e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

misi om semua..

rencana mau upgrade dari E46 323 dengan budget max 300jt udah sama spare cost, pilihan mobil E90 facelift th 2010-2012 sama W204 th 2009-2012, buat jangka panjang enakan mana ya?

mobil dipake buat nongkrong dan sesekali buat harian (harian depok-sudirman). udah coba bandingin dibeberapa forum & coba nonton review disaranin ambil 325 kalo E90, kalo W204 yang C250. katanya nanggung kalo ambil 320i/C200

pertanyaan :
1. E90 325 katanya lebih reliable dibanding 320? apa iya?
2. E90 selalu mechatronic yang dipermasalahin, serumit itu kah? mending ambil yang low km atau yang km tinggi tapi mecha nya udah pernah ganti?
3. Apa E90 lebih sehat & ngerawatnya lebih gampang dari E46? (asumsi kalo keduanya sama sama sehat)
3. Kalo perawatan w204 sendiri plus minusnya apa ya dibanding e90? karna skrg pake E46 kurang lebih udah ada gambaran buat ngerawat E90. kalo mercy masih awam banget
4. kalo ambil W204 tahun 2013 kira kira dana ngepas gak ya? (soalnya katanya lebih sehat, interior lebih bagus, stir jg udah model AMG, tapi harga mepet 300)

selalu disaranin ambil W204 kalo perbandingannya E90. sebenernya pengen cari mobil yang sehat & tahun muda (jepangan) karna capek bolak balik bengkel. tapi kualitas mobil eropa emang gabisa diboongin hehehe. pertimbangan utama sih masih mikirin buat service dll, takut jebol. karna sebelumnya pake E46 banyak ini itu yang harus diganti. kalo bensin mungkin gaterlalu jadi masalah, tapi kalo bisa lebih irit lebih bagus.

opsi lain sempet lirik civic turbo 2016/2017 tapi harga masih lumayan, dengan budget 300 masih harus nambah sedikit. tapi kalo perawatan lebih mudah katanya ya? kayak ngerawat mobil jepang biasa aja

mungkin segini dulu pertanyaan dan curhatnya hehe... thx🙏🏻
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by pendoli »

W204 c250 2013 kayanya masi agak berat di 300.. paling umur tuaan lagi 2011/2012 dapet n nyisa cukup aman buat perawatan setaon
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by KielConstantine »

Klo gw saranin pelihara W204 yang facelift aja skalian bro. Either C250 atau C300. Banyak yg blng lebih robust/bandel drpd BMW E90. Belom dibuktiin sendiri sih scr pribadi.


Pengalaman rawat E90 325i LCI ya, gw share sedikit:
E90 LCI lebih awet mechatronicnya drpd sebelom lci. Yg penting oli transmisi ganti tiap 50rb kilometer sekali. Steering rack relatif lebih kuat/awet krn masih type hydraulic power steering ketimbang F30 yg ud Electronic dan terkenal banyak problem itu.

Sisanya penyakitnya normal macem rembes oli, head gasket, radiator rembes. Kaki2 shock bushing, kampas rem, link stabil, engine mount. Smua karena kemakan usia pakai.

Oh iya satu lagi perhatiin system double vanos. Krn mesinnya N52 dy pake banyak bahan magnesium termasuk baut2nya. Demi ngejar lightweight. Itu bisa patah kepala bautnya wkwk.. gw ngalamin patah 3 baut. Akhirnya musti bongkar stengah mesin kena semi overhaul. Total abis 18 jt rupiah. Banyak parts yg diganti juga, anggaplah restorasi mumpung skalian bongkar stengah mesin.

Image

Image
Ini foto baut vanosnya. Ada patah kepalanya, musti ganti baut baru. Vanos kedua kefoto diujung kiri atas tuh, yg itu patah 3 kepala baut wkwkwk.

Akhirnya itu gw suru mekaniknya ganti pake baut dari mesin M54 dari E46 krn masih pake bahan besi solid. Secara weight jauh banget baut besi vs baut magnesium. Tp yg besi jelas awet kuat ga bakal patah lagi meskipun berat.

Itulah mengapa mesin M54 BMW dijuluki one of the most reliable bmw machine to date.

Trus sisanya sensor2 paling hobby bengek gegara faktor usia. Maf sensor lah, oxygen sensor lah, speed sensor, abs sensor. Masih bisa dimaklumi sih.

Pernah kena electric waterpump rusak, mobil overheat ditowing bawa bengkel. Akhirnya ganti berikut thermostat. Kena damage cost 5 jutaan lah.


Sebenernya gw baru aja balik dari bengkel kemaren . Buat benerin sensor abs kena rusak lagi , sama skalian ganti oli tune up berkala. Abis sekitar 4.5 jt. Mgkn nntr diupdate di thread satu lagi.


Image

Total2 kurang lebih udh kluar duit Rp 90 juta buat upkeep maintenance ini E90 325i LCI. Beli second di thn 2017. Udh 3 thn ane pegang ngerawat.

Semoga membantu.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by farizfsa »

duit 300 sebenernya enakan ambil E250 CGI sih, 2011-12 kayanya udah dapet.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by adriangaut »

KielConstantine wrote: Wed Sep 09, 2020 6:11 Klo gw saranin pelihara W204 yang facelift aja skalian bro. Either C250 atau C300. Banyak yg blng lebih robust/bandel drpd BMW E90. Belom dibuktiin sendiri sih scr pribadi.


Pengalaman rawat E90 325i LCI ya, gw share sedikit:
E90 LCI lebih awet mechatronicnya drpd sebelom lci. Yg penting oli transmisi ganti tiap 50rb kilometer sekali. Steering rack relatif lebih kuat/awet krn masih type hydraulic power steering ketimbang F30 yg ud Electronic dan terkenal banyak problem itu.

Sisanya penyakitnya normal macem rembes oli, head gasket, radiator rembes. Kaki2 shock bushing, kampas rem, link stabil, engine mount. Smua karena kemakan usia pakai.

Oh iya satu lagi perhatiin system double vanos. Krn mesinnya N52 dy pake banyak bahan magnesium termasuk baut2nya. Demi ngejar lightweight. Itu bisa patah kepala bautnya wkwk.. gw ngalamin patah 3 baut. Akhirnya musti bongkar stengah mesin kena semi overhaul. Total abis 18 jt rupiah. Banyak parts yg diganti juga, anggaplah restorasi mumpung skalian bongkar stengah mesin.

Image

Image
Ini foto baut vanosnya. Ada patah kepalanya, musti ganti baut baru. Vanos kedua kefoto diujung kiri atas tuh, yg itu patah 3 kepala baut wkwkwk.

Akhirnya itu gw suru mekaniknya ganti pake baut dari mesin M54 dari E46 krn masih pake bahan besi solid. Secara weight jauh banget baut besi vs baut magnesium. Tp yg besi jelas awet kuat ga bakal patah lagi meskipun berat.

Itulah mengapa mesin M54 BMW dijuluki one of the most reliable bmw machine to date.

Trus sisanya sensor2 paling hobby bengek gegara faktor usia. Maf sensor lah, oxygen sensor lah, speed sensor, abs sensor. Masih bisa dimaklumi sih.

Pernah kena electric waterpump rusak, mobil overheat ditowing bawa bengkel. Akhirnya ganti berikut thermostat. Kena damage cost 5 jutaan lah.


Sebenernya gw baru aja balik dari bengkel kemaren . Buat benerin sensor abs kena rusak lagi , sama skalian ganti oli tune up berkala. Abis sekitar 4.5 jt. Mgkn nntr diupdate di thread satu lagi.


Image

Total2 kurang lebih udh kluar duit Rp 90 juta buat upkeep maintenance ini E90 325i LCI. Beli second di thn 2017. Udh 3 thn ane pegang ngerawat.

Semoga membantu.
Kalo C300 pakenya M272 engine, hati" ECU di atas blok mesin rawan kepanggang, umurnya 10-12 tahunan lah

C250 much more better (?)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by Pboyz97 »

Saya bantu jawab ya
1. Denger2 iya, apalagi kalo om ambil yg LCI tahun 2010 keatas, lebih reliable dibanding yg pre LCI katanya
2. Agak rumit, dan sekali ganti biayanya agak mahal, kalo saya sih, lebih baik yg km tinggi tapi mechanya udah pernah ganti, karena at least lebih aman buat beberapa waktu kedepan
3. Lebih gampang E46, karena elektrikalnya lebih simpel dan gak serumit E90 menurut saya
4. Kalo udah biasa melihara e46 mah, melihara w204 gabakal ada masalah. Mercy ini termasuk awet dan reliable buat mobil eropa dan W204 termasuk salah 1 mercy yg reliable, karena dibuat untuk menjawab kritikkan atas buruknya realibility dan interior quality di W203 kalo gasalah. Part jg lebih murah dibanding bmw .
Kalo plusnya W204 dibanding E90
- Lebih reliable
- Lebih murah partnya
- Matic , kaki2, mesin lebih awet
- Lebih nyaman
- Desain exterior
- Bantingan suspensi lebih empuk
Minusnya w204 dibanding e90
- Driving feel gak seenak e90
- Handlingnya biasa aja
- Tarikan jg gak seenak e90 biarpun dua duanya sama2 bagus
- Fitur dan teknologinya gak secanggih E90
4. C250 agak ngepas, kalo mau yg 2013, mending yg C200 avg atau sportnya aja. Fitur gak jauh beda sm c250 cuma beda cc mesing doang. Kalo mau c250, mending yg 2011 akhir -2012 aja, sama - sama yg FL model which is bodynya jg sama aja, cuma beda tahun doang kalo gasalah,dan masih ada kembalian yg lumayan buat beres2 kalo ngambil yg 2011 akhir - 2012

Dan kalo poinnya menghindari bolak balik bengkel dan masih mikirin service dll, coret E90. Karena termasuk salah 1 BMW yg unreliable menurut saya. Temen ada yg punya E90 , lebih banyak ngabisin waktu di bengkel daripada dirumah. Wkwkwkw. Sementara 2 temen saya punya W204 C200 , yg 1 2011 PFL yg 1nya lg 2012 FL , dua duanya masih fine2 aja sampe sekarang. Dan sama sama beli seken. Wkwkwk, malah yg 2012 udh tembus 77 rb dan masih dipake harian sm temen saya itu. Hehehe

Jadi saya lebih vote ke W204 aja, lebih reliable dibanding E90, servis jg lumayan terjangkau buat mobil eropa kalo di spesialis hehehe. Part masih banyak dari ori sampe kw. Kalo mau BMW, saya lebih prefer upgrade ke F30 aja atau upgrade ke E46 yg 325I atau 330I tapi tahunnya lebih muda. Hehehe. Biarpun naikan, handling, driving feel, dan tarikkannya gak seenak BMW, tapi W204 cukup oke lah kalo om TS pengen mobil eropa tapi masih mikirin servis dll. C250 is more than enough kalo om TS gak mikirin konsumsi BBM ,cuma C200 jg masih bisa dipertimbangkan sih, larinya jg gak malu2in buat mesin 4 silinder hehehe biarpun gak sekenceng c250

