Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
henbob
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 26 Sep 2019, 14:33
Location: BSD-SBY

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by henbob »

nyomot di yutube
supra.jpg
supra.jpg (118.02 KiB) Viewed 509 times
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:

Tags:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6322
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

henbob wrote: 24 Jun 2021, 12:38 nyomot di yutube
supra.jpg
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:
Screenshot_20210624_125621_com.tokopedia.tkpd.jpg
Screenshot_20210624_125621_com.tokopedia.tkpd.jpg (222.15 KiB) Viewed 496 times
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2012
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by josomba »

henbob wrote: 24 Jun 2021, 12:38 nyomot di yutube
supra.jpg
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:
Keknya motul multipower 20w50 masi suka kelihatan di beberapa bengkel um.

:ungg:
Image
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 22 Feb 2021, 02:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by midrpm »

marmut wrote: 19 Jun 2021, 13:18
Suryaputra wrote: 19 Jun 2021, 12:57
midrpm wrote: 19 Jun 2021, 12:32 Om mau tanya nih, oli mesin ENEOS MOTOR OIL MOLYBDENUM SAE 10W40 SN (4L) saya lihat di official store harganya Rp. 270.522 API SN dan Full synthetic. Sedangkan merk shell HX6 10W-40 (4L) di official store harganya Rp. 291.600 API SN tapi sepertinya bukan full syntetic yaa. Nah apakah kualitas oli eneos lebih baik ya dibandingkan shell dengan spek tsb? Yang saya agak heran, merk eneos udh full syn tapi harganya kok malah di bawah shell yg blm full syn? Mungkin ada yg punya pengalaman dengan kedua merk tsb? thxx
Mobilnya apa om?
di manual book minta visco brp?


apapun mobilnya, 20w50 olinya...

:big_okay:
Mobilnya innova bensin 2007 om, ga hafal di manual book di sarankan pake sae brp. Pernah pake 5w30 ga tahan sama suara kasarnya, di tambah lagi agak nguap hehe.

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake 5w30 or 0w.
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7024
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

midrpm wrote: 24 Jun 2021, 13:52

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake 5w30 or 0w.

sans lah...
saya nggak ambil pusing ada yang mau pake SAE berapa, kan bukan mobil saya....

:mky_03:
Taufiq6210
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Taufiq6210 »

henbob wrote: 24 Jun 2021, 12:38 nyomot di yutube
supra.jpg
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:
Mobil 1 5W-50 kayaknya beberapa kali liat di toped
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

midrpm wrote: 24 Jun 2021, 13:52
marmut wrote: 19 Jun 2021, 13:18
Suryaputra wrote: 19 Jun 2021, 12:57
Mobilnya apa om?
di manual book minta visco brp?


apapun mobilnya, 20w50 olinya...

:big_okay:
Mobilnya innova bensin 2007 om, ga hafal di manual book di sarankan pake sae brp. Pernah pake 5w30 ga tahan sama suara kasarnya, di tambah lagi agak nguap hehe.

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake 5w30 or 0w.
5w30 nyoba merk dan tipe apa aja om?
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jan 2020, 07:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by tompy25 »

Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 16:26
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 13:52
marmut wrote: 19 Jun 2021, 13:18



apapun mobilnya, 20w50 olinya...

:big_okay:
Mobilnya innova bensin 2007 om, ga hafal di manual book di sarankan pake sae brp. Pernah pake 5w30 ga tahan sama suara kasarnya, di tambah lagi agak nguap hehe.

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake :mky_01: 5w30 or 0w.
5w30 nyoba merk dan tipe apa aja om?
Kl saran om surya pasti kudu dicekokin si amsoil lendir amrik pa ga Q8 lendir timur tengah.......... :mky_04:
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

tompy25 wrote: 24 Jun 2021, 17:15
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 16:26
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 13:52

Mobilnya innova bensin 2007 om, ga hafal di manual book di sarankan pake sae brp. Pernah pake 5w30 ga tahan sama suara kasarnya, di tambah lagi agak nguap hehe.

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake :mky_01: 5w30 or 0w.
5w30 nyoba merk dan tipe apa aja om?
Kl saran om surya pasti kudu dicekokin si amsoil lendir amrik pa ga Q8 lendir timur tengah.......... :mky_04:
atau... Mobil 1 5w30 EP :mky_01:
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 22 Feb 2021, 02:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by midrpm »

tompy25 wrote: 24 Jun 2021, 17:15
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 16:26
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 13:52

Mobilnya innova bensin 2007 om, ga hafal di manual book di sarankan pake sae brp. Pernah pake 5w30 ga tahan sama suara kasarnya, di tambah lagi agak nguap hehe.

Om marmut keliatannya agak sensitip yaa klo ada yg pake oli kentel wkwkwk, banyak tuh lcgc di cekokin 20w50 padahal hrsnya pake :mky_01: 5w30 or 0w.
5w30 nyoba merk dan tipe apa aja om?
Kl saran om surya pasti kudu dicekokin si amsoil lendir amrik pa ga Q8 lendir timur tengah.......... :mky_04:
Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2949
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by erwinign »

midrpm wrote: 24 Jun 2021, 20:49
tompy25 wrote: 24 Jun 2021, 17:15
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 16:26

5w30 nyoba merk dan tipe apa aja om?
Kl saran om surya pasti kudu dicekokin si amsoil lendir amrik pa ga Q8 lendir timur tengah.......... :mky_04:
Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 20:49
tompy25 wrote: 24 Jun 2021, 17:15
Kl saran om surya pasti kudu dicekokin si amsoil lendir amrik pa ga Q8 lendir timur tengah.......... :mky_04:
Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2949
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by erwinign »

Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 20:49

Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
Valvo 5W30 SN+ udah tak coba di innova om, krg enak sih
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6322
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 20:49

Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
kl ane dr pilihan itu, kepingin nyoba unil sama valvo .... kayanya dr pds sih promising.

tp itu dulu, kl skrg udah nyandu sm yg ono. heee 🤭
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 23001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:55
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04

Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
Valvo 5W30 SN+ udah tak coba di innova om, krg enak sih
kl inofa bensin

sepengealaman nubie nyoba gonta ganti oli sehh... ini enjin 1TR agak rewel ama oli yg gampang berbusa yah

anehnya kl saya pakein oli2 encer berbusa kaya total TQ90000, DGO botol kuning itu walaupun berasa rpm lebi gampang melejit, tp ngeglitik nya saya ga tahan, noticeable banget , kasar skali, dan kl ud makin sering ngeglitik, ga lama karakter enjin nya jadi aneh, kaya pas rpm tinggi itu ada jeda tenaganya baru kuar


anehnya, malah perna waktu dipakein oli kentel yg q8 excel G 5-40, ini biarpun buntut 40 tp koq enak yah tarikan nya, lebi padat berisi dan bebas glitik samsek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 24 Jun 2021, 22:07
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:55
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39

setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
Valvo 5W30 SN+ udah tak coba di innova om, krg enak sih
kl inofa bensin

sepengealaman nubie nyoba gonta ganti oli sehh... ini enjin 1TR agak rewel ama oli yg gampang berbusa yah

anehnya kl saya pakein oli2 encer berbusa kaya total TQ90000, DGO botol kuning itu walaupun berasa rpm lebi gampang melejit, tp ngeglitik nya saya ga tahan, noticeable banget , kasar skali, dan kl ud makin sering ngeglitik, ga lama karakter enjin nya jadi aneh, kaya pas rpm tinggi itu ada jeda tenaganya baru kuar


anehnya, malah perna waktu dipakein oli kentel yg q8 excel G 5-40, ini biarpun buntut 40 tp koq enak yah tarikan nya, lebi padat berisi dan bebas glitik samsek
Ya udah, klo gitu Q8 formula lah

yg 5w30
- D1 yg lama <140rb
- D1 Gen2 >170rb
seliter

maknyos... balik lg ke lendir timur tengah wkwkwkwkwk
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jan 2020, 07:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by tompy25 »

Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 22:35
DOHC wrote: 24 Jun 2021, 22:07
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:55

Valvo 5W30 SN+ udah tak coba di innova om, krg enak sih
kl inofa bensin

sepengealaman nubie nyoba gonta ganti oli sehh... ini enjin 1TR agak rewel ama oli yg gampang berbusa yah

anehnya kl saya pakein oli2 encer berbusa kaya total TQ90000, DGO botol kuning itu walaupun berasa rpm lebi gampang melejit, tp ngeglitik nya saya ga tahan, noticeable banget , kasar skali, dan kl ud makin sering ngeglitik, ga lama karakter enjin nya jadi aneh, kaya pas rpm tinggi itu ada jeda tenaganya baru kuar


anehnya, malah perna waktu dipakein oli kentel yg q8 excel G 5-40, ini biarpun buntut 40 tp koq enak yah tarikan nya, lebi padat berisi dan bebas glitik samsek
Ya udah, klo gitu Q8 formula lah

yg 5w30
- D1 yg lama <140rb
- D1 Gen2 >170rb
seliter

maknyos... balik lg ke lendir timur tengah wkwkwkwkwk
Grobak sy jg mesin 1TR slalu sy cekokin lendir encer....sesuai arahan pr suhu perlendiran SM. Sblmnya dr lendir 10w40 TMO trus 5w30 kerang HX8, trakhir PTT 0W20 malah enak pake PTT 0w20 mesin trasa adem dan toel2 lngsng ngajir. BBM sdikit lebih irit. Next gantol mo icip lendir amrik / kuwait sperti racunnya om surya...... :big_grin:
bryanguppiez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 06 Oct 2020, 16:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by bryanguppiez »

mbah sehu semua.
mau nanya, kalau oli mobil buat dipakai di motor aman gak?
yg dimana rpm motor kn relatif lebih tinggi drpd mobil.

kebetulan ini sy punya ptt api sp 5w30 botol item yg botolan 1liter ada 4, dlunya mau pakai di mobil, tp skrg pengen naik kelas aja.
kalau dipakai di vario 110fi gimana ya ? :ungg:
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

bryanguppiez wrote: 25 Jun 2021, 07:50 mbah sehu semua.
mau nanya, kalau oli mobil buat dipakai di motor aman gak?
yg dimana rpm motor kn relatif lebih tinggi drpd mobil.

kebetulan ini sy punya ptt api sp 5w30 botol item yg botolan 1liter ada 4, dlunya mau pakai di mobil, tp skrg pengen naik kelas aja.
kalau dipakai di vario 110fi gimana ya ? :ungg:
coba aja, tp gak usah geber2.
krn oli motor itu biasanya punya anti wear sgt tinggi.
buat motor matik yaa.
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
bryanguppiez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 06 Oct 2020, 16:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by bryanguppiez »

Suryaputra wrote: 25 Jun 2021, 07:56
bryanguppiez wrote: 25 Jun 2021, 07:50 mbah sehu semua.
mau nanya, kalau oli mobil buat dipakai di motor aman gak?
yg dimana rpm motor kn relatif lebih tinggi drpd mobil.

kebetulan ini sy punya ptt api sp 5w30 botol item yg botolan 1liter ada 4, dlunya mau pakai di mobil, tp skrg pengen naik kelas aja.
kalau dipakai di vario 110fi gimana ya ? :ungg:
coba aja, tp gak usah geber2.
krn oli motor itu biasanya punya anti wear sgt tinggi.
buat motor matik yaa.
iya matic, vario cm buat ngantor.
jalan jg mentok 60 saya mah :big_biglaugh:
takut ngebut2 :ungg:
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

bryanguppiez wrote: 25 Jun 2021, 08:10
Suryaputra wrote: 25 Jun 2021, 07:56
bryanguppiez wrote: 25 Jun 2021, 07:50 mbah sehu semua.
mau nanya, kalau oli mobil buat dipakai di motor aman gak?
yg dimana rpm motor kn relatif lebih tinggi drpd mobil.

kebetulan ini sy punya ptt api sp 5w30 botol item yg botolan 1liter ada 4, dlunya mau pakai di mobil, tp skrg pengen naik kelas aja.
kalau dipakai di vario 110fi gimana ya ? :ungg:
coba aja, tp gak usah geber2.
krn oli motor itu biasanya punya anti wear sgt tinggi.
buat motor matik yaa.
iya matic, vario cm buat ngantor.
jalan jg mentok 60 saya mah :big_biglaugh:
takut ngebut2 :ungg:
60 aja rpm nya dah di atas 5rb an kan wkwkwkwk.
klo di lexi sy segitu, udh ganti roller cvt lbh berat, jd pulley drive diset rasionya lbh panjang dan pas klo buat jalan lurus doang.
klo pk pk roller cvt std pabrik, lbh tinggi rpm nya, sehingga buat nanjak lbh enak :mky_01:

vario ada tachometer nya?
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
bryanguppiez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 06 Oct 2020, 16:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by bryanguppiez »

Suryaputra wrote: 25 Jun 2021, 08:30
bryanguppiez wrote: 25 Jun 2021, 08:10
Suryaputra wrote: 25 Jun 2021, 07:56

coba aja, tp gak usah geber2.
krn oli motor itu biasanya punya anti wear sgt tinggi.
buat motor matik yaa.
iya matic, vario cm buat ngantor.
jalan jg mentok 60 saya mah :big_biglaugh:
takut ngebut2 :ungg:
60 aja rpm nya dah di atas 5rb an kan wkwkwkwk.
klo di lexi sy segitu, udh ganti roller cvt lbh berat, jd pulley drive diset rasionya lbh panjang dan pas klo buat jalan lurus doang.
klo pk pk roller cvt std pabrik, lbh tinggi rpm nya, sehingga buat nanjak lbh enak :mky_01:

vario ada tachometer nya?
nah itu dia, rpm tinggi nya itu bkin galau hahahha.
vario ini ga ada tacho nya :big_dunno:
tp ini motor udah 7 taun baru jalan 18rb km :big_biglaugh:
ViPerRed
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 19 Dec 2019, 11:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by ViPerRed »

Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04
midrpm wrote: 24 Jun 2021, 20:49

Dulu sih pakenya shell hx8 5W30 om ganti di t0da, kalo pake oli yg sama2 5W30 tapi suara lebih halus kira2 memungkinkan ga ya? atau harus tetap pakai yg lebih kentel supaya suara lebih halus?
Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
ini ane lg pake opaljet 5w30, gantinya di BeRes sijuki. 2 hari jalan tp kyknya lbh enak PTT 0w30 API SN ya diawal2.. dipake geber2 smpe 5rb RPM jg lbh enak PTT. ntah klo sudah sampai 1000km nantinya enakan mana..

btw, abis ganti oli, filter mahle, digeber2 RPM tinggi alhasil check engine nyala, abis di scan ternyata sensor O2 error. tp kyknya ga ada hub nya deh, lg amsiong aja. 🤭
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: 25 Jun 2021, 09:03
Suryaputra wrote: 24 Jun 2021, 21:39
erwinign wrote: 24 Jun 2021, 21:04

Dr pengalaman saya ya om, kalo sebelum2 ini rutin ganti oli, knalpot kaga ngebul, ga pernah turun mesin, internal mesin bersih (lihat dr lubang tuang oli) ngga masalah 5W30. Tapi 5W30 yg bagusan, misal kaya ptt 5W30. Shell di sini saya sekilas baca ya memang ada keluhan suara mesin kasar/ngelitik sih.

Saya br ganti oli di avansa 1.3 2008 di km 258rb pake ptt 0W30 SP evotec sih suara ngga ada perubahan om, di mana ini penggantian ke 2 kali dg oli sama. Sebelumnya cm asal gelinding, rutin ganti oli pake oli seadanya
setujuh mbah, bnyk pilihan oli 5w30 selain si kerang made in marunda / lokal, yaitu:
- Valvoline Synpower 5w30 SN+
- PTT 0w30 API SP
- Total Quartz 9000 5w30 API SP
- Unil Opaljet Longlife Dex 1.2 FE 5W30 (API SN+ & GM Dexos 1 Gen 2)
- dsb
ini ane lg pake opaljet 5w30, gantinya di BeRes sijuki. 2 hari jalan tp kyknya lbh enak PTT 0w30 API SN ya diawal2.. dipake geber2 smpe 5rb RPM jg lbh enak PTT. ntah klo sudah sampai 1000km nantinya enakan mana..

btw, abis ganti oli, filter mahle, digeber2 RPM tinggi alhasil check engine nyala, abis di scan ternyata sensor O2 error. tp kyknya ga ada hub nya deh, lg amsiong aja. 🤭
iya itu kebetulan pas kena umur aja, fatigue sensor wkwkwkwk

klo gak salah, dulu ada juga warga sini yg habis ganti oli, knp tiba2 mesinnya agak geter dan lemot.
taunya dicek krn air filter mampet, blm pernah ganti :big_biglaugh:

maka dari itu emang kita perlu cek kondisi komponen lain jg,
sampai ke tekanan ban, jadi perbandingannya apple to apple.

klo perlu spt mbah omni, sampai punya alat diagnosa sendiri :mky_02:

cmiiw
https://ngitunghpp.com/ - Hemat hingga Milyaran untuk Pebisnis Kuliner
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21164
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Bardahl di blend di Nusaraya

1 pabrik dgn Panaoil / X-Ten / Repsol dll
IMG-20210625-WA0009.jpg
IMG-20210625-WA0009.jpg (107.58 KiB) Viewed 180 times
Post Reply