Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 13:40
Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 13:22

Bagi yang paham aja yaa mbah :big_grin:

yang paham dan perduli dengan mesin mobilnya... :big_grin:
ini juga 150rb mbah. lihat di kolom diskusi barang prod 2016. ngakunya original

Beli Oli mobil 1 5w30 extended performance nascar dexxos 1
https://tokopedia.link/NANBckiYsjb di toko Oli 7438 Rp150.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!



yg ini 170rb. prod 2017.

Beli New Oli mobil 1 5w30 extended performance nascar dexxos 1 gen 2
https://tokopedia.link/BEqhGodYsjb di toko Oli 7438 Rp170.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!


bagaimana menurut official retailer exxonmobil, garasi 69? :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 14:09

ini juga 150rb mbah. lihat di kolom diskusi barang prod 2016. ngakunya original

Beli Oli mobil 1 5w30 extended performance nascar dexxos 1
https://tokopedia.link/NANBckiYsjb di toko Oli 7438 Rp150.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!



yg ini 170rb. prod 2017.

Beli New Oli mobil 1 5w30 extended performance nascar dexxos 1 gen 2
https://tokopedia.link/BEqhGodYsjb di toko Oli 7438 Rp170.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!


bagaimana menurut official retailer exxonmobil, garasi 69? :big_grin:



yaaaa, mungkin mereka salah satu dermawan atau yang suka pake baju merah topi merah berjanggut putih tebal.

balik lagi, duit elu mobil elu ya urusan elu...


*ka pojok deui nyeruput kopi hideung jeung ngunyah molen.

:mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 13:48
vvti16valve wrote: Sat Sep 11, 2021 13:21
dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47

Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.
https://you*tu.be/3PeqJqss0Ao
Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.
https://you*tu.be/6TF4a35WfLk


Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini : https://you*tu.be/PgXRNEukzn0
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
Mau tanya om, terkait tulisan yg saya Bold diatas.
Jika ada beberapa Oli yg memang melakukan test sendiri seperti requirement yg dilakukan oleh API dan dari hasil test itu
mereka menyimpulkan sudah meet API atau setara requirement API tapi tidak mendaftar untuk Approval karena suatu & lain hal.
lalu oli itu melakukan test lagi selain test yg dilakukan oleh API dan bisa dikatakan test itu lebih berat seperti contoh test yg dilakukan oleh Mercedes-Benz untuk specification for operating fluids (engine oil) dengan hasil spesifikasi test kode MB.229.x1/2 dan oli tersebut lulus juga diakui oleh Mercedes Benz AG
jadi bisa dikatakan oli tersebut konyol dan akan memperpendek umur mesin?

jadi bagaimana pendapat om mengenai capture yg saya berikan dibawah ini ?
Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma dari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.

Melakukan engine test tdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
mbah.. mau tanya pendapatnya..

bagaimana menurut mbah suhu, terkait amsoil signature yg ngaku meet Dexos 1 Gen2?
ketika dicek emg gak dpt approval, karena mereka gakmau ikut test nya & bayar royalti ke GM nya.

klo lihat hasil test UOA di luaran dan bbrp referensi teman2 sih hasilnya ok yah, mesin jg bersih dalaman nya.
yah memang spt mbah bilang, UOA belum memberikan gambaran atau mewakili metodologi test lebih mendalam dan menyiksa spt mbah bilang.

beda sm oli sekelasnya spt shell ultra, mobil 1 & q8 formula yg emang lulus dan dpt sertifikat kelulusan dari GM berupa Dexos1 gen2.

cmiiw mbah
Last edited by Suryaputra on Sat Sep 11, 2021 14:44, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 14:25
*ka pojok deui nyeruput kopi hideung jeung ngunyah molen.

:mky_03:
molennn mbaaaahhhh ..... :big_cry:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

Suryaputra wrote: Sat Sep 11, 2021 14:27
dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 13:48
vvti16valve wrote: Sat Sep 11, 2021 13:21

Mau tanya om, terkait tulisan yg saya Bold diatas.
Jika ada beberapa Oli yg memang melakukan test sendiri seperti requirement yg dilakukan oleh API dan dari hasil test itu
mereka menyimpulkan sudah meet API atau setara requirement API tapi tidak mendaftar untuk Approval karena suatu & lain hal.
lalu oli itu melakukan test lagi selain test yg dilakukan oleh API dan bisa dikatakan test itu lebih berat seperti contoh test yg dilakukan oleh Mercedes-Benz untuk specification for operating fluids (engine oil) dengan hasil spesifikasi test kode MB.229.x1/2 dan oli tersebut lulus juga diakui oleh Mercedes Benz AG
jadi bisa dikatakan oli tersebut konyol dan akan memperpendek umur mesin?

jadi bagaimana pendapat om mengenai capture yg saya berikan dibawah ini ?
Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma dari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.

