Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

rendr wrote: Sun Jul 25, 2021 3:44
dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 2:40
Suryaputra wrote: Sat Jul 24, 2021 17:32

terrific!
zinc setinggi itu boleh sm API SN ke atas?

atau itu emang buat kebutuhan resing, sekali pakai buang?
mobil resing gak punya CC
Sejak kapan API SN membatasi kandungan Zinc (Zn)?
Yg dibatasi adalah kandungan P dan SAPS (Sulfated Ash, Phosphorus, & Sulfur).


Zn ikutan turun karena gak ada gunanya Zn tinggi kalau P nya rendah.
Yg jadi antiwear itu ZDDP, bukan Zinc.
ZDDP, senyawa yg terbentuk dari ikatan unsur2 Zn & P.

Kalau mau kaitkan dengan API SN, yg dilihat unsur P nya.
Bukan Zn.

Begitu juga dgn TBN.
Sejak kapan API bahkan ACEA memberi batasan maksimal TBN?
API sama sekali gak membatasi TBN (min ataupun max).
Kalau ACEA malah memberi batasan minimum TBN, gak ada batasan maksimal.
Korelasinya, TBN umumnya terbentuk dari kandungan additif yg masuk golongan unsur logam.
Kalau terlalu banyak, Sulfated Ash nya (SAPS) nya akan ikutan naik.
SAPS ini yg dibatasi oleh API & ACEA.
Kalau ada produsen oli yg bisa bikin oli dgn TBN tinggi tanpa menaikkan SAPS melebihi batasan maks API / ACEA, ya sah2 saja.
Contohnya Amsoil SS
pertanyaan saya adalah, apakah P dan Zn ini bisa berdiri sendiri?
apakah bukan API ini membatasi ZDDP, total massa dari Zn dan P itu sendiri?
jika massa P setengah Zn apakah ini jika ratio Zn dan P diatas 2:1 maka sisa Zinc tidak akan membentuk ZDDP?

im would be glad if someone could answer my quest.
:big_smile]
Nope!
API gak membatasi ZDDP dan level antiwear apapun.
Yg dibatasi adalah kontributor pollutant dari oli mesin: P & S.
Korelasinya thd antiwear yg umum digunakan:
P adalah unsur pembentuk senyawa ZDDP.
S adalah unsur pembentuk extreme pressure yg kuat.

Yg ribut2 dibahas selalu masalah antiwear yg KATANYA dibatasi.
Yg benar, pollutant yg dibatasi dan sayangnya mempengaruhi efek antiwear jika produsen oli tdk melakukan improvement apapun untuk merespon batasan P & S tersebut.
API, ILSAC, & ACEA bukan lembaga konyol.
Sebodoh dan sekonyol itukah API sehingga mengatur turunnya antiwear?
Jangan samakan dengan lembaga SNI pelumas.

Silahkan perhatikan API SP:
Batasan P : 0.06 - 0.08 % (600 - 800 ppm)
Batasan S : 0.5% max (SAE 0W & 5W), 0.6% max for other visc.

Anyway, bagaimana mungkin Zn bisa membentuk ZDDP jika tidak ada unsur P yg tersisa?
Kembali belajar kimia dasar di SMA.
Zn yg bebas tanpa terikat dgn P hanya akan menjadi zat antioxidant.
CollageMaker_20210725_204653873.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

merek gak umum

wkwkwkwk
FB_IMG_1627226521559.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by midrpm »

osbertc0ol wrote: Sat Jul 24, 2021 19:11
vvti16valve wrote: Wed Jul 21, 2021 15:54
boleh om Amsoil OE kalo masih ada yg jual 120 ribuan dimana tuh?
Amsoil OE 0w20 150 rb juga di td motor, seller rerata jual 5w30
Eneos sih nyari seller lain bisa kena 310rb segalon, feeling sih blom di ACDC-in sama orang jahil nih oli 😁

:ungg:
wah iya perasaan dulu suka ada yang 125k tahun2 2018.
skrg udh ga ada, and stock nya keliatannya ud gak masuk? wkwkkw

yah tp intinya mending beli oli spek lebih tinggi om dibanding pake aditif.

saya pake unil opal 0w20 2x cukup puas. next lagi mau coba PTT Super 0w20.
midrpm wrote: Sat Jul 24, 2021 18:00 Maaf klo OOT, mau tanya klo bawa oli mesin sendiri terus ganti oli di bengkel umum biasa kena biaya jasanya kisaran berapaan ya om?
max 75rb ideal =<50rb lah om. diatas itu ud kemahalan.
Ohh gitu ya om sekitar 50rb-75rb, ini saya tanya beberapa bengkel di daerah jaksel malah di kenain jasa 100 rb klo oli bawa sendiri
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by midrpm »

well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14
osbertc0ol wrote: Sat Jul 24, 2021 19:11
wah iya perasaan dulu suka ada yang 125k tahun2 2018.
skrg udh ga ada, and stock nya keliatannya ud gak masuk? wkwkkw

yah tp intinya mending beli oli spek lebih tinggi om dibanding pake aditif.

saya pake unil opal 0w20 2x cukup puas. next lagi mau coba PTT Super 0w20.
midrpm wrote: Sat Jul 24, 2021 18:00 Maaf klo OOT, mau tanya klo bawa oli mesin sendiri terus ganti oli di bengkel umum biasa kena biaya jasanya kisaran berapaan ya om?
max 75rb ideal =<50rb lah om. diatas itu ud kemahalan.
Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sesame »

midrpm wrote: Sun Jul 25, 2021 17:29
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14
osbertc0ol wrote: Sat Jul 24, 2021 19:11
wah iya perasaan dulu suka ada yang 125k tahun2 2018.
skrg udh ga ada, and stock nya keliatannya ud gak masuk? wkwkkw

yah tp intinya mending beli oli spek lebih tinggi om dibanding pake aditif.

saya pake unil opal 0w20 2x cukup puas. next lagi mau coba PTT Super 0w20.



max 75rb ideal =<50rb lah om. diatas itu ud kemahalan.
Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Coba aja di Shop&Drive om, 60rban kok udh termasuk bersih2 filter udara dan kabin, cek aki + tambah air aki, sama semir ban..
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by midrpm »

sesame wrote: Sun Jul 25, 2021 19:41
midrpm wrote: Sun Jul 25, 2021 17:29
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14

Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Coba aja di Shop&Drive om, 60rban kok udh termasuk bersih2 filter udara dan kabin, cek aki + tambah air aki, sama semir ban..
Oh di shop n drive boleh bawa oli sendiri ya om? baru tau saya hehe, boleh juga tuh. Biasa juga klo cek aki rutin aja tanpa ngapa2in juga udh di bersihin filter udara dll. thx om infonya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

midrpm wrote:
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14
osbertc0ol wrote: Sat Jul 24, 2021 19:11
wah iya perasaan dulu suka ada yang 125k tahun2 2018.
skrg udh ga ada, and stock nya keliatannya ud gak masuk? wkwkkw

yah tp intinya mending beli oli spek lebih tinggi om dibanding pake aditif.

saya pake unil opal 0w20 2x cukup puas. next lagi mau coba PTT Super 0w20.
max 75rb ideal =<50rb lah om. diatas itu ud kemahalan.
Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Cari bengkel yg income utamanya bukan dari jual oli

kalo mereka stok olinya numpuk, anda bawa oli sendiri ya ibarat anda bawa cewek ke rumah en tunjukkan ke istri anda.......

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by josomba »

Omnibus wrote: Mon Jul 26, 2021 1:48 kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
Mudah2an dengan ada sabda seperti ini, penghuni tret hentul bertambah


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 26, 2021 1:48 kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
Jij masa ga tau.. oli kan bau, trus ngolong tangan ama badan kena pasir ubin, belom lagi muka kena pasir, belom lagi kl kotoran masuk sela2 kuku

Ad banyak orang yg "risih" akan hal tsb mbah :upss:

Beda ma kita orang yg emg " doyan" ngolong buat kerjaan :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 2:42
Omnibus wrote: Mon Jul 26, 2021 1:48 kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
Jij masa ga tau.. oli kan bau, trus ngolong tangan ama badan kena pasir ubin, belom lagi muka kena pasir, belom lagi kl kotoran masuk sela2 kuku

Ad banyak orang yg "risih" akan hal tsb mbah :upss:

Beda ma kita orang yg emg " doyan" ngolong buat kerjaan :big_weee:
Hail DIY mbah.
Namanya laki harus berani kotor dan dekil. Kalau suatu saat di tengah jalan ke luar kota misal ngeban kan juga kotor tuh.
Tangan, kaki, celana panjang, berkeringat.
Saya di mobil selalu sediain air di botol Coca Cola yang 1.5 liter an 3 botol taruh dibawah jok sopir heheheh
Sabun kecil dari hotel.

Jadi kalau pas kerja kotor kotor di tengah jalan, bersih lagi masuk mobil
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 2:42
Omnibus wrote: Mon Jul 26, 2021 1:48 kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
Jij masa ga tau.. oli kan bau, trus ngolong tangan ama badan kena pasir ubin, belom lagi muka kena pasir, belom lagi kl kotoran masuk sela2 kuku

Ad banyak orang yg "risih" akan hal tsb mbah :upss:

Beda ma kita orang yg emg " doyan" ngolong buat kerjaan :big_weee:
Iya ih ane mah geli banget sama baunya, blm sela kuku masup oli bekas..iyuuuh :big_cry:
blm mobilnya ceper kudu dongrak2 dulu :big_cry:
blm kotor2nya nempel tangan, ntrnya kotor2nya nempel baju-celana, iyuuuuuuh :big_cry:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by bryanguppiez »

sesame wrote: Sun Jul 25, 2021 19:41
midrpm wrote: Sun Jul 25, 2021 17:29
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14

Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Coba aja di Shop&Drive om, 60rban kok udh termasuk bersih2 filter udara dan kabin, cek aki + tambah air aki, sama semir ban..
boleh ya snd bawa sndiri? taun kmrn bawa oli sndiri di snd sni ga dibolehin pas mau flusing matic. jadi yaudah skip, gatau skrg gimana.
kalau di bengkel biasa sni ganti oli mesin doang paling bayar seiklasnya, kasih 25rb jg udh mau.. :big_think:

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
iyuh mbah jijiq tangan kena oli nanti meni pedi lagi bayar mahal :big_biglaugh:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Sun Jul 25, 2021 23:08
midrpm wrote:
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14

Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Cari bengkel yg income utamanya bukan dari jual oli

kalo mereka stok olinya numpuk, anda bawa oli sendiri ya ibarat anda bawa cewek ke rumah en tunjukkan ke istri anda.......

:big_biglaugh: ...

keren nih umpamanya cewe bawa dr luar....emang gurih gurih nyoi sih...enai...kopdar ngapa.... :big_exellent:

btw...


beli mobil toyota aja.....

bawa ke auto 2000 ongkos gocap...ruangan ac nonton tv duduk sofa dapat teh kopi kue nasi goreng sepuasnya gratis...sekarang pandemi dikasi pop mie...klo gw sih gak pernah makan sih...krn ga celamitan rakus..gw bawa pulang kasi pembantu... :ungg:


ngpn pusing kan....bengkel banyak...murah meriah...pikiran santai...


rabu besok sudah boking ganti oli di auto 2000 nih....


sekalian ganti filter solar....ongkos GOCAP0PPPPPPP....



gasssssss.....pollllllllllll
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by yanuarra »

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
Ajarin nubi dong mbah :big_smile]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

FYI ganti oli di Beres NISSAN skrg 113 rb blm PPN kalau mau tau harga nya :)
Oli boleh bawa dari luar cuma spy Bengkel ada pemasukan dibeli lah Gasket Drain Oli sama Filter Oli nya di Beres.
Paling semua habis 113 rb + 50 rb parts (semua blm PPN).
Kl dirasa msh kemahalan ya cari bengkel spesialis aja kisaran 50-100 rb :)
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

yanuarra wrote: Mon Jul 26, 2021 3:42
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 2:42
Omnibus wrote: Mon Jul 26, 2021 1:48 kl emang tujuannya ngirit pol sampe angka 50rb dipersoalkan ya belajar ganti oli sendiri di yutup lah. modal baskom sama kunci ringpas sebiji yg seukuran drain plug, sama kunci kaki 3 buat oil filter paling ga sampe 30 rb modalnya. kl udah lihai paling 30 menit udah kelar ganti oli sendiri. just like learning how to cebok, skill bisa dipake selamanya. wang yg 50rb bisa utk beli nasi padang.

just saying sebab kl tiap mau ganti oli aja hrs persoalin wang 50-100 rb yg notabene kecil nilainya utk urusan perawatan mobil ya sekalian aja kerjain sendiri. repot bahas wang kecil begitu sampe ke forum2 segala.
Jij masa ga tau.. oli kan bau, trus ngolong tangan ama badan kena pasir ubin, belom lagi muka kena pasir, belom lagi kl kotoran masuk sela2 kuku

Ad banyak orang yg "risih" akan hal tsb mbah :upss:

Beda ma kita orang yg emg " doyan" ngolong buat kerjaan :big_weee:
Iya ih ane mah geli banget sama baunya, blm sela kuku masup oli bekas..iyuuuh :big_cry:
blm mobilnya ceper kudu dongrak2 dulu :big_cry:
blm kotor2nya nempel tangan, ntrnya kotor2nya nempel baju-celana, iyuuuuuuh :big_cry:
yg saya pernah lakuin di Lipindut kemaren perdana gantol sendiri krn blm jadwal TU (ke garasi 69).
Lumayan butuh waktu...dongkrak mobil siapin krn lipindut lbh pendek dari apansah.
siapin mangkok pembuka filter, gsaket drain plug oli, flter oli baru dan oli baru nya, baskom penampungan, kunci pas.
Krn baru perdana jd buka dari bawah dan mesti buka cover mesin bawah dan tugel salah satu bautnya :big_biglaugh:
kurleb 45 menit lah krn sambil nunggu oli netes habis sekalian ngecek baut drain, semprot wd semua baut yg dibuka.
kl yg sdh biasa bisa dari atas dan mungkin cukup 20 menit apalagi model bengkel pasti disemprot ama kompresor dari atas spy cepet habis olinya :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 848
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by well »

Turboman wrote: Sun Jul 25, 2021 23:08
midrpm wrote:
well wrote: Sun Jul 25, 2021 0:14

Kalau di tmpt ane 30-50rb.
Wah tergolong murah tuh om well, ini saya tanya ke bengkel umum daerah jaksel mintanya 100 rb klo oli bawa sendiri, hitungannya malah jadi lebih mahal yaa klo beli oli di official store trs mau ganti di bengkel umum. Kalo harganya cuma 50 rb an sih oke tuh, maklum lg pandemi mau hemat2 pengeluaran
Cari bengkel yg income utamanya bukan dari jual oli

kalo mereka stok olinya numpuk, anda bawa oli sendiri ya ibarat anda bawa cewek ke rumah en tunjukkan ke istri anda.......
bener banget, ane harga 30-50rb itu di bengkel servis mobil bkn spesialis ganti oli
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Mesinanak »

blloewy wrote: Mon Jul 26, 2021 5:27 FYI ganti oli di Beres NISSAN skrg 113 rb blm PPN kalau mau tau harga nya :)
Oli boleh bawa dari luar cuma spy Bengkel ada pemasukan dibeli lah Gasket Drain Oli sama Filter Oli nya di Beres.
Paling semua habis 113 rb + 50 rb parts (semua blm PPN).
Kl dirasa msh kemahalan ya cari bengkel spesialis aja kisaran 50-100 rb :)
Cari bengkel angkot atau metromini om..
Cmn sekitar 20-30rb, termasuk ganti filter :big_grin:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 12:50
rendr wrote: Sun Jul 25, 2021 3:44
dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 2:40

Sejak kapan API SN membatasi kandungan Zinc (Zn)?
Yg dibatasi adalah kandungan P dan SAPS (Sulfated Ash, Phosphorus, & Sulfur).


Zn ikutan turun karena gak ada gunanya Zn tinggi kalau P nya rendah.
Yg jadi antiwear itu ZDDP, bukan Zinc.
ZDDP, senyawa yg terbentuk dari ikatan unsur2 Zn & P.

Kalau mau kaitkan dengan API SN, yg dilihat unsur P nya.
Bukan Zn.

Begitu juga dgn TBN.
Sejak kapan API bahkan ACEA memberi batasan maksimal TBN?
API sama sekali gak membatasi TBN (min ataupun max).
Kalau ACEA malah memberi batasan minimum TBN, gak ada batasan maksimal.
Korelasinya, TBN umumnya terbentuk dari kandungan additif yg masuk golongan unsur logam.
Kalau terlalu banyak, Sulfated Ash nya (SAPS) nya akan ikutan naik.
SAPS ini yg dibatasi oleh API & ACEA.
Kalau ada produsen oli yg bisa bikin oli dgn TBN tinggi tanpa menaikkan SAPS melebihi batasan maks API / ACEA, ya sah2 saja.
Contohnya Amsoil SS
pertanyaan saya adalah, apakah P dan Zn ini bisa berdiri sendiri?
apakah bukan API ini membatasi ZDDP, total massa dari Zn dan P itu sendiri?
jika massa P setengah Zn apakah ini jika ratio Zn dan P diatas 2:1 maka sisa Zinc tidak akan membentuk ZDDP?

im would be glad if someone could answer my quest.
:big_smile]
Nope!
API gak membatasi ZDDP dan level antiwear apapun.
Yg dibatasi adalah kontributor pollutant dari oli mesin: P & S.
Korelasinya thd antiwear yg umum digunakan:
P adalah unsur pembentuk senyawa ZDDP.
S adalah unsur pembentuk extreme pressure yg kuat.

Yg ribut2 dibahas selalu masalah antiwear yg KATANYA dibatasi.
Yg benar, pollutant yg dibatasi dan sayangnya mempengaruhi efek antiwear jika produsen oli tdk melakukan improvement apapun untuk merespon batasan P & S tersebut.
API, ILSAC, & ACEA bukan lembaga konyol.
Sebodoh dan sekonyol itukah API sehingga mengatur turunnya antiwear?
Jangan samakan dengan lembaga SNI pelumas.

Silahkan perhatikan API SP:
Batasan P : 0.06 - 0.08 % (600 - 800 ppm)
Batasan S : 0.5% max (SAE 0W & 5W), 0.6% max for other visc.

Anyway, bagaimana mungkin Zn bisa membentuk ZDDP jika tidak ada unsur P yg tersisa?
Kembali belajar kimia dasar di SMA.
Zn yg bebas tanpa terikat dgn P hanya akan menjadi zat antioxidant.

CollageMaker_20210725_204653873.jpg
kalo dilihat dari lampirannya dapet sih message yg om sampaikan.. kebetulan impactnya sama yg dibahas selama ini...

tinggal gimana ngitung actual ZDDP nya ini masih bingung hahahaha, soalnya liat bbrp PDS mereka nyantumin P dan Zn hampir seimbang nilainya...

tapi apakah memang dari P 0,06~0,08 % ini bisa menggambarkan bahwa unsur zinc yg dapat terikat untuk membentuk senyawa ZDDP juga sama ya?

misal P 600 Zn 800 , ZDDP = 600 more or less?
Capture.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 4:10 ganti oli memang terlihat mudah.

apalagi yang hobi menyepelekan, kan cuma begitu doang....

apakah anda tau apa saja langkah-langkahnya untuk bisa mengganti oli mesin dengan baik dan benar?

kalau masih berkeras kan cuma begitu doang.... silakan kerjakan sendiri, kan cuma begitu doang....

:mky_03:
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:


ongkos bikin drat baru kan murah, cuman 400 ribuan di karya wisesa.
tapi jangan kaget kalo kena ongkos turun mesin atau ongkos ngelepas transmisi buat buka oil pan, karena ada beberapa mesin yang seperti itu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 26, 2021 7:09
DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:02
Kl ud perna ngerasain "nyenai" oil pan gara2 baut nya slek karena sealtape / kekencengan / baut miring / buka baut pake impact gun sehhh, bakal menanggap gantol itu ritual yg " serius" :mky_03:


ongkos bikin drat baru kan murah, cuman 400 ribuan di karya wisesa.
tapi jangan kaget kalo kena ongkos turun mesin atau ongkos ngelepas transmisi buat buka oil pan, karena ada beberapa mesin yang seperti itu.
Hand tap senai NKC aseli murah koq mbah, paling cepecengan lah sbiji d glodog.. kl yg tekiro atau grip on, 4 biji paling cuman gobanan d glodog.. bkin drat baru lgs.. baut drain baru jg murah, sbiji ukuran 14 ampe 16 skilo cuman gobanan

Ga perlu copot oil pan, ngapain, cape2 in aj, lgs aj nyenai d situ.. kan lmayan, remahan tahi besi nya ntar masup nyampur ke oil pan.. trus bersirkulasi ke dalem mesin.. ga lama balik lg deh buat turun mesin.. nulis bon nya enak dehhh :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jul 26, 2021 7:15

Hand tap senai NKC aseli murah koq mbah, paling cepecengan lah sbiji d glodog.. kl yg tekiro atau grip on, 4 biji paling cuman gobanan d glodog.. bkin drat baru lgs.. baut drain baru jg murah, sbiji ukuran 14 ampe 16 skilo cuman gobanan

Ga perlu copot oil pan, ngapain, cape2 in aj, lgs aj nyenai d situ.. kan lmayan, remahan tahi besi nya ntar masup nyampur ke oil pan.. trus bersirkulasi ke dalem mesin.. ga lama balik lg deh buat turun mesin.. nulis bon nya enak dehhh :upss:



ah, benar.... sampai lupa ada cara seperti ini, padahal dulu paling hobi. lumayan buat bagi-bagi uang jajan ke kawan seperjuangan.

:mky_03: