallnya 2 plyester
Lm705 aja masih 1 ply.

Harusnya lbh kuat klo ngantem lobang


Dan dicuciin ban nya, include serep bawaan pabrik jugaa :mky_01:

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 4:24 Setelah riset ke sana kemari,
Nyari pengganti ehnasep ec300+ buat lio i-vtec non turbo :mky_03:

Image
Image
Image
Image
Image

620rb per ban,
Di laju jaya ban, Moh Toha, Bandung.

Handling dan Braking belum test, dan gak tega.
Bukan buat balapan jg wkwkwkkwkw
Br sekedar coba pakai tangan, emg keset banget dan nempel karetnya di tgn, beda banget sm model duraplus2 yg gak gtu keset, tp katanya si duraplus2 lbh tahan lama.

Dan harga segini ok banget, krn sidewallnya 2 plyester
Lm705 aja masih 1 ply.

Harusnya lbh kuat klo ngantem lobang


Dan dicuciin ban nya, include serep bawaan pabrik jugaa :mky_01:

Image
Ini ban econya GY apa enggak om? Saya liupa2 inget soalnya sama2 ada nama assurancenya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Fri Nov 05, 2021 5:15
Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 4:24 Setelah riset ke sana kemari,
Nyari pengganti ehnasep ec300+ buat lio i-vtec non turbo :mky_03:

620rb per ban,
Di laju jaya ban, Moh Toha, Bandung.

Handling dan Braking belum test, dan gak tega.
Bukan buat balapan jg wkwkwkkwkw
Br sekedar coba pakai tangan, emg keset banget dan nempel karetnya di tgn, beda banget sm model duraplus2 yg gak gtu keset, tp katanya si duraplus2 lbh tahan lama.

Dan harga segini ok banget, krn sidewallnya 2 plyester
Lm705 aja masih 1 ply.

Harusnya lbh kuat klo ngantem lobang


Dan dicuciin ban nya, include serep bawaan pabrik jugaa :mky_01:
Ini ban econya GY apa enggak om? Saya liupa2 inget soalnya sama2 ada nama assurancenya
GY eco = Assurance Fuel Max
Lower Roll resistance

Klo triplemax 2 ini kelasnya summer touring tyre.
Sekelas dunlop lm705 lahh

Mayan, alhamdulillah dpt garansi 1 thn or 20rb km.
Benjol, sobek, bocor halus atau hal lain yg gak bisa ditambal, lgs diganti baru :big_biglaugh:

Dan yg pasti beneran lbh nyaman + gejala geol2 hilang.
Emang gak banget dah itu ehnasep ec300+ :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 4:24 Setelah riset ke sana kemari,
Nyari pengganti ehnasep ec300+ buat lio i-vtec non turbo :mky_03:

Image
Image
Image
Image
Image

620rb per ban,
Di laju jaya ban, Moh Toha, Bandung.

Handling dan Braking belum test, dan gak tega.
Bukan buat balapan jg wkwkwkkwkw
Br sekedar coba pakai tangan, emg keset banget dan nempel karetnya di tgn, beda banget sm model duraplus2 yg gak gtu keset, tp katanya si duraplus2 lbh tahan lama.

Dan harga segini ok banget, krn sidewallnya 2 plyester
Lm705 aja masih 1 ply.

Harusnya lbh kuat klo ngantem lobang


Dan dicuciin ban nya, include serep bawaan pabrik jugaa :mky_01:

Image
duraplus2 mah kelas econya GY om makanya lebih licin karena biar gampang gliding cuma lebih awet.
Handling braking dicoba aja om, mumpung musim hujan juga...
Dapet tahun produksi week 31 tahun 2020 ya.. bulan maret kemaren beli ukuran 195/65 R15 dapet yg tahun produksi week 9 tahun 2021 fresh dari gudangnya, sampai sekarang dah pakai 25rb km masih oke2 aja.. bantingannya juga masih kenyal. :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Ngeri2 sedap pakai ban eco,
Pelan2 aja klo ujan.

Apalagi udh sama2 tau gmn aspal di sini.

Klo yg triplemax lbh pede, krn kelasnya emg touring tyre dan karetnya lbh keset, emang beda banget sm duraplus2.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 8:11 Ngeri2 sedap pakai ban eco,
Pelan2 aja klo ujan.

Apalagi udh sama2 tau gmn aspal di sini.

