Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by biznatch »

Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

biznatch wrote:Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
fitur ketinggalan gini aja uda indent berbulan bulan om wkwkwk.
pecinta bio solar
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by biznatch »

ctopher7 wrote: Thu Nov 18, 2021 2:47 fitur ketinggalan gini aja uda indent berbulan bulan om wkwkwk.
menurut saya faktor terbesarnya karena dia dapet diskon ppnbm sementara pajero enggak. kalo diskonnya udah ilang, mungkin bakal beda om.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

biznatch wrote:
ctopher7 wrote: Thu Nov 18, 2021 2:47 fitur ketinggalan gini aja uda indent berbulan bulan om wkwkwk.
menurut saya faktor terbesarnya karena dia dapet diskon ppnbm sementara pajero enggak. kalo diskonnya udah ilang, mungkin bakal beda om.
iya betul semua balik lagi ke harga
pecinta bio solar
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

Apa sudah ada kabar kapan 1gd ini release? Dan harga berapa?

Mending ambil 2gd grsport sekarang harga otr surabaya sekitar 545 atau nunggu 1gd sekalian? Mestinya power 2gd udah lebih dari cukup buat saya. Saya juga bukan tipe driver yang doyan ngebut pake mobil centre of gravitynya di ruko lantai 2.
Cuman kepikiran kalo nanti modelnya yang 1gd tau2 jauh lebih ganteng daripada grsport. Jadinya 1gd pake tampang legender?

Reliability 1gd terhadap solbus gimana yah? Beda jauh apa nggak dengan 2gd? Maklum, pecinta bbm subsidi :big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 9:58 Apa sudah ada kabar kapan 1gd ini release? Dan harga berapa?

Mending ambil 2gd grsport sekarang harga otr surabaya sekitar 545 atau nunggu 1gd sekalian? Mestinya power 2gd udah lebih dari cukup buat saya. Saya juga bukan tipe driver yang doyan ngebut pake mobil centre of gravitynya di ruko lantai 2.
Cuman kepikiran kalo nanti modelnya yang 1gd tau2 jauh lebih ganteng daripada grsport. Jadinya 1gd pake tampang legender?

Reliability 1gd terhadap solbus gimana yah? Beda jauh apa nggak dengan 2gd? Maklum, pecinta bbm subsidi :big_weee:
remap aja kalo mau aman cuma siapin suspensi sama sistem remnnya :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 10:10
pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 9:58 Apa sudah ada kabar kapan 1gd ini release? Dan harga berapa?

Mending ambil 2gd grsport sekarang harga otr surabaya sekitar 545 atau nunggu 1gd sekalian? Mestinya power 2gd udah lebih dari cukup buat saya. Saya juga bukan tipe driver yang doyan ngebut pake mobil centre of gravitynya di ruko lantai 2.
Cuman kepikiran kalo nanti modelnya yang 1gd tau2 jauh lebih ganteng daripada grsport. Jadinya 1gd pake tampang legender?

Reliability 1gd terhadap solbus gimana yah? Beda jauh apa nggak dengan 2gd? Maklum, pecinta bbm subsidi :big_weee:
remap aja kalo mau aman cuma siapin suspensi sama sistem remnnya :big_biglaugh:
Kebetulan saya penganut kondisi aliran standard om :big_peace:

Sekarang lagi pliara the most mupengable mobil buat diremap, 2kd vnt. Kondisi mesin standard ting2, padahal tiap masuk bengkel selalu dipanas2in buat remap :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 11:18
Kebetulan saya penganut kondisi aliran standard om :big_peace:

Sekarang lagi pliara the most mupengable mobil buat diremap, 2kd vnt. Kondisi mesin standard ting2, padahal tiap masuk bengkel selalu dipanas2in buat remap :big_biglaugh:
dulu jaman saya pake solar sih ngantrinya sama VRZ sama ANPS kok :big_biglaugh: lagian temen saya punya perusahaan dia beli innova reborn diesel semua disi solar kan sama aja :big_biglaugh:

yang penting jgn lupa rajin cuci EGR saran jgn di tutup, ganti filter solar sama carbon clean turbonya :big_grin:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by DrivingPotato »

pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 9:58 Apa sudah ada kabar kapan 1gd ini release? Dan harga berapa?

Mending ambil 2gd grsport sekarang harga otr surabaya sekitar 545 atau nunggu 1gd sekalian? Mestinya power 2gd udah lebih dari cukup buat saya. Saya juga bukan tipe driver yang doyan ngebut pake mobil centre of gravitynya di ruko lantai 2.
Cuman kepikiran kalo nanti modelnya yang 1gd tau2 jauh lebih ganteng daripada grsport. Jadinya 1gd pake tampang legender?

Reliability 1gd terhadap solbus gimana yah? Beda jauh apa nggak dengan 2gd? Maklum, pecinta bbm subsidi :big_weee:
1GD udah dipake di Hiace Premio kan om? Setau saya sih yg dipake travel2 isinya jelas tetep solar goceng pek go :big_biglaugh: Harusnya aman
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

marvelio wrote:
pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 9:58 Apa sudah ada kabar kapan 1gd ini release? Dan harga berapa?

Mending ambil 2gd grsport sekarang harga otr surabaya sekitar 545 atau nunggu 1gd sekalian? Mestinya power 2gd udah lebih dari cukup buat saya. Saya juga bukan tipe driver yang doyan ngebut pake mobil centre of gravitynya di ruko lantai 2.
Cuman kepikiran kalo nanti modelnya yang 1gd tau2 jauh lebih ganteng daripada grsport. Jadinya 1gd pake tampang legender?

Reliability 1gd terhadap solbus gimana yah? Beda jauh apa nggak dengan 2gd? Maklum, pecinta bbm subsidi :big_weee:
1GD udah dipake di Hiace Premio kan om? Setau saya sih yg dipake travel2 isinya jelas tetep solar goceng pek go :big_biglaugh: Harusnya aman
yup 1gd di hiace tapi settingan dr ecu nya direndahin kykny, cmn dapet 156 ps klo menurut web resmi
pecinta bio solar
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Sat Nov 27, 2021 12:35
pengendiesel wrote: Sat Nov 27, 2021 11:18
Kebetulan saya penganut kondisi aliran standard om :big_peace:

Sekarang lagi pliara the most mupengable mobil buat diremap, 2kd vnt. Kondisi mesin standard ting2, padahal tiap masuk bengkel selalu dipanas2in buat remap :big_biglaugh:
dulu jaman saya pake solar sih ngantrinya sama VRZ sama ANPS kok :big_biglaugh: lagian temen saya punya perusahaan dia beli innova reborn diesel semua disi solar kan sama aja :big_biglaugh:

yang penting jgn lupa rajin cuci EGR saran jgn di tutup, ganti filter solar sama carbon clean turbonya :big_grin:
Emang kalo mau aman solbus, ambil yang 2.4 yah.
Beredarnya udah banyak bener, ketolong sama model mpvnya (anki diesel)
rock01092004
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun Sep 29, 2013 14:38

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by rock01092004 »

biznatch wrote: Wed Nov 17, 2021 17:31 Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
pitur standar gini aja terjual 2.500 an unit perbulan , dibanding pajero sport yg terjual 900 uni om, entahlah...kalau nurut saya sih modelnya pajero kurang feminin dan sporty, terlalu kaku, dan kurnag diterima masyarakat indonesia..cmiiw
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Sun Nov 28, 2021 1:20
Emang kalo mau aman solbus, ambil yang 2.4 yah.
Beredarnya udah banyak bener, ketolong sama model mpvnya (anki diesel)
ya gak juga sih sebenernya kan bahan bakarnya tergantung settingan mesinnya kalo saya bilang sih tenaganya 2.8 sih wajar2x aja harusnya di sikat solar busuk juga gpp bisa di bilang kek pajero aja 2.4 bisa 180hp malah keknya settinganya pajero lebih berat deh buat mesinnya :big_think:

semakin cc kecil tapi tenaganya gede biasanya butuh bensin bagus kalo ccnya gede tapi tenaganya wajar atau malah kecil buat ccnya bensinnya pake bensin jelek juga biasa gpp cuma balik lagi tergantung settingan kayak skyactiv soalnya kompresinya gede banget tapi tenaganya kecil dia ngejar torsi bawah gede soalnya :big_smile]

justru yang bahaya malah D-MAX tuh 1900cc 150hp buset :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

kl pemakaian bbm 5150 thd injector mau mobil merk apa aja yg mengharuskan dex itu sama kaya main russian roulette.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

Omnibus wrote:kl pemakaian bbm 5150 thd injector mau mobil merk apa aja yg mengharuskan dex itu sama kaya main russian roulette.
itu ridwan hanif sempet pake solbus buat santafe, ngeri ngeri sedap
pecinta bio solar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

Omnibus wrote: Sun Nov 28, 2021 4:25 kl pemakaian bbm 5150 thd injector mau mobil merk apa aja yg mengharuskan dex itu sama kaya main russian roulette.
gak akan bikin mobil mogok sih cuma performanya pelan2x turun dan semua yang berhubungan sama ruang bakar lama2x item karena pajero saya baru turun mesin bekas isi solar kotornnya najubileh :big_biglaugh:

makannya sekarang isi dex aja turbo lag berkurang itu aja keknya tangki masih kotor sisa solar tarikan bawah bensin full sama setengah beda jauh soalnya :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

b0ku wrote: Sun Nov 28, 2021 6:27
Omnibus wrote: Sun Nov 28, 2021 4:25 kl pemakaian bbm 5150 thd injector mau mobil merk apa aja yg mengharuskan dex itu sama kaya main russian roulette.
gak akan bikin mobil mogok sih cuma performanya pelan2x turun dan semua yang berhubungan sama ruang bakar lama2x item karena pajero saya baru turun mesin bekas isi solar kotornnya najubileh :big_biglaugh:

makannya sekarang isi dex aja turbo lag berkurang itu aja keknya tangki masih kotor sisa solar tarikan bawah bensin full sama setengah beda jauh soalnya :big_biglaugh:
mogok sih engga, cuma pincang mesinnya :big_biglaugh:

pas dicek injector suruh ganti, minim2 belasan juta. ganti 1, kl apes ga lama yg silinder lain ikutan minta jajan.

but, like russian roulette, ada juga yg ga kena apesnya, fine2 aja sampe mobil dijual.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

Omnibus wrote: Sun Nov 28, 2021 9:04
mogok sih engga, cuma pincang mesinnya :big_biglaugh:

pas dicek injector suruh ganti, minim2 belasan juta. ganti 1, kl apes ga lama yg silinder lain ikutan minta jajan.

but, like russian roulette, ada juga yg ga kena apesnya, fine2 aja sampe mobil dijual.
makannya dulu 10rb sekali carbon clean mesinnya :big_biglaugh: lama2x gerah juga sama liat asep item dibelakang sebenernya asik sih liatnya :big_biglaugh: cuma jd berasa bersalah sama motor yang kena tuh asep :big_sorry:

makannya lama2x mendingan pake dex aja deh toh juga mobilnya seminggu paling cuma jalan +-200km :big_biglaugh:

kata temen saya bukannya belasan juta cuma kalibrasi doank ya, kalo ganti katanya lebih brekele :big_biglaugh:
absolute
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by absolute »

Jadi kalau mesin 2GD 2021 ini apa diharuskan pake pertadex ? Atau dexlite aja cukup?
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by bensinsolar »

biznatch wrote: Wed Nov 17, 2021 17:31 Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
Justru buat saya macam rem tangan electric + auto hold ga guna bwt mobil diesel ini. Kalau rusak ribet & diesel torsi besar ga perlu auto hold. ANF saya ga pernah mundur kalau stop & go ke Puncak, ketahan ama torsi besarnya :off_good_job:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sun Nov 28, 2021 9:29
Omnibus wrote: Sun Nov 28, 2021 9:04
mogok sih engga, cuma pincang mesinnya :big_biglaugh:

pas dicek injector suruh ganti, minim2 belasan juta. ganti 1, kl apes ga lama yg silinder lain ikutan minta jajan.

but, like russian roulette, ada juga yg ga kena apesnya, fine2 aja sampe mobil dijual.
makannya dulu 10rb sekali carbon clean mesinnya :big_biglaugh: lama2x gerah juga sama liat asep item dibelakang sebenernya asik sih liatnya :big_biglaugh: cuma jd berasa bersalah sama motor yang kena tuh asep :big_sorry:

makannya lama2x mendingan pake dex aja deh toh juga mobilnya seminggu paling cuma jalan +-200km :big_biglaugh:

kata temen saya bukannya belasan juta cuma kalibrasi doank ya, kalo ganti katanya lebih brekele :big_biglaugh:
jadi inget dulu pajero dakar om gw... msh brand new kena biosolar langsung CE nyala. kyknya issue ini cukup rame makanya dari beres nya sendiri saranin buat ngakal pake double fuel filter :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 3:53
jadi inget dulu pajero dakar om gw... msh brand new kena biosolar langsung CE nyala. kyknya issue ini cukup rame makanya dari beres nya sendiri saranin buat ngakal pake double fuel filter :big_biglaugh:
saya sih dulu pake biosolar gak pernah ada apa2x sih di cipali di gas dikit aja malah lari 170kmh mulu sampe ngeri ban pecah dilepas di gas lagi lari 170lagi bukannya seru malah ngeri saya akhirnya gantung kaki lama2x pegel banget :big_biglaugh:

cuma gak enak aja tarikan bawahnya makin berasa ngelagnya kalo ud rpm atas mah kenceng2x juga sih :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:59
saya sih dulu pake biosolar gak pernah ada apa2x sih di cipali di gas dikit aja malah lari 170kmh mulu sampe ngeri ban pecah dilepas di gas lagi lari 170lagi bukannya seru malah ngeri saya akhirnya gantung kaki lama2x pegel banget :big_biglaugh:

cuma gak enak aja tarikan bawahnya makin berasa ngelagnya kalo ud rpm atas mah kenceng2x juga sih :big_biglaugh:
imho beberapa ECU mobil di indonesia kyknya dipersiapkan map buat nenggak fuel as low quality as possible dengan setting seminimal mungkin. yang artinya ya power pasti reduced. klo diesel mungkin gak berasa sehh dia asal CN nya masuk ya power gak bakal turun banyak. biosolar ama dex kan gak beda jauh CN nya makanya tuned innova/fortuner/pajero bisa isi solar krn diesel gak terlalu main timing.

yang berasa tuh di CRV turbo stock belom diapa apain isi RON92 aja knock sensornya honda sensitif bgt top end powernya justru memble abis kapok abis itu isi 98 terus :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 4:19
imho beberapa ECU mobil di indonesia kyknya dipersiapkan map buat nenggak fuel as low quality as possible dengan setting seminimal mungkin. yang artinya ya power pasti reduced. klo diesel mungkin gak berasa sehh dia asal CN nya masuk ya power gak bakal turun banyak. biosolar ama dex kan gak beda jauh CN nya makanya tuned innova/fortuner/pajero bisa isi solar krn diesel gak terlalu main timing.

yang berasa tuh di CRV turbo stock belom diapa apain isi RON92 aja knock sensornya honda sensitif bgt top end powernya justru memble abis kapok abis itu isi 98 terus :big_biglaugh:
lah itu ge8 aja pake pertamax biasa aja bedanya jauh banget kalo pake pertamax tacometernya kek lebih pelan kalo pake turbo tacometernya lebih galak enak bener ngeliat pas dia ngerev terus suaranya di kenalpotnya juga lebih galak kalo lari sih gak gitu berasa sebenernya cuma demen aja liatin tacometernya lebih agresive naeknnya :big_biglaugh:

kalo biosolar dulu pemerintah ud test di trio SUV ladder frame hasilnya mereka bisa pake keliling indonesia :mky_01:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ongisnade »

bensinsolar wrote: Mon Nov 29, 2021 3:25
biznatch wrote: Wed Nov 17, 2021 17:31 Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
Justru buat saya macam rem tangan electric + auto hold ga guna bwt mobil diesel ini. Kalau rusak ribet & diesel torsi besar ga perlu auto hold. ANF saya ga pernah mundur kalau stop & go ke Puncak, ketahan ama torsi besarnya :off_good_job:
Ha..ha..saya dulu awalnya juga berpikiran begitu ya spk ANF karena salah satunya remnya manual gitu, lama gak dapat unitnya akhirnya pindah ANPS FL. Setelah pake 12 ribuan km ternyata gak salah saya switch ke ANPS Rem electricnya mantap. Dari mulai tekan tombol START-Jalan dikondisi jalan apapun sampai tekan tombol STOP kita gak perlu sentuh tombol remnya. Tinggal geser P-D-P dah otomatis release maupun lock. Pokoknya enak dan nyaman itu rem ANPS FL. Berbeda dengan CX5 dan Santafe yang masih perlu sentuh tombol rem nya untuk lock. Kalau jadi dapat unit ANF pasti pegel tuh tangan dikondisi jalan macet.

Untuk failure rate/malfunction rem electric sangat kecil, dan mudah buat manual release kalau malfunction asal mau kotor-kotor dikit.