Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Spies »

ViPerRed wrote: Mon Nov 29, 2021 12:26
blloewy wrote: Mon Nov 29, 2021 12:16
Herman7103 wrote: Mon Nov 29, 2021 12:02


Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Aje gile km 108.612 blm.ada perbaikan kaki2.
Owh iya HRDE15 2014 CVT ya Om.
Saya yg 96.853 km aja sdh ganti shock depan, kaki2 semua minus bearing shock ama bushing stabil plus karet stabil aja.
Sungguh ruarrr biasa...... :big_exellent:
ane punya HR15DE udh KM 110 jg blm ganti kaki2 om
cuma ganti koil yg mati minggu lalu.
sisanya cuma kopling, ga prnh ganti apa2 lg
so far so good.

olmes pake cap kerank 5w30, jalan 1200km an sudah nambah 300ml. joss emg sang drakula.
HX8 kah om?
Saya udah 2500 km 5 bulan belum top up nih.. Tiap cek dipstik belum ada penurunan.. Sama di HR15 juga..
Bulan depan mau drain, cobain ptt item 5w30
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 14:02
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
tuh udah diracunin 0w16 om :mky_03:

start dr 0w20 aja kl jarang macet n jarang high rpm. tp sebetulnya ada faktor lain jg spt besarnya kapasitas oli dan ambient temperature. kl sering dipake long distance, siang hari pas lg terik2nya ya sebaiknya 5w30. spy ga terlalu besar penguapan oli juga, kuatirnya ga terkontrol tau2 olinya berkurang banyak di mesin.
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe :big_peace:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54 Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Mobil apa mbah?

Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om

Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?

Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:37
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 13:20
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.

0w20 mid level ada:
- Amsoil OE
- PTT super syn 0w20 (tutup emas)

Cek manual booknya deh, oli plg encer dan plg kentel yg disarankan
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya :big_dunno:
Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe :big_peace:
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 14:02
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
tuh udah diracunin 0w16 om :mky_03:

start dr 0w20 aja kl jarang macet n jarang high rpm. tp sebetulnya ada faktor lain jg spt besarnya kapasitas oli dan ambient temperature. kl sering dipake long distance, siang hari pas lg terik2nya ya sebaiknya 5w30. spy ga terlalu besar penguapan oli juga, kuatirnya ga terkontrol tau2 olinya berkurang banyak di mesin.
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe :big_peace:
Sy pakai 0w20, 2 bulan kemarin PP bandung yogya solo purwokerto.
Trus jkt bandung bekasi PP
2 bulan dah nempuh 5rb km.

Kadang2 hard accel sampai RPM 5rb buat overtake ajah.
Sekarang dicek di dipstick gak berkurang :big_biglaugh:

Jangan kencang2 mbah.
Udah banyak warning dan accident.
Jalan umum, max 120 km/h ajah.

Klo geber buat akselerasi it's ok lahh.

Gakda salahnya cobain 0w20 mbah, kan disarankan di manual book malah 0w16 :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Mon Nov 29, 2021 15:56, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 15:40
Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35

by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Mobil apa mbah?

Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om

Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?

Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
Pakai Formula Special G/D1 long life 5w30, udah baguss.
di market rata2 145-150rb seliter.

Jika di manual book, dibolehin dan rekomen pakai 0w20, di harga segitu bisa PTT super syn 0w20 atau Amsoil OE 0w20
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:44
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe :big_peace:
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
Nah ini nich yg lagi tak cobain mbah shifu..
Dari Mobil Super 10W-40 ke PTT 5W-30 trs ke 0W-30 API SN.

Skrg sdh 2x interval pake PTT 0W-30 masing2 7 bln dgn jarak 5000 km.
Di kisaran itu saingannya emang Q8 ama Amsoil OE atau SS tetapi krn budget tak kuat so far bertahan di situ aja :big_peace:
Kecuali nich PTT mulai naik2 ke puncak gunung baru dah ke Q8 ama Amsoweeelll... :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 15:40
Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35

by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Mobil apa mbah?

Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om

Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?

Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
G long life lebih enak, tapi G/D1 juga cukup ok. VX kita masukin karena punya sertifikasi VW group paling lengkap. Kalau Special D1 dia udah anti-lspi, tapi berhubung avanza belum turbo gak diperlukan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

evanbngdor wrote:
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu

Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah

tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme

Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya

Discl



User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Mon Nov 29, 2021 23:38
evanbngdor wrote:
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57

Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu

Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah

tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme

Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya

Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.

Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 15:43
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:37
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 13:20

Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.

0w20 mid level ada:
- Amsoil OE
- PTT super syn 0w20 (tutup emas)

Cek manual booknya deh, oli plg encer dan plg kentel yg disarankan
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya :big_dunno:
Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:44
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe :big_peace:
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
Okey om makasi om infonya hehehe tpi syukur2 ada rezeki lebih beli q8 /ams :big_blushing: :big_blushing:
rujaktahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Jul 21, 2018 21:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rujaktahu »

rendr wrote: Sat Nov 27, 2021 3:19
rujaktahu wrote: Sat Nov 27, 2021 2:49 Oli mesin DGO dibanding ecstar nya suzuki bagusan mana ya? Sy baru beralih dari merk D ke merk S soalnya dapat gratis oli sampe 3 tahun.
Dulu cukup 1x aja pake dgo habis itu pake yg lain terus
kalo DGO 0w20 bagus jg

sisanya skip mending ecstar, ecstar 0w20 jg ada molynya dikit, ecstar ini improve dari SGO
siap om. kl gitu tetap pake ecstar mumpung masih dapat gratisan
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

Travellintas wrote: Tue Nov 30, 2021 0:36
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 15:43
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:37
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya :big_dunno:
Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalau Valvoline 0W20 bisa tahan setahun ga ya buat Raize 1.0T mbah? Hahaha.

Kapasitas oli mesin cuma 3 liter sih sudah sama filter.

Ini sodara cewek kemaren2 ada tanya mau cari yg ekonomis aja.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 23:53
Turboman wrote: Mon Nov 29, 2021 23:38
evanbngdor wrote:
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu

Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah

tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme

Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya

Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.

Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya :upss:
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?

Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: Tue Nov 30, 2021 1:30
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 23:53
Turboman wrote: Mon Nov 29, 2021 23:38 Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu

Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah

tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme

Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya

Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.

Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya :upss:
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?

Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
Sy tinggal di bandung yg lembabnya poll (cek di weather apps humidity 80 ~ 90%)
Mungkin pengaruh jg ini mbah.
Klo pagi dinginnya pernah sesekali sampai 16C di daerah buah batu dan berembun tingkat tinggi semua body dan kaca (dataran plg rendahnya bandung) :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 30, 2021 1:53, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 1:08
Travellintas wrote: Tue Nov 30, 2021 0:36
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 15:43

Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalau Valvoline 0W20 bisa tahan setahun ga ya buat Raize 1.0T mbah? Hahaha.

Kapasitas oli mesin cuma 3 liter sih sudah sama filter.

Ini sodara cewek kemaren2 ada tanya mau cari yg ekonomis aja.
Sy lupa, prnh ada yg mosting valvo,
pakai 8rb km tbn dah 1 koma :upss:

Jd emang sewajarnya 5rb km dibuang.
No wonder mengingat dr price point nya setara dgn oli2 eco nya PTT.
Cmiiw.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Tue Nov 30, 2021 1:43
evanbngdor wrote: Tue Nov 30, 2021 1:30
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 23:53

Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.

Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya :upss:
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?

Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
Sy tinggal di bandung yg lembabnya poll (cek di weather apps humidity 80 ~ 90%)
Mungkin pengaruh jg ini mbah.
Klo pagi dinginnya pernah sesekali sampai 16C di daerah buah batu dan berembun tingkat tinggi semua body dan kaca (dataran plg rendahnya bandung) :big_peace:
Oh iya masuk akal banget sih Mbah. Temen yg tinggal di Bandung, kebetulan di deket kawaluyaan situ, dia mobilnya kalo didiemin seminggu aja katanya langsung bau lembab banget interior nya.

Pasti cuaca gitu sangat berdampak ke perlendirannya ya Mbah
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Tue Nov 30, 2021 1:45
Paling ekonomis berarti si PTT Super ya untuk pemakaian 10rb. Hahaha.

Tapi rasanya jg jarang yg pake PTT Super disini, kebanyakan pake yg eco. Haha.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by triport13 »

sahabatq8 wrote:
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 15:40
Suryaputra wrote: Mobil apa mbah?

Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om

Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?

Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
G long life lebih enak, tapi G/D1 juga cukup ok. VX kita masukin karena punya sertifikasi VW group paling lengkap. Kalau Special D1 dia udah anti-lspi, tapi berhubung avanza belum turbo gak diperlukan.
Jadi G Long Life lebih tinggi speknya dibanding D1 FE ya om? Pdhl D1 FE aja seharusnya udh selevel sama AMS SS ya...
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 2:24
Suryaputra wrote: Tue Nov 30, 2021 1:45
Paling ekonomis berarti si PTT Super ya untuk pemakaian 10rb. Hahaha.

Tapi rasanya jg jarang yg pake PTT Super disini, kebanyakan pake yg eco. Haha.
Nampaknya iya om jarang pakai yang super , pengennya pakai yang super klo tahan ampe 10ribu km , mau juga ni mbah2 SM jika di tambahkan ceratec/xado apakah takaran olinya di kurangin dan bermanfaat kah ?
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 1:08
Travellintas wrote: Tue Nov 30, 2021 0:36
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 15:43

Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalau Valvoline 0W20 bisa tahan setahun ga ya buat Raize 1.0T mbah? Hahaha.

Kapasitas oli mesin cuma 3 liter sih sudah sama filter.

Ini sodara cewek kemaren2 ada tanya mau cari yg ekonomis aja.
Belum pernah pakai om cuman kemarin lumayan juga di bahas , klo bisa tahan 10 ribu enak juga nih om :big_peace:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Or4cle »

Herman7103 wrote: Mon Nov 29, 2021 12:02
Or4cle wrote:
benzz89 wrote: Mon Nov 29, 2021 8:09

Berarti kl bisa di push OCI sampe 26 ribu miles = 41.800 KM / 12,5 bulan... baru cuan dong yah?

Kaya video dibawah ini:


Kl hrs lawan hitung2an ama akuntan SM kita itu sih ane mundur alon2 kelakon aja deh [emoji16]
Naaahhh ini baru cuan banyak, kalau terapin di Jakarta bengkel yang cuan banyak :big_grin:
josomba wrote: Mon Nov 29, 2021 8:32

Ayo panggil dong mbah accountant-nya.

Dah lama ga nongol, saya lupa mantranya.

Grand Livina HR15DE dual injector and twin vtc ....

Perlu mbah Klep nih yg baca mantranya


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Om @Herman7103 'pa kabarnya ya ? Mudah2an Grand Livina 1.5 tahun 2012 Matic AT so far so good ...
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24

Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
Mungkin travel hiace-nya sudah modif pake dry sump :big_grin:
Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Wahhh, syukur lah kalau di Sumsel premium ikutan dihapus penjualannya.
At least, setelah 8 tahun disiksa dengan pre-ignition akhirnya ANGL om Herman7103 dapat BBM yang sedikit lebih proper.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

sintoni wrote: Tue Nov 30, 2021 1:08
Travellintas wrote: Tue Nov 30, 2021 0:36
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 15:43

Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.

0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS :big_biglaugh:

Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.

Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction :mky_03:
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalau Valvoline 0W20 bisa tahan setahun ga ya buat Raize 1.0T mbah? Hahaha.

Kapasitas oli mesin cuma 3 liter sih sudah sama filter.

Ini sodara cewek kemaren2 ada tanya mau cari yg ekonomis aja.
emang jarang jalan om? jgn dipaksa setaun deh, 7 bulan jg udh gaenak paling, mana oil pan cmn 3L sama filter pula, turbo pula...

coba ini aja
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... src=topads
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.