VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

Siang suhu2 saya user baru nih, mau tanya2 kalo menurut suhu2 disini mending ambil VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactive 2018? Kurang lebih ongkos minang ini 2 ga beda jauh, paling beda kira2 belasan juta. Kalo baca2 fun to drive pasti lebih ke Golf ya trus jg design cakepan Golf hanya cukup rentan dan rewel ya katanya 1.4 TSI DSG ini (kabarnya sih Mechatronic nya baru diganti dan masih garansi sampai 2022), kalo Mazda 2 lebih banyak fitur dan utk sekelas mobil Hatchback Jepang tapi minus nya jg katanya audio sangat kurang dan row 2 nya sempit bgt beda sm Golf yg lega. Kalo menurut saran suhu2 disini mending ambil yg mana ya? Terima kasih ^^
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by ChZ »

ugly truth miara mobil jerman :
hrs siap mental dan biaya minimal yah klo kelas golf separo harga mobilnya pas beli.

jgn mudah tergiur dengan harganya yang murah meriah. jgn mentang-mentang harganya udah deket sama Mazda2 GT lalu dipertimbangkan, buat long run akan lebih costly, apalagi ini mobil didapet dengan kondisi sudah 7 tahun.... :big_grin:

MK7 emang lebih robust daripada Mk6... dan out of the bunch mobil seperti BMW atau Ford sebenernya Golf relatif tdk banyak masalah, gimanapun ini avanza nya orang jerman :big_grin: ... but still, ini sebuah mobil jerman berusia 7 taun... anything can happen.

spare parts dua duanya mirip... enaknya VW itu platform MQB nya dipake nyaris semua lineup VW-Audi. Jadi urusan parts aplg jika tinggal di kota besar sbnrnya tidak terlalu susah... specialistnya juga banyak, basis community nya kuat (nuvolks). penyakitnya VW-Audi vehicles itu juga terlalu common... justru saking common nya, bengkel jadi uda apal. ampe pemiliknya dari awam otomotif bisa jd auto professor saking seringnya ke bengkel :big_grin:

dan Golf lebih menyenangkan buat jadi mobil "mainan". tuning partsnya banyak, dan modif interior-exterior lebih enak... lbh rawan khilaf... :ngacir: klo bosenan sih enak miara Golf drpd mazda...

Mazda2 pilihan sensibel, reliabel, tapi tingkat kepuasannya beda...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

ChZ wrote: Fri Sep 04, 2020 8:00 ugly truth miara mobil jerman :
hrs siap mental dan biaya minimal yah klo kelas golf separo harga mobilnya pas beli.

jgn mudah tergiur dengan harganya yang murah meriah. jgn mentang-mentang harganya udah deket sama Mazda2 GT lalu dipertimbangkan, buat long run akan lebih costly, apalagi ini mobil didapet dengan kondisi sudah 7 tahun.... :big_grin:

MK7 emang lebih robust daripada Mk6... dan out of the bunch mobil seperti BMW atau Ford sebenernya Golf relatif tdk banyak masalah, gimanapun ini avanza nya orang jerman :big_grin: ... but still, ini sebuah mobil jerman berusia 7 taun... anything can happen.

spare parts dua duanya mirip... enaknya VW itu platform MQB nya dipake nyaris semua lineup VW-Audi. Jadi urusan parts aplg jika tinggal di kota besar sbnrnya tidak terlalu susah... specialistnya juga banyak, basis community nya kuat (nuvolks). penyakitnya VW-Audi vehicles itu juga terlalu common... justru saking common nya, bengkel jadi uda apal. ampe pemiliknya dari awam otomotif bisa jd auto professor saking seringnya ke bengkel :big_grin:

dan Golf lebih menyenangkan buat jadi mobil "mainan". tuning partsnya banyak, dan modif interior-exterior lebih enak... lbh rawan khilaf... :ngacir: klo bosenan sih enak miara Golf drpd mazda...

