Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

rendr wrote: Mon Jul 26, 2021 6:54
dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 12:50
rendr wrote: Sun Jul 25, 2021 3:44

pertanyaan saya adalah, apakah P dan Zn ini bisa berdiri sendiri?
apakah bukan API ini membatasi ZDDP, total massa dari Zn dan P itu sendiri?
jika massa P setengah Zn apakah ini jika ratio Zn dan P diatas 2:1 maka sisa Zinc tidak akan membentuk ZDDP?

im would be glad if someone could answer my quest.
:big_smile]
Nope!
API gak membatasi ZDDP dan level antiwear apapun.
Yg dibatasi adalah kontributor pollutant dari oli mesin: P & S.
Korelasinya thd antiwear yg umum digunakan:
P adalah unsur pembentuk senyawa ZDDP.
S adalah unsur pembentuk extreme pressure yg kuat.

Yg ribut2 dibahas selalu masalah antiwear yg KATANYA dibatasi.
Yg benar, pollutant yg dibatasi dan sayangnya mempengaruhi efek antiwear jika produsen oli tdk melakukan improvement apapun untuk merespon batasan P & S tersebut.
API, ILSAC, & ACEA bukan lembaga konyol.
Sebodoh dan sekonyol itukah API sehingga mengatur turunnya antiwear?
Jangan samakan dengan lembaga SNI pelumas.

Silahkan perhatikan API SP:
Batasan P : 0.06 - 0.08 % (600 - 800 ppm)
Batasan S : 0.5% max (SAE 0W & 5W), 0.6% max for other visc.

Anyway, bagaimana mungkin Zn bisa membentuk ZDDP jika tidak ada unsur P yg tersisa?
Kembali belajar kimia dasar di SMA.
Zn yg bebas tanpa terikat dgn P hanya akan menjadi zat antioxidant.

CollageMaker_20210725_204653873.jpg
kalo dilihat dari lampirannya dapet sih message yg om sampaikan.. kebetulan impactnya sama yg dibahas selama ini...

tinggal gimana ngitung actual ZDDP nya ini masih bingung hahahaha, soalnya liat bbrp PDS mereka nyantumin P dan Zn hampir seimbang nilainya...

tapi apakah memang dari P 0,06~0,08 % ini bisa menggambarkan bahwa unsur zinc yg dapat terikat untuk membentuk senyawa ZDDP juga sama ya?

misal P 600 Zn 800 , ZDDP = 600 more or less?

Capture.JPG
Kalau dilihat dari rumus kimia nya, ZDDP tersusun atas 1 atom (unsur) Zn + 2 atom P + 4 atom S + 4 atom O + 4 senyawa alkyl (ikatan C-H).
Jika diasumsikan semua P berhasil terikat menjadi senyawa ZDDP, maka Zn yg tersisa adalah sebesar ppm Zn dikurangi 1/2 dari ppm P.
Zn yg berdiri sendiri ini menjadi additive antioxidant & anti corrosive.
Perlu diketahui, senyawa ZDDP terbentuk setelah timbulnya panas yg cukup tinggi di permukaan logam terutama di wilayah boundary lubrication.
Di wilayah hydrodynamic lubrication, friction modifier lebih berperan sebagai antiwear.

Sebenarnya asal mula ZDDP ditemukan di akhir dasawarsa 1930an, ZDDP ditujukan sebagai additive anti corrosion & anti oxidant.
Sampainya dipatentkan oleh Lubrizol di tahun 1941 jg sejatinya sebagai additive corrosion and oxidation inhibitors.
Fungsinya sebagai antiwear yg kuat dan cost effective terbaik nampak setelah design V8 engine dgn overhead valve nya menjadi populer di akhir dasawarsa 40an.
Di tahun 1950an, hasil observasi menunjukkan bahwa ZDDP
fungsi lainnya sebagai antiwear yg sangat kuat dan ekonomis.

