Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by adiyamake »

Mencoba Aisin 0W-20 di Suzuki Ignis baru 5 ribu kilometer mesin lebih responsif dan sampai 5 ribu berikutnya pas cek kondisi oli sudah menghitam. Nah karena besok pergantian oli sekaligus ganti oli transmisi manual mau coba oli mesin dari PTT neh dengan viskositas sama atau naik ke 5W-30 milik SGO Ecstar...?
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by AbdulHakim »

udah dateng yg ditunggu2
WhatsApp Image 2021-10-18 at 12.47.30.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

adiyamake wrote: Mon Oct 18, 2021 4:58 Mencoba Aisin 0W-20 di Suzuki Ignis baru 5 ribu kilometer mesin lebih responsif dan sampai 5 ribu berikutnya pas cek kondisi oli sudah menghitam. Nah karena besok pergantian oli sekaligus ganti oli transmisi manual mau coba oli mesin dari PTT neh dengan viskositas sama atau naik ke 5W-30 milik SGO Ecstar...?
0w20 mending ecstar atau keraton sekalian om...

ecstar 5w30 jg lumayan improve, punya V100 10,55... kalo mau lebih enak pake 5w30 yg V100 nya dibawah itu aja, PTT 5w30 itu masih 10,4...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by fajarrian »

adiyamake wrote: Mon Oct 18, 2021 4:58 Mencoba Aisin 0W-20 di Suzuki Ignis baru 5 ribu kilometer mesin lebih responsif dan sampai 5 ribu berikutnya pas cek kondisi oli sudah menghitam. Nah karena besok pergantian oli sekaligus ganti oli transmisi manual mau coba oli mesin dari PTT neh dengan viskositas sama atau naik ke 5W-30 milik SGO Ecstar...?
mesin ignis sama persis sama splash K12M beda di kompresi kalo ga salah, kalo mau coba di 5w30 juga gpp.

saya di splash pake PTT 5w30 yang botol emas udah 3x interval ganti oli cukup puas. sebelumnya cuma pake sgo dari baru sama ecstar 1x
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by adiyamake »

rendr wrote: Mon Oct 18, 2021 7:40
adiyamake wrote: Mon Oct 18, 2021 4:58 Mencoba Aisin 0W-20 di Suzuki Ignis baru 5 ribu kilometer mesin lebih responsif dan sampai 5 ribu berikutnya pas cek kondisi oli sudah menghitam. Nah karena besok pergantian oli sekaligus ganti oli transmisi manual mau coba oli mesin dari PTT neh dengan viskositas sama atau naik ke 5W-30 milik SGO Ecstar...?
0w20 mending ecstar atau keraton sekalian om...

ecstar 5w30 jg lumayan improve, punya V100 10,55... kalo mau lebih enak pake 5w30 yg V100 nya dibawah itu aja, PTT 5w30 itu masih 10,4...
Iya ya lagi coba bandingkan PTT sama Ecstar ini seh nanti deh kalo jadi minggu depan pilih mana yang cocok
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

erwinign wrote:
yuga164 wrote: Sun Oct 17, 2021 6:45
erwinign wrote: Kl ga ngebul di knalpot, paking2 gada rembes, daleman mesin kl diliat dr tutup tuang oli pol2an cm varnish bs ke 5w30 ato 0w30 bagusan kaya ptt ato q8 aja om.

Saya di avansa 2008 udah 260rb lebih, sebelum2 itu rawatan asal pake 10w40 primaxp asal gelinding, sekarang udh 2x pake ptt evotec sp 0w30 jadi enak. Dulu yaris bakpao saya jg manut2 bengkel resmi dpt 10w40 terus saya ganti olmes ke ptt 5w30 SN sama atf pake q8 auto JK juga maknyussssssss banget
Ga ada rembes om, berani kyknya ke 5w30...makasi info om [emoji120]
Penting buntut 30 aja om, kl angka depan yg sekian W makin kecil/encer angkanya mkn bagus krn pelumasan mesin bs lebih cepet jadi engine naik ke suhu kerjanya lebih cepet biar ga manasin terlalu lama.