Mazda2 pilihan sensibel, reliabel, tapi tingkat kepuasannya beda...
Ini Golf nya sih km nya udah lumayan banyak sekitar 40rb miles dan kalo penyakit Golf MK7 1.4 TSI ini selain Mechatronic apa ya? Soalnya Mechatronic nya baru diganti infonya. Saya baca2 jg Mazda 2 jg salah satu mobil Jepang yg lumayan costly maintenance sm lebih rewel jg dibanding Toyota sm Honda apa benar? Kalo mobilnya dipake paling seminggu 3x gitu menurut bro mending yg mana ya? Btw terima kasih ya buat masukannya ya bro :)
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by evolution21 »

dijelakan secara detail ama Um chz,
couldnt agree more

kalo saya jd ts, karena ane suka banget ama kualitas berkendara ya pilih golf sih...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by ChZ »

shinryu910 wrote: Fri Sep 04, 2020 9:02 Ini Golf nya sih km nya udah lumayan banyak sekitar 40rb miles dan kalo penyakit Golf MK7 1.4 TSI ini selain Mechatronic apa ya? Soalnya Mechatronic nya baru diganti infonya. Saya baca2 jg Mazda 2 jg salah satu mobil Jepang yg lumayan costly maintenance sm lebih rewel jg dibanding Toyota sm Honda apa benar? Kalo mobilnya dipake paling seminggu 3x gitu menurut bro mending yg mana ya? Btw terima kasih ya buat masukannya ya bro :)
VW most common problem itu DSG dan water pump,lalu klo di MK6 itu ABS sensor. Yang ini ga tau apakah MK7 jg sama.

Sisanya umur sehh. Steering rack, kaki-kaki. MK7 CBU pake ban lumayan tipis rasanya kaki kaki bakal lbh cepet kena......

Klo mazda buat reguler sama sama aj ama toyota honda yang skrg... Cm kalo udah slow moving dan electrical nah baru itu.... :big_grin: maintenance mazda2 sdh ada threadnya di sini koq.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by turbine888 »

Setuju banget dgn om ChZ. Kalo mau piara mk7 sih siap mental maintenance costnya aja yg bakal jauh di atas Mazda2, wlau mk7 sendiri cenderung reliable for a German car (problem Mecha DSG lebih jarang di Mk7, waterpump sudah lebih aman karena tidak memutar pulley supercharger spt mk6, dan sensor abs relatif jarang trouble). Selain itu kalo dari saya sih, kembali lagi ke om TS. Apa om TS menjadikan mobil pilihan purely sbg alat transportasi? Atau om TS mau mobil yg masih bisa dibuat nakal dikit2 :big_biglaugh: ?

Kedua mobil ini menurut ane sih gabisa disejajarkan walau harganya mirip2. Afterall, si Golf dengan segala pesonanya masihlah a 7-year-old German car yg dengan aneka quirks-nya tidak akan se-reliable seekor Mazda2. Lalu, seenak2nya dan reliablenya Mazda2, driving experiencenya TSI+DSG+MQB jauh lebih enak. Ada atau tidaknya “quirks” tersebutlah yg bisa membuat om TS either jd sayang banget atau benci banget sama nih mobil.

So, kembali lagi ke pertanyaan di atas om: ini mobil fungsinya apa dulu? Tapi kalo emang sudah kesengsem ama mk7 sih ikut kubu 3S aja deh om. Ntar kalo jadinya ga reliable bisa sekalian merasakan Sheer Repairing Pleasure :big_weee:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by KielConstantine »

Modelnya bgini ya?

VW Golf MK7 TSI - CBU https://www.olx.co.id/ad/793828105

Murmer juga 200jt kecil ud bisa ditebus...

Go for it aja om ts, drpd ntar ente penasaran pake si mazdut ktemu golf dijalan trus baper hahahaha. Urusan maintenance2 banyak masternya yg bisa bimbing disini..

Budgetnya paling sediain 300 jt aza...

200 jt beli unit ; 100 jt buat upkeep operating cost.

Skali2 cobain merk eropa, supaya ada pengalaman.. asik kok


Urusan smua akan Toyota pada waktunya , kita obrolin lagi 2-3 tahun mendatang.

Yang penting ngeropah duluu

:ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

turbine888 wrote: Fri Sep 04, 2020 16:14 Setuju banget dgn om ChZ. Kalo mau piara mk7 sih siap mental maintenance costnya aja yg bakal jauh di atas Mazda2, wlau mk7 sendiri cenderung reliable for a German car (problem Mecha DSG lebih jarang di Mk7, waterpump sudah lebih aman karena tidak memutar pulley supercharger spt mk6, dan sensor abs relatif jarang trouble). Selain itu kalo dari saya sih, kembali lagi ke om TS. Apa om TS menjadikan mobil pilihan purely sbg alat transportasi? Atau om TS mau mobil yg masih bisa dibuat nakal dikit2 :big_biglaugh: ?