Kalo mau jepang. Saya sarankan altis aja. Budget 300 kayanya dapet yg 2016-2017, interior quality dan peredaman lebih bagus daripada civic turbo. Perawatan lebih murah daripada civic, biarpun driving feel dan handlingnya gak seenak civic turbo. Kalo soal civic turbo, perawatan memang lebih murah dibanding mobil eropa, tapi kalo buat ukuran mobil jepang. Perawatannya gak bisa dibilang murah juga, apalagi kalo di beres, mending servis di spesialis aja kalo honda, saya kebetulan punya CRV Turbo 2019 yg mesinnya sama persis kek civic turbo ini . Wkwkw, part banyak dan bisa subtitusi pake punya accord atau CRV. Dan yg mesti diperhatiin itu kalo ngambil civic turbo seken itu
- Pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli CVTnya, karena CVT di civic turbo itu perawatannya mesti lebih extra dan lebih mahal daripada matic konven, kalo salah urus, bisa jebol dan harus ganti segelondong which is biayanya cukup mahal
- Pastikan ownernya sblmnya gak pernah cekokin bbm pertalite atau premium ke mesin turbonya, karena mesin turbo ini WAJIB pertamax minimal atau pertabo. Karena mesin turbo merawatnya jg gak bisa disamakan dengan mesin non turbo biasa hehehe.

Cuma plusnya kalo dari E46 ke civic turbo, bakal terasa jauh lebih nyaman , empuk , dan irit BBM. Konsumsi BBM CRV Turbo saya dalkotnya sekitar 1:10-12 dalkotnya. mungkin civic turbo mirip2 lah sm crv kayanya. Wkwkwk


Kalo kandidat lain, bisa pertimbangkan Camry XV50 2.5 V 2015 yg FL, sepertinya masuk budget. Kelas diatas civic dan cukup oke kalo nyari mobil jepang yg gak terlalu tua tapi reliable, apalagi kalo om TS gak mikirin konsumsi BBM, camry XV50 merupakan mobil yg cukup nyaman, tapi masih enak untuk dikemudikan hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

KielConstantine wrote: Wed Sep 09, 2020 6:11 Klo gw saranin pelihara W204 yang facelift aja skalian bro. Either C250 atau C300. Banyak yg blng lebih robust/bandel drpd BMW E90. Belom dibuktiin sendiri sih scr pribadi.


Pengalaman rawat E90 325i LCI ya, gw share sedikit:
E90 LCI lebih awet mechatronicnya drpd sebelom lci. Yg penting oli transmisi ganti tiap 50rb kilometer sekali. Steering rack relatif lebih kuat/awet krn masih type hydraulic power steering ketimbang F30 yg ud Electronic dan terkenal banyak problem itu.

Sisanya penyakitnya normal macem rembes oli, head gasket, radiator rembes. Kaki2 shock bushing, kampas rem, link stabil, engine mount. Smua karena kemakan usia pakai.

Oh iya satu lagi perhatiin system double vanos. Krn mesinnya N52 dy pake banyak bahan magnesium termasuk baut2nya. Demi ngejar lightweight. Itu bisa patah kepala bautnya wkwk.. gw ngalamin patah 3 baut. Akhirnya musti bongkar stengah mesin kena semi overhaul. Total abis 18 jt rupiah. Banyak parts yg diganti juga, anggaplah restorasi mumpung skalian bongkar stengah mesin.

Image

Image
Ini foto baut vanosnya. Ada patah kepalanya, musti ganti baut baru. Vanos kedua kefoto diujung kiri atas tuh, yg itu patah 3 kepala baut wkwkwk.

Akhirnya itu gw suru mekaniknya ganti pake baut dari mesin M54 dari E46 krn masih pake bahan besi solid. Secara weight jauh banget baut besi vs baut magnesium. Tp yg besi jelas awet kuat ga bakal patah lagi meskipun berat.

Itulah mengapa mesin M54 BMW dijuluki one of the most reliable bmw machine to date.

Trus sisanya sensor2 paling hobby bengek gegara faktor usia. Maf sensor lah, oxygen sensor lah, speed sensor, abs sensor. Masih bisa dimaklumi sih.

