Page 87 of 102

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Sun Nov 14, 2021 16:57
by freeza
lawyerone wrote: ↑Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
Pernah coba PTT 0W-20 Eco di LCGC, lemotnya tiada akhir, ditungguin katanya bakal enak setelah 1000km taunya gak, sampai 5000km gak ada perubahan akhirnya buang.

Awalnya raguΒ² mau pake yg 0W-20 Super Synthetic atau dijual aja, karena ada stok 4 liter, trauma lemot. Karena gak laku akhirnya dipake lah, waladalah yg super synthetic jauh lebih lemot dibanding yg eco.

Sebelumnya pakai shell ultra 0W20, masih jauh lebih enak lah.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Sun Nov 14, 2021 17:10
by Sonzz
Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat BbmπŸ˜€

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 0:31
by Turboman
Sonzz wrote:Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat Bbm[emoji3]

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
kalo mau lebih enteng & lebih hemat scr signifikan lebih baik ke aspek Tuning spt ReMap / perbaikan pada intake - exhaust dll

Udah setel klep ? Biasa mesin2 Honda bisa setel klep

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 0:51
by sintoni
Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 15:54 Gak enak 4at nya.

Apalagi klo lg nanjak naik turun gunung, bingung pindah2 gear 1 dan 2

Pas di gear 1, shifting ke gear 2, trus rpm nya drop, loss power dan pindah lg ke gear 1.. trus pas rpm dah max, pindah ke gear 2, loss power dan pindah lg ke gear 1

Seterusnya kyk gtu.

Gak jelas, krn rasio gearnya terlalu renggang dr 1 ke 2.

Di mesin cc kecil, Jauh enakan cvt, dibanding 4at.
Krn cvt di mesin cc kecil, bisa optimize power di titik optimal

Klo tenaga besar, geared AT lbh ok.
Tapi gak 4 speed jugaa, minimal 6 speed, jd power deliverynya lbh halus :big_biglaugh:
Untuk level 4 sepit sudah lumayan mbah.

Coba naik punya Yasir lama. Hahahaha.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 0:54
by fajarrian
Sonzz wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 17:10 Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat BbmπŸ˜€

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
Kenapa ga coba remap aja om, tarikan bisa lebih enak dan lebih irit, tapi brio kan bawaanya udah irit banget, masih kurang irit om?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 0:57
by Suryaputra
sintoni wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:51
Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 15:54 Gak enak 4at nya.

Apalagi klo lg nanjak naik turun gunung, bingung pindah2 gear 1 dan 2

Pas di gear 1, shifting ke gear 2, trus rpm nya drop, loss power dan pindah lg ke gear 1.. trus pas rpm dah max, pindah ke gear 2, loss power dan pindah lg ke gear 1

Seterusnya kyk gtu.

Gak jelas, krn rasio gearnya terlalu renggang dr 1 ke 2.

Di mesin cc kecil, Jauh enakan cvt, dibanding 4at.
Krn cvt di mesin cc kecil, bisa optimize power di titik optimal

Klo tenaga besar, geared AT lbh ok.
Tapi gak 4 speed jugaa, minimal 6 speed, jd power deliverynya lbh halus :big_biglaugh:
Untuk level 4 sepit sudah lumayan mbah.

Coba naik punya Yasir lama. Hahahaha.
Saya pernah pakai yasir bakpao 2010.
Kondisi kinyis2 wkt itu.
Masih ingat karakternya.

Masih lbh responsif yasir, krn torsi dan powernya ngumpul di bawah. Wkwkwkw

Pakai atf toyota ws,
bukan T-IV yg girboksnya emg cenderung lemot wkwkwkw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 1:16
by Fertille
sahabatq8 wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 16:46
rendr wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 15:37
sahabatq8 wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 14:24

Sayang bgt yang baru malah jadi cvt nanti :big_dunno:
asli kecewa bgt jadi cvt

kenapa ya? apa market di kasta ini mindsetnya cvt = kemajuan?

banyak blundernya juga nih xpandir baru

*nunggu Land Cruiser pake cvt juga
Jadi keinget , pernah baca article tentang xpander yang pertama. https://imgx.gridoto.com/file/2017/grid ... avicon.png

"Mitsubishi Xpander enggak memakai otomatis CVT karena berdasar studi yang dilakukan Mitsubishi...
Konsumen Indonesia di segmen Low MPV itu cenderung enggak suka CVT, karena suara raungannya saat akselerasi dan tarikannya memang kurang jika dibanding sama otomatis dengan torque converter" - dikutip dari artikel diatas.

Perubahan baru lebih dari segi produksi bisa lebih murah sih kyknya..
Muncul nya avanza xenia terbaru yang sudah menggunakan CVT bakal jadi "babak baru" sih om. IMHO, mitsubishi ubah trans CVT di xpander merupakan moment yang tepat. :big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 2:04
by ViPerRed
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:57
sintoni wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:51
Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 15:54 Gak enak 4at nya.

Apalagi klo lg nanjak naik turun gunung, bingung pindah2 gear 1 dan 2

Pas di gear 1, shifting ke gear 2, trus rpm nya drop, loss power dan pindah lg ke gear 1.. trus pas rpm dah max, pindah ke gear 2, loss power dan pindah lg ke gear 1

Seterusnya kyk gtu.

Gak jelas, krn rasio gearnya terlalu renggang dr 1 ke 2.

Di mesin cc kecil, Jauh enakan cvt, dibanding 4at.
Krn cvt di mesin cc kecil, bisa optimize power di titik optimal

Klo tenaga besar, geared AT lbh ok.
Tapi gak 4 speed jugaa, minimal 6 speed, jd power deliverynya lbh halus :big_biglaugh:
Untuk level 4 sepit sudah lumayan mbah.

Coba naik punya Yasir lama. Hahahaha.
Saya pernah pakai yasir bakpao 2010.
Kondisi kinyis2 wkt itu.
Masih ingat karakternya.

Masih lbh responsif yasir, krn torsi dan powernya ngumpul di bawah. Wkwkwkw

Pakai atf toyota ws,
bukan T-IV yg girboksnya emg cenderung lemot wkwkwkw
4AT nya avanza, rush, yaris, apa lg LCGC nya ngga enak mbah, shifting nya low RPM smua, 50km/h udah masuk OD. beda sama xpander, sx4, shifting nya high RPM. hentakan jg minim. cuma efeknya boros BBM, krn speed diatas 60km/h baru mau masuk OD.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 2:10
by sintoni
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:57 Saya pernah pakai yasir bakpao 2010.
Kondisi kinyis2 wkt itu.
Masih ingat karakternya.

Masih lbh responsif yasir, krn torsi dan powernya ngumpul di bawah. Wkwkwkw

Pakai atf toyota ws,
bukan T-IV yg girboksnya emg cenderung lemot wkwkwkw
Ya lebih responsif karena karakter mesin sama bodi mbah.

Tapi kalau sehari ya jauh lebih enak si esblender. Lebih halus terus lebih minim selip.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 2:46
by Turboman
Info bagi fans oli bensin 10W40

API SP / ILSAC GF-6

Murah & bisa Long Drain

saya pernah test oli ini di mobil Diesel tua jalan 7400 km, TBN akhir masi 5 koma sekian mg KOH (batas kritis 2,5 mg KOH)

PTT Lubricants Performa Synthetic PLUS+ SAE 10W40 [4L] Oli Mobil PTT Bensin & Gunakan Jasa Ganti Oli Dirumah Hanya 15K (Cek Deskripsi Untuk Caranya) di Blibli, lagi diskon 24% harganya jadi Rp250.000! Coba buka link-nya, deh: https://blibli.app.link/S4mwQmn3blb

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 3:37
by Suryaputra
sintoni wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 2:10
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:57 Saya pernah pakai yasir bakpao 2010.
Kondisi kinyis2 wkt itu.
Masih ingat karakternya.

Masih lbh responsif yasir, krn torsi dan powernya ngumpul di bawah. Wkwkwkw

Pakai atf toyota ws,
bukan T-IV yg girboksnya emg cenderung lemot wkwkwkw
Ya lebih responsif karena karakter mesin sama bodi mbah.

Tapi kalau sehari ya jauh lebih enak si esblender. Lebih halus terus lebih minim selip.
halus karena body berat, dan tenaga under powered hahahaha
klo yaris emg body lbh ringan, dan powah lbh gede dibanding xpander.

yasir ini triknya, karena model gate-type matic dgn ECT model lama:
- gasnya agak dalam aja, dia gearshift nya di rpm lbh tinggi, jadi lbh responsif
- klo dalkot, pakai gear 3 aja, jgn D
(ini spt OD off di 4AT umumnya)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 11:34
by Sonzz
Turboman wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:31
Sonzz wrote:Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat Bbm[emoji3]

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
kalo mau lebih enteng & lebih hemat scr signifikan lebih baik ke aspek Tuning spt ReMap / perbaikan pada intake - exhaust dll

Udah setel klep ? Biasa mesin2 Honda bisa setel klep
fajarrian wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:54
Sonzz wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 17:10 Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat BbmπŸ˜€

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
Kenapa ga coba remap aja om, tarikan bisa lebih enak dan lebih irit, tapi brio kan bawaanya udah irit banget, masih kurang irit om?
Di Batam kayaknya belum pernah dengar ada tuner remap deh om.

Brio saya baru 16XXX KM, sudah perlu setel klep kah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 11:49
by Suryaputra
Sonzz wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 11:34
Turboman wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:31
Sonzz wrote:Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat Bbm[emoji3]

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
kalo mau lebih enteng & lebih hemat scr signifikan lebih baik ke aspek Tuning spt ReMap / perbaikan pada intake - exhaust dll

Udah setel klep ? Biasa mesin2 Honda bisa setel klep
fajarrian wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:54
Sonzz wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 17:10 Disini ada yang pernah pakai Ravenol 0w-16? Impresi nya kayak gimana ya?

Mau coba pindah haluan dari Q8 0w-20 D1G2 ke Ravenol. Berharap tarikan mesin lebih enteng, dan lebih hemat BbmπŸ˜€

*Untuk Brio 1.2 CVT 2020
Kenapa ga coba remap aja om, tarikan bisa lebih enak dan lebih irit, tapi brio kan bawaanya udah irit banget, masih kurang irit om?
Di Batam kayaknya belum pernah dengar ada tuner remap deh om.

Brio saya baru 16XXX KM, sudah perlu setel klep kah?
Klo ngikut sop manual book, cek atau Setel klep per 40rb km.

Brio cvt mah irit gampang:
- minimal pertamax / ron 92
- tekanan ban nitro jaga di 33 - 35 velg std
- busi ganti tiap 20rb km or 2 thn sekali
- cvtf ganti tiap 20rb km or 2 thn sekali
- cek filter udara tiap ganti oli dan bersihin klo kotor, atau ganti jika perlu
- cek filter bbm scr berkala
- pakai aditif spt amsoil pi atau redline cfsc
- hindari nyalain mesin jika mbl berhenti lama
- hindarin macet wkwkwkw
- stick to oli mesin yg bagus, spy minim nguap, jd klep intake bersih dan mesin jg efisien (pakai aja q8 seterusnya wkwkwkw)

:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 11:53
by Sonzz
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 11:49
Sonzz wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 11:34
Turboman wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:31 kalo mau lebih enteng & lebih hemat scr signifikan lebih baik ke aspek Tuning spt ReMap / perbaikan pada intake - exhaust dll

Udah setel klep ? Biasa mesin2 Honda bisa setel klep
fajarrian wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 0:54

Kenapa ga coba remap aja om, tarikan bisa lebih enak dan lebih irit, tapi brio kan bawaanya udah irit banget, masih kurang irit om?
Di Batam kayaknya belum pernah dengar ada tuner remap deh om.

Brio saya baru 16XXX KM, sudah perlu setel klep kah?
Klo ngikut sop manual book, cek atau Setel klep per 40rb km.

Brio cvt mah irit gampang:
- minimal pertamax / ron 92
- tekanan ban nitro jaga di 33 - 35 velg std
- busi ganti tiap 20rb km or 2 thn sekali
- cvtf ganti tiap 20rb km or 2 thn sekali
- cek filter udara tiap ganti oli dan bersihin klo kotor, atau ganti jika perlu
- cek filter bbm scr berkala
- pakai aditif spt amsoil pi atau redline cfsc
- hindari nyalain mesin jika mbl berhenti lama
- hindarin macet wkwkwkw

