Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

Selamat siang kawan2 SM,

akhir tahun lalu saya baru ambil mobil di showroom mobkas di jkt tpi kondisi mobil tersebut plat no nya dari kota F. nah sekarang berhubung masa jangka STNK udh mw habis ( 25 mei 2021), dan kebetulan juga sekalian ganti plat NO karena sudah berumur 5 Tahun saya berencana bwt ganti plat ke plat B.

Nah yang mw saya tnyakan prosedur yang harus saya lakukan pertama apa ya? apa sudah boleh mulai dari sekarang prosedurnya? berhubung masih kurang lebih 45 hari lgi baru hangus.

yang saya denger2 sih harus cabut berkas di tempat penerbitan STNK asal, trus daftar ulang di daerah yang baru nnti. Oh iya rencana juga sekalian saya mw pilih nopil untuk mobil ini kira2 ada yang pernah ada pengalaman kayak gini bisa dibantu sharing dan arahkan saya karena baru pertama kali ngurus ini sndiri.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by sintoni »

Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

sintoni wrote: 11 Apr 2021, 13:20 Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
Oh iya karena ini plat F saya perlu bawa ke samsat bogor dong ya ? Biayanya brp kira2 dan berapa lama prosedurnnya? Apa bisa dalam hitungan jam atau bth beberapa hari kerja
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by sintoni »

coipan wrote: 11 Apr 2021, 14:30
sintoni wrote: 11 Apr 2021, 13:20 Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
Oh iya karena ini plat F saya perlu bawa ke samsat bogor dong ya ? Biayanya brp kira2 dan berapa lama prosedurnnya? Apa bisa dalam hitungan jam atau bth beberapa hari kerja
Kalau dari Jakarta ke Bogor kan bisa bawa mobilnya, jadi cek fisik di Bogor aja.

Kemaren sih pas di Samsat Surabaya cuma 2 jam, itu taro persyaratan untuk dicarikan berkasnya.

Abis itu disuruh datang 2 minggu lg untuk ambil berkasnya.
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

sintoni wrote: 11 Apr 2021, 14:42
coipan wrote: 11 Apr 2021, 14:30
sintoni wrote: 11 Apr 2021, 13:20 Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
Oh iya karena ini plat F saya perlu bawa ke samsat bogor dong ya ? Biayanya brp kira2 dan berapa lama prosedurnnya? Apa bisa dalam hitungan jam atau bth beberapa hari kerja
Kalau dari Jakarta ke Bogor kan bisa bawa mobilnya, jadi cek fisik di Bogor aja.

Kemaren sih pas di Samsat Surabaya cuma 2 jam, itu taro persyaratan untuk dicarikan berkasnya.

Abis itu disuruh datang 2 minggu lg untuk ambil berkasnya.
Oalah klo gitu kudu 2 kali bolak balik dong ya ? Ditawarin biro jasa kena 3jt , klo biaya admin urus langsung skitar brp ya
fajarrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Location: Palembang - Bekasi
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by fajarrian »

coipan wrote: 11 Apr 2021, 18:11
sintoni wrote: 11 Apr 2021, 14:42
coipan wrote: 11 Apr 2021, 14:30

Oh iya karena ini plat F saya perlu bawa ke samsat bogor dong ya ? Biayanya brp kira2 dan berapa lama prosedurnnya? Apa bisa dalam hitungan jam atau bth beberapa hari kerja
Kalau dari Jakarta ke Bogor kan bisa bawa mobilnya, jadi cek fisik di Bogor aja.

Kemaren sih pas di Samsat Surabaya cuma 2 jam, itu taro persyaratan untuk dicarikan berkasnya.