Melakukan engine test tdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
mbah.. mau tanya pendapatnya..

bagaimana menurut mbah suhu, terkait amsoil signature yg ngaku meet Dexos 1 Gen2?
ketika dicek emg gak dpt approval, karena mereka gakmau ikut test nya & bayar royalti ke GM nya.

klo lihat hasil test UOA di luaran dan bbrp referensi teman2 sih hasilnya ok yah, mesin jg bersih dalaman nya.
yah memang spt mbah bilang, UOA belum memberikan gambaran atau mewakili metodologi test lebih mendalam dan menyiksa spt mbah bilang.

beda sm oli sekelasnya spt shell ultra, mobil 1 & q8 formula yg emang lulus dan dpt sertifikat kelulusan dari GM berupa Dexos1 gen2.

cmiiw mbah
Setahu saya Amsoil gak pernah ngaku meet dexos1 gen 2.
Itu pengakuan lapak online di sini.
Amsoil hanya claim :
Protects turbochargers 72% better than required(2) by the GM dexos1 Gen 2.
Dgn notes:
(2)Based on independent testing of AMSOIL Signature Series 5W-30 in the GM turbo coking test.
https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... r-oil-asl/

Statement itu beda bgt yah kalau menurut saya.
Gak ada sedikitpun yg mengatakan/klaim meet dexos1 gen2.
Amsoil klaim lebih baik spesifik hanya untuk protect turbocharger
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 13:40
Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 13:22

Bagi yang paham aja yaa mbah :big_grin:

yang paham dan perduli dengan mesin mobilnya... :big_grin:
faham dan peduli mesin ???

gunakan hanya DGO !! :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 15:20
Suryaputra wrote: Sat Sep 11, 2021 14:27
dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 13:48

Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma dari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.

Melakukan engine test tdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
mbah.. mau tanya pendapatnya..

bagaimana menurut mbah suhu, terkait amsoil signature yg ngaku meet Dexos 1 Gen2?
ketika dicek emg gak dpt approval, karena mereka gakmau ikut test nya & bayar royalti ke GM nya.

klo lihat hasil test UOA di luaran dan bbrp referensi teman2 sih hasilnya ok yah, mesin jg bersih dalaman nya.
yah memang spt mbah bilang, UOA belum memberikan gambaran atau mewakili metodologi test lebih mendalam dan menyiksa spt mbah bilang.

beda sm oli sekelasnya spt shell ultra, mobil 1 & q8 formula yg emang lulus dan dpt sertifikat kelulusan dari GM berupa Dexos1 gen2.

cmiiw mbah
Setahu saya Amsoil gak pernah ngaku meet dexos1 gen 2.
Itu pengakuan lapak online di sini.
Amsoil hanya claim :
Protects turbochargers 72% better than required(2) by the GM dexos1 Gen 2.
Dgn notes:
(2)Based on independent testing of AMSOIL Signature Series 5W-30 in the GM turbo coking test.
https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... r-oil-asl/

Statement itu beda bgt yah kalau menurut saya.
Gak ada sedikitpun yg mengatakan/klaim meet dexos1 gen2.
Amsoil klaim lebih baik spesifik hanya untuk protect turbocharger
oh ok mbah.
klo dia blg spt ini, persepsi dr mbah suhu gmn?

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sat Sep 11, 2021 16:10
marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 13:40
Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 13:22

Bagi yang paham aja yaa mbah :big_grin:

yang paham dan perduli dengan mesin mobilnya... :big_grin:
faham dan peduli mesin ???

gunakan hanya DGO !! :big_weee: :big_weee:
daebak! :big_love:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by billi »

Om, mohon masukan :
PTT Eco 0w20 API SP dipakai hingga 7.5 bulan / 7500km apakah masih layak?

Saat ini uda 6 bulan / 5000 km, bbm 92 + RL CFSC, filter oli Wix ganti setiap kuras, mesin 3NR-VE, driving style smooth.

Thx before.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5698
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

billi wrote: Sat Sep 11, 2021 22:34 Om, mohon masukan :
PTT Eco 0w20 API SP dipakai hingga 7.5 bulan / 7500km apakah masih layak?

Saat ini uda 6 bulan / 5000 km, bbm 92 + RL CFSC, filter oli Wix ganti setiap kuras, mesin 3NR-VE, driving style smooth.

