Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Tue Nov 29, 2022 6:08 Setuju mbah, nambahin dikit untuk aquaplaning ban pengaruh besar jg mbah karena kemampuan mendisperse air beda2. Kalo alur makin dalam kapasitas buang airnya makin besar (air bisa lebih banyak dibuang dari celah2 kembangan ban) hal ini pengaruh ke kecepatan brp mobil bakalan aquaplaning. Kalo alur ban sudah mulai habis pasti lebih gampang aquaplaning pada speed yg lebih rendah dibanding ban sejenis yg alurnya masih tebal.
sebenernya di video itu ud salah om itu kan mereka ngetest ban buang aer sebenernya kalo ud kena itu splash pertama ud kudu lepas gas, ini yang biasa kejadian di jalan ada splash kecil2x berasa masih stabil di hajar mulu dengan nambah gas akhirnya makin parah :big_bored:



kayak video demo ini aja ud berapa meter dia kena splash baru kelempar padahal kalo ud kena splash 1 - 2x itu ud tanda jalanannya kurang bagus harusnya lepas gas ud cuma mungkin itu video demo jd hajar gas terus sampe kelempar :big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Tue Nov 29, 2022 6:24
kendibocor wrote: Tue Nov 29, 2022 6:08 Setuju mbah, nambahin dikit untuk aquaplaning ban pengaruh besar jg mbah karena kemampuan mendisperse air beda2. Kalo alur makin dalam kapasitas buang airnya makin besar (air bisa lebih banyak dibuang dari celah2 kembangan ban) hal ini pengaruh ke kecepatan brp mobil bakalan aquaplaning. Kalo alur ban sudah mulai habis pasti lebih gampang aquaplaning pada speed yg lebih rendah dibanding ban sejenis yg alurnya masih tebal.
sebenernya di video itu ud salah om itu kan mereka ngetest ban buang aer sebenernya kalo ud kena itu splash pertama ud kudu lepas gas, ini yang biasa kejadian di jalan ada splash kecil2x berasa masih stabil di hajar mulu dengan nambah gas akhirnya makin parah :big_bored:



kayak video demo ini aja ud berapa meter dia kena splash baru kelempar padahal kalo ud kena splash 1 - 2x itu ud tanda jalanannya kurang bagus harusnya lepas gas ud cuma mungkin itu video demo jd hajar gas terus sampe kelempar :big_bored:
make it simple aja mbah

jangan kenceng" klo jalan basah apalagi hujan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Nov 29, 2022 6:27 make it simple aja mbah

jangan kenceng" klo jalan basah apalagi hujan :big_biglaugh:
biangnya juga dari gasnya malah ada saran kalo ujan2x jgn nyalain cruise control kenapa kalo pas kena genangan mobil berasa speednya berkurang yang ada dia malah buka gas lebih gede buka gas gede rpm naek trosi naek ini yang bikin aquaplanning ya keep low RPM lah saran saya jgn nafsu mau nyalip mentang2x lagi pelan nafsu nyalip gas kenceng lari baru 40-60 kena genagan mentang2x pelan masih di hajar gas lagi ya melintir juga :big_biglaugh:

ud ngerasain om soalnya mau pelan mau kenceng :mky_03:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Tue Nov 29, 2022 6:24
kendibocor wrote: Tue Nov 29, 2022 6:08 Setuju mbah, nambahin dikit untuk aquaplaning ban pengaruh besar jg mbah karena kemampuan mendisperse air beda2. Kalo alur makin dalam kapasitas buang airnya makin besar (air bisa lebih banyak dibuang dari celah2 kembangan ban) hal ini pengaruh ke kecepatan brp mobil bakalan aquaplaning. Kalo alur ban sudah mulai habis pasti lebih gampang aquaplaning pada speed yg lebih rendah dibanding ban sejenis yg alurnya masih tebal.
sebenernya di video itu ud salah om itu kan mereka ngetest ban buang aer sebenernya kalo ud kena itu splash pertama ud kudu lepas gas, ini yang biasa kejadian di jalan ada splash kecil2x berasa masih stabil di hajar mulu dengan nambah gas akhirnya makin parah :big_bored:



kayak video demo ini aja ud berapa meter dia kena splash baru kelempar padahal kalo ud kena splash 1 - 2x itu ud tanda jalanannya kurang bagus harusnya lepas gas ud cuma mungkin itu video demo jd hajar gas terus sampe kelempar :big_bored:
Yg vid saya kasih emang demonstrasiin apa yg dimaksud dengan aquaplaning om. Salahnya dimana ya? Kan bukan demonstrasiin cara menghindari aquaplaning :upss:

Lagian vid yg om kasih ga ngerti saya, bahasa asing yg saya bisa cuman enggres :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Bibieight »

Telat nimbrung, tapi nih ya, kalo mobil ada VSC kan mestinya probabilitas kena aquaplaning lebih kecil ya ?, apalagi kalo nyetirnya cukup defensif (atau jangan2 Pajero dan Fortie ndak ada VSC ?, ndak mungkin kan ya kebo tinggi gitu ndak dipasang VSC ?)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Tue Nov 29, 2022 8:28
Yg vid saya kasih emang demonstrasiin apa yg dimaksud dengan aquaplaning om. Salahnya dimana ya? Kan bukan demonstrasiin cara menghindari aquaplaning :upss:

Lagian vid yg om kasih ga ngerti saya, bahasa asing yg saya bisa cuman enggres :big_biglaugh:
itu saya kasih versi extremenya om genanganya dalem dan ditabrak pake high speed gak langsung kelempar juga malah dia jalan berapa meter dulu baru kelempar bisa sekenceng itu lewat genangan bukannya dari tenaga mesinnya masih dorong artinya, yang om kasih malah kayak demonstrasi ban bagus kena hydroplanning dia masih bisa kontrol malah pas lewat genangan masih ngegas pula keliatanya pas lewat kan masih kenceng 65 mph berarti sekitar 105-110kmh malah di hajar kenceng bukanye lepas gas, ud gitu kkalo dia beneran kena hydrioplanning dia ud terbang ke rumput di sebelah atau ke kiri itu sih baru gejala aja cuma kalo saya sih ud kena berasa splash atau berasa nabrak genangan dikit biasa ud lepas gas sambil ngegas pelan2x lagi :big_biglaugh:

iya balik lagi bukan demonstrasi menghindari hydroplanning :mky_01:
Bibieight wrote: Tue Nov 29, 2022 8:36 Telat nimbrung, tapi nih ya, kalo mobil ada VSC kan mestinya probabilitas kena aquaplaning lebih kecil ya ?, apalagi kalo nyetirnya cukup defensif (atau jangan2 Pajero dan Fortie ndak ada VSC ?, ndak mungkin kan ya kebo tinggi gitu ndak dipasang VSC ?)
kalo dah kenceng keknya ud gak nolong deh om :big_think:

kalo model lama kek saya punya gak ada VSC sih malah yang ada LSD :mky_01:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by McLaren »

Aquaplanning mah ban ngambang di air,
VSC atau LSD ngga ngaruh juga.

Fulltime AWD, Symmetrical/assymetrical AWD Subaru, Quattro, Xdrive, 4matic atau mode 4Hnya ANPS mungkin membantu, tapi bukan jaminan juga. Klo empat bannya, udah diatas aer semua, yaa sama aja.
Tp tetep lebih baik 4 ban drpd dua ban kn heheh
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

McLaren wrote: Tue Nov 29, 2022 11:55 Aquaplanning mah ban ngambang di air,
VSC atau LSD ngga ngaruh juga.

Fulltime AWD, Symmetrical/assymetrical AWD Subaru, Quattro, Xdrive, 4matic atau mode 4Hnya ANPS mungkin membantu, tapi bukan jaminan juga. Klo empat bannya, udah diatas aer semua, yaa sama aja.
Tp tetep lebih baik 4 ban drpd dua ban kn heheh
sebenernya FWD aja ud nolong banyak kok om kalo dari pengalaman saya :big_think:



liat aja ke 15:00 disitu ada komentar kenapa fwd lebih enak di banding RWD kalo kena hujan :big_think:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Ivano »

Bibieight wrote:Telat nimbrung, tapi nih ya, kalo mobil ada VSC kan mestinya probabilitas kena aquaplaning lebih kecil ya ?, apalagi kalo nyetirnya cukup defensif (atau jangan2 Pajero dan Fortie ndak ada VSC ?, ndak mungkin kan ya kebo tinggi gitu ndak dipasang VSC ?)
ANPS tipe dakar, dari versi awal 2016 sudah ada VSC nya.

VRZ gen awal belum ada, kecuali tetradrive.

Tapi memang benar, apapun teknologi nya, faktor luck sangat besar. Dan memaksakan luck sangat tidak bijaksana di ruang publik.

Jadi waktu hujan deras di jalan, bila memungkinkan istirahat aja di rest area kalau di toll.

Bila harus jalan, batasi kecepatan yg tolerable sama driver.

Pengelola tol tulis max 70kpj waktu hujan.

Yg penting, nyalakan lampu utama (jangan lampu kota), bukan hanya buat driver lihat jalan, tapi juga pengendara lain notice posisi mobil kita.

Prinsipnya: "To see and to be seen"

Tambahan: please jangan nyalakan lampu hazard, super menyilaukan dan membingungkan.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

Bibieight wrote: Tue Nov 29, 2022 8:36 Telat nimbrung, tapi nih ya, kalo mobil ada VSC kan mestinya probabilitas kena aquaplaning lebih kecil ya ?, apalagi kalo nyetirnya cukup defensif (atau jangan2 Pajero dan Fortie ndak ada VSC ?, ndak mungkin kan ya kebo tinggi gitu ndak dipasang VSC ?)
Dulu pernah bahas gini om... pas awal trid ini dibikin
Tapi intinya lebih ke arah
1. Kecepatan
2. Kondisi ban
3. Gaya nyetirnya pas kena aquaplaning

Ini contoh video dashcam aquaplaning


Jadi aquaplaning awal itu
Mau nabrak pembatas jalan
Terus buru2 dicounter setirnya
Akibatnya kendaraan pindah jalur dan lost control
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Jordiansyah007 »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 11:23
biasanya aquaplanning kalo di FWD ada gejala dulu biasa ada efek bret bret2x kayak naek jetski nah kalo ud mulai gini ud lepas gas jgn ngerem karena takut ditabrak dari belakang :big_bored:

emang kalo pajero itu gak ada warning ban belakang bisa tiba2x narik kanan kiri makanya saya bilang mendingan kalo dah hujan maen paddleshift aja masukin gigi 5 atau pokoknya gear paling tinggi biar rpmnya rendah dan turbonya gak spooling, itu aja kadang saya suka ngerasain gejalan ban selip biasanya di speed 80 abis itu lepas gas lagi dikit :big_bored:

apalagi kondisi hujan badai biasa paling cuma bisa lari 40-60kmh seumur2x saya selalu pake moncoque jarang sih lari segini naek mobil ujan2x cuma ud serem ngerasain gripnya ditambah inget bodynya kayak truk olengnya :big_bored:

bagusnya ngurut gas aja maen RPM rendah biasanya kalo ud maen rpm tinggi yang agak bahaya :big_bored:
Si om yg dibahas torsi torsi mulu.. pajero turbo pajero turbo spooling.. ban narik kanan kiri :mky_04:

Mobil kan ga cuma pajero berturbo yg spooling omm.. ada afansa, camry, xpander, ford fiesta, vvuling.. semua mobil jg bs aquaplaning ga cm pajero berturbo aja efek torsi spooling yg om bilangg

Hrs dibedain antara aquaplaning dan lost traction efek spoolingnya turbo pajero

Emg betul karena torsi ban bs selip hilang traksi.. tp kan ini yg lg dibahas aquaplaning omm alias ban ngambang diatas airrrr..

Coba aja om digarasi pajero om siramin aer sampe basah kena ban, gass dah sampe poll.. pasti lost traksi ban narik kanan kiri.. itu kan maksud om efek turbo pajero yg lg spooling??.. tp itu bukan aquaplaning kan omm?? :mky_04:

Namanya aquaplaning mau teknak teknik ky gimana jg kalo ban udh diatas aer ya wasalam.. teknik yg om maksud itu biar ban ga lost traksi krn hujan jalan licinn.. mau VCS VSC VSA apapun mahluk nya jg ga bs nolongg kalo ban udh ngambang...

teknik yg paling bener pelan2 aja udah hati2 kalo ad genangan.. kuncinya itu di speed.. mau pake ban botak plontos juga kalo nerabas very low speed ya kecil kemungkinan kena aquaplaning..

Mau afansa atau calya atau jazz yg ga ada efek spooling turbonya pajero ya melintir2 jg kalo high speed nerabas genangan walaupun pas nerabas dilepas gas = torsi 0

:big_deal: :big_deal:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

Ivano wrote: Tue Nov 29, 2022 14:10
Bibieight wrote:Telat nimbrung, tapi nih ya, kalo mobil ada VSC kan mestinya probabilitas kena aquaplaning lebih kecil ya ?, apalagi kalo nyetirnya cukup defensif (atau jangan2 Pajero dan Fortie ndak ada VSC ?, ndak mungkin kan ya kebo tinggi gitu ndak dipasang VSC ?)
ANPS tipe dakar, dari versi awal 2016 sudah ada VSC nya.

VRZ gen awal belum ada, kecuali tetradrive.

Tapi memang benar, apapun teknologi nya, faktor luck sangat besar. Dan memaksakan luck sangat tidak bijaksana di ruang publik.

Jadi waktu hujan deras di jalan, bila memungkinkan istirahat aja di rest area kalau di toll.

Bila harus jalan, batasi kecepatan yg tolerable sama driver.

Pengelola tol tulis max 70kpj waktu hujan.

Yg penting, nyalakan lampu utama (jangan lampu kota), bukan hanya buat driver lihat jalan, tapi juga pengendara lain notice posisi mobil kita.

Prinsipnya: "To see and to be seen"

Tambahan: please jangan nyalakan lampu hazard, super menyilaukan dan membingungkan.
Setuju banget mbah.

Iya klo kecelakaan tunggal, klo kecelakaan melibatkan org lain gmn?

Org lain udh safety driving, malah disamber sm pengendara yg pakai nafsu, bukan pakai (sorry) akal nya.

Yg membedakan manusia dgn hewan kan di akal nya

Sorry a bit rude, tp soal kecepatan dan keamanan, ini gak bisa ditoleransi sih :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

tapi piala nya tetap utk org yg pake ban inferior, mata nya bolor, nyetir pake lampu hazard, speed cuma 40an kph, dan jalan di tengah garis marka. ini di tol.

org kaya gitu pikirnya semua org spt dia. pdhl yg lain invest di ban superior, matanya sehat, lampu nya bagus punya tembus liat garis marka jd stay di lajur yg proper, tau aturan berkendara kl hujan cukup pakai lampu biasa bukan hazard, mobilnya mungkin jg lbh bagus, paling ngga karet wipernya baru terus, sehingga bisa lebih kencangggg.
mbok ya kl tau penuh dgn keterbatasan begitu sila tau diri dgn minggir dulu lah drpd membahayakan org lain n dianggap badut jalanan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Wed Nov 30, 2022 0:35
Setuju banget mbah.

Iya klo kecelakaan tunggal, klo kecelakaan melibatkan org lain gmn?

Org lain udh safety driving, malah disamber sm pengendara yg pakai nafsu, bukan pakai (sorry) akal nya.

Yg membedakan manusia dgn hewan kan di akal nya

Sorry a bit rude, tp soal kecepatan dan keamanan, ini gak bisa ditoleransi sih :big_peace:
Setubuh mbah. Kalo uda ngomongin ego, napsu di jalan emang sulit. Kadang kita dijalan terprovokasi dikit aja bisa jadi ajang pepet2an. Tp kalo uda dlm kondisi tenang dirumah baru bisa mikir "ngapain yak gw kaya tadi, kalo jadinya X gmn, jadinya Y gmn" makanya itu self control dijalan sangat penting. Susahnya kalo nemu orang ngawur yg selalu merasa bener, ada apa2 tp nanti galakan dia dan malah nyalah2in orang :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Jordiansyah007 wrote: Tue Nov 29, 2022 19:00
Si om yg dibahas torsi torsi mulu.. pajero turbo pajero turbo spooling.. ban narik kanan kiri :mky_04:

Mobil kan ga cuma pajero berturbo yg spooling omm.. ada afansa, camry, xpander, ford fiesta, vvuling.. semua mobil jg bs aquaplaning ga cm pajero berturbo aja efek torsi spooling yg om bilangg

Hrs dibedain antara aquaplaning dan lost traction efek spoolingnya turbo pajero

Emg betul karena torsi ban bs selip hilang traksi.. tp kan ini yg lg dibahas aquaplaning omm alias ban ngambang diatas airrrr..

Coba aja om digarasi pajero om siramin aer sampe basah kena ban, gass dah sampe poll.. pasti lost traksi ban narik kanan kiri.. itu kan maksud om efek turbo pajero yg lg spooling??.. tp itu bukan aquaplaning kan omm?? :mky_04:

Namanya aquaplaning mau teknak teknik ky gimana jg kalo ban udh diatas aer ya wasalam.. teknik yg om maksud itu biar ban ga lost traksi krn hujan jalan licinn.. mau VCS VSC VSA apapun mahluk nya jg ga bs nolongg kalo ban udh ngambang...

teknik yg paling bener pelan2 aja udah hati2 kalo ad genangan.. kuncinya itu di speed.. mau pake ban botak plontos juga kalo nerabas very low speed ya kecil kemungkinan kena aquaplaning..

Mau afansa atau calya atau jazz yg ga ada efek spooling turbonya pajero ya melintir2 jg kalo high speed nerabas genangan walaupun pas nerabas dilepas gas = torsi 0

:big_deal: :big_deal:
om ud liat judul treatnya pajero aquaplanning kan???



bisa aja kejadiannya kek di video ini sorry om SALVANOST ini kemungkinan bukan aquaplanning ini selip ban belakang kek kejadian saya di depan toyota sunter

jangan2x yang banyak kejadian pajero fortuner di jalan juga bukan aquaplanning mungkin malah selip ban belakang karena mobil diesel dapet torsi maksimal di RPM rendah dan torsinya itu bisa 350-450nm torsi segini kalo di mobil bensin ud setara civic typer turbo ditambah liat curva torsinya karena turbo di dyno test sih tiba2x naek tinggi artinya di real itu powernya mendadak meledak dorong roda belakang, gak kayak mobil n/a yang curvanya flat naek torsinya dikit2x :big_bored:

kenapa saya concern ke torsinya karena pajero itu diurut gas pelan pun di d dia shifting diatas RPM turbo ditambah diesel torsi maksimal diatas 2500rpm pajero lama yang 5 speed aja cepet masuk gimana pajero baru 8speed pasti ratio gigi lebih pendek2x, makanya baca yang bener deh saya bilang jgn ditaro di d tapi pake paddleshift masukin gigi 5 atau gigi paling tinggi biar rpmnya rendah terus terutama lagi cruising di jalan tol karna kalo ud di jalan tol kosong orang suka gak liat speedo di pasrahin di d :big_bored:

dan liat lagi video yang ini om dia nerabas kencang sekali geanangan dalem gak langsung mental kalo emang mau ngehindar pas berasa nabrak pertama harusnya lsg lepas gas itu aja keliatan dia malah masih kenceng sampe tengah artinya masih ada power dari mobil



intinya aquaplannning kejadian kalo orang ud kena genangan malah di paksa nambah gas akhirnya rpm naek torsi naek ban makin selip padahal genanganya belom kelar malah ditambahin power, biasa kek gini orang gak berasa atau gak sadar karena mobilnya masih stabil, padahal kalo dah tau nabrak genangan lsg lepas gas sambil ngerem pelan2x biasa gak ke lempar, toh malah disarankan buat ngehindarin aquplanning jgn pake cruise control karena pas nabrak genangan mobil berasa speednya turun akhirnya RPMnya dinaekin torsinya pun ikut naek buat ngejar speed yang di setel sama cruise control

toh saya sendiri ud ngalamin di livina lari 120kmh ada tikungan ke kiri ud tau bannya ud geter2x kena genangan saya pikir masih stabil malah saya paksa gas eh pas saya belokin ke kiri malah dia mau lurus ke tembok tol untungnya depan tembok efek aquaplanning nya ilang cuma masalah baru lagi input saya ke kiri mulai berasa efeknya akhirnya mobil belok ke kiri sendiri dan saya melintang di tengah jalan tol untungnya saya gak dihajar mobil dari belakang waktu itu jalanan sepi jd saya cuma lanjut jalan aja :big_bored:

intinya mau low speed mau high speed kalo ud berasa nabrak genangan mendingan lepas gas dulu sampe efeknya ilang baru mulai ngegas dikit2x lagi :big_deal:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Wed Nov 30, 2022 1:01
Suryaputra wrote: Wed Nov 30, 2022 0:35
Setuju banget mbah.

Iya klo kecelakaan tunggal, klo kecelakaan melibatkan org lain gmn?

Org lain udh safety driving, malah disamber sm pengendara yg pakai nafsu, bukan pakai (sorry) akal nya.

Yg membedakan manusia dgn hewan kan di akal nya

Sorry a bit rude, tp soal kecepatan dan keamanan, ini gak bisa ditoleransi sih :big_peace:
Setubuh mbah. Kalo uda ngomongin ego, napsu di jalan emang sulit. Kadang kita dijalan terprovokasi dikit aja bisa jadi ajang pepet2an. Tp kalo uda dlm kondisi tenang dirumah baru bisa mikir "ngapain yak gw kaya tadi, kalo jadinya X gmn, jadinya Y gmn" makanya itu self control dijalan sangat penting. Susahnya kalo nemu orang ngawur yg selalu merasa bener, ada apa2 tp nanti galakan dia dan malah nyalah2in orang :big_biglaugh:
:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Ivano wrote: Tue Nov 29, 2022 14:10
ANPS tipe dakar, dari versi awal 2016 sudah ada VSC nya.

VRZ gen awal belum ada, kecuali tetradrive.

Tapi memang benar, apapun teknologi nya, faktor luck sangat besar. Dan memaksakan luck sangat tidak bijaksana di ruang publik.

Jadi waktu hujan deras di jalan, bila memungkinkan istirahat aja di rest area kalau di toll.

Bila harus jalan, batasi kecepatan yg tolerable sama driver.

Pengelola tol tulis max 70kpj waktu hujan.

Yg penting, nyalakan lampu utama (jangan lampu kota), bukan hanya buat driver lihat jalan, tapi juga pengendara lain notice posisi mobil kita.

Prinsipnya: "To see and to be seen"

Tambahan: please jangan nyalakan lampu hazard, super menyilaukan dan membingungkan.
Dan yang lebih bahaya adalah orang2 yang tidak bisa membedakan mana luck,mana skill,mana uji ilmu kebal.

Beruntung 1x,dipikirnya itu skill or tekniknya dia sudah bener. Maka dia akan mengulangi hal2 tsb karena merasa sudah jadi god of speed.

Perkara menyalakan lampu ini juga ternyata susah bener. Masih banyak yang hujan=hazard.
Tapi di sisi lain,ada juga yang sudah hujan lebat atau sinar matahari sudah hampir gak keliatan tapi masih gak nyalain lampu sama sekali
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

pengendiesel wrote: Wed Nov 30, 2022 3:36
Dan yang lebih bahaya adalah orang2 yang tidak bisa membedakan mana luck,mana skill,mana uji ilmu kebal.

Beruntung 1x,dipikirnya itu skill or tekniknya dia sudah bener. Maka dia akan mengulangi hal2 tsb karena merasa sudah jadi god of speed.

Perkara menyalakan lampu ini juga ternyata susah bener. Masih banyak yang hujan=hazard.
Tapi di sisi lain,ada juga yang sudah hujan lebat atau sinar matahari sudah hampir gak keliatan tapi masih gak nyalain lampu sama sekali
God of speed itu temennya god of gamblers si chow yun fat ya om? :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

kendibocor wrote: Wed Nov 30, 2022 3:56
pengendiesel wrote: Wed Nov 30, 2022 3:36
Dan yang lebih bahaya adalah orang2 yang tidak bisa membedakan mana luck,mana skill,mana uji ilmu kebal.

Beruntung 1x,dipikirnya itu skill or tekniknya dia sudah bener. Maka dia akan mengulangi hal2 tsb karena merasa sudah jadi god of speed.

Perkara menyalakan lampu ini juga ternyata susah bener. Masih banyak yang hujan=hazard.
Tapi di sisi lain,ada juga yang sudah hujan lebat atau sinar matahari sudah hampir gak keliatan tapi masih gak nyalain lampu sama sekali
God of speed itu temennya god of gamblers si chow yun fat ya om? :big_biglaugh:
Betul om,tapi yang ini megang setir,bukan kartu :big_biglaugh:

Setir sama hp lebih tepatnya,buat pembuktian diri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Wed Nov 30, 2022 4:06
kendibocor wrote: Wed Nov 30, 2022 3:56
pengendiesel wrote: Wed Nov 30, 2022 3:36
Dan yang lebih bahaya adalah orang2 yang tidak bisa membedakan mana luck,mana skill,mana uji ilmu kebal.

Beruntung 1x,dipikirnya itu skill or tekniknya dia sudah bener. Maka dia akan mengulangi hal2 tsb karena merasa sudah jadi god of speed.

Perkara menyalakan lampu ini juga ternyata susah bener. Masih banyak yang hujan=hazard.
Tapi di sisi lain,ada juga yang sudah hujan lebat atau sinar matahari sudah hampir gak keliatan tapi masih gak nyalain lampu sama sekali
God of speed itu temennya god of gamblers si chow yun fat ya om? :big_biglaugh:
Betul om,tapi yang ini megang setir,bukan kartu :big_biglaugh:

Setir sama hp lebih tepatnya,buat pembuktian diri
terus posting di tiktok

viewers seneng, tapi malaikat maut gregetan :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Wed Nov 30, 2022 0:51 tapi piala nya tetap utk org yg pake ban inferior, mata nya bolor, nyetir pake lampu hazard, speed cuma 40an kph, dan jalan di tengah garis marka. ini di tol.

org kaya gitu pikirnya semua org spt dia. pdhl yg lain invest di ban superior, matanya sehat, lampu nya bagus punya tembus liat garis marka jd stay di lajur yg proper, tau aturan berkendara kl hujan cukup pakai lampu biasa bukan hazard, mobilnya mungkin jg lbh bagus, paling ngga karet wipernya baru terus, sehingga bisa lebih kencangggg.
mbok ya kl tau penuh dgn keterbatasan begitu sila tau diri dgn minggir dulu lah drpd membahayakan org lain n dianggap badut jalanan.
kalo udah ke toko ban d sini mahh antara cheapskate atau mo gaya doank mbah.

kl cheapskate dikasih tawarin ban eko ekoan jg dimakan. mau downgred mobil ada turbonya bawaan dikasi turanza d ganti enash1t ya ada koq. prnh ditawarin enash1t buat golep lsg ane tolak mentah-mentah. gile mbl dual forced induction gini dikasi ban eko eko.

kl mo gaya doank, sedan dikasi velg 20 inch, ban ya jelas lah ban termurah yang ada. abis budget buat beli velgnya.

ban milih2 merk model type ntar dibilang nyusahin hidup atau aliran siksa diri ban doank milih2 kayak milih istri.

giliran aquaplanning bilangnya apes atau takdir :mky_07: susah model begini ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by grimjow »

Omnibus wrote: Wed Nov 30, 2022 0:51 tapi piala nya tetap utk org yg pake ban inferior, mata nya bolor, nyetir pake lampu hazard, speed cuma 40an kph, dan jalan di tengah garis marka. ini di tol.

org kaya gitu pikirnya semua org spt dia. pdhl yg lain invest di ban superior, matanya sehat, lampu nya bagus punya tembus liat garis marka jd stay di lajur yg proper, tau aturan berkendara kl hujan cukup pakai lampu biasa bukan hazard, mobilnya mungkin jg lbh bagus, paling ngga karet wipernya baru terus, sehingga bisa lebih kencangggg.
mbok ya kl tau penuh dgn keterbatasan begitu sila tau diri dgn minggir dulu lah drpd membahayakan org lain n dianggap badut jalanan.
Setuju sih. Pialanya tambahin ama lampu mati sebelah,Om. Kalo lagi ujan gede dan malam jadi bingung nih mobil atau motor di depan. :big_childish:
Kondisi ban dan kedalaman tapak emang penting di situasi hujan atau genangan. Seperti dijelasin di video ini.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Nov 30, 2022 5:14
Omnibus wrote: Wed Nov 30, 2022 0:51 tapi piala nya tetap utk org yg pake ban inferior, mata nya bolor, nyetir pake lampu hazard, speed cuma 40an kph, dan jalan di tengah garis marka. ini di tol.

org kaya gitu pikirnya semua org spt dia. pdhl yg lain invest di ban superior, matanya sehat, lampu nya bagus punya tembus liat garis marka jd stay di lajur yg proper, tau aturan berkendara kl hujan cukup pakai lampu biasa bukan hazard, mobilnya mungkin jg lbh bagus, paling ngga karet wipernya baru terus, sehingga bisa lebih kencangggg.
mbok ya kl tau penuh dgn keterbatasan begitu sila tau diri dgn minggir dulu lah drpd membahayakan org lain n dianggap badut jalanan.
kalo udah ke toko ban d sini mahh antara cheapskate atau mo gaya doank mbah.

kl cheapskate dikasih tawarin ban eko ekoan jg dimakan. mau downgred mobil ada turbonya bawaan dikasi turanza d ganti enash1t ya ada koq. prnh ditawarin enash1t buat golep lsg ane tolak mentah-mentah. gile mbl dual forced induction gini dikasi ban eko eko.

kl mo gaya doank, sedan dikasi velg 20 inch, ban ya jelas lah ban termurah yang ada. abis budget buat beli velgnya.

ban milih2 merk model type ntar dibilang nyusahin hidup atau aliran siksa diri ban doank milih2 kayak milih istri.

giliran aquaplanning bilangnya apes atau takdir :mky_07: susah model begini ini.
Ngapain mbah beli ban mahal2, orang sama2 benda bulet, item, bunder kok. Yg penting gelinding :ngacir:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ilhami »

biasanya aquaplaning rawan di tol yang berbelok, misalnya tol bintaro-pondok aren.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Nov 30, 2022 6:43
Ngapain mbah beli ban mahal2, orang sama2 benda bulet, item, bunder kok. Yg penting gelinding :ngacir:
iya donk, kalo nanti celaka jg bilangnya nasib apes atau takdir. klo kegelincir pas hujan bilangnya kalo hujan jangan kenceng kenceng :mky_03:

ngomong2 aquaplanning debat kusirnya blm kelar yah.... ane mahh prinsipnya kalo nyetir kalo bisa agak kenceng kenapa harus pelan jadi lanehogger, kita nyetir mobil ini bukan ngontel sepeda.

hujan tu ane lbh masalah jarak pandang drpd jalan licin atau aquaplanning. kl jarak pandang memadai gak takut betot gas kok. asal ngerti aja di depan ada apa, kalo terjadi apa apa buangnya kemana.

yang penting kenal behavior mobilnya dan kemampuan diri sendiri aja, + maintenance dan equipmentnya proper. kl masih pemula pake econobox ban eco ecoan blm sanggup beli micin PS4 ya jangan belagu matiin traction control ngebut ngebutan ga jelas.

keberuntungan itu kombinasi ketiganya juga kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7