Tapi teknologi terus berjalan maju.
Dgn makin ketat nya regulasi poluttant, kandungan ZDDP "terpaksa" ikut turun sedangkan design mesin2 modern semakin menuntut kualitas antiwear yg semakin baik di wilayah boundary lubrication.
Dan itu semua tergambarkan pada requirement API/ILSAC/ACEA terbaru.
Perusahaan2 oli harus terus riset mencari solusinya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

jika masih ada yg tanya,
ongkos ganti oli 100rb mahal apa murah?


kindly read this https://www.hse.gov.uk/mvr/topics/oil.htm

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by vvti16valve »

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
naaaah...
blom aja nyobain ganti filter oli gerobak korea
posisinya menghadap firewall enjin dan ditutup oleh pipa snalpot melintang
banyak yg nyerah kalo cuma kasih goban, terpaksa bujuk kasih cepeceng
kesian juga sih klo harus ngolong ketengah dengan mobil rendah begitu
blom nyari selah selahnya sedikit buka cover bawah

:big_biglaugh:
:big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

by world standards udah paling murah lah ganti oli 100rb rupiah. ga usah ngomong 50rb apalagi 30rb. segini aja masih dibilang mahal. ampun2 dah.

coba kl di negara lain yg ada minimum charge nya, ga boleh siapapun jual jasa yg sama tp terlalu murah dr rate yg umum. emang disini bengkel saingan sama shade tree mechanic yg dibayar 30rb juga mau. mayan buat makan satu hari katanya. gimana org mau naikin taraf hidup kl begitu. terima lah hidup susah terus selamanya. ga hargain keringet sendiri, siapa yg mau hargain dia.

begitu bayar 30rb ngencengin drain plug sekenceng alaihim sampe drat dol. makan lah tuh kerjaan murah. you pay peanut you get monkey.

*rant off.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Omnibus wrote:by world standards udah paling murah lah ganti oli 100rb rupiah. ga usah ngomong 50rb apalagi 30rb. segini aja masih dibilang mahal. ampun2 dah.

coba kl di negara lain yg ada minimum charge nya, ga boleh siapapun jual jasa yg sama tp terlalu murah dr rate yg umum. emang disini bengkel saingan sama shade tree mechanic yg dibayar 30rb juga mau. mayan buat makan satu hari katanya. gimana org mau naikin taraf hidup kl begitu. terima lah hidup susah terus selamanya. ga hargain keringet sendiri, siapa yg mau hargain dia.

begitu bayar 30rb ngencengin drain plug sekenceng alaihim sampe drat dol. makan lah tuh kerjaan murah. you pay peanut you get monkey.

*rant off.
di negara maju ongkos ganti oli not just labor cost

kadang ada ongkos "buang limbah" di negara / daerah tertentu

Oil disposal charge

Sodara Polda di Edison - NJ tiap bulan harus bayar biaya utk limbah rumah tangga (air bekas mandi / cucian)......
agusfsyah
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jul 26, 2021 22:38
Location: cilegon
Daily Vehicle: kia sportage 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by agusfsyah »

mohon izin bertanya sepuh sepuh forum,
rencana bulan depan mau drain ptt syntec plus 5w30 botol hitam yang sudah bertugas 6 bulan/4000 KM di KIA sportage 2014 nu engine

Apakah ptt performa euro syn 5w30 termasuk oli keraton? harganya per postingan ini 900.000 / botol 4 Liter dan diklaim pengujian 20.000 KM di negara asalnya.
bulan lalu saya dapat harga promo di official store ditambah diskon blibli jd dpt harga 633.000.
apakah diatas kertas oli ini mampu bertahan 1 tahun/10.000 KM?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: Mon Jul 26, 2021 9:27
Omnibus wrote:by world standards udah paling murah lah ganti oli 100rb rupiah. ga usah ngomong 50rb apalagi 30rb. segini aja masih dibilang mahal. ampun2 dah.

coba kl di negara lain yg ada minimum charge nya, ga boleh siapapun jual jasa yg sama tp terlalu murah dr rate yg umum. emang disini bengkel saingan sama shade tree mechanic yg dibayar 30rb juga mau. mayan buat makan satu hari katanya. gimana org mau naikin taraf hidup kl begitu. terima lah hidup susah terus selamanya. ga hargain keringet sendiri, siapa yg mau hargain dia.

begitu bayar 30rb ngencengin drain plug sekenceng alaihim sampe drat dol. makan lah tuh kerjaan murah. you pay peanut you get monkey.

*rant off.
di negara maju ongkos ganti oli not just labor cost

kadang ada ongkos "buang limbah" di negara / daerah tertentu

Oil disposal charge

Sodara Polda di Edison - NJ tiap bulan harus bayar biaya utk limbah rumah tangga (air bekas mandi / cucian)......
Kalo di sini beberapa bengkel motor pinggir jalan aja ada yg buang limbah2nya ke got
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya


IMG_20210725_102716.jpg
IMG_20210727_095821_HHT.jpg
IMG_20210727_095803_HHT.jpg
IMG_20210727_095710.jpg

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by AbdulHakim »

Turboman wrote: Mon Jul 26, 2021 9:27
Omnibus wrote:by world standards udah paling murah lah ganti oli 100rb rupiah. ga usah ngomong 50rb apalagi 30rb. segini aja masih dibilang mahal. ampun2 dah.

coba kl di negara lain yg ada minimum charge nya, ga boleh siapapun jual jasa yg sama tp terlalu murah dr rate yg umum. emang disini bengkel saingan sama shade tree mechanic yg dibayar 30rb juga mau. mayan buat makan satu hari katanya. gimana org mau naikin taraf hidup kl begitu. terima lah hidup susah terus selamanya. ga hargain keringet sendiri, siapa yg mau hargain dia.

begitu bayar 30rb ngencengin drain plug sekenceng alaihim sampe drat dol. makan lah tuh kerjaan murah. you pay peanut you get monkey.

*rant off.
di negara maju ongkos ganti oli not just labor cost

kadang ada ongkos "buang limbah" di negara / daerah tertentu

Oil disposal charge

Sodara Polda di Edison - NJ tiap bulan harus bayar biaya utk limbah rumah tangga (air bekas mandi / cucian)......
padahal kalo dikumpulin, ada industri kyk pabrik bata yang mau beli tuh oli bekas :big_love:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

dimasapri wrote: Mon Jul 26, 2021 7:48
rendr wrote: Mon Jul 26, 2021 6:54
dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 12:50

Nope!
API gak membatasi ZDDP dan level antiwear apapun.
Yg dibatasi adalah kontributor pollutant dari oli mesin: P & S.
Korelasinya thd antiwear yg umum digunakan:
P adalah unsur pembentuk senyawa ZDDP.
S adalah unsur pembentuk extreme pressure yg kuat.

Yg ribut2 dibahas selalu masalah antiwear yg KATANYA dibatasi.
Yg benar, pollutant yg dibatasi dan sayangnya mempengaruhi efek antiwear jika produsen oli tdk melakukan improvement apapun untuk merespon batasan P & S tersebut.
API, ILSAC, & ACEA bukan lembaga konyol.
Sebodoh dan sekonyol itukah API sehingga mengatur turunnya antiwear?
Jangan samakan dengan lembaga SNI pelumas.

Silahkan perhatikan API SP:
Batasan P : 0.06 - 0.08 % (600 - 800 ppm)
Batasan S : 0.5% max (SAE 0W & 5W), 0.6% max for other visc.

Anyway, bagaimana mungkin Zn bisa membentuk ZDDP jika tidak ada unsur P yg tersisa?
Kembali belajar kimia dasar di SMA.
Zn yg bebas tanpa terikat dgn P hanya akan menjadi zat antioxidant.

CollageMaker_20210725_204653873.jpg
kalo dilihat dari lampirannya dapet sih message yg om sampaikan.. kebetulan impactnya sama yg dibahas selama ini...

tinggal gimana ngitung actual ZDDP nya ini masih bingung hahahaha, soalnya liat bbrp PDS mereka nyantumin P dan Zn hampir seimbang nilainya...

tapi apakah memang dari P 0,06~0,08 % ini bisa menggambarkan bahwa unsur zinc yg dapat terikat untuk membentuk senyawa ZDDP juga sama ya?

misal P 600 Zn 800 , ZDDP = 600 more or less?

Capture.JPG
Kalau dilihat dari rumus kimia nya, ZDDP tersusun atas 1 atom (unsur) Zn + 2 atom P + 4 atom S + 4 atom O + 4 senyawa alkyl (ikatan C-H).
Jika diasumsikan semua P berhasil terikat menjadi senyawa ZDDP, maka Zn yg tersisa adalah sebesar ppm Zn dikurangi 1/2 dari ppm P.
Zn yg berdiri sendiri ini menjadi additive antioxidant & anti corrosive.
Perlu diketahui, senyawa ZDDP terbentuk setelah timbulnya panas yg cukup tinggi di permukaan logam terutama di wilayah boundary lubrication.
Di wilayah hydrodynamic lubrication, friction modifier lebih berperan sebagai antiwear.

Sebenarnya asal mula ZDDP ditemukan di akhir dasawarsa 1930an, ZDDP ditujukan sebagai additive anti corrosion & anti oxidant.
Sampainya dipatentkan oleh Lubrizol di tahun 1941 jg sejatinya sebagai additive corrosion and oxidation inhibitors.
Fungsinya sebagai antiwear yg kuat dan cost effective terbaik nampak setelah design V8 engine dgn overhead valve nya menjadi populer di akhir dasawarsa 40an.
Di tahun 1950an, hasil observasi menunjukkan bahwa ZDDP
fungsi lainnya sebagai antiwear yg sangat kuat dan ekonomis.

Tapi teknologi terus berjalan maju.
Dgn makin ketat nya regulasi poluttant, kandungan ZDDP "terpaksa" ikut turun sedangkan design mesin2 modern semakin menuntut kualitas antiwear yg semakin baik di wilayah boundary lubrication.
Dan itu semua tergambarkan pada requirement API/ILSAC/ACEA terbaru.
Perusahaan2 oli harus terus riset mencari solusinya.
noted om... nice sharing, thankyou buat ilmunya...

kalo kasarnya berarti contoh 1200 zinc , 1000 P, = (1200 + 1000) / 2 = 1100 zddp ya...

sisanya jadi antioxidant dan itupun terbentuk begitu udh di temp tertentu...

:big_smile] :big_deal:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

sds fastron 0w20.JPG
kalo casenya kyk gini, ZDDP nya brp ppm ya?

:ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by well »

Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 3:04 Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya



IMG_20210725_102716.jpgIMG_20210727_095821_HHT.jpgIMG_20210727_095803_HHT.jpgIMG_20210727_095710.jpg
Om, Q8 FT7000 termasuk semi atau full syntetic?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

bukan om turbo.
saya selama pk Q8 tipe bensin, kelas formula (top line), di botol dan pds nya pun, dia gak bilang full sintetis.

tapi kualitas much better dibanding oli (yg ngaku) full sintetis kelas be-res

jd sy gak terlalu care mau full sin atau sintetis ajah.
selama itu merknya Q8 atau amsoil atau mobil 1, harga relatif bagus dan available.. ya udah sikat :mky_01:


:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

well wrote:
Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 3:04 Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya



IMG_20210725_102716.jpgIMG_20210727_095821_HHT.jpgIMG_20210727_095803_HHT.jpgIMG_20210727_095710.jpg
Om, Q8 FT7000 termasuk semi atau full syntetic?
Full

tapi bukan 100% Synth

kalo T 8800 / 8900 nah itu 100% Synth
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by well »

Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 10:16
well wrote:
Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 3:04 Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya



IMG_20210725_102716.jpgIMG_20210727_095821_HHT.jpgIMG_20210727_095803_HHT.jpgIMG_20210727_095710.jpg
Om, Q8 FT7000 termasuk semi atau full syntetic?
Full

tapi bukan 100% Synth

kalo T 8800 / 8900 nah itu 100% Synth
mantab, brarti yg mau naik kelas dr ptt 10w-30 diesel bisa lari kesini...
cuma yg versi literan agak susah barangnya, bbrp yg jual kemasan 5 liter semua..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

well wrote: Tue Jul 27, 2021 10:41
Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 10:16
well wrote:
Om, Q8 FT7000 termasuk semi atau full syntetic?
Full

tapi bukan 100% Synth

kalo T 8800 / 8900 nah itu 100% Synth
mantab, brarti yg mau naik kelas dr ptt 10w-30 diesel bisa lari kesini...
cuma yg versi literan agak susah barangnya, bbrp yg jual kemasan 5 liter semua..
Coba cek aspexs*a om di tokoijo, ada jual literannya.

*Bukan sales*
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dori2802 »

Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 3:04 Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya
Mbah... Bikin suara diesel lebih adem ga? Habis pakai Ams MD 5W40 ganti PTT 10w,30 jadi lebih berisik.. :big_slap:

Pengen pakai Ams lagi, tapi muahal. (dl dpt diskonan rupa2 100k/ltr). Maklum 3 bulan sekali gantol.. jadi cari yg murah meriah mantap... :big_peace:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

dori2802 wrote: Tue Jul 27, 2021 12:42
Mbah... Bikin suara diesel lebih adem ga? Habis pakai Ams MD 5W40 ganti PTT 10w,30 jadi lebih berisik.. :big_slap:

Pengen pakai Ams lagi, tapi muahal. (dl dpt diskonan rupa2 100k/ltr). Maklum 3 bulan sekali gantol.. jadi cari yg murah meriah mantap... :big_peace:
Maaf bukan om Turbo, tapi bantu jawab:

Kalau dari buntut 40 ke 30 ya pasti agak garing om, apalg pindah kasta.

Mobil apa om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10994
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

suara mesin saya adem tapi temperaturnya berisik. kenapa ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Jul 27, 2021 13:39 suara mesin saya adem tapi temperaturnya berisik. kenapa ya?
:big_chicken:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

dori2802 wrote:
Turboman wrote: Tue Jul 27, 2021 3:04 Q8 FT 7000 - 10W30 API CK-4

Jalan 9000 km, penguapan sgt minim

sejak dari baru pun saya isi gak sampe F full

Puas lah pake ni oli, sampe 9000 km pun saat di tol tetap sesekali bejek poll saat jalan sepi.....EGT naiknya tetap santai

Buat jadi GenSet (makan di mobil) juga oke......

Buat Diesel yg minta 5W30 / ACEA B4 / 2KD - Termos 76 C.....baik Std / ReMap.....masuk semua

Mumpung ada yg jual super miring si Raja Oli......bolehlah dibeli bagi yg mau coba.....aman gak ada acdc nya
Mbah... Bikin suara diesel lebih adem ga? Habis pakai Ams MD 5W40 ganti PTT 10w,30 jadi lebih berisik.. :big_slap:

Pengen pakai Ams lagi, tapi muahal. (dl dpt diskonan rupa2 100k/ltr). Maklum 3 bulan sekali gantol.. jadi cari yg murah meriah mantap... :big_peace:
Utk 2KD ?

3 bulan = 10.000 km ?

Ams HD 5W40 CK-4 sikat aja 12 - 13 rb km coba

5W40 harga banting bisa coba test aja

ACEA B4

Beli UNIL OPAL OPALJET 24S 5W40 - 1 LITER
https://tokopedia.link/JlMlreECeib di toko SARANA OLI Rp102.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!

atau ini (tapi semi syn)

Beli Oli Mesin Mobil Shell Rimula R5E (4L)
https://tokopedia.link/7m3I7qQCeib di toko SHELL Indonesia Rp267.400 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!

osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by osbertc0ol »

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 7:09
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:


ongkos bikin drat baru kan murah, cuman 400 ribuan di karya wisesa.
tapi jangan kaget kalo kena ongkos turun mesin atau ongkos ngelepas transmisi buat buka oil pan, karena ada beberapa mesin yang seperti itu.
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:
mobilio gw ganti oli di depan rumah ongkos 75 rebu dikasih seal tape dong... bijimana ini. jadi kepikiran baut slek kan :big_cry: :big_cry:
asu tenan

trus gw baru gugel, katanya seal tape nya bakal hanyut kebawa oli ya........... gabisa tidur deh malem ini
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

osbertc0ol wrote: Tue Jul 27, 2021 15:23
marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 7:09
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:


ongkos bikin drat baru kan murah, cuman 400 ribuan di karya wisesa.
tapi jangan kaget kalo kena ongkos turun mesin atau ongkos ngelepas transmisi buat buka oil pan, karena ada beberapa mesin yang seperti itu.
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:
mobilio gw ganti oli di depan rumah ongkos 75 rebu dikasih seal tape dong... bijimana ini. jadi kepikiran baut slek kan :big_cry: :big_cry:
asu tenan

trus gw baru gugel, katanya seal tape nya bakal hanyut kebawa oli ya........... gabisa tidur deh malem ini
tenang om, anda ga sendirian koq... ud jutaan orang d indonesia kaya gt (makanya jg banyak kasus lobang baut drain slek gara2 ini, bahkan saya pun akhirnya alamin sendiri baru kapok)

sealtape + baut kl dikencengin dgn tenaga montir ceking kelaperan 3 hari yah mustinya gapapa, worst case paling remahan seal tape nya ad rontok sikit ke dalem mesin ... tp kl montirnya abis makan nasi kapau 2 bungkus plus kopi kapal api tubruk 2 gelas, nahh ini yg bahaya... belom lagi kl seal tape yg lama ga di buang dulu... cakep deh

baru gantol kan lio nya ?? ad bocor ga netes ga ?? kl ga ya udah biarin aj .. nanti next gantol ingetin montir nya ga usa seal tape an sgala.. sambil doa mudah2an drat lobang baut nya gapapa :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 27, 2021 15:40
osbertc0ol wrote: Tue Jul 27, 2021 15:23
marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 7:09



ongkos bikin drat baru kan murah, cuman 400 ribuan di karya wisesa.
tapi jangan kaget kalo kena ongkos turun mesin atau ongkos ngelepas transmisi buat buka oil pan, karena ada beberapa mesin yang seperti itu.
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02

Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:
mobilio gw ganti oli di depan rumah ongkos 75 rebu dikasih seal tape dong... bijimana ini. jadi kepikiran baut slek kan :big_cry: :big_cry:
asu tenan

trus gw baru gugel, katanya seal tape nya bakal hanyut kebawa oli ya........... gabisa tidur deh malem ini
tenang om, anda ga sendirian koq... ud jutaan orang d indonesia kaya gt (makanya jg banyak kasus lobang baut drain slek gara2 ini, bahkan saya pun akhirnya alamin sendiri baru kapok)

sealtape + baut kl dikencengin dgn tenaga montir ceking kelaperan 3 hari yah mustinya gapapa, worst case paling remahan seal tape nya ad rontok sikit ke dalem mesin ... tp kl montirnya abis makan nasi kapau 2 bungkus plus kopi kapal api tubruk 2 gelas, nahh ini yg bahaya... belom lagi kl seal tape yg lama ga di buang dulu... cakep deh

baru gantol kan lio nya ?? ad bocor ga netes ga ?? kl ga ya udah biarin aj .. nanti next gantol ingetin montir nya ga usa seal tape an sgala.. sambil doa mudah2an drat lobang baut nya gapapa :upss: :upss:
ngana awalnya doang nyuruh tenang ...... abis itu tulisan bawah2nya ga ada samsek yg bikin tenang

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

kl kata trevor gta 5: "you said 'don't panic' makes me wanna panic."
Last edited by Omnibus on Tue Jul 27, 2021 23:39, edited 1 time in total.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dori2802 »

[quote=Turboman post_id=1181522 time=1627394956
Utk 2KD ?

3 bulan = 10.000 km ?

Ams HD 5W40 CK-4 sikat aja 12 - 13 rb km coba

5W40 harga banting bisa coba test aja

ACEA B4

Beli UNIL OPAL OPALJET 24S 5W40 - 1 LITER
https://tokopedia.link/JlMlreECeib di toko SARANA OLI Rp102.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!

atau ini (tapi semi syn)

Beli Oli Mesin Mobil Shell Rimula R5E (4L)
https://tokopedia.link/7m3I7qQCeib di toko SHELL Indonesia Rp267.400 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
[/quote]

2GD reborn Mbah.. ntr coba cek2 oli di atas
Terimakasih advice nya... Jg om @sintoni
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80