Kedua mobil ini menurut ane sih gabisa disejajarkan walau harganya mirip2. Afterall, si Golf dengan segala pesonanya masihlah a 7-year-old German car yg dengan aneka quirks-nya tidak akan se-reliable seekor Mazda2. Lalu, seenak2nya dan reliablenya Mazda2, driving experiencenya TSI+DSG+MQB jauh lebih enak. Ada atau tidaknya “quirks” tersebutlah yg bisa membuat om TS either jd sayang banget atau benci banget sama nih mobil.

So, kembali lagi ke pertanyaan di atas om: ini mobil fungsinya apa dulu? Tapi kalo emang sudah kesengsem ama mk7 sih ikut kubu 3S aja deh om. Ntar kalo jadinya ga reliable bisa sekalian merasakan Sheer Repairing Pleasure :big_weee:
Hahahahaha kebetulan saya suka nyetir dan dari 1 hatchback Jepang 1 hatchback Eropa ini masing2 pilihan saya yg bisa dibilang meski beda asal tapi fun to drive di kelasnya masing2. Tapi kalo tiap berapa saat ke bengkel terus sih cape jg ya pastinya wkwkwkwk, kalo sebelum beli general check up dulu apa bisa lebih jamin mobil ini reliable ke depannya nggak yah? Thanks for the answer btw bro hehe
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

KielConstantine wrote: Fri Sep 04, 2020 16:54 Modelnya bgini ya?

VW Golf MK7 TSI - CBU https://www.olx.co.id/ad/793828105

Murmer juga 200jt kecil ud bisa ditebus...

Go for it aja om ts, drpd ntar ente penasaran pake si mazdut ktemu golf dijalan trus baper hahahaha. Urusan maintenance2 banyak masternya yg bisa bimbing disini..

Budgetnya paling sediain 300 jt aza...

200 jt beli unit ; 100 jt buat upkeep operating cost.

Skali2 cobain merk eropa, supaya ada pengalaman.. asik kok


Urusan smua akan Toyota pada waktunya , kita obrolin lagi 2-3 tahun mendatang.

Yang penting ngeropah duluu

:ngacir:
Hahahaha iya takutnya tar ambil Mazda 2 malah jadi nyesel, iya apalagi ketemu di jalan makin nyesel deh. Iya modelnya kurang lebih yg itu demen yg model CBU sih kalo CKD interior nya kurang bagus sm velg nya jg cakepan yg CBU hehe. Thanks jawabannya ya bro btw :)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by ChZ »

turbine888 wrote: Fri Sep 04, 2020 16:14 Setuju banget dgn om ChZ. Kalo mau piara mk7 sih siap mental maintenance costnya aja yg bakal jauh di atas Mazda2, wlau mk7 sendiri cenderung reliable for a German car (problem Mecha DSG lebih jarang di Mk7, waterpump sudah lebih aman karena tidak memutar pulley supercharger spt mk6, dan sensor abs relatif jarang trouble). Selain itu kalo dari saya sih, kembali lagi ke om TS. Apa om TS menjadikan mobil pilihan purely sbg alat transportasi? Atau om TS mau mobil yg masih bisa dibuat nakal dikit2 :big_biglaugh: ?
nahh sbenernya menarik juga ini... ane kebayang betapa tercerahkannya para engineer VW waktu test mule platform MK7 ini kalo sumber masalah ternyata berakar ke supercharger yang memberi too much stress pada komponen... :big_biglaugh:

lepas superchargernya, selesai masalah :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by farizfsa »

Susah loh cari golf mk7 km rendah
Biasa mepet atau lewat 100rb
Mobil enak kali ya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

ChZ wrote: Sat Sep 05, 2020 3:07
turbine888 wrote: Fri Sep 04, 2020 16:14 Setuju banget dgn om ChZ. Kalo mau piara mk7 sih siap mental maintenance costnya aja yg bakal jauh di atas Mazda2, wlau mk7 sendiri cenderung reliable for a German car (problem Mecha DSG lebih jarang di Mk7, waterpump sudah lebih aman karena tidak memutar pulley supercharger spt mk6, dan sensor abs relatif jarang trouble). Selain itu kalo dari saya sih, kembali lagi ke om TS. Apa om TS menjadikan mobil pilihan purely sbg alat transportasi? Atau om TS mau mobil yg masih bisa dibuat nakal dikit2 :big_biglaugh: ?
nahh sbenernya menarik juga ini... ane kebayang betapa tercerahkannya para engineer VW waktu test mule platform MK7 ini kalo sumber masalah ternyata berakar ke supercharger yang memberi too much stress pada komponen... :big_biglaugh:

lepas superchargernya, selesai masalah :big_grin:
Jadi overall MK7 ini lebih aman dan refine drpd MK6 karena dah ga ada supercharger kan ya bro? Hahaha
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by Pboyz97 »

Nah, pilihan yg agak berat ya menurut saya. Semua tergantung om TS . Dua duanya mobil yg bagus kok. Sama sama punya handling, peforma, dan driving feel yang bagus dikelasnya masing2. Kalo om TS
- Punya spare budget minimal 10-30 jt dari harga beli mobil. Karena , namanya mobil seken, apalagi mobil eropa yg udh berumur pasti ada aja part yg harus diganti
- Punya kenalan bengkel spesialis maupun komunitas VW
- Punya waktu luang untuk kebengkel ngurusin mobil, karena namanya mobil eropa seken, apalagi yg udah berumur, mesti siap dengan segala konsekuensinya yg agak perlu perhatian lebih extra dibanding mobil jepang
- Punya mobil lain dirumah untuk daily
- Sudah siap dengan segala konsekuensi dan resikonya dan sudah pernah memelihara mobil bekas sebelumnya (terutama mobil eropa) silahkan ambil golf MK7. Kalo sehat, mobil ini merupakan mobil yg enak disetir dan punya handling yg oke + peformanya gak malu2in buat diajak kebut2an hehehe. Cuma denger2 emg rentan di DSG nya aja sih + piston dan racksteer . Cuma kalo om sudah siap dengan semua itu, go for it, kelasnya jelas diatas mazda 2 dan lebih fun to drive dibanding mazda 2

Tapi kalo om TS
- Masih awam otomotif, terutama mobil eropa
- Bakal jadi mobil pertama atau mobil satu satunya
- Ogah ke bengkel buat ngurusin mobil
- Blm pengalaman melihara mobekas, terutama mobil eropa
Ambil mazda 2. Saya sebagai mantan calon user M2 GT FL 2018 yg akhirnya SPK yaris joker bantu jawab ya. Soal audio kurang. Memang kurang, kalo dibandingkan dengan golf, secara kelas jg beda jauh. Tapi buat ukuran mobil jepang, apalagi dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti yaris dan jazz, mazda 2 yg terbaik dikelasnya. Kalo row 2 memang sempit, tapi kalo mobilnya cuma dipake sendiri atau berdua, dan buat org dengan tinggi kurang dari 173cm, row 2 nya masih muat kok. Minus lain dari mazda 2, ada di storagenya yg minim dan bagasi yg terkecil dikelasnya. Cuma soal fun to drive, fitur, handling ,peforma , dan driving feel. Is more than enough for a 300 million car at new, because it's driving feel doesn't feel like japs car anymore, but like european car like bmw and audi which is very fun to drive for a japs car. Fiturnya pun jg banyak, airbag 6 salah satunya, dimana yg versi sekarang disunat airbagnya jadi 2 wkwkwk. Alasan saya gak jadi SPK M2 GT FL 2018 karena sempit dan maintenancenya agak mahal buat ukuran mobil jepang (kebetulan saya ex user cx5 2013, dan sekarang pake AN CX5 2018). Tapi buat dipelihara lama, worth it kok, partnya awet dan mudah didapatkan ,cuma harga partnya lebih mahal aja daripada merek jepang lainnya kaya T dan H tegak, apalagi omTS tinggal di kota besar seperti jakarta. Minusnya adalah part copotan dan bengkel spesialisnya gak sebanyak merek jepang lainnya. Sisanya no complain lah. Mazda termasuk salah 1 merek yg reliable buat ukuran mobil jepang nonmainstream, dulu pernah pelihara cx5 2013 selama 6 tahun dengan odo 150rb pas dijual tahun lalu, gapernah ada masalah aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. Kalo mau beli mazda 2 seken 2018 yg mesti diperhatiin
- I-stopnya, pastikan masih berfungsi + akinya baru ganti, karena aki istopnya sekali ganti bakal cukup mahal.
- Sensor2 dan elektrikal, karena termasuk canggih untuk ukuran mobil jepang
- Racksteering
Sisanya kaya cek mobil bekas pada umumnya aja deh. Semoga bermanfaat and happy hunting
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by Pboyz97 »

shinryu910 wrote: Fri Sep 04, 2020 9:02
ChZ wrote: Fri Sep 04, 2020 8:00 ugly truth miara mobil jerman :
hrs siap mental dan biaya minimal yah klo kelas golf separo harga mobilnya pas beli.

jgn mudah tergiur dengan harganya yang murah meriah. jgn mentang-mentang harganya udah deket sama Mazda2 GT lalu dipertimbangkan, buat long run akan lebih costly, apalagi ini mobil didapet dengan kondisi sudah 7 tahun.... :big_grin:

MK7 emang lebih robust daripada Mk6... dan out of the bunch mobil seperti BMW atau Ford sebenernya Golf relatif tdk banyak masalah, gimanapun ini avanza nya orang jerman :big_grin: ... but still, ini sebuah mobil jerman berusia 7 taun... anything can happen.

spare parts dua duanya mirip... enaknya VW itu platform MQB nya dipake nyaris semua lineup VW-Audi. Jadi urusan parts aplg jika tinggal di kota besar sbnrnya tidak terlalu susah... specialistnya juga banyak, basis community nya kuat (nuvolks). penyakitnya VW-Audi vehicles itu juga terlalu common... justru saking common nya, bengkel jadi uda apal. ampe pemiliknya dari awam otomotif bisa jd auto professor saking seringnya ke bengkel :big_grin:

dan Golf lebih menyenangkan buat jadi mobil "mainan". tuning partsnya banyak, dan modif interior-exterior lebih enak... lbh rawan khilaf... :ngacir: klo bosenan sih enak miara Golf drpd mazda...

Mazda2 pilihan sensibel, reliabel, tapi tingkat kepuasannya beda...
Ini Golf nya sih km nya udah lumayan banyak sekitar 40rb miles dan kalo penyakit Golf MK7 1.4 TSI ini selain Mechatronic apa ya? Soalnya Mechatronic nya baru diganti infonya. Saya baca2 jg Mazda 2 jg salah satu mobil Jepang yg lumayan costly maintenance sm lebih rewel jg dibanding Toyota sm Honda apa benar? Kalo mobilnya dipake paling seminggu 3x gitu menurut bro mending yg mana ya? Btw terima kasih ya buat masukannya ya bro :)
Sebagai ex user CX5 2013 dan CRV 2010 ,dan sekarang user CRV 2019 dan AN CX5 2018 saya bantu jawab ya, yg saya bold. Kalo costly maintenance lebih rewel daripada toyota dan honda ,sepertinya gak juga. Kalo partnya lebih mahal dibanding toyota dan honda iya. Cuma kalo sama sama di beres, bedanya tipis kok, terutama mazda sm honda, gak jauh2 amat kaya yg di pikirkan orang2 diluar sana hehehe. Dan mazda gak rewel kok, dan menurut pengalaman saya, lebih rewel honda malah. Kalo dibanding toyota iya, mazda lebih rewel, mungkin karena elektrikalnya lebih canggih dan teknologinya lebih advance jadi membutuhkan perhatian lebih dibanding toyota dan honda yg lebih simpel hehehe. Jadi intinya, gak usah kuatir melihara mazda, part mudah dan banyak kok di beres, apalagi om TS tinggal di kota besar seperti jakarta. Dan kalo dipake seminggu 3x. Saya lebih vote mazda 2 aja, karena kalo mobil eropa denger2 kalo jarang dipake malah banyak trouble, sedangkan kalo sering dipake malah awet hehehe. Gatau bener apa kaga, karena cuma denger dari temen yg melihara mobil eropa doang hehehe. Cuma pengalaman saya melihara CX5 gen 1 sm gen 2. Mau dipake tiap hari ataupun dipake seminggu 3x pun tetep sama, tetep awet. Cuma saran saya dipanasin aja mobilnya tiap hari, terutama pas om gak pake mobil itu hehehe. Kalo golf sih, denger2 ada di racksteer sm pistonnya penyakitnya selain mecha
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

