Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
dzent56
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Jul 2011, 02:38

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by dzent56 »

Sudah pernah ngalamin aquaplanning ini di ANPS, sereeem. Emang salahnya waktu itu malem2 lagi nyopir sendiri hujan deras sambil dengerin musik keras, sempat kurang kontrol dengan kecepatan di speedo karena mungkin overconfindence. Mungkin speed saat itu 120km/jam di Tol Ngawi Kertosono arah ke Solo, pada saat jalan lurus di jalur kanan tiba2 mobil hilang kendali dan langsung berbelok tajam ke kiri, reflek counter setir injak rem, mobil seperti sliding ke samping. In split second terpikir recovery plan dengan potensi damage minimal adalah menabrakkan moncong mobil ke pembatas tol kiri agar mobil kembali lurus. Braaak pertama hidung terkoreksi...brak kedua pantat terkoreksi...,hidungnya somehow agak overcorrection sehingga sekarang arah mobil berbalik nyelonong melintas ke pinggir kanan jalan tol...tapi untungnya roda sudah dapat traksi sehingga kontrol kembali di dapat. Jantung bergedup kencang karena adrenalin, badan panas dingin, Alhamdulillah saat itu tidak ada kendaraan lain yang melintas, jadi tidak ada resiko tabrakan dengan yg lain. Mobil tetap dijalankan sampe rest area yang terdekat dan baru berhenti di rest area. Sempet 10 menit tertegun untuk refleksi apa yang terjadi...sempet berpikir itu mimpi tapi begitu turun lihat moncong dan samping mobil yang penyok lumayan barulah tersadar dan mengucap syukur Alhamdulillah masih diberi selamat, mobil rusak urusan asuransi. Syukur alhamdulillah mobil kondisi masih prima dan bisa lanjut perjalanan pulang sampe ke Bogor. Saya pikir2 lagi..perasaan suara Braknya kencang sekali, tetapi kaki2 aman dan hanya body dan overfender saya yang kena..ini ANPS bodynya memang oke. Dari saat itu kapok, kalo hujan di jalan tol benar2 melototin speedo supaya speed ndak lebih dari 90km/jam dan hindari genangan air sebisa mungkin.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5357
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kompresorz »

darrelund wrote: 04 Mar 2021, 16:55
Clonz wrote: 24 Dec 2020, 12:13
erwinign wrote:
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
wah saya pernah baca nih om, soal ban OEM. ternyata benar seperti yg oom bilang soal ban OEM yang emg dasarnya kasta paling bawah

mereka sendiri sebagai pabrikan pun sadar om kalo ban yang mereka kasih emg seadanya dan tahu kalo ada ban yang lebih bagus.

tapi selain faktor ngirit cost mereka juga ngejar efisiensi supaya fuel cons yang ada di real life itu sama sperti yg ada di brosur, bahaya om kalo perbedaan fuel cons real life sama brosur terlalu jauh perbedaannya, bisa kena false marketing itu :big_biglaugh:
mknya kadang kbanyakan org kepo.....ngpn beli venturer...

padahal venturer itu bannya kelas mahal ampir 2 juta....

ban oem kijang gw aja ampir 2 juta/pis...

ada harga ada kualitas....

JOSSSS....GANDOSSSS....
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Ada satu pelajaran sangat penting dan krusial dari kejadian ini...........



























Pada saat hujan, kijang innova bisa ngekor ke anps. Sudah terbukti anps yang selip duluan :big_weee:
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Apr 2021, 09:58

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by thompst »

ChZ wrote: 28 May 2021, 14:55
pengendiesel wrote: 28 May 2021, 14:26
erwinign wrote: 28 May 2021, 12:41
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
maklum om... ingin dekat pada yang kuasa... :big_weee:

rekam rekam top speed buat kepuasan pribadi gapapa asal jangan supirnya pegang hp minimal passengernya atau ada phone holder di setir.

yah pembalap yang terbiasa dengan high speed dan high-G aja masih butuh navigator dan tim...

yang ane ngeri tuh kadang-kadang pake mobil yang tidak didesain untuk kecepatan tinggi dan bone stock se ban-bannya dan rem-remnya. udah gitu mau nyampe top speednya juga lama abis ngebayangin itu supirnya gimana jantungnya kalo misal tetiba ada truk meleng pindah jalur.
Setuju banget ini om. Banyak juga yang upgrade engine cuma untuk kejar akselerasi & top speed tapi lupa untuk upgrade suspensi, rem & ban. Padahal stock suspension & rem dirancang pabrikan untuk handle stock engine, jadi kalau tenaga engine ditingkatkan signifikan tanpa upgrade suspension, rem & ban yah ga bakalan bisa handle kenaikan torsi & tenaga yang ujung2nya membahayakan keselamatan baik si driver maupun pengguna jalan lainnya. Pokoknya asal bisa ngebut tanpa memperdulikan faktor safety.

Bukan menyudutkan, tapi banyak sekali mobil yang ngebut di jalan tol itu mobil yang ga ditujukan untuk kecepatan tinggi seperti lmpv dan ladder frame suv. Kita kan ga tahu apakah mobil2 tersebut sudah dimodifikasi dgn proper untuk ngebut atau jangan2 suspensi, rem & ban masih stock. Kalau ketemu seperti ini lebih baik saya jaga jarak dengan daripada ada apa2 ikut celaka juga.

Selama ini belum pernah mengalami aquaplanning yang parah, paling parah kehilangan traksi beberapa saat tapi karena kena genangan di jalan tol dalkot tapi karena kecepatan dibawah 60km/jam masih bisa dikendalikan begitu ban sudah dapatkan traksi. Kalau menurut saya lebih baik spend lebih untuk ban karena ban itulah satu2nya yang menghubungkan antara mobil dgn jalan. Kalau punya budget terbatas lebih baik upgrade ban dgn velg standar dibanding ganti velg aftermarket tapi ban pakai yang eco2an.
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

pengendiesel wrote: 29 May 2021, 09:09 Ada satu pelajaran sangat penting dan krusial dari kejadian ini...........

Pada saat hujan, kijang innova bisa ngekor ke anps. Sudah terbukti anps yang selip duluan :big_weee:
Hush, jgn bicara begitu ente ini. Factory std ini, sdh lolos uji teknis. :big_smoking:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2578
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

Image

hati2.
sesuaikan mobil dan kondisi bannya untuk habitat jalannya.

mercy c class yg dirancang buat aspal aja bs selip krn aquaplanning.

bs jadi itu kijang ipah yg dibuntutiin dah ganti ban yg sesuai sm kondisi jalan basah. who knows.
dan slipstream ini adalah kondisi dmn mbl ngurangin downforce malah, karena less downforce akibat dr downforce yg sudah ditangkap dr mobil depan nya.

klo pk mbl tinggi dgn ban gemuk gtu, jgn lbh dari 100 km/h.
klo something happened scr tiba2, mau manuver jg susah, gak segesit sasis monokok dan perlu diingat, jalan raya puluhan x lipat lbh danger dibanding circuit, krn jalan raya melibatkan orang lain :ngacir:
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
Post Reply