Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
Selamat Hari Minggu, rekan rekan SM
Mohon bantuannya ya
jadi begini nih ceritanya, beberapa hari lalu berawal dari mobil CRV gen 3 Matic yang jarang dipakai, jadi akinya koit, nah dipanggillah mekanik dari bengkel langganan untuk ganti aki di rumah (kondisi mesin mati) ..setelah ganti aki ini, indikator instrument cluster hidup mati berulang ulang.. pas ane telepon bosnya, katanya mungkin karena lupa jumper aki dulu, jadi solusinya harus reset di bengkel resmi..
Kondisi mobil saat ini : mobil bisa berjalan secara normal, hanya saja indikator instrument cluster yang hidup mati berulang ulang cukup mengganggu pandangan.
Yang sudah dilakukan : aki dicabut ulang dan dipasang kembali.. mobil juga sudah dibawa jalan.. hasilnya indikator instrument cluster kembali normal.. tapi itu tidak bertahan lama.. Tak lama kemudian, indikator instrument cluster kembali hidup mati berulang ulang..
Jadi pertanyaannya :
1. Benarkah solusi satu satunya adalah reset di bengkel resmi ?
2. Berapa biaya jika reset di bengkel resmi ?
3. Apakah bisa reset di bengkel resmi merek lain ? mengingat bengkel resmi merek mobil saya cukup jauh jaraknya dari rumah
4. Adakah solusi lain atas masalah ini ?
5. Apakah berbahaya jika mobil dipakai dalam kondisi seperti ini ?
Terima kasih banyak kepada yang mau bantu jawab
Mohon bantuannya ya
jadi begini nih ceritanya, beberapa hari lalu berawal dari mobil CRV gen 3 Matic yang jarang dipakai, jadi akinya koit, nah dipanggillah mekanik dari bengkel langganan untuk ganti aki di rumah (kondisi mesin mati) ..setelah ganti aki ini, indikator instrument cluster hidup mati berulang ulang.. pas ane telepon bosnya, katanya mungkin karena lupa jumper aki dulu, jadi solusinya harus reset di bengkel resmi..
Kondisi mobil saat ini : mobil bisa berjalan secara normal, hanya saja indikator instrument cluster yang hidup mati berulang ulang cukup mengganggu pandangan.
Yang sudah dilakukan : aki dicabut ulang dan dipasang kembali.. mobil juga sudah dibawa jalan.. hasilnya indikator instrument cluster kembali normal.. tapi itu tidak bertahan lama.. Tak lama kemudian, indikator instrument cluster kembali hidup mati berulang ulang..
Jadi pertanyaannya :
1. Benarkah solusi satu satunya adalah reset di bengkel resmi ?
2. Berapa biaya jika reset di bengkel resmi ?
3. Apakah bisa reset di bengkel resmi merek lain ? mengingat bengkel resmi merek mobil saya cukup jauh jaraknya dari rumah
4. Adakah solusi lain atas masalah ini ?
5. Apakah berbahaya jika mobil dipakai dalam kondisi seperti ini ?
Terima kasih banyak kepada yang mau bantu jawab
Last edited by Venturtle on Sun Nov 01, 2020 4:39, edited 4 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
mobil nya apa ya? duh ini knapa SM bikin minimum characternya banyak ya
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Kijang 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
to reset the 2005 honda cr-v maintenance light put the vehicle in the on position without the engine running, then press and hold the reset button on the instrument cluster for 10 to 15 seconds to reset.
bisa dicoba ngga Om?
bisa dicoba ngga Om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
paling aman sih bawa ke beres, nanti paling di diagnosa. klo hasil google search sih emang common ya, kalau dealer recommend ganti instrument cluster, mungkin bisa coba metode dibawah ini
https://www.crvownersclub.com/threads/2 ... UIZh8ff-aZ
https://www.crvownersclub.com/threads/2 ... UIZh8ff-aZ
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Kijang 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
wah, nice info om.. ntar saya coba om.. thanks infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
iya sih om.. kalo ini sih setelah ganti aki baru muncul masalahnya.. thanks infonya omtesna wrote: ↑Sun Nov 01, 2020 4:07 paling aman sih bawa ke beres, nanti paling di diagnosa. klo hasil google search sih emang common ya, kalau dealer recommend ganti instrument cluster, mungkin bisa coba metode dibawah ini
https://www.crvownersclub.com/threads/2 ... UIZh8ff-aZ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
Bukan krn kabel negatif ada yg kendor ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
Indikator instrument cluster yang hidup mati berulang ulang adalah indikator rem tangan dan Abs.. sementara jarum speedometer juga naik turun.. seperti restart ..
yang anehnya, setelah cabut aki dan pasang kembali, kondisi menjadi normal.. 1 jam coba starter lagi, indikator tersebut hidup mati berulang ulang lagi
kira kira masalahnya dimana ya? apakah kabel atau harus reset? apakah kita bisa reset sendiri secara manual?
yang anehnya, setelah cabut aki dan pasang kembali, kondisi menjadi normal.. 1 jam coba starter lagi, indikator tersebut hidup mati berulang ulang lagi
kira kira masalahnya dimana ya? apakah kabel atau harus reset? apakah kita bisa reset sendiri secara manual?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 272
- Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
sudah coba ganti 'aki' yang lain om?
siapa tau cm krn dapet aki yg krg bgs/error..
siapa tau cm krn dapet aki yg krg bgs/error..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
Pernah alamin kek gt, tp mobilnya hrv.
Penyebab jg sama, ganti aki pas mesin mati.
Sama tetangga mertua yg kebetulan buka bengkel, di copot sekring ecu sekitar 30 menit lalu pasang lg.
Mobil normal kembali.
Cuma pengaturan elektronik, jam dan mid trip juga kereset kembali default
Penyebab jg sama, ganti aki pas mesin mati.
Sama tetangga mertua yg kebetulan buka bengkel, di copot sekring ecu sekitar 30 menit lalu pasang lg.
Mobil normal kembali.
Cuma pengaturan elektronik, jam dan mid trip juga kereset kembali default
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
thanks masukannya, om.. nanti ane coba..pernahmiskin wrote: ↑Sun Nov 01, 2020 19:11 Pernah alamin kek gt, tp mobilnya hrv.
Penyebab jg sama, ganti aki pas mesin mati.
Sama tetangga mertua yg kebetulan buka bengkel, di copot sekring ecu sekitar 30 menit lalu pasang lg.
Mobil normal kembali.
Cuma pengaturan elektronik, jam dan mid trip juga kereset kembali default
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
mobil jaman skrg banyak menggunakan sensor dan instrumen elektrikal canggih yang semuanya sangat sensitif.
bahkan mekanik bengkel mobil aja belum tentu bisa dan ngerti apalagi pengguna awam.
hal yang kelihatannya sepele bagi orang awam seperti ganti aki aja bisa menimbulkan masalah seperti ini.
musti hati2 dalam mengatasi masalah dengan mobil modern gak bisa anggap sepele.
thank atas infonya om.
bahkan mekanik bengkel mobil aja belum tentu bisa dan ngerti apalagi pengguna awam.
hal yang kelihatannya sepele bagi orang awam seperti ganti aki aja bisa menimbulkan masalah seperti ini.
musti hati2 dalam mengatasi masalah dengan mobil modern gak bisa anggap sepele.
thank atas infonya om.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
katanya sih pas ganti aki (dalam kondisi mesin mati) harus jumper akinya dulu, omjessboy wrote: ↑Mon Nov 02, 2020 4:56 mobil jaman skrg banyak menggunakan sensor dan instrumen elektrikal canggih yang semuanya sangat sensitif.
bahkan mekanik bengkel mobil aja belum tentu bisa dan ngerti apalagi pengguna awam.
hal yang kelihatannya sepele bagi orang awam seperti ganti aki aja bisa menimbulkan masalah seperti ini.
musti hati2 dalam mengatasi masalah dengan mobil modern gak bisa anggap sepele.
thank atas infonya om.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
pernah nih saya, tapi di brio dan aki sehat baru ganti 2 bulan.. Instrument cluster mati nyala cepet, jarum tach n speedo mati..
tapi kompresor AC juga nggak nendang (fan only)
Cabut kutub aki dan fuse nya semalaman, besok pagi pasang lagi.. normal lagi. 2 minggu kemudian gitu lagi dan terakhir indikator ABS dan EPS nyala.
Kompresor AC kembali mati (fan only).
Bawa ke beres, reset ECU pake scanner mereka, normal lagi sy pake sampai 8 bulanan sebelum sy jual.
Kondisi mobil standar pabrik, kecuali nambah sensor parkir doang.. itupun dari baru, sdh 4 tahun lebih.
tapi kompresor AC juga nggak nendang (fan only)
Cabut kutub aki dan fuse nya semalaman, besok pagi pasang lagi.. normal lagi. 2 minggu kemudian gitu lagi dan terakhir indikator ABS dan EPS nyala.
Kompresor AC kembali mati (fan only).
Bawa ke beres, reset ECU pake scanner mereka, normal lagi sy pake sampai 8 bulanan sebelum sy jual.
Kondisi mobil standar pabrik, kecuali nambah sensor parkir doang.. itupun dari baru, sdh 4 tahun lebih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Help : Indikator Instrument Cluster Hidup Mati Berulang Ulang Setelah Ganti Aki
thanks sharingnya, omepinjose wrote: ↑Mon Nov 02, 2020 9:16 pernah nih saya, tapi di brio dan aki sehat baru ganti 2 bulan.. Instrument cluster mati nyala cepet, jarum tach n speedo mati..
tapi kompresor AC juga nggak nendang (fan only)
Cabut kutub aki dan fuse nya semalaman, besok pagi pasang lagi.. normal lagi. 2 minggu kemudian gitu lagi dan terakhir indikator ABS dan EPS nyala.
Kompresor AC kembali mati (fan only).
Bawa ke beres, reset ECU pake scanner mereka, normal lagi sy pake sampai 8 bulanan sebelum sy jual.
Kondisi mobil standar pabrik, kecuali nambah sensor parkir doang.. itupun dari baru, sdh 4 tahun lebih.
di ane juga sempat normal indikatornya, tapi kemudian kambuh lagi
nampaknya harus ke beres reset ya