Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:33
Suryaputra wrote: Sat Jun 12, 2021 11:47
DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:33

Mbahh

Dah perna coba DGO tutup ijo ama kuning ??

Jangan kaget loh, kl feelingnya ntar antithesis banget ama statement mbah d atas :mky_03:
gak berani mbah.
sy takut ketagihan :big_dunno:
tenang mbah ..... kl gitu ntar malem2 sy ke rumahnya, kan sama di bdg juga, diem2 sy ganti oli liomobi nya ke oli 5w30.

mau liat jd sumringah atau asem mukanya pas nyetir besok. :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jun 12, 2021 11:53
DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:33
Suryaputra wrote: Sat Jun 12, 2021 11:47
gak berani mbah.
sy takut ketagihan :big_dunno:
tenang mbah ..... kl gitu ntar malem2 sy ke rumahnya, kan sama di bdg juga, diem2 sy ganti oli liomobi nya ke oli 5w30.

mau liat jd sumringah atau asem mukanya pas nyetir besok. :mky_03:
yee

ganti nya jgn yg 5-30 (tutup ijo), justru ganti nya yg tutup kuning (0-20)

kan seperti yg saya blg, antithesis banget tu DGO ama statement si mbah surya

bakal kaget dia, koq oli 0-20 kaya gini sehhh



bkin lio serasa panther :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


btw yg teori oil squirt jet di bawah piston itu gmana mbah ?? mustinya dgn ad squirt2 itu, aman donk buat piston pas naek turun, liner slalu terlumasi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:29
Mbah

Kl utk mobil2 yg ud ber oil squirt (aku benci pikiranku) jet d bawah piston, itu kan mo piston naek atau turun, ud otomatis d semprot trus tu oli.. berarti mustinya tiap saat aman donk dinding silinder ?
oil squirter (halah) itu gunanya utk pendingin piston (n heat transfer jd dinginin ruang bakar) mbah. ya mendingan krn oli kena ciprat terus tp pas piston ke BDC kan upper portion cylinder wall nya tetep ga ada oli kecuali film.

nah ane baca dimana lupa, ternyata yg low tension oil ring itu ada efek bagusnya juga, ada oil mist yg naik ke ruang bakar utk melumasi, meski akhirnya ikut kebakar dan disitulah oli keraton vs budget perbedaannya. yg keraton pas terbakar jauh lbh sedikit meninggalkan residu krn kadar impuritiesnya lbh baik. yg budget ya ..... ninggalin build up.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:58
bkin lio serasa panther :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


btw yg teori oil squirt jet di bawah piston itu gmana mbah ?? mustinya dgn ad squirt2 itu, aman donk buat piston pas naek turun, liner slalu terlumasi
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

ihk ga sabaran banget sih .... tuh udah dijawab. taunya segitu doang, maap kl kurang.

jij ga sabaran gitu kl ke tempat masas pasti mau buru2 langsung ke special moment nih ya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jun 12, 2021 12:03
DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:29
Mbah

Kl utk mobil2 yg ud ber oil squirt (aku benci pikiranku) jet d bawah piston, itu kan mo piston naek atau turun, ud otomatis d semprot trus tu oli.. berarti mustinya tiap saat aman donk dinding silinder ?
oil squirter (halah) itu gunanya utk pendingin piston (n heat transfer jd dinginin ruang bakar) mbah. ya mendingan krn oli kena ciprat terus tp pas piston ke BDC kan upper portion cylinder wall nya tetep ga ada oli kecuali film.

nah ane baca dimana lupa, ternyata yg low tension oil ring itu ada efek bagusnya juga, ada oil mist yg naik ke ruang bakar utk melumasi, meski akhirnya ikut kebakar dan disitulah oli keraton vs budget perbedaannya. yg keraton pas terbakar jauh lbh sedikit meninggalkan residu krn kadar impuritiesnya lbh baik. yg budget ya ..... ninggalin build up.
ini saya jg perna baca mbah

kl ga sala di forum kemri nya mamarika yah, atau rav4... lupa saya

tp infonya bener mbah kaya gt, jd emang itu tujuan toyota ngasi low tension ring buat enjin2 aluminium nya mreka
dan satu lagi, low tension ring jg biar cepet ntuh ring "seal up" the liner pas winter beku

cuman bener kata mbah, low tension ring haram bersentuhan ama oli macam DGO, skali nya kena sludge, bubye tu liner kaya kena amplas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Jun 12, 2021 11:53
DOHC wrote: Sat Jun 12, 2021 11:33
Suryaputra wrote: Sat Jun 12, 2021 11:47
gak berani mbah.
sy takut ketagihan :big_dunno:
tenang mbah ..... kl gitu ntar malem2 sy ke rumahnya, kan sama di bdg juga, diem2 sy ganti oli liomobi nya ke oli 5w30.

mau liat jd sumringah atau asem mukanya pas nyetir besok. :mky_03:
aih di bandung jg yaa.

hmm yah ntar tak cb deh, biar fair, Q8 or ams 5w30.
biar sekelas dan sejenis cmn beda visco :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Dodi778
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon May 31, 2021 0:44
Location: TANGERANG - RAJEG
Daily Vehicle: Toyota Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Dodi778 »

Penasaran kalo oli pesawat dipake flushing bagus gak ya, secara olinya encerr dan sudah pasti kualitasnya gak main².. 😀😀
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Dodi778 wrote: Sat Jun 12, 2021 12:50 Penasaran kalo oli pesawat dipake flushing bagus gak ya, secara olinya encerr dan sudah pasti kualitasnya gak main².. 😀😀
:mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Profith83 »

McLaren wrote: Sat Jun 12, 2021 8:57
Omnibus wrote: Sat Jun 12, 2021 8:02
benzz89 wrote: Sat Jun 12, 2021 6:04
nih bukti ane orgnya terbuka atas segala hal. baru sampe yg kemaren dibeli. it's 0w20 utk iseng nyoba.

sengaja ane beli, pengen tau kaya apa. coba test di jari tangan diputer2 aja udah ketauan. 0w20 licin awalnya abis itu lama2 berkurang oil filmnya, terasa panas n makin keset jari, fingerprint bisa teraba teksturnya.
ane bandingin sm 5w30 yg lbh lama oil film stay di tangan, bahkan ada terus filmnya ga berasa licinnya berkurang atau hilang. jari ga panas dan tekstur fingerprint ga teraba.

ane test sampai 2x utk spy jangan sampai ane bias dan salah narik kesimpulan.


IMG_20210612_142336~2.jpg


IMG_20210612_142421.jpg


IMG_20210612_143132~2.jpg

test pake jari tangan diketawain? ga valid? jangan salah, banyak hal yg pake jari tangan sbg ultimate sensory method.

kesimpulan ane: ga akan ane masukin ke GK. tp drpd ga dipake bakal ane cocktail sm 5w30 yg msh ada 4 botol lagi. :big_weee:

nah skrg ..... om mau nyoba ngga ams ss 5w30 sbg perbandingan? kl belum pernah menurut ane malah selama ini you've been missing the best of amsoil. :big_biglaugh:
Om, kira2 klo campur AMSOIL diesel SS 5w30 ama yg turbo truck 5w40 gimana 1:1?
Sy kmrn baru beli 4 buah 5w30, eh harga naek..

Sayang ngga? Signature campur nonsignature series?
Di blibli cakra motor 11 ada AMS 5w40 kan promo dulu 125. sekarang banyak yg jualan udah naikin harga jadi 150. Dia tetap 125
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tompy25 »

Suryaputra wrote: Sat Jun 12, 2021 9:31
benzz89 wrote: Sat Jun 12, 2021 9:07
Omnibus wrote:
nih bukti ane orgnya terbuka atas segala hal. baru sampe yg kemaren dibeli. it's 0w20 utk iseng nyoba.

sengaja ane beli, pengen tau kaya apa. coba test di jari tangan diputer2 aja udah ketauan. 0w20 licin awalnya abis itu lama2 berkurang oil filmnya, terasa panas n makin keset jari, fingerprint bisa teraba teksturnya.
ane bandingin sm 5w30 yg lbh lama oil film stay di tangan, bahkan ada terus filmnya ga berasa licinnya berkurang atau hilang. jari ga panas dan tekstur fingerprint ga teraba.

ane test sampai 2x utk spy jangan sampai ane bias dan salah narik kesimpulan.


IMG_20210612_142336~2.jpg


IMG_20210612_142421.jpg


IMG_20210612_143132~2.jpg

test pake jari tangan diketawain? ga valid? jangan salah, banyak hal yg pake jari tangan sbg ultimate sensory method.

kesimpulan ane: ga akan ane masukin ke GK. tp drpd ga dipake bakal ane cocktail sm 5w30 yg msh ada 4 botol lagi. :big_weee:

nah skrg ..... om mau nyoba ngga ams ss 5w30 sbg perbandingan? kl belum pernah menurut ane malah selama ini you've been missing the best of amsoil. :big_biglaugh:
Dah naik banyak mbah harganya... balek kanan ke M1 or Q8 0W-20 lagi kek nya taon depan [emoji16]

Ya kita mah pake mobil gak sedetail kaya mbah yg DIY segala sesuatunya. Kl ane sedetail itu mungkin ane sdh jadi DIYers jg kaya si mbah.

Ane pake mobil itu demennya, di injek pedal gasnya dikit sdh ngacir mobilnya mbah, mirip2 lah ama mbah marmut alias eco style aja,

Jarang ngebejek2 gas kecuali lg overtake atau lg pengen buru2... itupun sebentar2 aja krn bukan bawaan orok kaki bengis kaya om kompre or om kelep sih.

Anyway thank you utk insight nya mbah... senang kita bs saling kasih masukan ttg perlendiran ini, yah buat yg sgt kritis ama mobilnya sih better sesuai ama bukman aja

Tp buat yg suka icip2 kaya ane yah memang suka pindah2 haluan, lagian mesin mobil benda mati jg, rusak yah kt benerin, gak rusak yah pake aja terus.

Kl kakinya bengis kaya om kelep & mobilnya jd AKAP yah better di 5W-30 sih kalo ane, lebih safety aja rasanya, lagian kaki bengis mah kayanya sdh sulit bedain antara 0W-20 dgn 5W-30 wong pedal to kampret terus, torsi sdh di puncak terus... cmiiw.

Padahal 0W-20 itu enaknya pas lg stop & go & bawanya santuy2 aja mobilnya mbah, ada sensasi effortless gitu... bonus konsumsi bbm jd lebih irit, bukan buat racing2an... ini kl buat ane yah.
klo sy pindah dr w30 ke w20 karena waktu itu pas nyoba
TQ9000 0w20 vs 5w30.
padahal 1 kelas, 1 tipe dan 1 brand, hny beda visco.

tapi ketika pk w30 cold start lbh kasar, dan rentan gelitik halus.
pas pakai w20 beneran marginally effortless, tapi minim gelitik dan cold startnya lbh alus loh.
di rpm 4 rb an juga fine fine aja suara mesin nya. gak lbh kasar atau gmn.
tak hajar sampai 6rb Km jg relatif msh enak.

dan lagii ini liomobi dilimit cmn sampai 145 km/h :upss:

saya mikirnya gejala gelitik ini justru agak lbh bahaya.
ya itu persepsi saya aja.

sejak saat itu tak lanjut pakai w20 dr q8 jadul API SN, sampai generasi 2 yg baru SN plus plus plus GM dex1 gen 2 :big_biglaugh:

klo lg ekonomi sulit, Tq9000 0w20 in my list :big_biglaugh:
Hasil feel tes si PTT 0W20 SUPER SYN API SP dgn neng IPAH reborn 1TR dual VVTI JKRT SBY PP sejak gantol hingga pemakaian 800km mesin terdengan tek tek sesaat awal cold start. Stelah itu diajak jalan JKRT SBY PP hingga 2700Km mesin trasa halus. Kec konstan 130-140 kpj slalu stay di RPM 3-4K. Di MID konsumsi pertamax turbo dpt 10-11km/L. Kadang diajak bejek saat overtake dgn power mode mesin msh trasa halus. Dgn 7 orng dewasa plus barang dibagasi. Memang mesin 1TR IPAH REBORN agak kedodoran dgn bobot lebih berat +/- 300kg dr generasi sblmnya. Jd ya dinikmati saja dgn sgala kekurangannya pd Mesin 1TR IPAH REBORN. bedal hal kl dgn mesin 2GD nya :big_grin:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
Or4cle wrote: Sat Jun 12, 2021 4:23
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka :big_grin:

Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.

coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?

Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.

Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Or4cle wrote: Fri Jun 11, 2021 1:46 Oli genuine (asli) merk apapun asal bukan oplosan kalau dipakai 5000 Kmdibuang bakalan awet - awet aja
Itu standar dari pabrikan untuk oli pasaran dgn kandungan campuran mineral, kalau full sintentik teorinya bisa 10.000 Km (lebih)
Gak usah pusing-pusing, ono rego ono rupo, sesuaikan aja dgn isi kantong
Full syn dimana om? Indo? Amrik? Jepang?

Full syn mutlak bisa 10rb km dari mana ya? Landasan teorinya apa saja?
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:13
rendr wrote: Thu Jun 10, 2021 23:46
Suryaputra wrote: Thu Jun 10, 2021 13:39

di blibli msh 185rb

selain itu, pilihannya Q8 formula dex1 gen2 175-180rb seliter

or mobil 1 Extended Perf 205rb seliter (pao nya sadess up to 70%)

wkwkwkkwkww..
Q8 ane liat V100 nya kentel2 mbah buat oli buntut 30....


ini lg coba lirik liqui moly special tec dulu, mayan API SN+ nya V100 di 10,4.. nanti kalo update jd API SP malah makin encer lagi jadi 10,0 pas... hahahaha , TBN awal jg 9,0 okelah, kalo liat2 di BITOG yg molygen juga seru nih, zinc nya masih diatas 1000 ppm...

selisih harganya udh lumayan worth kalo oli2 keraton pada naek... toh selain mobil perang jarang ane push ampe 10rb km... 7rb km / 6 bulan jg udh risih sendiri wkwkwkkw
m1 ep 5w30 v100 di 10,6 tuh
pao nya majority loh :ungg:
Emmmmm harganya belum menarik wkwkwkwkw

Omnibus wrote: Fri Jun 11, 2021 4:08
rendr wrote: Thu Jun 10, 2021 23:46
Q8 ane liat V100 nya kentel2 mbah buat oli buntut 30....


ini lg coba lirik liqui moly special tec dulu, mayan API SN+ nya V100 di 10,4.. nanti kalo update jd API SP malah makin encer lagi jadi 10,0 pas... hahahaha , TBN awal jg 9,0 okelah, kalo liat2 di BITOG yg molygen juga seru nih, zinc nya masih diatas 1000 ppm...

selisih harganya udh lumayan worth kalo oli2 keraton pada naek... toh selain mobil perang jarang ane push ampe 10rb km... 7rb km / 6 bulan jg udh risih sendiri wkwkwkkw
kuwait 5w30 brp angka v100 nya mbah?

bandingin hths nya juga lah mbah
amsowell 5w30 v100: 10.2; hths: 3.11
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...

Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...




Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page :ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by adri31 »

Ngomongin oli , bisa jadi thread paling ramai ya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sun Jun 13, 2021 1:01
Omnibus wrote:
Or4cle wrote: Sat Jun 12, 2021 4:23
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka :big_grin:

Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.

coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?

Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.

Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
utk mesin bensin di atas 4000 rpm itu kategori high rpm. utk diesel di atas 3000 rpm.

jalan cepat di tol diatas 120 kph ga peduli rpm berapa juga termasuk high temp condition. krn power proportional dgn speed, dan makin tinggi power artinya makin panas.

coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.

skip ke menit 16:40

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

rendr wrote: Sun Jun 13, 2021 3:34
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...

Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...




Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page :ngacir:
naini mbah, om surya mungkin perlu nyoba oli nganu yg sy pake. soalnya Q8 5w30 kan v100 nya 11 cSt bahkan 12 cSt. sedangkan ams ss 5w30 nya 10.2 cSt. makanya sy bilang ga berat tp om surya bilang 5w30 berat krn Q8 aja segitu cSt nya apalagi TQ9000 yg om surya pake kali ya.

tret ngacir? ya itu sy diiket ke pohon n kaki sy diklitikin mbah, diojok2 suruh ganti ke sae 0w20 dr 5w30. ane kan cuma defensip. :mky_04:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
triport13 wrote: Sun Jun 13, 2021 1:01
Omnibus wrote: sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.

coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?

Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.

Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
utk mesin bensin di atas 4000 rpm itu kategori high rpm. utk diesel di atas 3000 rpm.

jalan cepat di tol diatas 120 kph ga peduli rpm berapa juga termasuk high temp condition. krn power proportional dgn speed, dan makin tinggi power artinya makin panas.

coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.

skip ke menit 16:40

Well noted..

Linknya saya gabisa buka tp om
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sun Jun 13, 2021 4:04
Well noted..

Linknya saya gabisa buka tp om
ini linknya om. menit ke 16:40

https://youtu.be/I7S2zlPeXe4
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 3:59
rendr wrote: Sun Jun 13, 2021 3:34
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...

Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...




Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page :ngacir:
naini mbah, om surya mungkin perlu nyoba oli nganu yg sy pake. soalnya Q8 5w30 kan v100 nya 11 cSt bahkan 12 cSt. sedangkan ams ss 5w30 nya 10.2 cSt. makanya sy bilang ga berat tp om surya bilang 5w30 berat krn Q8 aja segitu cSt nya apalagi TQ9000 yg om surya pake kali ya.

tret ngacir? ya itu sy diiket ke pohon n kaki sy diklitikin mbah, diojok2 suruh ganti ke sae 0w20 dr 5w30. ane kan cuma defensip. :mky_04:
TQ9000 5w30, V100 di 9,8
http://www.lubs-products-database.total ... 009_EN.pdf

0w20nya di 8 koma dr fb page nya.

tp angka pds gini kan cmn di atas kertas, begitu dah masuk ke mesin, beda praktek real life nya, tergantung base oil dan aditif nya.

insya Allah, ntar tak coba ams sign 0w20 dan 5w30 :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sun Jun 13, 2021 4:50, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sun Jun 13, 2021 4:31
TQ9000 5w30, V100 di 10 koma kecil om.
0w20nya di 8 koma.

tp angka pds gini kan cmn di atas kertas, begitu dah masuk ke mesin, beda praktek real life nya, tergantung base oil dan aditif nya.

insya Allah, ntar tak coba ams sign 0w20 dan 5w30 :big_biglaugh:
oh gitu 10 kecil jg tuh tq9 ..... wokeh mbah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 4:49
Suryaputra wrote: Sun Jun 13, 2021 4:31
TQ9000 5w30, V100 di 10 koma kecil om.
0w20nya di 8 koma.

tp angka pds gini kan cmn di atas kertas, begitu dah masuk ke mesin, beda praktek real life nya, tergantung base oil dan aditif nya.

insya Allah, ntar tak coba ams sign 0w20 dan 5w30 :big_biglaugh:
oh gitu 10 kecil jg tuh tq9 ..... wokeh mbah


koreksi mbah.
Tq9000 5w30 api sn
V100 di 9,8 tnyt http://www.lubs-products-database.total ... 009_EN.pdf

skrg dah API SP doi, mungkin lbg kentel yah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 3:53

coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.

skip ke menit 16:40

PANTESAN !!!

waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget

Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt

Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sun Jun 13, 2021 4:50
koreksi mbah.
Tq9000 5w30 api sn
V100 di 9,8 tnyt http://www.lubs-products-database.total ... 009_EN.pdf

skrg dah API SP doi, mungkin lbg kentel yah
dulu bgt pernah pake oli ini. ane ga cocok krn overfoaming. baru bentar udah ane drain lg. mbah delko jg ga sreg katanya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 13, 2021 5:00
Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 3:53

coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.

skip ke menit 16:40

PANTESAN !!!

waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget

Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt

Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
transjawabahn kl siang2 itu emang cocok jd tempat test kekuatan mobil wkwkwkwk. kira2 banyak ga ya yg mobilnya trouble abis geber2an disitu siang2. apalagi dizel korekan yg ownernya ga nyadar pas geber gitu EGT terbang jauh lbh panas dr oven cookies.
(oven cookies 250°C vs berrima diesel kl ngorek patokan egt 550°C peak di downpipe. ngorek sopan itu, bukan ngorek gila2an.)
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 5:35
DOHC wrote: Sun Jun 13, 2021 5:00
Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 3:53

coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.

skip ke menit 16:40

PANTESAN !!!

waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget

Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt

Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
transjawabahn kl siang2 itu emang cocok jd tempat test kekuatan mobil wkwkwkwk. kira2 banyak ga ya yg mobilnya trouble abis geber2an disitu siang2. apalagi dizel korekan yg ownernya ga nyadar pas geber gitu EGT terbang jauh lbh panas dr oven cookies.
(oven cookies 250°C vs berrima diesel kl ngorek patokan egt 550°C peak di downpipe. ngorek sopan itu, bukan ngorek gila2an.)
Brti mobil cupu bin standarnya ane kuat banget :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: