Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

nmt0403 wrote: 28 Nov 2022, 16:56 Terkait aquaplaning ini, pada dasarnya yang harus diperhatikan adalah:

1. cairan dapat menjadi lubricant, sehingga mempengaruhi grip dan traksi, dan
2. cairan memiliki surface tension, kondisi di mana benda padat yang berada di atas cairan malah mengapung di atas cairan.


Kondisi pertama mungkin masih dapat diatasi dengan menggunakan ban yang memiliki kemampuan cengkeram dan performa yang baik dalam menghadapi kondisi basah (contoh sehari-hari mungkin dapat dibandingkan dengan menggunakan sepatu dengan sol yang bergerigi, dibandingkan sepatu yang solnya sudah botak).

Kondisi kedua yang menjadi sangat berbahaya, terutama misalnya kita mengemudi di jalan tol yang tidak rata, dan terdapat bagian yang menggenang (dan cukup dalam). Dalam kondisi ini, walaupun seseorang mengemudi dengan kecepatan rendah/sedang dan konstan, serta tidak melakukan akselerasi, saat tiba-tiba kendaraan tiba-tiba melalui genangan, ban tidak dapat "memecah" genangan dan mengapung di atas genangan tersebut, sehingga ban dan kendaraan akan kehilangan traksi. Hal ini dapat terjadi bahkan dengan kendaraan yang menggunakan ban yang sangat bagus sekalipun.

Sebagai contoh, sepengetahuan saya, dalam kondisi hujan, pesawat terbang biasanya akan mendarat dengan lebih keras dari biasanya (positive landing), tujuannya agar ban pesawat dapat "memecah" surface tension ini saat pendaratan, untuk mencegah terjadinya aquaplaning.

Just 50 cents from me, cheers :big_peace:
couldn't agree more, mbah :big_exellent:

kondisi nomor 2 lbh besar resiko nya di jalan raya,
krn ya udh sama" tau jalan raya di sini, drainase nya spt kura"

sehingga surface tension (cairan jd benda keras/ bersifat menolak, ketika dihantam kecepatan tinggi) itu sangat common

__________________________________________________________________________________________________________

om @boku

Surface tension mau tau rasanya?
1. ya coba aja melemparkan diri ke dalam kolam air, dgn kondisi telentang, bisa jerit" satu body rasanya
2. hitung velocity nya brp?

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nmt0403
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 13 Dec 2015, 09:37

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by nmt0403 »

Suryaputra wrote: 28 Nov 2022, 17:35
couldn't agree more, mbah :big_exellent:

kondisi nomor 2 lbh besar resiko nya di jalan raya,
krn ya udh sama" tau jalan raya di sini, drainase nya spt kura"


sehingga surface tension (cairan jd benda keras/ bersifat menolak, ketika dihantam kecepatan tinggi) itu sangat common
Sangat setuju, mbah. Kita sama-sama tau lah ya kondisi jalan di Indonesia (bahkan di kota-kota besar sekalipun).

Udah drainase nya buruk dan lambat, banyak pula jalan yang nggak rata dan cekung di tengah-tengah lajur jadi menggenang :big_dunno:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

nmt0403 wrote: 28 Nov 2022, 17:46
Suryaputra wrote: 28 Nov 2022, 17:35
couldn't agree more, mbah :big_exellent:

kondisi nomor 2 lbh besar resiko nya di jalan raya,
krn ya udh sama" tau jalan raya di sini, drainase nya spt kura"


sehingga surface tension (cairan jd benda keras/ bersifat menolak, ketika dihantam kecepatan tinggi) itu sangat common
Sangat setuju, mbah. Kita sama-sama tau lah ya kondisi jalan di Indonesia (bahkan di kota-kota besar sekalipun).

Udah drainase nya buruk dan lambat, banyak pula jalan yang nggak rata dan cekung di tengah-tengah lajur jadi menggenang :big_dunno:
ini bahayanya mbah

apalagi di tol, itu jalur truk2 berat yg bikin jalanan cekung di tengah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 28 Nov 2022, 17:35 couldn't agree more, mbah :big_exellent:

kondisi nomor 2 lbh besar resiko nya di jalan raya,
krn ya udh sama" tau jalan raya di sini, drainase nya spt kura"

sehingga surface tension (cairan jd benda keras/ bersifat menolak, ketika dihantam kecepatan tinggi) itu sangat common

__________________________________________________________________________________________________________

om @boku

Surface tension mau tau rasanya?
1. ya coba aja melemparkan diri ke dalam kolam air, dgn kondisi telentang, bisa jerit" satu body rasanya
2. hitung velocity nya brp?

:big_biglaugh:
surface tension bukanya saya ud cerita noh saya kena berapa kali masa mau cerita pajero sama livina selip lagi :big_biglaugh:

pokoknya intinya saya dulu ada genangan malah suka saya samperin sambil gas kenceng karena waktu pake optra bannya buang aernya bagus ditambah ya genangnya jalanan nontol jd lari paling cuma 60-80 pas hajar ya terakhir maen gila gitu pas pake freed juga karena balik naek mobil pake ban sedan bannya bisa di hajar ke genangan cuma ya sejak livina saya ud parno milih ban yang grip basahnya bagus, sebelom freed kan saya ada pake CRV nah yang itu saya gak berani maen kek gitu bannya gak bisa :big_bored:

yaah makannya pas livina setir sama ban ud geter kena genagan masih saya paksa akhirnya melintir disitulah saya learn my lesson :big_bored:

bukannya apa karena saya ud ngalamin makannya bisa ngomong toh kan cuma kasih tau tekniknya gimana waktu ujan pas kena genangan musti gimana :big_bored:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by rakyatwkwkland »

ongisnade wrote: 28 Nov 2022, 14:48 Sepertinya teknik mbah boku ini ada benarnya. Dulu tahun 2002 saya pernah ikut pelatihan Defensive Driving (Offroad) waktu praktek di medan licin/lumpur yang datar instruktur bilang saat melintas jangan ada efek kejut rpm/torsi yg tiba2 melonjak. Jadi sebelum jalan injak pedal rem, adjust/naikin rpm (waktu itu pake Daihatsu Hi line) rpm bisa diadjust dari dashboard tinggal putar arah jarum jam. Masuk LL gear, lepas rem tanpa gas mobil jalan sendiri dengan rpm konstan, dan benar mobil melaju pelan tanpa melintir melibas lumpur/jalan licin.

