Seberapa boros innova reborn bensin?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 29 Mar 2016, 17:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by soerya0711 »

slapnuts wrote: 03 Jun 2021, 10:42 Jangan lupakan perhitungan resale value Innova diesel yang kuat vs Innova bensin matik yang jeblok ya om. Selisih 29,8juta itu bisa jadi lebih besar ketika nanti dijual lagi (ga muna, orang Indo pasti mikir harga jual, ga cuma orang Indo sih sebenarnya yang concern soal RV ini)
Oh iya, klo bicara otomotif di Indonesia blm lengkap tanpa bahas RV.
McLaren wrote: 03 Jun 2021, 11:47 Klo mau mencapai pemakaian solar 1:10 itu harus injek gas brutal2 si Om.. klo pemakaian biasa, Sy di dalkot 1:13, di toll 1:18, biosolar.

Sementar utk bensin 1:8 itu harus hati2 banget pake mobilnya 😃
Dan ngga boleh kena macetnya jakarta

Oli jg ga jauh beda 6,5 liter vs 7,5 liter.
Bedany paling busi, timing chain, apalagi yak
Irit amat om, mobil kantor yg dibawa supir (diesel A/T), di MID cuma sekitar 1:9-10an (pemakaian mix)
Klo oli mobil saya yg 2000cc jg saya pas ganti (include ganti oli filter) cuma 4 liter, atau 4,3 liter.
Tp pas sebelahan sama kijang yg 2.4, itu langsung siap 7-8 botol
nyotsaeba wrote: 03 Jun 2021, 12:23 Numpang koreksi itungannya ya om,
Pertalet 25000 x 7650 = 191,25 jeti
Bisol 20000 x 5150 = 103 jt

Selisih 88,25 jeti 8 tahun
Murpramada wrote: 03 Jun 2021, 12:32 Maaf dikir ralat Om,
Utk biaya sepertinya masih irit yg diesel.
Bensin :
200.000 : 8 = 25.000 (pertalite : 191.250.000)
Diesel :
200.000 : 10 = 20.000 (biosolar : 103.000.000)

Selisih biaya bbm sekitar : 88.250.000 selama 200.000 Km
Maapin saya om, pantes matematika saya sering merah mulu pas SMP-SMA, thanks for the correction, kurang angka nol 1 ternyata
Jadi kesimpulan memang diesel jauh lbh value ya kalau pemakaian Jangka lama, dan lagi RV juga diatas yg versi bensin.
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by elraedrew »

perawatan diesel apa ya
saya 2 kd ya
cuma per 10k/5k ganti oli tergantung oli yg dipakai
filter oli
filter udara bersih2 aja
per 20k saya ganti oli matic 4liter dan gardan

edit
ketinggalan filter solar 10-15k

semua bisa dilakukan sendiri
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by Galaxy14 »

DOHC wrote: 03 Jun 2021, 09:11
evanbngdor wrote: 03 Jun 2021, 09:07
DOHC wrote: 02 Jun 2021, 17:29 mo ngetes tanjakan kl di jakarta ga usa jauh2

tuh parkiran tanjakan mall klapa gading 3... coba isi penuh mobil trus stop n go di tanjakan situ

kl lulus bsa naek, berarti smua tanjakan di endonesiah mahh entenggg

seumur2 saya bawa mobil, cuman panther yg ga bsa stop n go di tengah2 tanjakan itu, bukan krn tenaga, tp pasti mesin mati mulu kaya mendadak solar abis, pas nyala musti maen in gas, jadi nya kl ngelepas kopling, ban lgs spin, serasa jadi dominic torreto deh

inofa ?? entenggggg

hrv ?? entengggggg

lipindut ?? entenggggg, malah bsa iseng ngespin2 roda jg kaya torreto

agya 1KR-GTE ?? ini wajip maksimal 2 orang doank, lebi dari itu ga bsa stop n go , quad turbo supercharge dan NoS nya mendadak ga mau engage
MKG 3 sama artha gading lebih curam mana ya? Tetep MKG3 cuma secara track lebih panjang artha gading ya?
Mkg 3 mbah, kan yg mau ditest stop n go d tengah2 tanjakan nya

Justru kl panjang ga masalah

Itu yg mkg3 saking curamnya, kl disel2 jadul macam panther haram berenti ditengah2 trus stopnngo, mesin pasti2 brebet2 atau malah mati susah nyala kaya saya punya dl
Kalo panjang masalahnya di napas empot2an om. Contoh kaya setelah tawangmangu ke arah sarangan. Ga nanjak banget emang, tapi panjang. Napasnya kaya ga nyampe.
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 909
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by sh00t »

DOHC wrote: 03 Jun 2021, 09:11
evanbngdor wrote: 03 Jun 2021, 09:07
DOHC wrote: 02 Jun 2021, 17:29 mo ngetes tanjakan kl di jakarta ga usa jauh2

tuh parkiran tanjakan mall klapa gading 3... coba isi penuh mobil trus stop n go di tanjakan situ

kl lulus bsa naek, berarti smua tanjakan di endonesiah mahh entenggg

seumur2 saya bawa mobil, cuman panther yg ga bsa stop n go di tengah2 tanjakan itu, bukan krn tenaga, tp pasti mesin mati mulu kaya mendadak solar abis, pas nyala musti maen in gas, jadi nya kl ngelepas kopling, ban lgs spin, serasa jadi dominic torreto deh

inofa ?? entenggggg

hrv ?? entengggggg

lipindut ?? entenggggg, malah bsa iseng ngespin2 roda jg kaya torreto

agya 1KR-GTE ?? ini wajip maksimal 2 orang doank, lebi dari itu ga bsa stop n go , quad turbo supercharge dan NoS nya mendadak ga mau engage
MKG 3 sama artha gading lebih curam mana ya? Tetep MKG3 cuma secara track lebih panjang artha gading ya?
Mkg 3 mbah, kan yg mau ditest stop n go d tengah2 tanjakan nya

Justru kl panjang ga masalah

Itu yg mkg3 saking curamnya, kl disel2 jadul macam panther haram berenti ditengah2 trus stopnngo, mesin pasti2 brebet2 atau malah mati susah nyala kaya saya punya dl
Mbah, MKG 3 itu masuknya dari mana yah? Soalnya saya biasanya masuknya dari seberang masjid.
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 24 Jun 2011, 13:40

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by andisyah »

soerya0711 wrote: 03 Jun 2021, 10:36 Maap numpang OOT disini, isenk mau bikin perbandingan aja antara Innova Bensin & Diesel.

Andai asumsi pemakaian 8 tahun = 200.000 km (per tahun 25rb kilometer)
Konsumsi BBM bensin 1 : 8
Konsumsi BBM diesel 1 : 10
Dengan selisih 2km per liter, untuk 200rb km, maka konsumsi akan sbb :
Bensin 200.000 : 8 = 25.000 liter
Diesel 200.000 : 10 = 20.000 liter

Selisih 5.000 liter BBM, dengan perbedaan Pertalite 7.650 vs Solar 5.150 = Rp 2.500
total selisih bensin selama 200.000km / 8 tahun itu 12,5 juta aja.
Belum lagi perawatan seperti ganti oli 2000cc vs 2400cc, fuel filter.

Tapi selisih innova bensin vs diesel (type G A/T) uda 29.8jt

Kyk nya klo secara borosnya mesin bensin, masih tertutupi dengan selisih harga.

cmiiw
Om kalau punya innova apalagi reborn, masih isi solar 5000an? Kalau menurut saya sih minimal bandingin nya pertalite dan dexlite, kita coba yah

Bensin : 25000 x 7650 = 191.250.000
Diesel : 20000 x 9500 = 190.000.000

Ngak beda jauh... soal RV ngak tau juga sih anjloknya seberapa yg bensin.. tapi kalau liat perbandingan harga bbm sih ngak jauh..

Awalnya saya suka banget sama dieselnya innova, irit, relatively nyaman, bandel, mau di tuning gampang (katanyaaa, blm pernah coba)

Nah kebetulan kantor nih pakai innova reborn bensin, alasannya kalau pake bensin lebih mudah cari pom nya (sy kerja agak di pinggiran, hehe) jadi lebih mudah cari pertalite dibanding dexlite.. kalo solar 5000an sih ya ada aja..

Setelah sy iseng bandingin dengan konsumsi bbm nya, yaa bensin lebih mahal sih, tapi ngak signifikan lah, toh harga beli mobilnya lebih murah... mau tenaga? Pencet aja power mode, ngacir juga tuh.. ya siap2 aja lebih boros sih.. sharing aja, power mode ini ngak pernah dipake, pakai yg biasa atau eco mode udah cukup.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by DOHC »

sh00t wrote: 03 Jun 2021, 17:56
DOHC wrote: 03 Jun 2021, 09:11
evanbngdor wrote: 03 Jun 2021, 09:07

MKG 3 sama artha gading lebih curam mana ya? Tetep MKG3 cuma secara track lebih panjang artha gading ya?
Mkg 3 mbah, kan yg mau ditest stop n go d tengah2 tanjakan nya

Justru kl panjang ga masalah

Itu yg mkg3 saking curamnya, kl disel2 jadul macam panther haram berenti ditengah2 trus stopnngo, mesin pasti2 brebet2 atau malah mati susah nyala kaya saya punya dl
Mbah, MKG 3 itu masuknya dari mana yah? Soalnya saya biasanya masuknya dari seberang masjid.
Masup nya yg dr sebrang mesjid itu om

Kl tanjakan yg saya maksud tu yg deretan situ jg

Kl inget video black campaign batu makam lipindut ga kuat nanjak, nahh dibuat di tanjakan parkiran situ tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by DOHC »

Galaxy14 wrote: 03 Jun 2021, 17:06
DOHC wrote: 03 Jun 2021, 09:11
evanbngdor wrote: 03 Jun 2021, 09:07

MKG 3 sama artha gading lebih curam mana ya? Tetep MKG3 cuma secara track lebih panjang artha gading ya?
Mkg 3 mbah, kan yg mau ditest stop n go d tengah2 tanjakan nya

Justru kl panjang ga masalah

Itu yg mkg3 saking curamnya, kl disel2 jadul macam panther haram berenti ditengah2 trus stopnngo, mesin pasti2 brebet2 atau malah mati susah nyala kaya saya punya dl
Kalo panjang masalahnya di napas empot2an om. Contoh kaya setelah tawangmangu ke arah sarangan. Ga nanjak banget emang, tapi panjang. Napasnya kaya ga nyampe.
Nahh kl tanjakan panjang gt, ini mungkin perlu d mobil torsi gede kl.. jangankan tawangmangu, saya bawa agya d cipularangbahn aj, perna cuman isi 4 orang dewasa cungkring plus logistik circa 50an kilo, ud megap2 tu

Laen lg waktu pake 2GD, enteng bener
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6260
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by marmut »

DOHC wrote: 03 Jun 2021, 22:27
Laen lg waktu pake 2GD, enteng bener

enteng ya mbah.... ntap kalo gitu.

coba sesekali ban serep di belakang diperiksa, puter dah engkolnya main-mainin naik turun naik turun, enteng apa enggak?

tadi saya abis ganti katrolnya yang diiket pake baut 12mm 2 biji.
nah, semua yang berulir kan musti ditorsi. coba tebak ngencenginnya bagimana...

:mky_03:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by quyquy »

Hmm pemakaian sampai 200rb km.

Si Om lupa ya, pake biosolar jng lupa hitungan penggantian filter solarnya yg lebih banyak.

Lalu konsumsi olinya lebih banyak dari si bensin.

Belum lg faktor X jika pakai biosolar dan oli kelas biasa. Faktor X ini kemungkinan bagian dalaman mesin kegerus karena pake biosolar yg lebih asam tp oli mesinnya kurang mampu menghandle keasaman shg kegerus dalemannya. Ya semoga aja 2GD ini internal badak banget.

Belum lagi hitungan beli injektor diesel yg sering mampet jika mobilnya nggak dipake tiap hari. 1 injektor diesel seharga 4 injektor bensin..

Jd menurut saya, diesel ini nggak cuman ngitung bbmnya aja jika pake biosolar. Beda hal jika pake dex.

Gak usah sampe segitu jauhnya ngitungnya.
Anggap aja pemakaian 800km full toll transjawa.
Pengalaman pribadi pake dex dapatnya 1:14, pake dexlite 1:13, pake biosolar 1:12. Dng lari jelajah 130an.
Jd utk 800km, butuh 57liter dex atau 61liter dexlite atau 66liter biosolar. Nominal rupiahnya 581.400 dex atau 579.500 dexlite atau 339rb.

Perbandingan dng yg bensin, 1:11 pertalite, 1:12 pertamax, butuh 72 literan pertalite atau 67 liter pertamax dng nominal rupiah 556rb pertalite atau 603rb pertamax. Dan tentunya si bensin pake pertalite doank gak butuh ritual2 njlimet kayak di diesel spt sering gnt filter bahan bakar atau kudu nyemplungin additif atau kudu oli bagus, nggak ada hal2 spt itu di bensin yg pake pertalite doank. Dan pake pertalite pun gak was2 injektor mampet atau susah stater akibat pengendapan bio jika mobil jarang dipake.


soerya0711 wrote: 03 Jun 2021, 10:36 Maap numpang OOT disini, isenk mau bikin perbandingan aja antara Innova Bensin & Diesel.

Andai asumsi pemakaian 8 tahun = 200.000 km (per tahun 25rb kilometer)
Konsumsi BBM bensin 1 : 8
Konsumsi BBM diesel 1 : 10
Dengan selisih 2km per liter, untuk 200rb km, maka konsumsi akan sbb :
Bensin 200.000 : 8 = 25.000 liter
Diesel 200.000 : 10 = 20.000 liter

Selisih 5.000 liter BBM, dengan perbedaan Pertalite 7.650 vs Solar 5.150 = Rp 2.500
total selisih bensin selama 200.000km / 8 tahun itu 12,5 juta aja.
Belum lagi perawatan seperti ganti oli 2000cc vs 2400cc, fuel filter.

Tapi selisih innova bensin vs diesel (type G A/T) uda 29.8jt

Kyk nya klo secara borosnya mesin bensin, masih tertutupi dengan selisih harga.

cmiiw
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by DOHC »

marmut wrote: 03 Jun 2021, 22:51
DOHC wrote: 03 Jun 2021, 22:27
Laen lg waktu pake 2GD, enteng bener

enteng ya mbah.... ntap kalo gitu.

coba sesekali ban serep di belakang diperiksa, puter dah engkolnya main-mainin naik turun naik turun, enteng apa enggak?

tadi saya abis ganti katrolnya yang diiket pake baut 12mm 2 biji.
nah, semua yang berulir kan musti ditorsi. coba tebak ngencenginnya bagimana...

:mky_03:
Barusan cek

Masi entengg mbahh :big_weee:

Behhh, pertanyaan jebmen nehhhh

Sabarrr, lg ngumpulin wang dl, nanti kl ckup, ta ikutin saran mbah masas beli tu crowfoot wrench :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 03 Jun 2021, 09:11
evanbngdor wrote: 03 Jun 2021, 09:07
DOHC wrote: 02 Jun 2021, 17:29 mo ngetes tanjakan kl di jakarta ga usa jauh2

tuh parkiran tanjakan mall klapa gading 3... coba isi penuh mobil trus stop n go di tanjakan situ

kl lulus bsa naek, berarti smua tanjakan di endonesiah mahh entenggg

seumur2 saya bawa mobil, cuman panther yg ga bsa stop n go di tengah2 tanjakan itu, bukan krn tenaga, tp pasti mesin mati mulu kaya mendadak solar abis, pas nyala musti maen in gas, jadi nya kl ngelepas kopling, ban lgs spin, serasa jadi dominic torreto deh

inofa ?? entenggggg

hrv ?? entengggggg

lipindut ?? entenggggg, malah bsa iseng ngespin2 roda jg kaya torreto

agya 1KR-GTE ?? ini wajip maksimal 2 orang doank, lebi dari itu ga bsa stop n go , quad turbo supercharge dan NoS nya mendadak ga mau engage
MKG 3 sama artha gading lebih curam mana ya? Tetep MKG3 cuma secara track lebih panjang artha gading ya?
Mkg 3 mbah, kan yg mau ditest stop n go d tengah2 tanjakan nya

Justru kl panjang ga masalah

Itu yg mkg3 saking curamnya, kl disel2 jadul macam panther haram berenti ditengah2 trus stopnngo, mesin pasti2 brebet2 atau malah mati susah nyala kaya saya punya dl
Ooo iya2. MKG 3 tp masih bisa ditaklukan dengan mudah sama greco tuwir saya sih tp untungnya ngga brebet&mati, 2KD sama CRV R20 sih jelas aman jaya
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: 14 Jan 2009, 15:34

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by goodwill »

hehe, mau sharing aja gue ada mobil kantor innova 2.0 A/T G 2020, enak juga kmrn akhirnya setir sendiri karena LC lagi di bengkel 2 minggu, nyolong dari orang kantor. in comparison buat power 0-80kmh masih mumpuni lah, gak ambyar2 banget, ini coming from a V8 petrol daily ya. Dan, I would expect it to be very irit, and it delivers, 1:8-9km/L combined consumption, mostly bejek pedal gas, isinya cukup pertamax saja, karena lebih ada power dibanding pertalite.

drawback adalah, kalau diajak ngebut goyang sana sini pas udah 100kmh++, dan tombol PWR, itu gak bikin banyak perubahan. oh ya kilometernya dah 50.000+
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by leogalih »

Btw, kalau mau ngejar captain seat di Inova diesel tanpa harus venturer, kan bisa beli captain seatnya aja di inova diesel yang biasa?

Pernah liat di toped, harga tukar tambah ga sampai 2.5jt atau kalau beli putus 5 juta.
(Bisa buat vrz juga)
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 24 Jun 2011, 13:40

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by andisyah »

goodwill wrote: 04 Jun 2021, 11:33 hehe, mau sharing aja gue ada mobil kantor innova 2.0 A/T G 2020, enak juga kmrn akhirnya setir sendiri karena LC lagi di bengkel 2 minggu, nyolong dari orang kantor. in comparison buat power 0-80kmh masih mumpuni lah, gak ambyar2 banget, ini coming from a V8 petrol daily ya. Dan, I would expect it to be very irit, and it delivers, 1:8-9km/L combined consumption, mostly bejek pedal gas, isinya cukup pertamax saja, karena lebih ada power dibanding pertalite.

drawback adalah, kalau diajak ngebut goyang sana sini pas udah 100kmh++, dan tombol PWR, itu gak bikin banyak perubahan. oh ya kilometernya dah 50.000+
saya om kerja di pegunungan, itu tombol pwr kerasa banget akselerasinya pas dipencet, mau overtake jauh lebih mudah... hehehe
si om nih mungkin karena sudah 100++ kmh kali ya jadi ngak banyak perubahan.. cmiiw
darrelund
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by darrelund »

erwinign wrote: 01 Jun 2021, 22:24
DOHC wrote: 01 Jun 2021, 21:21
Stygulator wrote: 01 Jun 2021, 20:44 Lumayan jg 1:8, sy awalnya kira dikisaran 1:6-7 dari crita2 horror GNKI bensin :big_biglaugh:

Klo diisi pertamax bisa naek lg gak yah FCnya?
Yg crita boros boros itu biasanya ga punya malah, cuman denger2 katanya katanya doank
Sampe hari ini inofa bensin kayanya msh cukup hina di mata orang ya mbah gr2 "boros" itu. Padahal sbnrnya pemake2 kijang bensin saking dah biasanya sama petrol, mo sampe disel 2GD pun masih ndak sreg sama bau asap, getarannya.
tapi yg bensin emg agak underpowered sih om, itupun boros kyknya karena nginjek gas nya agak dalem.

tapi klo udah biasa pake yg bensin, pke yg diesel kayaknya geter mulu :big_biglaugh:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2822
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by erwinign »

darrelund wrote: 05 Jun 2021, 17:40
erwinign wrote: 01 Jun 2021, 22:24
DOHC wrote: 01 Jun 2021, 21:21

Yg crita boros boros itu biasanya ga punya malah, cuman denger2 katanya katanya doank
Sampe hari ini inofa bensin kayanya msh cukup hina di mata orang ya mbah gr2 "boros" itu. Padahal sbnrnya pemake2 kijang bensin saking dah biasanya sama petrol, mo sampe disel 2GD pun masih ndak sreg sama bau asap, getarannya.
tapi yg bensin emg agak underpowered sih om, itupun boros kyknya karena nginjek gas nya agak dalem.

tapi klo udah biasa pake yg bensin, pke yg diesel kayaknya geter mulu :big_biglaugh:
Nah bener om, cukup dilemma sbnrnya. Bensin apalg yg gen lama+manual itu gada larinya, matic mendingan walaupun sekarang buat ukuran 1TR udah refined ya.

Trs saya kebiasa naik innova bensin dr 2008, naik innova 2KD rasanya ngga betah. Tp yg innova baru 2GD baru enak feel geterannya
Don't Judge The Book By It's Cover
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1053
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by KielConstantine »

goodwill wrote: 04 Jun 2021, 11:33 hehe, mau sharing aja gue ada mobil kantor innova 2.0 A/T G 2020, enak juga kmrn akhirnya setir sendiri karena LC lagi di bengkel 2 minggu, nyolong dari orang kantor. in comparison buat power 0-80kmh masih mumpuni lah, gak ambyar2 banget, ini coming from a V8 petrol daily ya. Dan, I would expect it to be very irit, and it delivers, 1:8-9km/L combined consumption, mostly bejek pedal gas, isinya cukup pertamax saja, karena lebih ada power dibanding pertalite.

drawback adalah, kalau diajak ngebut goyang sana sini pas udah 100kmh++, dan tombol PWR, itu gak bikin banyak perubahan. oh ya kilometernya dah 50.000+
Wkwkwkkw namanya jg mobil operasional om.... kg cocok buat kebut2an .. yg penting nyaman lumayan kedap, awet, muat banyak, sparepart murah mudah, jajan minim, bensin irit bisa cekok premium / pertalite, pajak murah, resale value oke... dijual cepet liquid

Intinya klo bisa jangan terlalu banyak rupiah yang kebuang kalo pelihara kijang (bensin atau diesel)..... harga mati itu buat warga indo / negara berkembang lainnya.


Mau kebut2an asik tapi tetap kedap, nyaman, ga goyang ya pake serie-7. Tombol ‘PWR’ nya alias Sport+ jg berguna banyak....
Tapi untuk pengeluaran rupiah serie-7 kita bicarakan di lain kesempatan sj.. :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by DOHC »

erwinign wrote: 05 Jun 2021, 19:03
darrelund wrote: 05 Jun 2021, 17:40
erwinign wrote: 01 Jun 2021, 22:24

Sampe hari ini inofa bensin kayanya msh cukup hina di mata orang ya mbah gr2 "boros" itu. Padahal sbnrnya pemake2 kijang bensin saking dah biasanya sama petrol, mo sampe disel 2GD pun masih ndak sreg sama bau asap, getarannya.
tapi yg bensin emg agak underpowered sih om, itupun boros kyknya karena nginjek gas nya agak dalem.

tapi klo udah biasa pake yg bensin, pke yg diesel kayaknya geter mulu :big_biglaugh:
Nah bener om, cukup dilemma sbnrnya. Bensin apalg yg gen lama+manual itu gada larinya, matic mendingan walaupun sekarang buat ukuran 1TR udah refined ya.

Trs saya kebiasa naik innova bensin dr 2008, naik innova 2KD rasanya ngga betah. Tp yg innova baru 2GD baru enak feel geterannya
Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2822
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by erwinign »

DOHC wrote: 06 Jun 2021, 09:53
erwinign wrote: 05 Jun 2021, 19:03
darrelund wrote: 05 Jun 2021, 17:40

tapi yg bensin emg agak underpowered sih om, itupun boros kyknya karena nginjek gas nya agak dalem.

tapi klo udah biasa pake yg bensin, pke yg diesel kayaknya geter mulu :big_biglaugh:
Nah bener om, cukup dilemma sbnrnya. Bensin apalg yg gen lama+manual itu gada larinya, matic mendingan walaupun sekarang buat ukuran 1TR udah refined ya.

Trs saya kebiasa naik innova bensin dr 2008, naik innova 2KD rasanya ngga betah. Tp yg innova baru 2GD baru enak feel geterannya
Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
doge
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by doge »

erwinign wrote: 06 Jun 2021, 11:15
DOHC wrote: 06 Jun 2021, 09:53
erwinign wrote: 05 Jun 2021, 19:03

Nah bener om, cukup dilemma sbnrnya. Bensin apalg yg gen lama+manual itu gada larinya, matic mendingan walaupun sekarang buat ukuran 1TR udah refined ya.

Trs saya kebiasa naik innova bensin dr 2008, naik innova 2KD rasanya ngga betah. Tp yg innova baru 2GD baru enak feel geterannya
Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
Lah ngapain repot" nyetir LHD... Klo cm mw ipah 2TR dr orok kan prnh dijual resmi sm tam th 2005... Bekasnya klo bs dpt unitnya seharga lcgc baru udh dpt mstinya...
:ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by DOHC »

erwinign wrote: 06 Jun 2021, 11:15
DOHC wrote: 06 Jun 2021, 09:53
erwinign wrote: 05 Jun 2021, 19:03

Nah bener om, cukup dilemma sbnrnya. Bensin apalg yg gen lama+manual itu gada larinya, matic mendingan walaupun sekarang buat ukuran 1TR udah refined ya.

Trs saya kebiasa naik innova bensin dr 2008, naik innova 2KD rasanya ngga betah. Tp yg innova baru 2GD baru enak feel geterannya
Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
Perna mbah

2TR manual lg, pick up single cabin hilux di aussie

Waktu itu bareng temen bantu dia pindahan rumah, sewa tu pick up dr rental d pom bensin

Enak d tarikan aj seh, berasa jauu lebi bertenaga dr inofa manual saya, cuman yah napasnya tetep aj bengek kaya tipikal inofa manual
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3116
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by kunaskun »

erwinign wrote: 06 Jun 2021, 11:15 Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
innova 2TR itu innova sebenarnya. irit untuk dibandingkan 1TR ya dan kenceng pula (displacement never lie), sensasi nyetir mobil bensin N/A dengan engine size segede gitu emang beda = berasa dikit lah rasanya jadi mbah dominic toreto. :big_biglaugh:

yg bikin repot, ya di Indo udah pada tua2, dan keluarlah penyakit2 mesin keluarga TR-FE, mulai dari rembes2, top cover, valve, etc = normal aging.
belum faktor umum innova generasi itu handling payah, braking pas2an, ketahan di transmisi AT.
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2822
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by erwinign »

doge wrote: 06 Jun 2021, 12:10
erwinign wrote: 06 Jun 2021, 11:15
DOHC wrote: 06 Jun 2021, 09:53

Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
Lah ngapain repot" nyetir LHD... Klo cm mw ipah 2TR dr orok kan prnh dijual resmi sm tam th 2005... Bekasnya klo bs dpt unitnya seharga lcgc baru udh dpt mstinya...
Wkwkwkww penasaran aja om saya feelnya nyetir LHD di indo gimana, lagian innova udah pasaran juga. Makanya naksir sama innova 2.7 yg udah jarang+stir kiri yg jarang banget :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by kompresorz »

benzz89 wrote: 02 Jun 2021, 08:05
kompresorz wrote::emo-photo:
DOHC wrote: 01 Jun 2021, 20:19 Anki bensin matic

Bbm full pertalit

Dalkot jakarta macet2an 1:8

Dalkot jakarta 50% tol 50% macet2an 1: 8an

Dalkot psbb lokdon 1: 10

Lurkot transjawabahn 1 : 12.5

Style nyetir, pedal to mentok, aliran anti siksa diri
hebat juga nih 1:8....macet2an..

bikin gw penasaran...

knp teman gw pait semua klo cerita...


boleh nih gw pinjam anki om kellelep...

gw isiin ful tank sbelum berangkat....

masih modal gw klo tes drive...maklum tau malu...orang kolot...bukan milenial..vcelamitan...

gimana...

hmmmm....


:big_think:
Naini... cucoklogi sesama aliran pedal to kampret kaki mana yg lebih bengis. Kl hasilnya ternyata benar gak beda jauh ama yg diesel, mungkin aja om kompre jd khilaf pindah ke aliran bengsin.

Bengsin sdh siap diisi full tank tuh om klep, mau tunggu apa lagi? Kami warga SM harap2 cemas menunggu hasilnya, mana tau kaki om kompre bs bikin lebih hemat dr kaki om klep??? Who knows...

Kl di YT ini namanya colab... nanti sekalian dibikin videonya & hasil kesimpulannya yah Image
tauk tuh om kelelep...

malah dikasi teori a b c .....ky sekolah aja... :big_dunno:

tinggal kasi mobilnya buat gw tes....
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Seberapa boros innova reborn bensin?

Post by kompresorz »

DOHC wrote: 06 Jun 2021, 13:23
erwinign wrote: 06 Jun 2021, 11:15
DOHC wrote: 06 Jun 2021, 09:53

Sebenernya inofa bensin (yg 1TR ya, kl 2TR laen crita) itu mo seri apapun pasti tarikan nya boyo, mo single, dual ,triple ampe quad vvti jg bakal sama

Wong itu square enjin, N/A, bobot berat dan makin berat, rasio gigi jg ga sekasar gen kapsul

Yg ribon ketolong metik 6 gear nya aj, makanya bsa iritan
Pernah nyetir innova 2TR mbah? Penasaran saya :mky_03: saya selalu ngebet pengen bungkus innova 2TR putih LHD yg ada di beberapa tempat di indonesia :big_biglaugh:
Perna mbah

2TR manual lg, pick up single cabin hilux di aussie

Waktu itu bareng temen bantu dia pindahan rumah, sewa tu pick up dr rental d pom bensin

Enak d tarikan aj seh, berasa jauu lebi bertenaga dr inofa manual saya, cuman yah napasnya tetep aj bengek kaya tipikal inofa manual
2 KD diesel aja dikilik 0-100 bisa 4 detikan...gak bikin cepat habis isi dompet...

mau 2 TR quad cam juga tbukti tetap lemas....yang kencang cuma minum bensinnya aja...ngebut isi dompet keluarnya...

mau nyaman lumayan kencang 2 GD..apalg sudah dual vvti..


pokoe diesel tuh sensasinya....

stop n go sedikit gas jg lampu merah langsung ngibrit....


bensin hadeuhhhhhh.......bengong aja makan asap...tar kencangnya urut gas 3000an br mulai dah....


diesel udah ilang di tikungan pulang kerumah... :wkkk:
Post Reply