Thx before.
Layak aja, tapi sudah maksimal..
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

Suryaputra wrote: Sat Sep 11, 2021 19:01
dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 15:20
Suryaputra wrote: Sat Sep 11, 2021 14:27

mbah.. mau tanya pendapatnya..

bagaimana menurut mbah suhu, terkait amsoil signature yg ngaku meet Dexos 1 Gen2?
ketika dicek emg gak dpt approval, karena mereka gakmau ikut test nya & bayar royalti ke GM nya.

klo lihat hasil test UOA di luaran dan bbrp referensi teman2 sih hasilnya ok yah, mesin jg bersih dalaman nya.
yah memang spt mbah bilang, UOA belum memberikan gambaran atau mewakili metodologi test lebih mendalam dan menyiksa spt mbah bilang.

beda sm oli sekelasnya spt shell ultra, mobil 1 & q8 formula yg emang lulus dan dpt sertifikat kelulusan dari GM berupa Dexos1 gen2.

cmiiw mbah
Setahu saya Amsoil gak pernah ngaku meet dexos1 gen 2.
Itu pengakuan lapak online di sini.
Amsoil hanya claim :
Protects turbochargers 72% better than required(2) by the GM dexos1 Gen 2.
Dgn notes:
(2)Based on independent testing of AMSOIL Signature Series 5W-30 in the GM turbo coking test.
https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... r-oil-asl/

Statement itu beda bgt yah kalau menurut saya.
Gak ada sedikitpun yg mengatakan/klaim meet dexos1 gen2.
Amsoil klaim lebih baik spesifik hanya untuk protect turbocharger
oh ok mbah.
klo dia blg spt ini, persepsi dr mbah suhu gmn?

Image
Ini sdh jelas klaim sepihak Amsoil.
Bedanya, Amsoil bermain kata2 marketing yg berbeda.
Mereka gak memakai kata2 meet dan sejenisnya yg umum digunakan, apalagi nekat menulis kata2 approved dan sejenisnya.
Mereka memilih bahasa lain yg lebih abu2 dan memakai foot note alias bintang2 kecil..hahahaha.
"Use in applications that require any of the following specifications: ..."
Yg haters boleh saja kata2in mereka gak mau bayar tapi gak malu numpang marketing dgn menyebut2 car maker specification untuk meyakinkan calon pembeli ;)

Btw, gak ngerti juga foot note 1) itu untuk klaim yg mana.

Dari dulu Amsoil mmg sudah kontroversial.
Mulai dari klaim sebagai perusahaan oli yg pertama kali memperkenalkan oli synthetic (ntah bener yg pertama atau gak, saya belum pernah nyari2 infonya), kemudian yg lebih heboh waktu merilis hasil pengujian mereka atas komparasi kualitas signature series melawan 10 - 12 oli kelas atas lainnya.
Lucu juga sih...kontroversial, tapi gak ada 1 pun dari produk lain yg mereka tantang itu berani melakukan pengujian tandingan...hahahahah...

Tapi banyak blogger lain yg melakukan pengujian head to head maupun model kompetisi dan sebagian besar hasilnya mmg Amsoil signature series lebih unggul.

Tapi benang merahnya ttp sama.
Klaim sepihak dari perusahaan oli akan menyisakan PR tambahan untuk melakukan uji coba yg hasilnya bisa mmg bagus atau cuma gimmick marketing.

Btw, walaupun Amsoil konsisten anti membutuhkan approval tambahan dari car maker spec, tapi jajaran produk mereka semuanya API certified.

Amsoil akan selalu jadi kontroversi.
Perusahaan keluarga yg menantang perusahaan2 oli raksasa dunia.
Secara asset gak ada apa2nya dibandingkan ExxonMobil, Shell, BP, Conoco-Philips, Total, dll
Ibarat david vs goliath
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

billi wrote: Sat Sep 11, 2021 22:34 Om, mohon masukan :
PTT Eco 0w20 API SP dipakai hingga 7.5 bulan / 7500km apakah masih layak?

Saat ini uda 6 bulan / 5000 km, bbm 92 + RL CFSC, filter oli Wix ganti setiap kuras, mesin 3NR-VE, driving style smooth.

Thx before.
kl saya sehh ga brani stelah coba pake di mobil sendiri (bukan mobil temen, apalagi mobil temennya temen, atau mobilnya temen punya temen bae punya temen jauh)

itu stelah jalan 5000an km aj mesin ud glitik parah, pas d tap , berbuih banget oli nya

trus ini oli jg aneh, pas baru dituang, utk beberapa ratus km pertama, tarikan malah jadi ga enak banget..

kayanya kapok saya pake ini oli utk kelas eco eco atau murah nya.... kl yg kelas full syn beneran nya saya coba (lagi2, d mobil sendiri) itu ckup enak, d tarik ampe 7000 km jg masi lmayan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by trebla88 »

billi wrote: Sat Sep 11, 2021 22:34 Om, mohon masukan :
PTT Eco 0w20 API SP dipakai hingga 7.5 bulan / 7500km apakah masih layak?

Saat ini uda 6 bulan / 5000 km, bbm 92 + RL CFSC, filter oli Wix ganti setiap kuras, mesin 3NR-VE, driving style smooth.

Thx before.
6bln ganti aja kalau oli kelas eco
Kecuali ngerasa masih smooth dan ga ada perubahan driving bisa sampe 7-8bln mentok2(tp ga rekomendasi sih)
Murah ini jg sih olinya yg ptt eco 100rb kadang di bawah itu :big_okay:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Sun Sep 12, 2021 0:15
Suryaputra wrote: Sat Sep 11, 2021 19:01
dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 15:20

Setahu saya Amsoil gak pernah ngaku meet dexos1 gen 2.
Itu pengakuan lapak online di sini.
Amsoil hanya claim :
Protects turbochargers 72% better than required(2) by the GM dexos1 Gen 2.
Dgn notes:
(2)Based on independent testing of AMSOIL Signature Series 5W-30 in the GM turbo coking test.
https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... r-oil-asl/

Statement itu beda bgt yah kalau menurut saya.
Gak ada sedikitpun yg mengatakan/klaim meet dexos1 gen2.
Amsoil klaim lebih baik spesifik hanya untuk protect turbocharger
oh ok mbah.
klo dia blg spt ini, persepsi dr mbah suhu gmn?

Image
Ini sdh jelas klaim sepihak Amsoil.
Bedanya, Amsoil bermain kata2 marketing yg berbeda.
Mereka gak memakai kata2 meet dan sejenisnya yg umum digunakan, apalagi nekat menulis kata2 approved dan sejenisnya.
Mereka memilih bahasa lain yg lebih abu2 dan memakai foot note alias bintang2 kecil..hahahaha.
"Use in applications that require any of the following specifications: ..."
Yg haters boleh saja kata2in mereka gak mau bayar tapi gak malu numpang marketing dgn menyebut2 car maker specification untuk meyakinkan calon pembeli ;)

Btw, gak ngerti juga foot note 1) itu untuk klaim yg mana.

Dari dulu Amsoil mmg sudah kontroversial.
Mulai dari klaim sebagai perusahaan oli yg pertama kali memperkenalkan oli synthetic (ntah bener yg pertama atau gak, saya belum pernah nyari2 infonya), kemudian yg lebih heboh waktu merilis hasil pengujian mereka atas komparasi kualitas signature series melawan 10 - 12 oli kelas atas lainnya.
Lucu juga sih...kontroversial, tapi gak ada 1 pun dari produk lain yg mereka tantang itu berani melakukan pengujian tandingan...hahahahah...

Tapi banyak blogger lain yg melakukan pengujian head to head maupun model kompetisi dan sebagian besar hasilnya mmg Amsoil signature series lebih unggul.

Tapi benang merahnya ttp sama.
Klaim sepihak dari perusahaan oli akan menyisakan PR tambahan untuk melakukan uji coba yg hasilnya bisa mmg bagus atau cuma gimmick marketing.

Btw, walaupun Amsoil konsisten anti membutuhkan approval tambahan dari car maker spec, tapi jajaran produk mereka semuanya API certified.

Amsoil akan selalu jadi kontroversi.
Perusahaan keluarga yg menantang perusahaan2 oli raksasa dunia.
Secara asset gak ada apa2nya dibandingkan ExxonMobil, Shell, BP, Conoco-Philips, Total, dll
Ibarat david vs goliath
wkwkwkw menarik brand yg satu ini emang mbah :big_biglaugh:
klo sy perhatikan memang mereka juga jago di strategi marketing.

tap-in ke blogger dan vlogger jg, yg bs influence ppl to buy.
krn klo sy sbg blogger atau youtuber oto terkenal, i need something to barter wkwkwkw.

klo API certified itu kayanya udh wajib dan minimal banget yah?
selain sni :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5698
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17 ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
Kok tau banget soal Iamsowell mbah?

Rasanya kayak orang dalam aja ini.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Sun Sep 12, 2021 5:25
Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17
Kok tau banget soal Iamsowell mbah?

Rasanya kayak orang dalam aja ini.
tau bgt sih engga .....

krn research mbah, tadinya ane termasuk yg ga percaya (meskipun bukan kategori haters). bahkan ragu mencoba krn ga ada api donut nya. stlh tau jd makin ngerti kenapa dia begitu modelnya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5698
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:32
sintoni wrote: Sun Sep 12, 2021 5:25
Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17
Kok tau banget soal Iamsowell mbah?

Rasanya kayak orang dalam aja ini.
tau bgt sih engga .....

krn research mbah, tadinya ane termasuk yg ga percaya (meskipun bukan kategori haters). bahkan ragu mencoba krn ga ada api donut nya. stlh tau jd makin ngerti kenapa dia begitu modelnya.
Oh, jadi bukan karena pemegang distributor tunggal Iamsowell asia pasifik ya mbah?

:big_weee:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17 ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
jangan di bahas mbah

keenakan dia ntar

dari yg cuman pe jit go skrg ud d atas nopeceng

mentang2 ud agak laku sikit

padahal dulunya boro2... ud jangan d naek2 in trus pamor nya, makin blagu ntar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17 ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
share knowledge aja mbah, yah bs jd bermanfaat kan yaa :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Sun Sep 12, 2021 5:34
Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:32
sintoni wrote: Sun Sep 12, 2021 5:25

Kok tau banget soal Iamsowell mbah?

Rasanya kayak orang dalam aja ini.
tau bgt sih engga .....

krn research mbah, tadinya ane termasuk yg ga percaya (meskipun bukan kategori haters). bahkan ragu mencoba krn ga ada api donut nya. stlh tau jd makin ngerti kenapa dia begitu modelnya.
Oh, jadi bukan karena pemegang distributor tunggal Iamsowell asia pasifik ya mbah?

:big_weee:
:mky_03:

bukan mbah. ane mah anak yesterday afternoon ttg perlendiran.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sun Sep 12, 2021 5:41
Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17 ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
share knowledge aja mbah, yah bs jd bermanfaat kan yaa :mky_03:
ogah.

senjata makan empu.

:big_weee:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by ViPerRed »

dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 13:48
vvti16valve wrote: Sat Sep 11, 2021 13:21
dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47
Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma dari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.

Melakukan engine test tdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
izin nanya mbah..
untuk nubi spt ane, sepertinya bakal kesulitan nemuin oli 'jelas' yg pasti ada approval dan benar2 terdaftar.. apa ada cara mudah memahami nya mbah?
krn sepengelihatan saya, rata2 oli ga ada API donut nya

mengenai dex 1 gen 2, malah unil opal diskon murmer yg beneran udh terdaftar di situs GM dexos.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17 ngga semua amsowell itu api certified, kebanyakan malah engga. api certified tandanya ada api donut nya sementara amsowell SS aja ga ada.

yg punya api donut (officially certified) cuma semua XL series dan 1 syn blend 15w40 (PCO) menurut info disini
makanya yg lain cuma ditulis api apa by words, bukan dgn donut.

ane sebenernya mau cerita lbh banyak ttg business model amsowell tp ujung2nya naikin pamor dia, keenakan di probono ntar harga makin naik, rugi sendiri :big_grin:
skrg dah tembus 200k aja jadi ngerasa rugi sendiri mbah wkwkwkwk
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

rendr wrote: Sun Sep 12, 2021 10:28
Omnibus wrote: Sun Sep 12, 2021 5:17
skrg dah tembus 200k aja jadi ngerasa rugi sendiri mbah wkwkwkwk
iya kan. meskipun belum tentu gara2 di pom-pom disini sih market kan luas diluar SM.

itulah anehnya dagang di indo, kita kan pikirnya kl semakin banyak yg pake si importir akan punya skala ekonomi yg lbh baik, biaya logistik per satuan jd lebih murah, dia bisa import lbh banyak, lbh punya market share, lbh bisa survive kl market share sdh mumpuni, harga bisa lbh stabil. lah ini bener2 ngikutin hukum supply demand, demand naik harga ikutan naik, mumpung, pragmatis bgt. ya mending ga usah di pom-pom. :mky_03:

susah emang, beda kali kelas importirnya. beda sm cara dagang ptt kl sy liat. udah laku tp msh ada kasih promo2 kan.

belom lg masalah sni. sampe skrg itu amsowell ga ada sni nya. ga tau kedepannya gmn dia planning nya. lah kan jd mepet2 cerita business model dia juga ujungnya. udah ah ..... nubie balik lg duduk di pojokan. :big_grin: