Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

vipere wrote: 06 Jan 2022, 08:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
o itu kl mobil goyang :mky_03:

btw yg bikin keracunan itu CO bukan CO2.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by vipere »

Omnibus wrote: 06 Jan 2022, 08:59
vipere wrote: 06 Jan 2022, 08:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
o itu kl mobil goyang :mky_03:

btw yg bikin keracunan itu CO bukan CO2.
haha..jadi kalo gak goyang aman ya,om.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50
MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35
silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25



Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya

Image
Image
Image
ini malah CX5 terjun ke jurang 40 meter dari atas jembatan
Image
Jadi gini, oom...
kalau monokok itu maka "rangka" mobil itu merata di semua body jadi satu.
maka dari itu kalau monokok dipapar atapnya, maka gak akan bisa jadi cabriolet..karena gak kuwat...

nah, kalau ladder frame, sepertinya di desain buat kuat ngangkat beban dalam kondisi berdiri tegak...
atap itu jauh kebih lemah dibanding kaki kaki (bagian bawah)...

maka dari itu perlu roll cage kalau mau diperkuat lagi..

selain itu juga tentu berat body ladder frame dan speed juga berpengaruh sama "gaya hempasan" saat guling guling.

my two cents ..

silahan berbeda pendapat dengan sehat...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ginting wrote: 06 Jan 2022, 11:53
Jadi gini, oom...
kalau monokok itu maka "rangka" mobil itu merata di semua body jadi satu.
maka dari itu kalau monokok dipapar atapnya, maka gak akan bisa jadi cabriolet..karena gak kuwat...

nah, kalau ladder frame, sepertinya di desain buat kuat ngangkat beban dalam kondisi berdiri tegak...
atap itu jauh kebih lemah dibanding kaki kaki (bagian bawah)...

maka dari itu perlu roll cage kalau mau diperkuat lagi..

selain itu juga tentu berat body ladder frame dan speed juga berpengaruh sama "gaya hempasan" saat guling guling.

my two cents ..

silahan berbeda pendapat dengan sehat...
kan emang ud rahasia umum ladder frame kuat kalo kecelakaan low speed jgn sampe kecelakaan fatal aja bisa bubar penumpangnya :big_biglaugh:

soalnya pajero saya berapa kali nabrak mobil sama nyerempet motor gak ada bekasnya sama sekali :big_biglaugh:
Fu227scd
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 23 Feb 2019, 16:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Swift GX

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Fu227scd »

Saling share aja ya, gk maksud menggurui kan udh ada bintang 5 jg , lihat dr awal tread no 1 sampe 15 ini kok tumben ada yg sedikit ngaco hehe di forum SM ini, FWD gw yg M16A aja pakek 225/30 8inch R19 depan belakang 225 8 inch jg, boros gk masalah , klu grib ban gk ngaruh sama lebar buat apa Mobil bokap dulu pakek conti csc6 yg sama kek ukuran awal mobil nya, knpa gk pakek ban dokar aja kan biar gk planning aqua 🤣, asik kali ya duo laris pakek ban dokar, kek jaman dulu hobby kami mahal thailook , motor aing kumaha aing, dan sekarang boil aing kumaha aing kek nya secara jg kredit lebih mudah dr cash,yg penting klu knpa knpa jgan ngajak sekitar, gk sekalian 195 aja atau dokar sekalian biar gk planning aqua wkwkwkwk, ya emang bener jika mbeledos ban yg tipis cenderung gk berubah drastis ground clear nya, tp ban tipis dan pendek jg ada load weight nya ada yg 500kg per pc ada yg di atas itu , tp klu gk sedap dipandang mata buat apa gan, lebih keras tp krn 11 taon gk ganti ketika ganti ban baru ya kerasa enak, pelit atau perhitungan bedanya tipis kok.wkwkwkwkwk tp ingat klu knpa knpa jgan ngajak ngajak orng di sekitar.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by silentIm2 »

Fu227scd wrote: 07 Jan 2022, 21:27 Saling share aja ya, gk maksud menggurui kan udh ada bintang 5 jg , lihat dr awal tread no 1 sampe 15 ini kok tumben ada yg sedikit ngaco hehe di forum SM ini, FWD gw yg M16A aja pakek 225/30 8inch R19 depan belakang 225 8 inch jg, boros gk masalah , klu grib ban gk ngaruh sama lebar buat apa Mobil bokap dulu pakek conti csc6 yg sama kek ukuran awal mobil nya, knpa gk pakek ban dokar aja kan biar gk planning aqua 🤣, asik kali ya duo laris pakek ban dokar, kek jaman dulu hobby kami mahal thailook , motor aing kumaha aing, dan sekarang boil aing kumaha aing kek nya secara jg kredit lebih mudah dr cash,yg penting klu knpa knpa jgan ngajak sekitar, gk sekalian 195 aja atau dokar sekalian biar gk planning aqua wkwkwkwk, ya emang bener jika mbeledos ban yg tipis cenderung gk berubah drastis ground clear nya, tp ban tipis dan pendek jg ada load weight nya ada yg 500kg per pc ada yg di atas itu , tp klu gk sedap dipandang mata buat apa gan, lebih keras tp krn 11 taon gk ganti ketika ganti ban baru ya kerasa enak, pelit atau perhitungan bedanya tipis kok.wkwkwkwkwk tp ingat klu knpa knpa jgan ngajak ngajak orng di sekitar.
Kenapa ga sekalian ban dokar? Karena ban dokar itu kapasitas side loading (beban ke arah samping) kecil. Ya bisa lurus membelah air sih ga masalah, tapi begitu belok kedodoran. Gw waktu masih alay juga supra ane pake ban cacing, jadi ngerti juga lah.

Soal yang bikin aquaplanning, rata-rata orang sepakat kok faktor utama itu overspeed. Kalo drivernya dodol ya jalan tol becek hajar saja 120 km++, tanpa peduli resikonya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

ChZ wrote:
slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang [emoji1]
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ChZ wrote: 08 Jan 2022, 10:00
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana :big_think:

terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok :big_think:

sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela :big_bored:

biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin :big_think:

Image

Image

masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 08 Jan 2022, 10:33
ChZ wrote:
slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang [emoji1]
kyk rally dakar. mantap
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

benzz89 wrote: 08 Jan 2022, 10:33 Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang [emoji1]
aman hrsnya mbah, ntu mobil2 tubular ama reli dakar dan high speed offroad khan gitu semua :upss:
b0ku wrote: 08 Jan 2022, 10:37 kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana :big_think:

terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok :big_think:

sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela :big_bored:

biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin :big_think:

masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek :big_biglaugh:
nah kl rollover itu yg susah krn penahannya cuma atap jd efek benturan paling kuat di atap. sialnya lederprem impact benturan pasti lebih keras krn overall mass lebih berat.

again, semua bergantung skenario sih. klo titik pusat benturannya di pilar persis bakal lebih catastrophic damage nya. ngga distributed ke bagian lain dari rangka atap soalnya.

klo frontal crash beda lagi tentunya. tp bener sih rata rata lederprem emang crash score nya jelek. crumple zone nya ngga bisa optimum akibat struktur ada batang melintang di bawah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Penikmat_Kopi »

Udah jangan pada ngebit kalau nyetir
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
Baca2 komentarnya sih Land Rover mbah... ntah itu yg KW cungkuo atau bukan.

Tp emang ntu Yaris GR wheel arch belakangnya lebar banget yah... seksi, semok, tembem gitu bokongnya... mana kuat banget lg strukturnya [emoji16]
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 10 Jan 2022, 14:49
benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
beneran itu, discovery sport :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by darrelund »

sering terjadi oom, emg bawa mobil ginian mesti sadar batas kemampuan sampe mana. soalnya dibawa 120-140 anteng sih

klo lurus boleh lah, tapi nanti klo udah ketemu belokan udah lain cerita :big_biglaugh:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Masa sih 120-140 anteng klo lurus? :big_think:
Ane bawa 110 aja sdh terasa limbung, baru anteng setelah ukuran bannya ane kecilin, 160-170 tetap anteng. :big_grin:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Hah, mana mungkin ini factory std lolos uji teknis lagi sampai terpental kaya begini. :big_slap:

https://jatim.suara.com/amp/read/2022/0 ... awah-warga

Ngebut di Tol Ngawi Saat Hujan Mengguyur, Pajero Terlempar dan Terguling Sampai ke Sawah Warga

SuaraJatim.id - Pajero hitam nekat ngebut saat hujan deras mengguyur di Tol Ngawi. Akhirnya mengalami aquaplaning hingga menyebabkan mobil terlempat keluar tol.

Pajero sport dengan nomor polisi W 1118 QS itu pun terlempar dari jalan to KM 573 ke area persawahan masuk Desa Ngale Kecamatan Paron, Rabu (9/2/2022) pukul 16.15 WIB.

Beruntung penumpangnya, pasangan suami istri selamat namun mengalami luka-luka. Untuk kronologisnya sendiri, versi polisi bermula saat mobil SUV itu dikendarai oleh Anggit Purwati (45) warga Taman Pondok Jati Kecamatan Geluran, Sidoarjo, itu melaju kencang.

Di sampingnya ada sang suami yakni Ciptadi (52) warga Jalan Garuda Desa Wedoro Kecamatan Waru, Sidoarjo. Sesampainya di TKP, hujan mengguyur deras.

"Kejadian bermula saat mobil pajero berjalan dafi arah Surabaya menuju Solo. Sesampainya di lokasi, diduga mengalami aquaplaning," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Safi’i, Rabu (9/2/2022).

"Mobil tersebut lantas terpelanting ke luar jalan tol. Korban dua orang luka berat dibawa ke RS At Tin Husada. Proses evakuasi cukup sulit karena mobil terlempar 50 meter dari jalan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.

Petugas yang datang ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas lantas melakukan pemriksaan dan mencari rekaman CCTV untuk memastikan kalau mobil itu benar-benar mengalami kecelakaan tunggal.

Bangkai mobil itu dibawa ke kantor Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.
Attachments
images (18).jpeg
images (19).jpeg
images (19).jpeg (55.09 KiB) Viewed 233 times
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

smgandi wrote: 07 Mar 2022, 10:37 Hah, mana mungkin ini factory std lolos uji teknis lagi sampai terpental kaya begini. :big_slap:

https://jatim.suara.com/amp/read/2022/0 ... awah-warga

Ngebut di Tol Ngawi Saat Hujan Mengguyur, Pajero Terlempar dan Terguling Sampai ke Sawah Warga

SuaraJatim.id - Pajero hitam nekat ngebut saat hujan deras mengguyur di Tol Ngawi. Akhirnya mengalami aquaplaning hingga menyebabkan mobil terlempat keluar tol.

Pajero sport dengan nomor polisi W 1118 QS itu pun terlempar dari jalan to KM 573 ke area persawahan masuk Desa Ngale Kecamatan Paron, Rabu (9/2/2022) pukul 16.15 WIB.

Beruntung penumpangnya, pasangan suami istri selamat namun mengalami luka-luka. Untuk kronologisnya sendiri, versi polisi bermula saat mobil SUV itu dikendarai oleh Anggit Purwati (45) warga Taman Pondok Jati Kecamatan Geluran, Sidoarjo, itu melaju kencang.

Di sampingnya ada sang suami yakni Ciptadi (52) warga Jalan Garuda Desa Wedoro Kecamatan Waru, Sidoarjo. Sesampainya di TKP, hujan mengguyur deras.

"Kejadian bermula saat mobil pajero berjalan dafi arah Surabaya menuju Solo. Sesampainya di lokasi, diduga mengalami aquaplaning," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Safi’i, Rabu (9/2/2022).

"Mobil tersebut lantas terpelanting ke luar jalan tol. Korban dua orang luka berat dibawa ke RS At Tin Husada. Proses evakuasi cukup sulit karena mobil terlempar 50 meter dari jalan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.

Petugas yang datang ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas lantas melakukan pemriksaan dan mencari rekaman CCTV untuk memastikan kalau mobil itu benar-benar mengalami kecelakaan tunggal.

Bangkai mobil itu dibawa ke kantor Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.
saya biasa kalo ujan deres di tol aja ud lsg maen paddleshift buru2x maen gigi 5 speed 60kmh itu aja kadang kalo ada genangan di tol ban belakang suka berasa selip karena speednya rendah ya jadi aman2x aja :big_bored:

kenapa saya hajar ke gigi 5 dengan speed rendah biar torsi mesinnya lemes kena ratio panjang gigi 5.... kalo di D biasa otomatis maen low gear dia akan ganas larinya mendingan lemesin pake gigi atas :big_biglaugh:

ud pernah ngerasain juga di sunter di jalanan sebelom per4an isuzu abis ujan kondisi jalan agak licin ban ud botak dan usia pakai 10th lagi di gas pelan akselerasi ke 80kmh tiba2x ban belakang narik2x kanan kiri untung saya lsg reflek ngerem pelan2x sambil stabilin setirnya rasanya ud kayak mau kecelakaan tapi gak jadi :big_bored:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

smgandi wrote: 07 Mar 2022, 10:37 Hah, mana mungkin ini factory std lolos uji teknis lagi sampai terpental kaya begini. :big_slap:

https://jatim.suara.com/amp/read/2022/0 ... awah-warga

Ngebut di Tol Ngawi Saat Hujan Mengguyur, Pajero Terlempar dan Terguling Sampai ke Sawah Warga

SuaraJatim.id - Pajero hitam nekat ngebut saat hujan deras mengguyur di Tol Ngawi. Akhirnya mengalami aquaplaning hingga menyebabkan mobil terlempat keluar tol.

Pajero sport dengan nomor polisi W 1118 QS itu pun terlempar dari jalan to KM 573 ke area persawahan masuk Desa Ngale Kecamatan Paron, Rabu (9/2/2022) pukul 16.15 WIB.

Beruntung penumpangnya, pasangan suami istri selamat namun mengalami luka-luka. Untuk kronologisnya sendiri, versi polisi bermula saat mobil SUV itu dikendarai oleh Anggit Purwati (45) warga Taman Pondok Jati Kecamatan Geluran, Sidoarjo, itu melaju kencang.

Di sampingnya ada sang suami yakni Ciptadi (52) warga Jalan Garuda Desa Wedoro Kecamatan Waru, Sidoarjo. Sesampainya di TKP, hujan mengguyur deras.

"Kejadian bermula saat mobil pajero berjalan dafi arah Surabaya menuju Solo. Sesampainya di lokasi, diduga mengalami aquaplaning," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Safi’i, Rabu (9/2/2022).

"Mobil tersebut lantas terpelanting ke luar jalan tol. Korban dua orang luka berat dibawa ke RS At Tin Husada. Proses evakuasi cukup sulit karena mobil terlempar 50 meter dari jalan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.

Petugas yang datang ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas lantas melakukan pemriksaan dan mencari rekaman CCTV untuk memastikan kalau mobil itu benar-benar mengalami kecelakaan tunggal.

Bangkai mobil itu dibawa ke kantor Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.
Set dah, banyak amir kejadian mobil ginian di jalan tol.
Emang mobil ginian lebih rawan aquaplanning atau mobil lain juga kejadian tapi gak terlalu diekspos?
Tapi emang lucu sih ngebut pake mobil ginian. Jelas2 dirancang untuk medan berat, malah dipake buat gas pol di jalan tol

O ya, satu lagi yang saya notice. Kayaknya banyak banget lokasi kejadiannya di TOL NGAWI. Beberapa tahun lalu pernah ngalamin aquaplanning, di tol ngawi juga. Better turunin kecepatan kalo lewat di tol daerah tsb
Last edited by pengendiesel on 07 Mar 2022, 11:59, edited 1 time in total.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: 07 Mar 2022, 11:12
saya biasa kalo ujan deres di tol aja ud lsg maen paddleshift buru2x maen gigi 5 speed 60kmh itu aja kadang kalo ada genangan di tol ban belakang suka berasa selip karena speednya rendah ya jadi aman2x aja :big_bored:

kenapa saya hajar ke gigi 5 dengan speed rendah biar torsi mesinnya lemes kena ratio panjang gigi 5.... kalo di D biasa otomatis maen low gear dia akan ganas larinya mendingan lemesin pake gigi atas :big_biglaugh:

ud pernah ngerasain juga di sunter di jalanan sebelom per4an isuzu abis ujan kondisi jalan agak licin ban ud botak dan usia pakai 10th lagi di gas pelan akselerasi ke 80kmh tiba2x ban belakang narik2x kanan kiri untung saya lsg reflek ngerem pelan2x sambil stabilin setirnya rasanya ud kayak mau kecelakaan tapi gak jadi :big_bored:
Mirip dulu waktu saya bawa macan item 2300cc. Kalo nyalip pake rpm tinggi malah gak bisa, udah gak ada sisa tenaga sama sekali di atas sono.
Mending shift up dan nyalip pake torsi, sikit2 masih bisalah
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by rakyatwkwkland »

pengendiesel wrote: 07 Mar 2022, 11:50
Tapi emang lucu sih ngebut pake mobil ginian. Jelas2 dirancang untuk medan berat, malah dipake buat gas pol di jalan tol
Yhaa namanya jg rakyat wkwkland oom... SUV ladder frame dipake buat speeding di tol sama buat ngemall... Hatchback nya yg dipake buat oprud...

Kl cari di yutub, selain video ladderframe begini speeding, video hatchback kecil macam agya ayla, brio, jazz, yaris dipake oprud ringan mah aja ada :mky_03:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Dogies »

b0ku wrote: 08 Jan 2022, 10:37
ChZ wrote: 08 Jan 2022, 10:00
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana :big_think:

terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok :big_think:

sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela :big_bored:

biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin :big_think:

Image

Image

masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek :big_biglaugh:
Klo gitu angka speed di dasbor kenapa ada yang 200, ada yang 220... bahkan ada mobil yg diapekein speed limit walopun angka speed di dasbor spt itu.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post