Pboyz97 wrote: Sat Sep 05, 2020 9:36 Nah, pilihan yg agak berat ya menurut saya. Semua tergantung om TS . Dua duanya mobil yg bagus kok. Sama sama punya handling, peforma, dan driving feel yang bagus dikelasnya masing2. Kalo om TS
- Punya spare budget minimal 10-30 jt dari harga beli mobil. Karena , namanya mobil seken, apalagi mobil eropa yg udh berumur pasti ada aja part yg harus diganti
- Punya kenalan bengkel spesialis maupun komunitas VW
- Punya waktu luang untuk kebengkel ngurusin mobil, karena namanya mobil eropa seken, apalagi yg udah berumur, mesti siap dengan segala konsekuensinya yg agak perlu perhatian lebih extra dibanding mobil jepang
- Punya mobil lain dirumah untuk daily
- Sudah siap dengan segala konsekuensi dan resikonya dan sudah pernah memelihara mobil bekas sebelumnya (terutama mobil eropa) silahkan ambil golf MK7. Kalo sehat, mobil ini merupakan mobil yg enak disetir dan punya handling yg oke + peformanya gak malu2in buat diajak kebut2an hehehe. Cuma denger2 emg rentan di DSG nya aja sih + piston dan racksteer . Cuma kalo om sudah siap dengan semua itu, go for it, kelasnya jelas diatas mazda 2 dan lebih fun to drive dibanding mazda 2

Tapi kalo om TS
- Masih awam otomotif, terutama mobil eropa
- Bakal jadi mobil pertama atau mobil satu satunya
- Ogah ke bengkel buat ngurusin mobil
- Blm pengalaman melihara mobekas, terutama mobil eropa
Ambil mazda 2. Saya sebagai mantan calon user M2 GT FL 2018 yg akhirnya SPK yaris joker bantu jawab ya. Soal audio kurang. Memang kurang, kalo dibandingkan dengan golf, secara kelas jg beda jauh. Tapi buat ukuran mobil jepang, apalagi dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti yaris dan jazz, mazda 2 yg terbaik dikelasnya. Kalo row 2 memang sempit, tapi kalo mobilnya cuma dipake sendiri atau berdua, dan buat org dengan tinggi kurang dari 173cm, row 2 nya masih muat kok. Minus lain dari mazda 2, ada di storagenya yg minim dan bagasi yg terkecil dikelasnya. Cuma soal fun to drive, fitur, handling ,peforma , dan driving feel. Is more than enough for a 300 million car at new, because it's driving feel doesn't feel like japs car anymore, but like european car like bmw and audi which is very fun to drive for a japs car. Fiturnya pun jg banyak, airbag 6 salah satunya, dimana yg versi sekarang disunat airbagnya jadi 2 wkwkwk. Alasan saya gak jadi SPK M2 GT FL 2018 karena sempit dan maintenancenya agak mahal buat ukuran mobil jepang (kebetulan saya ex user cx5 2013, dan sekarang pake AN CX5 2018). Tapi buat dipelihara lama, worth it kok, partnya awet dan mudah didapatkan ,cuma harga partnya lebih mahal aja daripada merek jepang lainnya kaya T dan H tegak, apalagi omTS tinggal di kota besar seperti jakarta. Minusnya adalah part copotan dan bengkel spesialisnya gak sebanyak merek jepang lainnya. Sisanya no complain lah. Mazda termasuk salah 1 merek yg reliable buat ukuran mobil jepang nonmainstream, dulu pernah pelihara cx5 2013 selama 6 tahun dengan odo 150rb pas dijual tahun lalu, gapernah ada masalah aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. Kalo mau beli mazda 2 seken 2018 yg mesti diperhatiin
- I-stopnya, pastikan masih berfungsi + akinya baru ganti, karena aki istopnya sekali ganti bakal cukup mahal.
- Sensor2 dan elektrikal, karena termasuk canggih untuk ukuran mobil jepang
- Racksteering
Sisanya kaya cek mobil bekas pada umumnya aja deh. Semoga bermanfaat and happy hunting
Iya gan justru emg dr dulu kepengen Golf MK7 sih kalo MK6 emg kurang demen modelnya, Mazda 2 itu alternatif aja sebenernya. Makanya nanya saran2 suhu2 disini hahaha. Thanks buat saran dan info nya bro :)
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by r12qiSonH4ji »

Kasih masukan buat TS
Golf is another level from Mazda 2
Go for Golf MK7

Sekedar info :
Ane pernah punya Golf MK7 dari tahun 2014-2017 dan pernah punya mazda 2 GT tahun 2018.

:big_smoking:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by Volk »

r12qiSonH4ji wrote: Sat Sep 05, 2020 11:29 Kasih masukan buat TS
Golf is another level from Mazda 2
Go for Golf MK7

Sekedar info :
Ane pernah punya Golf MK7 dari tahun 2014-2017 dan pernah punya mazda 2 GT tahun 2018.

:big_smoking:
Udh pake mk7 y pasti ke mazda 2 turun rasa ni 🤭
Wong sy aja pake ford fiesta vs mazda 2 aja ttp enk FF
Meskipun gak lengkap fitur.Apalagi MK7 hehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by ChZ »

shinryu910 wrote: Sat Sep 05, 2020 9:00
ChZ wrote: Sat Sep 05, 2020 3:07
turbine888 wrote: Fri Sep 04, 2020 16:14 Setuju banget dgn om ChZ. Kalo mau piara mk7 sih siap mental maintenance costnya aja yg bakal jauh di atas Mazda2, wlau mk7 sendiri cenderung reliable for a German car (problem Mecha DSG lebih jarang di Mk7, waterpump sudah lebih aman karena tidak memutar pulley supercharger spt mk6, dan sensor abs relatif jarang trouble). Selain itu kalo dari saya sih, kembali lagi ke om TS. Apa om TS menjadikan mobil pilihan purely sbg alat transportasi? Atau om TS mau mobil yg masih bisa dibuat nakal dikit2 :big_biglaugh: ?
nahh sbenernya menarik juga ini... ane kebayang betapa tercerahkannya para engineer VW waktu test mule platform MK7 ini kalo sumber masalah ternyata berakar ke supercharger yang memberi too much stress pada komponen... :big_biglaugh:

lepas superchargernya, selesai masalah :big_grin:
Jadi overall MK7 ini lebih aman dan refine drpd MK6 karena dah ga ada supercharger kan ya bro? Hahaha
Aman om. Yang post twincharger generation rata rata minim trobel stau saya.

Paling basic maintenance aja dan cek record history, no record mending skip. Ngga lucu nanti tiba tiba dijual ternyata krn mekatronik gejala rusak... 30jt melayang dah tuh. Gak garansi pula kan.

DSG ada beberapa useful trick buat maintain nya supaya awet. Dia tetep butuh ritual ganti clutch spt manual, tp paling engga supaya memperpanjang umur clutch.

Klo selama ini saya selalu usahakan pake mode manual di dalam kota dan pindah N ketika berhenti.... pindahin manual supaya stress clutch akibat lock+release clutch tidak terlalu besar spt di mode D. Selain itu lebih halus dan natural juga feelnya :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by Pboyz97 »

shinryu910 wrote: Sat Sep 05, 2020 11:27
Iya gan justru emg dr dulu kepengen Golf MK7 sih kalo MK6 emg kurang demen modelnya, Mazda 2 itu alternatif aja sebenernya. Makanya nanya saran2 suhu2 disini hahaha. Thanks buat saran dan info nya bro :)
Kalo udah kepengen sm Golf MK7 mah sikat aja om, kesempatan gak datang 2x lho hehehe, tapi jangan lupa mesti siap sama maintenancenya ya yg udah pasti bakal lebih mahal daripada mazda 2
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

r12qiSonH4ji wrote: Sat Sep 05, 2020 11:29 Kasih masukan buat TS
Golf is another level from Mazda 2
Go for Golf MK7

Sekedar info :
Ane pernah punya Golf MK7 dari tahun 2014-2017 dan pernah punya mazda 2 GT tahun 2018.

:big_smoking:
Wah skrg udah dijual Golf MK7 nya bro? Boleh cerita gmn owning experience nya ga? Yg CBU apa CKD bro? Hehehe
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by idlamahilang »

Saya pilih golf mk7 om, dengan catatan sering dipakai. 3x seminggu sudah cukup harus nya utk mobil eropa.

Saya udah 3 thn ini pakai 2 mobil merk jerman dan USA yg banyak hatersnya, saya rotasi tiap 1 minggu. Belum ada masalah aneh-aneh sampai saat ini.
Beda kalo dijadiin garage queen, banyak manja nya tuh mobil eropa. Sering nongol trouble kalo jarang dipakai.
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

ChZ wrote: Sat Sep 05, 2020 13:08
shinryu910 wrote: Sat Sep 05, 2020 9:00
ChZ wrote: Sat Sep 05, 2020 3:07

nahh sbenernya menarik juga ini... ane kebayang betapa tercerahkannya para engineer VW waktu test mule platform MK7 ini kalo sumber masalah ternyata berakar ke supercharger yang memberi too much stress pada komponen... :big_biglaugh:

lepas superchargernya, selesai masalah :big_grin:
Jadi overall MK7 ini lebih aman dan refine drpd MK6 karena dah ga ada supercharger kan ya bro? Hahaha
Aman om. Yang post twincharger generation rata rata minim trobel stau saya.

Paling basic maintenance aja dan cek record history, no record mending skip. Ngga lucu nanti tiba tiba dijual ternyata krn mekatronik gejala rusak... 30jt melayang dah tuh. Gak garansi pula kan.

DSG ada beberapa useful trick buat maintain nya supaya awet. Dia tetep butuh ritual ganti clutch spt manual, tp paling engga supaya memperpanjang umur clutch.

Klo selama ini saya selalu usahakan pake mode manual di dalam kota dan pindah N ketika berhenti.... pindahin manual supaya stress clutch akibat lock+release clutch tidak terlalu besar spt di mode D. Selain itu lebih halus dan natural juga feelnya :big_grin:
Iya bro ini mau di general check up dulu sebelum ambil biar tau apa2 aja kalo misalnya ada penyakitnya. Mechatronic nya sih baru ganti blm lama sekitar 5rb an km yg lalu, jadi yg harus di cek itu Piston, Racksteer (Kaki2), Clutch Pack, trus ada lg apa nggak bro? Kalo service nya record tapi sempet beberapa kali skip ga record cmn buat ganti oli doang gpp ga bro? Wah ada trik nya terima kasih bro buat info nya hehe
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

Pboyz97 wrote: Sat Sep 05, 2020 14:25
shinryu910 wrote: Sat Sep 05, 2020 11:27
Iya gan justru emg dr dulu kepengen Golf MK7 sih kalo MK6 emg kurang demen modelnya, Mazda 2 itu alternatif aja sebenernya. Makanya nanya saran2 suhu2 disini hahaha. Thanks buat saran dan info nya bro :)
Kalo udah kepengen sm Golf MK7 mah sikat aja om, kesempatan gak datang 2x lho hehehe, tapi jangan lupa mesti siap sama maintenancenya ya yg udah pasti bakal lebih mahal daripada mazda 2
Iya pasti lebih mahal cmn utk ukuran Mazda 2 dibanding merk Jepang yg lain jg lebih mahal dan utk ukuran Jepang emg cukup mahal ya hahahaha
shinryu910
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 04, 2020 6:36

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by shinryu910 »

idlamahilang wrote: Sat Sep 05, 2020 14:40 Saya pilih golf mk7 om, dengan catatan sering dipakai. 3x seminggu sudah cukup harus nya utk mobil eropa.

Saya udah 3 thn ini pakai 2 mobil merk jerman dan USA yg banyak hatersnya, saya rotasi tiap 1 minggu. Belum ada masalah aneh-aneh sampai saat ini.
Beda kalo dijadiin garage queen, banyak manja nya tuh mobil eropa. Sering nongol trouble kalo jarang dipakai.
Wah makasih bro info nya. Kalo boleh tau piara 2 Jerman 1 USA itu apa ya? Kalo USA sih kyknya Ford ya, Fiesta emg denger2 banyak trouble nya jg XD
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: VW Golf MK7 1.4 TSI CBU 2013 atau Mazda 2 GT Facelift Skyactiv 2018?

Post by r12qiSonH4ji »

Volk wrote: Sat Sep 05, 2020 12:55
r12qiSonH4ji wrote: Sat Sep 05, 2020 11:29 Kasih masukan buat TS
Golf is another level from Mazda 2
Go for Golf MK7

Sekedar info :
Ane pernah punya Golf MK7 dari tahun 2014-2017 dan pernah punya mazda 2 GT tahun 2018.

:big_smoking:
Udh pake mk7 y pasti ke mazda 2 turun rasa ni 🤭
Wong sy aja pake ford fiesta vs mazda 2 aja ttp enk FF
Meskipun gak lengkap fitur.Apalagi MK7 hehehe
Memang penyesalan datangnya belakangan :big_biglaugh:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------