jalan tol sudah panjang2 dan nyambung ke berbagai kota, transportasi jadi lebih mudah dan cepat.
tapi otak pengemudinya masih banyak yang mesti diedukasi.
jangan sampai jalan tol jadi mesin pembunuh untuk meredam populasi karena program KB gagal.
waktu tgl 6 des 2020 sy lewat transjawabahn berangkat dr bdg sampai sby hujan lebat terus ga berhenti2. rasanya sy pernah post ketika lewat km 280 s/d 380 (lupa tepatnya pokoknya 200 atas sampai 300 atas) itu area rawan aquaplanning.
seingat sy ga ada tanjakan sepanjang itu, mungkin ada sedikit sy ga berasa sih. cuma maksudnya utk area yg menanjak dimana air hujan tidak terbuang ke pinggir jalan (ke jalur hijau atau drainase) tp tetap berada di tengah aspal, tp air tsb turun dgn kecepatan tertentu mengarah ke arah mobil datang, itu spt kita melaju lebih dr kecepatan kita. resultant speed nya jd kecepatan mobil + kecepatan air. belum lagi faktor fluid dynamics nya ketika dilindas ban belum tentu gaya air mengalir tegak lurus thd tapak dan ga tau kemana momentumnya. bisa lebih parah efek aquaplanning nya kl di tanjakan. sy bukan ahli fisika tp spy semua hati2 krn ada faktor X bukan hanya kondisi ban atau keahlian mengemudi saja.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 19, 2021 17:14
by arinugroho14
untuk om omnibus
iya benar di sekitar tanjakan landai menuju jembatan. krna pernah mengalami.
di sekitar batang, nanjak dan nikung, jadi saya di jalur kiri hampir kecelakaan nabrak median tengah (ban depan tidak ada traksi). kejadian tengah malam, pandangan terbatas
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Wed Jan 20, 2021 3:23
by epevert
Bener banget nih om...kemampuan beli mobilnya tidak berbanding lurus dengan edukasinya....
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Fri Jan 22, 2021 6:03
by pcx
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 4:05
by sealplayerz
pcx wrote: ↑Fri Jan 22, 2021 6:03
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
Jangankan supercar om, F1 pun juga pernah aquaplanning.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 4:39
by racho
pcx wrote: ↑Fri Jan 22, 2021 6:03
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
selain kondisi ban yg kudu oke, pengendara yg waras, yang penting juga adalah rancang bangun jalanannya.
dimari jalan tol yang bayar aja banyak bergelombang dan berlubang, begitu ujan keisi air, ditambah lagi drivernya pada seruntulan;
maka sempurnalah resep kecelakaan aquaplaning.
sampe sekarang ane masi salut liat nyali pengguna ladderframe rwd gc tinggi ujan2 di cipali lari 150+
sementara ane pake awd agak ceper aja masi mikir kalo ujan...
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 5:16
by Tats
Dulu pas masih pegang captiva awd ga pernah kena aquaplaning
Pake mobil rwd (saloon) dan fwd (suv) ber-vsc ga pernah aquaplaning juga
Menurut sy vsc sangat membantu utk cuaca2 seperti ini, walau behaviour dan ilmu pengemudi juga berpengaruh juga
Sy harap pemerintah indo mewajibkan esp/vsc sebagai fitur standar, ga hanya abs doang
Tp ya tau sendiri lah, kalau 4x4 aja dikasih pajak lebih berarti pemerintahnya seperti apa...
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 8:23
by smgandi
racho wrote: ↑Sat Jan 23, 2021 4:39
selain kondisi ban yg kudu oke, pengendara yg waras, yang penting juga adalah rancang bangun jalanannya.
dimari jalan tol yang bayar aja banyak bergelombang dan berlubang, begitu ujan keisi air, ditambah lagi drivernya pada seruntulan;
maka sempurnalah resep kecelakaan aquaplaning.
sampe sekarang ane masi salut liat nyali pengguna ladderframe rwd gc tinggi ujan2 di cipali lari 150+
sementara ane pake awd agak ceper aja masi mikir kalo ujan...
Karena ladderframe rwd gc tinggi terlihat kekar jadi memperbesar nyali, kalau cungkring ceking jadi tdk terlihat kekar.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 15:22
by smgandi
Omnibus wrote: ↑Tue Jan 19, 2021 15:32
waktu tgl 6 des 2020 sy lewat transjawabahn berangkat dr bdg sampai sby hujan lebat terus ga berhenti2. rasanya sy pernah post ketika lewat km 280 s/d 380 (lupa tepatnya pokoknya 200 atas sampai 300 atas) itu area rawan aquaplanning.
seingat sy ga ada tanjakan sepanjang itu, mungkin ada sedikit sy ga berasa sih. cuma maksudnya utk area yg menanjak dimana air hujan tidak terbuang ke pinggir jalan (ke jalur hijau atau drainase) tp tetap berada di tengah aspal, tp air tsb turun dgn kecepatan tertentu mengarah ke arah mobil datang, itu spt kita melaju lebih dr kecepatan kita. resultant speed nya jd kecepatan mobil + kecepatan air. belum lagi faktor fluid dynamics nya ketika dilindas ban belum tentu gaya air mengalir tegak lurus thd tapak dan ga tau kemana momentumnya. bisa lebih parah efek aquaplanning nya kl di tanjakan. sy bukan ahli fisika tp spy semua hati2 krn ada faktor X bukan hanya kondisi ban atau keahlian mengemudi saja.
Tanggal segitu ane juga lewat transjawabahn dari smg ke jkt memang sedang hujan lebat.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sat Jan 23, 2021 15:24
by smgandi
pcx wrote: ↑Fri Jan 22, 2021 6:03
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
Jgn bicara begitu ente, sdh standart pabrik, sdh lolos uji teknis. Kalau dicungkringin ntar dibilang orang stres.
Atau orang sarap kali ye yg bilang kalau yg nyungkringin orang stres.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Sun Jan 24, 2021 6:12
by iwansiagian
Walaupun sudah lengkap safety, vsc, traction control, lebih baik jaga kecepatan ketika hujan. Kejadian tadi pagi di tol Bekasi arah Cikunir, Porsche 911 seperti nya
Screenshot_20210124-130741_Gallery.jpg
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Mon Jan 25, 2021 5:50
by Omnibus
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
at least the ducks survived
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 3:13
by sukerdan02
Omnibus wrote: ↑Mon Jan 25, 2021 5:50
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
at least the ducks survived
kalo ini sih yg nyetir gak paham cara water fording wkwkkww
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 3:21
by ChZ
Omnibus wrote: ↑Mon Jan 25, 2021 5:50
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
at least the ducks survived
kebayang klo di indonesia komentarnya bakal penuh dengan
"mahal mahal kalah sama (insert nama motuba/LCGC/LMPV here)"
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 3:29
by slapnuts
Omnibus wrote: ↑Mon Jan 25, 2021 5:50
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
at least the ducks survived
Konyol, what’s the point of driving fast in that kind of condition. Mobil mahal, otak ga sejalan. Suka heran dengan orang-orang yang gaspol ketika melewati banjir, ga mikir apa ya dengan gaspol justru akan memperbesar risiko water hammer.
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 3:30
by F272
Kemarin sore saya driving F272 di ruas tol .. mulai BORR lanjut ke Jagorawi dari Sentul sampai ciawi... itu masih aman, walaupun kondisi hujan, tapi pas masuk Tol Ciawi menuju Sukabumi... mulai merasakan ngeri karena genangan2 air nya lumayan banyak dan cukup membuat stir musti di pegang erat2 karena saya mearasakan ban mulai ngambang seolah engga napak di permukaan jalan yang terbuat dari cor beton... terlebih di jalan yang menurun lalu datar/kemudian menanjak, nah di posisi paling bawah ini seolah ada semacam sungai kecil yang terisi air hujan yang ketika di lewati akan berpotensi aquaplaning.. Saya sempat 1x hajar cekungan ini dan bikin ngeri.. segera saya turunkan kecepatan dari 120kpj ke 70kpj... stelah itu terlihat GT Cigombong saya pun segera exit tol ... saya yakin di depan masih banyak permukaan jalan yg spt itu.. jadi bagi teman2 yang melalui ruas Tol Ciawi menuju SUkabumi harap berhati2 ya...
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 3:48
by yanuarra
Omnibus wrote: ↑Mon Jan 25, 2021 5:50
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
pcx wrote: ↑Fri Jan 22, 2021 6:03
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
selain kondisi ban yg kudu oke, pengendara yg waras, yang penting juga adalah rancang bangun jalanannya.
dimari jalan tol yang bayar aja banyak bergelombang dan berlubang, begitu ujan keisi air, ditambah lagi drivernya pada seruntulan;
maka sempurnalah resep kecelakaan aquaplaning.
sampe sekarang ane masi salut liat nyali pengguna ladderframe rwd gc tinggi ujan2 di cipali lari 150+
sementara ane pake awd agak ceper aja masi mikir kalo ujan...
Agreed, Um@racho
Ane juga salut walo ngeri juga wkwkwk wong F1 aza tetep bisa hydroplanning
Kebetulan dulu ane jg pemakai ladderframe RWD GC tinggi
Sayang tipe AN kok malah suspensina terlalu soft mengayun sehingga sering membuat anak ane yg masih kecil mabuk bahkan kadang muntah kalo di jalan tol walo pendek ke Bandung doang
Kebetulan kakak ipar ane punya versi seblomna dan malah terasa lebih enak manusiawi ayunan suspensina sehingga anak kecil ga gampang mabuk
pcx wrote: ↑Fri Jan 22, 2021 6:03
Aquaplanning semakin sering dan rawan terjadi di musim hujan kayak gini
Apalage sekarang jalan tol udah semakin panjang tapi GC mobil2 malah semakin tinggi
Wong sekelas supercar GC rendah seolah menapak bumi aza lost control jika aquaplanning apalagi GC tinggi macam Fortuner dan PS
Ga terguling aza sudah termasuk beruntung
Jgn bicara begitu ente, sdh standart pabrik, sdh lolos uji teknis. Kalau dicungkringin ntar dibilang orang stres.
Atau orang sarap kali ye yg bilang kalau yg nyungkringin orang stres.
Omnibus wrote: ↑Mon Jan 25, 2021 5:50
kalo ini aquaplanning campur water hammer.
at least the ducks survived
kalo ini sih yg nyetir gak paham cara water fording wkwkkww
betull om wkwk...saya sering liat juga di youtube...mgkn krn di sono jarang banjir..pd ga keedukasi cara ngelibas yg aman
infonya jalan satunya yg ga banjir cm 1 mil lebih jauh
pernah liat juga ada yang kreatif, drivernya mundur ngelibas banjir
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Jan 26, 2021 7:00
by KielConstantine
b0ku wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 10:54
barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya???
dakkar 2012 pake DEX
Awas nyebur ke danau sunter.... ntar malah diajak berenang sama sandi uno