Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 14:36
bensinsolar wrote: Mon Nov 29, 2021 3:25
biznatch wrote: Wed Nov 17, 2021 17:31 Kalo buat saya sih gak penting sama sekali buat ganti mesin. Justru yg jadi masalah di fortuner itu minimnya aspek keselamatan dan fitur jika dibanding pjs/crv. Cukup tambah balon vrz jadi 7 dan ganti rem tangan jadi electric + auto hold kalo mau naikin penjualan.
Justru buat saya macam rem tangan electric + auto hold ga guna bwt mobil diesel ini. Kalau rusak ribet & diesel torsi besar ga perlu auto hold. ANF saya ga pernah mundur kalau stop & go ke Puncak, ketahan ama torsi besarnya :off_good_job:
Ha..ha..saya dulu awalnya juga berpikiran begitu ya spk ANF karena salah satunya remnya manual gitu, lama gak dapat unitnya akhirnya pindah ANPS FL. Setelah pake 12 ribuan km ternyata gak salah saya switch ke ANPS Rem electricnya mantap. Dari mulai tekan tombol START-Jalan dikondisi jalan apapun sampai tekan tombol STOP kita gak perlu sentuh tombol remnya. Tinggal geser P-D-P dah otomatis release maupun lock. Pokoknya enak dan nyaman itu rem ANPS FL. Berbeda dengan CX5 dan Santafe yang masih perlu sentuh tombol rem nya untuk lock. Kalau jadi dapat unit ANF pasti pegel tuh tangan dikondisi jalan macet.

Untuk failure rate/malfunction rem electric sangat kecil, dan mudah buat manual release kalau malfunction asal mau kotor-kotor dikit.
tp kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk

IMG_20211023_180508~3.jpg
IMG_20201128_152942~3.jpg
IMG_20201128_152954~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

Omnibus wrote:
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 14:36
bensinsolar wrote: Mon Nov 29, 2021 3:25 Justru buat saya macam rem tangan electric + auto hold ga guna bwt mobil diesel ini. Kalau rusak ribet & diesel torsi besar ga perlu auto hold. ANF saya ga pernah mundur kalau stop & go ke Puncak, ketahan ama torsi besarnya :off_good_job:
Ha..ha..saya dulu awalnya juga berpikiran begitu ya spk ANF karena salah satunya remnya manual gitu, lama gak dapat unitnya akhirnya pindah ANPS FL. Setelah pake 12 ribuan km ternyata gak salah saya switch ke ANPS Rem electricnya mantap. Dari mulai tekan tombol START-Jalan dikondisi jalan apapun sampai tekan tombol STOP kita gak perlu sentuh tombol remnya. Tinggal geser P-D-P dah otomatis release maupun lock. Pokoknya enak dan nyaman itu rem ANPS FL. Berbeda dengan CX5 dan Santafe yang masih perlu sentuh tombol rem nya untuk lock. Kalau jadi dapat unit ANF pasti pegel tuh tangan dikondisi jalan macet.

Untuk failure rate/malfunction rem electric sangat kecil, dan mudah buat manual release kalau malfunction asal mau kotor-kotor dikit.
tp kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk

IMG_20211023_180508~3.jpg
IMG_20201128_152942~3.jpg
IMG_20201128_152954~3.jpg
anps 2 pot floating om stau saya. tapi emng mantep sih kaliper depannya vrz, tinggal ganti disc yang slotted / drilled sama brake line uda lebih dari cukup pengeremannya
pecinta bio solar
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26 kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk

Image
Bah .. :big_chicken: baru tau malah gw isinya 4 pot

Ini all type fortuner apa yg model facelift aja dpt 4 piston mbah ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

KielConstantine wrote: Tue Nov 30, 2021 11:33
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26 kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk

Image
Bah .. :big_chicken: baru tau malah gw isinya 4 pot

Ini all type fortuner apa yg model facelift aja dpt 4 piston mbah ?
all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 12:41 all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
Kaum mendang mending tau apa soal ginian :big_weee:

