Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Utk PTT yg sering promo di BliBli

Klik aja yg disediakan BliBli

nanti keluar list nya

Area Makassar / Sulawesi juga si Bli2 bisa serve
IMG_20211129_114521.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Unyil Oppa juga klik yg disediakan Bli2

Btw HX8 si AUTO sering promo tuh
IMG_20211129_115242.jpg
Screenshot_2021-11-29-11-46-15-268_blibli.mobile.commerce.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Or4cle »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 2:26
Travellintas wrote: Sun Nov 28, 2021 10:05 Mau tanya teman-teman SM apakah ada review untuk oli motul H-tech 100 plus ? Jarang ada yang review dan apakah ini setinggak dengan oli q8 dan ams oil ? :big_childish: :big_childish:
H-tech 100 kalau dapat 150 ribu/liter sebenarnya cukup worthed, rata-rata jual di 180.000/liter
Dulu ane pakai oli ini sebelum pindah ke Amsoil OE. IMHO, Kualitasnya sedikit di bawah OE, tapi dibanding dengan Eneos masih enakan ini.
Bisa di push sampai 10.000 KM, bedanya dengan OE kalo H-tech sampai di 8000-an sudah terasa performanya turun kalo OE masih terasa mantap.
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 2:26

H-tech 100 kalau dapat 150 ribu/liter sebenarnya cukup worthed, rata-rata jual di 180.000/liter
Dulu ane pakai oli ini sebelum pindah ke Amsoil OE. IMHO, Kualitasnya sedikit di bawah OE, tapi dibanding dengan Eneos masih enakan ini.
Bisa di push sampai 10.000 KM, bedanya dengan OE kalo H-tech sampai di 8000-an sudah terasa performanya turun kalo OE masih terasa mantap.
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
:big_exellent:

akuntan kita itu. - The Accountant -
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by benzz89 »


Or4cle wrote: Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Berarti kl bisa di push OCI sampe 26 ribu miles = 41.800 KM / 12,5 bulan... baru cuan dong yah?

Kaya video dibawah ini:


Kl hrs lawan hitung2an ama akuntan SM kita itu sih ane mundur alon2 kelakon aja deh [emoji16]


Last edited by benzz89 on Mon Nov 29, 2021 8:09, edited 1 time in total.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by josomba »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 6:02
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
:big_exellent:

akuntan kita itu. - The Accountant -
Ayo panggil dong mbah accountant-nya.

Dah lama ga nongol, saya lupa mantranya.

Grand Livina HR15DE dual injector and twin vtc ....

Perlu mbah Klep nih yg baca mantranya


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 846
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by well »

Turboman wrote: Mon Nov 29, 2021 4:56 Unyil Oppa juga klik yg disediakan Bli2

Btw HX8 si AUTO sering promo tuh

IMG_20211129_115242.jpgScreenshot_2021-11-29-11-46-15-268_blibli.mobile.commerce.jpg
wah, tergolong ajeb tuh uni opal 5w40 harga 96rb, tp baca di reviewnya kok 2016 ya produksinya..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 2:26

H-tech 100 kalau dapat 150 ribu/liter sebenarnya cukup worthed, rata-rata jual di 180.000/liter
Dulu ane pakai oli ini sebelum pindah ke Amsoil OE. IMHO, Kualitasnya sedikit di bawah OE, tapi dibanding dengan Eneos masih enakan ini.
Bisa di push sampai 10.000 KM, bedanya dengan OE kalo H-tech sampai di 8000-an sudah terasa performanya turun kalo OE masih terasa mantap.
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:17
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om :upss:
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 9:19
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:17
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57

Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 9:19
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:17

Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
sy sblm pk Q8, kan pakai oli2 mainstream (non-eco)
itu hajar 5rb km aja dah gejala ngelitik. cold start jg rada bising suara mesin nya.
hard aksel sampai Hi-RPM makasih deh :mky_03:

BBM selalu pk pertamax di awal + Redline CFSC.

Skrg malah puas pk Q8 0w20 dah 3x.
OCI di <10rb km, feel nya gak beda dr oli lama ke oli baru.
ganteng emang ni oli.

ntar nunggu amsoil SS 180rb an, baru deh ane coba belok :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Or4cle »

benzz89 wrote: Mon Nov 29, 2021 8:09
Or4cle wrote: Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Berarti kl bisa di push OCI sampe 26 ribu miles = 41.800 KM / 12,5 bulan... baru cuan dong yah?

