Page 119 of 124

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 12:19
by yanuarra
Byk jg yg pake bakpao :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 13:11
by Suryaputra
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 11:37 PTT 5w30 API SN/CF yang botol gold ful synthetic
Pakai di Mobil bensin mobilio, bisa berapa KM dan berapa bulan yah?
Kondisi sekarang 3rb KM 6 bulan.
Share yang pernah pakai di mobil bensin bisa sampai berapa bulan dan berapa KM?

Ini oli yang saya pakai
https://www.tokopedia.com/pttlubricants ... -api-sn-1l
lio sy pernah pakai ini.
6 bln 5rb km udh gak enak.
mesinnya gak cocok sm oli kentel
5w30 tq900 jg gak enak.

hbs tu ganti pakai TQ9000 0w20, enak ini.
trus hbs tu ganti pk Q8 formula, nagih :big_biglaugh:

cobain pakai 0w20 nya aja om.
sesuaikan sm budget.
klo PTT 0w20 super syn botol dan tutup emas (non eco), segalon 500rb an aja.
cucok.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 15:30
by Dodi778
Wah ini, kebetulan ketemu sama² bakpaoers 😁
Iya om, dg harga yg deket gitu lagi nyariΒ² yg paling bagus.
Pengen pake amsoil, cm untuk sekarang nyari yg kantongable tp lumayan bagus.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 15:40
by Suryaputra
Omnibus wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 10:44
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 9:05
Omnibus wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 6:17

wah mantap :big_deal:

di atas kertas bagusan ini lho drpd amsowell. hths 3.0 vs 3.11 amsowell.

sulfated ash 0.8 vs 0.91 amsowell.

kl visco v40 sama di 59 koma deh.

tp kalah di eksperimen project farm. itulah kadang aplikasi di real life berbeda.
project farm beda tipe kan?
bukan EP kayanya.
project farm EP mbah.
M1 annual protection?
ini PAO <10%
sm Seffer 9000 kalah, hahahaha

search di youtube blm nemu, M1 EP vs Amsoil Sign 5w30.
karena komposisi PAO sama2 up to 30%
menarik

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 16:26
by Profith83
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 13:11
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 11:37 PTT 5w30 API SN/CF yang botol gold ful synthetic
Pakai di Mobil bensin mobilio, bisa berapa KM dan berapa bulan yah?
Kondisi sekarang 3rb KM 6 bulan.
Share yang pernah pakai di mobil bensin bisa sampai berapa bulan dan berapa KM?

Ini oli yang saya pakai
https://www.tokopedia.com/pttlubricants ... -api-sn-1l
lio sy pernah pakai ini.
6 bln 5rb km udh gak enak.
mesinnya gak cocok sm oli kentel
5w30 tq900 jg gak enak.

hbs tu ganti pakai TQ9000 0w20, enak ini.
trus hbs tu ganti pk Q8 formula, nagih :big_biglaugh:

cobain pakai 0w20 nya aja om.
sesuaikan sm budget.
klo PTT 0w20 super syn botol dan tutup emas (non eco), segalon 500rb an aja.
cucok.
Sorry habis lihat odo malah cuma 2rb KM 6 bulan, sudah kurang enak. Lihat dipstick warna agak coklat.
Kayanya problem 6 bulannya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jun 11, 2021 16:38
by Suryaputra
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 16:26
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 13:11
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 11:37 PTT 5w30 API SN/CF yang botol gold ful synthetic
Pakai di Mobil bensin mobilio, bisa berapa KM dan berapa bulan yah?
Kondisi sekarang 3rb KM 6 bulan.
Share yang pernah pakai di mobil bensin bisa sampai berapa bulan dan berapa KM?

Ini oli yang saya pakai
https://www.tokopedia.com/pttlubricants ... -api-sn-1l
lio sy pernah pakai ini.
6 bln 5rb km udh gak enak.
mesinnya gak cocok sm oli kentel
5w30 tq900 jg gak enak.

hbs tu ganti pakai TQ9000 0w20, enak ini.
trus hbs tu ganti pk Q8 formula, nagih :big_biglaugh:

cobain pakai 0w20 nya aja om.
sesuaikan sm budget.
klo PTT 0w20 super syn botol dan tutup emas (non eco), segalon 500rb an aja.
cucok.
Sorry habis lihat odo malah cuma 2rb KM 6 bulan, sudah kurang enak. Lihat dipstick warna agak coklat.
Kayanya problem 6 bulannya
Mesin L15Z tuh sukanya oli encer om.
kurang enaknya krn visco kentel w30

coba aja sekali pakai w20.
:big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 0:32
by benzz89

Suryaputra wrote:
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 16:26
Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 13:11 lio sy pernah pakai ini.
6 bln 5rb km udh gak enak.
mesinnya gak cocok sm oli kentel
5w30 tq900 jg gak enak.

hbs tu ganti pakai TQ9000 0w20, enak ini.
trus hbs tu ganti pk Q8 formula, nagih :big_biglaugh:

cobain pakai 0w20 nya aja om.
sesuaikan sm budget.
klo PTT 0w20 super syn botol dan tutup emas (non eco), segalon 500rb an aja.
cucok.
Sorry habis lihat odo malah cuma 2rb KM 6 bulan, sudah kurang enak. Lihat dipstick warna agak coklat.
Kayanya problem 6 bulannya
Mesin L15Z tuh sukanya oli encer om.
kurang enaknya krn visco kentel w30

coba aja sekali pakai w20.
:big_grin:
Mbah omni nehi tuh pake w30 di L15Z nya... the best tetap buntut 30 katanya... padahal kl sdh cobain w20 kaga mau balek kanan buntut 30 lg... msh belum godek dia, coba aja diracunin terus om surya hahaha

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 2:38
by marmut
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 0:32

Mbah omni nehi tuh pake w30 di L15Z nya... the best tetap buntut 30 katanya... padahal kl sdh cobain w20 kaga mau balek kanan buntut 30 lg... msh belum godek dia, coba aja diracunin terus om surya hahaha

itu mobil yang standar cuma warna, isinya tomei semua. dan nggak mungkin pake w20, lha idle aja di RPM 3000an...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 2:56
by Suryaputra
marmut wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 2:38
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 0:32

Mbah omni nehi tuh pake w30 di L15Z nya... the best tetap buntut 30 katanya... padahal kl sdh cobain w20 kaga mau balek kanan buntut 30 lg... msh belum godek dia, coba aja diracunin terus om surya hahaha

itu mobil yang standar cuma warna, isinya tomei semua. dan nggak mungkin pake w20, lha idle aja di RPM 3000an...
pantes girboksnya minum amsoil jg :ungg:



benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 0:32
Suryaputra wrote:
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 16:26

Sorry habis lihat odo malah cuma 2rb KM 6 bulan, sudah kurang enak. Lihat dipstick warna agak coklat.
Kayanya problem 6 bulannya
Mesin L15Z tuh sukanya oli encer om.
kurang enaknya krn visco kentel w30

coba aja sekali pakai w20.
:big_grin:
Mbah omni nehi tuh pake w30 di L15Z nya... the best tetap buntut 30 katanya... padahal kl sdh cobain w20 kaga mau balek kanan buntut 30 lg... msh belum godek dia, coba aja diracunin terus om surya hahaha
ntar bakal godek,
apalagi klo udh pada naik harga.

blm lagi M1 EP yg PAO nya >60% cmn ada di varian 0w20 :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 3:46
by benzz89

Suryaputra wrote:
ntar bakal godek,
apalagi klo udh pada naik harga.

blm lagi M1 EP yg PAO nya >60% cmn ada di varian 0w20 :big_biglaugh:
Tauk tuh padahal itu GK5 nya cuman jd garage queen jalan 2 rebu perak doang setaon, msh aja betah pake W20.

Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.

Ntu mbah kelep aja sdh pake W20 di ribon bengsinnya, padahal (katanya) kakinya saingan ama om kompre, sampe om kompre kesem2 ama ribonnya gegara (katanya) bengsinnya irit.

Kalo M1 EP cuman ada 0W-20 doang sih kayanya bakalan khilaf jg lah dia hahahah... godek... godek, abis itu nyesel napa gak dr dulu pake W20 [emoji1]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:01
by Suryaputra
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 3:46
Suryaputra wrote:
ntar bakal godek,
apalagi klo udh pada naik harga.

blm lagi M1 EP yg PAO nya >60% cmn ada di varian 0w20 :big_biglaugh:
Tauk tuh padahal itu GK5 nya cuman jd garage queen jalan 2 rebu perak doang setaon, msh aja betah pake W20.

Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.

Ntu mbah kelep aja sdh pake W20 di ribon bengsinnya, padahal (katanya) kakinya saingan ama om kompre, sampe om kompre kesem2 ama ribonnya gegara (katanya) bengsinnya irit.

Kalo M1 EP cuman ada 0W-20 doang sih kayanya bakalan khilaf jg lah dia hahahah... godek... godek, abis itu nyesel napa gak dr dulu pake W20 [emoji1]
mbah marmut aja pk w20,
padahal odo udh deket hi mileage

klo kata insinyur asam reges kan kudu w50 :upss:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:13
by benzz89
Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 3:46
Suryaputra wrote:
ntar bakal godek,
apalagi klo udh pada naik harga.

blm lagi M1 EP yg PAO nya >60% cmn ada di varian 0w20 :big_biglaugh:
Tauk tuh padahal itu GK5 nya cuman jd garage queen jalan 2 rebu perak doang setaon, msh aja betah pake W20.

Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.

Ntu mbah kelep aja sdh pake W20 di ribon bengsinnya, padahal (katanya) kakinya saingan ama om kompre, sampe om kompre kesem2 ama ribonnya gegara (katanya) bengsinnya irit.

Kalo M1 EP cuman ada 0W-20 doang sih kayanya bakalan khilaf jg lah dia hahahah... godek... godek, abis itu nyesel napa gak dr dulu pake W20 [emoji1]
mbah marmut aja pk w20,
padahal odo udh deket hi mileage

klo kata insinyur asam reges kan kudu w50 :upss:
Naini... mbah marmut sebagai rektor & mbah kelep sebagai dekan dari alumni institute von azem regezer aja sdh tobat dari W50 pindah ke W20.

Tinggal guru besar plof nya aja nih yg blom tobat, terlalu pintar emang jd susah, hrs sesuai manual book, kl enggak dia gak bisa tidur katanya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:23
by Or4cle
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 0:32
Suryaputra wrote:
Profith83 wrote: ↑Fri Jun 11, 2021 16:26

Sorry habis lihat odo malah cuma 2rb KM 6 bulan, sudah kurang enak. Lihat dipstick warna agak coklat.
Kayanya problem 6 bulannya
Mesin L15Z tuh sukanya oli encer om.
kurang enaknya krn visco kentel w30

coba aja sekali pakai w20.
:big_grin:
Mbah omni nehi tuh pake w30 di L15Z nya... the best tetap buntut 30 katanya... padahal kl sdh cobain w20 kaga mau balek kanan buntut 30 lg... msh belum godek dia, coba aja diracunin terus om surya hahaha
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka :big_grin:

Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:35
by Omnibus
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 3:46
Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.
krn menurut ane 0w20 meskipun bikin enteng mesin bukan artinya cocok utk geber2an. krn memang plain wrong kl mikirnya begitu. fuel economy yes, lbh enteng yes, geber2an no.

coba ksh referensi cari di gugel mana yg bilang thin oil cocok utk geber2an om.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:40
by Omnibus
Or4cle wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:23
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka :big_grin:

Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.

coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 4:59
by Suryaputra
yahh klo saya sih, gak ambil pusing, lihat UOA 0w20 (oli asli) rata2 ok semua wear metal nya, gak ragu juga sih.

gak sedikit jg klo lihat UOA bitog, yg w30 juga wear metalnya tinggi, karena bnyk faktor lain.
bukan karena olinya keenceran dibanding w40 dan w50.

lagipula, selama mobil tsb masih std ting ting pabrikan, udh pasti dirancang untuk safety mesin dan mobilnya sendiri.
kecuali udh remap dan ganti jeroan dalam, itu lain cerita yah, beban mesin dan RPM nya juga meroket.

masalah autobahn, yah beda karena mobil sana power besar, rpm nya melejit2 gampang sampai redline.
jadi emang harus ditahan powernya pakai oli w50 bahkan (bahkan rekomen oli ferrari butuhnya aja w60, ada di oil cap nya).

soal geber2an, ya ada betulnya juga pakai oli w30 agar hths di atas 3.
tapi, kondisi jalan di sini mayoritas eco, bukan autobahn & ketika geber2an udh ketahan di mobil depan nya.
digeber pun jg rpm nya lama sampai naik ke redline.

beda sm Biem M3 series ke aatas, yg emang designed for auto bahn :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:15
by Profith83
Berarti HTHS yg penting untuk proteksi yah.
Siap... ilmu baru

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:37
by Omnibus
Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:59 yahh klo saya sih, gak ambil pusing, lihat UOA 0w20 (oli asli) rata2 ok semua wear metal nya, gak ragu juga sih.

gak sedikit jg klo lihat UOA bitog, yg w30 juga wear metalnya tinggi, karena bnyk faktor lain.
bukan karena olinya keenceran dibanding w40 dan w50.

lagipula, selama mobil tsb masih std ting ting pabrikan, udh pasti dirancang untuk safety mesin dan mobilnya sendiri.
kecuali udh remap dan ganti jeroan dalam, itu lain cerita yah, beban mesin dan RPM nya juga meroket.

masalah autobahn, yah beda karena mobil sana power besar, rpm nya melejit2 gampang sampai redline.
jadi emang harus ditahan powernya pakai oli w50 bahkan (bahkan rekomen oli ferrari butuhnya aja w60, ada di oil cap nya).

soal geber2an, ya ada betulnya juga pakai oli w30 agar hths di atas 3.
tapi, kondisi jalan di sini mayoritas eco, bukan autobahn & ketika geber2an udh ketahan di mobil depan nya.
digeber pun jg rpm nya lama sampai naik ke redline.

beda sm Biem M3 series ke aatas, yg emang designed for auto bahn :big_grin:
jij mau berdebat viskositas oli sampe kiamat ga akan ada habisnya. semua juga nyari justifikasi opini masing2. cuma yg jd masalah kl sudah mulai seolah2 menyalahkan pilihan viskositas orang lain (dan menganggap pilihan viskositas dirinya sendiri yg paling benar.)
padahal driving habit tiap orang juga beda2. org yg ngupload data UOA juga belum tentu driving habit n style nya sama kaya jij. kl dgn driving habit sy trus sy merasa yg cocok sama sy itu thicker oil (yg jg ga thick2 amat), what's so wrong about it.

inget baru kemaren sy mengangkat topik 5w30 di 2gd itu terlalu encer? note: 5w30 di diesel itu itungannya sangat encer krn yg terencer saat ini. padahal bukman jelas2 bilang itu the best oil viscosity. kenyataannya di Filipin yg kurleb iklimnya sama kaya kita ada banyak yg ada masalah intake kerendem oli krn blowby terlalu banyak. mrk pakai sesuai bukman 0w30 dan 5w30 (bukan cuma toyota aja). berrima diesel dr oz datang kesana krn itu bengkel cabang dia, dan ngerekomen utk pakai minimal 15w40 dan kl bisa malah 20w50. jij pasti melohok liat dia bilang gitu dan ga percaya. banyak yg ga sependapat dgn dia tapi lebih banyak yg sependapat, baca aja komen YT nya. n cari tau juga berrima diesel itu bengkelnya kaya apa kalibernya, no play2. itu yg bikin sy jd consider opini dia sebab org kl mau nambah wawasan kan hrs open minded.

now, my question is ...... kondisi begitu dimana intake penuh dgn carbon build up (dr penguapan oli campur dgn egr gas) ada ngga muncul di angka wear metal yg jij andal2kan itu?
oil catch can sampai penuh hanya dlm 2000 km, ada ngga muncul dlm angka2 UOA?
si andrew dr berrima diesel itu hands on dgn masalah itu krn dia yg benerin, istilahnya "nyebokin", efek negatif dr penggunaan viskositas yg terlalu encer.

ik cuma mau bilang kl ada org yg ga mau nerima pendapat org lain berarti org itu either pengalamannya kurang jauh mainnya atau emang plain ignorant.

buat sharing aja:



Screenshot_20210612_122854_com.android.chrome~2.jpg
source: https://www.machinerylubrication.com/Re ... motor-oils

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:46
by marmut
Omnibus wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:35
coba ksh referensi cari di gugel mana yg bilang thin oil cocok utk geber2an om.

https://www.motul.com/us/en-US/products ... pm-0w20--2




:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:46
by benzz89

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 3:46
Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.
krn menurut ane 0w20 meskipun bikin enteng mesin bukan artinya cocok utk geber2an. krn memang plain wrong kl mikirnya begitu. fuel economy yes, lbh enteng yes, geber2an no.

coba ksh referensi cari di gugel mana yg bilang thin oil cocok utk geber2an om.
Red line sesekali aja mbah... kecuali idlenya aja sdh di 3 rebu RPM spt kt mbah marmut, tinggal injak gas dikit langsung melejit red line [emoji5]

Mau kemane kita geber2 mesin terus2an mbah, kecuali kakinya si om kompre tuh alpat dikasih 0W-16 hahahah...

Buat stop & go, cruising santuy, low to mid RPM sih enaklah thinner oil. Namanya jg mobil harian mbah bukan rezinggg kaya mobilnya om kompre & om kelep.

Kl di autobahn yerman sono ada yg unlimited speed, lari 200-300 kpj aja lumrah, ya gak tau diri kl pakai oli2 encer baik rekomendasi dr fabriekan maupun dr usernya sendiri.

Ya sutera lah mbah stay di thicker oil aja, memang sdh cocoknya disana [emoji5]

@ om surya, blom godek jg tuh si mbah suhu plof DIY... hahahah [emoji16]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:50
by marmut
Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:01
mbah marmut aja pk w20,
padahal odo udh deket hi mileage

klo kata insinyur asam reges kan kudu w50 :upss:

saya pake 0w20 di ayla karena 97% driving style super eco, 2% eco, sisanya campur.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:50
by Omnibus
Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:59
beda sm Biem M3 series ke aatas, yg emang designed for auto bahn :big_grin:
ga semua mobil di europe itu selevel M3 semua. banyak mobil biasa spt ford, yet olinya memang bukan buntut 20.

ford amrik bilang 5w20 itu visko perbatasan antara fuel econ dan protection (bukan 0w20), yet di UK mrk mewajibkan buntut 30.

ya ini kaitannya kan sm dgn CAFE. buat yg belum tau apa itu cafe, singkatnya itu tanggung jawab produsen mobil thd polusi dlm skala agregat.

msh dr link yg sama dgn atas:
Screenshot_20210612_124549_com.android.chrome~2.jpg

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 5:54
by Suryaputra
Omnibus wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 5:50
Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 4:59
beda sm Biem M3 series ke aatas, yg emang designed for auto bahn :big_grin:
ga semua mobil di europe itu selevel M3 semua. banyak mobil biasa spt ford, yet olinya memang bukan buntut 20.

ford amrik bilang 5w20 itu visko perbatasan antara fuel econ dan protection (bukan 0w20), yet di UK mrk mewajibkan buntut 30.

ya ini kaitannya kan sm dgn CAFE. buat yg belum tau apa itu cafe, singkatnya itu tanggung jawab produsen mobil thd polusi dlm skala agregat.

msh dr link yg sama dgn atas:

Screenshot_20210612_124549_com.android.chrome~2.jpg
eh btw itu 5w20 loh, M1 EP ada om. yah siapa tau mau icip2 :mky_04:

& anyway gpp om, no hard feeling,
namanya diskusi di forum, bahasa tulisan dan bahasa verbal bisa beda persepsi.

pilihan bebas ke masing2 :mky_02:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 6:01
by Omnibus
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 5:46
Omnibus wrote:
benzz89 wrote: ↑Sat Jun 12, 2021 3:46
Jaman now API sdh sampe SP visco sdh agak kentel dikittt santuy aja lah mau red line juga.
krn menurut ane 0w20 meskipun bikin enteng mesin bukan artinya cocok utk geber2an. krn memang plain wrong kl mikirnya begitu. fuel economy yes, lbh enteng yes, geber2an no.

coba ksh referensi cari di gugel mana yg bilang thin oil cocok utk geber2an om.
Red line sesekali aja mbah... kecuali idlenya aja sdh di 3 rebu RPM spt kt mbah marmut, tinggal injak gas dikit langsung melejit red line [emoji5]

Mau kemane kita geber2 mesin terus2an mbah, kecuali kakinya si om kompre tuh alpat dikasih 0W-16 hahahah...

Buat stop & go, cruising santuy, low to mid RPM sih enaklah thinner oil. Namanya jg mobil harian mbah bukan rezinggg kaya mobilnya om kompre & om kelep.

Kl di autobahn yerman sono ada yg unlimited speed, lari 200-300 kpj aja lumrah, ya gak tau diri kl pakai oli2 encer baik rekomendasi dr fabriekan maupun dr usernya sendiri.

Ya sutera lah mbah stay di thicker oil aja, memang sdh cocoknya disana [emoji5]

@ om surya, blom godek jg tuh si mbah suhu plof DIY... hahahah [emoji16]
yg sy msh ga ngerti dr jij, bukannya pengen mobil awet ya? krn kan jij maintenance mobil kayanya teliti bgt.
apa jij miss baca kl ams ss 0w20 itu acea a1/b1 sementara 5w30 nya acea a5/b5 (extended drain)

kebayang dong kl oli a5/b5 dikasih oci priyayi model kaya jij, mungkin itu kemri idle nya ga geter2 skrg. he he

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Sat Jun 12, 2021 6:02
by benzz89
Sudah... sudahhh...ini oli woyyy bukan lg pilih pasangan idup, terserah aja ama yg punya mobil & duwitnya