Jadi dengan low rpm/konstan bisa mengurangi potensi melintir
Kalo ini bukannya lebih ke cara biar menghindari ban selip ya oom? Beda konsep sih dgn aquaplanning. Kalo selip kan gara2 torsinya lebih gede daripada gaya gesek, jadi bannya kehilangan cengkraman, tapi bannya masih napak. Kalo aquaplanning ini kan ban udah ngambang, jadi boro2 mau ngomong soal kehilangan grip, orang udah ga nempel lagi di aspal...

Kalo cara mencegah ban mobil ga gampang spin di tanjakan/medan licin ya bener kaya gitu ya. Jangan main bejek gas tiba2. Jangan ada efek kejut torsi yang melonjak tiba2. Nginjek gas nya harus pake kasih sayang.

CMIIW yaa...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

rakyatwkwkland wrote: 28 Nov 2022, 18:16
Kalo ini bukannya lebih ke cara biar menghindari ban selip ya oom? Beda konsep sih dgn aquaplanning. Kalo selip kan gara2 torsinya lebih gede daripada gaya gesek, jadi bannya kehilangan cengkraman, tapi bannya masih napak. Kalo aquaplanning ini kan ban udah ngambang, jadi boro2 mau ngomong soal kehilangan grip, orang udah ga nempel lagi di aspal...

Kalo cara mencegah ban mobil ga gampang spin di tanjakan/medan licin ya bener kaya gitu ya. Jangan main bejek gas tiba2. Jangan ada efek kejut torsi yang melonjak tiba2. Nginjek gas nya harus pake kasih sayang.

CMIIW yaa...
biasanya aquaplanning kalo di FWD ada gejala dulu biasa ada efek bret bret2x kayak naek jetski nah kalo ud mulai gini ud lepas gas jgn ngerem karena takut ditabrak dari belakang :big_bored:

emang kalo pajero itu gak ada warning ban belakang bisa tiba2x narik kanan kiri makanya saya bilang mendingan kalo dah hujan maen paddleshift aja masukin gigi 5 atau pokoknya gear paling tinggi biar rpmnya rendah dan turbonya gak spooling, itu aja kadang saya suka ngerasain gejalan ban selip biasanya di speed 80 abis itu lepas gas lagi dikit :big_bored:

apalagi kondisi hujan badai biasa paling cuma bisa lari 40-60kmh seumur2x saya selalu pake moncoque jarang sih lari segini naek mobil ujan2x cuma ud serem ngerasain gripnya ditambah inget bodynya kayak truk olengnya :big_bored:

bagusnya ngurut gas aja maen RPM rendah biasanya kalo ud maen rpm tinggi yang agak bahaya :big_bored:
nmt0403
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 13 Dec 2015, 09:37

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by nmt0403 »

b0ku wrote: 28 Nov 2022, 18:11 surface tension bukanya saya ud cerita noh saya kena berapa kali masa mau cerita pajero sama livina selip lagi :big_biglaugh:

pokoknya intinya saya dulu ada genangan malah suka saya samperin sambil gas kenceng karena waktu pake optra bannya buang aernya bagus ditambah ya genangnya jalanan nontol jd lari paling cuma 60-80 pas hajar ya terakhir maen gila gitu pas pake freed juga karena balik naek mobil pake ban sedan bannya bisa di hajar ke genangan cuma ya sejak livina saya ud parno milih ban yang grip basahnya bagus, sebelom freed kan saya ada pake CRV nah yang itu saya gak berani maen kek gitu bannya gak bisa :big_bored:

yaah makannya pas livina setir sama ban ud geter kena genagan masih saya paksa akhirnya melintir disitulah saya learn my lesson :big_bored:

bukannya apa karena saya ud ngalamin makannya bisa ngomong toh kan cuma kasih tau tekniknya gimana waktu ujan pas kena genangan musti gimana :big_bored:
OOT sedikit. Kalau kasus Pajero oom, mungkin lebih ke arah cairan/air menjadi lubricant dan torsi > gesekan sehingga mengurangi daya cengkeram, seperti oom rakyatwkwkland mention:
rakyatwkwkland wrote: 28 Nov 2022, 18:16 Kalo ini bukannya lebih ke cara biar menghindari ban selip ya oom? Beda konsep sih dgn aquaplanning. Kalo selip kan gara2 torsinya lebih gede daripada gaya gesek, jadi bannya kehilangan cengkraman, tapi bannya masih napak. Kalo aquaplanning ini kan ban udah ngambang, jadi boro2 mau ngomong soal kehilangan grip, orang udah ga nempel lagi di aspal...

Kalo cara mencegah ban mobil ga gampang spin di tanjakan/medan licin ya bener kaya gitu ya. Jangan main bejek gas tiba2. Jangan ada efek kejut torsi yang melonjak tiba2. Nginjek gas nya harus pake kasih sayang.

CMIIW yaa...
Tapi kalau ngomongin aquaplaning dan surface tension, faktor utama selain kualitas ban adalah kecepatan mobil saat melalui genangan. Yaa, poinnya sih sama-sama dampaknya ban kehilangan daya cengkeram ke permukaan jalan, tapi penyebab dan faktor pendukungnya saya rasa berbeda.. Mungkin suhu-suhu yang lebih paham bisa menambahkan :big_childish:

Kebetulan ketemu referensi dari terbitan National Safety Bureau USA (https://docs.lib.purdue.edu/cgi/viewcon ... roadschool), kalau salah satu faktor utama aquaplaning adalah kecepatan kendaraan, yang berbanding lurus dengan tekanan ban.

Intinya sih kembali lagi sebaiknya kalau hujan memang perlu berkendara hati-hati, selain menerapkan teknik recovery seperti misalnya yang sudah dijelaskan om b0ku, tapi juga berkendara dengan lebih lambat saat hujan dan menghindari genangan di jalanan. Apalagi sudah masuk musim hujan, semoga semua suhu, om, tante, kakak di sini senantiasa selamat dalam perjalanan :big_peace:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

nmt0403 wrote: 28 Nov 2022, 16:56 Terkait aquaplaning ini, pada dasarnya yang harus diperhatikan adalah:

1. cairan dapat menjadi lubricant, sehingga mempengaruhi grip dan traksi, dan
2. cairan memiliki surface tension, kondisi di mana benda padat yang berada di atas cairan malah mengapung di atas cairan.

Kondisi pertama mungkin masih dapat diatasi dengan menggunakan ban yang memiliki kemampuan cengkeram dan performa yang baik dalam menghadapi kondisi basah (contoh sehari-hari mungkin dapat dibandingkan dengan menggunakan sepatu dengan sol yang bergerigi, dibandingkan sepatu yang solnya sudah botak).

Kondisi kedua yang menjadi sangat berbahaya, terutama misalnya kita mengemudi di jalan tol yang tidak rata, dan terdapat bagian yang menggenang (dan cukup dalam). Dalam kondisi ini, walaupun seseorang mengemudi dengan kecepatan rendah/sedang dan konstan, serta tidak melakukan akselerasi, saat tiba-tiba kendaraan tiba-tiba melalui genangan, ban tidak dapat "memecah" genangan dan mengapung di atas genangan tersebut, sehingga ban dan kendaraan akan kehilangan traksi. Hal ini dapat terjadi bahkan dengan kendaraan yang menggunakan ban yang sangat bagus sekalipun.

Sebagai contoh, sepengetahuan saya, dalam kondisi hujan, pesawat terbang biasanya akan mendarat dengan lebih keras dari biasanya (positive landing), tujuannya agar ban pesawat dapat "memecah" surface tension ini saat pendaratan, untuk mencegah terjadinya aquaplaning.

Just 50 cents from me, cheers :big_peace:
+1 mbah :big_exellent:
1. Nambahin dikit. Mau gamau, suka ga suka speed kembangan ban itu sangat pengaruh sama kemampuan mendisperse air. Kalo speed terlalu tinggi sampe kapasitas kembangan ban ga mampu membuang air ya bakalan aquaplanning jg. Contoh gampangnya ban intermediate sama wet F1 aja kembangannya jauh beda. Luas permukaan kembangan bannya jauh lebih besar di ban wet kalo dijumlahkan.

2. Kalo di tol sih menurut ane paling aman jalan ditengah. Lajur paling kiri atau paling kanan itu rawan pooling air karena banyak saluran yg nyumbat atau cekungan2.
b0ku wrote: 28 Nov 2022, 16:00
pengendiesel wrote: 28 Nov 2022, 15:23
Nah maksud saya adalah dari awal anda selalu bilang torsi torsi dan torsi melulu. Nginjek gas harus pelan2.

Di akhir baru bilang jangan ngelawan hukum fisika dasar.
Tapi keliatannya anda lupa atau nggak tau bahwa semakin kencang mobil berlari,daya angkat ke atas semakin gede? Ini alasan utama mobil2 kencang harus diberi aerodynamical grip. Bagaimana dengan mayoritas mobil2 econobox di indo? Namanya fisika dasar,sama saja. Apalagi mobil di sini jarang yang dibekali aerodynamical grip dengan benar, cuma mechanical grip doang.

Yes,ngurut gas pelan2 memang membantu, tapi percuma saja kalo top speed akhirnya tinggi,daya angkat akan bikin mobil anda gak napak,alias mengurangi mechanical grip. Ditambah jalanan basah atau lebih parah lagi,genangan air yang semakin mengurangi nilai mechanical grip. Sebagus2nya mechanical grip sebuah mobil,akan berkurang drastis saat permukaan jalannya ada air. Masak ini mau dilawan juga?
ya emang biang selipnya dari torsi om makanya kenapa ladder frame itu ngeri karena mesinnya turbo torsinya besar pas turbonya spooling tenaga yang keluar juga suka mendadak besar ditambah typical ban suv tidak bisa buang aer dengan bagus jadilah aquplanning :mky_03:
........
CMIIW, Kalo dlm case aquaplaning kayaknya ga melulu dari torsi om, speed juga pengaruh banyak. Contoh paling jelas di F1 si lando norris pas crash di belgia tahun lalu, pas dia lepas gas malah melintir. Jd saking speednya terlalu tinggi walapun input gas sangat minim tetep aja jd aquaplaning.

2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 28 Nov 2022, 19:11
CMIIW, Kalo dlm case aquaplaning kayaknya ga melulu dari torsi om, speed juga pengaruh banyak. Contoh paling jelas di F1 si lando norris pas crash di belgia tahun lalu, pas dia lepas gas malah melintir. Jd saking speednya terlalu tinggi walapun input gas sangat minim tetep aja jd aquaplaning.

ya balik lagi sejauh ini saya cuma pernah hajar 160kmh om diatas itu ud negri tiba2x selip aquaplanning bisa spin, cuma menurut saya paling bahaya ya torsi karena tiba2x

kayak dakar baru 2500 rpm 430nm kebayang gak sih pas jalanan basah kena torsi segede ini ini dimana keluarnya suka tiba2x lsg kenceng saya ud 2 kali tiba2x ban belakang narik kanan kiri, pertama lagi ngurut pelan2x ke 80 depan toyota sunter sebelom per 4 an isuzu jalanan basah tapi ud gak ujan, kedua pas lagi nyalip kena genangan kecil tiba2x kek gitu pas ban belakang ngelindes itu genangan :big_think:

terus ujan gede di tol orang normalnya pasang di D kalo kakinya maen input sedikit aja tuh mobil naek mulu soalnya di cipali sih saya punya kasih injek dikit 170kmh terus larinya sampe ngeri sendiri ini sih pas jalanan kering :big_bored:

ya kalo saya sih maen low RPM aja biar aman :mky_01:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

hari ini hujannya parah banget...
pondok indah banjir...
yg lucu itu yg berani nerabas malah sedan... :big_chicken:
3066592183.jpg
3066592183.jpg (56.7 KiB) Viewed 375 times
gambar hanya ilustrasi, cari yg mirip2 tapi masih aman kayanya ga ada sedan mogok

korban terbanyak motor yg posisi knalpotnya rendah...
yg rada tinggi aman2 aja

voxy aman tol macet banget jadi ga pusing aquaplaning, max speed 30km/jam
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

nmt0403 wrote: 28 Nov 2022, 16:56 Terkait aquaplaning ini, pada dasarnya yang harus diperhatikan adalah:

1. cairan dapat menjadi lubricant, sehingga mempengaruhi grip dan traksi, dan
2. cairan memiliki surface tension, kondisi di mana benda padat yang berada di atas cairan malah mengapung di atas cairan.

Kondisi pertama mungkin masih dapat diatasi dengan menggunakan ban yang memiliki kemampuan cengkeram dan performa yang baik dalam menghadapi kondisi basah (contoh sehari-hari mungkin dapat dibandingkan dengan menggunakan sepatu dengan sol yang bergerigi, dibandingkan sepatu yang solnya sudah botak).

Kondisi kedua yang menjadi sangat berbahaya, terutama misalnya kita mengemudi di jalan tol yang tidak rata, dan terdapat bagian yang menggenang (dan cukup dalam). Dalam kondisi ini, walaupun seseorang mengemudi dengan kecepatan rendah/sedang dan konstan, serta tidak melakukan akselerasi, saat tiba-tiba kendaraan tiba-tiba melalui genangan, ban tidak dapat "memecah" genangan dan mengapung di atas genangan tersebut, sehingga ban dan kendaraan akan kehilangan traksi. Hal ini dapat terjadi bahkan dengan kendaraan yang menggunakan ban yang sangat bagus sekalipun.

Sebagai contoh, sepengetahuan saya, dalam kondisi hujan, pesawat terbang biasanya akan mendarat dengan lebih keras dari biasanya (positive landing), tujuannya agar ban pesawat dapat "memecah" surface tension ini saat pendaratan, untuk mencegah terjadinya aquaplaning.

Just 50 cents from me, cheers :big_peace:
nah, terkait yg nomor 2
hal ini diperparah dengan kebiasaan warga +62 yg demen tapak lebar.
saat kering sih gak masalah karena makin lebar tapak makin joss traksi,
tp kalau ngantam air, makin lebar tapak maka makin besar gaya angkat yang bikin ban gak napak alias udah kayak papan selancar..
tentunya speed juga berpengaruh..
jadi jangan heran kalau aquaplanning banyak terkait :
- lebar tapak ban
- grip ban
- kompon ban
- jenis ban (SUV ladder frame lebih gampang oleng )
- skill alias sikill
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ginting wrote: 29 Nov 2022, 08:34
nah, terkait yg nomor 2
hal ini diperparah dengan kebiasaan warga +62 yg demen tapak lebar.
saat kering sih gak masalah karena makin lebar tapak makin joss traksi,
tp kalau ngantam air, makin lebar tapak maka makin besar gaya angkat yang bikin ban gak napak alias udah kayak papan selancar..
tentunya speed juga berpengaruh..
jadi jangan heran kalau aquaplanning banyak terkait :
- lebar tapak ban
- grip ban
- kompon ban
- jenis ban (SUV ladder frame lebih gampang oleng )
- skill alias sikill
lama2x ladder frame kalo dari pengalaman saya jgn2x bukan aquaplanning juga lebih ban gak imbang traksi yang satu licin kena aer genangan satu dapet traksi akhirnya narik ke arah ban yang traksinya lebih kuat ud gitu kan torsinya gede :big_bored:

selama ini sih saya bilang aqua planning tapi di pikir2x dulu mobil saya pas kondisi ban ngawur2xan juga gitu pas ditarik ban belakang berasa ada narik kanan narik kiri dikit tapi gampang di kontrol :big_think:

contohnya kek muscle car ini juga dia pas ditarik ban belakang lari kanan lari kiri :big_think:

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: 28 Nov 2022, 16:00
ya emang biang selipnya dari torsi om makanya kenapa ladder frame itu ngeri karena mesinnya turbo torsinya besar pas turbonya spooling tenaga yang keluar juga suka mendadak besar ditambah typical ban suv tidak bisa buang aer dengan bagus jadilah aquplanning :mky_03:

yang butuh aerodinamical grip itu mobil kencang dan ringan kenapa karena bobotnya gak cukup buat nahan ban dapet traksi ketanah karena tenaganya gede, kenapa kayak aerial atom caterham itu mobilnya sulit di handle karena mobilnya aja cuma 600-800kg kena tenaga bisa 300-500hp :big_biglaugh:

kebanyakan mobil2x di jalan mau sport mau econobox gripnya ud dapet duluan dari bobot mobil itu sendiri aero itu gak guna sebenernya kcuali mau maen di sirkuit :mky_03:

rahasia kenapa itu freed bisa anteng lari 160kmh ujan basah2x juga karena dia agak berat bobot dia ampir 1,3ton ud gitu bobotnya ngerata depan kena mesin, jok depan sama tangki BBM sedangkan tengah kena jok tengah sama pintu geser, belakang kena ban serep sama jok belakang , plus ban buang aernya bagus di tambah satu lagi faktor penting mesinnya boyo tapi bisa gain speed terus :mky_01:

saya tuh belajar nikung kenceng pake freed abis freed saya mau bisa lebih enak lagi gantilah GE8 ternyata ge8 itu tenaga lebih berasa ditambah gripnya malah lebih melayang karena mobil lebih ringan apalagi roda belakang karena bobot jazz semua ada di depan tangki bbm dan mesin ada di depan semua ditambah power lebih berasa gede jadilah saya ngeri hajar tuh mobil kayak freed :big_slap:

akhirnya di updatenlah jazz saya suspensi chasis rem akhirnya baru sekarang ngerasain lebih enak dari freed ini yang namanya mechanical grip karena dapetnya dari suspensinya bukan dari bobot :mky_03:

ya kan saya selalu ngomong palingan maksimal 150-160kmh toh kayak optra saya dulu sebenernya 160kmh pun masih enak kok malah makin cepet malah makin berasa lengket waktu itu bannya proxes T1R cuma ngeri aja naek2x tiba2x melintir di 180kmh akhirnya saya malah lepas gas pelan2x, toh waktu saya ganti ban juga ada engko2x crita emang itu ban pas ujan makin kenceng malah makin lengket cuma ya ngeri aja kalo tiba2x melintir :big_bored:

toh kan saya selalau bilang pajero gak berani diatas 100kmh CRV dulu paling 120-140 gara2x nyerah di bannya soalnya suv kembangnya kurang bagus buat aer :big_bored:

balik lagi tiap mobil kemampuannya beda2x tapi saya gak pernah maksa sampe gimana terakhir saya maksa ya itu cerita saya bawa grand livina lagi lari 120kmh ada genangan malah saya paksa maju segitu mulu akhirnya mobil gak mau belok ke kiri yang ada lurus mau maunyamperin tembok akhirnya pas efek aquaplanning ilang input setirnya narik tuh mobil ke kiri jadilah saya melintang di tengah jalan untung waktu itu ud jam 12 malem lagian itu ud kejadian 10thn lalu om :big_bored: ini baru namanya hoki om saya gak hajar tembok sama gak di sikat dari belakang :mky_01:
Serius anda tidak bisa membedakan antara selip karena torsi kebesaran dan aquaplanning?

Coba cek gambar deh bos dan let's say tuh caravan di belakang ditarik kecepatan 160kmh, kira2 bisa kena aquaplanning apa tidak saat melewati genangan air? Ada kemungkinan geal geol atau pasti tetep lempeng aja jalannya? Setau saya caravan torsi 0, tenaga 0
Attachments
Screenshot_20221129-103114_Chrome.jpg
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: 29 Nov 2022, 10:39
Serius anda tidak bisa membedakan antara selip karena torsi kebesaran dan aquaplanning?

Coba cek gambar deh bos dan let's say tuh caravan di belakang ditarik kecepatan 160kmh, kira2 bisa kena aquaplanning apa tidak saat melewati genangan air? Ada kemungkinan geal geol atau pasti tetep lempeng aja jalannya? Setau saya caravan torsi 0, tenaga 0
gini aja om ya pokoknya saya tuh dulu hobby nabrak genangan makin dalem makin asik karena efek splashnya, cuma balik lagi semua mobil yang saya pake nabrak genangan pake bannya ban sedan, waktu saya pake CRV gampang banget bannya goyang2x waktu hujan deras abis itu saya lepas gas makannya pas pake CRV saya sendiri pensiun nabrak genangan karena tau bannya buang airnya kurang bagus waktu itu pake dueller

gara2x hobby saya ini sendiri saya ud makan banyak magnet kompresor di freed karena saya gak matiin ac pas ngebut hajar genangan :big_slap:

ya namanya aquaplanning itu diawali dari selip karena roda nabrak aer aernya jadi tembok akhirnya gak dapet traksi ke jalan makanya selip namanya pajero saya sendiri suka selip tuh biarpun saya ud bawa pelan2x kalo ud kena ujan parah di tol :big_bored:

lagian gini aja setiap liat mobil melintir ujan2x pasti lsg dituduh aquaplanning padahal aquaplanning harusnya dari ban depan ngebuang, kalo saya di pajero ud 2x dari ban belakang narik kanan narik kiri bahkan saya pernah lagi nikung saya gas mungkin ban belakangnya kena pasir lsg berasa kek mau kepleset :big_bored:

apakah ini namanya aquaplanning???? ya gak tau soalnya sama2x nabrak aer kena torsi gede terus selip cuma bedanya biang keroknya dari roda belakang dan kalo ud accident juga keliatannya sama ujan/basah terus melintir gak tau dari mana biangnya pasti dituduhnya aquaplanning

lagian kan ini saya pengalaman sendiri dan saya sendiri ud pernah bener2x kena di livina lagian kalo liat curva torsi mobil turbo juga keliatan di rpm turbo spooling itu tiba2x naek gede torsinya kalo N/A torsinya flat naek dikit2x tergantung rpmnya, apalagi mesin diesel torsi maksimal 2500rpm ya bayangin aja lagi gas santai masukin d dia nahan sampe 2.500 rpm turbo spooling dulu baru ganti ke gigi selanjutnya makanya kenapa saya suka masukin 5 biar gak bisa lari sama susah naek rpm turbo :big_bored:

kalo mau bilang saya bawa freed bisa 160kmh basah2x hoki ya terserah deh soalnya saya sendiri bisa sampe berani ambil foto tuh speedo aja ud hebat biasanya mah takut nyetir sambil megang2x hp waktu itu jalanan kosong mobil stabil aja makannya berani balik lagi emang bannya saya juga ud setup buat ngejar wet grip ya hasilnya gitu, toh gak ada salahnya punya mobil kemampuanya bisa di kembangin daripada pasrah2x pake dunlop sp apa tuh yang dulu bikin saya melintir di livina mana bawanya jd ketar ketir kek lagi bawa pajero kalo pajero ada resep buat meminimalisir juga pasti juga saya mau masalahnya keknya susah apalagi body kayak truk ngapain juga lah bawa sante aja, lagian kadang fun juga jinakin ni mobil waktu ujan biarpun bawanya kudu pelan2x :mky_01:

itu trailer bawa thule aja gak boleh 160kmh gimana bawa trailer :big_biglaugh: kalo bisa pun bannya bagus buang aer mah gak masalah yang masalah keburu crosswind :wkkk:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: 29 Nov 2022, 11:53
gini aja om ya pokoknya saya tuh dulu hobby nabrak genangan makin dalem makin asik karena efek splashnya, cuma balik lagi semua mobil yang saya pake nabrak genangan pake bannya ban sedan, waktu saya pake CRV gampang banget bannya goyang2x waktu hujan deras abis itu saya lepas gas makannya pas pake CRV saya sendiri pensiun nabrak genangan karena tau bannya buang airnya kurang bagus waktu itu pake dueller

gara2x hobby saya ini sendiri saya ud makan banyak magnet kompresor di freed karena saya gak matiin ac pas ngebut hajar genangan :big_slap:

ya namanya aquaplanning itu diawali dari selip karena roda nabrak aer aernya jadi tembok akhirnya gak dapet traksi ke jalan makanya selip namanya pajero saya sendiri suka selip tuh biarpun saya ud bawa pelan2x kalo ud kena ujan parah di tol :big_bored:

lagian gini aja setiap liat mobil melintir ujan2x pasti lsg dituduh aquaplanning padahal aquaplanning harusnya dari ban depan ngebuang, kalo saya di pajero ud 2x dari ban belakang narik kanan narik kiri bahkan saya pernah lagi nikung saya gas mungkin ban belakangnya kena pasir lsg berasa kek mau kepleset :big_bored:

apakah ini namanya aquaplanning???? ya gak tau soalnya sama2x nabrak aer kena torsi gede terus selip cuma bedanya biang keroknya dari roda belakang dan kalo ud accident juga keliatannya sama ujan/basah terus melintir gak tau dari mana biangnya pasti dituduhnya aquaplanning

lagian kan ini saya pengalaman sendiri dan saya sendiri ud pernah bener2x kena di livina lagian kalo liat curva torsi mobil turbo juga keliatan di rpm turbo spooling itu tiba2x naek gede torsinya kalo N/A torsinya flat naek dikit2x tergantung rpmnya, apalagi mesin diesel torsi maksimal 2500rpm ya bayangin aja lagi gas santai masukin d dia nahan sampe 2.500 rpm turbo spooling dulu baru ganti ke gigi selanjutnya makanya kenapa saya suka masukin 5 biar gak bisa lari sama susah naek rpm turbo :big_bored:

kalo mau bilang saya bawa freed bisa 160kmh basah2x hoki ya terserah deh soalnya saya sendiri bisa sampe berani ambil foto tuh speedo aja ud hebat biasanya mah takut nyetir sambil megang2x hp waktu itu jalanan kosong mobil stabil aja makannya berani balik lagi emang bannya saya juga ud setup buat ngejar wet grip ya hasilnya gitu, toh gak ada salahnya punya mobil kemampuanya bisa di kembangin daripada pasrah2x pake dunlop sp apa tuh yang dulu bikin saya melintir di livina mana bawanya jd ketar ketir kek lagi bawa pajero kalo pajero ada resep buat meminimalisir juga pasti juga saya mau masalahnya keknya susah apalagi body kayak truk ngapain juga lah bawa sante aja, lagian kadang fun juga jinakin ni mobil waktu ujan biarpun bawanya kudu pelan2x :mky_01:

itu trailer bawa thule aja gak boleh 160kmh gimana bawa trailer :big_biglaugh: kalo bisa pun bannya bagus buang aer mah gak masalah yang masalah keburu crosswind :wkkk:
Baguslah kalo anda mulai mengerti yang saya maksud dengan pure luck di page sebelumnya.

Lagian,foto pake freed,yang saya komenin foto freed,kok pembahasan anda torsinya pajero melulu.

Udah gitu penjelasan anda rawan disalah artikan orang yang baca,ntar dipikirnya selama ngegasnya diurut pelan2,mau lari 160kmh di jalan basah itu aman. Padahal ini jelas2 menghilangkan sebagian besar dari puzzle bagaimana mobil tergelincir saat hujan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

Klo posting sesuatu / contoh yg berbahaya, jadi panjang diskusinya, karena di sini bukan forum spam.
Bnyk expert di sini.

Jd bnyk belajar juga saya :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: 29 Nov 2022, 12:32
Baguslah kalo anda mulai mengerti yang saya maksud dengan pure luck di page sebelumnya.

Lagian,foto pake freed,yang saya komenin foto freed,kok pembahasan anda torsinya pajero melulu.

Udah gitu penjelasan anda rawan disalah artikan orang yang baca,ntar dipikirnya selama ngegasnya diurut pelan2,mau lari 160kmh di jalan basah itu aman. Padahal ini jelas2 menghilangkan sebagian besar dari puzzle bagaimana mobil tergelincir saat hujan
ya emang sebenernya aman2x aja toh kalo FWD akan ada gejala dulu gak kayak RWD kadang bisa dari roda belakang tiba2x narik apalagi kalo torsinya gede :big_bored: kalo FWD gak bakalan bisa gini karena roda belakang gak ada tenaga dari puteran mesin makanya emang kalo saya bilang buat lawan hujan pake FWD pun lebih aman :big_bored:

kan saya cuma bilang paling bisa 150-160 kalo bannya bagus juga gpp saya kasih bukti fotonya emang bisa 160kmh pake ban kayak gitu toh gak ada yang ngomong HAJAR aja sampe 160KMH sapa tau ad yang mau upgrade bannya pake kek gini buat safety kan jadi tau kemampuan bannya daripada pasrah pake pan jelek ntar melintir kayak saya dulu pake livina padahal ban ngaruh banget mau larinya berapa juga kalo buang aernya bagus, biar cuma 40-60 juga bisa aj lsg kebuang kalo bannya jelek :big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 29 Nov 2022, 12:50
pengendiesel wrote: 29 Nov 2022, 12:32
Baguslah kalo anda mulai mengerti yang saya maksud dengan pure luck di page sebelumnya.

Lagian,foto pake freed,yang saya komenin foto freed,kok pembahasan anda torsinya pajero melulu.

Udah gitu penjelasan anda rawan disalah artikan orang yang baca,ntar dipikirnya selama ngegasnya diurut pelan2,mau lari 160kmh di jalan basah itu aman. Padahal ini jelas2 menghilangkan sebagian besar dari puzzle bagaimana mobil tergelincir saat hujan
ya emang sebenernya aman2x aja toh kalo FWD akan ada gejala dulu gak kayak RWD kadang bisa dari roda belakang tiba2x narik apalagi kalo torsinya gede :big_bored: kalo FWD gak bakalan bisa gini karena roda belakang gak ada tenaga dari puteran mesin makanya emang kalo saya bilang buat lawan hujan pake FWD pun lebih aman :big_bored:

kan saya cuma bilang paling bisa 150-160 kalo bannya bagus juga gpp saya kasih bukti fotonya emang bisa 160kmh pake ban kayak gitu toh gak ada yang ngomong HAJAR aja sampe 160KMH sapa tau ad yang mau upgrade bannya pake kek gini buat safety kan jadi tau kemampuan bannya daripada pasrah pake pan jelek ntar melintir kayak saya dulu pake livina padahal ban ngaruh banget mau larinya berapa juga kalo buang aernya bagus, biar cuma 40-60 juga bisa aj lsg kebuang kalo bannya jelek :big_bored:
Ini bukan aqua planning... Tp itu bahas wet traction :big_biglaugh:

Ini yg bikin misleading mbahhhh dr kemarin kemarin
Dengan foto pula.

Klo ditiru abg alay trus knp2
Gmn? :upss:

Beda konteksnya.
1. Licin krn daya gigit ban hilang, tp sebetulnya ban msh ada kontak di jalan
2. Licin karena aqua planning (ban ngambang di atas air)

Poin 1 cegahnya pakai ban bagus dan kurangi torsi
Poin 2 cegahnya jangan kenceng klo jalan basah (karena manusia gaktau di mana itu genangan air / surface tension itu berada)

Ujung2nya kan di poin 2 mau selamat, pakai ban apapun juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »



Biar memperjelas aja, kalo ngomong aquaplaning ya emang bergantungnya sama speed n pola serta kedalaman alur ban.

Untuk case kenapa mobil2 ladderframe lebih suspectible kena aquaplaning teori saya sih karena beban lebih berat sehingga momentumnya besar dan kalo sampe spin akan makin sulit bwat koreksi stir karena center of gravitynya tinggi.
Suryaputra wrote: 29 Nov 2022, 13:00
Ini bukan aqua planning... Tp itu bahas wet traction :big_biglaugh:

Ini yg bikin misleading mbahhhh dr kemarin kemarin
Dengan foto pula.

Klo ditiru abg alay trus knp2
Gmn? :upss:

Beda konteksnya.
1. Licin krn daya gigit ban hilang, tp sebetulnya ban msh ada kontak di jalan
2. Licin karena aqua planning (ban ngambang di atas air)

Poin 1 cegahnya pakai ban bagus dan kurangi torsi
Poin 2 cegahnya jangan kenceng klo jalan basah (karena manusia gaktau di mana itu genangan air / surface tension itu berada)

Ujung2nya kan di poin 2 mau selamat, pakai ban apapun juga.
Setuju mbah, nambahin dikit untuk aquaplaning ban pengaruh besar jg mbah karena kemampuan mendisperse air beda2. Kalo alur makin dalam kapasitas buang airnya makin besar (air bisa lebih banyak dibuang dari celah2 kembangan ban) hal ini pengaruh ke kecepatan brp mobil bakalan aquaplaning. Kalo alur ban sudah mulai habis pasti lebih gampang aquaplaning pada speed yg lebih rendah dibanding ban sejenis yg alurnya masih tebal.
Last edited by kendibocor on 29 Nov 2022, 13:16, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by k1493nk »

Suryaputra wrote:
b0ku wrote: 29 Nov 2022, 12:50
pengendiesel wrote: 29 Nov 2022, 12:32
Baguslah kalo anda mulai mengerti yang saya maksud dengan pure luck di page sebelumnya.

Lagian,foto pake freed,yang saya komenin foto freed,kok pembahasan anda torsinya pajero melulu.

Udah gitu penjelasan anda rawan disalah artikan orang yang baca,ntar dipikirnya selama ngegasnya diurut pelan2,mau lari 160kmh di jalan basah itu aman. Padahal ini jelas2 menghilangkan sebagian besar dari puzzle bagaimana mobil tergelincir saat hujan
ya emang sebenernya aman2x aja toh kalo FWD akan ada gejala dulu gak kayak RWD kadang bisa dari roda belakang tiba2x narik apalagi kalo torsinya gede :big_bored: kalo FWD gak bakalan bisa gini karena roda belakang gak ada tenaga dari puteran mesin makanya emang kalo saya bilang buat lawan hujan pake FWD pun lebih aman :big_bored:

kan saya cuma bilang paling bisa 150-160 kalo bannya bagus juga gpp saya kasih bukti fotonya emang bisa 160kmh pake ban kayak gitu toh gak ada yang ngomong HAJAR aja sampe 160KMH sapa tau ad yang mau upgrade bannya pake kek gini buat safety kan jadi tau kemampuan bannya daripada pasrah pake pan jelek ntar melintir kayak saya dulu pake livina padahal ban ngaruh banget mau larinya berapa juga kalo buang aernya bagus, biar cuma 40-60 juga bisa aj lsg kebuang kalo bannya jelek :big_bored:
Ini bukan aqua planning... Tp itu bahas wet traction :big_biglaugh:

Ini yg bikin misleading mbahhhh dr kemarin kemarin
Dengan foto pula.

Klo ditiru abg alay trus knp2
Gmn? :upss:

Beda konteksnya.
1. Licin krn daya gigit ban hilang, tp sebetulnya ban msh ada kontak di jalan
2. Licin karena aqua planning (ban ngambang di atas air)

Poin 1 cegahnya pakai ban bagus dan kurangi torsi
Poin 2 cegahnya jangan kenceng klo jalan basah (karena manusia gaktau di mana itu genangan air / surface tension itu berada)

Ujung2nya kan di poin 2 mau selamat, pakai ban apapun juga.
Well said mbah... Dari kemarin pingin nerangin kayak gini tapi sy ga pinter nulis.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: 29 Nov 2022, 13:08

Biar memperjelas aja, kalo ngomong aquaplaning ya emang bergantungnya sama speed n pola serta kedalaman alur ban.

Untuk case kenapa mobil2 ladderframe lebih suspectible kena aquaplaning teori saya sih karena beban lebih berat sehingga momentumnya besar dan kalo sampe spin akan makin sulit bwat koreksi stir karena center of gravitynya tinggi.
nahh ini mbah batas kecepatan aman dan maximal,
dgn kondisi ban std bawaan pabrik, menghadapi jalan basah (could be genangan air pasti akan ada). :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: 29 Nov 2022, 13:08

Biar memperjelas aja, kalo ngomong aquaplaning ya emang bergantungnya sama speed n pola serta kedalaman alur ban.

Untuk case kenapa mobil2 ladderframe lebih suspectible kena aquaplaning teori saya sih karena beban lebih berat sehingga momentumnya besar dan kalo sampe spin akan makin sulit bwat koreksi stir karena center of gravitynya tinggi.
Suryaputra wrote: 29 Nov 2022, 13:00
Ini bukan aqua planning... Tp itu bahas wet traction :big_biglaugh:

Ini yg bikin misleading mbahhhh dr kemarin kemarin
Dengan foto pula.

Klo ditiru abg alay trus knp2
Gmn? :upss:

Beda konteksnya.
1. Licin krn daya gigit ban hilang, tp sebetulnya ban msh ada kontak di jalan
2. Licin karena aqua planning (ban ngambang di atas air)

Poin 1 cegahnya pakai ban bagus dan kurangi torsi
Poin 2 cegahnya jangan kenceng klo jalan basah (karena manusia gaktau di mana itu genangan air / surface tension itu berada)

Ujung2nya kan di poin 2 mau selamat, pakai ban apapun juga.
Setuju mbah, nambahin dikit untuk aquaplaning ban pengaruh besar jg mbah karena kemampuan mendisperse air beda2. Kalo alur makin dalam kapasitas buang airnya makin besar (air bisa lebih banyak dibuang dari celah2 kembangan ban) hal ini pengaruh ke kecepatan brp mobil bakalan aquaplaning. Kalo alur ban sudah mulai habis pasti lebih gampang aquaplaning pada speed yg lebih rendah dibanding ban sejenis yg alurnya masih tebal.
jd inget jaman 90-an dulu iklan GY Eagle F1 GSD3, sampai jadi kalender mbah.

bisa misleading jg itu :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on 29 Nov 2022, 13:21, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: 29 Nov 2022, 13:18
jd inget jaman 90-an dulu iklan GY Eagle F1, sampai jadi kalender mbah.

bisa misleading jg itu :big_biglaugh:

Image
Wah ane gatau mbah iklannya gimana yak? :mky_01:
Masih SD taon 90an :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: 29 Nov 2022, 13:20
Suryaputra wrote: 29 Nov 2022, 13:18
jd inget jaman 90-an dulu iklan GY Eagle F1, sampai jadi kalender mbah.

bisa misleading jg itu :big_biglaugh:

Image
Wah ane gatau mbah iklannya gimana yak? :mky_01:
Masih SD taon 90an :big_biglaugh:
yah sama mbah, itu sy SD juga
seangkatan dong kita. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: 29 Nov 2022, 13:00
Ini bukan aqua planning... Tp itu bahas wet traction :big_biglaugh:

Ini yg bikin misleading mbahhhh dr kemarin kemarin
Dengan foto pula.

Klo ditiru abg alay trus knp2
Gmn? :upss:

Beda konteksnya.
1. Licin krn daya gigit ban hilang, tp sebetulnya ban msh ada kontak di jalan
2. Licin karena aqua planning (ban ngambang di atas air)

Poin 1 cegahnya pakai ban bagus dan kurangi torsi
Poin 2 cegahnya jangan kenceng klo jalan basah (karena manusia gaktau di mana itu genangan air / surface tension itu berada)

Ujung2nya kan di poin 2 mau selamat, pakai ban apapun juga.
Sabar mbah. Yuk kita tarik napas dalam2 sambil itung sampe 100 :big_biglaugh:

Sudah ah,saya balik nguli lagi. Malah tambah pusing berusaha menjelaskan hal simple ke beliau
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post