Abis itu disuruh datang 2 minggu lg untuk ambil berkasnya.
Oalah klo gitu kudu 2 kali bolak balik dong ya ? Ditawarin biro jasa kena 3jt , klo biaya admin urus langsung skitar brp ya
itu 3 juta jasanya doang? mahal amat :big_think: coba cari biro jasa yang lain
terakhir saya cabut berkas mobil saya di batam, itu urus sendiri biaya resmi 250rb, berkas sampe di tangan kurang lebih ga nyampe 2 minggu (tapi jangan di samain sama di daerah lain ya, etos kerja dan pelayanan instansi pemerintah di batam boleh diacungin jempol)

terus saya daftarin ke bekasi via biro jasa, untuk jasanya sendiri di biro jasa 1,5jt diluar pajak 5tahunan, request nomor, dll
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by pradit_d »

Berdasarkan pengalaman ane:
1. Bantuan cek fisik di samsat kota tujuan, nanti gosok rangka n mesin n dikasih sejumalh dokumen dlm map
2. Bawa seluruh dokuman dlm map batuan cek fisik tadi buat cabut berkas di samsat kota asal. Ini ane pake biro jasa, minta tolong kenalan ane di kota asal mobil tsb bayar biro jasanya 400rb, prosesnya kira2 2-3 minggu
3. Bawa dokumen2 yg didapat dari samsat kota asal tsb buat didaftarin di kota tujuan. Tunggu 1-2 minggu jadi plat, bpkb n stnk yg baru.
Ga terlalu susah sih urus yg point 1 n 3 di atas. Yg merepotkan mungkin point 2 karena itu di kota asal mobil (no pol sebelumnya), n untuk itu doank ane pake biro jasa, selebihnya bisa urus sendiri
:big_peace:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by sintoni »

coipan wrote: 11 Apr 2021, 18:11
Oalah klo gitu kudu 2 kali bolak balik dong ya ? Ditawarin biro jasa kena 3jt , klo biaya admin urus langsung skitar brp ya
Kemaren ane kena 1.2 rasanya om.

Kalau bisa urus sendiri ya kerjain aja sendiri, ga lama harusnya.
mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1254
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by mike22 »

sintoni wrote: 11 Apr 2021, 13:20 Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
Ini kasusnya krn mobilnya udah duluan dibawa ke kalimantan nadi cek fisiknya di sana ya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by sintoni »

mike22 wrote: 11 Apr 2021, 20:24
sintoni wrote: 11 Apr 2021, 13:20 Kemaren baru jual mobil ane plat L karena ane KTP Surabaya tapi mobil dipakai di Kalimantan.

Jadi pembeli (KTP Kalimantan) minta ditarikkan berkasnya dari Surabaya.

Jadi step pertama minta cek fisik bantuan di Kalimantan, terus berkas cek fisik dibawa ke samsat asal kendaraan minta dimutasi keluar kota.

Dokumen yg dibutuhkan:

1. KTP penjual
2. KTP pembeli
3. Kuitansi jual beli
4. BPKB
5. STNK
6. Hasil cek fisik
Ini kasusnya krn mobilnya udah duluan dibawa ke kalimantan nadi cek fisiknya di sana ya?
Ya om, mobil sudah di Kalimantan..
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

coipan wrote: 11 Apr 2021, 18:11
sintoni wrote: 11 Apr 2021, 14:42
coipan wrote: 11 Apr 2021, 14:30

Oh iya karena ini plat F saya perlu bawa ke samsat bogor dong ya ? Biayanya brp kira2 dan berapa lama prosedurnnya? Apa bisa dalam hitungan jam atau bth beberapa hari kerja
Kalau dari Jakarta ke Bogor kan bisa bawa mobilnya, jadi cek fisik di Bogor aja.

Kemaren sih pas di Samsat Surabaya cuma 2 jam, itu taro persyaratan untuk dicarikan berkasnya.

Abis itu disuruh datang 2 minggu lg untuk ambil berkasnya.
Oalah klo gitu kudu 2 kali bolak balik dong ya ? Ditawarin biro jasa kena 3jt , klo biaya admin urus langsung skitar brp ya
Ktp penjualnya ga ad gmn ? Saya beli di showroom
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Greenhunter »

Setahu saya untuk balik nama tidak perlu ktp penjual. Hanya perlu ktp pemilik baru.
Saya proses balik nama dari surabaya ke sidoarjo prosesnya cabut berkas di samsat asal kedungcowek lalu ambil berkas induk di polda jatim baru ke samsat tujuan.
Gampang sih prosesnya, hanya butuh waktu dan kesabaran untuk proses wira wiri ke sini sana saja. Kurang lebih misalnya : setalah loket pendaftaran petugasnya bilang : ke bagian cek fisik, jalan ke sana, sampai di lokasi cek fisik ditanya stikernya mana ? Belum ambil pak, jadilah ke bagian pendaftaran cek fisik dulu, perasaan jengkel muncul kok tidak dari awal di infokan ke bagian pendaftaran cek fisik tapi ngomongnya langsung : ke cek fisik.
Ya semacam gitulah., mesti sabar aja merasa di pingpong, kerjanya lambat, dll.
Tapi bisa dijalanin sendiri, tdk rumit hanya butuh waktu dan kesabaran.
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by doko86 »

siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 2024

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
well
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by well »

doko86 wrote: 15 Apr 2021, 12:19 siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 2024

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
setahu saya perapanjangan di indomaret tidak perlu ktp, tinggal sebut aja plat nomernya, bawa stnk. sudah deh..
ane domisili di sby, ngga tau lg klo beda kota
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

oh iya sorry klo pertanyaan rada2 stup*d, kalo di bogor mau cari google maps samsatnya dimana ya lokasinya?
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by doko86 »

well wrote: 15 Apr 2021, 14:39
doko86 wrote: 15 Apr 2021, 12:19 siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 2024

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
setahu saya perapanjangan di indomaret tidak perlu ktp, tinggal sebut aja plat nomernya, bawa stnk. sudah deh..
ane domisili di sby, ngga tau lg klo beda kota
Kalau d jakarta blm bisa om.
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by doko86 »

coipan wrote: 15 Apr 2021, 22:09 oh iya sorry klo pertanyaan rada2 stup*d, kalo di bogor mau cari google maps samsatnya dimana ya lokasinya?
Kalau gak salah d cibinong ada, trus d kota bogornya juga ada om. Cari d google aja...... Atau pake huawei, makanya gak ada google. Hehehehe :big_grin:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 633
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by ZEXELGRIFONE »

Jadi pengen ikutan nanya.

Biaya jasa cabut berkas pake biro jasa, klo DKI (Jaktim) pasarannya yg wajar berapa ya?

Misal mo buat mutasi dari plat B ke plat H..
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by bsetiawan »

doko86 wrote: 15 Apr 2021, 12:19 siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 2024

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
klo mau dimutasi dan cuma untuk perpanjang 1X sepertinya lbh efisien cabut berkas aja. Saat proses cabut berkas STNK asli diambil; untuk gantinya sementara, fotokopi STNK akan dicap "proses cabut berkas", tanpa tanggal. Asal nyetirnya tdk ugal2an dan melakukan pelanggaran berat harusnya tdk masalah.
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Greenhunter »

well wrote: 15 Apr 2021, 14:39
doko86 wrote: 15 Apr 2021, 12:19 siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 2024

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
setahu saya perapanjangan di indomaret tidak perlu ktp, tinggal sebut aja plat nomernya, bawa stnk. sudah deh..
ane domisili di sby, ngga tau lg klo beda kota
Setwlah bayar di indomaret proses berikutnya bagaimana pak ? Ke samsat cetak lembar pajak stnk-nya ?
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Mamang555 »

Share postingan saya aja th 2018. Harusnya masi relevan:


Baru aja kelar ngurus mutasi plat minggu lalu dengan kondisi sbb :

- Mutasi atas nama yang sama (cuman pindah alamat) dari kota Bekasi ke Jakarta Timur (plat Kxx ke Txx)
- Diurus sekalian pajak 5 tahunan
- Ngurus sendiri.. gapake biro jasa

Prosedur di Samsat Bekasi (cabut berkas) :
1. Dateng ke tempat esek2 no rangka dan no mesin. Cepet koq ga sampe 10 menit
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.
3. Nunggu sekitar 15 menitan untuk dipanggil lagi oleh petugas loketnya
4. Lanjut naek ke lantai 2 (khusus mutasi, balik nama dsb). Dan masukan ke loket pemeriksaan fiskal. Nunggu 10 menitan
5. Abis itu masukin ke loket pendaftaran untuk diproses. Nanti dipanggil dan diminta biaya 350 ribu
6. Diminta balik besoknya dengan membawa tanda bukti yang sudah diserahkan.
7. Esok harinya segera datang dan langsung aja naek ke lantai 2
8. Setelah di beri berkasnya (1 map) langsung bawa ke loket legalisir dekat loket cek fisik dibawah. Nunggu sekitar 10 menitan
9. Kelar.... Pastikan nama, alamat dan kendaraannya adalah punya kita ya.. jangan sampe mobil kita Brio tapi bawa dokumen berkas CRV :p

Total damage cost di bekasi 350 ribu
Durasi sekitar 1 jam lebih dikit
===========================================================

Prosedur di Samsat Jaktim (bikin plat, dan cetak STNK baru)
1. Dateng dengan hati riang dan senang. Ojo lali hindari pake sandal jepit dan kaos oblong
2. Dateng ke loket cek fisik untuk legalisir dokumen cek fisik dari Bekasi. Nunggu 10 menitan
3. PENTING... setelah dilegalisir dokumennya, langsung ke tukang fotokopi untuk legalisir (jaga2 legalisir aja 3 lembar)
4. Masup ke gedung utama lantai 3. Di pintu masuk, anda akan diperiksa. Siapkan semua kelengkapan. Kalo nama di BPKB dan dokumen2 berbeda dengan nama anda, pastikan bawa KK dilengkapi fotokopi KTP anda dan istri/saudara/ayah/ibu dan jaga2 bawa aja surat kuasa.
5. Serahkan dokumen setelah isi data2 persis kayak di BEKASI (data intip di BPKB)
6. Serahin ke loket pendaftaran dan tunggu 10 menitan. Abis itu dikasi tanda terima untuk pengambilan sekitar 4 harian
7. Setelah itu pulang
8. 4 Hari kemudian balik lage dan kasih tanda terima tsb ke loket di lantai 3 tadi
9. Akan dikasih resi pembayaran pajak untuk di cek dan dibayarkan di lantai 4. Abis itu balik lagi ke lantai 3
10. Nunggu dipanggil bentar dan STNK kelar (10 menitan)
11. Langsung ke tempat cetak plat (deket area cek fisik)
12. Beri slip yang dikasih diatas dan tunggu 10 menitan untuk cetak plat
13. Jadi deh... horeeeee... STNK udah...plat udahh

Total damage : bayar pajak doang sama cetak TNKB (100rb).. pajak sesuai dengan jenis kendaraan. Tapi kendaraan ane (Suzuki Splash 1200cc) naek 400-500rb pajaknya dari Bekasi ke Jaktim
Durasi sekitar 1 jam overall

=============================================================

Ke Polda Metro jaya / aka KOMDAK di Semanggi (cetak pindah alamat BPKB)

1. Dateng dengan hati riang.. baca doa.. pake baju dan sepatu rapi... sikat gigi
2. Jaket masukin ke tas.. penjagaan protokol KETAT
3. Siapkan data2 di map lengkap
4. Masuk setelah lewatin protokol. Jangan lupa bawa KK (jika satu alamat) dan atau surat kuasa jika nama pengurus dan nama yang tercantum di STNK berbeda
5. Akan diserahkan semacam ID card ditukar dengan KTP
6. Datang ke mba2 manis yang jaga disitu (mereka adalah pemandu admin)... ati2... galak cuy mbak2 nya.
7. Mba tersebut akan memasukkan sesuatu yang memang sudah seharusnya dimasukan dan meletakan sesuatu di tempat yang memang sudah seharusnya diletakkan (jalani aja.. nanti juga tau)... nanti kita dikasih semacam form
8. Serahkan ke loket pendaftaran... tunggu bentaran.. VOILA.. Kelarrrrrrr
9. Durasi waktu sekitar 30 menitan
10. Gratisan (mungkin karena nama nya sama... beda alamat doang)

Durasi 30 menitan... gratisan

===============================================================

Last but not least..

1. Jangan lupa bawa PULPEN...PENTING
2. Fotokopi KTP, KK dsb dll yang banyak... diluaran
3. Bawa streples dan isinya
4. Berpakaian rapi dan bersepatu (usahakan). Soalnya di polda ada yang disuruh pulang karena pake sandal

Hope it helps
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by coipan »

doko86 wrote: 16 Apr 2021, 18:28
coipan wrote: 15 Apr 2021, 22:09 oh iya sorry klo pertanyaan rada2 stup*d, kalo di bogor mau cari google maps samsatnya dimana ya lokasinya?
Kalau gak salah d cibinong ada, trus d kota bogornya juga ada om. Cari d google aja...... Atau pake huawei, makanya gak ada google. Hehehehe :big_grin:
Wkwka sekalian Update

Kemarin baru aja jalan malah ke samsat ir h juanda gara2 search di google samsat bogor munculnya itu pling atas. Lalu ternyata stnk saya dibuatnya di samsat bogor hadehh akhirnya gagal deh cabut berkasnya .

Oh iya btw biro jasa saya tawarin buat tembak aj , jdi tetep pake plat bogor ga usah balik nama , plus minus nya apa ya klo pake sistem tembak? Ktnya klo mobil ga dipake jangka panjang lama ga perlu balik nama? Cuman saya kepngen beli nopil bwt mobil ini apa tetep bs pake sistem tembak tdi?
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by doko86 »

Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 07:05 Share postingan saya aja th 2018. Harusnya masi relevan:


Baru aja kelar ngurus mutasi plat minggu lalu dengan kondisi sbb :

- Mutasi atas nama yang sama (cuman pindah alamat) dari kota Bekasi ke Jakarta Timur (plat Kxx ke Txx)
- Diurus sekalian pajak 5 tahunan
- Ngurus sendiri.. gapake biro jasa

Prosedur di Samsat Bekasi (cabut berkas) :
1. Dateng ke tempat esek2 no rangka dan no mesin. Cepet koq ga sampe 10 menit
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.
3. Nunggu sekitar 15 menitan untuk dipanggil lagi oleh petugas loketnya
4. Lanjut naek ke lantai 2 (khusus mutasi, balik nama dsb). Dan masukan ke loket pemeriksaan fiskal. Nunggu 10 menitan
5. Abis itu masukin ke loket pendaftaran untuk diproses. Nanti dipanggil dan diminta biaya 350 ribu
6. Diminta balik besoknya dengan membawa tanda bukti yang sudah diserahkan.
7. Esok harinya segera datang dan langsung aja naek ke lantai 2
8. Setelah di beri berkasnya (1 map) langsung bawa ke loket legalisir dekat loket cek fisik dibawah. Nunggu sekitar 10 menitan
9. Kelar.... Pastikan nama, alamat dan kendaraannya adalah punya kita ya.. jangan sampe mobil kita Brio tapi bawa dokumen berkas CRV :p

Total damage cost di bekasi 350 ribu
Durasi sekitar 1 jam lebih dikit
===========================================================

Prosedur di Samsat Jaktim (bikin plat, dan cetak STNK baru)
1. Dateng dengan hati riang dan senang. Ojo lali hindari pake sandal jepit dan kaos oblong
2. Dateng ke loket cek fisik untuk legalisir dokumen cek fisik dari Bekasi. Nunggu 10 menitan
3. PENTING... setelah dilegalisir dokumennya, langsung ke tukang fotokopi untuk legalisir (jaga2 legalisir aja 3 lembar)
4. Masup ke gedung utama lantai 3. Di pintu masuk, anda akan diperiksa. Siapkan semua kelengkapan. Kalo nama di BPKB dan dokumen2 berbeda dengan nama anda, pastikan bawa KK dilengkapi fotokopi KTP anda dan istri/saudara/ayah/ibu dan jaga2 bawa aja surat kuasa.
5. Serahkan dokumen setelah isi data2 persis kayak di BEKASI (data intip di BPKB)
6. Serahin ke loket pendaftaran dan tunggu 10 menitan. Abis itu dikasi tanda terima untuk pengambilan sekitar 4 harian
7. Setelah itu pulang
8. 4 Hari kemudian balik lage dan kasih tanda terima tsb ke loket di lantai 3 tadi
9. Akan dikasih resi pembayaran pajak untuk di cek dan dibayarkan di lantai 4. Abis itu balik lagi ke lantai 3
10. Nunggu dipanggil bentar dan STNK kelar (10 menitan)
11. Langsung ke tempat cetak plat (deket area cek fisik)
12. Beri slip yang dikasih diatas dan tunggu 10 menitan untuk cetak plat
13. Jadi deh... horeeeee... STNK udah...plat udahh

Total damage : bayar pajak doang sama cetak TNKB (100rb).. pajak sesuai dengan jenis kendaraan. Tapi kendaraan ane (Suzuki Splash 1200cc) naek 400-500rb pajaknya dari Bekasi ke Jaktim
Durasi sekitar 1 jam overall

=============================================================

Ke Polda Metro jaya / aka KOMDAK di Semanggi (cetak pindah alamat BPKB)

1. Dateng dengan hati riang.. baca doa.. pake baju dan sepatu rapi... sikat gigi
2. Jaket masukin ke tas.. penjagaan protokol KETAT
3. Siapkan data2 di map lengkap
4. Masuk setelah lewatin protokol. Jangan lupa bawa KK (jika satu alamat) dan atau surat kuasa jika nama pengurus dan nama yang tercantum di STNK berbeda
5. Akan diserahkan semacam ID card ditukar dengan KTP
6. Datang ke mba2 manis yang jaga disitu (mereka adalah pemandu admin)... ati2... galak cuy mbak2 nya.
7. Mba tersebut akan memasukkan sesuatu yang memang sudah seharusnya dimasukan dan meletakan sesuatu di tempat yang memang sudah seharusnya diletakkan (jalani aja.. nanti juga tau)... nanti kita dikasih semacam form
8. Serahkan ke loket pendaftaran... tunggu bentaran.. VOILA.. Kelarrrrrrr
9. Durasi waktu sekitar 30 menitan
10. Gratisan (mungkin karena nama nya sama... beda alamat doang)

Durasi 30 menitan... gratisan

===============================================================

Last but not least..

1. Jangan lupa bawa PULPEN...PENTING
2. Fotokopi KTP, KK dsb dll yang banyak... diluaran
3. Bawa streples dan isinya
4. Berpakaian rapi dan bersepatu (usahakan). Soalnya di polda ada yang disuruh pulang karena pake sandal

Hope it helps
berarti durasinya :
Samsat bekasi 2 hari (2 x PP)
samsat jaktim 1 + 4 hari (2 x PP)
polda 1 hari

Seperti itu y om.
Oia pajaknya dr jaktim ke bogor harusnya bisa turun y om.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Mamang555 »

doko86 wrote: 17 Apr 2021, 10:03
Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 07:05
berarti durasinya :
Samsat bekasi 2 hari (2 x PP)
samsat jaktim 1 + 4 hari (2 x PP)
polda 1 hari

Seperti itu y om.
Oia pajaknya dr jaktim ke bogor harusnya bisa turun y om.
Kurang lebih segitu sih durasinya
Mudah koq dan murah. Cuma ya siapin waktu bolak balik aja..

Kalo bayar biro jasa minta sampe 1jtan mah kemahalan. Harusnya utk jasa saja sih yg wajar 500rban lah

Utk besaran pajak naik atau turun saya ga tau persis om.. logikanya si turun hehehe
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by doko86 »

Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 10:47
doko86 wrote: 17 Apr 2021, 10:03
Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 07:05
berarti durasinya :
Samsat bekasi 2 hari (2 x PP)
samsat jaktim 1 + 4 hari (2 x PP)
polda 1 hari

Seperti itu y om.
Oia pajaknya dr jaktim ke bogor harusnya bisa turun y om.
Kurang lebih segitu sih durasinya
Mudah koq dan murah. Cuma ya siapin waktu bolak balik aja..

Kalo bayar biro jasa minta sampe 1jtan mah kemahalan. Harusnya utk jasa saja sih yg wajar 500rban lah

Utk besaran pajak naik atau turun saya ga tau persis om.. logikanya si turun hehehe
kalau mutasi ke bogor berarti harus ke polda jabar y om..... Atau gmn om, masih awam ini. Hehehe
Post Reply