Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Post by bembenk95 »

marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 12:50
maneterbug wrote: Wed Sep 30, 2020 12:06

iya all in 30 jt om, kemarin saya dapat info beli mobil buget 15-20 jt masih ada spare 10 jt untuk rapihin katanya cukup om, itu bener gak?
kalo dp gak berani om, ga berani nyicil2 soalnya


mari kita hitung,

harga mobil (ambil tengah-tengah antara 15~20jt) = 17,5jt.
100% saya yakin nggak mungkin tanpa masalah, kita mulai dari yang sederhana, harus ganti oli mesin dan transmisi + minor tune up + penggantian filter dkk.
oli mesin @75rb × 4 = 300rb
filter oli 35rb
oli transmisi (anggap saja) = 200rb
filter bensin = 25rb
filter udara (anggap saja) = 100rb
tune up = 300rb
busi = 80rb
total = 1.040.0

perbaikan suspensi (sekedar perkiraan harga).
rack end kiri kanan = 400rb
tie rod kiri kanan = 400rb
ball joint kiri kanan = 300rb
shock depan belakang = 2jt
total = 3.100.0 (belum termasuk jasa)

total sementara =
17.500.0 + 1.040.0 + 3.100.0 = 21.640.0
masih ada sisa 8.360.0

terlihat besar ya angka 8 juta sekian.
dari sisa 8 juta sekian itu coba dikurangi lagi kalau harus body repair, perbaikan/penggantian sistem rem, perbaikan kelistrikan yang saya sangat yakin sudah banyak suntikan sana sini, perbaikan kebocoran gasket dan seal di mesin, ganti selang bensin yang getas, ganti selang-selang radiator, servis radiator dll.
amit-amit kalau sampai turun mesin, jasanya saja minimal 2 juta belum termasuk spare parts dan bengkel bubut.

saya nulis ini berdasarkan pengalaman pribadi, duit pas-pasan, musti beli mobil dengan pilihan terbatas.

semoga TS nggak makin pusing.

:beer:
mantab benr hampir sama dgn ane idupin panther 1995 punya ortu yg 3 thn++ di diemin aja di garasi.
odo dah 350 K

ganti ban 4 ea : 1.6 jt
Kelistrikan + power windows : 1.8 jt
AC ganti kompresor : 2 jt
service + ganti part Fuel pump : 2.5 jt. dr beli awal memang ngak pernah kena bongkar, segel pabrik utuh
kopling set : 1.5 jt
Karet2 Body : 0.5 jt
Rem Master + Selang2 : 2 jt
abis di atas semua kelar, geber di tol semingguan berikutnya
transmisi rebuild : 2 jt . laher d dlm pecah pas lg jaln :ungg:
kira2 total : 14 jt mkn lebih ada perintilan kecil ngak ingat

tinggal benerin kropos body, :big_chicken:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Post by dsign1990 »

starlet kotak/ corolla DX aja
30jt dapat yang ditawarin 35jutaan di iklan an itu banyak yg super mulus minim perbaikan malah dapet interior full ori
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Post by Pboyz97 »

maneterbug wrote: Wed Sep 30, 2020 2:01 Suhu, saya newbie di dunia permobilan
hanya ada budget all in 30 jt untuk beli motuba

pilihan sekarang ada di daihatsu charade g11 tahun 86-86
Alasannya ada turbonya, ada suara2 blow off gitu
sama mesin 1000cc kayaknya irit ya

menurut suhu2 gimana ya? atau ada rekomendasi lain

mohon panduannya :big_deal:
Kalo masih newbie dan buat mobil satu - satunya mah jangan. Apalagi budgetnya udah all in. Mesti siapin budget minimal 5-15 jt diluar harga mobil buat maintenance dll, karena namanya motuba pasti ada aja yg harus diganti. Cuma kalo udah siap dengan resikonya ya go for it

Kalo rekomendasi lain, mending DP LCGC baru aja, lebih worry free, apalagi om TS masih newbie di dunia permobilan. Kalo alternatif lain, bisa lirik corolla twincam , starko jg lumayan oke tuh atau kalo mau mudaan dikit bisa lirik soluna
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Post by HaykelAdityawarman »

maneterbug wrote: Wed Sep 30, 2020 15:56
iya bener om, :big_peace: makanya nanya sama yg berpengalaman, makasih masukannya
daripada ambil yg 80an mending yg 90an ya, tapi kondisinya pasti lebih baik kah yg 90an sama yg 80an? soalnya saya mikirnya sama2 mobil tua?
Mobil udah 20 thn keatas mah kondisinya udah ga bisa ditebak. Kondisi benar2 tergantung seberapa telaten si owner ngerawat mobilnya. Menurut ane sih, klo pilihannya antara mobil 80an atau 90an mending 90an, krn udah pasti mobilnya lebih enak dipake, tenaga lebih baik, dst (dengan asumsi kondisi mobil serupa yah). Intinya, makin muda lebih berasa "mobil" instead of mainan, hehehe... Klo dapet yang taun 2000an awal lebih bagus lagi malah.

Krn ane lihat TS nya berjiwa muda, dan ane juga pernah muda buat budget segitu coba lirik Lancer GLX thn 93-96 (kode chasis CB2), karbu 1500cc sepertinya udah masuk di budget. Atau klo mau budget lebih lega bisa lirik Lancer DanGan, banyak pilihan dari karbu 1500cc sampe injeksi DOHC 1800cc.

Masih muda dengan jiwa muda mah menurut ane daripada nyicil mobil baru, daripada nanti berat bayar cicilannya mending beli motuba terus belajar otomotif secara otodidak dari si mobil, mumpung waktunya masih ada buat bolak balik ke bengkel. Sparepart motuba juga ga bakal semahal mobil jaman sekarang, paling issuenya adalah ketersediaan sparepart yang mulai jarang. Tapi klo TS ambil motuba yang masih banyak dijalan, sparepartnya ane rasa masih banyak juga toko yang nyetok.

Kasarannya sih, (klo masih muda) mending agak repot bolak balik bengkel, tapi pengeluaran masih bisa kita atur sendiri dibanding diperbudak leasing yang udah jelas nagih cicilan tiap bulan :big_weee:
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
maneterbug
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Sep 15, 2020 0:53

Re: Apakah daihatsu charade g11 turbo layak untuk mobil pertama

Post by maneterbug »

bembenk95 wrote: Thu Oct 01, 2020 7:02 mantab benr hampir sama dgn ane idupin panther 1995 punya ortu yg 3 thn++ di diemin aja di garasi.
odo dah 350 K

ganti ban 4 ea : 1.6 jt
Kelistrikan + power windows : 1.8 jt
AC ganti kompresor : 2 jt
service + ganti part Fuel pump : 2.5 jt. dr beli awal memang ngak pernah kena bongkar, segel pabrik utuh
kopling set : 1.5 jt
Karet2 Body : 0.5 jt
Rem Master + Selang2 : 2 jt
abis di atas semua kelar, geber di tol semingguan berikutnya
transmisi rebuild : 2 jt . laher d dlm pecah pas lg jaln :ungg:
kira2 total : 14 jt mkn lebih ada perintilan kecil ngak ingat

tinggal benerin kropos body, :big_chicken:
Siap Infonya om!
dsign1990 wrote: Thu Oct 01, 2020 7:32 starlet kotak/ corolla DX aja
30jt dapat yang ditawarin 35jutaan di iklan an itu banyak yg super mulus minim perbaikan malah dapet interior full ori
Pboyz97 wrote: Thu Oct 01, 2020 16:39
Kalo masih newbie dan buat mobil satu - satunya mah jangan. Apalagi budgetnya udah all in. Mesti siapin budget minimal 5-15 jt diluar harga mobil buat maintenance dll, karena namanya motuba pasti ada aja yg harus diganti. Cuma kalo udah siap dengan resikonya ya go for it

Kalo rekomendasi lain, mending DP LCGC baru aja, lebih worry free, apalagi om TS masih newbie di dunia permobilan. Kalo alternatif lain, bisa lirik corolla twincam , starko jg lumayan oke tuh atau kalo mau mudaan dikit bisa lirik soluna
Iya kayaknya jadi milih toyota aja nih
HaykelAdityawarman wrote: Fri Oct 02, 2020 1:24 Mobil udah 20 thn keatas mah kondisinya udah ga bisa ditebak. Kondisi benar2 tergantung seberapa telaten si owner ngerawat mobilnya. Menurut ane sih, klo pilihannya antara mobil 80an atau 90an mending 90an, krn udah pasti mobilnya lebih enak dipake, tenaga lebih baik, dst (dengan asumsi kondisi mobil serupa yah). Intinya, makin muda lebih berasa "mobil" instead of mainan, hehehe... Klo dapet yang taun 2000an awal lebih bagus lagi malah.

Krn ane lihat TS nya berjiwa muda, dan ane juga pernah muda buat budget segitu coba lirik Lancer GLX thn 93-96 (kode chasis CB2), karbu 1500cc sepertinya udah masuk di budget. Atau klo mau budget lebih lega bisa lirik Lancer DanGan, banyak pilihan dari karbu 1500cc sampe injeksi DOHC 1800cc.

Masih muda dengan jiwa muda mah menurut ane daripada nyicil mobil baru, daripada nanti berat bayar cicilannya mending beli motuba terus belajar otomotif secara otodidak dari si mobil, mumpung waktunya masih ada buat bolak balik ke bengkel. Sparepart motuba juga ga bakal semahal mobil jaman sekarang, paling issuenya adalah ketersediaan sparepart yang mulai jarang. Tapi klo TS ambil motuba yang masih banyak dijalan, sparepartnya ane rasa masih banyak juga toko yang nyetok.

Kasarannya sih, (klo masih muda) mending agak repot bolak balik bengkel, tapi pengeluaran masih bisa kita atur sendiri dibanding diperbudak leasing yang udah jelas nagih cicilan tiap bulan :big_weee:
hehe siapp sama banget nih sama saya, terima kasih banyak sarannya