:ngacir:
Batam ini termasuk kota kecil yang gak begitu macet om. Pertamax dengan metode full to full dapat 1:12,5 (dalkot) pakai Pertamax maupun Pertamax Turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 11:57
by Suryaputra
Sonzz wrote: ↑Mon Nov 15, 2021 11:53
Batam ini termasuk kota kecil yang gak begitu macet om. Pertamax dengan metode full to full dapat 1:12,5 (dalkot) pakai Pertamax maupun Pertamax Turbo
Mantap.. sehat om mobilnya
Yg pny jg sehat selaluu yaa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Mon Nov 15, 2021 13:38
by Turboman
Info Oli 15W40 harga murah & bisa pake 7500 - 8500 km / 9 bulan

Dulu pernah pake 7000 km en TBN akhir masih di 8 sekian mg KOH

Per L nya cuman Rp 51 rb / L

* Just share *
* Bukan seles oli *


PTT Lubricants Dynamic PLUS+ SAE 15W40 [5L] Oli Mobil PTT Diesel & Gunakan Jasa Ganti Oli Dirumah Hanya 15K (Cek Deskripsi Untuk Caranya) di Blibli, lagi diskon 25% harganya jadi Rp255.000! Coba buka link-nya, deh: https://blibli.app.link/vtJa4ocLclb



Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Tue Nov 16, 2021 13:13
by lawyerone
freeza wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 16:57
lawyerone wrote: ↑Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
Pernah coba PTT 0W-20 Eco di LCGC, lemotnya tiada akhir, ditungguin katanya bakal enak setelah 1000km taunya gak, sampai 5000km gak ada perubahan akhirnya buang.

Awalnya raguΒ² mau pake yg 0W-20 Super Synthetic atau dijual aja, karena ada stok 4 liter, trauma lemot. Karena gak laku akhirnya dipake lah, waladalah yg super synthetic jauh lebih lemot dibanding yg eco.

Sebelumnya pakai shell ultra 0W20, masih jauh lebih enak lah.
Pengalaman pake 0w20 super synthetic sih enak ya. Enteng enteng aja.

Ini 0w20 eco, rasa mesin berat, lemot, dan lebi berisik ketika accelerate.

Sepertinya next ga beli ini lagi :') next ganti oli April 😁

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Tue Nov 16, 2021 13:25
by Suryaputra
lawyerone wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 13:13
freeza wrote: ↑Sun Nov 14, 2021 16:57
lawyerone wrote: ↑Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
Pernah coba PTT 0W-20 Eco di LCGC, lemotnya tiada akhir, ditungguin katanya bakal enak setelah 1000km taunya gak, sampai 5000km gak ada perubahan akhirnya buang.

Awalnya raguΒ² mau pake yg 0W-20 Super Synthetic atau dijual aja, karena ada stok 4 liter, trauma lemot. Karena gak laku akhirnya dipake lah, waladalah yg super synthetic jauh lebih lemot dibanding yg eco.

Sebelumnya pakai shell ultra 0W20, masih jauh lebih enak lah.
Pengalaman pake 0w20 super synthetic sih enak ya. Enteng enteng aja.

Ini 0w20 eco, rasa mesin berat, lemot, dan lebi berisik ketika accelerate.

Sepertinya next ga beli ini lagi :') next ganti oli April 😁
Harga gak boong.
Hahahha.

Eco = santai

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Tue Nov 16, 2021 15:31
by arfs
Setelah break-in L15BE baru dengan cara benar break-in yang pernah ditulis om Omnibus dalam waktu 2.5 minggu dengan jarak tempuh 922 km.

Akhirnya sabtu lalu pas mandatory inspection service 1 bulan / 1000 km sekalian minta ganti oli dan filter oli biar excessive engine metal shaving dan debris dari kikisan ring piston dengan cylinder wall, metal jalan, metal duduk, dan komponen mesin lainnya hilang.

And to hell with engine motor warranty langsung minta ganti oli tuang Q8 D1G2 0W-20 yang udah dibawa sendiri dan ganti filter olinya (beli di beres) :big_smoking:
udah minta ke SA nya dituang 3.5 liter sesuai yang tertulis di manual booknya (berikut dengan penggantian filter oli).
Tapi pas service kelar kaget di salah satu botol sisa tersisa 100 ml aja - alias overfilled 400 ml :frm_bang_head:
Well maklum SA nya mbak2 katanya rotasian dari sales department beres itu, heran juga pas denger.
Pas komplain langsung juga dia oper minta handle ke rekan Tehnician Leadernya.

Mau gk mau dah, minta dikurangin 400 ml buka oil drain plug pelan2 masukin ke botol kosong Q8 lainnya untuk mencegah cross contaminant sama 100 ml yang dari sisa utuh belum tertuang itu. Jadi ada 400 ml Q8 D1G2 0W20 dengan engine hour beberapa menit saja dah :big_childish:

Disini ketahuan dah tuh beres main asal tuang aja tidak lihat buku manual book apalagi boro-boro Factory Service Manual
Juga sama technician leader dikira botolnya kemasan dalam satuan US quart bukan Liter.
Padalah walaupun pakai satuan US quart yg diperlukan juga hanya 3.7 US Quart bukan langsung 4 qt.

Coba jelasin baik-baik ke TL nya ini mesin direct injection kalau overfilled engine oil, PCV (Positive Crankcase Ventilation) nya ditakutkan akan lebih banyak beroperasi kebuka which mean uap oli dari mesin bakal lebih sering masuk ke intake manifold dan intake valve nya berpotensi lebih cepat numpuk dengan kotoran karbon (carbon build-up) yang merupakan musuh utama mobil bermesin Gasoline Direct Injection saat sudah odometer tinggi.

Well, ada hikmah nya juga sih tapi dari komplain ini, jadinya kenal sama TL nya beres itu :big_grin:
Dia bilang Q8 yang dibawa sendiri terlihat lebih bersih bentuk fisik cairan nya. Waktu bilang gk mau pakai oli ATPM karena kualitas pas pas an dan cuman dibuat agar nambah profit dari sisi bisnis untuk ATPM dan beres dengan cara nakut-nakutin warranty void dia malah ketawa :big_biglaugh:

*pembicaraan nya tentunya di workshop area, karena kgk enak (gk etis) juga kalau bicara soal seperti ini di depan counter SA dan di dengar sama customer lainya di beres tsb.
_____________________________________________________________________________________________________________________________

Back to topic review Q8 D1G2 0W20 nya berasa lebih licin, respons mesin berasa lebih direct sedikit ketika pedal gas nya diinjak dari pada Karawang factory filled L15BE yang entah dikasi E-Pro Turbo atau oli apa. Suara mesin juga berasa lebih halus saat high rpm.
Fuel consumption gk bisa di compare karena saat dari baru sampai ganti oli post break-in period mode, driving style mengikuti cara break-in dengan light to moderate (50% - 75%) throttle application s/d 4000 rpm (walau terkadang sempet lebih) apabila jalanan di depan memungkinkan.

Sekian review dari newbie first time user kiu-eit :big_blushing:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Tue Nov 16, 2021 17:22
by Suryaputra
arfs wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 15:31 Setelah break-in L15BE baru dengan cara benar break-in yang pernah ditulis om Omnibus dalam waktu 2.5 minggu dengan jarak tempuh 922 km.

Akhirnya sabtu lalu pas mandatory inspection service 1 bulan / 1000 km sekalian minta ganti oli dan filter oli biar excessive engine metal shaving dan debris dari kikisan ring piston dengan cylinder wall, metal jalan, metal duduk, dan komponen mesin lainnya hilang.

And to hell with engine motor warranty langsung minta ganti oli tuang Q8 D1G2 0W-20 yang udah dibawa sendiri dan ganti filter olinya (beli di beres) :big_smoking:
udah minta ke SA nya dituang 3.5 liter sesuai yang tertulis di manual booknya (berikut dengan penggantian filter oli).
Tapi pas service kelar kaget di salah satu botol sisa tersisa 100 ml aja - alias overfilled 400 ml :frm_bang_head:
Well maklum SA nya mbak2 katanya rotasian dari sales department beres itu, heran juga pas denger.
Pas komplain langsung juga dia oper minta handle ke rekan Tehnician Leadernya.

Mau gk mau dah, minta dikurangin 400 ml buka oil drain plug pelan2 masukin ke botol kosong Q8 lainnya untuk mencegah cross contaminant sama 100 ml yang dari sisa utuh belum tertuang itu. Jadi ada 400 ml Q8 D1G2 0W20 dengan engine hour beberapa menit saja dah :big_childish:

Disini ketahuan dah tuh beres main asal tuang aja tidak lihat buku manual book apalagi boro-boro Factory Service Manual
Juga sama technician leader dikira botolnya kemasan dalam satuan US quart bukan Liter.
Padalah walaupun pakai satuan US quart yg diperlukan juga hanya 3.7 US Quart bukan langsung 4 qt.

Coba jelasin baik-baik ke TL nya ini mesin direct injection kalau overfilled engine oil, PCV (Positive Crankcase Ventilation) nya ditakutkan akan lebih banyak beroperasi kebuka which mean uap oli dari mesin bakal lebih sering masuk ke intake manifold dan intake valve nya berpotensi lebih cepat numpuk dengan kotoran karbon (carbon build-up) yang merupakan musuh utama mobil bermesin Gasoline Direct Injection saat sudah odometer tinggi.

Well, ada hikmah nya juga sih tapi dari komplain ini, jadinya kenal sama TL nya beres itu :big_grin:
Dia bilang Q8 yang dibawa sendiri terlihat lebih bersih bentuk fisik cairan nya. Waktu bilang gk mau pakai oli ATPM karena kualitas pas pas an dan cuman dibuat agar nambah profit dari sisi bisnis untuk ATPM dan beres dengan cara nakut-nakutin warranty void dia malah ketawa :big_biglaugh:

*pembicaraan nya tentunya di workshop area, karena kgk enak (gk etis) juga kalau bicara soal seperti ini di depan counter SA dan di dengar sama customer lainya di beres tsb.
_____________________________________________________________________________________________________________________________

Back to topic review Q8 D1G2 0W20 nya berasa lebih licin, respons mesin berasa lebih direct sedikit ketika pedal gas nya diinjak dari pada Karawang factory filled L15BE yang entah dikasi E-Pro Turbo atau oli apa. Suara mesin juga berasa lebih halus saat high rpm.
Fuel consumption gk bisa di compare karena saat dari baru sampai ganti oli post break-in period mode, driving style mengikuti cara break-in dengan light to moderate (50% - 75%) throttle application s/d 4000 rpm (walau terkadang sempet lebih) apabila jalanan di depan memungkinkan.

Sekian review dari newbie first time user kiu-eit :big_blushing:
Enjoy the kiu eight :popcorn:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Wed Nov 17, 2021 2:28
by bryanguppiez
Suryaputra wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 17:22
arfs wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 15:31 Setelah break-in L15BE baru dengan cara benar break-in yang pernah ditulis om Omnibus dalam waktu 2.5 minggu dengan jarak tempuh 922 km.

Akhirnya sabtu lalu pas mandatory inspection service 1 bulan / 1000 km sekalian minta ganti oli dan filter oli biar excessive engine metal shaving dan debris dari kikisan ring piston dengan cylinder wall, metal jalan, metal duduk, dan komponen mesin lainnya hilang.

And to hell with engine motor warranty langsung minta ganti oli tuang Q8 D1G2 0W-20 yang udah dibawa sendiri dan ganti filter olinya (beli di beres) :big_smoking:
udah minta ke SA nya dituang 3.5 liter sesuai yang tertulis di manual booknya (berikut dengan penggantian filter oli).
Tapi pas service kelar kaget di salah satu botol sisa tersisa 100 ml aja - alias overfilled 400 ml :frm_bang_head:
Well maklum SA nya mbak2 katanya rotasian dari sales department beres itu, heran juga pas denger.
Pas komplain langsung juga dia oper minta handle ke rekan Tehnician Leadernya.

Mau gk mau dah, minta dikurangin 400 ml buka oil drain plug pelan2 masukin ke botol kosong Q8 lainnya untuk mencegah cross contaminant sama 100 ml yang dari sisa utuh belum tertuang itu. Jadi ada 400 ml Q8 D1G2 0W20 dengan engine hour beberapa menit saja dah :big_childish:

Disini ketahuan dah tuh beres main asal tuang aja tidak lihat buku manual book apalagi boro-boro Factory Service Manual
Juga sama technician leader dikira botolnya kemasan dalam satuan US quart bukan Liter.
Padalah walaupun pakai satuan US quart yg diperlukan juga hanya 3.7 US Quart bukan langsung 4 qt.

Coba jelasin baik-baik ke TL nya ini mesin direct injection kalau overfilled engine oil, PCV (Positive Crankcase Ventilation) nya ditakutkan akan lebih banyak beroperasi kebuka which mean uap oli dari mesin bakal lebih sering masuk ke intake manifold dan intake valve nya berpotensi lebih cepat numpuk dengan kotoran karbon (carbon build-up) yang merupakan musuh utama mobil bermesin Gasoline Direct Injection saat sudah odometer tinggi.

Well, ada hikmah nya juga sih tapi dari komplain ini, jadinya kenal sama TL nya beres itu :big_grin:
Dia bilang Q8 yang dibawa sendiri terlihat lebih bersih bentuk fisik cairan nya. Waktu bilang gk mau pakai oli ATPM karena kualitas pas pas an dan cuman dibuat agar nambah profit dari sisi bisnis untuk ATPM dan beres dengan cara nakut-nakutin warranty void dia malah ketawa :big_biglaugh:

*pembicaraan nya tentunya di workshop area, karena kgk enak (gk etis) juga kalau bicara soal seperti ini di depan counter SA dan di dengar sama customer lainya di beres tsb.
_____________________________________________________________________________________________________________________________

Back to topic review Q8 D1G2 0W20 nya berasa lebih licin, respons mesin berasa lebih direct sedikit ketika pedal gas nya diinjak dari pada Karawang factory filled L15BE yang entah dikasi E-Pro Turbo atau oli apa. Suara mesin juga berasa lebih halus saat high rpm.
Fuel consumption gk bisa di compare karena saat dari baru sampai ganti oli post break-in period mode, driving style mengikuti cara break-in dengan light to moderate (50% - 75%) throttle application s/d 4000 rpm (walau terkadang sempet lebih) apabila jalanan di depan memungkinkan.

Sekian review dari newbie first time user kiu-eit :big_blushing:
Enjoy the kiu eight :popcorn:

kiu eit 11 11 ga ada diskon yah :big_childish: :big_blushing:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Wed Nov 17, 2021 2:44
by sahabatq8
arfs wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 15:31
Back to topic review Q8 D1G2 0W20 nya berasa lebih licin, respons mesin berasa lebih direct sedikit ketika pedal gas nya diinjak dari pada Karawang factory filled L15BE yang entah dikasi E-Pro Turbo atau oli apa. Suara mesin juga berasa lebih halus saat high rpm.
Fuel consumption gk bisa di compare karena saat dari baru sampai ganti oli post break-in period mode, driving style mengikuti cara break-in dengan light to moderate (50% - 75%) throttle application s/d 4000 rpm (walau terkadang sempet lebih) apabila jalanan di depan memungkinkan.

Sekian review dari newbie first time user kiu-eit :big_blushing:
Welcome to the club :big_exellent:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Wed Nov 17, 2021 8:39
by pitikkobong
Halooo om om ahli perminyakan mesin,
bukan mau provokasi atau bikin perang, cm mau kepo aja.
setelah baca2, om2 disini mayoritas pengguna PTT dan Q8.
kenapa om?
ak cm lg riset aja nih soalnya bntr lg ganti oli di ANR. aslinya pk tmo 0w20, mau ganti yg lebih bagus tp bingung buanyak bgt brand2nya.
mohon pencerahan, review atau rekomendasinya om.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Wed Nov 17, 2021 9:07
by josomba
pitikkobong wrote: ↑Wed Nov 17, 2021 8:39 Halooo om om ahli perminyakan mesin,
bukan mau provokasi atau bikin perang, cm mau kepo aja.
setelah baca2, om2 disini mayoritas pengguna PTT dan Q8.
kenapa om?
oiya, ak cm lg riset aja nih soalnya bntr lg ganti oli di ANR. aslinya pk tmo 0-20w, mau ganti yg lebih bagus tp bingung buanyak bgt brand2nya.
mohon pencerahan, review atau rekomendasinya om.
opini pribadi .... IMHO

Rerata di SM hobby icip oli saja.

Kalau 0w-20 harga miring/sedang, pernah ada masanya Kendall yang lagi rutin dibahas n digunakeun. Lanjut Unil Opal. Terus lanjut lagi sekarang PTT.

High End oil cem Amsoil n Q8 menurut saya dr thread oli Part 7 sihh sering2 aja dibahas. Jadi kalau Q8 sih bukan belakangan aja.

:big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Posted: Wed Nov 17, 2021 9:20
by Turboman
Delvac MX skg CK-4
Screenshot_2021-11-17-16-20-10-787_com.whatsapp.jpg