Jd inget dulu bongkar disbrek CRV gen 4 juga 2pot vs CX5 cuma 1pot. Klo kelas forti berat kali yah front discnya musti 4pot atau emang disiapin buat resing use :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Tue Nov 30, 2021 13:11
Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 12:41 all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
Kaum mendang mending tau apa soal ginian :big_weee:

Jd inget dulu bongkar disbrek CRV gen 4 juga 2pot vs CX5 cuma 1pot. Klo kelas forti berat kali yah front discnya musti 4pot atau emang disiapin buat resing use :big_weee:
hehehe iya buat resing kali ya mbah :big_weee:

tp kl liat dasarnya fortuner itu hilux yg biasa di medan kaya pertambangan gitu, juga diperhitungkan utk ease of maintenance lho mbah. itu 4-pot lbh maintenance free n jg ganti brake pads nya nyaris tool-less cuma perlu tang doang n dlm 10 menit kelar pasang pads baru, lbh simple drpd model 1-pot floating yg umum.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

ChZ wrote:
Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 12:41 all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
Kaum mendang mending tau apa soal ginian :big_weee:

Jd inget dulu bongkar disbrek CRV gen 4 juga 2pot vs CX5 cuma 1pot. Klo kelas forti berat kali yah front discnya musti 4pot atau emang disiapin buat resing use :big_weee:
kykny karna dulu awalnya vrz rem blakangnya masih tromol, jadi depannya dikasih yang lebih ngegigit. trus orang orang tetep aja kemakan gimmick rear disc brake, jadi pada pilih anps smua, sampe akirnya tam tau orang awam ngertinya ada rear disc brake apa engga, mau gamau ditambahin akirnya pas anf improvement. padahal menurut gw sbnernya anf yang dulu braking nya juga mumpuni aja, gaada masalah
pecinta bio solar
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 13:45
ChZ wrote: Tue Nov 30, 2021 13:11
Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 12:41 all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
Kaum mendang mending tau apa soal ginian :big_weee:

Jd inget dulu bongkar disbrek CRV gen 4 juga 2pot vs CX5 cuma 1pot. Klo kelas forti berat kali yah front discnya musti 4pot atau emang disiapin buat resing use :big_weee:
hehehe iya buat resing kali ya mbah :big_weee:

tp kl liat dasarnya fortuner itu hilux yg biasa di medan kaya pertambangan gitu, juga diperhitungkan utk ease of maintenance lho mbah. itu 4-pot lbh maintenance free n jg ganti brake pads nya nyaris tool-less cuma perlu tang doang n dlm 10 menit kelar pasang pads baru, lbh simple drpd model 1-pot floating yg umum.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Toyota memang diem diem menghanyutkan…

Mantep klo gini nehh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 13:45
hehehe iya buat resing kali ya mbah :big_weee:

tp kl liat dasarnya fortuner itu hilux yg biasa di medan kaya pertambangan gitu, juga diperhitungkan utk ease of maintenance lho mbah. itu 4-pot lbh maintenance free n jg ganti brake pads nya nyaris tool-less cuma perlu tang doang n dlm 10 menit kelar pasang pads baru, lbh simple drpd model 1-pot floating yg umum.
ic... as usual kaizen nya toyota banget ya hal gini dipikirin.
ctopher7 wrote: Wed Dec 01, 2021 3:14
kykny karna dulu awalnya vrz rem blakangnya masih tromol, jadi depannya dikasih yang lebih ngegigit. trus orang orang tetep aja kemakan gimmick rear disc brake, jadi pada pilih anps smua, sampe akirnya tam tau orang awam ngertinya ada rear disc brake apa engga, mau gamau ditambahin akirnya pas anf improvement. padahal menurut gw sbnernya anf yang dulu braking nya juga mumpuni aja, gaada masalah
sbenernya bukannya dulu yang VRZ 4x4 udah rear disc ya?

maklum lah yang beli 4x2 kebanyakan orang kota, rear disc brake lebih kepake buat responsiveness.

tapi makanya dulu gw pertama coba ANF handling dan suspension emang lebih enak overall daripada ANPS sih. brakingnya emang superior banget gak susah ngepasin ngerem di tikungan. itu padahal yang versi awal 2016 masih blom rear disc.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 3:44
sbenernya bukannya dulu yang VRZ 4x4 udah rear disc ya?

maklum lah yang beli 4x2 kebanyakan orang kota, rear disc brake lebih kepake buat responsiveness.

tapi makanya dulu gw pertama coba ANF handling dan suspension emang lebih enak overall daripada ANPS sih. brakingnya emang superior banget gak susah ngepasin ngerem di tikungan. itu padahal yang versi awal 2016 masih blom rear disc.
kalo saya pilih yang pake rear disc macem GE8 karena biar ongkos tuning remnya murah, kalo tromol ganti ke disc kan otomatis kudu beli caliper set sama disc2nya kalo ud disc mau di improve tinggal beli kampas rem aftermaket sama disc aftermaket yang bagusan masalahnya punya GE8 disc sama kampas rem belakangnya cuma ada kelas balap merek tuner jepang harganya gak kira2x akhirnya di biarin std juga ujung2xnya :big_biglaugh:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by osbertc0ol »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 3:44
sbenernya bukannya dulu yang VRZ 4x4 udah rear disc ya?

maklum lah yang beli 4x2 kebanyakan orang kota, rear disc brake lebih kepake buat responsiveness.

...
saya ralat om, responsiveness -> GAYA
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

osbertc0ol wrote: Wed Dec 01, 2021 7:17
saya ralat om, responsiveness -> GAYA
secara tampilan lebih keliatan keren yak om... macem orang pake sneakers lari tapi cuma dipake ke mall. ya fungsinya tetep kepake sih tapi gak pernah dipake sampe maksimal :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 3:44
sbenernya bukannya dulu yang VRZ 4x4 udah rear disc ya?

maklum lah yang beli 4x2 kebanyakan orang kota, rear disc brake lebih kepake buat responsiveness.

tapi makanya dulu gw pertama coba ANF handling dan suspension emang lebih enak overall daripada ANPS sih. brakingnya emang superior banget gak susah ngepasin ngerem di tikungan. itu padahal yang versi awal 2016 masih blom rear disc.
rear disc brake nya lbh buat looks n kekinian kayanya. percaya ga, sy jg agak heran, sy pernah vrz sy lg abis diy ganti minyak rem n cleaning n lg ditest gigitannya pas mobil msh digantung di jack stand n tanpa roda terpasang. masuk D, lepas rem, rpm idle, jd crawling di D tanpa digas gitu trus direm. itu berhentinya si rotor disc lama lho. untuk berhentiin rotor disc dgn rpm idle dan tanpa ban aja ngga instan itu berhentinya.

jd emang didesain utk penyeimbang rem depan aja krn kl dibikin pakem banget mobil bakal ngebuang buntutnya pas rem mendadak. which is sering bgt terjadi di hilux kl ngeliat di yt dashcam tailan, pdhl hilux belakangnya tromol tp no beban krn pickup.
atau mungkin juga krn kegedean torque nya di rpm idle, sebab kl di jalan rata di D tanpa gas itu bisa sampai 25 kph lajunya. entah lah .... hahaha pokoknya jd tau kl rear brakes nya ga pakem2 amat buat berhentiin.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by alamsandiwijaya »

ctopher7 wrote:
ChZ wrote:
Omnibus wrote: Tue Nov 30, 2021 12:41 all type mbah. ai punya pfl trd.

ai juga baru taunya pas mau diy brake cleaning. waktu mobilnya sebelum dibeli ngga tau kl 4-pot. mana ada coba info2 gitu di brosurnya. jd pelajaran jg sih buat kedepannya kl mau beli mobil kepaksa ngolong2 ampe detail kali ya, bukan sekedar fitur2 yg disebut di brosur.
Kaum mendang mending tau apa soal ginian :big_weee:

Jd inget dulu bongkar disbrek CRV gen 4 juga 2pot vs CX5 cuma 1pot. Klo kelas forti berat kali yah front discnya musti 4pot atau emang disiapin buat resing use :big_weee:
kykny karna dulu awalnya vrz rem blakangnya masih tromol, jadi depannya dikasih yang lebih ngegigit. trus orang orang tetep aja kemakan gimmick rear disc brake, jadi pada pilih anps smua, sampe akirnya tam tau orang awam ngertinya ada rear disc brake apa engga, mau gamau ditambahin akirnya pas anf improvement. padahal menurut gw sbnernya anf yang dulu braking nya juga mumpuni aja, gaada masalah
Kemakam gimmick reviewer Indonesia
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Wed Dec 01, 2021 7:39
jd emang didesain utk penyeimbang rem depan aja krn kl dibikin pakem banget mobil bakal ngebuang buntutnya pas rem mendadak. which is sering bgt terjadi di hilux kl ngeliat di yt dashcam tailan, pdhl hilux belakangnya tromol tp no beban krn pickup.
atau mungkin juga krn kegedean torque nya di rpm idle, sebab kl di jalan rata di D tanpa gas itu bisa sampai 25 kph lajunya. entah lah .... hahaha pokoknya jd tau kl rear brakes nya ga pakem2 amat buat berhentiin.
iya mbah 2GD ntu kalo kita gas dikit aja rasanya kayak lompat mobilnya :big_biglaugh: klo berenti stop and go jadi bingung mobilnya brasa goyang goyang krn remnya musti nahan tuh torsi di rpm idle yang kuat bgt :big_biglaugh:

makanya yang pada pake berasa bawa mobil resing kali abis bawahnya kuat banget :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 7:54
Omnibus wrote: Wed Dec 01, 2021 7:39
jd emang didesain utk penyeimbang rem depan aja krn kl dibikin pakem banget mobil bakal ngebuang buntutnya pas rem mendadak. which is sering bgt terjadi di hilux kl ngeliat di yt dashcam tailan, pdhl hilux belakangnya tromol tp no beban krn pickup.
atau mungkin juga krn kegedean torque nya di rpm idle, sebab kl di jalan rata di D tanpa gas itu bisa sampai 25 kph lajunya. entah lah .... hahaha pokoknya jd tau kl rear brakes nya ga pakem2 amat buat berhentiin.
iya mbah 2GD ntu kalo kita gas dikit aja rasanya kayak lompat mobilnya :big_biglaugh: klo berenti stop and go jadi bingung mobilnya brasa goyang goyang krn remnya musti nahan tuh torsi di rpm idle yang kuat bgt :big_biglaugh:

makanya yang pada pake berasa bawa mobil resing kali abis bawahnya kuat banget :big_weee:
Jadi inget statement dr temen yg pake VRZ 2GD, dia bilang "Ah ngga perlu electric parking brake, auto hold, hill start assist, lha wong lg tanjakan dr N dioper ke D aja udah langsung maju, malah perlu nya nginjek rem"

:mky_04: :mky_04:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ongisnade »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 14:36
bensinsolar wrote: Mon Nov 29, 2021 3:25

Justru buat saya macam rem tangan electric + auto hold ga guna bwt mobil diesel ini. Kalau rusak ribet & diesel torsi besar ga perlu auto hold. ANF saya ga pernah mundur kalau stop & go ke Puncak, ketahan ama torsi besarnya :off_good_job:
Ha..ha..saya dulu awalnya juga berpikiran begitu ya spk ANF karena salah satunya remnya manual gitu, lama gak dapat unitnya akhirnya pindah ANPS FL. Setelah pake 12 ribuan km ternyata gak salah saya switch ke ANPS Rem electricnya mantap. Dari mulai tekan tombol START-Jalan dikondisi jalan apapun sampai tekan tombol STOP kita gak perlu sentuh tombol remnya. Tinggal geser P-D-P dah otomatis release maupun lock. Pokoknya enak dan nyaman itu rem ANPS FL. Berbeda dengan CX5 dan Santafe yang masih perlu sentuh tombol rem nya untuk lock. Kalau jadi dapat unit ANF pasti pegel tuh tangan dikondisi jalan macet.

