seberapa "irit" kah mobil diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

nih baliknya abis isi solar...ngesot booowww.....

harusnya dr lampu merah BSD putar balik dapat 160-165 sbelum bundaran...cm awalnya malas iseng....jd tangggung jaraknya pas gas...itupun remnya udah ngesot ban ala ala mau drift...tapi nih mobil sih ajib...


diesel mah ngeriiiii boooowwww.....


hopeng yg cobain mobil tua merk shir repair plisur...terkesima pas tes di tol...kok standar kencang....ramuan siapa dulu...gw gitu loh...bukan ramuan jamu ya....boten boten wae aya...


kt hopeng ini mobil shir repair plisur kencang..tapi itu klo belum rasain kijang n fortuner...

bensin itu kencang rpm diurut sampe tinggi...

diesel.mah walo bodi ky gerobak gilaaaaa......ngeri booiii....irit pula...

jauhhhh enak diesel kt hopeng...gila dah ktnya...


nih kmrn keluar ...jarang keluar garasi...sampe ky kena erupsi gunung sinabung...
skalian sudah dicucilah yaooo...

2 mobil keren pake bingit..gak bikin susah apalg bikin abis isi dompet jadi kempes krn gak ada isi duit..malah tebal kartu kredit sama surat tagihan utang....ini manusia gak ingat mati x ya...tar mendadak dipanggil alam barkah gimana masuk sorga...ditambah suka nipu pinjam gak bayar...

btw...

yah mobil kekinian tapi awet...apa adanya...pedal ke karpet lompatin lobang poldur gak rusak...

ini mobil dibuat dr apa..
mesin kuat semuanya kuat...

pdhl.pigibak...sering x pedal ke karpet lawan mobil sgede bapao..mazda 2 jaz ..mobil baru gitu...di makan lah....bambanggzzzah...kurang main jauuuuhhhh.. :big_weee:

klo standar dibilang awet yahhh biasa booowwwwwoowww.....100 ribu km..200ribu km...anak bocah masih SD jg gak terkesima...

tapi kalo standar trs gampang rusak...ya dibawa ke pengepul aja di timbang perkilo berapa.... :big_slap: ..











Screenshot_20210324-065729_Gallery.jpg
Screenshot_20210324-065729_Gallery.jpg (354.04 KiB) Viewed 1114 times
Screenshot_20210324-071504_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071504_Video Player.jpg (203.98 KiB) Viewed 1114 times
Screenshot_20210324-071516_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071516_Video Player.jpg (209.19 KiB) Viewed 1114 times
Screenshot_20210324-071529_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071529_Video Player.jpg (154.05 KiB) Viewed 1114 times
Screenshot_20210324-071259_Gallery.jpg
Screenshot_20210324-071259_Gallery.jpg (286.78 KiB) Viewed 1114 times
Screenshot_20210324-070045_Gallery.jpg
Screenshot_20210324-070045_Gallery.jpg (275.05 KiB) Viewed 1114 times
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Profith83 »

ginting wrote: 19 Mar 2021, 15:41
elraedrew wrote: 19 Mar 2021, 06:33
evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24

Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
Benar om. Lebih tepatnya membandingkan harus di tahun yang, dan bobot mobil yang sama

Misal HANYA bandingkan tahun pambuatan.
Expander matic thn 2021 bandingkan dengan Innova diesel matic 2021.

Innova diesel matic kalau jalan tol kecepatan 100-110. Bisa dapat 1L 20KM lebih pakai Bio solar.
Misal jalan 500 KM / 20 = 25 liter x 5.150 = 128.750

Xpander matic jalan tol kecepatan 100-110 bisa dapat 1L angap sama 20 KM lebih pakai pertalite
Misal jalan 500 KM / 20 = 25 liter x 7.650 = 191.250

Itu baru apple to apple, bandingkan teknologi di tahun yang sama
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: 24 Mar 2021, 07:07 bensin gak bakal bisa lbih irit dr diesel...

liat aja rpm...

ini sudah ngesot bawanya sampe keluar tol nih...pedal ke karpet....langsung tekuk lemparin buntut....sesekali ktemu kawan nguber.....show off gitu cerita ne...

mobilnya ajib....walo mobil mak mak antar anak sekolah...tapi berasa sedan spek type r.... kaku kakinya...ky dipantek...

pigibak pula....jangan di uber yeee....krn gak senang liat mobil mamak mamak pedal ke karpet .... :big_weee:

klo trek lurus sama2 kik don...merk shir repair plisur standar sih...di makan...

asal jgn diatas 200....kalah mobil mamak mamak..ngaku aja yee mobil mamak kalah....

Image
Asik .... boost meternya 3 bar ..

Alias 42 psi :big_love:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
bapakemaknyos
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 05 Apr 2021, 13:46
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Yaris

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by bapakemaknyos »

Jadi.. kalau dihitung2 ternyata diesel enggak selalu jauh iritnya dari bensin, cuman memang lebih forgiving dari bensin kalau kakinya gk sekolah atau kena macet.. tapi kalau cruising 90-100 lumayan berasa iritnya untuk beberapa model (innova contohnya. MuX cruising memang irit tapi secara cost karena diminumkan dexlite, enggak beda jauh sama innova bensin. Mungkin karena body berat dan gede juga sih)

Sampel ditempat saya ada inmova 2005 bensin MT, 2012 bensin AT, dan reborn diesel AT (bukan punya saya atau keluarga yg ini tapi)
Di luar itu ada ini tapi enggak terlalu bisa dibandingkan karena beda kelas/ukuran : yaris bakpao matic, MUX matic, panther GT 2011 manual

Perhitungan saya untuk bensin pakai pertalite, diesel pakai dexlite ya.. soalnya kalau lihat gelagatnya solar bentar lagi disikat kaya premium (ada tapi jarang dan distribusinya dimonitor. Beberapa tempat malah udah enggak ada premium dan diganti pertalite subsidi dengan strict requirement)

Kalau main di TCO (total cost), innova bensin masih primadona mobil dinas di tempat saya kerja. Ada puluhan dan sampai sekarang masih stay di bensin. Mungkin karena innova ini di tempat saya mobil dinas manager dan GM (kalau GMnya ambil COP personal instead of milih skema 5 tahun mobdin jadi milik) yang jarak jelajahnya dibawah asmen2 dan spv yg keliling kemana2 kali ya.. di tempat saya beginian dihitung banget soalnya semua mobdin pakai blackbox.



Gitu mungkin summarynya ya?
*edisi lagi nyari mobil buat keluarga hehehe udah lama prefer diesel tapi semenjak solbus mulai berkurang distribusinya, lagi dihitung ulang pakai pertalite vs dexlite
** actual sih kalau bensin saya pakai vivo 89 buat harian deket rumah karena sofar mesin bensin yg dipake spek premium semua, kecuali fiesta yg minta pertamax. Everest dan panther juga minumnya solbus, kecuali MUX pakai pertadex karena ini preference bokap yg make.
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 14 Dec 2017, 20:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by adi100 »

ijin nyimak dulu, dari dulu kepengen pny mobil diesel tapi gak kesampean
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

bapakemaknyos wrote: 09 Apr 2021, 10:51 Jadi.. kalau dihitung2 ternyata diesel enggak selalu jauh iritnya dari bensin, cuman memang lebih forgiving dari bensin kalau kakinya gk sekolah atau kena macet.. tapi kalau cruising 90-100 lumayan berasa iritnya untuk beberapa model (innova contohnya. MuX cruising memang irit tapi secara cost karena diminumkan dexlite, enggak beda jauh sama innova bensin. Mungkin karena body berat dan gede juga sih)

Sampel ditempat saya ada inmova 2005 bensin MT, 2012 bensin AT, dan reborn diesel AT (bukan punya saya atau keluarga yg ini tapi)
Di luar itu ada ini tapi enggak terlalu bisa dibandingkan karena beda kelas/ukuran : yaris bakpao matic, MUX matic, panther GT 2011 manual

Perhitungan saya untuk bensin pakai pertalite, diesel pakai dexlite ya.. soalnya kalau lihat gelagatnya solar bentar lagi disikat kaya premium (ada tapi jarang dan distribusinya dimonitor. Beberapa tempat malah udah enggak ada premium dan diganti pertalite subsidi dengan strict requirement)

Kalau main di TCO (total cost), innova bensin masih primadona mobil dinas di tempat saya kerja. Ada puluhan dan sampai sekarang masih stay di bensin. Mungkin karena innova ini di tempat saya mobil dinas manager dan GM (kalau GMnya ambil COP personal instead of milih skema 5 tahun mobdin jadi milik) yang jarak jelajahnya dibawah asmen2 dan spv yg keliling kemana2 kali ya.. di tempat saya beginian dihitung banget soalnya semua mobdin pakai blackbox.



Gitu mungkin summarynya ya?
*edisi lagi nyari mobil buat keluarga hehehe udah lama prefer diesel tapi semenjak solbus mulai berkurang distribusinya, lagi dihitung ulang pakai pertalite vs dexlite
** actual sih kalau bensin saya pakai vivo 89 buat harian deket rumah karena sofar mesin bensin yg dipake spek premium semua, kecuali fiesta yg minta pertamax. Everest dan panther juga minumnya solbus, kecuali MUX pakai pertadex karena ini preference bokap yg make.

menurut saya sih, kalau mau membandingkan Diesel dan Solar maka secara operational cost , kalau mobilnya sepadan, maka diesel tetap menang irit.

SUV bensin Extrail dikasih Pertamax Turbo Vs Fortuner dikasih DEX
SUV bensin Extrail dikasih Pertalite Vs Fortuner dikasih DEXlite

Menurut saya FC masih lebih irit di diesel.

Lupakan saja pertarungan Premium Vs Biosolar, karena sudah jarang Premium sekarang (lagipula Biosolar menang di harga Rp 5150 idaman warga +62

Surprisingly spec Biosolar sudah makin baik, kalau dilihat di web pertamina.
Entah sampai kapan ini ada 5150.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ilhami »

Ya jangan terlalu mikir menang kalah. Yang penting kita tau data nya, mau diiesel atau bensin dengan berbagai jenis bbm nya.
Belum lama naik travel ternyata dia pakai innova bensin. Susah payah cari premium, sering mampir padahal tengah malam.
Penumpang nyaman nggak ada geredek-geredek khas diesel. Tapi di baris kedua bantingan terasa banget ya.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ongisnade »

Kalau secara properties rantai carbon solar lebih banyak dibanding bensin. Semakin banyak rantai carbon heating value semakin tinggi, tapi jelaga juga lebih banyak. Sama-sama volume 1 liter, dengan mobil yang sepadan mobil diesel akan bergerak lebih jauh dari mobil bensin karena energi yang terkandung dalam 1 liter solar lebih besar dibanding 1 liter bensin.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by gadjahalphien »

Semoga biosolar segera di premiumkan->pertalite.

Biar biosolar masuk ke plat kuning only.
Gajah-gajah pakai dex/lite
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Michaelktp »

Mid-sized SUV/MPV Ladder frame masih bisa berjaya karena boleh konsumsi bio solar
Sementara karena range harga sama yang Monocoque gigit jari secara harus konsumsi minimal Pertalite. Premium sudah dihapus tanpa statement hahaha
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Michaelktp »

albertusac wrote: 28 Jan 2021, 14:53
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya
-Cut-
Btw unit SpinDies nya apa bro ? LT atau LTZ
Unit saya LT 1.3D 2014 hehehe
Saya juga gagal paham dan gedeg dengan PT. GMI yang set interval ganti oli di 15K pada awal kemunculan SpinDies tahun 2013.
Secara sebelumnya sebagai pemakai diesel jadul: Taft, Panther dan Mitsubishi KuDies pre FL dan FL yang selalu set interval ganti oli lebih pendek dari mobil bensin yang lainnya.
Waktu service pertama saya konfrontasi SA Chevy tentang interval yang tak masuk akal ini. SA tetap ngotot dan keukeuh tidak akan ada problem mesin. Jika nantinya ada problem pada mesin tak perlu khawatir karena pasti digaransi total oleh PT. GMI. Mesin akan diganti dengan blok mesin anyar gress jadi tak perlu khawatir plus mesin aman untuk konsumsi bio solar sepuasnya. Ini tentu disambut gembira oleh para konsumen awal SpinDies sehingaa tak heran sales PT. GMI booming pada tahun 2013-2014 bahkan masuk 10 besar Indo DM.
Berbeda dengan nasib ErtiDies secara PT. SIS dari awal sudah megharamkan konsumsi bio solar atau garansi hangus
Setelahnya prahara SpinDies mulai terjadi medio 2014-2015 secara banyak teman klub Chevy Spindo saya yang mengalami overhaul. Memang benar janji PT. GMI mengganti blok mesin baru gress 1.3 D fresh from the oven tetapi reputasi PT. GMI dan SpinDies langsung lenyap ambles tak berbekas lagi.
Dari awal saya tetap set interval ganti oli pada 7,5K yang rasanya juga terlalu panjang. Akhirnya sering ganti oli mesin pada 6K saja. Dengan pemakaian bio solar selang seling dengan Dex karena ini hanya LMPV saja sehingga males kalau konsumsi Dex melulu hahaha. Sehingga unit saya selamat dan tetap aman bahkan suara mesin tetap halus seperti awalnya dan malah sering dikira mesin bensin oleh orang di luar mobil hahaha.
FC SpinDies selalu tembus diatas 20 km / liter bahkan awalnya rute PP Semarang-Magelang- Jogja via Kopeng bisa 25 km/liter dengan metode tangki full to full. Hmmm tak perlu teknologi hybrid Thumbs up
Relasi kantor yang waktu itu ikut dan melihat sendiri tanpa babibu langsung meminang SpinDies juga setelahnya. Karena ini nyata bukan katanya, dengar-dengar, konon dan bla bla bla hahaha.
LMPV Jepangan saya dulu AvXen 1.3L M/T dan now Xpander tidak pernah seirit dan seenak handling SpinDies ini.
Sangat disayangkan secara SpinDies produk bagus tapi dengan penanganan PT. GMI yang acakadut
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ctopher7 »

kompresorz wrote: 24 Mar 2021, 07:35 nih baliknya abis isi solar...ngesot booowww.....

harusnya dr lampu merah BSD putar balik dapat 160-165 sbelum bundaran...cm awalnya malas iseng....jd tangggung jaraknya pas gas...itupun remnya udah ngesot ban ala ala mau drift...tapi nih mobil sih ajib...


diesel mah ngeriiiii boooowwww.....


hopeng yg cobain mobil tua merk shir repair plisur...terkesima pas tes di tol...kok standar kencang....ramuan siapa dulu...gw gitu loh...bukan ramuan jamu ya....boten boten wae aya...


kt hopeng ini mobil shir repair plisur kencang..tapi itu klo belum rasain kijang n fortuner...

bensin itu kencang rpm diurut sampe tinggi...

diesel.mah walo bodi ky gerobak gilaaaaa......ngeri booiii....irit pula...

jauhhhh enak diesel kt hopeng...gila dah ktnya...


nih kmrn keluar ...jarang keluar garasi...sampe ky kena erupsi gunung sinabung...
skalian sudah dicucilah yaooo...

2 mobil keren pake bingit..gak bikin susah apalg bikin abis isi dompet jadi kempes krn gak ada isi duit..malah tebal kartu kredit sama surat tagihan utang....ini manusia gak ingat mati x ya...tar mendadak dipanggil alam barkah gimana masuk sorga...ditambah suka nipu pinjam gak bayar...

btw...

yah mobil kekinian tapi awet...apa adanya...pedal ke karpet lompatin lobang poldur gak rusak...

ini mobil dibuat dr apa..
mesin kuat semuanya kuat...

pdhl.pigibak...sering x pedal ke karpet lawan mobil sgede bapao..mazda 2 jaz ..mobil baru gitu...di makan lah....bambanggzzzah...kurang main jauuuuhhhh.. :big_weee:

klo standar dibilang awet yahhh biasa booowwwwwoowww.....100 ribu km..200ribu km...anak bocah masih SD jg gak terkesima...

tapi kalo standar trs gampang rusak...ya dibawa ke pengepul aja di timbang perkilo berapa.... :big_slap: ..












Screenshot_20210324-065729_Gallery.jpg
Screenshot_20210324-071504_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071516_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071529_Video Player.jpg
Screenshot_20210324-071259_Gallery.jpg
Screenshot_20210324-070045_Gallery.jpg
Ngeliat post om kompre slalu bikin ngakak. Awalnya liat speedo, tumben nih ga sampe mentok kanan bawah. Tau tau 140 dijalan bukan tol :wkkk:
pecinta bio solar
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post