Klo yg triplemax lbh pede, krn kelasnya emg touring tyre dan karetnya lbh keset, emang beda banget sm duraplus2.
Gimana si GY triplek 2 mbah d lio? Dibanding enasep lebi empuk kah?

Kalau triplek 1 d lio, saya cmn kuat pake 3-4K KM doang, keras pisan euy. Mendadak kek pake ban batu walau dah sesuaikan tekanan angin :ungg:
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Fri Nov 05, 2021 10:07
Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 8:11 Ngeri2 sedap pakai ban eco,
Pelan2 aja klo ujan.

Apalagi udh sama2 tau gmn aspal di sini.

Klo yg triplemax lbh pede, krn kelasnya emg touring tyre dan karetnya lbh keset, emang beda banget sm duraplus2.
Gimana si GY triplek 2 mbah d lio? Dibanding enasep lebi empuk kah?

Kalau triplek 1 d lio, saya cmn kuat pake 3-4K KM doang, keras pisan euy. Mendadak kek pake ban batu walau dah sesuaikan tekanan angin :ungg:
Br jalan <100km :big_biglaugh:

Lbh hening dan gejala geol2 / mentul2 kecil, lbh minim.

Yah namanya ver 2 supposedly improvement dr seri sebelumnya.
Lihat aja ntar 1 thn ke depan gmn.


Warga sini, Mbah wicak, dah pakai 25k km
masih enak tuhh katanya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
josomba wrote: Fri Nov 05, 2021 10:07
Suryaputra wrote: Fri Nov 05, 2021 8:11 Ngeri2 sedap pakai ban eco,
Pelan2 aja klo ujan.

Apalagi udh sama2 tau gmn aspal di sini.

Klo yg triplemax lbh pede, krn kelasnya emg touring tyre dan karetnya lbh keset, emang beda banget sm duraplus2.
Gimana si GY triplek 2 mbah d lio? Dibanding enasep lebi empuk kah?

Kalau triplek 1 d lio, saya cmn kuat pake 3-4K KM doang, keras pisan euy. Mendadak kek pake ban batu walau dah sesuaikan tekanan angin :ungg:
Br jalan <100km :big_biglaugh:

Lbh hening dan gejala geol2 / mentul2 kecil, lbh minim.

Yah namanya ver 2 supposedly improvement dr seri sebelumnya.
Lihat aja ntar 1 thn ke depan gmn.


Warga sini, Mbah wicak, dah pakai 25k km
masih enak tuhh katanya.
Saya tunggu short term reviewnya om, lg ngeker antara ban ini atau lm705 soalnya.

Penasaran apakah sidewall 2ply sepengaruh itu keras empuknya, skrg pake lm704 empuk tp ban belakang udh keburu peyang pdhl baru 2 taun/<20 rb km [emoji1787]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Fri Nov 05, 2021 13:04
Suryaputra wrote:
josomba wrote: Fri Nov 05, 2021 10:07

Gimana si GY triplek 2 mbah d lio? Dibanding enasep lebi empuk kah?

Kalau triplek 1 d lio, saya cmn kuat pake 3-4K KM doang, keras pisan euy. Mendadak kek pake ban batu walau dah sesuaikan tekanan angin :ungg:
Br jalan <100km :big_biglaugh:

Lbh hening dan gejala geol2 / mentul2 kecil, lbh minim.

Yah namanya ver 2 supposedly improvement dr seri sebelumnya.
Lihat aja ntar 1 thn ke depan gmn.


Warga sini, Mbah wicak, dah pakai 25k km
masih enak tuhh katanya.
Saya tunggu short term reviewnya om, lg ngeker antara ban ini atau lm705 soalnya.

Penasaran apakah sidewall 2ply sepengaruh itu keras empuknya, skrg pake lm704 empuk tp ban belakang udh keburu peyang pdhl baru 2 taun/<20 rb km [emoji1787]
Ntar sy update berkala.
Krn biar fair pakai 1 thn lah minimal.

Compare ke ehnasep ec300+
Yg pasti ini ban enak dan berasa lbh rigid sidewallnya ketika belok, di jalan agak gelombang, gak geol2 + ttp nyaman.