Untuk failure rate/malfunction rem electric sangat kecil, dan mudah buat manual release kalau malfunction asal mau kotor-kotor dikit.
tp kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk


IMG_20211023_180508~3.jpg


IMG_20201128_152942~3.jpg


IMG_20201128_152954~3.jpg
Ya betul mbah 4 piston dan seharusnya lebih pakem dan lebih reliable dan lebih kuat ya di banding ANPS. Tapi kalau baca2 di trit KFOC dan band banyak tuh mbah yang ngeluh bolak-balik bengkel rem getar, sampai ada yang harus dibubut. Justru di trit PJS jarang keluhan rem. Saya pake Daewoo Captiva, CX5 hingga dijual km diatas 50 rb, dan Santafe hingga saat ini 45 rb km yg katanya juga 1 piston belum pernah ada keluhan system pengereman dan belum tidak pernah keluar duit. Justru dulu mobil paling kuat VNT saya baru 25 rb km dah jajan brake pad, ganti piston. Pernah sekali kejadian bawa VNT nabrak mobil dedepan, padahal menurut perhitungan saya dah cukup jaraknya. Saya ngeluh ke diler setelah dicek ternyata salah satu piston macet, daya pegereman berkurang. Setelah dibenerin juga masih getar dan akhirnya dibubut.

Yang lucu lagi waktu baru ambil Santafe teman bilang gak reliable dia males kalau harus sering ke bengkel, makanya dia pilih ANF. Dan ternyata dia mungkin apes ya beberapa kali ke bengkel buat benerin rem yg getar ha...ha..padahal baru belasan ribu km, saya sudah 45 ribuan mobil korea alhamdulillah gak ada masalah dan belum pernah kebengkel selain jadwal PM tiap 10 rb km. Ternyata dilapangan bisa juga berbeda ya prakteknya mobil yang dianggap ringkih dan mobil yang dianggap kuat.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: Wed Dec 01, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 14:36
Ha..ha..saya dulu awalnya juga berpikiran begitu ya spk ANF karena salah satunya remnya manual gitu, lama gak dapat unitnya akhirnya pindah ANPS FL. Setelah pake 12 ribuan km ternyata gak salah saya switch ke ANPS Rem electricnya mantap. Dari mulai tekan tombol START-Jalan dikondisi jalan apapun sampai tekan tombol STOP kita gak perlu sentuh tombol remnya. Tinggal geser P-D-P dah otomatis release maupun lock. Pokoknya enak dan nyaman itu rem ANPS FL. Berbeda dengan CX5 dan Santafe yang masih perlu sentuh tombol rem nya untuk lock. Kalau jadi dapat unit ANF pasti pegel tuh tangan dikondisi jalan macet.

Untuk failure rate/malfunction rem electric sangat kecil, dan mudah buat manual release kalau malfunction asal mau kotor-kotor dikit.
tp kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk


IMG_20211023_180508~3.jpg


IMG_20201128_152942~3.jpg


IMG_20201128_152954~3.jpg
Ya betul mbah 4 piston dan seharusnya lebih pakem dan lebih reliable dan lebih kuat ya di banding ANPS. Tapi kalau baca2 di trit KFOC dan band banyak tuh mbah yang ngeluh bolak-balik bengkel rem getar, sampai ada yang harus dibubut. Justru di trit PJS jarang keluhan rem. Saya pake Daewoo Captiva, CX5 hingga dijual km diatas 50 rb, dan Santafe hingga saat ini 45 rb km yg katanya juga 1 piston belum pernah ada keluhan system pengereman dan belum tidak pernah keluar duit. Justru dulu mobil paling kuat VNT saya baru 25 rb km dah jajan brake pad, ganti piston. Pernah sekali kejadian bawa VNT nabrak mobil dedepan, padahal menurut perhitungan saya dah cukup jaraknya. Saya ngeluh ke diler setelah dicek ternyata salah satu piston macet, daya pegereman berkurang. Setelah dibenerin juga masih getar dan akhirnya dibubut.

