Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:43
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:36
yah gakda salahnya coba
PTT 5w30 A5/B5/C2 :weekk:

100rb an seliter :big_okay:
full syn atau semi syn nih mbah?

mana linknya coba mbah.

anehnya itu member forum indihe yg ngomong gitu dia sendiri pakenya delvac 1. kan hdeo juga itu. pake sampe 100rb km lebih (udah bbrp x oci). misguided information tuh org tp ane jd ikut mikir. :big_biglaugh:
fully syn mbahh

https://tokopedia.link/XxoxxiNoTgb
nah kl spec wise emang ini mintanya. api CF acea C2 sae 5w30 mid saps. wkwkwkwkwk

tp kan ini oli mesin bensin kudunya yak. :big_weee:

oli nganu sampe tembus spec scania LA-2, kaya yg keren pdhl belum tentu cocok sm aplikasi di toyota. org utk protect dpf dan scr, both of them kaga ada di 2gd lokalan.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41
wajar mbah,
klo sononya eropa kan duinginnya beku, minta 0w
klo dikasij 20w bisa gak naik olinya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
bukan mbah, di vrz manual itu bilangnya (sy compare beda2 soalnya tiap negara) boleh pake 0w30, 5w30, 10w30. disebut tergantung suhu ambient tp intinya wajib buntut -30.

kl sae ga usah pusing. ini yg jd bahan diskusi justru spec acea nya. berhubung nyambung sm om ongisnade mention acea di atas. apalagi santa fe, apakah memang mintanya acea B bukan C? sementara kl A kan utk mesin bensin.
Hasil ubek2 manual book santafe dr web hyungdai indo oom. Paliset jg dah ada manual booknya di web sama
oli santafe.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:51
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:43
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41

full syn atau semi syn nih mbah?

mana linknya coba mbah.

anehnya itu member forum indihe yg ngomong gitu dia sendiri pakenya delvac 1. kan hdeo juga itu. pake sampe 100rb km lebih (udah bbrp x oci). misguided information tuh org tp ane jd ikut mikir. :big_biglaugh:
fully syn mbahh

https://tokopedia.link/XxoxxiNoTgb
nah kl spec wise emang ini mintanya. api CF acea C2 sae 5w30 mid saps. wkwkwkwkwk

tp kan ini oli mesin bensin kudunya yak. :big_weee:

oli nganu sampe tembus spec scania LA-2, kaya yg keren pdhl belum tentu cocok sm aplikasi di toyota. org utk protect dpf dan scr, both of them kaga ada di 2gd lokalan.
bisa bensin dan diesel mbah.
di avanza dulu ad uoa nya om turbo, ok wear metalnya.

tapi sy coba di L15z gak enak feelnya berat :big_biglaugh:
terbaik buat hondut 0w20..
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ariswp »

dinatara wrote: Mon Jun 07, 2021 5:15 Permisi mbah, mohon ijin gabung setelah bosan jadi silent reader.
Habis angkut yaris bakpao, singkat cerita cek di lubang isi oli ada lumpur dikit gitu, alus. Request ke bengkel rekomendasi temen buat buka cover head, ternyata dalemnya kayak gini. Kata bengkel, kondisi masih kerak blm sampe sludge. Dicleaning manual area headnya + engine flush dan isi oli PTT 0W30, masih jalan 3500 km. Rencana ganti oli di 5000 km dgn PTT yg sama. Kepikiran pake PTT flushing oil buat bersih-bersih mesin, daripada engine flush yg katanya jahat sama seal-seal. Mungkin ada masukan lain untuk bebersih mesin dari mbah disini :big_childish: . Terima kasih





nubi bantu jawab ya om, saran saya untuk interval ganti oli berikutnya diperpendek hingga 3000 aja
oli saran saya comply selain untuk mesin bensin, juga bisa dipake di mesin diesel (contoh shell hx8 dsb), biasanya oli beginian cukup kuat "deterjennya"
lakukan dulu selama 2-3x om
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sh00t »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41
wajar mbah,
klo sononya eropa kan duinginnya beku, minta 0w
klo dikasij 20w bisa gak naik olinya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
bukan mbah, di vrz manual itu bilangnya (sy compare beda2 soalnya tiap negara) boleh pake 0w30, 5w30, 10w30. disebut tergantung suhu ambient tp intinya wajib buntut -30.

kl sae ga usah pusing. ini yg jd bahan diskusi justru spec acea nya. berhubung nyambung sm om ongisnade mention acea di atas. apalagi santa fe, apakah memang mintanya acea B bukan C? sementara kl A kan utk mesin bensin.
Ini mbah manualnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 11:01
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:51
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:43
fully syn mbahh

https://tokopedia.link/XxoxxiNoTgb
nah kl spec wise emang ini mintanya. api CF acea C2 sae 5w30 mid saps. wkwkwkwkwk

tp kan ini oli mesin bensin kudunya yak. :big_weee:

oli nganu sampe tembus spec scania LA-2, kaya yg keren pdhl belum tentu cocok sm aplikasi di toyota. org utk protect dpf dan scr, both of them kaga ada di 2gd lokalan.
bisa bensin dan diesel mbah.
di avanza dulu ad uoa nya om turbo, ok wear metalnya.

tapi sy coba di L15z gak enak feelnya berat :big_biglaugh:
terbaik buat hondut 0w20..
betul bisa bensin n diesel cuma kan yg disebut pertama SN nya baru /CF

kl nyari oli diesel depannya CF udah ga ada skrg layau secara skrg sdh sampai CK. nah ada jg yg nyebut kl CK tidak backward compatible (mirip SM vs SL).

berat ya ini? hmm udah lah ik stay aja di oli nganu. apalah arti tulisan2 itu. wong dikasih lendir bergizi tinggi, lebih bergizi drpd yg diminta. kl rusak ya kebangetan. :big_biglaugh:
Last edited by Omnibus on Mon Jun 07, 2021 11:46, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Mon Jun 07, 2021 10:58
Hasil ubek2 manual book santafe dr web hyungdai indo oom. Paliset jg dah ada manual booknya di web sama

oli santafe.png
sh00t wrote: Mon Jun 07, 2021 11:23
Ini mbah manualnya.
owh boleh kl yg non DPF yak. nah versi sini kemungkinan besar ga ada DPF lah ya. aman.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 11:43
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 11:01
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:51

nah kl spec wise emang ini mintanya. api CF acea C2 sae 5w30 mid saps. wkwkwkwkwk

tp kan ini oli mesin bensin kudunya yak. :big_weee:

oli nganu sampe tembus spec scania LA-2, kaya yg keren pdhl belum tentu cocok sm aplikasi di toyota. org utk protect dpf dan scr, both of them kaga ada di 2gd lokalan.
bisa bensin dan diesel mbah.
di avanza dulu ad uoa nya om turbo, ok wear metalnya.

tapi sy coba di L15z gak enak feelnya berat :big_biglaugh:
terbaik buat hondut 0w20..
betul bisa bensin n diesel cuma kan yg disebut pertama SN nya baru /CF

kl nyari oli diesel depannya CF udah ga ada skrg layau secara skrg sdh sampai CK. nah ada jg yg nyebut kl CK tidak backward compatible (mirip SM vs SL).

berat ya ini? hmm udah lah ik stay aja di oli nganu. apalah arti tulisan2 itu. wong dikasih lendir bergizi tinggi, lebih bergizi drpd yg diminta. kl rusak ya kebangetan. :big_biglaugh:
lah ya iya.
klo mau coba dongred ya gpp sih :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41
wajar mbah,
klo sononya eropa kan duinginnya beku, minta 0w
klo dikasij 20w bisa gak naik olinya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
bukan mbah, di vrz manual itu bilangnya (sy compare beda2 soalnya tiap negara) boleh pake 0w30, 5w30, 10w30. disebut tergantung suhu ambient tp intinya wajib buntut -30.

kl sae ga usah pusing. ini yg jd bahan diskusi justru spec acea nya. berhubung nyambung sm om ongisnade mention acea di atas. apalagi santa fe, apakah memang mintanya acea B bukan C? sementara kl A kan utk mesin bensin.
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening

ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.

Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.

Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget

Thank you sebelumnya om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Mon Jun 07, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening

ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.

Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.

Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget

Thank you sebelumnya om
ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.

cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.

buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,
Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg
lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)

kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.

kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.

kira2 begitu om.

btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?

g2880.pdf
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
Suryaputra wrote: Mon Jun 07, 2021 10:41
wajar mbah,
klo sononya eropa kan duinginnya beku, minta 0w
klo dikasij 20w bisa gak naik olinya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
bukan mbah, di vrz manual itu bilangnya (sy compare beda2 soalnya tiap negara) boleh pake 0w30, 5w30, 10w30. disebut tergantung suhu ambient tp intinya wajib buntut -30.

kl sae ga usah pusing. ini yg jd bahan diskusi justru spec acea nya. berhubung nyambung sm om ongisnade mention acea di atas. apalagi santa fe, apakah memang mintanya acea B bukan C? sementara kl A kan utk mesin bensin.
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening

ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.

Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.

Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget

Thank you sebelumnya om
Naik kelas bisa pakai
- Amsoil Heavy Duty 10W30 API CK-4
- Q8 - T7000 Full Syn 10W30 API CK-4 (Ester)

Amsoil 10W30 :

Beli AMSOIL OLI DIESEL 10W30. 100% SYNTHETIC. API CK-4
https://tokopedia.link/wuvNmItdUgb di toko td motor Rp125.000
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Profith83 wrote: Mon Jun 07, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening

ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.

Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.

Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget

Thank you sebelumnya om
ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.

cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.

buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,

Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg

lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)

kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.

kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.

kira2 begitu om.

btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?


g2880.pdf
Nah post begizi kaya gini nehh, kamsia koh ilmunya

Ga pelit2 bagi :big_exellent:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by dinatara »

ariswp wrote: Mon Jun 07, 2021 11:19
dinatara wrote: Mon Jun 07, 2021 5:15 Permisi mbah, mohon ijin gabung setelah bosan jadi silent reader.
Habis angkut yaris bakpao, singkat cerita cek di lubang isi oli ada lumpur dikit gitu, alus. Request ke bengkel rekomendasi temen buat buka cover head, ternyata dalemnya kayak gini. Kata bengkel, kondisi masih kerak blm sampe sludge. Dicleaning manual area headnya + engine flush dan isi oli PTT 0W30, masih jalan 3500 km. Rencana ganti oli di 5000 km dgn PTT yg sama. Kepikiran pake PTT flushing oil buat bersih-bersih mesin, daripada engine flush yg katanya jahat sama seal-seal. Mungkin ada masukan lain untuk bebersih mesin dari mbah disini :big_childish: . Terima kasih





nubi bantu jawab ya om, saran saya untuk interval ganti oli berikutnya diperpendek hingga 3000 aja
oli saran saya comply selain untuk mesin bensin, juga bisa dipake di mesin diesel (contoh shell hx8 dsb), biasanya oli beginian cukup kuat "deterjennya"
lakukan dulu selama 2-3x om
Wah ini uda jalan 3500km, tapi masi cerah sih. Selain pake oli yg comply, pake ptt flushing oil gimana om? Rencana masi pgn stay sama ptt dulu sih. Secara harga & spek synth masi paling oke :big_childish:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by dori2802 »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30 ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.

cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.

buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,

Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg

lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)

kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.

kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.

kira2 begitu om.

btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?


g2880.pdf
ini harusnya di colokin ke mata mekanik jadi2an yg banyak bercokol di bengkel.... biar terbuka matanya..(kecuali garasi 58 tentunya)
terima kasih mbah... ane sedikit2 mulai paham kenapa mbah2 sini nyuruhnya oli encer mulu... :mky_01:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jun 08, 2021 1:45
Nah post begizi kaya gini nehh, kamsia koh ilmunya

Ga pelit2 bagi :big_exellent:
you're most welcome. syukur kl bisa berguna infonya.

jij bisa aja, sama lah jij juga suka bagi2 ilmu. itu ilmu "ngelepasin" spion, delko, motor starter dan cara emergency menyelamatkan anak kecil terjebak di mobil dgn "memecahkan kaca pake busi" semua ik dpt dr jij. :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Jun 08, 2021 3:20
DOHC wrote: Tue Jun 08, 2021 1:45
Nah post begizi kaya gini nehh, kamsia koh ilmunya

Ga pelit2 bagi :big_exellent:
you're most welcome. syukur kl bisa berguna infonya.

jij bisa aja, sama lah jij juga suka bagi2 ilmu. itu ilmu "ngelepasin" spion, delko, motor starter dan cara emergency menyelamatkan anak kecil terjebak di mobil dgn "memecahkan kaca pake busi" semua ik dpt dr jij. :wkkk:
wkwkkwwk.
terbaik emg bosnya amsowel dan bos nya DGO
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Profith83 wrote: Mon Jun 07, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening

ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.

Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.

Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget

Thank you sebelumnya om
ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.

cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.

buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,

Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg

lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)

kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.

kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.

kira2 begitu om.

btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?


g2880.pdf
Terima kasih banyak om, penjelasan mata pelajaran 6 SKS. Bergisi banget.
Berarti saya rangkum dibawah ini :
1. NOACK -> Penguapan lebih bagus 10w30 karena nguapnya cuma separoh dari 5w40 pada suhu 150 derajat C. Tapi apakah yang 5W40 lebih tidak gampang panas? sehingga lebih jarang nguap?
2. HTHS Lebih melindungi 5W40, semakin tinggi semakin melindungi

Tapi nguapnya parah juga yah yang 5W40.
Kita coba saja dengan gaya setir saya, kalau dalam kota santai banget, jarang lewat RPM 2000, kebanyakan 1800-2000 an
Tapi kalau luar kota, lagi pingin ngebut, bisa sampai RPM 2300/2500 an.

CC terasa om, kayak plong gitu, gak ada ganjel. Di mesin tidak terasa berat gitu.
TAPI ada suara wos wos wos. Kalau kita di belakang suara seperti air mendidih

Satu lagi pertanyaan, saya lebih peduli untuk melindungi mesin lebih bagus yang mana yah?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue Jun 08, 2021 4:08
Terima kasih banyak om, penjelasan mata pelajaran 6 SKS. Bergisi banget.
Berarti saya rangkum dibawah ini :
1. NOACK -> Penguapan lebih bagus 10w30 karena nguapnya cuma separoh dari 5w40 pada suhu 150 derajat C. Tapi apakah yang 5W40 lebih tidak gampang panas? sehingga lebih jarang nguap?
2. HTHS Lebih melindungi 5W40, semakin tinggi semakin melindungi

Tapi nguapnya parah juga yah yang 5W40.
Kita coba saja dengan gaya setir saya, kalau dalam kota santai banget, jarang lewat RPM 2000, kebanyakan 1800-2000 an
Tapi kalau luar kota, lagi pingin ngebut, bisa sampai RPM 2300/2500 an.

CC terasa om, kayak plong gitu, gak ada ganjel. Di mesin tidak terasa berat gitu.
TAPI ada suara wos wos wos. Kalau kita di belakang suara seperti air mendidih

Satu lagi pertanyaan, saya lebih peduli untuk melindungi mesin lebih bagus yang mana yah?
nah tinggal bandingin noack amsoil 5w40 vs ptt 10w30 yg sebelumnya dipakai. lbh bagus mana, jangan2 berharap penguapan berkurang ga taunya malah bertambah.

5w40 lbh tdk gampang panas? kenapa hrs takut kl dlm suhu kerja normal si oli tetap bisa stay in grade (viskositasnya stabil dan fungsi pelumasannya tetap baik). ya ini berhubungan jg dgn hths, hths terlalu tinggi jg ga bagus n terlalu rendah jg ga bagus, ada balancing limitnya dimana kita pengen protection dpt, fuel cons dpt, dan power dpt (power loss minimum). kl mau aman cari hths +/- 3.5 (std hths mobil2 eropa) n kl mau irit bbm cari hths dibawah 3.0.

kl sy ditanya lbh bagus mana, by data 10w30. tp kadang reality bisa berbeda. berhubung om udah beli amsoil 5w40 ya dipake aja. next nya pake amsoil 10w30. hasilnya share ke kita spy kita bisa tau mana yg paling bagus.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Buat yg cocok pakai Amsoil

mulai skg udah boleh nyetok

karena nanti mulai July harga oli2 Amsoil naiknya "lumayan"

Tapi utk toko2 yg setok harga lama sih masi jual harga lama mestinya
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Junoz »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Profith83 wrote: Mon Jun 07, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.

cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.

buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,

Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg

lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)

kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.

kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.

kira2 begitu om.

btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?


g2880.pdf
Untung hari ni ane masuk kelasnye mbah plop shifu, jd ilmunye bisa ane sedott... :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue Jun 08, 2021 4:58 Buat yg cocok pakai Amsoil

mulai skg udah boleh nyetok

karena nanti mulai July harga oli2 Amsoil naiknya "lumayan"

Tapi utk toko2 yg setok harga lama sih masi jual harga lama mestinya
klo oli kuwait gmn om nasibnya?
oli thailand?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Mbah, yang 10W30 kok malah pas dingin lebih encer ya dibanding yang 5W40?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Tue Jun 08, 2021 5:35
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Mbah, yang 10W30 kok malah pas dingin lebih encer ya dibanding yang 5W40?
aneh ya mbah? he he he. makanya itu pentingnya baca data.

tapi yg 5w40 coba liat CCS viscosity (cold cranking simulator). dia centi poise nya sama tp di kondisi -30°C dibanding 10w30 yg sdh kentalnya sama di -25°C
trus pour point 5w40 di -42°C vs -38°C 10w30 artinya dia stay liquid (flow/pumpable) di suhu lbh rendah dikit.

jadi memang sedikit lbh unggul di subzero temp, meskipun di suhu tropis ga lbh encer. anyway W memang kepanjangan winter kan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Tue Jun 08, 2021 5:35
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 16:30
Mbah, yang 10W30 kok malah pas dingin lebih encer ya dibanding yang 5W40?
emg gtu mbah,
itu berlaku untuk suhu di atas 0 dan di bawah 0 C

Image

intinya, untuk ambience temp di indonesia, dr cold start pagi hari - operating temp, tetap 10w30 lbh encer dibanding 5w40

klo mau real simulasi cold cranking, beli aja 2 oli visc tsb, tuang di gelas, masukin freezer 24 jam, trus keluarin dan tuang, mana yg lbh cepet tumpah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by alvin23 »

dinatara wrote: Mon Jun 07, 2021 5:15 Permisi mbah, mohon ijin gabung setelah bosan jadi silent reader.
Habis angkut yaris bakpao, singkat cerita cek di lubang isi oli ada lumpur dikit gitu, alus. Request ke bengkel rekomendasi temen buat buka cover head, ternyata dalemnya kayak gini. Kata bengkel, kondisi masih kerak blm sampe sludge. Dicleaning manual area headnya + engine flush dan isi oli PTT 0W30, masih jalan 3500 km. Rencana ganti oli di 5000 km dgn PTT yg sama. Kepikiran pake PTT flushing oil buat bersih-bersih mesin, daripada engine flush yg katanya jahat sama seal-seal. Mungkin ada masukan lain untuk bebersih mesin dari mbah disini :big_childish: . Terima kasih





wkwkw yaris gw jg kalau dibongkar kayaknya kayak gini

Itu berarti kalau udh dibersihin manual jadi bersih lagi dong? apa gmn?

Minta tolong difotoin setelah dibersihin doong hehe
Rocky R ADS CVT 2021