Yah kudu nyoba, susah digambarin sm kata2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Tanya dong mbah, saya barusan upgrade dari 185/60 R15(dunlop sp 2030) ke 195/50 R16 (turanza t005), itu tekanan ban seharusnya berapa ya?
Awal dari toko ban dikasih 35psi karena langsung dibawa luar kota sendirian (350an km), lalu 2 minggu parkir dan dipake lagi (33,3 psi) kok rasanya pas tikungan jadi miring2 ya mobilnya?
Waktu awal itu gk miring2 feels nya. Apa karena tekanan beda dari awal?

Btw impresi dari dunlop 2030 ke turanza ini bagus, hajar jalan basah pede bgt. Grip feelsnya dapet, ntah karena tipe ban atau ukuran yg lebih lebar. Lebih senyap iya, tp pas kena marka jalan rada bunyi 'nguuung'
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by mkamil »

Hmm, GY boleh juga ya saya juga lagi ngeker2 pengganti ehnasep300+ tahun 2016 yg sama geal-geol tapi keras 🤔 Januari nanti. Target utama Turanza tapi LM705 atau triplemax 2 dipertimbangkan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Fri Nov 05, 2021 23:41 Tanya dong mbah, saya barusan upgrade dari 185/60 R15(dunlop sp 2030) ke 195/50 R16 (turanza t005), itu tekanan ban seharusnya berapa ya?
Awal dari toko ban dikasih 35psi karena langsung dibawa luar kota sendirian (350an km), lalu 2 minggu parkir dan dipake lagi (33,3 psi) kok rasanya pas tikungan jadi miring2 ya mobilnya?
Waktu awal itu gk miring2 feels nya. Apa karena tekanan beda dari awal?

Btw impresi dari dunlop 2030 ke turanza ini bagus, hajar jalan basah pede bgt. Grip feelsnya dapet, ntah karena tipe ban atau ukuran yg lebih lebar. Lebih senyap iya, tp pas kena marka jalan rada bunyi 'nguuung'
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
mkamil wrote: Sat Nov 06, 2021 2:18 Hmm, GY boleh juga ya saya juga lagi ngeker2 pengganti ehnasep300+ tahun 2016 yg sama geal-geol tapi keras 🤔 Januari nanti. Target utama Turanza tapi LM705 atau triplemax 2 dipertimbangkan
Turanza ada yg speed ratingnya V, buat higher speed.
Klo GY speed ratingnya H, cocok buat MPV.
Sama" 2 ply.

LM705 1ply, i personally avoid it.
Klo bawaan pabrik dpt 1ply ya udh lah ya, dinikmati dl :big_biglaugh:

Jgn kenceng2 mbah, kecuali di sirkuit, hasrat gak sebanding dengan resiko nyawa (even takdir tuhan, tapi klo blm waktunya, dan terjadi apa", impact nya lbh minim).

apalagi aspal tol di indo bukan spt tol di autobahn :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by mkamil »

mkamil wrote: Sat Nov 06, 2021 2:18 Hmm, GY boleh juga ya saya juga lagi ngeker2 pengganti ehnasep300+ tahun 2016 yg sama geal-geol tapi keras 🤔 Januari nanti. Target utama Turanza tapi LM705 atau triplemax 2 dipertimbangkan
Turanza ada yg speed ratingnya V, buat higher speed.
Klo GY speed ratingnya H, cocok buat MPV.
Sama" 2 ply.

Jgn kenceng2 mbah, kecuali di sirkuit, hasrat gak sebanding dengan resiko nyawa (even takdir tuhan, tapi klo blm waktunya, dan terjadi apa", impact nya lbh minim).

apalagi aspal tol di indo bukan spt tol di autobahn :upss:
Tapi ehnasip300+ Side Wall nya 1 ply, cukup durable juga. Hajar transjawa dan bulan ini lintas barat-tengah-timur (3300an km) fine2 aja. Walaupun umur hampir 6 tahun dan sudah muncul retak rambut, tire grooves masih 60%an karena sering jadi garage queen. Karena itu LM705 juga jadi pertimbangan walaupun kayaknya agak “soft”

Iya jangan kenceng2, tol indonesia bukan buat high speed. Road patching (tambalan jalan) aja banyak yg ga bener. Masa sih pengelola ga tau cara nya perbaikan potholes yg benar dan aman. Asal tambal aja jadinya banyak gelombang, ga awet lagi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Sat Nov 06, 2021 3:20
mkamil wrote: Sat Nov 06, 2021 2:18 Hmm, GY boleh juga ya saya juga lagi ngeker2 pengganti ehnasep300+ tahun 2016 yg sama geal-geol tapi keras 🤔 Januari nanti. Target utama Turanza tapi LM705 atau triplemax 2 dipertimbangkan
Turanza ada yg speed ratingnya V, buat higher speed.
Klo GY speed ratingnya H, cocok buat MPV.
Sama" 2 ply.

