Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 21 Jun 2020, 04:28

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by faridrach »

Clonz wrote: 23 Dec 2020, 20:08
faridrach wrote:Saya pemakai fortuner VNT (ban standar BS dueller) dan innova reborn diesel (ban Dunlop LM705).

Di jalan tol kondisi hujan memang fortuner lebih tdk enak dikendarai, seakan2 sangat kurang cengkraman dan terasa lbh mudah oleng. Selain karena ban, sepertinya memang karena efek SUV centre of gravity lbh tinggi. Pakai innova di tol dan hujan terasa lebih stabil dan menenangkan.
Sekalian numpang tanya gimana impresinya lm705 di hujan2 om? Grip masih bagus? Dibanding saudara terdekatnya si enasave gimana ?
Menurut saya LM705 di kondisi hujan termasuk kategori "lumayan", cukup terasa penurunannya dibanding kondisi kering, tapi ya masih sangat acceptable.

Dibanding enasave saya kurang tahu om krn blm pernah pakai. kalo dibanding BS Ecopia tentu saja bagai bumi dan langit, pokoknya pakai ecopia apa2 jadi terasa ngaco, suspensi jd terasa ngaco, handling ngaco. Ecopia juga aneh, berkali2 ban makan sebelah, dispooring berkali2 jg tetep makan sebelah, begitu pakai LM705 dah hampir jalan 15.000 KM tdk ada gejala makan sebelah.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kunaskun »

kalau di Indonesia mestinya cek SIM dulu, ngambil dimana, di tukang potokopi seberang kelurahan, atau di tukang potokopi seberang SAMSAT :ungg:

tapi di lapangan, pasti yg disalahin kendaraan, atau jalannya atau makhluk dunia lain :big_chicken:

padahal menurut who:
https://www.who.int/news-room/fact-shee ... 0by%202020.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Duvebriliant0 »

sy make reborn ban masih enasave maks 80an kmh, sering geal geol ga jelas kalo lebih dari itu
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

kunaskun wrote: 23 Dec 2020, 20:27 kalau di Indonesia mestinya cek SIM dulu, ngambil dimana, di tukang potokopi seberang kelurahan, atau di tukang potokopi seberang SAMSAT :ungg:

tapi di lapangan, pasti yg disalahin kendaraan, atau jalannya atau makhluk dunia lain :big_chicken:

padahal menurut who:
https://www.who.int/news-room/fact-shee ... 0by%202020.
Menarik banget ini wkwkwkwk
More than 90% of road traffic deaths occur in low- and middle-income countries. Road traffic injury death rates are highest in the African region. Even within high-income countries, people from lower socioeconomic backgrounds are more likely to be involved in road traffic crashes.

Orang kaya mikir resikonya gak worth it, jadinya lebih hati2 dalam berkendara, cmiiw
nb25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Aug 2018, 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Polo TSI

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by nb25 »

Pernah kena aquaplaning di tol, kecepatan 80kpj, genangan ternyata cukup dalam gak terlalu terlihat sebelumnya.
Gak sadar kalau aquaplaning sampai muterin setir cukup banyak gak belok-belok. Terus sadar ban udah ngelayang di atas genangan, setir dilurusin, gas lepas, mobil udah terus meleng ke arah pembatas jalan. Untungnya pas udah agak masuk bahu jalan langsung napak lagi bannya. Semenjak itu ngeri bawa kenceng kalau hujan besar :ungg:

Kalau udah aquaplaning kayaknya semua sistem safety gak ada pengaruh ya, soalnya bannya juga sudah gak napak ke aspal lagi. Jadi ya bener harus lurusin setir dan pegang yang kuat, kalau-kalau balik lagi traksinya biar gak ngebanting kemudi mobilnya.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Clonz »

faridrach wrote:
Clonz wrote: 23 Dec 2020, 20:08
faridrach wrote:Saya pemakai fortuner VNT (ban standar BS dueller) dan innova reborn diesel (ban Dunlop LM705).

Di jalan tol kondisi hujan memang fortuner lebih tdk enak dikendarai, seakan2 sangat kurang cengkraman dan terasa lbh mudah oleng. Selain karena ban, sepertinya memang karena efek SUV centre of gravity lbh tinggi. Pakai innova di tol dan hujan terasa lebih stabil dan menenangkan.
Sekalian numpang tanya gimana impresinya lm705 di hujan2 om? Grip masih bagus? Dibanding saudara terdekatnya si enasave gimana ?
Menurut saya LM705 di kondisi hujan termasuk kategori "lumayan", cukup terasa penurunannya dibanding kondisi kering, tapi ya masih sangat acceptable.

Dibanding enasave saya kurang tahu om krn blm pernah pakai. kalo dibanding BS Ecopia tentu saja bagai bumi dan langit, pokoknya pakai ecopia apa2 jadi terasa ngaco, suspensi jd terasa ngaco, handling ngaco. Ecopia juga aneh, berkali2 ban makan sebelah, dispooring berkali2 jg tetep makan sebelah, begitu pakai LM705 dah hampir jalan 15.000 KM tdk ada gejala makan sebelah.
Terima kasih infonya om. Berarti worthed banget di harganya itu ya om.

Enasave ama ecopia kayknya serumpun om. Yg om nya ceritain jg terjadi di saya haha.

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: 23 Dec 2020, 21:17 Menarik banget ini wkwkwkwk
More than 90% of road traffic deaths occur in low- and middle-income countries. Road traffic injury death rates are highest in the African region. Even within high-income countries, people from lower socioeconomic backgrounds are more likely to be involved in road traffic crashes.

Orang kaya mikir resikonya gak worth it, jadinya lebih hati2 dalam berkendara, cmiiw
ya karena bisa jadi orang from higher socioeconomics mikirin sudah ke hal lain yg lebih produktif jadi lebih berhati2. misal buang2 waktu untuk urusin kendaraan, asuransi, dll :big_biglaugh: .
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pernahmiskin »

Padahal sedari kita kecil sudah di ajari/di ingatin emak/bapak kita masing2..

Pas kita main air(Hujan)awas nak hati2 kepleset !!

Jd baiknya kalau hujan (jalan basah )lebih hati2 dan jaga kecepatan biar ga kepleset (Aquaplanning)

Mobil apapun yg saya naiki kalau kondisi saat itu hujan sy jalan ga lebih 80kpj.

Dan tiap kali melihat genangan air, usahakan untuk lepas gas..

Btw izin tanya ban pesawat apakah ada kelas eco/ena ?
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by walid_007 »

Klo mobilnya quattroato ada pengalaman? Ato 4wd kek dari x drive 4 matic?
Mungkin better
engine roaring!
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by thestoneroses »

adriangaut wrote: 23 Dec 2020, 10:26 Ngalamin nyetir hujan deras di jalan tol
Sekali pakai ban gt radial champiro eco, genangan aquaplanning, untungnya lepas gas dan berdoa mobilnya tidak hilang kendali
2020 nyetir di jalan tol mobil sama, ban ganti continental comfortcontact 6, tidak aquaplanning

Kecepatan tidak lebih dari 70km/h, mobil sama” 300E th 1988, tidak ada vsc, tc, safety system cuma abs

Faktor ban juga pengaruh guys, pakelah ban yang bagusan...
Dulu pakai toyo proxis sering goyang kalau hujan deras, ganti michelin primacy sejak 2016 kesini aman2 aja.
Pakai S320, sama2 m104 kayak oom, safety features kayaknya ngga ada lah yah mobil tua.

Mesti lebih cermat pilih ban kalau bawa rwd
Ron Asheton Forever
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by KielConstantine »

thestoneroses wrote: 24 Dec 2020, 08:45
adriangaut wrote: 23 Dec 2020, 10:26 Ngalamin nyetir hujan deras di jalan tol
Sekali pakai ban gt radial champiro eco, genangan aquaplanning, untungnya lepas gas dan berdoa mobilnya tidak hilang kendali
2020 nyetir di jalan tol mobil sama, ban ganti continental comfortcontact 6, tidak aquaplanning

Kecepatan tidak lebih dari 70km/h, mobil sama” 300E th 1988, tidak ada vsc, tc, safety system cuma abs

Faktor ban juga pengaruh guys, pakelah ban yang bagusan...
Dulu pakai toyo proxis sering goyang kalau hujan deras, ganti michelin primacy sejak 2016 kesini aman2 aja.
Pakai S320, sama2 m104 kayak oom, safety features kayaknya ngga ada lah yah mobil tua.

Mesti lebih cermat pilih ban kalau bawa rwd
Yup setuju banget.

Kijang ane skarang pake Michelin Primacy 4 . Spek 225/55/R17 . Lari di toll sekitar 120 km/h hujan deras . Masih ngegrip, pindah2 jalur jg masih oke. Tetep ga berani nekat sih, drive safe aja .
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 23 Dec 2020, 19:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 10 May 2017, 23:00

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by scorpionz »

erwinign wrote:
Clonz wrote: 23 Dec 2020, 19:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kebanyakan yg kyk gini ga ngerti kondisi mobil atau tidak mau belajar lebih dalam tentang kendaraan dan safety nya om.

Taunya cuma bawa doang. Tapi hal2 kecil yg fatal tidak diperhatikan. [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

aquaplanning ibarat kata udah kartu mati buat mobil. satu roda aja bisa terselamatkan... empat empatnya ya berserah pada yang kuasa dengan berusaha mengurangi kecepatan. Ibarat kata ini ngerem salah ngegas malah makin parah...

VSC atau ABS atau AWD sekalipun nyaris tidak ada gunanya kalo empat empatnya aquaplanning...

satu satunya cara ya dicegah sebisa mungkin... tidak ngebut waktu hujan itu satu soal, tapi milih ban yang wet gripnya bagus juga soal lain... percuma gak ngebut kalo 40 km/h saja sudah kemana-mana waktu hujan.

rear wheel drive apalagi, di tangan yang tidak profesional + aquaplanning blom mobilnya tidak balance seperti truck di contoh (fortuner dan pajero) ya gak nabrak pembatas jalan udah bagus banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by DOHC »

erwinign wrote: 24 Dec 2020, 10:20 [, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Masala nya,

D jakarta bisa keitung jari brapa spbu yg masi berfungsi pompa angin nya om

Kcuali yg swasta punya, tp kl pertamina punya mah rata2 ud rusak, ilang, ga berfungsi dsb
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Clonz »

erwinign wrote:
Clonz wrote: 23 Dec 2020, 19:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by DOHC »

Clonz wrote: 24 Dec 2020, 12:13
erwinign wrote:
Clonz wrote: 23 Dec 2020, 19:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
Untunglah ribon ud insap

Skrg dikasi gt champ luxe

Ini ban kere hore tp at least jauhhhhhhhhhhh lebi proper drpd si enash1t atau ekopeyang yg hobi meletus
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

DOHC wrote: 23 Dec 2020, 09:23 Saya perna make hrv kena aquaplanning, lepas gas, setir usahain lurus, tp tetep berasa geter d setir dan blakang mobil ngesot, tp krn ban masi bagus ga ampe lebay efek nya, padahal itu lg lari 80an dan ga kliatan ad genangan aer

Perna lg skali bawa ge8, kena akua jg, gejala sama, setir geter2 dan berasa depan mobil mau ngeloyor, injek rem sikit, mobil lgs muter ampir 180 derajat d tengah tol yg ckup rame, puji tuhan masi diberi umur hari itu, bisa2 nya d blakang saya ntuh mobil2 pd ngerem tepat waktu dan ga terjadi karambol, padahal lari ga tralu cepet, tp ban kayanya ud ga bagus, plus si GE8 saya itu type trondol, ga ad abs ebd apapun itu

mbah, kalo itu hrv ama ge8 beratnya 15 ton pasti susah akuaplening.
kecuali emang sengaja dicemplungin ke kali.





:ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 24 Dec 2020, 12:13
erwinign wrote:
Clonz wrote: 23 Dec 2020, 19:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
Kalo bicaranya jaman sampe th 2007 sih saya berani ambil ban OEM bawaan om. Contoh potenza 60 di sedan2 90an, potenza RE711, potenza RE080 yaris/swift, dueler2 buat jaman now masih cukup oke sampe hari ini. Yang cilaka lagi ya CX9 kalo apes dapet EKOPIA HL422 om, kemarin saya ke toko ban tambah nitrogen liat CX9 AWD gress pake itu ban :big_biglaugh:

Memang om, even beberapa orang yang melek mobil pun ya ga semua melek ban kok. Saya pernah debat sama tmn saya soal merk ban, dia bilang (dan kebanyakan orang) kalo EKOPIA ato enasep masih oke dipasang di avansa, nah trs ngelesnya nih plg kesel "yg penting gelinding" dan sebut merk. Seumur2 saya paling ga suka sama ban ya eco2 ini sama yg merknya lokal2an yg dibuat OEM, contoh champ eco, champ BXT dan EKOPIA di innova baru. Pake champ eco di ertiga jalan di tol 100 aja udah goyang2 mau terbang. Pake champ BXT di yaris bakpao juga stir jadi speleng, licin banget sama sering spooring. Pake ecopia di innova baru juga ngayun banget sama kl nyalip kaya kapal keombang ambing. Ban terbusuk yg saya coba ya achilles platinum itu om, aneh rasanya :big_biglaugh: dimana orang2 byk ambil nih ban krn murah. Orang2 toko ban aja kalo nanganin spooring innova baru itu sampe cerita ke saya kalo susah banget di spooring tuh mobil, slh satunya faktor ban ini.

Misal kaya innova yg R16, minimal pake ban bukan eco2 aja udah terima kasih banyak saya om :big_biglaugh: Coba keluarin BS B390 205 65 16 ato kasih aja turanza t005a yang harganya beda sedikit sama ecopia sih udah proper banget itu. Sekarang kalo saya ditanya ban pun, saya pasti jawab bridgestone buat ngadepin jalanan indonesia. Termurah pun baru berani misalnya falken sincera. Baru kl size ngga ada di BS bisa cari yg lain, walaupun kemungkinan dapet yang merk2 itu wkwkwk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by DOHC »

marmut wrote: 24 Dec 2020, 12:29
DOHC wrote: 23 Dec 2020, 09:23 Saya perna make hrv kena aquaplanning, lepas gas, setir usahain lurus, tp tetep berasa geter d setir dan blakang mobil ngesot, tp krn ban masi bagus ga ampe lebay efek nya, padahal itu lg lari 80an dan ga kliatan ad genangan aer

Perna lg skali bawa ge8, kena akua jg, gejala sama, setir geter2 dan berasa depan mobil mau ngeloyor, injek rem sikit, mobil lgs muter ampir 180 derajat d tengah tol yg ckup rame, puji tuhan masi diberi umur hari itu, bisa2 nya d blakang saya ntuh mobil2 pd ngerem tepat waktu dan ga terjadi karambol, padahal lari ga tralu cepet, tp ban kayanya ud ga bagus, plus si GE8 saya itu type trondol, ga ad abs ebd apapun itu

mbah, kalo itu hrv ama ge8 beratnya 15 ton pasti susah akuaplening.
kecuali emang sengaja dicemplungin ke kali.

:ngacir:
Kayanya faktor ban jg ngaruh mbah

Si hrv ta kasi ban uhp

Kl si ge8 waktu itu masi make bawaan punya yg dunlop sp31, itu jg kayanya ud stenga abis

Makanya si hrv masi bsa ta koreksi, tp kl si ge8, itu ilahi yg koreksi in
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

yg namanya aquaplanning ibarat jalan di atas es.
ban udah engga nempel di aspal, tapi nempelnya di atas air yg menggenang.

yg bikin tol juga harus mikirin gimana caranya supaya air cepet terbuang engga ada genangan air, terutama ketika hujan deras. tapi hal tsb pun tdk mudah di real world. mungkin saja pembuangan airnya mampet karena daun2an / sampah2 dll.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

DOHC wrote: 24 Dec 2020, 12:35
Kayanya faktor ban jg ngaruh mbah

Si hrv ta kasi ban uhp

Kl si ge8 waktu itu masi make bawaan punya yg dunlop sp31, itu jg kayanya ud stenga abis

Makanya si hrv masi bsa ta koreksi, tp kl si ge8, itu ilahi yg koreksi in

itu karena bahan body dan chassis keduanya masih logam dari bumi.
coba misalken bahannya leburan dari pecahan meteor atau seperti yang dipakai autobots dan decepticons, pasti ga bakal akuaplening.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by sintoni »

DOHC wrote: 24 Dec 2020, 12:16
Untunglah ribon ud insap

Skrg dikasi gt champ luxe

Ini ban kere hore tp at least jauhhhhhhhhhhh lebi proper drpd si enash1t atau ekopeyang yg hobi meletus
Penturer dapat Turanza mbah, tapi ane lupa tipe apa, kalau ga salah si ER33. Hahaha.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by DOHC »

sintoni wrote: 24 Dec 2020, 13:43
DOHC wrote: 24 Dec 2020, 12:16
Untunglah ribon ud insap

Skrg dikasi gt champ luxe

Ini ban kere hore tp at least jauhhhhhhhhhhh lebi proper drpd si enash1t atau ekopeyang yg hobi meletus
Penturer dapat Turanza mbah, tapi ane lupa tipe apa, kalau ga salah si ER33. Hahaha.
Kl sekelas pentulel dikasi gt champ, itu namanya petinggi TAM ngajak ribut mbah :upss:

[
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

erwinign wrote: 24 Dec 2020, 12:30
Clonz wrote: 24 Dec 2020, 12:13 Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
Kalo bicaranya jaman sampe th 2007 sih saya berani ambil ban OEM bawaan om. Contoh potenza 60 di sedan2 90an, potenza RE711, potenza RE080 yaris/swift, dueler2 buat jaman now masih cukup oke sampe hari ini. Yang cilaka lagi ya CX9 kalo apes dapet EKOPIA HL422 om, kemarin saya ke toko ban tambah nitrogen liat CX9 AWD gress pake itu ban :big_biglaugh:

Memang om, even beberapa orang yang melek mobil pun ya ga semua melek ban kok. Saya pernah debat sama tmn saya soal merk ban, dia bilang (dan kebanyakan orang) kalo EKOPIA ato enasep masih oke dipasang di avansa, nah trs ngelesnya nih plg kesel "yg penting gelinding" dan sebut merk. Seumur2 saya paling ga suka sama ban ya eco2 ini sama yg merknya lokal2an yg dibuat OEM, contoh champ eco, champ BXT dan EKOPIA di innova baru. Pake champ eco di ertiga jalan di tol 100 aja udah goyang2 mau terbang. Pake champ BXT di yaris bakpao juga stir jadi speleng, licin banget sama sering spooring. Pake ecopia di innova baru juga ngayun banget sama kl nyalip kaya kapal keombang ambing. Ban terbusuk yg saya coba ya achilles platinum itu om, aneh rasanya :big_biglaugh: dimana orang2 byk ambil nih ban krn murah. Orang2 toko ban aja kalo nanganin spooring innova baru itu sampe cerita ke saya kalo susah banget di spooring tuh mobil, slh satunya faktor ban ini.

Misal kaya innova yg R16, minimal pake ban bukan eco2 aja udah terima kasih banyak saya om :big_biglaugh: Coba keluarin BS B390 205 65 16 ato kasih aja turanza t005a yang harganya beda sedikit sama ecopia sih udah proper banget itu. Sekarang kalo saya ditanya ban pun, saya pasti jawab bridgestone buat ngadepin jalanan indonesia. Termurah pun baru berani misalnya falken sincera. Baru kl size ngga ada di BS bisa cari yg lain, walaupun kemungkinan dapet yang merk2 itu wkwkwk
yahh kalau dari sisi manufacturer ngasi OE tyres mahal mahal untuk lini non performance itu agak berasa percuma... customernya ngga peduli dengan itu. lebih peduli dengan : kabin gede, mesin irit, model, dan features.

ban juga tetep aja bentuknya karet bunder... klo orang gak perhatiin bener ya gak bakal ngeh itu ban bagus apa enggak. pdhl klo buat saya ada beberapa ban yang punya profil sidewall yang bikin lebih berkarakter dan motif alur serta pinggiran juga kadang bikin looks mobil keliatan lebih gagah :mky_01:

dan karena ban itu less of a concern akhirnya jadi bagian paling terkompromi : kalau ada yang murah ngapain pasang yang mahal... klo OE manufacturer kan pasti dapet harga beda dgn kita beli lepasan jg...

bayangin ecocars macem brio RS baru itu mungkin yang bikin harganya jd mahal itu ya ban potenza nya wkwkwkkwkw lah ahond cuma kasih potenza ke brio RS... sedangkan enasep dkk doi bisa beli buat mobilio BRV juga khan harga per pcsnya pasti bisa ditekan lebih lagi :ungg:

dan karena high demand ke seri OE ini akhirnya dari sisi pabrik ban? ya produksi model ini smakin banyak, jadi ban paling banyak di pasaran... akhirnya muncul problem lain : scarcity untuk model tidak populer. di semarang cari toko ban yang ready ban aneh-aneh itu susah... kalopun ada jg hari ini nanya besok abis. BS seri potenza series jg tidak semua toko model BS ready... jangan sebut merek macem conti/michelin/dll jelas semakin susah wwkkwkwkwkw

bahkan ntu haerpi skrg udah ga pake spsportmaxx050 bbrp pake turanza ER33... :ungg:

terus kadang ban itu saking jarang diperhatiin orang... kalo ada masalah di kaki kaki atau tarikan mobil langsung suspek ke mekanikal : mesin atau suspension... padahal kadang ya tarikan lemes krn kurang angin doang atau bunyi2 yang ternyata setelah diliat bannya uda nyaris tak beralur... di ganti ban langsung slesai masalah :big_biglaugh:

atau sbaliknya smua ban dipukul rata, melintir atau licin bilangnya nyetir ugal ugalan atau bannya udah ga bagus pdhl ada ban yang dari orok juga wet gripnya sampah... wkwkkwkwkw

ya sama lah ban ama oli orang maunya pake yg murah meriah muntah... giliran mobil ada masalah itu bagian paling terakhir di suspek... mesin ada bunyi aneh aja kadang slesai dengan oli spek lebih tinggi khan... oli jg orang ga ngeh bedanya 5W30 grade keraton ama kasta sudra... hajar aja pokoke 5W30 label di botol sama pasti barangnya sama.
DOHC wrote: 24 Dec 2020, 12:16

Untunglah ribon ud insap

Skrg dikasi gt champ luxe

Ini ban kere hore tp at least jauhhhhhhhhhhh lebi proper drpd si enash1t atau ekopeyang yg hobi meletus
gegara ente bilang ini mbah... td ada ketemu inofa ribon baru tipe biasa bukan pentulel...

baru nyadar jg... ane iseng peratiin karet bundernya udah ga kliatan kurang angin macem yang lama...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post