Page 1 of 20

Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Dec 22, 2020 18:36
by Salvanost
Fortuner aquaplaning, alasan? :big_think:


Pajero sport exceed aquaplaning
Alasannya gara2 ga ada fitur ASC


Apakah benar buat mencegah aquaplaning harus pegang setir kuat2 dan arahin lurus?

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Dec 22, 2020 18:37
by Salvanost
Mumpung udah mulai sering hujan yuk bahas aquaplaning dan cara mencegahnya

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Dec 22, 2020 18:53
by arinugroho14
saya cukup sering Jakarta - Malang via tol
Terlebih di Bulan Desember yg sering hujan. sering nya trip malam. Rekor di awal Desember yg full hujan sepanjang jalan.

mobil Innova "reborn" diesel 2018 akhir, ban ecopia standard.
sering terasa aquaplanning.

saya cukup lepas gas saja, dan pake eco mode agar lbh smooth akselerasi nya. tidak melakukan manuver kasar. saya membatasi diri max 100kmh

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Dec 22, 2020 23:55
by pengendiesel
Selain faktor ban, vsc, dll, faktor isi kepala driver jauh lebih menentukan keselamatan.

Percuma fitur bejibun kalo gak bisa membedakan nyetir kondisi kering dan hujan. Udah gitu aja :big_weee:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 0:11
by MSU
pengendiesel wrote: Tue Dec 22, 2020 23:55 Selain faktor ban, vsc, dll, faktor isi kepala driver jauh lebih menentukan keselamatan.

Percuma fitur bejibun kalo gak bisa membedakan nyetir kondisi kering dan hujan. Udah gitu aja :big_weee:
setuju om..
diesel modern enak dibuat ngebut
driver-nya yg mesti full control...ga asal bejek aja
ban masih tebel jg sy rasa percuma

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 0:17
by yanuarra
Ane pribadi ya max 80 kpj aja kalo kondisi hujan...dgn syarat konfiden yah sama kondisi ban..

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 0:18
by vipere
ternyata vsc dan abs juga gak jamin ya. atau jangan2 panik malah belokin setir mendadak ,jadi melintir.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 1:34
by adityabp
vipere wrote: Wed Dec 23, 2020 0:18 ternyata vsc dan abs juga gak jamin ya. atau jangan2 panik malah belokin setir mendadak ,jadi melintir.
Betul om.
3 aturan yg selalu saya pegang erat ketika masuk tol :
1. Kalo kena aquaplaning, cukup lepas gas. Jangan direm!
2. Kalo mobil tiba2x geser sendiri, cukup putar stir sedikit aja buat koreksi.
3. Kalo terpaksa harus hardbraking, mobil harus tetap lurus. Kalo kemudian harus banting stir, lepas/kurangi rem.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 2:23
by DOHC
Saya perna make hrv kena aquaplanning, lepas gas, setir usahain lurus, tp tetep berasa geter d setir dan blakang mobil ngesot, tp krn ban masi bagus ga ampe lebay efek nya, padahal itu lg lari 80an dan ga kliatan ad genangan aer

Perna lg skali bawa ge8, kena akua jg, gejala sama, setir geter2 dan berasa depan mobil mau ngeloyor, injek rem sikit, mobil lgs muter ampir 180 derajat d tengah tol yg ckup rame, puji tuhan masi diberi umur hari itu, bisa2 nya d blakang saya ntuh mobil2 pd ngerem tepat waktu dan ga terjadi karambol, padahal lari ga tralu cepet, tp ban kayanya ud ga bagus, plus si GE8 saya itu type trondol, ga ad abs ebd apapun itu

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 2:40
by akhmadfakhrurrozi
Dalam 5 bulan terakhir, langganan tiap 2 minggu sekali PP Bintaro (Toll Veteran) - Surabaya (Toll Roomokalisari) pakai Avanza 2016 MT, ban Dunlop SP Touring. 2 bulan belakangan sering full hujan dari Surabaya maupun Bintaro.
Selalu dijaga mentok di max 120 kpj karena ngeri aja meski belum ada gejala aquaplanning.
Diakui ban cukup gigit aspal/cor-coran meski kondisi jalan banyak genangan meski agak berisik (dengan peredaman ala-ala Avanza).

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 2:45
by tesna
mau secanggih apapun mobilnya (fitur vsc, tc, abs dkk) , sebagus apapun bannya, you cant beat physics. jaga kecepatan ketika cuaca buruk!

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 2:50
by Omnibus
sy awal dec kemarin di tol trans jawa jalur A sepanjang hari hujan deras. ada zona sebelum semarang kira2 km 280 s/d 380 genangan airnya parah dan banyak. agar hati2 dan max safe speed ketika hujan 70 kph.

active safety system boleh2 aja tp jangan jg kita over-reliant sehingga menomorduakan common sense, imho.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 3:08
by mr_mytplx
Saya pernah baca artikel kl VSC tidak mencegah aquaplaning. VSC hanya akan membantu ketika ban sudah mendapaktan traksi lg. CMIIW.

IMO sih ini karena terlalu ngebut saat hujan.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 3:14
by Suryaputra
tesna wrote: Wed Dec 23, 2020 2:45 mau secanggih apapun mobilnya (fitur vsc, tc, abs dkk) , sebagus apapun bannya, you cant beat physics. jaga kecepatan ketika cuaca buruk!
bener om.. fitur kontrol stabilitas gtu efektif jika jalan kering atau jalan basah biasa.
klo dah ngambang ban nya kena genangan air, ecu nya jg bingung :big_peace:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 3:26
by adriangaut
Ngalamin nyetir hujan deras di jalan tol
Sekali pakai ban gt radial champiro eco, genangan aquaplanning, untungnya lepas gas dan berdoa mobilnya tidak hilang kendali
2020 nyetir di jalan tol mobil sama, ban ganti continental comfortcontact 6, tidak aquaplanning

Kecepatan tidak lebih dari 70km/h, mobil sama” 300E th 1988, tidak ada vsc, tc, safety system cuma abs

Faktor ban juga pengaruh guys, pakelah ban yang bagusan...

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 3:27
by lamatlancah
jaga jarak.
percuma lari hanya 60km/h juga kalau jarak dengan mobil depannya mepet (seperti umumnya mayoritas pengendara sotoy di negara ini).

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 3:56
by b0ku
dakkar gw aja cuma lari 20 ke 40 lagi akselerasi tiba2x nemu genangan aer agak dalem bisa lsg gejala untung gw sering maen2x aer waktu pake freed jd tau musti ngapain lepas aja gasnya :big_bored: :big_bored:

apalagi pas ujan gede di jagorawi gak berani lari diatas 40 mau ke 80 aja ud berasa gejalanya dan ban suv yang bagus buat buang aer jarang banget gak sengampang mobil sedan :big_bored:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 4:05
by scorpionz
b0ku wrote:dakkar gw aja cuma lari 20 ke 40 lagi akselerasi tiba2x nemu genangan aer agak dalem bisa lsg gejala untung gw sering maen2x aer waktu pake freed jd tau musti ngapain lepas aja gasnya :big_bored: :big_bored:

apalagi pas ujan gede di jagorawi gak berani lari diatas 40 mau ke 80 aja ud berasa gejalanya dan ban suv yang bagus buat buang aer jarang banget gak sengampang mobil sedan :big_bored:
Setuju nih om.

Kalau udah ujan sebaiknya jaga kecepatan.

Saya aja kalau udah ujan jarang mau lewat dari 60.

Jalanan basah ngeri. Kita ga pernah tau ada apa. Soalnya semuanya terjadi dengan cepat.

Rata2 sih paling 40. Kalau udah ujan gede banget aja segitu udah berasa kencang. Selain visibilitas minim, jalanan nya juga jadi risky utk kecepatan tinggi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 5:47
by rakyatwkwkland
Kl ga salah ane pernah baca di mana gitu, ada yg bilang kl esc sebenarnya ga guna buat mencegah aquaplanning. Kl dah aquaplanning, mau ada ga ada esc ga ngaruh karena yg namanya aquaplanning ban itu udah kehilangan grip, meanwhile esc kan bermainnya lewat sistem pengereman dan abs. Kalo ga salah bilangnya begitu yaaa (CMIIW)

Kalo mobil tinggi sendiri macam passport dan fortun sih emang secara logika dan hukum fisika ya emang harusnya lebih gampang aquaplanning yah soalnya faktor kurang stabilnya ladder sendiri ditambah lagi gc tinggi. Jd ya emang harusnya potensi aquaplanning lebih besar dibandingkan let say sedan, hatchback, atau bahkan dibanding SUV monokok msh stabilan monokok. Faktor lain juga ban harusnya pengaruh. Ban kelas sultan dgn ban 3M (murah meriah mencret) macam ban eco2 dan ena2 ya jangan dibandingkan, harga beda grip juga beda...

Kl nubie sendiri sih salah satu tips menghindari aquaplanning sih, YA KALO ADA GENANGAN AIR YA LEPAS GAS LAHHH, jangan malah pedal to carpet. :big_slap: Plus kalo ujan ya tahu diri lah ga perlu ngebut2, paling max kecepatan sekitar 70-80 sesuaikan kondisi mobil.

Lebih baik lambat sekitar setengah jam sampai kat tujuan daripada tak boleh sampai bilamanapun... :big_grin:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 11:18
by whitehorse4
suka ga kerasa soalnya, reborn diesel itu hujan hajar 140 juga masih "rasanya" ok ok aja padahal salah dikit bisa guling

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 12:23
by Clonz
Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 12:23
by Shonen
Klo kena aqua planning mah pake vsc kek asc kek ga ngaruh...mo ferrari jg secanggih canggihnya klo kena jg muter tu mobil...masalahnya tapak bannya di bawahnya air ga bsa gigit jalanan...kalo semua rely sama tech secanggih canggihnya manusia yg bikin kecelakaan bakal ttp ada intinya kecepatan di jaga kalo menghindari ya susah krn ujan pandangan ke depan agak berkurang krn gelap...dulu jg perna kena aqua planning utg ga panik krn setir langsung cpt bebelok arah macem dipaksa...

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 12:41
by faridrach
Saya pemakai fortuner VNT (ban standar BS dueller) dan innova reborn diesel (ban Dunlop LM705).

Di jalan tol kondisi hujan memang fortuner lebih tdk enak dikendarai, seakan2 sangat kurang cengkraman dan terasa lbh mudah oleng. Selain karena ban, sepertinya memang karena efek SUV centre of gravity lbh tinggi. Pakai innova di tol dan hujan terasa lebih stabil dan menenangkan.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 12:56
by P47hos
adityabp wrote: Wed Dec 23, 2020 1:34
vipere wrote: Wed Dec 23, 2020 0:18 ternyata vsc dan abs juga gak jamin ya. atau jangan2 panik malah belokin setir mendadak ,jadi melintir.
Betul om.
3 aturan yg selalu saya pegang erat ketika masuk tol :
1. Kalo kena aquaplaning, cukup lepas gas. Jangan direm!
2. Kalo mobil tiba2x geser sendiri, cukup putar stir sedikit aja buat koreksi.
3. Kalo terpaksa harus hardbraking, mobil harus tetap lurus. Kalo kemudian harus banting stir, lepas/kurangi rem.
Percaya lah.. reflek macam ini harus sering dilatih dan dialami baru bisa keluar di saat dibutuhkan.. klo driver2 standar tau bejek aja mah pasti refleknya begitu selip lgs injak rem. Pengalaman saya aquaplaning bawa Avanza gen 1 standar semua tol JKT Karawaci lari 100, bersyukur Tuhan masih sayang sama saya, karena biasa bawa motor yg lebih gampang selip, begitu mengalami kejadian tsb reflek pertama lepas gas tahan stir lgs lurus kembali. Semenjak itu sampai skrg klo hujan deras ga berani bawa mobil lebih dr 80 kpj

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Dec 23, 2020 13:08
by Clonz
faridrach wrote:Saya pemakai fortuner VNT (ban standar BS dueller) dan innova reborn diesel (ban Dunlop LM705).

Di jalan tol kondisi hujan memang fortuner lebih tdk enak dikendarai, seakan2 sangat kurang cengkraman dan terasa lbh mudah oleng. Selain karena ban, sepertinya memang karena efek SUV centre of gravity lbh tinggi. Pakai innova di tol dan hujan terasa lebih stabil dan menenangkan.
Sekalian numpang tanya gimana impresinya lm705 di hujan2 om? Grip masih bagus? Dibanding saudara terdekatnya si enasave gimana ?