Kaya video dibawah ini:


Kl hrs lawan hitung2an ama akuntan SM kita itu sih ane mundur alon2 kelakon aja deh [emoji16]
Naaahhh ini baru cuan banyak, kalau terapin di Jakarta bengkel yang cuan banyak :big_grin:
josomba wrote: Mon Nov 29, 2021 8:32
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 6:02
Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 5:57 Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
:big_exellent:

akuntan kita itu. - The Accountant -
Ayo panggil dong mbah accountant-nya.

Dah lama ga nongol, saya lupa mantranya.

Grand Livina HR15DE dual injector and twin vtc ....

Perlu mbah Klep nih yg baca mantranya


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Om @Herman7103 'pa kabarnya ya ? Mudah2an Grand Livina 1.5 tahun 2012 Matic AT so far so good ...
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 9:19
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:17 Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.

Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace

Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
:mky_03:
Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
Mungkin travel hiace-nya sudah modif pake dry sump :big_grin:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

Or4cle wrote: Mon Nov 29, 2021 10:28

Om @Herman7103 'pa kabarnya ya ? Mudah2an Grand Livina 1.5 tahun 2012 Matic AT so far so good ...
Wah mantranya salah Om...
Yg bener Grand Livina Recing Engine HR15DE Dual Injector, CVT, No EGR premium always.... :big_grin:
Beliau sdh pake L11 yg sdh jauh improvement dari L10.
Dual injector
No EGR
Kompresi lower 9,5:1
Dgn rute nya yg jarang macet dan speed konstan, oli Amsoil cocktail sepertinya worth every penny sampe 10 rb km atau 12 bulan Om :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 9:19 Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
sy sblm pk Q8, kan pakai oli2 mainstream (non-eco)
itu hajar 5rb km aja dah gejala ngelitik. cold start jg rada bising suara mesin nya.
hard aksel sampai Hi-RPM makasih deh :mky_03:

BBM selalu pk pertamax di awal + Redline CFSC.

Skrg malah puas pk Q8 0w20 dah 3x.
OCI di <10rb km, feel nya gak beda dr oli lama ke oli baru.
ganteng emang ni oli.

ntar nunggu amsoil SS 180rb an, baru deh ane coba belok :big_biglaugh:
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Herman7103 »

Or4cle wrote:
benzz89 wrote: Mon Nov 29, 2021 8:09
Or4cle wrote: Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Berarti kl bisa di push OCI sampe 26 ribu miles = 41.800 KM / 12,5 bulan... baru cuan dong yah?

Kaya video dibawah ini:


Kl hrs lawan hitung2an ama akuntan SM kita itu sih ane mundur alon2 kelakon aja deh [emoji16]
Naaahhh ini baru cuan banyak, kalau terapin di Jakarta bengkel yang cuan banyak :big_grin:
josomba wrote: Mon Nov 29, 2021 8:32
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 6:02 :big_exellent:

akuntan kita itu. - The Accountant -
Ayo panggil dong mbah accountant-nya.

Dah lama ga nongol, saya lupa mantranya.

Grand Livina HR15DE dual injector and twin vtc ....

Perlu mbah Klep nih yg baca mantranya


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Om @Herman7103 'pa kabarnya ya ? Mudah2an Grand Livina 1.5 tahun 2012 Matic AT so far so good ...
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 9:19 Delvac MX
padahal kelas mid nya Exxon tuh.

klo Delvac 1, beneran bisa 15rb km kayanya
wkwkwkw

klo travel PP banyak konstan speed,
apalagi seminggu OCI 1x di 12rb km.
relatif aman.
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
Mungkin travel hiace-nya sudah modif pake dry sump :big_grin:
Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.
MVIMG_20211129_184607.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Mon Nov 29, 2021 12:02


Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Aje gile km 108.612 blm.ada perbaikan kaki2.
Owh iya HRDE15 2014 CVT ya Om.
Saya yg 96.853 km aja sdh ganti shock depan, kaki2 semua minus bearing shock ama bushing stabil plus karet stabil aja.
Sungguh ruarrr biasa...... :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Mon Nov 29, 2021 12:16
Herman7103 wrote: Mon Nov 29, 2021 12:02


Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Aje gile km 108.612 blm.ada perbaikan kaki2.
Owh iya HRDE15 2014 CVT ya Om.
Saya yg 96.853 km aja sdh ganti shock depan, kaki2 semua minus bearing shock ama bushing stabil plus karet stabil aja.
Sungguh ruarrr biasa...... :big_exellent:
ane punya HR15DE udh KM 110 jg blm ganti kaki2 om
cuma ganti koil yg mati minggu lalu.
sisanya cuma kopling, ga prnh ganti apa2 lg
so far so good.

olmes pake cap kerank 5w30, jalan 1200km an sudah nambah 300ml. joss emg sang drakula.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54
Suryaputra wrote:
evanbngdor wrote: Mon Nov 29, 2021 9:24

Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.

Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
:mky_03: :mky_04:
sy sblm pk Q8, kan pakai oli2 mainstream (non-eco)
itu hajar 5rb km aja dah gejala ngelitik. cold start jg rada bising suara mesin nya.
hard aksel sampai Hi-RPM makasih deh :mky_03:

BBM selalu pk pertamax di awal + Redline CFSC.

Skrg malah puas pk Q8 0w20 dah 3x.
OCI di <10rb km, feel nya gak beda dr oli lama ke oli baru.
ganteng emang ni oli.

ntar nunggu amsoil SS 180rb an, baru deh ane coba belok :big_biglaugh:
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54
Suryaputra wrote:
sy sblm pk Q8, kan pakai oli2 mainstream (non-eco)
itu hajar 5rb km aja dah gejala ngelitik. cold start jg rada bising suara mesin nya.
hard aksel sampai Hi-RPM makasih deh :mky_03:

BBM selalu pk pertamax di awal + Redline CFSC.

Skrg malah puas pk Q8 0w20 dah 3x.
OCI di <10rb km, feel nya gak beda dr oli lama ke oli baru.
ganteng emang ni oli.

ntar nunggu amsoil SS 180rb an, baru deh ane coba belok :big_biglaugh:
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Mobil apa mbah?

Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54
Suryaputra wrote:
sy sblm pk Q8, kan pakai oli2 mainstream (non-eco)
itu hajar 5rb km aja dah gejala ngelitik. cold start jg rada bising suara mesin nya.
hard aksel sampai Hi-RPM makasih deh :mky_03:

BBM selalu pk pertamax di awal + Redline CFSC.

Skrg malah puas pk Q8 0w20 dah 3x.
OCI di <10rb km, feel nya gak beda dr oli lama ke oli baru.
ganteng emang ni oli.

ntar nunggu amsoil SS 180rb an, baru deh ane coba belok :big_biglaugh:
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?

Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.

Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.

0w20 mid level ada:
- Amsoil OE
- PTT super syn 0w20 (tutup emas)

Cek manual booknya deh, oli plg encer dan plg kentel yg disarankan
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 13:20

Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.



20w50 gaboleh mbah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Nov 29, 2021 13:30
Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 13:20

Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.



20w50 gaboleh mbah?
Kurang kentel mbah,
80W90 aja biar topcer bisa ngeredam getaran :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
tuh udah diracunin 0w16 om :mky_03:

start dr 0w20 aja kl jarang macet n jarang high rpm. tp sebetulnya ada faktor lain jg spt besarnya kapasitas oli dan ambient temperature. kl sering dipake long distance, siang hari pas lg terik2nya ya sebaiknya 5w30. spy ga terlalu besar penguapan oli juga, kuatirnya ga terkontrol tau2 olinya berkurang banyak di mesin.
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Oct 04, 2021 3:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Travellintas »

Suryaputra wrote: Mon Nov 29, 2021 13:20
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35

by spec nih kl ga salah inget,

0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8

bingung kan mau kemana. :mky_03:
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis :big_blushing: :big_blushing:
Raize turbo mah 0w16 :big_biglaugh:
Tp 0w20 jg bisa.

0w20 mid level ada:
- Amsoil OE
- PTT super syn 0w20 (tutup emas)

Cek manual booknya deh, oli plg encer dan plg kentel yg disarankan
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya :big_dunno: