Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+.
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tompy25 »

rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Next coba Amsoil SS 0w20 perbedaanya sperti apa?
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tompy25 »

DOHC wrote: Sat May 15, 2021 6:09
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+.
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
Minggu depan mo sy cb ba2a ke lurkot Jkrt SBY mo liat perform si PTT 0W20 API SP Non ECO. Arahan om akan sy cb tes sistem kaki kagak sekolah. Coz dr tuang si PTT di 13500Km style nyetir cm sampe RPM 4000 blm tes diatas RPM 5000.....smoga aja si PTT tidak mengecewakan....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 6:16
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 6:09
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07

wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
Minggu depan mo sy cb ba2a ke lurkot Jkrt SBY mo liat perform si PTT 0W20 API SP Non ECO. Arahan om akan sy cb tes sistem kaki kagak sekolah. Coz dr tuang si PTT di 13500Km style nyetir cm sampe RPM 4000 blm tes diatas RPM 5000.....smoga aja si PTT tidak mengecewakan....
Muda2an seh enak ya buat rpm tinggi

Soalnya yg saya rasain, api sp kl saya bejeg rpm tinggi terus2an, terutama d transjawabahn, kaya lg rpm 3000 trus mendadak bejeg ampe 5000 tuh mesin ga ad krek krek krek glitik alus gt.. beda waktu pake oli yg agak encer, kl dibejeg pas lg rpm 3000, lgs krek krek krek glitik alus gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by KSG88 »

Oli legend kebanggaan warga SM lagi promo di tokp*d
Screenshot_20210515-153540_Tokopedia.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

KSG88 wrote:Oli legend kebanggaan warga SM lagi promo di tokp*d
Screenshot_20210515-153540_Tokopedia.jpg
Tuh Om Klep discount gocap hun biar di probono jg kan? Jgn mentang2 abis diocehin langsung deh discountnya dikeluarin lg

Sikattt Om Klep...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sat May 15, 2021 9:42
KSG88 wrote:Oli legend kebanggaan warga SM lagi promo di tokp*dScreenshot_20210515-153540_Tokopedia.jpg
Tuh Om Klep discount gocap hun biar di probono jg kan? Jgn mentang2 abis diocehin langsung deh discountnya dikeluarin lg

Sikattt Om Klep...
Ogah ahh mbah

Kan ud pecah kongsie :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah.. klo w30 api sp lbh gak enak lg tuh.
krn lbh kentel scr teoritis di pds (dibanding w30 sn plus)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

blloewy wrote: Sat May 15, 2021 2:54
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Apa lagi itu Om Forced Induction? :big_think:
segala mesin yg napasnya ditambah paksa... supercharge, turbocharge, twincharge


tukangbajakcd wrote: Sat May 15, 2021 3:39 Om mau nanya ni.kl buat voxy mending unil opal opalub premium 0w-20 atau ptt evotec 0w-20?thx
enteng unyil, tp lebih adem ptt evotec pasti, lebih berat dikit
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 6:09
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+.
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
betul mbah klep... mungkin Vicsocity index improvernya nya jg lbh banyak jadi ga gampang out dari zona visco nya dia...

tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 6:10
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Next coba Amsoil SS 0w20 perbedaanya sperti apa?
amsoil SS 0w20 yg masih API SN+ pasti bakal lebih enteng dan sama ademnya sama PTT deh wkwkwkwk
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Sat May 15, 2021 17:01
blloewy wrote: Sat May 15, 2021 2:54
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07

wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Apa lagi itu Om Forced Induction? :big_think:
segala mesin yg napasnya ditambah paksa... supercharge, turbocharge, twincharge


tukangbajakcd wrote: Sat May 15, 2021 3:39 Om mau nanya ni.kl buat voxy mending unil opal opalub premium 0w-20 atau ptt evotec 0w-20?thx
enteng unyil, tp lebih adem ptt evotec pasti, lebih berat dikit
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 6:09
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07

wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
betul mbah klep... mungkin Vicsocity index improvernya nya jg lbh banyak jadi ga gampang out dari zona visco nya dia...

tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 6:10
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07

wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Next coba Amsoil SS 0w20 perbedaanya sperti apa?
amsoil SS 0w20 yg masih API SN+ pasti bakal lebih enteng dan sama ademnya sama PTT deh wkwkwkwk
konon bbrp produk amsoil batch yg baru2 ini udh SP.
cb cek aja ke sellernya masing2

tp klo lihat pds nya sih, v40 dan v100 mereka gak berubah sejak api sn+ klo kelas keraton gtu tinggal pk dan gas poll :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

Review PTT 0W-30 API SP di lipindut jalan sdh 5 bln sekitar 3800 km. Sering kena macet kl di jabodetabek, sekali gas pas mudik ke sumatera itu biasa 100-120 kpj. So far enak sich aman juga oenguapan minim. Suara mesin lbh halus dan tarikan enteng2 aja apalagi kl diisi ron 98 berasa enteng banget. Pemakaian rutin ron 92 atau shell ron 95. Ajaibnya ini...pas jalan jauh sekitar 350 km dgn speed rata2 100 kpj itu bbm kepake 20 liter. Tp kl jalan macet stop and go itu cuma dpt 150-200 km doang 20 liter. Entah efek oli ini atau gmn.
Msh ada stok 5 liter lagi sama 4 liter API SN+.
Cuma kl nanti harganya sdh ngga promo dan deket2 si Anu kayanya orefer si Anu.
nubie in all things - still need to learn
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote: konon bbrp produk amsoil batch yg baru2 ini udh SP.
cb cek aja ke sellernya masing2

tp klo lihat pds nya sih, v40 dan v100 mereka gak berubah sejak api sn+ klo kelas keraton gtu tinggal pk dan gas poll :big_biglaugh:
PDS Ams SS 0W-20 SP utk cek V40 & V100 nya sdh ada blom yah om? Terakhir cek baru ada smp SN+ doang yah.

Ane lg pake ini sdh jalan 400 KM, gegara API SP ini ane lg cari2 perbedaannya dgn SN+. Memang gak apel to apel sih bandinginnya krn gak sama2 dr baru pakainya.

Viscosity "keliatannya" lebih kentel dikittt banding SN+ tapi kok ane sulit menemukan perbedaan yg signifikan yah. Start mesin enak,, gak ada bunyi macem2, getaran tetap halus, suara mesin tetap senyap di 2AZ-FE.

Kl akselerasi ini yg agak sulit krn biasa Ams SS ini makin lama baru makin enak & makin enteng akselerasinya. Awal2 sebelum break-in terutama di bawah 500 KM msh belum optimal.

Tapi 0-400 KM ini sih msh cukup oke yah menurut ane, gak terasa berat banget gegara si SP yg katanya visconya lbh kental. Bener2 ane konsentrasi buat ngerasain perbedaannya dgn si SN+ hahahah [emoji1]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sun May 16, 2021 0:12
Suryaputra wrote: konon bbrp produk amsoil batch yg baru2 ini udh SP.
cb cek aja ke sellernya masing2

tp klo lihat pds nya sih, v40 dan v100 mereka gak berubah sejak api sn+ klo kelas keraton gtu tinggal pk dan gas poll :big_biglaugh:
PDS Ams SS 0W-20 SP utk cek V40 & V100 nya sdh ada blom yah om? Terakhir cek baru ada smp SN+ doang yah.

Ane lg pake ini sdh jalan 400 KM, gegara API SP ini ane lg cari2 perbedaannya dgn SN+. Memang gak apel to apel sih bandinginnya krn gak sama2 dr baru pakainya.

Viscosity "keliatannya" lebih kentel dikittt banding SN+ tapi kok ane sulit menemukan perbedaan yg signifikan yah. Start mesin enak,, gak ada bunyi macem2, getaran tetap halus, suara mesin tetap senyap di 2AZ-FE.

Kl akselerasi ini yg agak sulit krn biasa Ams SS ini makin lama baru makin enak & makin enteng akselerasinya. Awal2 sebelum break-in terutama di bawah 500 KM msh belum optimal.

Tapi 0-400 KM ini sih msh cukup oke yah menurut ane, gak terasa berat banget gegara si SP yg katanya visconya lbh kental. Bener2 ane konsentrasi buat ngerasain perbedaannya dgn si SN+ hahahah [emoji1]
ada di pds dalam web ams sign nya.
v40 47 koma
v100 8,8

klo mesin kapasitas udh sebesar itu efekny gak berasa om.
mungkin klo w20 ke w30 dan w40 br terasa.. hihihi

yg ribet ini mesin cc imut,
apalagi wkt sy miara brio, itu berasa bener bedanya w30 dan w20

klo sy punya 1000cc dah sy minumin w16 kali
hahahahaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote: ada di pds dalam web ams sign nya.
v40 47 koma
v100 8,8
Ini ane jg sdh liat sih om di PDS nya, cuman ragu ini yg SN+ atau SP yah? Kl liat tgl revisions nya sih tgl 12 maret 2019.

Kl benar itu sdh SP maka yg SN+ V40 & V100 diberapa yah? Penasaran mau tau deltanya seberapa banyak kl ternyata memang benar ada perubahan visco.
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

blloewy wrote: Sun May 16, 2021 0:11 Review PTT 0W-30 API SP di lipindut jalan sdh 5 bln sekitar 3800 km. Sering kena macet kl di jabodetabek, sekali gas pas mudik ke sumatera itu biasa 100-120 kpj. So far enak sich aman juga oenguapan minim. Suara mesin lbh halus dan tarikan enteng2 aja apalagi kl diisi ron 98 berasa enteng banget. Pemakaian rutin ron 92 atau shell ron 95. Ajaibnya ini...pas jalan jauh sekitar 350 km dgn speed rata2 100 kpj itu bbm kepake 20 liter. Tp kl jalan macet stop and go itu cuma dpt 150-200 km doang 20 liter. Entah efek oli ini atau gmn.
Msh ada stok 5 liter lagi sama 4 liter API SN+.
Cuma kl nanti harganya sdh ngga promo dan deket2 si Anu kayanya orefer si Anu.
Wajar om stop and go lebih boros mah, kan waktu stop mesin mobil tetep nyala sementara jarak ga bertambah :big_grin:
Apalagi pas mau mulai jalan lagi, pasti rpm naik dulu sebelum lepas kopling..

Nasib tinggal di kampung, mau pedal to the carpet aja susah, mentok 80 udah harus nginjak rem lagi :big_dunno:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Sun May 16, 2021 0:34
benzz89 wrote: Sun May 16, 2021 0:12
Suryaputra wrote: konon bbrp produk amsoil batch yg baru2 ini udh SP.
cb cek aja ke sellernya masing2

tp klo lihat pds nya sih, v40 dan v100 mereka gak berubah sejak api sn+ klo kelas keraton gtu tinggal pk dan gas poll :big_biglaugh:
PDS Ams SS 0W-20 SP utk cek V40 & V100 nya sdh ada blom yah om? Terakhir cek baru ada smp SN+ doang yah.

Ane lg pake ini sdh jalan 400 KM, gegara API SP ini ane lg cari2 perbedaannya dgn SN+. Memang gak apel to apel sih bandinginnya krn gak sama2 dr baru pakainya.

Viscosity "keliatannya" lebih kentel dikittt banding SN+ tapi kok ane sulit menemukan perbedaan yg signifikan yah. Start mesin enak,, gak ada bunyi macem2, getaran tetap halus, suara mesin tetap senyap di 2AZ-FE.

Kl akselerasi ini yg agak sulit krn biasa Ams SS ini makin lama baru makin enak & makin enteng akselerasinya. Awal2 sebelum break-in terutama di bawah 500 KM msh belum optimal.

Tapi 0-400 KM ini sih msh cukup oke yah menurut ane, gak terasa berat banget gegara si SP yg katanya visconya lbh kental. Bener2 ane konsentrasi buat ngerasain perbedaannya dgn si SN+ hahahah [emoji1]
ada di pds dalam web ams sign nya.
v40 47 koma
v100 8,8

klo mesin kapasitas udh sebesar itu efekny gak berasa om.
mungkin klo w20 ke w30 dan w40 br terasa.. hihihi

yg ribet ini mesin cc imut,
apalagi wkt sy miara brio, itu berasa bener bedanya w30 dan w20

klo sy punya 1000cc dah sy minumin w16 kali
hahahahaha
Makanya paling bener pake cara om kompre aj

Pedal to kampret always... dijamin mo oli encer kentel cc gede kecil ga bakal berasa :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sh00t »

Spies wrote: Sun May 16, 2021 2:00
blloewy wrote: Sun May 16, 2021 0:11 Review PTT 0W-30 API SP di lipindut jalan sdh 5 bln sekitar 3800 km. Sering kena macet kl di jabodetabek, sekali gas pas mudik ke sumatera itu biasa 100-120 kpj. So far enak sich aman juga oenguapan minim. Suara mesin lbh halus dan tarikan enteng2 aja apalagi kl diisi ron 98 berasa enteng banget. Pemakaian rutin ron 92 atau shell ron 95. Ajaibnya ini...pas jalan jauh sekitar 350 km dgn speed rata2 100 kpj itu bbm kepake 20 liter. Tp kl jalan macet stop and go itu cuma dpt 150-200 km doang 20 liter. Entah efek oli ini atau gmn.
Msh ada stok 5 liter lagi sama 4 liter API SN+.
Cuma kl nanti harganya sdh ngga promo dan deket2 si Anu kayanya orefer si Anu.
Wajar om stop and go lebih boros mah, kan waktu stop mesin mobil tetep nyala sementara jarak ga bertambah :big_grin:
Apalagi pas mau mulai jalan lagi, pasti rpm naik dulu sebelum lepas kopling..

Nasib tinggal di kampung, mau pedal to the carpet aja susah, mentok 80 udah harus nginjak rem lagi :big_dunno:
Tapi kan gak macet om. Kalau di Jakarta tinggan tunggu Sudirman back 2 normal. :upss:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz. Kira kira yg bikin tek tek lebih lama ini krn saya kurang banyak masukin olinya atau krn efek 0W di AMS terbaru lebih kental krn udh API SP ya? Dan posisi carport tmpt saya parkir moncongnya juga agak turun apakah berpengaruh juga di oil suction? Jd berkurang sedikit aja dr kapasitas oli normal sangat berpengaruh?(kapasitas oli normal 3SZ 3,1 liter)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz. Kira kira yg bikin tek tek lebih lama ini krn saya kurang banyak masukin olinya atau krn efek 0W di AMS terbaru lebih kental krn udh API SP ya? Dan posisi carport tmpt saya parkir moncongnya juga agak turun apakah berpengaruh juga di oil suction? Jd berkurang sedikit aja dr kapasitas oli normal sangat berpengaruh?(kapasitas oli normal 3SZ 3,1 liter)
gak masalah om klo lihat kapasitas nya.
kecuali klo cmn diisi 1 liter :mky_03:

mesinnya dah biasa nelen oli encer ya, jd pas dikasih kentel dikit, ngasih info dia :big_biglaugh:

btw kpn terakhir cek kelep cam dkk nya?
bisa aj kebetulan ada yg berubah bertepatan dgn OCi

gmn klo dikasih w30 dah :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Sun May 16, 2021 3:06, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz. Kira kira yg bikin tek tek lebih lama ini krn saya kurang banyak masukin olinya atau krn efek 0W di AMS terbaru lebih kental krn udh API SP ya? Dan posisi carport tmpt saya parkir moncongnya juga agak turun apakah berpengaruh juga di oil suction? Jd berkurang sedikit aja dr kapasitas oli normal sangat berpengaruh?(kapasitas oli normal 3SZ 3,1 liter)
0w20 vs 0w30 ketika suhu cold start tetep aja lbh encer yg 0w20, even dia SP sekalipun. (47.1cSt vs 57.1cSt)

dan qty cuma kurang 0.1 quart ga pengaruh kl kata sy.

sy pun penasaran knp jd tek2nya lama. satu2nya jawaban ya keenceran.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

DOHC wrote:
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07
tompy25 wrote: Sat May 15, 2021 0:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+.
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
API SP kadar antiwear nya lebih tinggi

di API SP :
- Zinc
- Moly
- Boron

jumlah total bisa > 1000 ppm

di merek apapun

di API SN hanya oli2 tertentu yg Antiwear nya ada 3 komponen tsb, lainnya paling Zinc + Moly dikit

IMHO
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Thu May 13, 2021 15:36 https://www.tokopedia.com/grosirolisda/ ... usa?whid=0



ada lagi nih 0w16 200k / 1qt


https://www.tokopedia.com/triputraracin ... rue&whid=0


ini mobil 1 0w16 juga
hmmm boljug nih :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Turboman wrote: Sun May 16, 2021 3:05
DOHC wrote:
rendr wrote: Sat May 15, 2021 2:07

wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

Pantesan yg ptt api SP bsa saya tarik ampe d atas 5000 an km suara mesin ga sekasar waktu make oli api sn

Krn ternyata oli nya masi lebi "kentel" dbanding api sn, tentu degradasi jd "encer"nya mustinya lebi lambat

Btw, kl pengalaman saya agak kebalik ama om tompy yah, di 1TR ribon saya malah lebi cocok pake api sp, mungkin karakter nyetir saya kl yg doyan bejeg gas mulu.. dan ini mobil respon mesin nya agak lelet makanya musti dibejeg mulu

Tp kl d hrv saya seh, mmg lebi enak pake oli encer, ga perlu rpm tinggi2 bejeg2
API SP kadar antiwear nya lebih tinggi

di API SP :
- Zinc
- Moly
- Boron

jumlah total bisa > 1000 ppm

di merek apapun

di API SN hanya oli2 tertentu yg Antiwear nya ada 3 komponen tsb, lainnya paling Zinc + Moly dikit

IMHO
Berarti kl doyan bejeg2 pake api sp ud pas

Anti wear tinggi ckup proteksi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by KSG88 »

Sedikit perbedaan SN ke SN+ ke SP, nemu di yutube, menggunakan standar GF5 ke 6. Saya juga msh kurang paham detailnya
Screenshot_20210516-105239_WhatsApp.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw
gak masalah om klo lihat kapasitas nya.
kecuali klo cmn diisi 1 liter :mky_03:

mesinnya dah biasa nelen oli encer ya, jd pas dikasih kentel dikit, ngasih info dia :big_biglaugh:

btw kpn terakhir cek kelep cam dkk nya?
bisa aj kebetulan ada yg berubah bertepatan dgn OCi

gmn klo dikasih w30 dah :ngacir:
Iya sih om masalahnya kalo lg di carport miring itu saya cek dipstick ya cuma berkurang dikit bgt dr batas max.

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?