Pernah kena electric waterpump rusak, mobil overheat ditowing bawa bengkel. Akhirnya ganti berikut thermostat. Kena damage cost 5 jutaan lah.


Sebenernya gw baru aja balik dari bengkel kemaren . Buat benerin sensor abs kena rusak lagi , sama skalian ganti oli tune up berkala. Abis sekitar 4.5 jt. Mgkn nntr diupdate di thread satu lagi.


Image

Total2 kurang lebih udh kluar duit Rp 90 juta buat upkeep maintenance ini E90 325i LCI. Beli second di thn 2017. Udh 3 thn ane pegang ngerawat.

Semoga membantu.
wah kasusnya sama kayak saya ngerawat e46 nih.. bongkar setengah mesin, overheat, radiator rembes, waterpump dll :big_biglaugh:

ga kapok sih make E46 karna dengan driving experience nya menurut saya worth it sih, cuma rada capek jg ya om kalo keulang lagi di E90 hehehe...

thx om sharingnya, semakin yakin ambil W204 :big_peace:
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

pendoli wrote: Tue Sep 08, 2020 21:55 W204 c250 2013 kayanya masi agak berat di 300.. paling umur tuaan lagi 2011/2012 dapet n nyisa cukup aman buat perawatan setaon
iya bener om mungkin ambil taun segituan sih
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

Pboyz97 wrote: Wed Sep 09, 2020 12:42 Saya bantu jawab ya
1. Denger2 iya, apalagi kalo om ambil yg LCI tahun 2010 keatas, lebih reliable dibanding yg pre LCI katanya
2. Agak rumit, dan sekali ganti biayanya agak mahal, kalo saya sih, lebih baik yg km tinggi tapi mechanya udah pernah ganti, karena at least lebih aman buat beberapa waktu kedepan
3. Lebih gampang E46, karena elektrikalnya lebih simpel dan gak serumit E90 menurut saya
4. Kalo udah biasa melihara e46 mah, melihara w204 gabakal ada masalah. Mercy ini termasuk awet dan reliable buat mobil eropa dan W204 termasuk salah 1 mercy yg reliable, karena dibuat untuk menjawab kritikkan atas buruknya realibility dan interior quality di W203 kalo gasalah. Part jg lebih murah dibanding bmw .
Kalo plusnya W204 dibanding E90
- Lebih reliable
- Lebih murah partnya
- Matic , kaki2, mesin lebih awet
- Lebih nyaman
- Desain exterior
- Bantingan suspensi lebih empuk
Minusnya w204 dibanding e90
- Driving feel gak seenak e90
- Handlingnya biasa aja
- Tarikan jg gak seenak e90 biarpun dua duanya sama2 bagus
- Fitur dan teknologinya gak secanggih E90
4. C250 agak ngepas, kalo mau yg 2013, mending yg C200 avg atau sportnya aja. Fitur gak jauh beda sm c250 cuma beda cc mesing doang. Kalo mau c250, mending yg 2011 akhir -2012 aja, sama - sama yg FL model which is bodynya jg sama aja, cuma beda tahun doang kalo gasalah,dan masih ada kembalian yg lumayan buat beres2 kalo ngambil yg 2011 akhir - 2012

Dan kalo poinnya menghindari bolak balik bengkel dan masih mikirin service dll, coret E90. Karena termasuk salah 1 BMW yg unreliable menurut saya. Temen ada yg punya E90 , lebih banyak ngabisin waktu di bengkel daripada dirumah. Wkwkwkw. Sementara 2 temen saya punya W204 C200 , yg 1 2011 PFL yg 1nya lg 2012 FL , dua duanya masih fine2 aja sampe sekarang. Dan sama sama beli seken. Wkwkwk, malah yg 2012 udh tembus 77 rb dan masih dipake harian sm temen saya itu. Hehehe

Jadi saya lebih vote ke W204 aja, lebih reliable dibanding E90, servis jg lumayan terjangkau buat mobil eropa kalo di spesialis hehehe. Part masih banyak dari ori sampe kw. Kalo mau BMW, saya lebih prefer upgrade ke F30 aja atau upgrade ke E46 yg 325I atau 330I tapi tahunnya lebih muda. Hehehe. Biarpun naikan, handling, driving feel, dan tarikkannya gak seenak BMW, tapi W204 cukup oke lah kalo om TS pengen mobil eropa tapi masih mikirin servis dll. C250 is more than enough kalo om TS gak mikirin konsumsi BBM ,cuma C200 jg masih bisa dipertimbangkan sih, larinya jg gak malu2in buat mesin 4 silinder hehehe biarpun gak sekenceng c250

Kalo mau jepang. Saya sarankan altis aja. Budget 300 kayanya dapet yg 2016-2017, interior quality dan peredaman lebih bagus daripada civic turbo. Perawatan lebih murah daripada civic, biarpun driving feel dan handlingnya gak seenak civic turbo. Kalo soal civic turbo, perawatan memang lebih murah dibanding mobil eropa, tapi kalo buat ukuran mobil jepang. Perawatannya gak bisa dibilang murah juga, apalagi kalo di beres, mending servis di spesialis aja kalo honda, saya kebetulan punya CRV Turbo 2019 yg mesinnya sama persis kek civic turbo ini . Wkwkw, part banyak dan bisa subtitusi pake punya accord atau CRV. Dan yg mesti diperhatiin itu kalo ngambil civic turbo seken itu
- Pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli CVTnya, karena CVT di civic turbo itu perawatannya mesti lebih extra dan lebih mahal daripada matic konven, kalo salah urus, bisa jebol dan harus ganti segelondong which is biayanya cukup mahal
- Pastikan ownernya sblmnya gak pernah cekokin bbm pertalite atau premium ke mesin turbonya, karena mesin turbo ini WAJIB pertamax minimal atau pertabo. Karena mesin turbo merawatnya jg gak bisa disamakan dengan mesin non turbo biasa hehehe.

Cuma plusnya kalo dari E46 ke civic turbo, bakal terasa jauh lebih nyaman , empuk , dan irit BBM. Konsumsi BBM CRV Turbo saya dalkotnya sekitar 1:10-12 dalkotnya. mungkin civic turbo mirip2 lah sm crv kayanya. Wkwkwk


Kalo kandidat lain, bisa pertimbangkan Camry XV50 2.5 V 2015 yg FL, sepertinya masuk budget. Kelas diatas civic dan cukup oke kalo nyari mobil jepang yg gak terlalu tua tapi reliable, apalagi kalo om TS gak mikirin konsumsi BBM, camry XV50 merupakan mobil yg cukup nyaman, tapi masih enak untuk dikemudikan hehehe
wah cukup jelas ya.. mungkin kesampingin opsi E90 dulu deh buat sekarang

semakin tertarik sih buat melihara W204. udah cobain nyaman banget walaupun emang feel driving ga seenak bmw, malah lebih enak E46 saya.

muncul pertanyaan baru nih.. kalo ada opsi untuk ambil W204 C280 tahun 2008 gimana ya? saya nemu yang panoramic, km 120rban, kondisi cukup well maintained, dan masih masuk budget sih.

apa dia perawatan sama aja kaya mercy dibawahnya? (c200 & c250). soalnya udah pake engine V6 takutnya ada hal yang dihindari dari melihara C280 ini (maklum bener bener awam kalo soal mercy hehehe). kalo soal bensin sih saya gak masalah.

kebetulan ownernya deket rumah, udah sempet cek unitnya dan sesuai ekspetasi mobilnya masih bagus... agak kepincut pas denger raungan V6 sama panoramicnya :big_childish: soalnya saya kalo cari mobil asal dirawat ya tahun berapa & kilometer tinggi gak jadi masalah. cuma tetep mikirin buat jangka panjang

btw kalo bensin W204 harus pertamax turbo ya? soalnya owner si c280 ini selalu pake pertamax biasa
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by adriangaut »

C280 itu ECU-nya diatas blok mesin, rawan gosong karena panas

Umurnya sekitar 10-12 tahun, saya punya 12 tahun ganti ECU

Budgetin 20jt aja buat ganti ECU mas
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by Dogies »

Mending duit buat ke bengkelnye di sedekahin aje... Selamet dunia akhirat 🤗
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by HaykelAdityawarman »

W204 aman om pakai pertamax.. saya dulu sempat pakai C280, pakai pertamax tdk ada kendala. Mungkin klo pakai pturbo tenaganya bisa lebih optimal
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

adriangaut wrote: Thu Sep 10, 2020 0:37 C280 itu ECU-nya diatas blok mesin, rawan gosong karena panas

Umurnya sekitar 10-12 tahun, saya punya 12 tahun ganti ECU

Budgetin 20jt aja buat ganti ECU mas
oalah.. selebihnya berarti gak ada masalah ya kurang lebih sama kayak c200 & c250? tinggal siap siap aja buat ecunya ya

thx om🙏🏻
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

Dogies wrote: Thu Sep 10, 2020 1:26 Mending duit buat ke bengkelnye di sedekahin aje... Selamet dunia akhirat 🤗
hehe siap pasti disisihin om👍🏻
ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun May 03, 2020 4:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by ginza »

HaykelAdityawarman wrote: Thu Sep 10, 2020 1:37 W204 aman om pakai pertamax.. saya dulu sempat pakai C280, pakai pertamax tdk ada kendala. Mungkin klo pakai pturbo tenaganya bisa lebih optimal
berarti aman ya... thanks om infonya
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by adriangaut »

ginza wrote: Thu Sep 10, 2020 2:42
adriangaut wrote: Thu Sep 10, 2020 0:37 C280 itu ECU-nya diatas blok mesin, rawan gosong karena panas

Umurnya sekitar 10-12 tahun, saya punya 12 tahun ganti ECU

Budgetin 20jt aja buat ganti ECU mas
oalah.. selebihnya berarti gak ada masalah ya kurang lebih sama kayak c200 & c250? tinggal siap siap aja buat ecunya ya

thx om🙏🏻
Selebihnya ya spare dana buat slow moving aja, deket” 10 tahun seal” bakal mulai pada rembes.....

Spare buat AC juga, saya punya C230 tau” AC jebol semua wkwkwk umur 13 tahun
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by Pboyz97 »

ginza wrote: Wed Sep 09, 2020 20:52

wah cukup jelas ya.. mungkin kesampingin opsi E90 dulu deh buat sekarang

semakin tertarik sih buat melihara W204. udah cobain nyaman banget walaupun emang feel driving ga seenak bmw, malah lebih enak E46 saya.

muncul pertanyaan baru nih.. kalo ada opsi untuk ambil W204 C280 tahun 2008 gimana ya? saya nemu yang panoramic, km 120rban, kondisi cukup well maintained, dan masih masuk budget sih.

apa dia perawatan sama aja kaya mercy dibawahnya? (c200 & c250). soalnya udah pake engine V6 takutnya ada hal yang dihindari dari melihara C280 ini (maklum bener bener awam kalo soal mercy hehehe). kalo soal bensin sih saya gak masalah.

kebetulan ownernya deket rumah, udah sempet cek unitnya dan sesuai ekspetasi mobilnya masih bagus... agak kepincut pas denger raungan V6 sama panoramicnya :big_childish: soalnya saya kalo cari mobil asal dirawat ya tahun berapa & kilometer tinggi gak jadi masalah. cuma tetep mikirin buat jangka panjang

btw kalo bensin W204 harus pertamax turbo ya? soalnya owner si c280 ini selalu pake pertamax biasa
C280 sih, asal sabar nyari unit yg bagus dan gak masalah sm ECU panggangnya sih merupakan mobil yg enak. Fitur jg lebih lengkap dan kesan eksklusifnya jg lebih dapet karena langka, berhubung produksinya cuma sampe 2010 kalo gasalah karena digantikan sm C300. Kalo soal KM sih, gak usah takut sm KM tinggi, yg penting kondisi dan service recordnya lengkap, denger2 mobil eropa makin sering dipake makin awet kok hehehe. Kalo yg perlu dihindari sm C280 sih cuma ECU panggang aja sih, karena letak ECUnya diatas mesin, bukan dibawah, siapin budget kurleb 18-30 jt lah buat ECUnya kalo di spesialis. Sisanya sama kaya mercy w204 lainnya kalo soal perawatan. Cuma kalo om udah sreg sm unitnya sih, sikat aja om, dan jangan lupa general check up dan test drive, c280 kalo sehat merupakan mobil yg enak kok hehehe, apalagi kalo om udah siap buat ECU panggangnya. Mobil ini selain nyaman, juga eksklusif , karena unitnya cukup jarang dijalanan dibandingkan dengan c200 atau c250, dan kalo soal BBM, C280 aman kok kalo pake pertamax, gak mesti pertabo hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by mojacko »

hhhmmm,

budget 300 itu kalau saya pilihan nya:

528i F10 tahun awal, mesin N/A, gearbox 8 speed, layar besar, RSE. masih bisa ngerasain eargasm inline 6

F30 320i keluaran awal, cari yg racksteer sudah pernah ganti. model masih cukup fresh, bensin irit

W212 E250, reliable nya mirip W204, tapi lebih besar dan nyaman
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: e90 or w204? budget 300 udah sama perawatan dll

Post by KielConstantine »

ginza wrote: Wed Sep 09, 2020 20:31 wah kasusnya sama kayak saya ngerawat e46 nih.. bongkar setengah mesin, overheat, radiator rembes, waterpump dll :big_biglaugh:

ga kapok sih make E46 karna dengan driving experience nya menurut saya worth it sih, cuma rada capek jg ya om kalo keulang lagi di E90 hehehe...

thx om sharingnya, semakin yakin ambil W204 :big_peace:
Wakakaka, begitulah pelihara baling-baling bambu. Driving feelnya memang enak banget sih, rada nyandu..

Cuman kurang kenceng rasanya 325i.. mesin cuman gasoline N/A, ga bisa dioprek-oprek significant buat nambahin power.
ginza wrote: Thu Sep 10, 2020 2:42
adriangaut wrote: Thu Sep 10, 2020 0:37 C280 itu ECU-nya diatas blok mesin, rawan gosong karena panas

Umurnya sekitar 10-12 tahun, saya punya 12 tahun ganti ECU

Budgetin 20jt aja buat ganti ECU mas
oalah.. selebihnya berarti gak ada masalah ya kurang lebih sama kayak c200 & c250? tinggal siap siap aja buat ecunya ya

thx om🙏🏻
Ada 1 lagi yang jadi perhatian om.

W204 C280 & C300 itu mobil shock breakernya pake type adaptif electronic. Yang bisa keras kalo kita stel mode sport, trus jadi lembut pas stel mode comfort.

Harga 1 set nya kurang lebih 8-10 jt buat kiri kanan
Yang blakang juga sama sgituan. Otomatis ganti sekeliling mobil 4 titik bisa abis 18-20 jt. Nah biasanya anak2 pada langsung ganti coilover . Harga mirip2 sgitu, rasa driving lebih puas drpd pake setup suspension pabrikan. Contoh pake BC coilover.

Di C250 / C200 mereka shock breaker type biasa. Paling bilstein silver . Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Lebih murmer.

So the choice is yourss. Semoga dapet W204 impian yg sehat :big_okay:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: