Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Posted: Wed Jun 09, 2021 3:19
lah iya balik 185k lagi dong wkakakkakakakakakkakakakakakak
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
wah baru aja ane mau ngomongin liqui moly gegara amsoil naekkk hahahahah
waini ini nih ..... ik udah terfikir. gmn nasib om benz kl harga naik, mana udah ketagihan begitu. ternyata dia borong sebelum harga naik. drpd nanti hati pikiran ga tenang pake oli lain merk yg ga wuss wusss lagi n harga naik banyak wakakakaka
Hahahaha... kagalah mbah, memang ini sdh mau jadwal ganti oli mesin fortuner ane kok, sdh mau 1 taon tp baru jalan 4 rebu-an perak [emoji5]Omnibus wrote:waini ini nih ..... ik udah terfikir. gmn nasib om benz kl harga naik, mana udah ketagihan begitu. ternyata dia borong sebelum harga naik. drpd nanti hati pikiran ga tenang pake oli lain merk yg ga wuss wusss lagi n harga naik banyak wakakakaka
bagus om. lanjutkan.
Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.folset wrote:So I worried for nothing.. Thanks a lot omSuryaputra wrote: ↑Tue Jun 08, 2021 12:59wah itu masih fresh om.
batas maximal (mnrt amsoil) yaitu 5 tahun.
dgn catatan penyimpanan yg layak (tidak kena matahari langsung dan proper place)
Anyway sekarang pakek TMO 10W40, mobil berasa lemot... Kira kira pakek Oli keraton gini what can I expect ya om wekekek
(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.folset wrote:So I worried for nothing.. Thanks a lot omSuryaputra wrote: ↑Tue Jun 08, 2021 12:59
wah itu masih fresh om.
batas maximal (mnrt amsoil) yaitu 5 tahun.
dgn catatan penyimpanan yg layak (tidak kena matahari langsung dan proper place)
Anyway sekarang pakek TMO 10W40, mobil berasa lemot... Kira kira pakek Oli keraton gini what can I expect ya om wekekek
pas ganti oli baru, ganti oil-filter juga kann?folset wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 7:45(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.folset wrote:
So I worried for nothing.. Thanks a lot om
Anyway sekarang pakek TMO 10W40, mobil berasa lemot... Kira kira pakek Oli keraton gini what can I expect ya om wekekek
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
Saya di avanza 1.5 2009 om, entah lah saya juga lg nyoba nyoba aja oli apa yg paling alus buat di mesin ini, soalnya suara mesinlumayan masuk kan ni mobil jd kehalusan ttp prioritas menurut saya.folset wrote:(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.folset wrote: So I worried for nothing.. Thanks a lot om
Anyway sekarang pakek TMO 10W40, mobil berasa lemot... Kira kira pakek Oli keraton gini what can I expect ya om wekekek
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
Pas pake 0W-30 saya pake wix tp pas 0W-20 pake oem aja om filternya, sepengaruh itu kah? Atau hanya pengaruh dikemampuan long drain aja?Suryaputra wrote:pas ganti oli baru, ganti oil-filter juga kann?folset wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 7:45(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46 Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
klo di mesin L15Z, malah klo turun visco, ketika cold-start lbh alus. (apapun olinya yah)
wkwkwkwkwkwk
btw untuk mesin flat/shim/bucket tappet cam; yg penting hindari oli API SM, krn ini Zddp nya (kebanyakan) dikebiri untuk jaga CC awet.
API itu sertifikasi dari Institut Lendir Amrik.
klo merk2 keraton spt m1, Q8, amsoil, dkk sih gak usah pusing sm API2an.
krn dah melewati standar API di atas rata2 brand lain.
amannya API SN, SN+ apalagi SP juga dah ok.
apalagi klo dah approved Dex 1 Gen 2 mantep.
wkwkwkwkw
klo mau alus suara mesin, selain perlendiran juga bs cek:triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 8:49Saya di avanza 1.5 2009 om, entah lah saya juga lg nyoba nyoba aja oli apa yg paling alus buat di mesin ini, soalnya suara mesinlumayan masuk kan ni mobil jd kehalusan ttp prioritas menurut saya.folset wrote:(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46
Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
Kalo 1nz sepertinya sama kayak mesin avanza om masih flat tappet, jd better pake api SN forward ya, kalo SN+ rasanya udh tepat CMIIW
Ganti juga Om, pakai original Toyota filter nya.. Cari wix susah bgtSuryaputra wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 8:36pas ganti oli baru, ganti oil-filter juga kann?folset wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 7:45(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)triport13 wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 5:46
Sama kayak saya om dulu dikasih TMP 10w40 API SN, terus coba AMS SS 0w-30 API SM jauh bgt rasanya lebih enteng dan terutama di rpm 3000an ttp alus bgt suaranya. Tapi krn baru tau kalo API SM ga cocok sama mesin saya jadi ganti lg ke AMS SS 0w-20 API SP. 0w-20 nya ttp enak tapi kalo cold start di mesin saya suara tekteknya agak lama dan suara mesinnya lebih kasar + ada ngelitik halus di rpm 2000an dibanding yg 0w-30. Skrg lg mau nyoba AMS HDD 3000 5w-30 sekalian cuci mesin krn 1-2 taun lalu pas ganti gasket valve keliatan ada varnish.
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
klo di mesin L15Z, malah klo turun visco, ketika cold-start lbh alus. (apapun olinya yah)
wkwkwkwkwkwk
btw untuk mesin flat/shim/bucket tappet cam; yg penting hindari oli API SM, krn ini Zddp nya (kebanyakan) dikebiri untuk jaga CC awet.
API itu sertifikasi dari Institut Lendir Amrik.
klo merk2 keraton spt m1, Q8, amsoil, dkk sih gak usah pusing sm API2an.
krn dah melewati standar API di atas rata2 brand lain.
amannya API SN, SN+ apalagi SP juga dah ok.
apalagi klo dah approved Dex 1 Gen 2 mantep.
wkwkwkwkw
Wah emang beneran naik om..
pedal to kampretfolset wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 10:00Ganti juga Om, pakai original Toyota filter nya.. Cari wix susah bgtSuryaputra wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 8:36pas ganti oli baru, ganti oil-filter juga kann?folset wrote: ↑Wed Jun 09, 2021 7:45
(Mobil ane Yaris Lele 2015 MATIC)
NAH ini saya baru ganti ya tadi pagi... Baru test drive kira kira 12 KM... Yang di rasakan:
- Cold start aga kencang dikit suaranya (mungkin karena turun visco)
- RPM naik nya gampang banget! Gas ga perlu dalem2 tapi jadi responsive, jadi perasaan akselerasi jadi ga boyo
- Idle nya jadi halus bgt dan RPM sangat low di banding pakek 10W40... Gak tau ini perasaan doang apa emg bener...
- Rasanya mesin pas naik/turun gigi RPM jadi smooth ga ndut2an
Memang oli keraton wakakaka
Agan mobil nya apa yah? To be honest ane ga ngerti API itu... Kalo yaris 1nz-fe cocok nya API apa ya? Yang ane pakek skrg kayaknya SN+
klo di mesin L15Z, malah klo turun visco, ketika cold-start lbh alus. (apapun olinya yah)
wkwkwkwkwkwk
btw untuk mesin flat/shim/bucket tappet cam; yg penting hindari oli API SM, krn ini Zddp nya (kebanyakan) dikebiri untuk jaga CC awet.
API itu sertifikasi dari Institut Lendir Amrik.
klo merk2 keraton spt m1, Q8, amsoil, dkk sih gak usah pusing sm API2an.
krn dah melewati standar API di atas rata2 brand lain.
amannya API SN, SN+ apalagi SP juga dah ok.
apalagi klo dah approved Dex 1 Gen 2 mantep.
wkwkwkwkw
Berarti dah pas nih ya om... Tinggal geber aja deh di tolll wkskw
Wah ternyata adminnya nggak isenggwsecretc wrote: ↑Thu Jun 10, 2021 1:56Wah emang beneran naik om..
Barusan saya cek di cakra amsoil disel 5w30 kena 215k, turbo truck 5w40 di 145k ..
Padahal saya baru mau coba beli, kayaknya batal aja dah balik ke oli kuwait atau thai
emang 2kd cuma 6 quart perlunya ya om? atau biasa ga pernah mentokin ke max level?benzz89 wrote: ↑Thu Jun 10, 2021 2:32 Naga2nya oli nya mbah omni emang mau penyesuaian harga nih... dr bon nya sdh kasih indikasi biar gak kaget hahahaha... btw ane dpt yg produksi 30 Juli 2020.
Pesanan ane baru sampe & ane perhatiin packaging botolnya ada perbedaan dgn yg taon sebelumnya. Yg ada emboss tulisan amsoil inc nya produksi batch yg baru 2020 (foto yg kiri).
Better mbah omni segera stock buat 2GD nya... pan tiap taon bs oci 2-3 kali itu 2 GD nya. Blom si GK jg sdh mau oci lg kan? Sama gardannya 2GD jg sdh waktunya oci tuh mbah... sikattt hahahah [emoji16]
Ya sdh habis ini kl harganya naik terus yah pindahlah ke merek lain, balek lg ke olinya om surya si kuwait [emoji1]20210610_083803.jpg20210610_084001.jpg20210610_084745.jpg
2KD 6,5 lt om kapasitas olinya, cuman kan ane taon lalu beli 7 qrt jd msh ada 1/2 qrt lg, nah itu fotonya ane bandingin kan botol yg lama punya vs yg baru.Omnibus wrote:emang 2kd cuma 6 quart perlunya ya om? atau biasa ga pernah mentokin ke max level?benzz89 wrote: ↑Thu Jun 10, 2021 2:32 Naga2nya oli nya mbah omni emang mau penyesuaian harga nih... dr bon nya sdh kasih indikasi biar gak kaget hahahaha... btw ane dpt yg produksi 30 Juli 2020.
Pesanan ane baru sampe & ane perhatiin packaging botolnya ada perbedaan dgn yg taon sebelumnya. Yg ada emboss tulisan amsoil inc nya produksi batch yg baru 2020 (foto yg kiri).
Better mbah omni segera stock buat 2GD nya... pan tiap taon bs oci 2-3 kali itu 2 GD nya. Blom si GK jg sdh mau oci lg kan? Sama gardannya 2GD jg sdh waktunya oci tuh mbah... sikattt hahahah [emoji16]
Ya sdh habis ini kl harganya naik terus yah pindahlah ke merek lain, balek lg ke olinya om surya si kuwait [emoji1]20210610_083803.jpg20210610_084001.jpg20210610_084745.jpg
skrg harga 215rb nih, ane kl 8 qrt jadi 1.720.000 sekali ganti, plus ongkir 1.8 jeti. tadinya 1.5 jeti aja dah mayan mehong.
yg cuma 4 qrt sih msh wajar lah krn DIY ga keluar ongkos jasa ke bengkel. nah yg 8 qrt ini nih apalagi ane fill deket2 ke max, alasannya nurutin yutup berrima diesel.