Saya jujur brp kali di bbrp toyota bengsin pake TMO 10W40 itu aduh2, temperatur mesin dr cold start naeknya bs 5 menit ato lebih.

Cm kalo mau 0W30 ya kudu ptt 0w30 SP itu, kl mau buntut 30 lainnya kudu 5W30. 5W30 jg banyak yg bagus kaya q8 ato amsoil kl pas harga bagus

Kalo 1NZ itu saya rasa memang angkatan mesin bandel dan bagus, cm sepengalaman saya selama pake yaris bakpao 2007 dr th 2013-2020 awal ya tetep ada potensi nguap tp sedikit banget berkurangnya (gada paking rembes). Mau pake 10w40 ato 5w30 bbrp kali, saya lihat dr dipstick jg penurunannya stl jalan 6rb an lebih sama aja. Tp bedanya tarikan lebih mantep.

Oya om, rutin tune up juga rekomen saya. Dulu yaris saya ga pernah ditune up, bengsin jelek itu kerasa banget borosnya. 1:7 dalkot. Akhirnya tangki dibersihin byk endapan pasir, terus 3-4x tune up setiap servis ganti oli dan pake pertamax baru sembuh. Mesin ini memang tahan banting tp kompresi 10,5:1 nggak pernah bohong soal ngelitik itu
Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by maastricht889 »

yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06
erwinign wrote:
yuga164 wrote: Sun Oct 17, 2021 6:45 Ga ada rembes om, berani kyknya ke 5w30...makasi info om [emoji120]
Penting buntut 30 aja om, kl angka depan yg sekian W makin kecil/encer angkanya mkn bagus krn pelumasan mesin bs lebih cepet jadi engine naik ke suhu kerjanya lebih cepet biar ga manasin terlalu lama.

Saya jujur brp kali di bbrp toyota bengsin pake TMO 10W40 itu aduh2, temperatur mesin dr cold start naeknya bs 5 menit ato lebih.

Cm kalo mau 0W30 ya kudu ptt 0w30 SP itu, kl mau buntut 30 lainnya kudu 5W30. 5W30 jg banyak yg bagus kaya q8 ato amsoil kl pas harga bagus

Kalo 1NZ itu saya rasa memang angkatan mesin bandel dan bagus, cm sepengalaman saya selama pake yaris bakpao 2007 dr th 2013-2020 awal ya tetep ada potensi nguap tp sedikit banget berkurangnya (gada paking rembes). Mau pake 10w40 ato 5w30 bbrp kali, saya lihat dr dipstick jg penurunannya stl jalan 6rb an lebih sama aja. Tp bedanya tarikan lebih mantep.

Oya om, rutin tune up juga rekomen saya. Dulu yaris saya ga pernah ditune up, bengsin jelek itu kerasa banget borosnya. 1:7 dalkot. Akhirnya tangki dibersihin byk endapan pasir, terus 3-4x tune up setiap servis ganti oli dan pake pertamax baru sembuh. Mesin ini memang tahan banting tp kompresi 10,5:1 nggak pernah bohong soal ngelitik itu
Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Carbon clean itu efeknya lebih ke ngelitik enggaknya om, sama tarikan lbh enteng enggaknya.

Teoritis sama2 buntut 40 ya sama om, cm itu shell aja pdsnya susah jd V100nya ga jelas di angka berapa

Saya terus terang ganti ke oli lbh encer ga pernah ngalamin bs potensi jadi rembes gitu
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06
erwinign wrote:
yuga164 wrote: Sun Oct 17, 2021 6:45 Ga ada rembes om, berani kyknya ke 5w30...makasi info om [emoji120]
Penting buntut 30 aja om, kl angka depan yg sekian W makin kecil/encer angkanya mkn bagus krn pelumasan mesin bs lebih cepet jadi engine naik ke suhu kerjanya lebih cepet biar ga manasin terlalu lama.

Saya jujur brp kali di bbrp toyota bengsin pake TMO 10W40 itu aduh2, temperatur mesin dr cold start naeknya bs 5 menit ato lebih.

Cm kalo mau 0W30 ya kudu ptt 0w30 SP itu, kl mau buntut 30 lainnya kudu 5W30. 5W30 jg banyak yg bagus kaya q8 ato amsoil kl pas harga bagus

Kalo 1NZ itu saya rasa memang angkatan mesin bandel dan bagus, cm sepengalaman saya selama pake yaris bakpao 2007 dr th 2013-2020 awal ya tetep ada potensi nguap tp sedikit banget berkurangnya (gada paking rembes). Mau pake 10w40 ato 5w30 bbrp kali, saya lihat dr dipstick jg penurunannya stl jalan 6rb an lebih sama aja. Tp bedanya tarikan lebih mantep.

Oya om, rutin tune up juga rekomen saya. Dulu yaris saya ga pernah ditune up, bengsin jelek itu kerasa banget borosnya. 1:7 dalkot. Akhirnya tangki dibersihin byk endapan pasir, terus 3-4x tune up setiap servis ganti oli dan pake pertamax baru sembuh. Mesin ini memang tahan banting tp kompresi 10,5:1 nggak pernah bohong soal ngelitik itu
Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

erwinign wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06
erwinign wrote: Penting buntut 30 aja om, kl angka depan yg sekian W makin kecil/encer angkanya mkn bagus krn pelumasan mesin bs lebih cepet jadi engine naik ke suhu kerjanya lebih cepet biar ga manasin terlalu lama.

Saya jujur brp kali di bbrp toyota bengsin pake TMO 10W40 itu aduh2, temperatur mesin dr cold start naeknya bs 5 menit ato lebih.

Cm kalo mau 0W30 ya kudu ptt 0w30 SP itu, kl mau buntut 30 lainnya kudu 5W30. 5W30 jg banyak yg bagus kaya q8 ato amsoil kl pas harga bagus

Kalo 1NZ itu saya rasa memang angkatan mesin bandel dan bagus, cm sepengalaman saya selama pake yaris bakpao 2007 dr th 2013-2020 awal ya tetep ada potensi nguap tp sedikit banget berkurangnya (gada paking rembes). Mau pake 10w40 ato 5w30 bbrp kali, saya lihat dr dipstick jg penurunannya stl jalan 6rb an lebih sama aja. Tp bedanya tarikan lebih mantep.

Oya om, rutin tune up juga rekomen saya. Dulu yaris saya ga pernah ditune up, bengsin jelek itu kerasa banget borosnya. 1:7 dalkot. Akhirnya tangki dibersihin byk endapan pasir, terus 3-4x tune up setiap servis ganti oli dan pake pertamax baru sembuh. Mesin ini memang tahan banting tp kompresi 10,5:1 nggak pernah bohong soal ngelitik itu
Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Carbon clean itu efeknya lebih ke ngelitik enggaknya om, sama tarikan lbh enteng enggaknya.

Teoritis sama2 buntut 40 ya sama om, cm itu shell aja pdsnya susah jd V100nya ga jelas di angka berapa

Saya terus terang ganti ke oli lbh encer ga pernah ngalamin bs potensi jadi rembes gitu
Ok om siap [emoji120]
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

sahabatq8 wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06
erwinign wrote: Penting buntut 30 aja om, kl angka depan yg sekian W makin kecil/encer angkanya mkn bagus krn pelumasan mesin bs lebih cepet jadi engine naik ke suhu kerjanya lebih cepet biar ga manasin terlalu lama.

Saya jujur brp kali di bbrp toyota bengsin pake TMO 10W40 itu aduh2, temperatur mesin dr cold start naeknya bs 5 menit ato lebih.

Cm kalo mau 0W30 ya kudu ptt 0w30 SP itu, kl mau buntut 30 lainnya kudu 5W30. 5W30 jg banyak yg bagus kaya q8 ato amsoil kl pas harga bagus

Kalo 1NZ itu saya rasa memang angkatan mesin bandel dan bagus, cm sepengalaman saya selama pake yaris bakpao 2007 dr th 2013-2020 awal ya tetep ada potensi nguap tp sedikit banget berkurangnya (gada paking rembes). Mau pake 10w40 ato 5w30 bbrp kali, saya lihat dr dipstick jg penurunannya stl jalan 6rb an lebih sama aja. Tp bedanya tarikan lebih mantep.

Oya om, rutin tune up juga rekomen saya. Dulu yaris saya ga pernah ditune up, bengsin jelek itu kerasa banget borosnya. 1:7 dalkot. Akhirnya tangki dibersihin byk endapan pasir, terus 3-4x tune up setiap servis ganti oli dan pake pertamax baru sembuh. Mesin ini memang tahan banting tp kompresi 10,5:1 nggak pernah bohong soal ngelitik itu
Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
KM udah 205.000 om, dr service record beres kyknya udah lama pake TMO 10w40...
Pas unit saya ambil suaranya halus bgt, kepengen ganti SAE yg 5w30 tp ane coba dulu yg 5w40 biar tau aja perbedaannya ganti SAE selain itu krn takut rembes...
Kok malah suara nglitiknya lebih kedengeran dr sebelumnya [emoji1751]
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 14:21
sahabatq8 wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06 Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
KM udah 205.000 om, dr service record beres kyknya udah lama pake TMO 10w40...
Pas unit saya ambil suaranya halus bgt, kepengen ganti SAE yg 5w30 tp ane coba dulu yg 5w40 biar tau aja perbedaannya ganti SAE selain itu krn takut rembes...
Kok malah suara nglitiknya lebih kedengeran dr sebelumnya [emoji1751]
Recordnya tmo 10w40, tapi jangan jangan sebelum jual dikasih oli keraton :mky_01:

Kalau mau coba Q8, boleh coba yang excel 5w40 ato balik ke 10w40 pakai advanced/advanced plus. Kalau ternyata masih ngelitik juga, mungkin bukan salah si oli
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by maastricht889 »

yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 14:21
sahabatq8 wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 12:06 Udah ganti oli mesin td pagi om, krn takut rembes akhirnya coba dulu pake yg 5w40 fully sintetik punya shell...
Hasilnya suara agak kasar dr sebelumnya namun ga terlalu...
Apa krn oli lebih encer dr sebelumnya ya om? Pdhl buntut sama 40 cmn beda angka awal aja turun ke 5w...
Trus td saya maunya carbon cleaner, tp kata montir klo tarikan masih normal mending ga usah katanya, krn klo tetep di carbon cleaner akan buat suara mesin jadi nyaring...apa bener ya? Makasi [emoji120]
Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
KM udah 205.000 om, dr service record beres kyknya udah lama pake TMO 10w40...
Pas unit saya ambil suaranya halus bgt, kepengen ganti SAE yg 5w30 tp ane coba dulu yg 5w40 biar tau aja perbedaannya ganti SAE selain itu krn takut rembes...
Kok malah suara nglitiknya lebih kedengeran dr sebelumnya [emoji1751]
Dulu saya pake TMO 10W40 ya sama om, ngelitiknya lebih kedengeran sama lebih sering. Coba deh carbon clean-cek busi sama stelannya-bersihin throttle body-kuras tangki aja om.

Oli sy rasa kalo ke buntut 30 dan lebih bagus kualitasnya ngga akan jd masalah. Soal oli pke lbh kentel apa enggaknya, selama sebelum dibeli om rutin maintenance termasuk ganti oli ga telat2 sih aman sekali.

Paking rembes gada korelasinya sama pemilihan kekentalan oli, paking lebih ke umur aja dan jarak tempuh pemakaian. Kalo mesin toyota aja dikasi oli bagusan rembes ato aneh2, namanya geger dunia persilatan dan memperbudak ownernya om :big_biglaugh:
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

sahabatq8 wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 14:21
sahabatq8 wrote: Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
KM udah 205.000 om, dr service record beres kyknya udah lama pake TMO 10w40...
Pas unit saya ambil suaranya halus bgt, kepengen ganti SAE yg 5w30 tp ane coba dulu yg 5w40 biar tau aja perbedaannya ganti SAE selain itu krn takut rembes...
Kok malah suara nglitiknya lebih kedengeran dr sebelumnya [emoji1751]
Recordnya tmo 10w40, tapi jangan jangan sebelum jual dikasih oli keraton :mky_01:

Kalau mau coba Q8, boleh coba yang excel 5w40 ato balik ke 10w40 pakai advanced/advanced plus. Kalau ternyata masih ngelitik juga, mungkin bukan salah si oli
Itu Q8 yg 10w40 full sintetik kah om? Bisikin toko online yg asli kualitas olinya donk om...bisa ane coba, oli yg saya tuang kamrin saya anggep pake flush aja...jalan 500km tak drain lg pake yg bagusan.
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

erwinign wrote:
yuga164 wrote: Mon Oct 18, 2021 14:21
sahabatq8 wrote:
Oli sebelumnya udah jalan brapa km? Ganti oli baru malah lebih kasar ya? 10w40 ke 5w40 kekentalannya biasanya beda dikit, tapi gak sampe mesin jadi kasar sih kalau pengalaman saya.
KM udah 205.000 om, dr service record beres kyknya udah lama pake TMO 10w40...
Pas unit saya ambil suaranya halus bgt, kepengen ganti SAE yg 5w30 tp ane coba dulu yg 5w40 biar tau aja perbedaannya ganti SAE selain itu krn takut rembes...
Kok malah suara nglitiknya lebih kedengeran dr sebelumnya [emoji1751]
Dulu saya pake TMO 10W40 ya sama om, ngelitiknya lebih kedengeran sama lebih sering. Coba deh carbon clean-cek busi sama stelannya-bersihin throttle body-kuras tangki aja om.

Oli sy rasa kalo ke buntut 30 dan lebih bagus kualitasnya ngga akan jd masalah. Soal oli pke lbh kentel apa enggaknya, selama sebelum dibeli om rutin maintenance termasuk ganti oli ga telat2 sih aman sekali.

Paking rembes gada korelasinya sama pemilihan kekentalan oli, paking lebih ke umur aja dan jarak tempuh pemakaian. Kalo mesin toyota aja dikasi oli bagusan rembes ato aneh2, namanya geger dunia persilatan dan memperbudak ownernya om :big_biglaugh:
Nah dalam kondisi seperti ini kira2 berani ga pake engine flush om? Krn saya buka tutup oli trus di tengok ada di titik titik kerak lumpur kyk jerawat tp ga nutup semua metal sih, kayak titik2 jerawat gitu...digosok pake jari ga mau ilang titik2 kerak kecil2 itu om.
Mau tak flush pake engine flush cmn ga berani, akhirnya saya dorong pake oli drum yg SAE 20w50 dulu abis itu tak dorong sedikit pake oli yg mau dipakai biar sisa oli drum kedorong jg oleh oli baru, abis itu baru tuang oli baru...
Pengen banget pake engine flush biar langsung rontok itu titik2 jerawat kerak lumpur..
Tp dr montir bilang katanya ganti oli dgn interval lebih cepet pergantian oli bakalan rontok sendiri itu titik2 kerak lumpur...bener ga om? Klo bener saya akan coba ganti oli dipercepat tiap 3 bulan atau klo pake PTT Flushing Oil kira2 aman ga? Mohon solusinya om minta saran yg tanpa bongkar mesin [emoji120]


User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

yuga164 wrote: Tue Oct 19, 2021 0:43 Nah dalam kondisi seperti ini kira2 berani ga pake engine flush om? Krn saya buka tutup oli trus di tengok ada di titik titik kerak lumpur kyk jerawat tp ga nutup semua metal sih, kayak titik2 jerawat gitu...digosok pake jari ga mau ilang titik2 kerak kecil2 itu om.
Mau tak flush pake engine flush cmn ga berani, akhirnya saya dorong pake oli drum yg SAE 20w50 dulu abis itu tak dorong sedikit pake oli yg mau dipakai biar sisa oli drum kedorong jg oleh oli baru, abis itu baru tuang oli baru...
Pengen banget pake engine flush biar langsung rontok itu titik2 jerawat kerak lumpur..
Tp dr montir bilang katanya ganti oli dgn interval lebih cepet pergantian oli bakalan rontok sendiri itu titik2 kerak lumpur...bener ga om? Klo bener saya akan coba ganti oli dipercepat tiap 3 bulan atau klo pake PTT Flushing Oil kira2 aman ga? Mohon solusinya om minta saran yg tanpa bongkar mesin [emoji120]
Ane setuju sih sama montirnya, kalau pakai oli bagus , kadar detergentnya cukup buat ngebersihin mesin. Tapi dengan catetan, belum sampai sludging parah.
Kalau sludging udah parah, biasanya oli gak bisa bersikulasi dengan sempurna. Jadi beberapa titik ada penyempitan karena sludge itu, baru lah kalo begitu dengan ganti oli biasa aja gak cukup, perlu yang lebih keras detergentnya biar rontok.
Ada salah satu mobil barang kantor dibilang perawatan juga gak pernah, cuma ganti oli bagus + filter rutin. Di bongkar mesinnya lumayan bersih, padahal udah lebih dari 20 tahun + km udah ratusan ribu.

Q8 10w40nya masih semi synthetic, yang 5w40 udah fully synthetic. Untuk tokonya saya pm
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yuga164 »

Siap om, makasi infonya...
Ane coba ganti oli dipercepat dulu, klo nanti ga ada hasil akan cari solusi lain [emoji120]
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Mau nanya om klo besok pas pergantian oli worth it gak untuk di tambahkan xado atau ceratec dan ada yang pernah coba juga gak ? :big_childish:
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by MarYuko »

sahabatq8 wrote: Tue Oct 12, 2021 11:46
ViPerRed wrote: Tue Oct 12, 2021 6:41
di lampung blm ada yg jual Q8 ya om??

mantab nih Q8, direct selling. below the line kalo bahasa org marketing :mky_02:
Blm om
Om untuk daerah kaltim ada gk reseller atau toko rekomen untuk yg jual oli Q8 ini??
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

MarYuko wrote: Tue Oct 19, 2021 4:55
sahabatq8 wrote: Tue Oct 12, 2021 11:46
ViPerRed wrote: Tue Oct 12, 2021 6:41
di lampung blm ada yg jual Q8 ya om??

mantab nih Q8, direct selling. below the line kalo bahasa org marketing :mky_02:
Blm om
Om untuk daerah kaltim ada gk reseller atau toko rekomen untuk yg jual oli Q8 ini??
Belum ada om untuk daerah kaltim. Biasanya customer kita beli dari tokped/shopee.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Mayan buat skutik yamaha leksi, aerok, nmek, dkk
Yg minta w40

Image
Image

Acea a3/b4 meaning:
- Tbn Min >= 10 mgKOH/g
- Noack <= 13%

Kelas long drain.
Ibarat oli motor biasa max 3-4 bln krn rpm tinggi.
Yah ini bisa lah OCI 2x oli beres

Ini tret lama2 diisi sm konten kiu eight :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dori2802 »

AbdulHakim wrote: Mon Oct 18, 2021 5:47 udah dateng yg ditunggu2
WhatsApp Image 2021-10-18 at 12.47.30.jpeg
ini warna olinya apa ya om? minta di share ya Om... Terima kasih
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Fertille »

AbdulHakim wrote: Mon Oct 18, 2021 5:47 udah dateng yg ditunggu2
WhatsApp Image 2021-10-18 at 12.47.30.jpeg
btw, apakah oli ini masuk spesifikasi untuk duo kembar rockyraize D-CVT nya ya? :big_childish:
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by jnkr »

Om, kalo olo diesel macam FT8800 boleh d pakein ke yasir bakpao gak? Untuk ngejar detergentnya. Apakah bisa longdrain juga?
yogisuryawan
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Mar 20, 2017 9:39
Location: DEPOK
Daily Vehicle: MOTOR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yogisuryawan »

Om-om nanya dong, oli yg sudah berumur 5 th apa masih bisa dipake ya?
infonya oli ini produksi tahun 2016
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

jnkr wrote: Tue Oct 19, 2021 10:12 Om, kalo olo diesel macam FT8800 boleh d pakein ke yasir bakpao gak? Untuk ngejar detergentnya. Apakah bisa longdrain juga?
Gak recommended sih, 8800 tbnnya tinggi , gak ada api service bensin. Kalau 8900 bisa, ada api service SN tapi buat apa juga, mendingan pake G long life 5w30. G long life dexos 2 (bisa bensin/diesel) detergentnya bagus, lebih murah juga dari 8900.