Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by 12punch »

Sesuai judulnya
ane nemu instagram salah satu bengkel dia menawarkan jasa Kalibrasi Injector

pertanyaannya, kira2 dikalibrasi kalau sudah ada gejala apa ya?
lalu tiap berapa puluh ribu KM baru di kalibrasi ?

kalo service di bengkel resmi biasanya injector mereka kalibrasi kah ?
terakhir, harga range berapa ya? untuk mobil2 city car 4 silinder
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by MSU »

cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by well »

pandangan saya pribadi sebagai org awam, kalau tidak ada kendala tidak perlu dibongkar, karena biasanya pasangan pabrik dengan kalau sudah dibongkar manual hasilnya tidak bisa sebagus kerjaan pabrik. nanti malah ada aja.
kecuali seperti sesuatu hal yg harus di maintenance ya mau tidak mau hrs di bongkar untuk di cek atau diganti
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by 12punch »

MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah

oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by maastricht889 »

12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah

oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
Sama nih om di avansa 2008 sy, CE kdg2 nyala. bengsin pake pertalit 1:8 mulu
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2568
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by farizfsa »

12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah

oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by Omnibus »

yg nubie ngerti injector yg biasa dikalibrasi adalah injector diesel yg msh pakai bosch pump (bospom). kl mesin pincang injectornya diturunin n dibersihkan habis itu dikalibrasi/metering dgn tekanan kerja normal diukur keluarnya brp cc solar, harus sama tiap injector, dan dilihat jg pengabutannya, hrs berkabut dan ga kencing.

kl injector common rail biasanya kl rusak ganti baru. dan spy injector baru yg dibeli (misal belinya cuma 1 buah ga ganti semua) bisa sama ukuran debit keluarannya dgn yg lain biasanya ada QR code di ujung atasnya. QR code itu berisi info ttg injector set tersebut (nilai kompensasi dsb) jd kl diganti baru ga pincang krn sama spec nya dgn teman2nya yg lama.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by Omnibus »

12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
umur mobil (atau sensor O2) sdh brp lama? biasanya jarang rusak dan sering org ganti krn misdiagnosis.

dipastikan dulu bukan dr MAF sensornya yg ternyata cuma kotor. coba aja bersihin dulu maf nya pakai crc maf cleaner (jgn pakai carb cleaner bisa rusak)
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by MSU »

farizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26
12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah

oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.
Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusak
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by DOHC »

kalibrasi setau nubie kenek musatek sehh biasa pratek nya utk mobil2 diesel yah, cara nya seprti yg mbah prop omni jelasin d atas

nahh kl d mobil2 bensin, biasa yg nubie liat, itu lebi ke arah cleaning.. entah pake ultrasonik ataupun dcopot trus dpasang ke smacam 4 bjana sambil di tembak cairan cleaner ampe kluar bensin nya ngabut ga kencing netes kaya prostat bengkak

cuman enak nya utk mobil2 bensin, skrg ud ad cara murah meria kere hore nya koq, tinggal beli adaptor plastik nya aj di toko onlen, sekaleng carbcleaner, trus kerjain sendiri dehh d rumah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by devin96 »

Dulu saya pernah punya pengalaman abs service di toyota KM 90 rb an di fortuner bensin di kasih catatan katanya injector kotor, karena memang sebelumnya mesin agak geter. Nah setelah itu saya coba cari bengkel yg punya alat ultrasonic injector cleaning, dan akhirnya saya coba mampir kesana dan injector saya dilepas 4 buah lalu di kalibrasi dengan alat. Setelah itu yg saya rasakan getaran jadi sedikit berkurang tapi msh tetep getar sedikit(mungkin efek engine mounting jg yg udh getas). Untuk tarikan sendiri saya ga terlalu merasa ada perbedaan yg signifikan setelah kalibrasi injector.

Kalo di bengkel resmi untuk perawatan berkalanya mereka tidak kalibrasi injector, dan tdk semua bengkel punya alatnya. Klo skrg rata2 modelnya kayak purging gitu untuk bersihin injector mobil bensin tanpa perlu bongkar2 injector. Palingan di bengkel resmi kalo ada permintaan dari customer untuk kalibrasi injector mereka purging pakai obat khusus spt 3M, BG dll. Ini dlu ada di BeRes honda tebet saya tanya langsung ke SA-nya. Tp ga semua bengkel punya alat2 kayak gitu, jd hrs tanya ke bengkelnya langsung.

Biasa injector kotor karena kualitas bensin yg kotor, filter bensin + filter screen yg udh kotor bgt sehingga kotoran lolos dikit2 ke injector. Gejala biasanya agak brebet2 dan getar2 gitu, mirip2 gejala busi, koil, fuel pump lemah. Jadi harus di cek dlu tuh mana yg masalah dan sepertinya tdk ada patokan yg baku tiap brp KM harus kalibrasi injector. Untuk harga di bengkel umum per injectornya mobil bensin kalo ga salah sekitar 80 rb an ya lupa jg pastinya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by marmut »

Omnibus wrote: Fri Jan 08, 2021 10:05 coba aja bersihin dulu maf nya pakai crc maf cleaner (jgn pakai carb cleaner bisa rusak)

:mky_01:





:ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by josomba »

marmut wrote: Fri Jan 08, 2021 14:52

:mky_01:





:ngacir:
Sing penting kipas2in pk kipas sate 7hari 7malam?

:big_chicken:
Image
sunstrokes
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Nov 29, 2020 8:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki SY415

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by sunstrokes »

Klo menurut pengalaman saya sih pembersihan injector itu perlu. 2 tahun sekali saya bersihkan. Kelihatan kok pas blm dibersihkan semprotan injector itu seperti nggak halus.
Kalau sdh dibersihkan hasilnya semprotannya rata dan halus seperti aerosol.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by bangrosi »

Omnibus wrote:yg nubie ngerti injector yg biasa dikalibrasi adalah injector diesel yg msh pakai bosch pump (bospom). kl mesin pincang injectornya diturunin n dibersihkan habis itu dikalibrasi/metering dgn tekanan kerja normal diukur keluarnya brp cc solar, harus sama tiap injector, dan dilihat jg pengabutannya, hrs berkabut dan ga kencing.

kl injector common rail biasanya kl rusak ganti baru. dan spy injector baru yg dibeli (misal belinya cuma 1 buah ga ganti semua) bisa sama ukuran debit keluarannya dgn yg lain biasanya ada QR code di ujung atasnya. QR code itu berisi info ttg injector set tersebut (nilai kompensasi dsb) jd kl diganti baru ga pincang krn sama spec nya dgn teman2nya yg lama.
Injector common rail jg perlu di kalibrasi tapi syaratnya mampet,gk berfungsi.di benerin dulu biasa ada repairing kit nya seperti kaburator lalu di kalibrasi ulang.

injector diesel itu mahal bisa hampir 10x lipat dari injector bensin.jadi kalo injector bensin rusak mending ganti baru.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by lemonadelovers »

12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah

oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
Pakai CRC maf cleaner gunakan sesuai petunjuk atau Cari copotan aja om, daerah parung mobil2 kampakan, tp harus teliti jgn mbl eks banjir
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by 12punch »

MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 13:25
farizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26
12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39


oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,

nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?

kalo ganti sensor O2nya muahal :big_cry:
menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.
Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusak
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner

nah masalah Sensor O2 yang rusak,
yg diagnosa Sensor O2nya lemah itu Bengkel resmi, mereka bilang suruh ganti
bener sih mending benerin permasalahan yg bener2 jelas ada..

tapi akhirnya ane coba ke 1 bengkel spesialis ford di daerah Serpong,
mereka coba scan dan baca data2 oksigen yg di baca oleh sensor tersebut,
angkanya yg masuk ke komputernya sih katanya wajar, jd sebenernya gpp ga diganti dulu

mendengar 2 pandangan dr 2 bengkel , jd ane kaya hmm nanti dulu deh sensornya,
soalnya check enginenya suka ilang suka muncul sih..

mungkin di bersihin dulu saja kali ya ?
oke nnti ane kabarin kalo sudah dibersihkan
makasih suhu2


kalibrasi injektornya berarti nanti dulu ya?
kek 2 bulan lalu tp ane sempet jg masukin cairan Schaeffer 131 neutra jg sih ke tangki bensin yg dpt gratis beli 8 botol schafer 9000 di papasari..
itu juga membersihkan injektor kan ya ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?

Post by MSU »

12punch wrote: Mon Jan 11, 2021 6:16
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 13:25
farizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26

menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.
Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusak
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner

nah masalah Sensor O2 yang rusak,
yg diagnosa Sensor O2nya lemah itu Bengkel resmi, mereka bilang suruh ganti
bener sih mending benerin permasalahan yg bener2 jelas ada..

tapi akhirnya ane coba ke 1 bengkel spesialis ford di daerah Serpong,
mereka coba scan dan baca data2 oksigen yg di baca oleh sensor tersebut,
angkanya yg masuk ke komputernya sih katanya wajar, jd sebenernya gpp ga diganti dulu

mendengar 2 pandangan dr 2 bengkel , jd ane kaya hmm nanti dulu deh sensornya,
soalnya check enginenya suka ilang suka muncul sih..

mungkin di bersihin dulu saja kali ya ?
oke nnti ane kabarin kalo sudah dibersihkan
makasih suhu2


kalibrasi injektornya berarti nanti dulu ya?
kek 2 bulan lalu tp ane sempet jg masukin cairan Schaeffer 131 neutra jg sih ke tangki bensin yg dpt gratis beli 8 botol schafer 9000 di papasari..
itu juga membersihkan injektor kan ya ?
Menurut saya tergantung level mampet injektornya..
Dulu jaman piara peugeot sy juga bbrp kali tuang obat2 spt itu, paling mahal pake redline
Akhirnya iseng aja sy lepas injektornya & bersihkan cara koboi...konek kabel manual ke aki & pake cairan carb clean....ternyata bener2 beda hasilnya...kelihatan banget semprotannya jadi bagus..idle alus & tenaga langsung beda
Dari situ sy simpulkan cairan2 ini sifatnya kayak rada alus, mungkin butuh waktu lama untuk bersihkan

Untuk cara bersihkan O2 sensor...mgkn mesti tunggu suhu2 di SM....gmn caranya