Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Feb 09, 2021 13:01
silentIm2 wrote: Tue Feb 09, 2021 12:16
Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 9:43 Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
VW mungkin mengejar power delivery yang lebih refined. Terbukti pada mesin VW EA211 1.4 TSI torsi maksimal 250 Nm sudah ada dari 1300 RPM. Sementara Honda L15B7 torsi maksimal 240 Nm dimulai dari 1700 RPM. 400 RPM itu mungkin ga banyak, tapi kalo dipikir 1300 RPM itu literally torsi sudah ada sebelum menekan pedal gas. Mungkin respon mesinnya 'feels electric', penumpang tidak akan merasa mesin yg dipake mesin turbo.
Sebagai user dan ex user keduanya yah...

1.5 turbo civic --- 1.4 tsi VW Golf MK6

Power linearity VW Golf cenderung flat. Transisi dari sc ke tc itu cukup halus ga ada sudden boost. Gitu aja sampai rata ke 6k rpm. Ini bahkan di remap pun karakternya ya begini (sy coba yang stage 1+ GIAC tuning).

Rata rata 1.4-1.5 turbo itu mainnya low rpm high torque. Smua dibuat untuk eco.

Honda justru torsinya kecil tapi lebih baik urusan linearity. Kalo udh pernah bawa civic/CRV turbo itu mesin bawahnya agak laggy tp tenaga rasanya naik terus sampai redline. Peak power honda didapat 500 rpm lebih tinggi, redline jg lebih tinggi honda. Kayaknya mereka walau berturbo gak mau kehilangan ciri khas old VTEC engine jadi nafasnya panjang bgt ini L15B7.

Dan krn itu mungkin dia bikin engine ini sedingin mungkin dgn modifikasi sistem coolingnya.

Ditambah faktor working temperature mesin2 eropa itu lebih tinggi dari mesin jepang, kayaknya ini jg faktor turbo engine eropa tdk berani main output tinggi2.
Jd inget mods ama golf mak 3 ama 4 enjin jadul teknologi dr taon 80an yg dipake aj minta nya ron minimal 95, sintingg.. 1600cc tp tenaga mirip2 enjin nihon yg 1500cc, malah yg nihon lebi irit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

DOHC wrote: Wed Feb 10, 2021 5:07
Jd inget mods ama golf mak 3 ama 4 enjin jadul teknologi dr taon 80an yg dipake aj minta nya ron minimal 95, sintingg.. 1600cc tp tenaga mirip2 enjin nihon yg 1500cc, malah yg nihon lebi irit
nahh iya rata-rata yurop enjin sbenernya bhp/liter nya kalah ama nihon punya tp mintanya bensin mahil :ngacir:

mpord fiesta 1.6 powernya sama kya 1.5 jazz GE.

BMW M43 enjin 1.9 liter aja outputnya waktu itu mirip ama ahond D16 di ferio klo gak salah... dengan bodi ahond lebih enteng dan FWD.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

ChZ wrote: Wed Feb 10, 2021 5:28
DOHC wrote: Wed Feb 10, 2021 5:07
Jd inget mods ama golf mak 3 ama 4 enjin jadul teknologi dr taon 80an yg dipake aj minta nya ron minimal 95, sintingg.. 1600cc tp tenaga mirip2 enjin nihon yg 1500cc, malah yg nihon lebi irit
nahh iya rata-rata yurop enjin sbenernya bhp/liter nya kalah ama nihon punya tp mintanya bensin mahil :ngacir:

mpord fiesta 1.6 powernya sama kya 1.5 jazz GE.

BMW M43 enjin 1.9 liter aja outputnya waktu itu mirip ama ahond D16 di ferio klo gak salah... dengan bodi ahond lebih enteng dan FWD.
Itulah bukti beli bensin mahal bukan berarti power nambah. Percuma bensin mahal kalo set up standarnya masih ditune RON 91. Ada faktor juga mobil Jerman dulu lebih fokus diesel untuk fuel economy, gasoline untuk US market. Jadi kalo mau fuel economy dari mobil Jerman liat yang diesel. Kalo VW ga bunuh diri dengan dieselgate mungkin mereka masih fokus diesel sampe sekarang.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by maastricht889 »

Best automotive eng (esp for indonesians) = ISUZU 4JA1 Panther TBR54 series :big_biglaugh:

Mesin kuat, irit, diapa2in tetep bisa jalan, kasih minyak goreng ayok, cring2 :off_good_job:

Ntah ini cara ngebuatnya gimana dan pake lem2an apa, besinya gimana, sampe detik ini (dipake Traga juga) ini mesin masih kuat. Sekalian rayain panther yang resmi tutup buku hari ini

Best overengineered eng = Kijang 2KD-FTV
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by Lolol »

ChZ wrote: Wed Feb 10, 2021 3:28
Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 13:34
Ohh ternyata gitu ya, selama ini cuma liat HP sama torsi aja kurang merhatiin di rpm berapa nya :mky_01:
kalau liat power figure nya

Honda L15B7 (Civic 1.5 Turbo) : 170 hp @ 5.500 RPM / 220 Nm @ 1.700 - 5.500 RPM
VW EA111 (Golf MK6 1.4 TSI) : 160 hp @ 5.800 RPM / 240 Nm @ 1.750 - 4.500 RPM.

dari figur flat torque nya sudah selisih 1.000 RPM. artinya VW curve nya sudah mulai drop mulai dari 4.500 RPM sementara Civic 5.500 baru drop. padahal redline Golf MK6 di 6.000 RPM dan Civic di 6.500 RPM.

artinya kalau sama-sama shifting di redline honda lebih gampang mempertahankan power surge nya. ini karakter mesin - mesin VW bahkan sampe yang 1.2 TSI dan 1.4 EA211 turbo terbaru...

dulu seingat saya Fitra Eri pernah test yang Polo 1.2 kalau di shift di 500 RPM sebelum redline justru 0-100 nya lebih kencang. waktu saya test di Golf MK6 dulu juga gitu lebih berasa kenceng kalo shifting di 5.500 daripada dimentokin redline.
Pernah denger juga nih kasus nya mirip kaya polo, lupa tapi mobil apa. Jadi mobil itu 0-100 nya lebih kenceng kalo di D dan mode normal (ganti gigi ga sampe redline) dibanding pake di S dan sport mode (ganti pas redline).
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

erwinign wrote: Wed Feb 10, 2021 9:45 Best automotive eng (esp for indonesians) = ISUZU 4JA1 Panther TBR54 series :big_biglaugh:

Mesin kuat, irit, diapa2in tetep bisa jalan, kasih minyak goreng ayok, cring2 :off_good_job:

Ntah ini cara ngebuatnya gimana dan pake lem2an apa, besinya gimana, sampe detik ini (dipake Traga juga) ini mesin masih kuat. Sekalian rayain panther yang resmi tutup buku hari ini

Best overengineered eng = Kijang 2KD-FTV
Kewajiban Euro 4 di Indonesia yang membunuh 4J41 dan panther. Secara global Isuzu sudah tidak memproduksi mobil penumpang kecuali D max dan MUX. Itupun aset tooling Isuzu diperoleh waktu joint venture dengan GM. Mereka lebih fokus commercial truck dan industrial engines.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by rendr »

ga ada yg bahas M282 a.k.a HR13DDT nih?

ga menarik yah 1300cc kyk mesin papanjah wkwkwkwk

apalah dibanding L15B7 yg 1500cc
WhatsApp Image 2021-02-10 at 20.54.57.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

1 VD FTV, V8 diesel yang dipake di Toyota Land Cruiser, dirakit khusus di Yoshiwara factory, Toyota city, Aichi prefecture. 1 VD FTV adalah mesin 8 silinder konfigurasi V 90 derajat. Total volume silinder 4,461 cc. Blok terbuat dari cast graphite iron. Crankshaft terbuat dari forged steel. Untuk memperkuat blok, di dasar blok dilengkapi plat penguat. Head terbuat dari aluminium, setiap head berisi dual overhead camshaft (DOHC). Rasio kompresi 16.8:1. Setiap piston kolongnya disembur oleh oil jet untuk pelumasan dan pendinginan. Top piston ring diperkuat oleh ni resist cast iron. Skirt piston dilengkapi resin coating untuk mengurangi gesekan. Connecting rod dibuat dari high strength steel. Semua pin dan jurnal diperkeras dengan proses induction hardening.
camshaft menggerakkan roller rocker arm yang selanjutnya menggerakkan klep. Lalu rocker arm juga dilengkapi adjuster hidrolik untuk merapatkan celah klep.
Sistem commonrail 1VD FTV adalah Denso CRS dengan pompa HP4, menyalurkan tekanan 250 bar sampai 1750 bar ke 8 solenoid injektor.
Turbocharger tipe VGT, pendingin cair. vane diaktifkan dengan DC motor.
Torsi maksimum 615 Nm@1800-2200 RPM, daya maksimum 173 Kw (235 PS)@ 3200 RPM. Ini torsi setara dengan truk engkel 12 ton macam Hino Fighter 190 ps.

1 VD FTV itu mesin dengan konstruksi kokoh. Teknologinya sebenarnya relatif konservatif, tapi semua dibuat dengan presisi dan kuat. Maka Landcruiser menjadi pilihan mobil operasional UN dan adventure overlander, sampe RI 1 blusukan. Proses manufaktur yg mahal, misalnya forged crankshaft, bikin ini mobil bukan tidak mungkin bakal tetap jalan 20 tahun ke depan.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by smgandi »

silentIm2 wrote: Wed Feb 10, 2021 12:01 Kewajiban Euro 4 di Indonesia yang membunuh 4JA1 dan panther. Secara global Isuzu sudah tidak memproduksi mobil penumpang kecuali D max dan MUX. Itupun aset tooling Isuzu diperoleh waktu joint venture dengan GM. Mereka lebih fokus commercial truck dan industrial engines.
:big_biglaugh:
Sebenarnya Euro 4 bukanlah penyebab sesungguhnya membunuh 4JA1 dan panther, karena versi common rail dari 4JA1 sdh ada dan dipakai oleh Trapis (Traga di Philippin).
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by darrelund »

klo soal engine sih menurut saya tetep M133/139 juaranya. 420hp tapi cuma dari 2.0 dan bawaan pabrikan pula, 200hp per liter apa ga kebayang engine stressnya begimana :big_biglaugh:

buat mesin ini aja amg bener bener ngeluarin semua trik yg mereka punya buat ni mesin doang dan hasilnya konstruksi pun kokoh, crank sama piston forged, cylinder wall dikasih coating yang super licin, 2 macem injection (port & direct) dan turbo nya pun sampe dikasih 3 macam cooling sekaligus (air, water & oil)
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by faridrach »

Penilaian subjektif dari mobil yg pernah saya pegang utk waktu yg lama. Berurutan dari no.1 yg menurut saya terbaik.

1. ANKI 2GD-FTV (2017-now) -> Tenaga enak, suara enak, konsumsi bbm apalagi :big_love:

2. Fortie VNT 2KD-FTV (2013-2018) -> tenaga dan konsumsi bbm masih di bawah 2GD. Suara menurut saya kurang elegant. Sudah teruji bandel.

3. Panther 4JA1 (2003-2013) -> underpower, suara mesin ribut, getaran ekstrim :big_grin: tapi bandel dan irit.

4. Agya 1KR-DE (2015-2020) -> iritnya luar biasa udah kaya konsumsi motor saya satria FU karbu 2010 kalo dipake geber2an :big_biglaugh:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

rendr wrote: Wed Feb 10, 2021 13:57 ga ada yg bahas M282 a.k.a HR13DDT nih?

ga menarik yah 1300cc kyk mesin papanjah wkwkwkwk

apalah dibanding L15B7 yg 1500cc

WhatsApp Image 2021-02-10 at 20.54.57.jpeg
Silahkan gan dibahas..

M282 AKA 1.3 TCe AKA HR13DDT dikembangkan hasil kolaborasi Renault Nissan Mitsubishi Alliance dengan Daimler. Bore Spray Coating System, teknologi boring cylinder tanpa liner dari Nissan yang dikembangkan untuk mesin Nissan GT-R diaplikasikan ke mesin ini. Teknologi ini menyemprot besi cair ke dinding silinder untuk membentuk iron coating, lalu dipoles hingga mirror finish. Tebal coating hanya 0.2 mm, sehingga mengurangi berat mesin, meningkatkan efisiensi transfer panas, mengurangi knocking, dan mengurangi friksi piston. yang unik dari mesin ini, gasoline injektornya berada di tengah bersebelahan dengan busi diantara 2 camshaft. Konfigurasi injektornya seperti mesin diesel di tengah. Injektor bensin ini bertekanan 250 bar. Head cylinder lebih kompak yang Renault sebut sebagai 'delta' cylinder head. Exhaust manifold integrated sehingga memperpendek jalur turbo. Valvetrain mesin ini dilengkapi dual VVT pada intake dan exhaust, juga menggunakan finger followers dengan hydraulic lash adjuster untuk menekan klep. rasio kompresi cukup tinggi untuk mesin bensin turbo, 10.6 : 1. Seperti yang om Rendr bilang, biar cc cuma 1300, tapi powernya mencapai 163 PS@5500 RPM, dan torsi 250 NM @ 1600 RPM - 4000 RPM. di Indonesia, mesin ini diaplikasikan di Mercy A 200 W177 dan CLA 200.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by pradit_d »

Buat ane semua jenis mesin B58 nya bmw n lagi ngincer salah 1 varian mobilnya
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Thu Feb 11, 2021 15:35
rendr wrote: Wed Feb 10, 2021 13:57 ga ada yg bahas M282 a.k.a HR13DDT nih?

ga menarik yah 1300cc kyk mesin papanjah wkwkwkwk

apalah dibanding L15B7 yg 1500cc

WhatsApp Image 2021-02-10 at 20.54.57.jpeg
Silahkan gan dibahas..

M282 AKA 1.3 TCe AKA HR13DDT dikembangkan hasil kolaborasi Renault Nissan Mitsubishi Alliance dengan Daimler. Bore Spray Coating System, teknologi boring cylinder tanpa liner dari Nissan yang dikembangkan untuk mesin Nissan GT-R diaplikasikan ke mesin ini. Teknologi ini menyemprot besi cair ke dinding silinder untuk membentuk iron coating, lalu dipoles hingga mirror finish. Tebal coating hanya 0.2 mm, sehingga mengurangi berat mesin, meningkatkan efisiensi transfer panas, mengurangi knocking, dan mengurangi friksi piston. yang unik dari mesin ini, gasoline injektornya berada di tengah bersebelahan dengan busi diantara 2 camshaft. Konfigurasi injektornya seperti mesin diesel di tengah. Injektor bensin ini bertekanan 250 bar. Head cylinder lebih kompak yang Renault sebut sebagai 'delta' cylinder head. Exhaust manifold integrated sehingga memperpendek jalur turbo. Valvetrain mesin ini dilengkapi dual VVT pada intake dan exhaust, juga menggunakan finger followers dengan hydraulic lash adjuster untuk menekan klep. rasio kompresi cukup tinggi untuk mesin bensin turbo, 10.6 : 1. Seperti yang om Rendr bilang, biar cc cuma 1300, tapi powernya mencapai 163 PS@5500 RPM, dan torsi 250 NM @ 1600 RPM - 4000 RPM. di Indonesia, mesin ini diaplikasikan di Mercy A 200 W177 dan CLA 200.
ini sebenarnya mengejutkan juga pertama tau kalau Merc GLA/GLB/A-Class 1.3 Liter ternyata Nissan HR series. hasil kolaborasi Daimler-Nissan selain X-Class. menarik untuk dilihat long term reliabilitynya krn walaupun sbagian batu makam reliability powertrainnya kacrut terutama soal Xtronic tp soal enjin ntu HR series diem diem kuat jg seh...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by albertusac »

ChZ wrote: Sat Feb 13, 2021 4:28
silentIm2 wrote: Thu Feb 11, 2021 15:35
rendr wrote: Wed Feb 10, 2021 13:57 ga ada yg bahas M282 a.k.a HR13DDT nih?

ga menarik yah 1300cc kyk mesin papanjah wkwkwkwk

apalah dibanding L15B7 yg 1500cc

WhatsApp Image 2021-02-10 at 20.54.57.jpeg
Silahkan gan dibahas..

M282 AKA 1.3 TCe AKA HR13DDT dikembangkan hasil kolaborasi Renault Nissan Mitsubishi Alliance dengan Daimler. Bore Spray Coating System, teknologi boring cylinder tanpa liner dari Nissan yang dikembangkan untuk mesin Nissan GT-R diaplikasikan ke mesin ini. Teknologi ini menyemprot besi cair ke dinding silinder untuk membentuk iron coating, lalu dipoles hingga mirror finish. Tebal coating hanya 0.2 mm, sehingga mengurangi berat mesin, meningkatkan efisiensi transfer panas, mengurangi knocking, dan mengurangi friksi piston. yang unik dari mesin ini, gasoline injektornya berada di tengah bersebelahan dengan busi diantara 2 camshaft. Konfigurasi injektornya seperti mesin diesel di tengah. Injektor bensin ini bertekanan 250 bar. Head cylinder lebih kompak yang Renault sebut sebagai 'delta' cylinder head. Exhaust manifold integrated sehingga memperpendek jalur turbo. Valvetrain mesin ini dilengkapi dual VVT pada intake dan exhaust, juga menggunakan finger followers dengan hydraulic lash adjuster untuk menekan klep. rasio kompresi cukup tinggi untuk mesin bensin turbo, 10.6 : 1. Seperti yang om Rendr bilang, biar cc cuma 1300, tapi powernya mencapai 163 PS@5500 RPM, dan torsi 250 NM @ 1600 RPM - 4000 RPM. di Indonesia, mesin ini diaplikasikan di Mercy A 200 W177 dan CLA 200.
ini sebenarnya mengejutkan juga pertama tau kalau Merc GLA/GLB/A-Class 1.3 Liter ternyata Nissan HR series. hasil kolaborasi Daimler-Nissan selain X-Class. menarik untuk dilihat long term reliabilitynya krn walaupun sbagian batu makam reliability powertrainnya kacrut terutama soal Xtronic tp soal enjin ntu HR series diem diem kuat jg seh...
sayang sekali jg pakenya 7G-DCT yg ga kebayang kalo amsyong makan duit berapa
jadi dobel2 deh kacrutnyau

bmw pake zf 8hp conventional planetary masi lebi mending kayaknya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sat Feb 13, 2021 4:28
silentIm2 wrote: Thu Feb 11, 2021 15:35
rendr wrote: Wed Feb 10, 2021 13:57 ga ada yg bahas M282 a.k.a HR13DDT nih?

ga menarik yah 1300cc kyk mesin papanjah wkwkwkwk

apalah dibanding L15B7 yg 1500cc

WhatsApp Image 2021-02-10 at 20.54.57.jpeg
Silahkan gan dibahas..

M282 AKA 1.3 TCe AKA HR13DDT dikembangkan hasil kolaborasi Renault Nissan Mitsubishi Alliance dengan Daimler. Bore Spray Coating System, teknologi boring cylinder tanpa liner dari Nissan yang dikembangkan untuk mesin Nissan GT-R diaplikasikan ke mesin ini. Teknologi ini menyemprot besi cair ke dinding silinder untuk membentuk iron coating, lalu dipoles hingga mirror finish. Tebal coating hanya 0.2 mm, sehingga mengurangi berat mesin, meningkatkan efisiensi transfer panas, mengurangi knocking, dan mengurangi friksi piston. yang unik dari mesin ini, gasoline injektornya berada di tengah bersebelahan dengan busi diantara 2 camshaft. Konfigurasi injektornya seperti mesin diesel di tengah. Injektor bensin ini bertekanan 250 bar. Head cylinder lebih kompak yang Renault sebut sebagai 'delta' cylinder head. Exhaust manifold integrated sehingga memperpendek jalur turbo. Valvetrain mesin ini dilengkapi dual VVT pada intake dan exhaust, juga menggunakan finger followers dengan hydraulic lash adjuster untuk menekan klep. rasio kompresi cukup tinggi untuk mesin bensin turbo, 10.6 : 1. Seperti yang om Rendr bilang, biar cc cuma 1300, tapi powernya mencapai 163 PS@5500 RPM, dan torsi 250 NM @ 1600 RPM - 4000 RPM. di Indonesia, mesin ini diaplikasikan di Mercy A 200 W177 dan CLA 200.
ini sebenarnya mengejutkan juga pertama tau kalau Merc GLA/GLB/A-Class 1.3 Liter ternyata Nissan HR series. hasil kolaborasi Daimler-Nissan selain X-Class. menarik untuk dilihat long term reliabilitynya krn walaupun sbagian batu makam reliability powertrainnya kacrut terutama soal Xtronic tp soal enjin ntu HR series diem diem kuat jg seh...
HR ama MR series nya batu makam itu emg dipersiapkan matang2 mbah waktu si mr bean pertama join batumakam, proyek ambisius aliansi batu makam -renault buat gebrak pasar, kira2 mirip kaya enjin EA atau AE series nya VAG, one enjin fits all displacement.. makanya diem2 not bad teknologi nya loh

Sayang Smua hancur brantakan stelah dicampur aduk ama parts2 ampas dr vendor cungkwo ama nihon yg second tier punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Sat Feb 13, 2021 5:45 HR ama MR series nya batu makam itu emg dipersiapkan matang2 mbah waktu si mr bean pertama join batumakam, proyek ambisius aliansi batu makam -renault buat gebrak pasar, kira2 mirip kaya enjin EA atau AE series nya VAG, one enjin fits all displacement.. makanya diem2 not bad teknologi nya loh

Sayang Smua hancur brantakan stelah dicampur aduk ama parts2 ampas dr vendor cungkwo ama nihon yg second tier punya
dibilang pake part 2nd tier ga jugalah, mungkin karena global sourcing dengan Renault, jadi itu komponen ga disesuaikan lagi dengan kondisi Indo.
penyakitnya jadi rada mirip dengan mobil eropa. komponen ga tahan cuaca indo.
part nissan itu dari pengamatan saya emang suka muncul dari negara2 ajaib. ga cuma dari China, Japan, tapi juga dari Phillipines, Spain, UK, Greece, India, dan macem2 negara. dan banyak part tsb ada logo Renault juga. jadi lah makin berasa eropa daripada jepang.

ga seperti Daitoyo yg karena kebanyakan pake part grup sendiri jadi bisa custom komponen khusus region tertentu, apalagi daitoyo banyak bikin mobil buat certain region only. apalagi Indo. kalau ga buatan lokal, paling ASEAN seperti Thailand, Japan, Phillipines. udah gitu2 saja.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

DOHC wrote: Sat Feb 13, 2021 5:45
ChZ wrote: Sat Feb 13, 2021 4:28
silentIm2 wrote: Thu Feb 11, 2021 15:35

Silahkan gan dibahas..

M282 AKA 1.3 TCe AKA HR13DDT dikembangkan hasil kolaborasi Renault Nissan Mitsubishi Alliance dengan Daimler. Bore Spray Coating System, teknologi boring cylinder tanpa liner dari Nissan yang dikembangkan untuk mesin Nissan GT-R diaplikasikan ke mesin ini. Teknologi ini menyemprot besi cair ke dinding silinder untuk membentuk iron coating, lalu dipoles hingga mirror finish. Tebal coating hanya 0.2 mm, sehingga mengurangi berat mesin, meningkatkan efisiensi transfer panas, mengurangi knocking, dan mengurangi friksi piston. yang unik dari mesin ini, gasoline injektornya berada di tengah bersebelahan dengan busi diantara 2 camshaft. Konfigurasi injektornya seperti mesin diesel di tengah. Injektor bensin ini bertekanan 250 bar. Head cylinder lebih kompak yang Renault sebut sebagai 'delta' cylinder head. Exhaust manifold integrated sehingga memperpendek jalur turbo. Valvetrain mesin ini dilengkapi dual VVT pada intake dan exhaust, juga menggunakan finger followers dengan hydraulic lash adjuster untuk menekan klep. rasio kompresi cukup tinggi untuk mesin bensin turbo, 10.6 : 1. Seperti yang om Rendr bilang, biar cc cuma 1300, tapi powernya mencapai 163 PS@5500 RPM, dan torsi 250 NM @ 1600 RPM - 4000 RPM. di Indonesia, mesin ini diaplikasikan di Mercy A 200 W177 dan CLA 200.
ini sebenarnya mengejutkan juga pertama tau kalau Merc GLA/GLB/A-Class 1.3 Liter ternyata Nissan HR series. hasil kolaborasi Daimler-Nissan selain X-Class. menarik untuk dilihat long term reliabilitynya krn walaupun sbagian batu makam reliability powertrainnya kacrut terutama soal Xtronic tp soal enjin ntu HR series diem diem kuat jg seh...
HR ama MR series nya batu makam itu emg dipersiapkan matang2 mbah waktu si mr bean pertama join batumakam, proyek ambisius aliansi batu makam -renault buat gebrak pasar, kira2 mirip kaya enjin EA atau AE series nya VAG, one enjin fits all displacement.. makanya diem2 not bad teknologi nya loh

Sayang Smua hancur brantakan stelah dicampur aduk ama parts2 ampas dr vendor cungkwo ama nihon yg second tier punya
Kalo dari teknologi sih bagus. Tapi mesin tanpa liner itu harus hati2 soal pemakaian dan perawatan. Karena kalo silinder dan piston itu baret karena kurang oli, piston retak atau ruang bakar kotor karena knocking dari BBM kualitas rendah, overheat sampai piston macet, bye2 dah itu blok (ga bisa direpair).
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140