Page 9 of 20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 1:08
by maastricht889
slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2an

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 1:46
by Omnibus
kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 3:33
by benzz89
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 4:20
by iwansiagian
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Sama om Omni.. mata saya langsung sakit liat Hazard kelap kelip gitu

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 4:52
by lamatlancah
bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.

gubrak dah speechless.....

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 6:14
by walid_007
Klo lihat video yg bikin jadi kaco ya ops yg kaget n telat ngerem. Yg lain belom ciuman /walopun udah juga pelan bgt.. ops datang dan jadi mesra semua

Dan saat beruntun tuh hrc udah di jalur sebaliknya.. jd tu anps keknya kaget shock dan penasaran

Btw klo hujan we klo d tol selalu mode gas n glide sambil posisi "nyalakn lmapu rem " walopun deselarasi jya nyaris gada".. biar d belakang juga waspada
Klo mobil pake rear fog gaperlu . Krn mmg lampu belakang di sore hujan kurang keliatan/tembus..

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 8:01
by sh00t
slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Waktunya hujan deras, waktunya banyak patwal... :big_biglaugh:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 8:02
by maswewe
Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 10, 2021 10:15
by Omnibus
tapi kan ban tidak flat dan bukannya tidak beralur. kl begitu apakah kl mobil pakai ban motor akan tidak aquaplanning? sptnya malah akan melintir kl lewat genangan air.

mau lebar pun ga masalah yg terpenting kemampuan ban tsb memecah genangan air, berapa debitnya yg sanggup dipompa keluar via alurnya dlm speed tertentu. semakin bisa memompa keluar artinya semakin besar proporsi tapak yg bisa bersentuhan dgn aspal dan dapat traksi.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 0:09
by maswewe
Enggi...

Makin beralur makin baik.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 1:35
by bembenk95
erwinign wrote: Sun Jan 10, 2021 1:08
slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2an
kalo cuma di 1 jalur terus di tol , hazard nyala pas hujan deres masih bisa di mengerti. masalahnya byk juga yg sambul pindah jalur.
Ane kalo hujan deres jarak pandang minim, ane kasih Sign kanan saja.
sama Blink light terus-menerus itu bikin mata yg lihat cepat lelah dan kadang malah buat distraksi dgn sekitar.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 1:41
by bembenk95
maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:
ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.

Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 2:16
by ChZ
bembenk95 wrote: Mon Jan 11, 2021 1:41
maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:
ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.

Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.
betul, aquaplanning lebih ke karakter pola alur ban drpd size ban.

makanya sy heran kenapa di blakang ada yg ribut pajero dikasih ban kecil ampe ngata ngatain... pdhl yang dibahas ya ngga relevan. jip era eighties nineties juga pake ban kurus kurus. lebih parah drpd pajero dikasih 215 malahan.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 2:53
by jessboy
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 3:00
by ChZ
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 3:52
by marmut
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini

saya anggap itu sebagai salah satu budaya.
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 4:15
by chaprizone
agak repot kalo di perempatan jalan kecil yg gk ada traffic lightnya, liat dr samping orang yg pake hazard cm keliatan lampu sein salah satu sisi aja :mky_01:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 7:00
by satriakarisma
Nah ini, hazard di per4an/per3an.
Ketemu lawan arah yang pakai hazard, begitu kita masuk eh gak taunya dia lurus gak ke arah kita.
Amsyiong kalo gak ati2

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 7:14
by adityabp
lamatlancah wrote: Sun Jan 10, 2021 4:52 bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.

gubrak dah speechless.....
Loh, memang bener jalanan gak kliatan.
Hanya saja, kalo di depan dah kliatan pantat mobil, mbok yao dimatiken itu highbeam-nya.
:mky_01:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 9:43
by hafizh
marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 3:52
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
saya anggap itu sebagai salah satu budaya.
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 9:57
by marmut
hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...

ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.

dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 10:00
by hafizh
marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 9:57
hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...

ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.

dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.
Iya om posisi papasan, klo ngekor bis jg pernah, klo bus sein kanan terus biasanya aman utk ngekor cuma kadang takut jadi diambil mobil belakang yg ngekor...

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 10:32
by masnanas
ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33 Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 10:50
by Omnibus
masnanas wrote: Mon Jan 11, 2021 10:32
ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53

untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.
betul sekali.

tp rasanya kita semua dlm satu titik pernah membuat kekeliruan serupa. yg terpenting skrg kita tau mana yg benar dan mana yg kurang tepat sehingga kedepannya perbaikan dimulai dari diri kita sendiri dulu.

kalo bukan skrg kapan lagi. kalo bukan dr diri sendiri siapa lagi. untuk keselamatan bersama kok coba2. (gitu kan ceritanya kaya iklan ....)

:mky_03:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Mon Jan 11, 2021 13:27
by timbermaniac123
Hayo, yang salah jangan dibenarkan. Biasanya budaya orang indonesia gitu "benar karena terbiasa" Toh demi keselamatan bersama.