Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw
0w20 vs 0w30 ketika suhu cold start tetep aja lbh encer yg 0w20, even dia SP sekalipun. (47.1cSt vs 57.1cSt)

dan qty cuma kurang 0.1 quart ga pengaruh kl kata sy.

sy pun penasaran knp jd tek2nya lama. satu2nya jawaban ya keenceran.
Jd saran dr om omni mending pake 5W-30 aja ya kalo pake ams ss?

Asumsi saya utk kasus tek tek vvti ini kalo pake yg lebih encer ya harusnya lebih cepet terlumasi jadi lebih minim tekteknya, tp ngga jg ternyata ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36
Suryaputra wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw
gak masalah om klo lihat kapasitas nya.
kecuali klo cmn diisi 1 liter :mky_03:

mesinnya dah biasa nelen oli encer ya, jd pas dikasih kentel dikit, ngasih info dia :big_biglaugh:

btw kpn terakhir cek kelep cam dkk nya?
bisa aj kebetulan ada yg berubah bertepatan dgn OCi

gmn klo dikasih w30 dah :ngacir:
Iya sih om masalahnya kalo lg di carport miring itu saya cek dipstick ya cuma berkurang dikit bgt dr batas max.

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu

cobain pk ams ss 0w20 atau q8 formula d1 fe 0w20 dulu.
dua2nya ada di sentra pelumas tokped.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36
Suryaputra wrote: gak masalah om klo lihat kapasitas nya.
kecuali klo cmn diisi 1 liter :mky_03:

mesinnya dah biasa nelen oli encer ya, jd pas dikasih kentel dikit, ngasih info dia :big_biglaugh:

btw kpn terakhir cek kelep cam dkk nya?
bisa aj kebetulan ada yg berubah bertepatan dgn OCi

gmn klo dikasih w30 dah :ngacir:
Iya sih om masalahnya kalo lg di carport miring itu saya cek dipstick ya cuma berkurang dikit bgt dr batas max.

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu

cobain pk ams ss 0w20 atau q8 formula d1 fe 0w20 dulu.
dua2nya ada di sentra pelumas tokped.
Kebetulan emg lagi pake AMS SS 0W-20 sekarang om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: 16 May 2021, 13:54
Suryaputra wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36

Iya sih om masalahnya kalo lg di carport miring itu saya cek dipstick ya cuma berkurang dikit bgt dr batas max.

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu

cobain pk ams ss 0w20 atau q8 formula d1 fe 0w20 dulu.
dua2nya ada di sentra pelumas tokped.
Kebetulan emg lagi pake AMS SS 0W-20 sekarang om
oh ok.
pakai aja dl jalan 2 minggu.
let see.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.

3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.

kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: 16 May 2021, 11:52
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu


3SZ itu buatan daihatsu.
daihatsu itu pelit.
mana mungkin begituan dikasih otomatis/HLA?
otomatis dari hongkong?

:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: 16 May 2021, 11:40
Jd saran dr om omni mending pake 5W-30 aja ya kalo pake ams ss?

Asumsi saya utk kasus tek tek vvti ini kalo pake yg lebih encer ya harusnya lebih cepet terlumasi jadi lebih minim tekteknya, tp ngga jg ternyata ya
kl mau coba next ganti oli kan ga ada salahnya.

ams ss 5w30 ada ester nya. ams ss 0w20 ga ada. bisa lihat di SDS nya.

sifat ester cling ke metal. ditambah 5w30 lbh kental ketika mesin cooling down membuat dia bisa stay di chamber/groove valvetrain dibanding 0w20 yg krn encer turun ke oil sump lbh mudah. memang 0w20 pumpability nya lbh bagus ketika cold start drpd 5w30, tp si 5w30 kl udah ada diatas duluan what's the point? kan kita ga tinggal di subzero temp, kebutuhannya beda kl disana. imho.

edit: eh sds yg terbaru udah ada ding esternya di 0w20. dulu ga ditulis (sy msh simpan file yg lama yg ga tertulis.)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: 16 May 2021, 14:57
Suryaputra wrote: 16 May 2021, 11:52
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu


3SZ itu buatan daihatsu.
daihatsu itu pelit.
mana mungkin begituan dikasih otomatis/HLA?
otomatis dari hongkong?

:mky_03:
hoo... i see :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

marmut wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.

3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.

kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Sekitar 6 bulan dan ga nyampe 5 rb km om, setelah baca baca disini jd ngeri sendiri dan ganti pake ams yg api sp, tp anehnya malah pas pake API SM cold startnya ga lama bunyi tekteknya, pas ganti api sp jd malah lebih lama. Makanya diawal saya nanya apakah krn api sp ini lebih kentel jd oli telat naik saat cold start.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:40
Jd saran dr om omni mending pake 5W-30 aja ya kalo pake ams ss?

Asumsi saya utk kasus tek tek vvti ini kalo pake yg lebih encer ya harusnya lebih cepet terlumasi jadi lebih minim tekteknya, tp ngga jg ternyata ya
kl mau coba next ganti oli kan ga ada salahnya.

ams ss 5w30 ada ester nya. ams ss 0w20 ga ada. bisa lihat di SDS nya.

sifat ester cling ke metal. ditambah 5w30 lbh kental ketika mesin cooling down membuat dia bisa stay di chamber/groove valvetrain dibanding 0w20 yg krn encer turun ke oil sump lbh mudah. memang 0w20 pumpability nya lbh bagus ketika cold start drpd 5w30, tp si 5w30 kl udah ada diatas duluan what's the point? kan kita ga tinggal di subzero temp, kebutuhannya beda kl disana. imho.

edit: eh sds yg terbaru udah ada ding esternya di 0w20. dulu ga ditulis (sy msh simpan file yg lama yg ga tertulis.)
Siap om, logika oli yg kentel saat cooling down bikin bisa stay di chamber sangat masuk diakal sih. Next prefer AMS 5W-30 aja deh, thanks om btw.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

marmut wrote:
Suryaputra wrote: 16 May 2021, 11:52
triport13 wrote: 16 May 2021, 11:36

Nah 3SZ perlu cek klep juga ya om? Bukannya udh ada mekanisme klep adjuster otomatisnya?
colek suhu mbah marmut yg dah prnh handle cam adjuster otomatis spt itu


3SZ itu buatan daihatsu.
daihatsu itu pelit.
mana mungkin begituan dikasih otomatis/HLA?
otomatis dari hongkong?

:mky_03:
Nah baru tau lg nih saya, berarti 3SZ ini regularly ttp butuh adjustment klep dong om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

triport13 wrote: 16 May 2021, 16:35
Nah baru tau lg nih saya, berarti 3SZ ini regularly ttp butuh adjustment klep dong om?

tidak perlu setel klep.
dengan syarat penggunaan oli sesuai yang diminta oleg mesin, interval penggantian oli disesuaikan, filter oli selalu diganti.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: 16 May 2021, 14:49
triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.

3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.

kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah

Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya

Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: 16 May 2021, 16:33
Omnibus wrote:
Siap om, logika oli yg kentel saat cooling down bikin bisa stay di chamber sangat masuk diakal sih. Next prefer AMS 5W-30 aja deh, thanks om btw.
you're welcome om. kabarin ya apa beneran hilang itu tek2 kl jd coba 5w30. penasaran jg sy 😁
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

DOHC wrote: 16 May 2021, 17:23
marmut wrote: 16 May 2021, 14:49
triport13 wrote: 16 May 2021, 09:43 Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.

3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.

kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah

Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya

Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 19 Dec 2019, 11:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
DOHC wrote: 16 May 2021, 17:23
marmut wrote: 16 May 2021, 14:49


3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.

kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah

Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya

Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33
rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
DOHC wrote: 16 May 2021, 17:23

Mbah

Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya

Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
gak dpt ecstar API SN om?
konon suzuki terbaru oli genuinenya ecstar kan?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

dobel post..............
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33
rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
DOHC wrote: 16 May 2021, 17:23

Mbah

Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya

Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
betul sekali om... itu oli buat enjin M16A swift sport yg udh moly coated aja.. manual book dia minta 0w20 SM wkwkkwkw


sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk


Suryaputra wrote: 16 May 2021, 18:50
ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33
rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
gak dpt ecstar API SN om?
konon suzuki terbaru oli genuinenya ecstar kan?
ecstar kan baru taun kemaren mbah.... ya sblm ecstar pasti kena SGO 0w20 SM...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: 16 May 2021, 18:50
ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33
rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
gak dpt ecstar API SN om?
konon suzuki terbaru oli genuinenya ecstar kan?
Ecstar SN 0W20 sama SGO 0W20 SM masih ada semua om, tp kayanya skrg difokusin ke ecstar2an semua. Stok SGO 0W20 SM menipis
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: 16 May 2021, 20:05
ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33
rendr wrote: 16 May 2021, 18:25
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...




untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka

:ngacir:
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
betul sekali om... itu oli buat enjin M16A swift sport yg udh moly coated aja.. manual book dia minta 0w20 SM wkwkkwkw


sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk


Suryaputra wrote: 16 May 2021, 18:50
ViPerRed wrote: 16 May 2021, 18:33

SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.

untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
gak dpt ecstar API SN om?
konon suzuki terbaru oli genuinenya ecstar kan?
ecstar kan baru taun kemaren mbah.... ya sblm ecstar pasti kena SGO 0w20 SM...
halu mereka.
dipikir pk roller rocker yaaa :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nextyounz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 16 May 2021, 21:08
Location: Bogor
Daily Vehicle: Ertiga Sport

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Nextyounz »

Oli matic Ertiga spek nya ATF AW1, ga ada brand lain ya selain Ecstar ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Nextyounz wrote: 16 May 2021, 21:34 Oli matic Ertiga spek nya ATF AW1, ga ada brand lain ya selain Ecstar ya
yg comply ke jws aw-1 (aisin warner)

Q8 auto MV
PTT LV-1
amsoil atf

intinya kudu lendir low viscocity
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nextyounz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 16 May 2021, 21:08
Location: Bogor
Daily Vehicle: Ertiga Sport

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Nextyounz »

Suryaputra wrote: 16 May 2021, 22:39
Nextyounz wrote: 16 May 2021, 21:34 Oli matic Ertiga spek nya ATF AW1, ga ada brand lain ya selain Ecstar ya
yg comply ke jws aw-1 (aisin warner)

Q8 auto MV
PTT LV-1
amsoil atf

intinya kudu lendir low viscocity
Amsoil ATF MV ya bukan yg FE, ke 3nya performa diatas ecstar ya?

Tanya ini jg klo amsoil yg SN+ dicampur sma SP gpp kan ya, yg SN+ masih ada sisa dkit.
Dan lebih baik di flushing dlu ga ya , misal pakai prestone engine flush atau ptt flushing oil, mana yg lebih baik ya?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Nextyounz wrote: 16 May 2021, 21:34 Oli matic Ertiga spek nya ATF AW1, ga ada brand lain ya selain Ecstar ya
pake TMO WS aja... enteng

kalo liat oli2 ATF WS V40 nya dibawah 30 semua...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post