Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bensinsolar »

mr_mytplx wrote: Thu Jan 07, 2021 3:09 Ternyata kecelakaan truk box itu setelah kecelakaan mobil artis. Jadi mobil artis bukan di belakang truk box seperti dugaan saya sebelumnya. Berita lengkapnya :

https://regional.kompas.com/read/2021/0 ... tol?page=2
Iya benar Om, seperti difull video yg saya posting kemarin, pada detik 20-22 ud kecelakaan & mobil pajero sport paling depan ngerem kepo bwt nonton/ngeliat :big_dunno:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

chaprizone wrote: Wed Jan 06, 2021 11:09 ada fotonya gk Om ban sebelum diganti? bisa gk getas karetnya disimpen gimana itu Om? :mky_02:

blm lama ada orang share pake ban umur 8 tahun pecah ban di tol
Nih Om, foto yg diminta. Ban msh nempel di mobil sebagai ban cadangan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Osc wrote: Wed Jan 06, 2021 15:40 Forum bebas coy, kasian yg baca kalau ngikutin cara anda sampai brani blg pajero dan alphard bobot sama dikasih ukuran ban yg sama ga masalah..
Disini banyak yg antusias sama cara anda merawat ban sampai umur 12 Tahun.. bisa dipertanggung jawabkan gak tuh.. kalau ada nyawa melayang krn ngikutin cara ente nanggung dosa :big_dunno: saya akan kalap untuk melawan pembodohan publik :big_weee:
Gini aja coy, ente gak perlu bicara pembodohan publik segala, ban yg lama msh disimpan. Ente beli aja biar puas, uji teknis aja sekalian ntar hasilnya diumumin di sini. Tapi ane kagak jual murah & ketengan lho bannya, harus ente beli semua
5 ban luar BS Dueler HT 840 265/65r17 made in Japan produksi 4509
5 ban luar Dlp Grantrek ST30 225/65r17 produksi 2208
Semua ban bawaan unit, ongkir ente yg bayar.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
Osc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Fri Mar 04, 2016 15:57

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Osc »

smgandi wrote: Thu Jan 07, 2021 5:29
Osc wrote: Wed Jan 06, 2021 15:40 Forum bebas coy, kasian yg baca kalau ngikutin cara anda sampai brani blg pajero dan alphard bobot sama dikasih ukuran ban yg sama ga masalah..
Disini banyak yg antusias sama cara anda merawat ban sampai umur 12 Tahun.. bisa dipertanggung jawabkan gak tuh.. kalau ada nyawa melayang krn ngikutin cara ente nanggung dosa :big_dunno: saya akan kalap untuk melawan pembodohan publik :big_weee:
Gini aja coy, ente gak perlu bicara pembodohan publik segala, ban yg lama msh disimpan. Ente beli aja biar puas, uji teknis aja sekalian ntar hasilnya diumumin di sini. Tapi ane kagak jual murah & ketengan lho bannya, harus ente beli semua
5 ban luar BS Dueler HT 840 265/65r17 made in Japan produksi 4509
5 ban luar Dlp Grantrek ST30 225/65r17 produksi 2208
Semua ban bawaan unit, ongkir ente yg bayar.
Sorry coy saya pakai continental MC6 buat mobil2 saya.. ban ga sesuai spek dan kadaluarsa buat saya bunuh diri :big_peace: dan yg pasti ukurannya sesuai spek mobilnya dg Stock Rim nya.. ga main cungkring2in biar ga aquaplanning :weekk: https://www.gridoto.com/amp/read/222115 ... aya?page=2 monggo dibaca baik2 😁
https://www.google.co.id/amp/s/amp.komp ... .Ban.Mobil monggo yg ini juga dibaca.. kita ga bicara merk ban eco2an atau apa yg kita bahas mengecilkan ukuran Ban bakal lebih enak dari bawaan standar yg jadi masalah.
Osc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Fri Mar 04, 2016 15:57

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Osc »

ChZ wrote: Thu Jan 07, 2021 2:20
DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:27
sdikit banyak jg ad salah fabrikan mods

skrg tuh duo gajah aj dikasi power gede2an.. girbok ud ampe 8 spit sgala, yah siapa jg jd yg ga kepancing liat jalanan lurus kosong

saya bulan lalu 2 kl transjawabahn jg ud ga keitung brapa kl ngeliat duo gajah salip sana sini, dr yg sopan pake sein, ampe norak kampungan maen teet teet tettt tuit tuitt .. termasuk jg ckup banyak inofa2 baru pecicilan kaya si duo gajah

malah uniknya, raja jalanan apanja, raja taksol calsig.. itu rata2 sopan2 loh.. entah kehabisan napas atau emg cocok aj utk transjawabahn
makanya mending kasih mesin imut2 cenggo sese turbo cvt... diem diem menghanyutkan ga menggoda buat ngebut :big_comfort: coba ntu di +62 cuma jual duo gajah mesin bensin yahh mungkin pada sopan sopan :big_biglaugh: nginjek takut bengsin boros, dibejeg jg tenaga pas pasan :big_biglaugh:

klo raja taksol ama lmpv sehh emang simply kehabisan nafas aj :big_biglaugh: tp ni dua spesies paling nyebelin di perkotaan langganan jadi lanehogger pada nyetir sambil liatin gps.
Osc wrote: Wed Jan 06, 2021 13:41
smgandi wrote: Wed Jan 06, 2021 9:33
Hah, masa sih mobil tinggi=lebih rawan terguling? Sdh factory std ini, sdh lewat uji teknis. :big_smoking:
Nih gw kasih tau ya kalau mau Pajero agak rigid stabil (tapi ga bisa kayak sedan) ga mudah keguling bukan diganti ban cungkring trus Ground Clearance turun kayak teori Loe, Caranya :
1. Ganti ban berkualitas di atas ban bawaan std
2. Ganti shockbreaker/per berkualitas di atas bawaan std (Coilover kalau mau pgn bisa di adjust ketinggian dan keras empuknya)
3. Pasang balance arm, underbrace..etc
Yg terakhir ganti velg Naik 2inch boleh tapi sekali lagi ban wajib berkualitas di atas bawaan std.. sudah paham?? Kalau belum japri aje 😆
Dan terakhir saya gak pernah bilang pajero Factory std ga mudah keguling justru pajero fortuner ga direkomendasikan dibawa speed tinggi. Yg mau saya katakan Factory std is BETTER Than your Theory.. karena sudah melewati uji teknis.. bukan uji di tol Trans jawa sesekali.. paham? Coba lihat di youtube apa itu Moose Test itu salah 1 dr sekian banyak Uji Teknis yg dilakukan Produsen Mobil..
santai saja diskusinya tdk usah nyerang...

sy setuju dengan perkataan suv duo gajah ini tidak didesain untuk hi-speed... memang kenyataannya tidak dan kalau di negara seperti oz mobil spt ini dibeli karena orang cari towing capacitynya... towing pun tidak kondisi high speed.

tetapi harus diingat ban factory std itu pula yang membuat mobil spt ini tidak direkomendasi untuk high speed... large size tyres dengan tapak kasar itu sudah jelas gripnya tidak sebaik ban utk aspal murni. bahkan yang H/T sekalipun. inilah knp crossovers seperti CRV atau HRV justru sekarang switchnya ke pure UHP seperti dunlop sportmaxx... ya buat apa wong memang tidak untuk offroad use.

kalau apa yang dibilang om smgandi itu namanya adaptasi. Krn mungkin ya butuh pakai mobil spt pajero tapi utk highway use. smaller size tidak selalu lebih buruk. dalam hal ini ban bridgestone alenza memang seri yang lebih cocok utk high speed drpd dueler. harus diingat selain lebar tapak juga bidang kontak ban itu sberapa banyak yg ke aspal? bisa jadi bidang kontak alenza 215 dan dueler 265 jatohnya mirip-mirip... 265 nya dueler kan jarak treadnya lebar lebar. apalagi itu yg di foto AT bukan HT.

ini vice versa dengan yang pakai ban AT di CRV utk more offroad performance krn mungkin sering lewat jalan non aspal atau gmn... atau inofa / kijang ALTO.

ada risiko? ya pasti ada, modifikasi apapun selalu memiliki risiko. mgkn risikonya ya umur bannya tidak lama krn bebannya beda atau lebih rawan bocor kalau kurang angin, tapi side note nya : percayalah ban mobil itu tidak didesain se-ringkih itu :big_peace:

dan speaking of the devil, inofa G atau V lebih parah koq... bannya imut imut tp bobotnya 1.7 ton coba... mana bannya seri seri ekopeyang dan enash*t... saya si mending pajero pakai alenza 215 :big_peace:

end words, saya selalu challenge statement factory stock is always the best, karena tdk mungkin mobil masspro dapat memenuhi semua kebutuhan user yang sangat beraneka ragam :big_peace:

factory stock vehicle for me hanyalah benda yang didesain sesuai standar industri dan govt regulations bertemu dengan keperluan bisnis untuk cari profit margin, which includes A LOT of compromises dari sisi design dan performance.
Memang ban eco2 dibanding alenza jelas bagus alenza kemana2 , yg jadi pertanyaan apa iya Ganti ban std 265 ke 215 lebih safe jika kena aquaplanning, pointnya disitu om.. mau ganti ban 215 yg lebih tipis itu ke merk lebih bagus pun menurut saya sama sekali ga disarankan ya untuk mobil dengan spek bawaan 265 65 r17 .. dan setau saya ban umur 5 tahun aja bawaannya dipakai udah keras ini bisa nahan ban sampai 8 tahun.. ya bisa jd karena pembandingnya ban kadaluarsa bukan karena turun ukuran jadi enak..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15562
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

Osc wrote: Thu Jan 07, 2021 7:11
Memang ban eco2 dibanding alenza jelas bagus alenza kemana2 , yg jadi pertanyaan apa iya Ganti ban std 265 ke 215 lebih safe jika kena aquaplanning, pointnya disitu om.. mau ganti ban 215 yg lebih tipis itu ke merk lebih bagus pun menurut saya sama sekali ga disarankan ya untuk mobil dengan spek bawaan 265 65 r17 .. dan setau saya ban umur 5 tahun aja bawaannya dipakai udah keras ini bisa nahan ban sampai 8 tahun.. ya bisa jd karena pembandingnya ban kadaluarsa bukan karena turun ukuran jadi enak..
ya balik lagi ke contex dan kegunaan, lagian pajero beratnya berapa si apakah seberat truk fuso? nyari ban spek 265 utk r17 itu juga susah lho buat ban murni aspal. 255 juga adanya juga buat r20.

kalau tidak fully loaded saya rasa sah-sah aja. ban tidak selemah itu. X-Trail T31 dulu bannya juga tapak 215 dengan bobot kosongya sekitar 1.5ton, anggaplah pajero beratnya sama seperti X-Trail T31 full loaded barang plus orang kan sama aja tho?

lebih safe di aquaplanning? ya bisa jadi. ini daripada berdebat mending praktek langsung aja lah di proving ground kalo mau teknis ya.

tp case nya begini...

Kalo ente ingat jip jaman Feroza dan FJ40 juga bannya kecil kecil kurus, yang bikin gede kan user aja biar keliatan gagah. Feroza diceperin ban kecil banyak juga. ntu 2 mobil ga bisa dibilang enteng loh bodi dari besi semua gt.

concern saya ganti dari 265 ke 215 lebih ke tyre wearnya saja sih. load ratingnya kan pasti lebih dekat ke limit dibanding kalau pake ban std pajero. tp kalau untuk penggunaan normal sih menurut saya aman saja.

kembali lagi safety itu kalau driver bisa merasakan mobilnya harusnya bisa ngerti kalau itu sudah limit mobilnya.

klo mau contoh ekstrem lagi sebenernya lebih serem L300 pikup dimuatin 2 ton daripada pajero muatan kosong pake ban lebih kurus. ukuran bannya juga ceking, muatannya gila, ban disiksa melewati load ratingnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MSU »

ChZ wrote: Thu Jan 07, 2021 7:39
Osc wrote: Thu Jan 07, 2021 7:11
Memang ban eco2 dibanding alenza jelas bagus alenza kemana2 , yg jadi pertanyaan apa iya Ganti ban std 265 ke 215 lebih safe jika kena aquaplanning, pointnya disitu om.. mau ganti ban 215 yg lebih tipis itu ke merk lebih bagus pun menurut saya sama sekali ga disarankan ya untuk mobil dengan spek bawaan 265 65 r17 .. dan setau saya ban umur 5 tahun aja bawaannya dipakai udah keras ini bisa nahan ban sampai 8 tahun.. ya bisa jd karena pembandingnya ban kadaluarsa bukan karena turun ukuran jadi enak..
ya balik lagi ke contex dan kegunaan, lagian pajero beratnya berapa si apakah seberat truk fuso? nyari ban spek 265 utk r17 itu juga susah lho buat ban murni aspal. 255 juga adanya juga buat r20.

kalau tidak fully loaded saya rasa sah-sah aja. ban tidak selemah itu. X-Trail T31 dulu bannya juga tapak 215 dengan bobot kosongya sekitar 1.5ton, anggaplah pajero beratnya sama seperti X-Trail T31 full loaded barang plus orang kan sama aja tho?

lebih safe di aquaplanning? ya bisa jadi. ini daripada berdebat mending praktek langsung aja lah di proving ground kalo mau teknis ya.

tp case nya begini...

Kalo ente ingat jip jaman Feroza dan FJ40 juga bannya kecil kecil kurus, yang bikin gede kan user aja biar keliatan gagah. Feroza diceperin ban kecil banyak juga. ntu 2 mobil ga bisa dibilang enteng loh bodi dari besi semua gt.

concern saya ganti dari 265 ke 215 lebih ke tyre wearnya saja sih. load ratingnya kan pasti lebih dekat ke limit dibanding kalau pake ban std pajero. tp kalau untuk penggunaan normal sih menurut saya aman saja.

kembali lagi safety itu kalau driver bisa merasakan mobilnya harusnya bisa ngerti kalau itu sudah limit mobilnya.

klo mau contoh ekstrem lagi sebenernya lebih serem L300 pikup dimuatin 2 ton daripada pajero muatan kosong pake ban lebih kurus. ukuran bannya juga ceking, muatannya gila, ban disiksa melewati load ratingnya.
hehe diskusi tiada akhir...
kl L300 jangan dimasukin sbg perbandingan om...8 ply itu steel belted
tapi ternyata masih ada yang lebih sadis dari Indonesia ya...cb cek channel Pakistani truck...itu per daun ntah masih main / ga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15562
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

MSU wrote: Thu Jan 07, 2021 8:11 hehe diskusi tiada akhir...
kl L300 jangan dimasukin sbg perbandingan om...8 ply itu steel belted
tapi ternyata masih ada yang lebih sadis dari Indonesia ya...cb cek channel Pakistani truck...itu per daun ntah masih main / ga
nahh sbenernya klo saya sih enteng aja oom, selama ban itu tidak mengganggu handling mobil secara keseluruhan (low speed braking dan cornering) saya yakin masih dalam batas aman.

semua ban di pabriknya pasti ditest jauh di atas recommended load ratingnya, sementara kalo saya maksimal pakai tidak melebihi GVW dan speed normal (GVW mobil juga pastinya di pabrik dites jauh melebihi maksimal, hanya di konsumen pertimbangannya lebih ke long-term reliability pasti).

paling risiko terburuk yang akan dialami ya wear nya saja mungkin agak cepat walau saya yakin jg tidak secepat itu :big_grin:

ah ya tp ban OE L300 saya achilles LTR-80 itu apa iya sama kayak G.T. super ?

kalo G.T. Super memang saya liat kokoh skali dindingnya... klo achilles LTR-80 masa steel belted 8ply juga ? soalnya kalo L300 kluar diler baru gress skrg rasanya dikasihnya achilles... ane 2 unit semua achilles sehh bawaannya cuma yg 1 uda ganti blakangnya GT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by DOHC »

ChZ wrote: Thu Jan 07, 2021 2:20
dan speaking of the devil, inofa G atau V lebih parah koq... bannya imut imut tp bobotnya 1.7 ton coba... mana bannya seri seri ekopeyang dan enash*t... saya si mending pajero pakai alenza 215 :big_peace:
tadi nya saya ud seneng waktu ngeliat inofa G ama V yg seri 2019 akhir ampe yg gen sblom feslip grill dono, ud dipakein champ luxe, yeahh itu mmg ban lebi murah drpd enassh1t atau ekopeyang, tp at least itu karena merk lokal.. dan champ luxe itu at least ud 2 ply utk sidewall nya

ehhh kmaren2 pas liat inofa baru.. lahhh koq malah pake ekopeyang lg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15562
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

DOHC wrote: Thu Jan 07, 2021 10:50 tadi nya saya ud seneng waktu ngeliat inofa G ama V yg seri 2019 akhir ampe yg gen sblom feslip grill dono, ud dipakein champ luxe, yeahh itu mmg ban lebi murah drpd enassh1t atau ekopeyang, tp at least itu karena merk lokal.. dan champ luxe itu at least ud 2 ply utk sidewall nya

ehhh kmaren2 pas liat inofa baru.. lahhh koq malah pake ekopeyang lg..
Ahh berarti beda beda yak supplier oem nya... Kapan lalu liat ada yg pake champ luxe ekopeyang enash*t pun ada
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

bensinsolar wrote: Wed Jan 06, 2021 7:48
pengendiesel wrote: Wed Jan 06, 2021 4:24
adityabp wrote: Wed Jan 06, 2021 2:10 Aquaplaning maning??

https://oto.detik.com/berita/d-5322700/ ... 1594019000



Awalnya diberitakan, gara2x truk box terguling mengakibatkan tabrakan karambol mobilx yg di belakangnya.
Satu mobil yg terakhir bisa lolos tapi nyelonong di u-turn, akhirnya kehantam bus dari arah berlawanan.
Ternyata, justru si truk box terguling gara2x mobil2x di depannya hardbraking.

[emo-yesno]
Hmmm...masih banyak juga yang nyetirnya masih ijo dan mainnya kurang jauh :big_weee: maennya top speed doang, tapi lupa mindset dan mental safety driving.

Terlepas dari mobil paling depan yang berhenti mendadak, mobil2 di belakangnya pada maen ngebut dan gak jaga jarak. Dalam kondisi ujan lagi yang mana jarak pengereman jadi jauuuuuuhh lebih panjang.

Makanya di tol ada rambu maks speed 100kmh dan jaga jarak aman itu ada fungsinya.

Kenapa kok ane mengesampingkan mobil paling depan yang ngerem mendadak? Karena di jalan, setiap saat selalu ada ancaman seperti mobil yang ngerem mendadak itu, entah orang gila nyebrang, lanehogger, mobil lawan arah mendadak pecah ban dan masuk ke jalur kita, mobil depan kita adu kambing sama mobil lain, dll dll dll dll dll sampe capek ngetiknya :big_biglaugh:

Dulu ada pesan instruktur nyetir ane yang selalu ane ingat sampai saat ini : ngebut itu gampang, semua orang bisa, tinggal tekan gas doang. Yang paling susah itu adalah berhentinya. Jadi menyetirlah selalu dengan kondisi seakan2 kamu dituntut harus bisa berhenti sewaktu2.
Udah dapet pesan kayak gini, itupun ane sempat beberapa waktu (tahun tepatnya :upss: ) nyetir kayak orang kesetanan.

* ane gak bilang siapa yg salah dari video ini. Tapi harusnya gak perlu sampai ada nyawa yang hilang kalo semua pengendara melakukan defensive driving. Kalo sudah kayak gini kejadiannya, mau nyalahin siapa saja gak bakal bisa kembaliin yang sudah meninggal
Memang bener Om, tp kalau dilihat dari dashcam Bus yg jalan <60kmh, kemungkinan semua mbl tersebut lagi overtake & mkgn kaget pas liat si Pajero super slow itu karena terhalang body bus jalur kiri yg gede. Kenapa bisa bilang gitu: karena truk yg kecelakaan juga lagi ambil jalur kanan dengan speed yg lmyn kenceng.
Bisa jadi memang lagi overtake berjamaah dan terhalang bodi bus.


Justru ini yang pengen ane garis bawahi. Asumsi ane, yang ngerem mendadak anps item itu. Di belakangnya ada nopa item, crv turbo, crv re, ops, truk guling.
Sekilas diliat sih, imho, cara nyetirnya pada doyan pantat mobil depan semua. Gak ada yang kasih jarak aman ke mobil depannya, apalagi ini kondisi ujan.
Plus kalo memang pandangan terhalang bus, ya jangan nyalip dulu dong. Selisih berapa detik sih memangnya.

Itu anps masih bagus, berhentinya pake rem. Dulu ada famili ane nyeruduk mobil depannya yang adu kambing sama mobil lain.
Di depan polisi, yang salah :
1. Mobil dari arah berlawanan yang menyebabkan adu kambing itu
2. Famili ane, karena gak jaga jarak dan memperparah kondisi korban
Padahal tuh mobil berhentinya jauh lebih mendadak daripada anps item di video ini. Lha piye, adu kambing vs rem, jelas lebih cepet berhenti yang pertama :ungg:

Akibatnya keluar duit lumayan dan waktu berbulan2 untuk nyelesaiin masalahnya. Yang sebetulnya bisa dicegah kalo pas itu famili ane jaga kecepatan dan jaga jarak aman
wenz
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Sep 26, 2016 5:51

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by wenz »

Jangankan hujan saat kering aja pake LMPV gak berani diatas 140 kmh, udah gak ada teken kaki kanan lagi.

Kalo hujan deras di tol max 80 kmh, ada yg berani lebih, yah resiko tanggung masing 2 :D
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bensinsolar »

pengendiesel wrote: Fri Jan 08, 2021 6:45
bensinsolar wrote: Wed Jan 06, 2021 7:48
pengendiesel wrote: Wed Jan 06, 2021 4:24

Hmmm...masih banyak juga yang nyetirnya masih ijo dan mainnya kurang jauh :big_weee: maennya top speed doang, tapi lupa mindset dan mental safety driving.

Terlepas dari mobil paling depan yang berhenti mendadak, mobil2 di belakangnya pada maen ngebut dan gak jaga jarak. Dalam kondisi ujan lagi yang mana jarak pengereman jadi jauuuuuuhh lebih panjang.

Makanya di tol ada rambu maks speed 100kmh dan jaga jarak aman itu ada fungsinya.

Kenapa kok ane mengesampingkan mobil paling depan yang ngerem mendadak? Karena di jalan, setiap saat selalu ada ancaman seperti mobil yang ngerem mendadak itu, entah orang gila nyebrang, lanehogger, mobil lawan arah mendadak pecah ban dan masuk ke jalur kita, mobil depan kita adu kambing sama mobil lain, dll dll dll dll dll sampe capek ngetiknya :big_biglaugh:

Dulu ada pesan instruktur nyetir ane yang selalu ane ingat sampai saat ini : ngebut itu gampang, semua orang bisa, tinggal tekan gas doang. Yang paling susah itu adalah berhentinya. Jadi menyetirlah selalu dengan kondisi seakan2 kamu dituntut harus bisa berhenti sewaktu2.
Udah dapet pesan kayak gini, itupun ane sempat beberapa waktu (tahun tepatnya :upss: ) nyetir kayak orang kesetanan.

* ane gak bilang siapa yg salah dari video ini. Tapi harusnya gak perlu sampai ada nyawa yang hilang kalo semua pengendara melakukan defensive driving. Kalo sudah kayak gini kejadiannya, mau nyalahin siapa saja gak bakal bisa kembaliin yang sudah meninggal
Memang bener Om, tp kalau dilihat dari dashcam Bus yg jalan <60kmh, kemungkinan semua mbl tersebut lagi overtake & mkgn kaget pas liat si Pajero super slow itu karena terhalang body bus jalur kiri yg gede. Kenapa bisa bilang gitu: karena truk yg kecelakaan juga lagi ambil jalur kanan dengan speed yg lmyn kenceng.
Bisa jadi memang lagi overtake berjamaah dan terhalang bodi bus.


Justru ini yang pengen ane garis bawahi. Asumsi ane, yang ngerem mendadak anps item itu. Di belakangnya ada nopa item, crv turbo, crv re, ops, truk guling.
Sekilas diliat sih, imho, cara nyetirnya pada doyan pantat mobil depan semua. Gak ada yang kasih jarak aman ke mobil depannya, apalagi ini kondisi ujan.
Plus kalo memang pandangan terhalang bus, ya jangan nyalip dulu dong. Selisih berapa detik sih memangnya.

Itu anps masih bagus, berhentinya pake rem. Dulu ada famili ane nyeruduk mobil depannya yang adu kambing sama mobil lain.
Di depan polisi, yang salah :
1. Mobil dari arah berlawanan yang menyebabkan adu kambing itu
2. Famili ane, karena gak jaga jarak dan memperparah kondisi korban
Padahal tuh mobil berhentinya jauh lebih mendadak daripada anps item di video ini. Lha piye, adu kambing vs rem, jelas lebih cepet berhenti yang pertama :ungg:

Akibatnya keluar duit lumayan dan waktu berbulan2 untuk nyelesaiin masalahnya. Yang sebetulnya bisa dicegah kalo pas itu famili ane jaga kecepatan dan jaga jarak aman
Thanks Om utk insight dari ceritanya. Appreciated. Memang jaga jarak is a must tp kita juga harus responsible to keep other driver safe.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MSU »

benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Jarak aman kl ga salah sepersepuluh kecepatan om....jd misal 100kmh...amannya jaga sekitar 10m..tapi ya main feeling aja
Kalo saya berhubung hampir tiap hari di tol, paling senang kl posisi saya di belakang sedan atau kalaupun minibus yg kaca filmnya ga terlalu gelap jadi masih keliat posisi mobil depannya lagi.
Sambil jaga jarak, sambil ngintip jg kondisi depannya lagi via agak ke kanan atau kadang agak ke kiri selama masih di dalam jalur
Saya rasa kalo sering nyetir di tol lama2 lebih enjoy koq om...yang penting ga terburu2 aja
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Taufiq6210 »

benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m...

Saya pernah dengernya kalau jarak aman itu sebaiknya 3 detik, tapi barusan nyari lagi ternyata 2 detik, bukan 3.

https://en.wikipedia.org/wiki/Two-second_rule

Jadi kalau 100km/jam = 27,78m/detik * 2 = 55,5m

Edit: setelah dibaca lagi wikinya ternyata ada juga yang nyaranin jarak 3 detik
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

bensinsolar wrote: Fri Jan 08, 2021 9:36
Bisa jadi memang lagi overtake berjamaah dan terhalang bodi bus.


Justru ini yang pengen ane garis bawahi. Asumsi ane, yang ngerem mendadak anps item itu. Di belakangnya ada nopa item, crv turbo, crv re, ops, truk guling.
Sekilas diliat sih, imho, cara nyetirnya pada doyan pantat mobil depan semua. Gak ada yang kasih jarak aman ke mobil depannya, apalagi ini kondisi ujan.
Plus kalo memang pandangan terhalang bus, ya jangan nyalip dulu dong. Selisih berapa detik sih memangnya.

Itu anps masih bagus, berhentinya pake rem. Dulu ada famili ane nyeruduk mobil depannya yang adu kambing sama mobil lain.
Di depan polisi, yang salah :
1. Mobil dari arah berlawanan yang menyebabkan adu kambing itu
2. Famili ane, karena gak jaga jarak dan memperparah kondisi korban
Padahal tuh mobil berhentinya jauh lebih mendadak daripada anps item di video ini. Lha piye, adu kambing vs rem, jelas lebih cepet berhenti yang pertama :ungg:

Akibatnya keluar duit lumayan dan waktu berbulan2 untuk nyelesaiin masalahnya. Yang sebetulnya bisa dicegah kalo pas itu famili ane jaga kecepatan dan jaga jarak aman
Thanks Om utk insight dari ceritanya. Appreciated. Memang jaga jarak is a must tp kita juga harus responsible to keep other driver safe.
[/quote]

Setuju om.
Ironisnya di video tsb, anps item jaga jaraknya bagus tapi entah apa yang merasukinya sampai rem mendadak spt itu. Mungkin ada beberapa hal yang masih belum terekspose yang bikin anps tsb ngerem sejadi2nya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Wkwkwkwk. Ada teman orang yurop yang ke indo langsung bilang kalo kondisi trafic di indo itu totally undriveable.

Ngitung jarak aman agak susah kalo patokannya meter, lebih gampang detik seperti yang dibilang om atas ane.
Minimal 3 detik. Tergantung juga beberapa faktor.
Kalo ujan dan jarak pandang terbatas, lebih baik ditambah.
Misal kita lagi bawa mobil yang hobi nyelonong, sedangkan mobil di depan kita remnya lebih ok atau keliatan bawa mobilnya gak enak, kasih tambahan jarak lagi.

Perkara diserobot mobil...kalo ane biasanya ngurangi kecepatan pelan2, jadi jarak ane sama mobil yang nyerobot itu bertambah terus. Kalo udah aman baru gas lagi.
Atau kalo pas kejadian dan di belakang ada mobil yang mepet juga, ane pilih pindah jalur, keluar dari tekanan depan belakang
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by chaprizone »

MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 13:31
benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Jarak aman kl ga salah sepersepuluh kecepatan om....jd misal 100kmh...amannya jaga sekitar 10m..tapi ya main feeling aja
Kalo saya berhubung hampir tiap hari di tol, paling senang kl posisi saya di belakang sedan atau kalaupun minibus yg kaca filmnya ga terlalu gelap jadi masih keliat posisi mobil depannya lagi.
Sambil jaga jarak, sambil ngintip jg kondisi depannya lagi via agak ke kanan atau kadang agak ke kiri selama masih di dalam jalur
Saya rasa kalo sering nyetir di tol lama2 lebih enjoy koq om...yang penting ga terburu2 aja
IMHO, klo 10 meter keknya terlalu deket deh Om
:big_okay:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Setuju nih sama om benz.

Skarang ane nyetir ditoll ud sering di jalur tengah, malah kadang ke jalur truck. Pantengin speed rata2 80-100 km/h . Semisal mau nyalip baru ke jalur kanan, trus balik lg ke tengah. Klo tol kosong melompong baru berani gaspol tes akselerasi.

Trus ntah kenapa, dari jaman dulu awal bgt bs nyetir di toll (thn 2010-an) bawa jazz GE8. Jalur paling kanan tuh selalu yg paling sering terjadi rem mendadak. Ud berapa kali hampir ciuman klo ada peristiwa rem mendadak.

Ane pernah jg nerapin jaga jarak di jalur paling kanan, yg ada malah disalip sama kendaraan dari kiri..

Jadi kynya emg kg bisa disiplin sprti negara eropa mau kek gimanapun. Dari attitude & mentalitas ud susah.. It’s just another third world country problems
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

KielConstantine wrote:
benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Setuju nih sama om benz.

Skarang ane nyetir ditoll ud sering di jalur tengah, malah kadang ke jalur truck. Pantengin speed rata2 80-100 km/h . Semisal mau nyalip baru ke jalur kanan, trus balik lg ke tengah. Klo tol kosong melompong baru berani gaspol tes akselerasi.

Trus ntah kenapa, dari jaman dulu awal bgt bs nyetir di toll (thn 2010-an) bawa jazz GE8. Jalur paling kanan tuh selalu yg paling sering terjadi rem mendadak. Ud berapa kali hampir ciuman klo ada peristiwa rem mendadak.

Ane pernah jg nerapin jaga jarak di jalur paling kanan, yg ada malah disalip sama kendaraan dari kiri..

Jadi kynya emg kg bisa disiplin sprti negara eropa mau kek gimanapun. Dari attitude & mentalitas ud susah.. It’s just another third world country problems
Om Kiel mah sudah pake brembo remnya, jarak 3 meter ama depan juga berani lah... begitu depan rem mendadak... tap... brembo bekerja, mau sampe ke nol juga cepettt, cuman mobil di belakangnya aja yang kedodoran masih rem setandard hahahaha.

Ane kalau rem mendadak di tol itu, kalau masih sempat kadang liat spion tengah juga, mau tau buntut ane mobi apaan & sudah berapa dekat, kalau masih bisa memungkinkan jaraknya ama depan, ane atur supaya ane gak di sundul dari belakang, itu sih untungnya kalau gap ama mobil depan masih cukup longgar, kalau sudah mepet banget sih gak ampun deh bisa depan belakang kena kita.
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by jessboy »

KielConstantine wrote: Fri Jan 08, 2021 14:34
benzz89 wrote: Fri Jan 08, 2021 12:26 Jarak aman di tol misal speed 100 kpj itu berapa meter yah dengan kendaraan di depan kita?

Yang ane tau sih min 80 m & amannya di 100 m... ane coba praktek antara 80-100 m ini, tapi kebanyakan malah disalib (di isi) ama mobil lain dari kiri (lajur tengah) & menyebabkan jarak aman ane jadi pendek sekali & malah harus rem mengurangi kecepatan. Ini kita bicara lagi jalan di lajur tol paling kanan yah.

Antara teori & praktek berkendara di +62 ini tidak semudah yang kita bayangkan, jarak aman yang makin jauh misal speed di 120 kpj (jarak amannya 100-120 m dgn mobil depan) kenyataannya membuat mobil lain tergerak untuk isi gap aman tersebut... ini kenyataannya, apalagi kalau lari 150 kpj, berapa gap aman yang seharusnya? 150 m kah?

Paling aman sih memang ambil lajur tengah aja, lebih sedikit/kecil kemungkinan gap diisi oleh mobil dari lajur paling kiri yang mostly kendaraan2 truck & berat lainnya... imho yah.
Setuju nih sama om benz.

Skarang ane nyetir ditoll ud sering di jalur tengah, malah kadang ke jalur truck. Pantengin speed rata2 80-100 km/h . Semisal mau nyalip baru ke jalur kanan, trus balik lg ke tengah. Klo tol kosong melompong baru berani gaspol tes akselerasi.

Trus ntah kenapa, dari jaman dulu awal bgt bs nyetir di toll (thn 2010-an) bawa jazz GE8. Jalur paling kanan tuh selalu yg paling sering terjadi rem mendadak. Ud berapa kali hampir ciuman klo ada peristiwa rem mendadak.

Ane pernah jg nerapin jaga jarak di jalur paling kanan, yg ada malah disalip sama kendaraan dari kiri..

Jadi kynya emg kg bisa disiplin sprti negara eropa mau kek gimanapun. Dari attitude & mentalitas ud susah.. It’s just another third world country problems
betul banget, emang paling ideal ambil jalur tengah dan pindah ke jalur kanan hanya untuk mendahului
kalaupun di jalur kanan biasanya saya jaga jarak sesuai dgn kecepatan, makin cepat makin jauh jaraknya
memang kalau sudah turun ke jalan harus siap mental untuk menghadapi org2 yg egois dan gak tahu aturan
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by P47hos »

Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by slapnuts »

P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by alexdonovan »

KielConstantine wrote: Fri Jan 08, 2021 14:34 -edited

Jalur paling kanan tuh selalu yg paling sering terjadi rem mendadak. Ud berapa kali hampir ciuman klo ada peristiwa rem mendadak.

-edited
karena banyak lane hogger :mky_01:

Coba kalo lihat youtube rekaman jalan toll era 90-an, disitu jalur kanan bener-bener hanya untuk yang mendahului. Kalau sekarang situasinya terbalik... banyak lane hogger dan orang yang sedikit-sedikit ngerem ada di jalur kanan

Selain berbahaya, juga bikin Phantom Traffic Jam

Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)