Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by DOHC »

Ahh siapa blg inofa bensin boros

Tuh saya punya, ud metik, bensin lg... dalkot 1:8 gemuk, itu jg ud sering genset... kl campur tol enteng 1:9an... psbb malah 1:10an

Mobil seberat fortuner jadul, bsa 8 seater, RWD, ladder frame


Boros mah itu bahasa pedege lg nawar mobil, biar neken harga
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by michaelgiri93 »

Innova bensin at bisa segitu mah ngirit om
Kalo mau ngirit lagi ya mbejeknya lebih sabar
Tp kalo ngejar 1:10 dalkot kondisi macet ya tuker bpkb aja.
Kalo alat penghemat bbm itu sy jujur gk percaya om
Mau yg listrik listrikan apa yang bisa ngubah molekul bbm
Klaimnya rada gak masuk akal
Kl soal reviewer kan mereka di endorse jd yaaa begitulah
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by piggypig77 »

DOHC wrote: Mon Nov 23, 2020 7:53 Ahh siapa blg inofa bensin boros

Tuh saya punya, ud metik, bensin lg... dalkot 1:8 gemuk, itu jg ud sering genset... kl campur tol enteng 1:9an... psbb malah 1:10an

Mobil seberat fortuner jadul, bsa 8 seater, RWD, ladder frame


Boros mah itu bahasa pedege lg nawar mobil, biar neken harga
Yang bilang boros biasanya kepaitan sama innova bensin lama ato ga fanboy diesel garis keras yang banyak di SM, dibilangin innova irit pun ttp denial. Pernah tes jalur dalkot lancar dapet 1:9 sedangkan bandung-jakarta avg speed 108 km/h (sering manteng 130-140) isi full tank di bandung terus isi lagi ampe jakarta dapet 1:11. Kalo compare ama suv 2.500cc bensin emang ga irit tapi ga se horror cerita orang juga
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by piggypig77 »

DOHC wrote: Mon Nov 23, 2020 2:30
piggypig77 wrote: Mon Nov 23, 2020 2:11
DOHC wrote: Sun Nov 22, 2020 14:36

masalahnya ini matic AC60e nya ad algoritma sendiri om, makanya susah di prediksi... dan kayanya ini jg yg bkin susah kl mau tweak, susah dibkin enak mxud nya.. the best malah yg bawaan punya..

beda ama girbok2 matic 4 speed jadul, algoritma nya lebi simple.. speed sekian rpm sekian maka gigi sekian.. beress
Pantesan sampe skrg gada yg bisa tweak, tapi aneh ini matic demen stay di gigi 5
Kayanya sehh bsa om

Dl saya perna complain ke a2000 pas awal2, krn shifting nya koq bloon beg0 banget, d tawarin ama kabeng nya utk update software metik nya

Cuman waktu itu saya ga mau, krn baca2 dsini katanya yg the best tetep yg default pabrikan
waktu itu udah coba ganti atf om?
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Mon Nov 23, 2020 2:42

itu M104 nya udh diapain aja om? kalo lukot biasanya dl saya dapet 1:7-8, dalkot 1:5-6. kayanya udah dikilik kenceng ya

saya pribadi juga ga percaya sih sama alat2 penghematan gt. kalo ada ya rasa2nya aman, harusnya pabrikan jg udah pasang itu alat2 dr awal.
Kayaknya digoyang dikit oom, bodynya berat oom, 2.6. Biar ngga boyo rpm bawah diasepin soluna kalau masuk cijago arah tebet oom. He he
Si emon yang ngerjain tuh. Kemarin terakhir saya ganti packing seal bareng, sekalian belt dari 2205 ke 2225. Yah boyo-boyo juga sih oom, di pikiran aja kayaknya terasa greng. Mungkin karena primacynya 235/60/16 bukan 225.

Kalau oom faris kayaknya kaki-nya jago dan sekolah nih.
Pugman wrote: Sun Nov 22, 2020 15:56

XU10 saya dulu rata-rata di 1:9-10, paling irit 1:12 dengan kaki sekolah dan jalan paling kenceng 100kpj dalam kota kombinasi.. Tapi lebih sering ke karpet pedalnya hehehe...

Anyway saya jadi sedikit tanda tanya, koq TS ga ada balas komen balik disini, Jangan-jangan beliau ini supplier penghemat BBM? Hehehe...
Di d9 apa d8 oom? Kata temen d8 lebih irit. Kalau saya mah injek weh, negara ngga susah beli bensin ini he he

Perasaan saya aja kali yah kayak pernah fun drag bareng yah oom
Ron Asheton Forever
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Pugman »

thestoneroses wrote: Mon Nov 23, 2020 13:11
Di d9 apa d8 oom? Kata temen d8 lebih irit. Kalau saya mah injek weh, negara ngga susah beli bensin ini he he

Perasaan saya aja kali yah kayak pernah fun drag bareng yah oom
D9 Om, iya saya mau cruising gitu ga sabaran.. Bawaannya injek gas mulu. Kadang dengar mesin meraung itu menyenangkan. Pernah karena lebaran sepi dan waktu itu lagi ga pulang kampung, iseng keliling Tol Jakarta dari Pintu Tol Ciputat 2 arah Jorr W2 Bandara terus Tj.Priok, Cilincing sampai Pd.Indah lagi ga sampai 1 jam, tadinya mau cruising, tapi ada mobil2 cakep pada lewat jadi ikutan ngebut hehehe..

Oya saya belum pernah ke Sentul Om, baru sekali kemarin pas Media test si ZX25R
:big_peace:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Pugman »

suryosap wrote: Mon Nov 23, 2020 1:30
Pugman wrote: Sun Nov 22, 2020 15:56
Taufiq6210 wrote: Sat Nov 21, 2020 10:14

Boros ya om XU10nya kalau lukot, karena pedal to karpet kah? :mky_01:

XU10 saya dalkot bandung 1:6, lukot 1:15; pakai pertamax
XU10 saya dulu rata-rata di 1:9-10, paling irit 1:12 dengan kaki sekolah dan jalan paling kenceng 100kpj dalam kota kombinasi.. Tapi lebih sering ke karpet pedalnya hehehe...

Anyway saya jadi sedikit tanda tanya, koq TS ga ada balas komen balik disini, Jangan-jangan beliau ini supplier penghemat BBM? Hehehe...
Dxo24 wrote: Sun Nov 22, 2020 15:28 Pake ipah v 05, sejauh ini kalo nyetir sendiri paling boros di 6km/l average di 7an km/l... Utk lukot bisa 10km/l cuma bakal ngantuk, nginjek pedal mesti aluss, jd kalo udh bosen lukot (tangsel-semarang) full toll biasa 9km/l ini menurut mid, ga pernah full to full, pokoknya setengah tengki isi :big_biglaugh:
MaddMaxx wrote: Sun Nov 22, 2020 13:52
hackers11 wrote: Sun Nov 22, 2020 9:29 Setuju sama yg diatas. Borosnya seberapa dulu ya?
Thm 2011-2014 ortu pk innova 2.0 tipe g juga. Boros memang di kota bandung tp max 8-9km/l. Ok sih.
Luar kota bisa 12-14 tergantung kesopanan kaki.
Kembali lagi ini bisa ditolerir karena dikasi premium aja waktu itu, max pertalite
mau ikut sharing jg ah, kebetulan sy blm lama minang gnki 2.0 matic th 2013 jalan 6 bulan. waktu beli mid avg di angka 1:6.7 (plat b). ane reset pas beli trus skrg avg mid di 1:10.3 avg speed 26km/h kaki S3. secara itungan bener soalnya dari beli odo nambah 4k km abis bensin 3jt kebetulan selalu dicatat pengeluarannya. emg gak dipake harian, cuma dipake weekend sm lukot aja jadi jarang kena macet. kayaknya ipah itu emg gak cocok buat harian. kalo mau irit buat harian agya 1.0 aja 1:15 dalkot 1:20 lukot, asal jangan sampe nabrak cbr1000 aja. :big_peace: :big_grin:

semoga bermanfaat buat TS :big_okay:
hackers11 wrote: Sun Nov 22, 2020 9:29 Setuju sama yg diatas. Borosnya seberapa dulu ya?
Thm 2011-2014 ortu pk innova 2.0 tipe g juga. Boros memang di kota bandung tp max 8-9km/l. Ok sih.
Luar kota bisa 12-14 tergantung kesopanan kaki.
Kembali lagi ini bisa ditolerir karena dikasi premium aja waktu itu, max pertalite
Pugman wrote: Sun Nov 22, 2020 7:46
suryosap wrote: Sat Nov 21, 2020 2:45 Selamat siang, nama saya suryo, pendatang baru di serayamotor.

Belakangan ini saya tertarik untuk mencoba alat penghemat bbm.

Sekarang ini sedang mencari solusi untuk mobil mertua yang menurut saya sangat boros. Saya anggap boros jika membandingkan dengan performa yang didapat.

Saya coba bertanya ke teman, tetangga dan juga googling tapi tidak pernah menemukan seorang yang membuktikan klaim dengan meyakinkan.

Apakah ada rekan rekan yang menggunakan alat penghemat bbm dan mendapat manfaat yang signifikan? Apakah ada solusi lain untuk menghemat bbm?

Eco driving sudah jadi rutinitas tapi menurut saya masih boros. Oh ya mobil yang dipakai mertua innova g 2.0. Terima kasih
Tolong dijelaskan juga borosnya itu seberapa? Apa selisih jauh dengan sesama MPV 2.0? Yang jelas jangan pernah berharap bisa sama dengan mobil 1500cc. Jalur yang dilalui juga seperti apa?
Kalau tidak dijelaskan, Jangan-jangan ekspektasi si Om yang terlalu tinggi?
Innova g 2.0 tahun 2017 auto selalu diisi pertalite. Di dalam kota cuma bisa dapat 1:7 , 1:8 sangat langka. 1:9 nearly impossible. Sebenarnya saya tidak terlalu concern, toh bukan mobil milik saya. Tapi karena dampak dari pandemi, mertua ingin hidup lebih irit. Saya menahan keinginan mertua mendowngrade mobil (ganti avanza/rush) sementara memikirkan supaya innova ini lebih irit.

Mengenai garansi 90hari uang kembali, apakah syarat dan ketentuannya mudah?
Seingat saya Innova 2017 memang ada MID FC BBM, tapi bisa Coba Om beli Blutut OBD II lalu connect ke HP pakai Aplikasi Torque, ambil tampilan FC BBM real dan BBM Average sekaligus berdampingan, nanti kelihatan injakan gas model apa yang bikin boros dan gimana bikin irit.

Mobil saya Mazda8 2300cc yang pasti bobot lebih berat dari Innova plus mesin juga lebih besar, saya pernah terpaksa pakai driver sekitar 2 bulan karena bahu saya patah, ditangan saya, itu mobil bisa rata-rata 1:8 sampai 1:9 dalam kota, tapi di tangan driver saya itu cuma rata-rata 1:6 sampai 1:7 di jalur dan kondisi Traffic yang mirip.
Nah pakai MID FC BBM real dan average yang ditampilkan bareng, saya bahkan bisa lebih irit lagi 1:9 sampai 1:10 karena merubah cara nekan pedal gas. Eco driving by feeling sama by measuring pakai alat ukur itu ternyata ga sama. Nyatanya saya tetap bisa jalan sampai 150kpj dan tetap irit.
Berdasarkan Pengalaman saya memang cara mengatur gas itu kunci mobil bisa irit atau boros.

Alat penghemat BBM paling Paten dan Paling advance ya si SPCCI skyactive X Mazda itu. Dengan sekomplek dan secanggih itu saja tetap tidak signifikan dibandingkan Skyactive G
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Omnibus »

Pugman wrote: Mon Nov 23, 2020 14:43 ..........

Oya saya belum pernah ke Sentul Om, baru sekali kemarin pas Media test si ZX25R
:big_peace:
nimbrung om ...

gimana kesannya kawasaki dibanding yamaha om? :big_grin:

kl sy kok berasa kawasaki bodynya berat mantap tp kl segi enjin msh lebih enteng narik yamaha ya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by DOHC »

piggypig77 wrote: Mon Nov 23, 2020 12:36
DOHC wrote: Mon Nov 23, 2020 7:53 Ahh siapa blg inofa bensin boros

Tuh saya punya, ud metik, bensin lg... dalkot 1:8 gemuk, itu jg ud sering genset... kl campur tol enteng 1:9an... psbb malah 1:10an

Mobil seberat fortuner jadul, bsa 8 seater, RWD, ladder frame


Boros mah itu bahasa pedege lg nawar mobil, biar neken harga
Yang bilang boros biasanya kepaitan sama innova bensin lama ato ga fanboy diesel garis keras yang banyak di SM, dibilangin innova irit pun ttp denial. Pernah tes jalur dalkot lancar dapet 1:9 sedangkan bandung-jakarta avg speed 108 km/h (sering manteng 130-140) isi full tank di bandung terus isi lagi ampe jakarta dapet 1:11. Kalo compare ama suv 2.500cc bensin emang ga irit tapi ga se horror cerita orang juga
utk yg gen ribon, iya bener, yg blg inofa bensin boros boros itu lebay namanya

tp kl utk yg gen inofa seblom ribon, apalagi bensin metik, iya saya percaya, itu emg horor bensin nya... yg manual aj jg horor
piggypig77 wrote: Mon Nov 23, 2020 12:37
DOHC wrote: Mon Nov 23, 2020 2:30
piggypig77 wrote: Mon Nov 23, 2020 2:11 Pantesan sampe skrg gada yg bisa tweak, tapi aneh ini matic demen stay di gigi 5
Kayanya sehh bsa om

Dl saya perna complain ke a2000 pas awal2, krn shifting nya koq bloon beg0 banget, d tawarin ama kabeng nya utk update software metik nya

Cuman waktu itu saya ga mau, krn baca2 dsini katanya yg the best tetep yg default pabrikan
waktu itu udah coba ganti atf om?
waktu itu blom ganti

stelah dganti ad improve, selip nya rada berkurang jauh, tp shifting behaviour nya tetep susah diprediksi.. cuman utk harian ud lmayan lah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Mon Nov 23, 2020 13:11
farizfsa wrote: Mon Nov 23, 2020 2:42

itu M104 nya udh diapain aja om? kalo lukot biasanya dl saya dapet 1:7-8, dalkot 1:5-6. kayanya udah dikilik kenceng ya

saya pribadi juga ga percaya sih sama alat2 penghematan gt. kalo ada ya rasa2nya aman, harusnya pabrikan jg udah pasang itu alat2 dr awal.
Kayaknya digoyang dikit oom, bodynya berat oom, 2.6. Biar ngga boyo rpm bawah diasepin soluna kalau masuk cijago arah tebet oom. He he
Si emon yang ngerjain tuh. Kemarin terakhir saya ganti packing seal bareng, sekalian belt dari 2205 ke 2225. Yah boyo-boyo juga sih oom, di pikiran aja kayaknya terasa greng. Mungkin karena primacynya 235/60/16 bukan 225.

Kalau oom faris kayaknya kaki-nya jago dan sekolah nih.
Pugman wrote: Sun Nov 22, 2020 15:56

XU10 saya dulu rata-rata di 1:9-10, paling irit 1:12 dengan kaki sekolah dan jalan paling kenceng 100kpj dalam kota kombinasi.. Tapi lebih sering ke karpet pedalnya hehehe...

Anyway saya jadi sedikit tanda tanya, koq TS ga ada balas komen balik disini, Jangan-jangan beliau ini supplier penghemat BBM? Hehehe...
Di d9 apa d8 oom? Kata temen d8 lebih irit. Kalau saya mah injek weh, negara ngga susah beli bensin ini he he

Perasaan saya aja kali yah kayak pernah fun drag bareng yah oom
Haha ga lah om, kaki saya masih suka bejeg2 kl pergi sm tmn dan sendiri. Oo m103 2.6 toh, mmh di w124 atau w201 nih? Kl di w201 mantep, 2.6 di w124 artinya cbu punya nih ya

Kalo dulu di d9 matic lumayan irit jg itu mbl, cm ga sering bejek sih. Buat nyaman2an jalan rusak sama tol sih nih mbl enak bgt. Di tol plg 160-180 sesekali.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by ChZ »

DOHC wrote: Mon Nov 23, 2020 7:53 Ahh siapa blg inofa bensin boros

Tuh saya punya, ud metik, bensin lg... dalkot 1:8 gemuk, itu jg ud sering genset... kl campur tol enteng 1:9an... psbb malah 1:10an

Mobil seberat fortuner jadul, bsa 8 seater, RWD, ladder frame


Boros mah itu bahasa pedege lg nawar mobil, biar neken harga
boros boros bengsin cukup pertalit rawatan ala mobil jadul... bisa kuat ampe 100 thn kemudian...

hail inofa bensin... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Tue Nov 24, 2020 3:30

Haha ga lah om, kaki saya masih suka bejeg2 kl pergi sm tmn dan sendiri. Oo m103 2.6 toh, mmh di w124 atau w201 nih? Kl di w201 mantep, 2.6 di w124 artinya cbu punya nih ya

Kalo dulu di d9 matic lumayan irit jg itu mbl, cm ga sering bejek sih. Buat nyaman2an jalan rusak sama tol sih nih mbl enak bgt. Di tol plg 160-180 sesekali.
Beratnya 2.6 ton maksudnya oom, si boyo 140 kan. m104 di 140 kalau nga ditowel dikit dikasih asep terus sama suzuki carry oom.
Beltnya saya ganti dari 2205 ke 2225 lebih berasa entengan. Kalau seal packing iseng aja oom, bosen di rumah.

201 belum pernah megang oom, kalau 124 ada memang 2.6 cbu bekas kedutaan. Kayaknya di Tebet 124 yg 2.6 agak jarang ya oom, kalau warna kuning di Tebet ya itu pepet aja oom. Paling dibawa istri beli rujak di depan bca. Sepertinya di thread postingan foto mobil saya pernah posting2 oom.

Waktu muda pernah saya posting oom foto d9 hampir 200, lupa di forum yang depannya m atau k. Dua-duanya udah ngga ada srkg.
D9 paling enak ya, pas lah. Cuman apadaya pinggang lebih bersahabat naik sonder sekarang oom ha ha
Ron Asheton Forever
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by racho »

alat penghemat BBM yang dah saya coba, beneran efektif, tanpa efek samping thd. mesin:
1. free flow muffler buat gantiin muffler restriktif bawaan pabrik
2. header custom + catalytic converter delete.

bisa naikin efisiensi 15-20% dan power 10%... tapi menurunkan kepekaan pendengaran 30%
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Tue Nov 24, 2020 4:13
farizfsa wrote: Tue Nov 24, 2020 3:30

Haha ga lah om, kaki saya masih suka bejeg2 kl pergi sm tmn dan sendiri. Oo m103 2.6 toh, mmh di w124 atau w201 nih? Kl di w201 mantep, 2.6 di w124 artinya cbu punya nih ya

Kalo dulu di d9 matic lumayan irit jg itu mbl, cm ga sering bejek sih. Buat nyaman2an jalan rusak sama tol sih nih mbl enak bgt. Di tol plg 160-180 sesekali.
Beratnya 2.6 ton maksudnya oom, si boyo 140 kan. m104 di 140 kalau nga ditowel dikit dikasih asep terus sama suzuki carry oom.
Beltnya saya ganti dari 2205 ke 2225 lebih berasa entengan. Kalau seal packing iseng aja oom, bosen di rumah.

201 belum pernah megang oom, kalau 124 ada memang 2.6 cbu bekas kedutaan. Kayaknya di Tebet 124 yg 2.6 agak jarang ya oom, kalau warna kuning di Tebet ya itu pepet aja oom. Paling dibawa istri beli rujak di depan bca. Sepertinya di thread postingan foto mobil saya pernah posting2 oom.

Waktu muda pernah saya posting oom foto d9 hampir 200, lupa di forum yang depannya m atau k. Dua-duanya udah ngga ada srkg.
D9 paling enak ya, pas lah. Cuman apadaya pinggang lebih bersahabat naik sonder sekarang oom ha ha
haha sonder w140 emg beda kelas lg sih sama d9. syg sekarang sy lg ga ada waktu dan tempat buat main mobil vintej. masih ttp incer W116 sih biar vintej tp masih besar sama pinggang ttp aman dr encok wwwkwk

D9 sih sy pake pas zaman forum K sebelah, KPUT. kayanya sy pernah liat sih w124 kuning di sekitar bca PSPT situ sore2.

sorry gaes oot. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by ChZ »

racho wrote: Tue Nov 24, 2020 6:17 alat penghemat BBM yang dah saya coba, beneran efektif, tanpa efek samping thd. mesin:
1. free flow muffler buat gantiin muffler restriktif bawaan pabrik
2. header custom + catalytic converter delete.

bisa naikin efisiensi 15-20% dan power 10%... tapi menurunkan kepekaan pendengaran 30%
stuju om... klo ini beneran terbukti. plus remap makin meningkat lagi :big_grin:

menghemat bbm dengan bonus tenaga makin enak :big_grin: krn tarikan enak artinya power tersalur dengan baik = efisien = bbm irit. asal tidak kalap bejek gas saja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Pugman »

Omnibus wrote: Mon Nov 23, 2020 15:21
Pugman wrote: Mon Nov 23, 2020 14:43 ..........

Oya saya belum pernah ke Sentul Om, baru sekali kemarin pas Media test si ZX25R
:big_peace:
nimbrung om ...

gimana kesannya kawasaki dibanding yamaha om? :big_grin:

kl sy kok berasa kawasaki bodynya berat mantap tp kl segi enjin msh lebih enteng narik yamaha ya.
Kalau dibandingkan yang 4 silinder kelihatan beda kelas soal build quality. ZX25R ini rapi dan materialnya kelihatan berkelas.
Kalau sama-sama 2 silinder, tetap memang kualitas buatan Kawasaki lebih Ok, soal berat itu juga nyata Ninja 250 twin lebih berat dari R25, apalagi yang 4 silinder ini sekitar 180kg, enaknya ZX25R ini posisi stang lebih santai seperti R25 tidak racy seperti CBR250RR.
Menangnya Yamaha memang handling ringan untuk daily use, bisa selincah Nmax di jalan macet hehehe...
Engine Stroke-nya Yamaha lebih panjang makanya torsi sudah lebih terasa di rpm bawah dan agak kosong di atas.
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by ipo3nk »

emang ada ya alat penghemat BBM? namanya AFR pembakaran ya stokiometrinya segitu aja. kita cuma bisa mengurangi bensin yang masuk ke mesin. AFR di kurangi di ecu, tidak akselerasi mendadak yang bikin injektor mompa bensin lebih kaya, RPM dijaga dibawah 2500 sebelum VVTi aktif, selalu pake gigi paing tinggi, jarang ngerem
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Omnibus »

Pugman wrote: Tue Nov 24, 2020 9:09
Kalau dibandingkan yang 4 silinder kelihatan beda kelas soal build quality. ZX25R ini rapi dan materialnya kelihatan berkelas.
Kalau sama-sama 2 silinder, tetap memang kualitas buatan Kawasaki lebih Ok, soal berat itu juga nyata Ninja 250 twin lebih berat dari R25, apalagi yang 4 silinder ini sekitar 180kg, enaknya ZX25R ini posisi stang lebih santai seperti R25 tidak racy seperti CBR250RR.
Menangnya Yamaha memang handling ringan untuk daily use, bisa selincah Nmax di jalan macet hehehe...
Engine Stroke-nya Yamaha lebih panjang makanya torsi sudah lebih terasa di rpm bawah dan agak kosong di atas.
memang kawak dr dulu menang di build quality, las2an frame nya lbh halus.

kok cbr malah yg stang nya racy ya .... jaman sy dulu kebetulan waktu baru punya cbr929rr trus bandingin sm r1 dan zx9 punya teman, diantara 3 itu cbr yg paling tegak (stang paling tinggi posisinya). mungkin beda kl di 250 ya.

mantap om ripiu nya ...
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Wed Aug 19, 2020 3:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by Otomania »

Alat macem gitu gitu udh pasti ga percaya,,inget penjelasanya om turbo motomobi
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by qushay20019 »

ChZ wrote: Tue Nov 24, 2020 7:39
racho wrote: Tue Nov 24, 2020 6:17 alat penghemat BBM yang dah saya coba, beneran efektif, tanpa efek samping thd. mesin:
1. free flow muffler buat gantiin muffler restriktif bawaan pabrik
2. header custom + catalytic converter delete.

bisa naikin efisiensi 15-20% dan power 10%... tapi menurunkan kepekaan pendengaran 30%
stuju om... klo ini beneran terbukti. plus remap makin meningkat lagi :big_grin:

menghemat bbm dengan bonus tenaga makin enak :big_grin: krn tarikan enak artinya power tersalur dengan baik = efisien = bbm irit. asal tidak kalap bejek gas saja :big_biglaugh:
Ane gak masalah muffler free flow. Cuman kalo catconv delete, itu bukannya memperparah global heating & climate change?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by ChZ »

qushay20019 wrote: Thu Nov 26, 2020 11:30 Ane gak masalah muffler free flow. Cuman kalo catconv delete, itu bukannya memperparah global heating & climate change?
Klw di indonesia masih legal koq :big_grin: yah suka tidak suka CC memang bikin tarikan awal jd berat... Klo aimnya mau lebih irit, ya salah satu jalannya itu...

Di luar ada catconv yang less restrictive utk motorsport.

Lagian sy masih lebih percaya lepas CC isi bbm bagus msh lbh bersih daripada modern cars diisi bbm oktan rendah :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by qushay20019 »

Waks, di +62 sih semua bisa dibuat legal mas, sing penting wani piro. Masalahnya atmosfer & ozon kagak ada yg jual di onlen shop 🤣
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by ChZ »

qushay20019 wrote: Thu Nov 26, 2020 13:29 Waks, di +62 sih semua bisa dibuat legal mas, sing penting wani piro. Masalahnya atmosfer & ozon kagak ada yg jual di onlen shop 🤣
Yaaaa lagi lagi saya balik ke subject awal saja....

Pertanyaannya kan apakah ada cara / modifikasi untuk menghemat bbm. Yang sy tau ya itu salah satu yg efektif.

TSnya tidak nanya gimana hemat bbm tanpa mencemari lingkungan khan :big_grin:

Kalau bahas cc dan lepas cc si topik lain ya... Kita bisa debat panjang ttg etika lepas/pasang cc...

Walaupun saya mah selow ae. Yang lbh mencemari lingkungan dr seekor innova petrol lepas cc jauh lebih banyak.

Saya malah lebih setuju keep a 10y.o. innova petrol no cc dibanding jual lalu beli BEV baru. Lebih environment friendly krn tidak menambah waste...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by P47hos »

Reborn sdh lebh irit dr sebelum reborn, klo merasa masih boros, coba ganti ke oli yg lebih enteng + BBM kualitas bagus. Tp kok Eman ya .. Innova sdh takdirnya disiksa 😀
pandakus
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Dec 29, 2020 3:08

Re: Alat Penghemat BBM Yang Terbukti Sesuai Dengan Klaimnya

Post by pandakus »

minat coba accent wire om? kalo minat mungkin bisa kontak ane, coba gratis kok, ane ga berani klaim, takutnya ga sesuai ekspektasi, yang jelas dari beberapa yang udah nyoba semua respons nya positif, mobil tambah enak dan tambah irit.....