Jgn kenceng2 mbah, kecuali di sirkuit, hasrat gak sebanding dengan resiko nyawa (even takdir tuhan, tapi klo blm waktunya, dan terjadi apa", impact nya lbh minim).

apalagi aspal tol di indo bukan spt tol di autobahn :upss:
Tapi ehnasip300+ Side Wall nya 1 ply, cukup durable juga. Hajar transjawa dan bulan ini lintas barat-tengah-timur (3300an km) fine2 aja. Walaupun umur hampir 6 tahun dan sudah muncul retak rambut, tire grooves masih 60%an karena sering jadi garage queen. Karena itu LM705 juga jadi pertimbangan walaupun kayaknya agak “soft”

Iya jangan kenceng2, tol indonesia bukan buat high speed. Road patching (tambalan jalan) aja banyak yg ga bener. Masa sih pengelola ga tau cara nya perbaikan potholes yg benar dan aman. Asal tambal aja jadinya banyak gelombang, ga awet lagi.
Biar ada new project dan budget buat baikin lagi, jd ada income tahunan.
Makanya ada warning max 100 km/h :big_biglaugh:

Knp sy pilih GY triple2,
di harga sama, dapat 2 ply + garansi 1 thn / 20rb km.

why? Dan ada benefit yg unggul.
itu value proposition yg bikin customer beli :big_peace:

Competition, membuat mereka selalu ingin di depan & customer happy :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by mkamil »


Biar ada new project dan budget buat baikin lagi, jd ada income tahunan.
Makanya ada warning max 100 km/h :big_biglaugh:

Knp sy pilih GY triple2,
di harga sama, dapat 2 ply + garansi 1 thn / 20rb km.

why? Dan ada benefit yg unggul.
itu value proposition yg bikin customer beli :big_peace:

Competition, membuat mereka selalu ingin di depan & customer happy :big_biglaugh:
Bloody projects & money, bisa jadi mengorbankan nyawa seseorang. Ga kebayang pertanggungjawaban nya di akhirat nanti.

Iya om competition, GY Indonesia agak “weak” marketnya saat ini. Harus berani menawarkan yg berbeda agar mau tetap survive dan competitive. Jadi inget dulu waktu SD kayaknya GY dimana-mana, sampai terpesona dgn kalender GY yg isinya Eagel Aquartred walau ga ngerti 😂 :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Sat Nov 06, 2021 3:55

Biar ada new project dan budget buat baikin lagi, jd ada income tahunan.
Makanya ada warning max 100 km/h :big_biglaugh:

Knp sy pilih GY triple2,
di harga sama, dapat 2 ply + garansi 1 thn / 20rb km.

why? Dan ada benefit yg unggul.
itu value proposition yg bikin customer beli :big_peace:

Competition, membuat mereka selalu ingin di depan & customer happy :big_biglaugh:
Bloody projects & money, bisa jadi mengorbankan nyawa seseorang. Ga kebayang pertanggungjawaban nya di akhirat nanti.

Iya om competition, GY Indonesia agak “weak” marketnya saat ini. Harus berani menawarkan yg berbeda agar mau tetap survive dan competitive. Jadi inget dulu waktu SD kayaknya GY dimana-mana, sampai terpesona dgn kalender GY yg isinya Eagel Aquartred walau ga ngerti 😂 :big_biglaugh:
Yah krn udh tau, tinggal kita nya hati2.
Wkwkwkw iya eagle aquatred, 1 arah rotasi bannya
Ketauan milenial generasi awal nih :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Sat Nov 06, 2021 3:00
dinatara wrote: Fri Nov 05, 2021 23:41 Tanya dong mbah, saya barusan upgrade dari 185/60 R15(dunlop sp 2030) ke 195/50 R16 (turanza t005), itu tekanan ban seharusnya berapa ya?
Awal dari toko ban dikasih 35psi karena langsung dibawa luar kota sendirian (350an km), lalu 2 minggu parkir dan dipake lagi (33,3 psi) kok rasanya pas tikungan jadi miring2 ya mobilnya?
Waktu awal itu gk miring2 feels nya. Apa karena tekanan beda dari awal?

Btw impresi dari dunlop 2030 ke turanza ini bagus, hajar jalan basah pede bgt. Grip feelsnya dapet, ntah karena tipe ban atau ukuran yg lebih lebar. Lebih senyap iya, tp pas kena marka jalan rada bunyi 'nguuung'
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Sat Nov 06, 2021 5:10
Suryaputra wrote: Sat Nov 06, 2021 3:00
dinatara wrote: Fri Nov 05, 2021 23:41 Tanya dong mbah, saya barusan upgrade dari 185/60 R15(dunlop sp 2030) ke 195/50 R16 (turanza t005), itu tekanan ban seharusnya berapa ya?
Awal dari toko ban dikasih 35psi karena langsung dibawa luar kota sendirian (350an km), lalu 2 minggu parkir dan dipake lagi (33,3 psi) kok rasanya pas tikungan jadi miring2 ya mobilnya?
Waktu awal itu gk miring2 feels nya. Apa karena tekanan beda dari awal?

Btw impresi dari dunlop 2030 ke turanza ini bagus, hajar jalan basah pede bgt. Grip feelsnya dapet, ntah karena tipe ban atau ukuran yg lebih lebar. Lebih senyap iya, tp pas kena marka jalan rada bunyi 'nguuung'
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
Oh udh up velg yaaa.
Ya udh jaga di rentang 35 - 38 psi ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DJanto »

farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 8:51
farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 8:23

Camry xv50 v
Jaguar xf
Bmw 218i

Grip enak, lumayan empuk, ga berisik. Untuk sebuah conti harga jg bagus
itu mobil2 yg kelas noise insulation nya di atas ANR
hahahhaha.
krn keluhan nya di ANR.

sy selalu curious pgn tau mblnya apa dulu.
krn even ban sekelas potenza, klo dipasang di E-class sih hening2 aja
wkwkwkwkw :mky_03:
Haha coba kasi ban yg lebih mahal macam toyo t1r di bmw 520d saya berisiknya mantep suara gemuruh bgt. tongkrongan sama grip ok jg tp

Sekarang bmw 520d sy masih pake hankook ventus noble. Salah satu ban yg sgt ok dgn harga yg ok jg. Sayang kayanya di indo udh ga jual ventus noble lg. Kl msh ada sy masih pegang hankook itu drpd conti mc6
omm, penasaran bmw 520d mestinya pake ban runflats kan, ganti ke ban tubeless biasa apa nambah ban serep apa gimna?
ane pake x3 ban run flat bawaan dah waktunya ganti tapi males pake rft lagi karena mahal dan keras, cuman bingung berhubung ga ada ban serepnya
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Sat Nov 06, 2021 5:28
dinatara wrote: Sat Nov 06, 2021 5:10
Suryaputra wrote: Sat Nov 06, 2021 3:00
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
Oh udh up velg yaaa.
Ya udh jaga di rentang 35 - 38 psi ajah.
tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
2012 - 1NZFE
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by farizfsa »

DJanto wrote: Sat Nov 06, 2021 6:08
farizfsa wrote: Thu Nov 04, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Thu Nov 04, 2021 8:51

itu mobil2 yg kelas noise insulation nya di atas ANR
hahahhaha.
krn keluhan nya di ANR.

sy selalu curious pgn tau mblnya apa dulu.
krn even ban sekelas potenza, klo dipasang di E-class sih hening2 aja
wkwkwkwkw :mky_03:
Haha coba kasi ban yg lebih mahal macam toyo t1r di bmw 520d saya berisiknya mantep suara gemuruh bgt. tongkrongan sama grip ok jg tp

Sekarang bmw 520d sy masih pake hankook ventus noble. Salah satu ban yg sgt ok dgn harga yg ok jg. Sayang kayanya di indo udh ga jual ventus noble lg. Kl msh ada sy masih pegang hankook itu drpd conti mc6
omm, penasaran bmw 520d mestinya pake ban runflats kan, ganti ke ban tubeless biasa apa nambah ban serep apa gimna?
ane pake x3 ban run flat bawaan dah waktunya ganti tapi males pake rft lagi karena mahal dan keras, cuman bingung berhubung ga ada ban serepnya
Sudah 3 tahun lebih ga pake rft. Ga pakai ban serep jg.
Kl ban ada masalah (yg ga tiba2 kaya kurang angin) idrive kasih warning kan jd no worries lah.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)