Yang lucu lagi waktu baru ambil Santafe teman bilang gak reliable dia males kalau harus sering ke bengkel, makanya dia pilih ANF. Dan ternyata dia mungkin apes ya beberapa kali ke bengkel buat benerin rem yg getar ha...ha..padahal baru belasan ribu km, saya sudah 45 ribuan mobil korea alhamdulillah gak ada masalah dan belum pernah kebengkel selain jadwal PM tiap 10 rb km. Ternyata dilapangan bisa juga berbeda ya prakteknya mobil yang dianggap ringkih dan mobil yang dianggap kuat.
hehehe iya memang hoki2an mbah, tergantung cara pemakaian dan sensitifitas user juga. maksudnya kl udah mulai ada yg berbeda seharusnya segera dicek barangkali kotor atau apa. yg depan kanan sy punya pernah tiba2 jd bunyi berdecit n sy perhatikan ada garis di suatu titik di rotor disc nya. biasanya ada kerikil/pasir nyangkut, mobil dicuci biasa beres, tp kali ini msh ada. n akhirnya sy lepas brake pads ternyata kerikil sdh stuck di brake pad nya hrs dicongkel baru beres. pasang lagi aman. jd memang apapun hrs ada yg namanya mechanical sympathy sbg user, jangan sampai begitu udah parah spt rotor udah geter2 baru dicek sebab rotor geter jg pasti ada sebab awalnya ga melulu krn inferior product. tp 4pot ini disebut bagus bgt memang engga, ya tipikal kualitas masspro lah, cuma kan agak jarang ada aja dibanding kompetitornya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: Tue Nov 30, 2021 11:33
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26 kita vrz dpt 4-piston front brakes om ....... :mky_03:

anps kan cuma 1-piston ya kl ga salah.


*abaikan fender cover, bukan terra kok wkwkwkwk

Image
Bah .. :big_chicken: baru tau malah gw isinya 4 pot

Ini all type fortuner apa yg model facelift aja dpt 4 piston mbah ?
kl ga sala

dari jaman fortuner sblom anf jg ud model gini mbah kpala babi rem nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26

IMG_20211023_180508~3.jpg


IMG_20201128_152942~3.jpg


IMG_20201128_152954~3.jpg
mbah

itu cover hub roda di buka, buat nge vet klaher kah?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Dec 01, 2021 15:50
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 15:26

IMG_20211023_180508~3.jpg


IMG_20201128_152942~3.jpg


IMG_20201128_152954~3.jpg
mbah

itu cover hub roda di buka, buat nge vet klaher kah?
ga dibuka :big_weee:

tipe sealed :big_weee:

dah simpen lagi catetan sm pensil 2B nya :big_weee:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by osbertc0ol »

evanbngdor wrote: Wed Dec 01, 2021 8:51
Jadi inget statement dr temen yg pake VRZ 2GD, dia bilang "Ah ngga perlu electric parking brake, auto hold, hill start assist, lha wong lg tanjakan dr N dioper ke D aja udah langsung maju, malah perlu nya nginjek rem"

:mky_04: :mky_04:
bener nih om wkwkwkw, apa itu hill start assist. 2gd ga perlu.
ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 7:36
secara tampilan lebih keliatan keren yak om... macem orang pake sneakers lari tapi cuma dipake ke mall. ya fungsinya tetep kepake sih tapi gak pernah dipake sampe maksimal :big_biglaugh:
wkwkkw di indo kan gitu om, ego > fungsi.
liat lah ertiga, daihatsu. atau mobil2 lcgc modifnya pada gimana..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Turboman »

wkwkwkwkwkwk
Screenshot_2021-12-03-14-27-59-595_com.whatsapp.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Fri Dec 03, 2021 10:45 wkwkwkwkwkwkScreenshot_2021-12-03-14-27-59-595_com.whatsapp.jpg
JADI judulnya naek dikit apa naek banyak tuh???? :big_biglaugh:

kalo harganya naek banyak kemungkinan 2GD G jadi kayak VRZ sekarang :big_biglaugh:

klo cuma naek dikit bisa jadi bakal ngeluarin TIPE E buat gantiin innova reborn diesel :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

Kalo di thailand 1gd 4x4 harganya sekitar 808jt, cmiiw.
Feeling saya sih yang 1gd 4x2 di indo at least 650. Apalagi ngeliat harga anf 2gd (tanpa diskon ppnbm) n anps udah deket banget ke 600.